8 Destinasi Wisata Alam Di Surabaya yang Asyik Dijelajahi

Wisata Alam – Kota Surabaya adalah ibu kota Provinsi Jawa Timur, Indonesia, sekaligus kota metropolitan terbesar di provinsi tersebut. Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Kota ini terletak 796 km sebelah timur Jakarta, atau 415 km sebelah barat laut Denpasar, Bali.

Surabaya juga menyimpan wisata alam dan pantai yang indah dan eksotis lohh, mungkin menurut kalian Surabaya hanya memiliki wisata Kota saja, yuk simak berikut dibawah ini Daftar wisata alam di surabaya, jangan sampai ketinggalan yaa, okay.

1. Mangrove Wonorejo Rungkut

Mangrove Wonorejo

Salah satu yang terkenal dari ruang hijau ini adalah Wisata Hutan Mangrove Surabaya. Seperti halnya dengan namanya, wisata hutan ini di dominasi oleh pohon Mangrove yang berada di sepanjang kawasan wisata alam ini. Salah satu destinasi wisata alam di Surabaya ini menawarkan pemandangan yang asri layaknya di hutan.

Pada mulanya, ekowisata rimba Mangrove Wonorejo di buat demi melindungi tergerusnya sisi timur dari Kota Surabaya ini oleh air laut. Namun, karena tempatnya yang unik karena berada di sebuah kota besar di dataran rendah, membuat lokasi ini kini menjadi salah satu tujuan tempat wisata.

Alamat: Jalan Raya Wonorejo No. 1, Wonorejo, Rungkut, Wonorejo, Rungkut, Kota SBY, Jawa Timur 60296

2. Kebun Bibit Wonorejo

Kebun Bibit Wonorejo

Taman kota di Surabaya seperti Kebun Bibit Wonorejo ini juga pilihan yang tepat. Teman Traveler bakalan dimanjakan dengan udara sejuk. Hal ini karena banyaknya pepohonan yang menjulang tinggi. Ada area tempat duduk yang nyaman untuk istirahat. Di sudut lain, ada area khusus yang digunakan untuk melakukan penanaman dan merawat tanaman agar tumbuh dengan baik.

Alamat: Jl. Raya Kendalsari Blok RK No.70, Wonorejo, Rungkut, Kota SBY, Jawa Timur 60297

3. Kampung Wisata Jambangan

Wisata Jambangan

Saat mengunjungi kampung wisata Jambangan, wisatawan bisa belajar bagaimana cara membuat pupuk kompos dengan melihat langsung proses pengolahan sampah organik maupun non organik.

Bukan hanya itu, pengelolaan limbah air pun menjadi kegiatan yang menarik untuk diamati. Limbah warga Jambangan yang berasal dari limbah air mandi dan cucian akan dimurnikan kembali melalui proses penyaringan.

Alamat: Kampung Jambangan, Jl. Peneleh, Surabaya

4. Mangrove Gunung Anyar

Mangrove Gunung Anyar

Hutan ini juga sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Fasilitas dasar seperti jembatan yang menembus hutan sudah dibangun cukup panjang. Selebihnya beberapa bangunan lain seperti rumah makan dan tempat istirahat juga bisa ditemukan di sekitaran hutan.

Alamat: Jalan Medokan Sawah Timur Segoro Tambak Sedati, Medokan Ayu, Rungkut, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 60295

5. Hutan Bambu dan Taman Sakura Keputih

Hutan Bambu

Sebelum menjadi sebuah taman yang indah seperti sekarang, dulunya tempat ini adalah tempat pembuangan akhir yang cukup besar. Namun sekarang sudah diubah menjadi sebuah taman yang indah, dikenal sebagai Taman Sakura Keputih.

Terdapat berbagai jenis bunga yang membuatnya tambah cantik. Tanaman cantik yang ada di sini biasa digunakan sebagai latar dari foto karena bunga yang ada memberikan suasana asri dan sejuk. Tapi ingat, jangan memetik bunga yang ada di sini agar taman ini tidak kembali menjadi tempat pembuangan akhir.

Alamat: Jl. Keputih Tegal Timur II No.249, Keputih, Sukolilo, Surabaya

6. Bukit Larangan Panceng, Gresik

Bukit Larangan Panceng

Bukit Larangan Panceng merupakan salah satu landscape view point dengan pemandangan alam yang fantastis. Dari atas bukit, terlihat garis pantai yang memanjang dengan pepohonan hijau sebagai pembatasnya.

Jika ingin mendapatkan pemandangan super ini, siapkanlah tenaga ekstra. Karena menuju ke sana tidak lah mudah. Harus melewati jalanan yang cukup terjal.

Alamat: Area Sawah, Prupuh, Panceng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61156

7. Wisata Perahu di Kalimas

Wisata Perahu Kalimas

Wisata Perahu Kalimas Surabaya merupakan salah satu wahana yang ditawarkan dari kawasan wisata Taman Prestasi Surabaya. Kini kamu bisa menjelajahi Sungai Kalimas dengan menggunakan perahu untuk menikmati pemandangan yang ada di sekitar.

Alamat: Jl. Ketabang Kali No.6, Ketabang, Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60272

8. Bukit Jaddih, Bangkalan

Bukit Jaddih

Jika Anda memiliki rencana liburan ke daerah timur Pulau Jawa, tempat ini merupakan rekomendasi utama untuk Anda kunjungi untuk berpiknik ria yaitu Bukit Jaddih yang terletak di daerah Bangkalan Madura.

Seperti namanya yang ala Timur Tengah, tempat tersebut merupakan bekas tambang kapur yang disulap menjadi tempat wisata yang sangat layak untuk Anda kunjungi.

Baca : Tempat Wisata di Surabaya yang wajib kamu Kunjungi

Nah dari informasi wisata diatas Destinasi Wisata Alam Di Surabaya yang Asyik Dijelajahi semoga dapat membantu anda ketika berwisata. Teman-teman silahkan baca artikel destinasi wisata menarik lainnya ya di sini dengan begitu anda akan mendapatkan banyak informasi wisata bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *