Alfian Jadilah manusia yang selalu bermanfaat bagi orang lain, walaupun hanya membantu hal-hal yang kecil.

Kuliner Pasuruan

3 min read

Kuliner Pasuruan

Pasuruan merupakan salah satu wilayah yang berada di Provinsi Jawa Timur. Tentu sudah menjadi rahasia umum jika ternyata Kota Pasuruan mempunyai masakan yang sangat lezat.

Tentu hal ini membuat banyak orang rasanya jika sedang berkunjung ke Kota Pasuruan kurang lengkap apabila tidak mencicipi tempat wisata kuliner pasuruan.

Karena Pasuruan adalah wilayah yang dilintasi oleh jalur pantura. Sehingga kawasannya cukup ramai dan menjadi pusat perekonomian.

Hal itu membuat Pasuruan menjadi tempat singgah yang pas saat melakukan perjalanan jauh, misalnya ke Banyuwangi atau ke Bali.

Nah ada beberapa menu kuliner yang wajib kamu coba jika bertandang ke Pasuruan.

Bagi anda yang masih pertama kali datang ke kota ini tak perlu bingung, berikut ulasan daftar wisata kuliner Pasuruan yang terkenal lezatnya.

1. Rumah Makan Cairo

Kuliner Pasuruan

Kuliner pasuruan yang pertama adalah sebuah tempat wisata yang tentu saja sangat populer di kalangan masyarakat pasuruan.

Nah disini Banyak sekali jenis makanan yang bisa kamu nikmati di tempat wisata kuliner pasuruan bernama Rumah Makan Cairo ini seperti misalkan saja rawon, kare, soto, gule, krengsengan, sate kambing, sate ayam, dan juga masih banyak menu yang lainnya.

Nah tentu jika sajian makanan yang ada di sebuah tempat wisata kuliner pasuruan akan membuat anda banyak pilihan menu makanan. berada di Jalan Untung Suropati No. 6-8 (Bangil), Pasuruan ini.

Baca ini : Tempat Wisata Kuliner Blitar

2. Kupang Keraton Pasuruan Hj. Qomariah

Kuliner Pasuruan

Apakah anda tahu kira-kira kupang yang di maksud di sini kupang yang seperti apa? Kupang Hj. Qomariah ini merupakan sejenis hewan laut yang jika di masak mempunyai rasa yang enak.

Selain itu dan tentu saja masakan andalan bernama Kupang Keraton Pasuruan Hj. Qomariah ini yaitu Kupang Lontong.

Tertarik dengan masakan bernama Kupang Lontong yang di sajikan oleh Kupang Keraton Pasuruan Hj. Qomariah ini? Silahkan segera merapat ke Jalan Dr. Cipto Kios No. 12, Pasuruan.

3. Lesehan Pak Sholeh

Kuliner Pasuruan

Sebuah wisata kuliner yang oleh pemiliknya di namakan Lesehan Pak Sholeh oleh pemiliknya. Tempat ini adalah tempat yang membuktikan jika rasa mengalahkan segalanya.

Karena lokasi dari kuliner pasuruan yang satu ini memiliki tempat yang cukup sulit untuk di temukan akan tetapi banyak orang yang datang ke Lesehan Pak Sholeh ini lho.

Tentu menjadi sebuah tantangan bagi anda apabila anda memang pencinta kuliner sejati, anda akan membutuhkan tantangan untuk mendapatkan makanan yang enak.

Nah salah satu makanan yang enak yang berada di Kota Pasuruan yaitu Lesehan Pak Sholeh dan tempat makan pasuruan ini berada di Desa Tunggulwulung, Pandaan, Pasuruan.

4. Depot Sri Pandaan

Kuliner Pasuruan

Menu makanan yang di sajikan di tempat wisata kuliner Pasuruan Depot Sri Pandaan ini adalah beras kencur yang gurih dan tentu saja ayam goreng spesial khas Jawa Timur.

Akan tetapi masih ada jenis makanan yang lainnya yang bisa anda nikmati di sebuah tempat bernama Depot Sri Pandaan ini seperti misalkan saja sambal terasi, tahu telor, sayur asem, rujak cingur, tempe penyet dan yang lainnya.

Jika anda kebetulan sedang berada di Pasuruan, untuk mencicipi sajian makanan yang ada di tempat wisata kuliner pasuruan ini anda bisa datang ke Jalan Dr. Soetomo 3-4, Depan Taman Candra Wilwatikna, Pandaan, Pasuruan

5. Rawon Nguling

Kuliner Pasuruan

Sebuah tempat makan yang bernama Rawon Nguling ini menyajikan menu utama berupa rawon yang sangat enak dan juga mengenyangkan.

