25 Wisata Pantai di Sukabumi yang Indah Dan Menarik Dikunjungi

Wisata Pantai di Sukabumi – Kabupaten sukabumi jawa barat merupakan sebuah kabupaten di tatar pasundan yang mempunyai ibu kota pelabuhan ratu. Tahukah anda bahwa kabupaten sukabumi merupakan kabupaten terluas nomor dua setelah kabupaten banyuwangi. kabupaten ini juga berbatsan langsung dengan kota tujuan wisata lainya di jawa barat seperti Kabupaten bogor, kabupaten lebak dan juga kabupaten ci anjur.

Pantai merupakan wisata favorit bagi semua kalangan dan sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin berlibur bersama keluarga, Sahabat ataupun Rekan Kantor, Berwisata di Pantai juga bisa memberikan sensasi berlibur yang berbeda dan tentunya juga sangat menyenangkan sekali.

Baca Juga : Tempat Wisata di Tasikmalaya yang Paling Hits Dikunjungi

Jadi Kamu Tidak usah bingung mencari wisata Pantai di Sukabumi yang Direkomendasikan untuk Anda, Karena kami akan mengulas secara singkat Pantai yang Terkenal dan Pantai yang jarang terjamah di Sukabumi. 

1. Pantai Pelabuhan Ratu

Pelabuhan Ratu

Pantai Palabuhanratu atau yang lebih familiar disebut Pantai Pelabuhan Ratu, merupakan kawasan wisata yang terletak sekitar 60 kilometer dari selatan Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Pantai ini berbatasan langsung dengan pesisir Samudera Hindia di selatan Jawa Barat. Sehingga bisa ditebak seindah apa pemandangan yang akan didapat wisatawan saat bertandang ke pantai ini.

Lokasi: Jl. Raya Cisolok – Pelabuhanratu No.16, Citepus, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat

2. Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng

Pantai yang dikenal dengan Pantai penyendiri karena letaknya yang jauh dari keramaian serta dikelilingi nuansa pepohononan yang sejuk, tidak jauh dari ladang pertanian ini merupakan kawasan wisata bahari yang pas bagi para pelancong yang menyukai ketenangan dan kedamaian.

Pantai yang terletak di salah satu kabupaten di provinsi Jawa Barat yaitu Sukabumi ini secara detail berada di ujung bawah pulau Jawa.

Lokasi: Desa Gunungbatu, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat

3. Pantai Karang Hawu

Pantai Karang Hawu

Siapa pun menginginkan relaksasi ringan demi menghindarkan diri dari rutinitas yang menjenuhkan. Pantai merupakan salah satu tempat rekreasi yang dapat membuat pikiran rileks sehingga mampu menyegarkan pikiran sejenak.

Para psikolog mengatakan bahwa layunan ombak dan hembusan angina Pantai mampu menenangkan otak dengan sedikit menghirup udara perlahan agar aliran darah lancar.

Lokasi: Desa Caringin, Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat

4. Pantai Ombak Tujuh

Pantai Ombak Tujuh

Pantai Ombak Tujuh adalah satu diantara pantai-pantai yang ada di Sukabumi yang memiliki keindahan alam pantai yang begitu memukau. Tak hanya keindahan dari pemandangan alamnya saja, melainkan pantai yang satu ini juga memiliki kelebihan dengan ombaknya yang begitu cantik.

Dengan gulungan ombak yang bersap-sap serta karakternya yang lumayan besar maka wisata Ombak Tujuh sangat cocok dijadikan sebagai spot terbaik untuk olahraga surfing.

Alamat: Sebuah pantai di kawasan Jampang, Sukabumi

5. Pantai Pangumbahan

Pantai Pangumbahan

Pantai Pangumbahan termasuk dalam pantai favorit yang ada di Jawa Barat meskipun di sana tidak banyak fasilitas istimewa yang tersedia seperti penginapan mewah dan lain sebagainya.

