Alfian Jadilah manusia yang selalu bermanfaat bagi orang lain, walaupun hanya membantu hal-hal yang kecil.

Waduk Sermo Jogja

2 min read

waduk sermo

Waduk biasanya juga di manfaatkan sebagai pengairan irigasi, pada pembangkit listrik. Mengontrol banjir sampai di jadikan sebagai tempat rekreasi seperti yang berada di Jogja adalah Waduk Sermo. Waduk yang berada di kabupaten kulon progo ini, menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik bagi para pengunjung dari daerah sekitar maupun daerah lainnya.

Lokasi: Berada di Dusun Sermo Lor, Kokap, Hargowilis, Kab. Kulon Progo, Jogja.
Map: Klik Disini
HTM: Rp.2.000 per Orang
Buka Tutup: 08.00-17.00 WIB
Telepon: 0274-773-908

Waduk ini adalah salah satu program IISP atau integrated irrigation sector project ketika pada masa pemerintahan Presiden Soeharto. Sebelum di lakukan pembangunan, waduk ini di uji kelayakannya oleh PT Indra Karya di tahun 1985 dan juga 1991.

Guna untuk melanjutkan uji kelayakan sebelumnya yang sudah di lakukan terlebih dahulu oleh Mac Donald pada 1980. Lalu di tahun 1992, uji terakhir dari segi teknis dan ekonomis dari waduk sermo ini dilakukan oleh ELC Electroconsult & baru di bangun 2 tahun kemudian.

Spot Foto

Ditempat ini memang banyak sekali spot untuk berfoto yang cantik dengan spot di Kalibiru jogja. Maka beberapa di antaranya seperti :

1. Akar Liar

Waduk Sermo

Spot terbaru yang satu ini mempunyai sebuah area foto dengan sensasi di atas kano lengkap dengan dayungnya. Dan juga sebuah panggung kayu kecil lengkap dengan akar pohon kelapa yang dapat di pindahkan tempatnya dengan tulisan akar liar yang di pinggiran waduk.

Kawasan ini dikelola secara mandiri oleh penduduk maka untuk dapat berfoto di tempat ini pengunjung cukup membayar Rp5000 rupiah saja per orangnya.

Umumnya para pengunjung yang datang kesini, mengincar momen sunset yang membuat hasil foto kamu lebih cantik. Namun seperti sunset, sunrise tidak bisa anda nikmati di spot yang satu ini.

2. Taman Bambu Air

Taman yang terletak di tengah waduk ini yang terbuat dari potongan bambu dengan tong plastik dan juga rangka dari besi maka taman ini sanggup untuk menapung dan juga menahan bobot pengunjung.

Selain itu, dilengkapi dengan saung bambu lengkap dengan lampu minyak khas tempo dulu, meja dan kursi bambu, caping pak tani dan di hiasi dengan pot yang berisikan bambu hias dan sepeda onthelnya.

Tak hanya itu terdapat spot yang tengah hits bernama spot bulan dengan icon bulan sabitnya berwarna kemerahan di ujung jembatan bambu yang mengapung di atas air.

3. Bukit Pethu

Spot yang satu ini memiliki bentuk gardu pandang lengkap dengan background waduk sermonya. Namun berada di ketinggian, anda tak perlu khawatir karena untuk bisa naik ke atasnya kamu akan dilengkapi dengan tali pengaman.

Spot yang mirip dengan gardu pandang di Kalibiru ini, menawarkan panorama keindahan waduk sermo dengan pemandangan yang lebih dekat.

4. Taman Munggur

Anda dapat menikmati foto di atas ketinggian seperti yang tersaji di Bukit Pethu & Kalibiru. Namun bedanya di tempat ini anda disuguhi dua panorama sekaligus adalah, waduk sermo dan juga pemandangan cantik dari perbukitan menoreh.

5. Taman Pring Kuning

Taman pring kuning berada di waduk sermo ini, mempunyai 3 spot favorit bagi para pecinta fotografi.

Yang di antaranya yaitu spot love, tampir dan juga rumah bambu, biaya masuknya pun hanya 5 ribu rupiah saja. Dan anda pun sudah bisa bebas berfoto dengan berbagai gaya yang di tempat unik yang satu ini.

6. Gumuk Sri Tinon

Di tempat ini kamu tak hanya di suguhkan dengan spot berfoto dari atas gardu pandang yang di lengkapi dengan jembatan bambu. Namun terhampar luas taman dengan rerumputan dan pepohonan yang hijau disertai dengan saung-saung, bumi perkemahan dan juga aula.

7. Pulau Terapung

Waduk Sermo

Pulau disini adalah sebutan bagi rangkaian bambu, besi sudut dan juga Styrofoam yang membuatnya terapung seolah pulau di tengah waduk.

Dan Di spot yang satu ini biasanya maksimal di isi oleh 8 orang dewasa, dengan menggunakan perahu di tarik dengan tambang untuk mengurangi polusi udara dan suara.

8. Jangkang Hill

Spot foto yang satu ini meski mempunyai konsep yang juga sama dengan gardu pandang lainnya. Mempunyai kelebihan tersendiri adalah terletak pada bukit sermo tempat dimana pohon jangkang yang menjadi nama tempat ini tumbuh.

Juga seperti spot foto dari gardu pandang lainnya. Tempat ini juga di lengkapi dengan tali pengaman bagi kamu yang ingin berfoto di tempat ini.

Fasilitas

  • Warung makan
  • Toilet
  • Gazebo (Rumah Jamur & Rumah Panggung)
  • Peralatan untuk memancing beserta umpannya
  • Villa
  • Bengkel
  • Penyewaan perahu (Gethek / Mobil)

Lokasi

Berada di Desa Hargowillis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Berjarak sekitar 40 km dari pusat kota. Namun dengan waktu tempuh kurang lebih 60 menit. Waktu tempuh yang bisa dibilang cepat untuk menikmati berbagai keindahan yang berada Waduk Sermo Kulon Progo.

Jam Operasional

Dibuka mulai dari pukul 08.00 WIB – 17.00 WIB atau sebelum adzan maghrib dikumandangkan.

Harga Tiket Masuk

TiketKategoriHarga
Tiket MasukAnak – anakRp2.000
DewasaRp5.000
Biaya ParkirSepeda MotorRp2.000
MobilRp3.000
Bus / TrukRp5.000
WahanaSewa PerahuRp30.000 /perahu
Keliling Waduk SermoRp6.000 /orang
Gerdu PandangRp10.000 /orang

Baca Juga : Tempat Wisata di Magelang

Tips Wisata

  1. Membawa barang seperlunya saja.
  2. Alangkah baiknya datang sore hari agar bisa melihat sunset.
  3. Mempersiapkan kamera sdan juga memori yang cukup.
  4. Berhati – hati karena bahaya dapat mengancam dimana saja.

Demikian pembahasan mengenai harga tiket masuk waduk sermo jogja semoga dapat bermanfaat untuk anda semua. Terima Kasih

Alfian
Alfian Jadilah manusia yang selalu bermanfaat bagi orang lain, walaupun hanya membantu hal-hal yang kecil.

Museum Brawijaya Malang

Alfian Alfian
1 min read

Pantai Pulau Merah

Alfian Alfian
1 min read