Rawon Nguling merupakan sebuah tempat wisata kuliner pasuruan yang di banggakan oleh masyarakatnya, hal ini karena banyak orang yang datang ketempat yang berada di Jl. Raya Tambakrejo No.75, Tongas, yaitu tempat berdirinya Rawon Nguling ini.

Sebuah desa yang berada di daerah perbatasan antara Pasuruan dan Probolinggo, tentu menjadi salah satu rawon yang melegenda yang berada di tengah perbatasan antara dari 2 buah kota tersebut, segera merapat ke Rawon Nguling ini untuk mencicipinya.

6. Soto Ayam Cemara

Kuliner Pasuruan

Soto Ayam Cemara ini merupakan sebuah tempat yang menyajikan soto ayam yang mempunyai rasa lezat dan gurih. Tentu jika anda kebetulan sedang berada di Pasuruan, rasanya kurang lengkap apabila tidak berkunjung ketempat Soto Ayam Cemara ini.

Memang banyak orang bilang jika soto ayam yang di sajikan di tempat wisata kuliner pasuruan yang satu ini mempunyai rasa yang khas enaknya. Selain enak ternyata soto ayam yang di sajikan di Soto Ayam Cemara ini di bandrold dengan harga yang cukup murah.

7. Kupang Keraton Bu Ning

Kuliner Pasuruan

Kupang Keraton Bu Ning ini menjadikan semakin ramainya tempat wisata kuliner pasuruan. Nah disini ada beberapa makanan atau juga sajian menu andalan yang bisa kamu dapatkan di kuliner pasuruan Kupang Keraton Bu Ning ini contohnya seperti misalkan saja tahu goreng, sate kerang, lentho, kupang dan juga lainnya.

Nah apakah anda tahu lentho itu makanan sejenis apa? Lentho itu adalah sebuah makanan yang berjenis seperti gorengan yang mana di buat dari kedelai dengan parutan kelapa dan singkong. Tentu jika anda belum pernah mencoba Lentho, sangat di rekomendasikan untuk anda segera mencicipinya.

8. Lesehan Djawa Dwipa

Kuliner Pasuruan

Kamu ingin merasakan suasana pegunungan, kamu bisa datang di lesehan Djawa Dwipa. Letaknya di Jalan Jambu tembusan Pasar Baru-Kebon Waris, Pandaan.

Tempat makan ini sering kali dikunjungi oleh mereka yang sedang melakukan perjalanan ke atau dari Malang. Di tempat ini suasananya sejuk dan nyaman karena memang lokasinya dataran tinggi.

Ayam bakarnya yang enak, guraminya yang gurih sedap, dan ada juga beras kencur untuk menambah stamina kamu dalam perjalanan. Apalagi harganya itu loh yang sangat bersahabat.

Beberapa makanan yang di sajikan di tempat wisata kuliner Lesehan Djawa Dwipa ini seperti misalkan saja ayam bakar dan gurami yang di sajikan atau di masak dengan bumbu yang sangat luar biasa.

9. Menu Rawon

Kuliner Pasuruan

Kali ini temanya adalah rawon. Nah ternyata, memang cukup banyak juga warung makan yang ada di Pasuruan yang menyediakan menu rawon.

Dan juga yang paling terkenal ada tiga, yaitu saminah, sarinah, dan juga sakinah. Haha, Bingung ngak kamu nama-namanya, hampir mirip kan? Nah Tetapi, untuk rasanya kamu tentu bisa membedakan.

Rawon sarinah berada di Jalan Pahlawan rasanya memang lumayan enak, namun ada yang lebih enak lagi lho, yaitu rawon sakinah yang berada di Jalan R.A Kartini.

Selain itu, apalagi ada tambahan lauknya, adalah sate komoh. Sate komoh adalah sate yang dibuat dari daging sapi dengan ukuran besar mirip dengan empal.

Baca ini : Tempat Wisata di Pasuruan

10. Rumah Makan Tengger

Kuliner Pasuruan

Nah beberapa menu andalan yang dari Rumah Makan Tengger ini seperti sop buntut, nasi pecel, dan juga rawon dengkul sapi yang mampu membuat para penikmati kuliner pasuruan tergila-gila lho dengan kuliner yang satu ini.

Salah satu minuman yang juga banyak di cari di tempat wisata kuliner pasuruan bernama Rumah Makan Tengger ini adalah kopi tubruk. Untuk anda pelanggan dari Rumah Makan Tengger anda akan di berikan fasilitas berupa toilet yang sangat bersih.

Demikian mengenai Kuliner Pasuruan Paling Enak nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Alfian
Alfian Jadilah manusia yang selalu bermanfaat bagi orang lain, walaupun hanya membantu hal-hal yang kecil.

Kuliner Madiun

Alfian Alfian
3 min read

Kuliner Cimahi

Alfian Alfian
4 min read

Kuliner Padang

Alfian Alfian
7 min read