Justru yang menjadi daya tarik pengunjung adalah kealamian pantai yang masih asri. Selain itu, pantai ini juga sudah cukup mempunyai fasilitas penunjang kebutuhan pengunjung seperti area parkir, toilet, dan sebagainya.

Lokasi: Desa Gunungbatu, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat

6. Pantai Panganten

Pantai Panganten

Pantai ini mempunyai daya tarik tersendiri yang membuat wisatawan tertarik untuk mampir dan bermain di sana. Hanya saja pantai ini masih cukup sepi pengunjung karena belum banyak masyarakat luas, khususnya dari luar Sukabumi yang mengetahui keberadaan dan keindahan pantai ini. Jadi, pantai Panganten termasuk dalam pantai yang masih alami dan asri.

Pantai Panganten menyuguhkan pemandangan sunset dan sunrise yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang hobi fotografi. Ketika matahari sedang tenggelam akan terlihat indah dan jelas seolah di atas lautan pantai ini.

Lokasi: Desa Purwasedar, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat

7. Pantai Mina Jaya

Pantai Mina Jaya

Pantai ini terbilang masih dangat alami dan asri. Suasana pedesaan masih sangat kental di sana dengan pemandangan warga sekitar yang bermatapencaharian sebagai nelayan dan petani. Belum banyak masyarakat luas, khususnya dari luar Jawa Barat yang mengetahui keberadaan dan keindahan pentai ini. Jadi, kondisi pantainya juga relatif sepi.

Sebelah timur pantai Minajaya terdapat muara sungai Cipamarang yang menawarkan kelamaian pantai. Air sungai tersebut kemudian mengalir dan bermuara ke laut sehingga terjadi percampuran antara dua jenis air menjadi satu.

Lokasi: Desa Pasiripis, Surade, Sukabumi, Jawa Barat

8. Pantai Cicaladi

Pantai Cicaladi

Pantai Cicaladi mempunyai daya tarik tersendiri seperti kealamian pantai dan eksotisme yang tidak kalah dengan pantai besar dan terkenal lainnya. Selain itu, pantai Cicaladi juga belum ada yang mengelola secara resmi sehingga tidak heran jika di sana belum banyak fasilitas yang tersedia.

Pantai Cicaladi sebenarnya mempunyai daya tarik tersendiri seperti kealamian pantai dan eksotisme yang tidak kalah dengan pantai besar dan terkenal lainnya. Selain itu, pantai Cicaladi juga belum ada yang mengelola secara resmi sehingga tidak heran jika di sana belum banyak fasilitas yang tersedia.

Lokasi: Desa Cicaladi, Sukatani,Surade, Sukabumi, Jawa Barat

9. Pantai Keusik Urug

Pantai Keusik Urug

Pantai Keusik Urug juga tidak kalah indah sama pantai pantai yang lain disana terdapat terdapat dermaga yang memang sekarang sedang dalam proses pembangunan, pantai ini selalu ramay pada hari hari tertentu sampai sampai di pantai sana meluap di penuhi para pendatang lokal maupun non lokal, misalnya pada hari libur lebaran, tahun baru, liburan sekolah.

Pemandangannya sangat indah disana, terdapat muara pantai yang membentang nan lebar, airnya mengalir tenang menuju hilir, di pinggir muara itu terdapat perahu – perahu kecil milik nelayan untuk memancing, hijau pegunungan dan barisan pepohononan besar dari barat muara seakan menghiasi keindahan muara ini, serta menjaga kelestarian alam agar tetap seimbang karena di timur muara terdapat gundukan pasir pantai yang luas membentuk bukit bukir pasir, seperti halnya sebuah gurun.

Lokasi: Desa Buniasih, Tegal Buleud, Sukabumi, Jawa Barat

10. Pantai Cimaja

Pantai Cimaja Sukabumi

Pantai Cimaja merupakan salah satu dari sekian banyak Pantai yang menggarisi wilayah perairan Indonesia dari Sabang sampai Merauke dengan ombak besar yang tentu nya menarik perhatian para peselancar professional baik dari lokal mau pun mancanegara untuk memainkan papan nya yang ditemani nuansi asri nan sejuk dengan ombak jernih dan biru laut.

