10 Wisata Pantai di Banyuwangi Terbaik yang Paling Indah Dan Hits

Wisata Pantai di Banyuwangi – Banyuwangi merupakan kota di ujung timur Pulau Jawa. Kota yang berbatasan langsung dengan Selat Bali dan Samudera Indonesia ini menjadi salah satu kota yang dilalui banyak wisatawan lokal maupun mancanegara untuk menuju Bali.

Selain itu, kondisi geografis Banyuwangi membuatnya dikelilingi banyak pantai dengan pemandangan menakjubkan. Mulai dari pantai berpasir putih, kehitaman, hingga kemerahan pun bisa kamu temukan di kota yang dijuluki “Sunrise of Java”.

Baca Juga : Tempat Wisata di Surabaya yang Paling Bagus Dan Hits

1. Pantai Sukamade

Pantai Sukamade

Daya tarik pantai sukamade berada pada keberadaan penyu yang sering pergi ke daratan dan juga bertelur di Pantai Sukamade ini. Maka oleh sebab itu, Pantai Sukamade pun menjadi salah satu tempat penangkaran telur penyu.

Tak hanya bermain dengan penyu, kamu juga bisa ikut serta dalam pelepasan tukik (telur penyu) yang telah menetas. Biasanya, penyu-penyu mendarat di Pantai Sukamade sekitar 19:30. Setelah menikmati suasana sepi dan asri, kamu pun dapat meluangkan waktu untuk melihat dan berfoto bersama penyu.

2. Pantai Teluk Hijau

Pantai Teluk Hijau

Pantai Teluk Hijau mempunyai air laut yang berwarna hijau lho. Hal ini disebabkan kebradaan alga di dalam air yang memantulkan warna hijau di permukaan air laut. Selain itu, Pantai Teluk Hijau ini mempunyai pasir yang berwarna putih dengan tekstur yang lembut, maka jadinya tempat ini cocok untuk kamu yang suka dengan bermain pasir. Pesona lainnya yang bisa Anda nikmati adalah air terjun setinggi delapan meter yang berlokasi di dekat pantai. Suara gemerincing air dan ombak yang menyatu, akan membuat Anda semakin rileks dan fresh kembali.

3. Pantai Plengkung

Pantai ini disebut juga dengang nama Pantai G-Land. Maka sebutan ini didapat dari lokasinya yang terletak pada teluk Grajagan yang memang diawali huruf “G”. Ada juga beberapa orang yang mengatakan bahwa nama tersebut didapatkan dari bentuk ombak Pantai ini yang seperti membentuk huruf G. Ada juga yang mengatakan bahwa nama G-Land berasal dari turis mancanegara yang menyebut ombak di Pantai ini “Great” karena ombaknya besar.

4. Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah

Pantai ini terletak di bagian selatan Kabupaten Banyuwangi. Nama Pantai Pulau Merah berasal dari terdapatnya sebuah bukit kecil  yang memiliki tinggi sekitar 200m dan tersusun dari tanah Berwarna Merah yang berlokasi di dekat Pantai. Nah bukit ini bisa dikunjungi ketika air laut sedang surut dan juga ketika air laut pasang maka bukit ini akan menjadi sebuah pulau yang terpisahkan oleh air laut dari Pantai.

Selain itu, di Pantai pulau merah ini juga ada sebuah pura yang sering digunakan umat Hindu daerah sana untuk melakukan upacara keagamaan  mekiyis. Pantai pulau merah berupa hamparan pasir putih yang memanjang hingga 3 km. Pntai ini menghadap langsung ke samudera Hindia ke arah selatan. Pasir di Pantai ini memiliki warna putih dan terkadang terlihat agak pink atau kemerahan.

5. Pantai Watu Dodol

Pantai Watu Dodol

Pantai Watu Dodol berjarak sekitar 5 km dari Pelabuhan Ketapang, atau juga tepatnya terletak di Dusun Bangsring, Kec. Wonosorejo, Banyuwangi. Nah untuk nama Watu Dodol sendiri diambil dari sebuah batu karang yang besar yang terletak tepat di pinggir pantai. Jadi Batu karang yang berukuran tinggi sampai sekitar 5 m itu berbentuk panjang yang menyerupai jajanan tradisional adalah dodol.

Karakteristik unik dari Pantai Watu Dodol adalah pantainya yang tidak berpasir, melainkan dipenuhi bebatuan coral dan karang. Namun, air yang ada di Pantai Watu Dodol masih sangat jernih dan juga mempunyai panorama pemandangan alam yang sangat imdah. Dan mengingat ombaknya yang begitu besar, wisatawan tidak diperkenankan untuk berenang, tetapi di pinggir pantai ada beberapa kedai yang menjual berbagai kuliner khas pesisir.