Pantai ini tidak hanya menyuguhkan ombak besar bagi para peselancar namun juga gugusan batu karang, pasir yang lembut dan angina sejuk yang mampu menyihir setiap pengunjung untuk berelaksasi disana. Selain fasilitas alam yang disajikan seperti hamparan pasir Pantai yang luas dan lembut.

Lokasi: Desa Cimaja, Cikakak, Sukabumi, Jawa Barat

11. Pantai Pajagan

Pantai Pajagan

Ada pemandangan berbeda setiap sore selama Ramadan di Pantai Pajagan, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Tempat ini lebih banyak dikunjungi para pengunjung yang ngabuburit, menunggu waktu berbuka.

Lokasi: Pelelangan ikan, cisolok, Cikahuripan, Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat

12. Pantai Cibangban

Pantai Cibangban

Dikarenakan tempat nya yang jarang dijamah kaki manusia sehingga menjadikan Pantai ini seraya Pantai di pulau terpencil, pengunjung dapat memanjakkan diri dengan berselfie ria dengan berpose eksotis atau bagi para penikmat foto yang ingin mengabadikan momen sangat direkomendasi.

Lokasi: Jl. Raya Cisolok, Pasir Baru, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Bara

13. Pantai Citepus

Pantai Citepus

Pantai yang terletak di salah satu kabupaten Sukabumi provinsi Jawa Barat ini terkenal karena pasir nya yang lebih landau dibanding dengan Pantai lain sehingga dapat disebut primadona karena bentuknya yang anggun. Pantai yang terletak tidak jauh dari Pelabuhan Ratu tepatnya di pinggir jalan besar yaitu jalan raya Cisolok ini menawarkan berbagai sajian alam berupa hamparan pasir yang lembut dan biru laut.

Pantai yang pasir nya bagaikan permadani luas ini juga dimeriahkan oleh berbagai jajaran rumah makan atau pedagang yang menjual aneka seafood dan es kelapa muda yang tentu nya khas dan cocok sekali dinikmati seraya duduk santai di bibir Pantai sampai melihat ombak biru yang damai menanti sunset atau pun sunrise.

Lokasi: Desa Citepus, Pelabuhan Ratu, Sukabumi,

14. Pantai Cibongkok

Pantai Cibongkok adalah sebuah pesisir pantai selatan Sukabumi. Wisata pantai ini menawarkan keindahan yang berbeda dari pantai pada umumnya.

Jika pantai selalu identik dengan pasir putihnya yang lembut, namun kali ini bibir pantai justru ditaburi bebatuan kecil yang memiliki ukuran dan warna yang begitu mempesona.

Lokasi: Jl. Cibongkok, Desa Cimahpar, Kali Bunder, Sukabumi

15. Pantai Cipanarikan

Cipanarikan

Pantai Cipanarikan berada di desa Gunungbatu, kecamatan Ciracap, kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Lokasi pantai ini sangat masih termasuk dalam kawasan wilayah Ujung Genteng yang mempunyai banyak destinasi wisata alam. Selain itu juga masih dalam serangkaian pantai yang berada di Pelabuhan Ratu.

Pantai Cipanarikan belum sangat terkenal sebagaimana pantai besar lainnya, masih sedikit pula yang mengetahui keberadaan dan keindahan pantai ini. Meskipun demikian, sebenarnya pantai ini menyuguhkan keindahan alam yang khas dan menarik perhatian pengunjung.

Lokasi: Desa Gunungbatu, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat

16. Pantai Cikembang

Pantai Cikembang

Pantai Cikembang berada di desa Pasir baru, kecamatan Cisolok, kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Letak pantai ini tidak jauh dengan pantai Sawarna yang juga sering dikunjungi banyak wisatawan. Belum banyak masyarakat luas yang mengetahui keberadaan dan keindahan pantai ini. Oleh sebab itu, pantai ini masih cukup sepi dan alami.

Pantai Cikembang mempunyai banyak daya tarik tersendiri bagi pengunjung, selain tentang keindahan alamnya. Ada banyak spot menarik lainnya di sekitar pantai ini yang tidak ada di pantai lain di Sukabumi seperti pemandangan goa karang hingga puncak bukit. Perpaduan antara laut, goa karang, hingga bukit yang ada menjadikan pantai Cikembang terkesan lebih khas.

Lokasi: Desa Pasir Baru, Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat

17. Pantai Cibuaya

Pantai Cibuaya

Pantai ini memang tidak dihiasi dengan hamparan pasir putih yang halus. Namun soal keindahan Pantai Cibuaya juga tidak kalah cantiknya dengan pantai-pantai yang berada di sekitar kawasan Ujung Genteng. Keunikan Pantai Cibuaya terlihat pada saat air surut.

Karang-karang dengan bentuk yang unik akan terlihat begitu air di pantai ini surut. Periode ini biasanya digunakan para pengunjung untuk berjalan menapaki karang menuju ke tengah laut. Bahkan, para nelayan dan masyarakat sekitar pantai juga menggunakan momen berharga ini untuk pergi memancing.

Lokasi: Desa Gunungbatu, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat

18. Pantai Cikadal

Pantai Cikadal

Terletak di desa Mandrajaya, dan merupakan muara sungai Cikadal. Akses menuju pantai dapat menggunakan perahu dari pantai Palangpang, atau melalui jalan utama menuju desa Mandrajaya. Pantai putih ini tempat yang paling aman untuk berenang, karena deburan ombak besar terhalang oleh pulau-pulau kecil di hadapannya.

Pada saat surut pengunjung dapat berjalan kaki menyebrangi laut yang dangkal menuju pulau Mandra. Akses menuju Gunung Badak dan Pulau Kunti dapat ditempuh berjalan kaki dari pantai ini.

Lokasi: Desa Mandrajaya, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat

19. Pantai Amanda Ratu

Pantai Amanda Ratu sebenarnya merupakan pantai yang terletak di area sebuah resort mewah bernama Villa Amanda Ratu. Setiap hendak mengunjungi Pantai Amanda Ratu, para wisatawan harus melewati resort mewah Amanda Ratu terlebih dahulu. Oleh sebab itu, pantai tersebut lebih dikenal dengan nama Pantai Amanda Ratu.

Nah, rupanya pemandangan yang ada di Pantai Amanda Ratu pun tak jauh berbeda. Meski tidak ada pura layaknya di Tanah Lot, Pantai Amanda Ratu memiliki sebuah pulau kecil yang terpisah di tengah pantai. Bila diperhatikan sepintas nuansanya terasa seperti Tanah Lot. Oleh sebab itu, masyarakat sekitar dan para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Amanda Ratu kerap menyebutnya seperti Pantai Tanah Lot-nya Sukabumi. Sangat menarik bukan?

Lokasi: JL. Raya Ujung Genteng, Desa Purwasedar, Purwasedar, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat

20. Pantai Gurilap

Pantai Gurilap

Pantai Gurilap merupakan pantai yang pas untuk acara keluarga. Pantai Gurilap ini disamping dengan pemandangannya, hamparan pasir, dan pepohonan yang hijauny, Pantai Gurilap ini selalu dijadikan tempat untuk liburan atau acara keluarga. Karena para keluarga sengaja membawa anak anak nya hingga cucu – cucu mereka untuk bermain di Pantai Gurilap ini.

Pantai Gurilap terletak di tepi jalan raya Cisolok, Pelabuhan Ratu, Sukabumi. Posisinya dalam kondisi yang strategis, membuat pantai ini sering kali menjadi destinasi yang menyenangkan saat berlibur di wilayah Pelabuhan Ratu, Jawa Barat. Banyak pengunjung lokal maupun dari luar daerah menyempatkan diri untuk singgah dan menikmati pesona Pantai Gurilap.