6. Pantai Trianggulasi

Pantai Trianggulasi

Jika kamu ingin berkunjung ke pantai di Banyuwangi yang belum terlalu ramai pengunjung, kamu bisa datang ke Pantai Trianggulasi. Pantai Trianggulasi mempunyai pasir yang berwarna putih dengan air laut berwarna biru dan jernih. Pantai ini sangat cocok buat kamu yang mencari wisata dengan suasana yang tenang.

Maka kamu dapat puas menghabiskan waktu di Pantai Trianggulasi untuk berjemur atau juga bisa bersantai guna membuat jiwa dan juga raga kembali relaks. Nah selain itu, jika beruntung kamu akan menemukan seekor rusa yang berjalan di bibir pantai, dan biasanya saat menjelang matahari terbenam atau juga sunset.

7. Pantai Boom

Pantai Boom

Pantai Boom merupakan sebuah salah satu wisata yang harus untuk kamu kunjungi saat sedang berlibur ke Banyuwangi, Selain Kawah Ijen dan juga Baluran. Pantai Boom adalah salah satu Pantai yang berada di kota Banyuwangi yang dahulunya sebagai tempat Pelabuhan penting di kota tersebut.

Dan yang mana, Pelabuhan itu dulunya adalah tempat bersinggahnya Kapal-Kapal yang mengangkut barang dari luar Pulau Jawa. Selain itu, disini kamu dapat bersantai dan juga duduk di pinggir Pantai sambil menikmati angina Pantai yang sepoi-sepoi. Nah kamu juga bisa menikmati keindahan Pantai Boom Banyuwangi ini sambil menunggangi kuda –kuda yang tersedia berada di kawasan Pantai tersebut.

8. Pantai Pancur

Pantai Pancur

Diberi nama Pancur karena di dekat Pantai Pancur ini kita akan menemukan aliran sungai kecil dan berair tawar yang bermuara seperti air terjun kecil atau pancuran atau air mancur yang membentuk aliran air di pasir dan langsung bertemu dengan air laut, sebuah keunikan yang menjadi nilai tersendiri di pantai ini. Karena itulah, mengapa pantai ini disebut pantai Pancur.

Selain itu, hamparan pasir yang berwarna putih membentang luas dan juga lumut-lumut hijau tumbuh di bebatuan yang ada di bibir Pantainya. Dan juga deburan ombak yang dipadu dengan pemandangan putih dan juga hijau yang berada di Pantainya terlihat sangat indah. Nah pantai Pancur memiliki bentangan pasir yang putih dan yang panjang. Pantainya pun landai dan aman untuk dikunjungi anak-anak maupun dewasa. Tempatnya yang teduh sangat cocok untuk berkemah, sehingga wisatawan bisa mendirikan tenda perkemahan.

9. Pantai Ngagelan

Pantai Ngagelan

Ketika selama ini Pantai Ngagelan adalah sebuah tujuan utama bagi para peneliti yang datang dari berbagai latar belakang dan juga merupakan pusat dari kegiatan pengumpulan telur penyu dari Pantai Pancur sampai Cungur dan dengan panjang garis pantai sekitar 18 km.

Selain itu, untuk mencapai pantai Ngagelan nah bisa dijangkau menggunakan kendaraan roda dua atau juga empat dari Pos Rowobendo dan menuju ke arah Barat atau juga dijangkau dari Trianggulasi dengan berjalan kaki melalui pantai lho. Dengan keadaan hamparan pasir pantai yang bersih, ditambaha dengan kombinasi hutan mangrove dan hutan tropis yang masih hijau dan alami menjadi alasan untuk penyu merasa nyaman bertelur di pantai ini.

10. Pantai Parang Kursi

Pantai Karang Kursi

Pantai Parang Kursi berada di Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi ini memang masih belum banyak dikenal oleh wisatawan. Salah satunya karena lokasinya yang tersembunyi dan belum tersedia sarana dan prasarana yang memadai.

Nah Padahal letak pantai ini berada diantara dua pantai yang sudah terkenal di Banyuwangi lho, yaitu Pantai Lampon dan Pantai Pulau Merah. Pantai Parang Kursi terletak di sebelah timur Pantai Pulau Merah dan juga sebelah barat Pantai Lampon. Nah ketiganya memang berada di Kecamatan Pesanggaran.

Baca Juga : Tempat Wisata di Banyuwangi yang Lagi Hits Dan Bagus

Bagaimana menurutmu tentang ulasan Wisata Pantai di Banyuwangi? Cukup bagus juga kan wisata pantai yang berada di Banyuwangi mungkin kamu bisa pilih salah satu atau lebih untuk referensi ketika mau pergi liburan bersama keluarga tercinta maupun sahabatmu.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!