Lokasi: Jl. Raya Cisolok, Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat

21. Pantai Kadaka

Pantai Kadaka

Pantai Kadaka berada disebalah timur pantai yang indah dengan hamparan sawah yang hijau. Bisa Anda pakai juga untuk acara bersama keluarga sambil menikmati keindahan Pantai Kadaka ini. Pantai ini memang tidak terlalu mewah seperti pantai – pantai yang lainnya, namun pantai ini juga berkhasiat mampu menyembuhkan penyakit yang lagi galau.

Pantai Kadaka terletak di Cikakak, Sukabumi, Jawa Barat. Pantai ini terlihat masih sangat alami dan asri berhempasan dengan keindahan hamparan pasir putih dan keindahan air yang menuai biru menggoda. Panti ini masih relatif sepi, masih banyak yang belum tahu dengan keindahan pantai ini. Suasana pedesaan masih sangat kental yang dilengkapi dengan pemandangan yang menerpa menggoda parawisatawan.

Lokasi: JL. Raya Cisolok, Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat

22. Pantai Batu Bintang

Pantai Batu Bintang

Pantai Batu Bintang Pelabuhan Ratu merupakan salah satu wisata pesisir pantai Jawa Barat yang perlu dikunjungi adalah wisata Simpenan yang berada di daerah Pantai Loji, Pelabuhan Ratu. Di sana, wisatawan akan dimanjakan oleh pantai yang dipenuhi karang, bebatuan dan pasir hitam.

Selain pantai, Anda akan menemui sebuah Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa yang berada di atas bukit di pinggir pantainya. Ini adalah salah satu vihara yang menyajikan tempat peribadatan yang terlengkap di Indonesia.

Lokasi: Citarik, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat

23. Pantai Palangpang

Pantai Palangpang

Pantai Palangpang ini merupakan salah satu obyek wisata Sukabumi yang berada di dalam area Geopark Ciletuh. Pantai ini juga merupakan pintu masuk ke dalam Geopark Ciletuh yang ada di Sukabumi ini. Jadi sebaiknya berkunjung pertama kali ke tempat wisata pantai di Ciletuh ini. Hamparan pantainya cukup luas dan panjang, membuat tempat sebagai lokasi sempurna penyelenggaraan kegiatan masal.

Misalnya seperti festival budaya hajat laut atau yang lainnya. Selain itu kadang pantai ini juga dipergunakan untuk tempat mendarat bagi kegiataan olahraga paralayang. Memang biasanya ada saja yang berminat untuk mencoba wisata olahraga paralayang atau paramotor disini.

Lokasi: Desa Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat

24. Pantai Cikepuh

Panati Cikepuh

Cikepuh adalah salah satu pantai yang berada di wilayah Desa Cibenda Kec. Ciemas kab. Sukabumi. Di Cikepuh terdapat spot mancing yang menarik, juga terdapat Bagang (pagang) yang kebanyakan pemiliknya adalah warga Desa Gunungbatu.

Track yg paling mudah untuk melaluinya adalah melewati Desa Gunungbatu dan Pangumbahan, track nya juga hanya bisa dilalui kendaraan offroad baik roda dua atau empat, hal ini karena Pantai Cikepuh berada dalam wilayah hutan lindung dan hanya memiliki jalan setapak.

Alamat: Desa Mandrajaya, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat

25. Pantai Batu Batik

Pantai Batu Batik

Pantulan sinar matahari yang begitu cerah membuat degradasi warna Batu Batik ini semakin terlihat cantik. Duduk diantara batuan ini dan melempar pandangan ke laut lepas diiringi nyanyian alam berupa deburan ombak sungguh sebuah berkah yang tak dapat diingkari.

Lokasi: Desa Mandrajaya, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat

Baca Juga : Tempat Wisata di Sukabumi yang Paling Hits Dikunjungi

Demikian mengenai Wisata Pantai di Sukabumi Yang Paling Bagus nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *