16 Tempat Wisata Kuliner Banyuwangi Paling Enak Harus Dicoba

Tempat Wisata Kuliner di Banyuwangi  Banyuwangi sangat dikenal dengan wisata alamnya yang menakjubkan misalnya gunung ijen, pulau merah, watu dodol dan sebagainya. Nah dan juga Banyuwangi memiliki wisata kuliner favorit dan wajib kamu kunjungi. Jadi bermacam macam kuliner khas banyuwangi yang layak kamu coba adalah rujak soto, ayam pedas rantinem, sego cawuk, nasi tempong, dan juga aneka macam kuliner yang lainnya.

Baca ini : Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

Disini kami akan memberikan beberapa informasi mengenai tempat wisata kuliner banyuwangi yang belum kamu kaetahui. Dan jika kamu berkunjung ke daerah tersebut, sangat wajib mencoba kuliner Banyuwangi langsung di tempatnya.

1. Sego Cawuk

Sego Cawuk

Kuliner Banyuwangi yang pertama ini adalah Sego Cawuk. Kamu bisa menemukan kuliner banyuwangi ini di warung Bu Mantih yang berada di jln. Wahid Hasyim sekitar 500 meter dari stasiun Rogojampi. Kuliner ini berupa paduan antara nasi dan juga kuah, lalu juga ditambah juga dengan parutan kelapa. Kuahnya dibuat dengan bumbu-bumbu pilihan. Selain itu ada juga tambahan lauk seperti dendeng, telur, pepes ikan dan lain sebagainya. Bisanya untuk satu porsi Sego Cawuk dibandol dengan harga Rp. 6.000, tetapi itu belum termasuk tambahan lakunya.

2. Sego Tempong Mbok Wah

Sego Tempong

Di Tempat wisata kuliner Banyuwangi ini menyediakan makanan yang bernama sego Tempong. Tempong ini ternyata artinya adalah tampar. Memang kuliner banyuwangi ini memang memeiliki rasa yang nampar alias enak banget.

Tempat wisata kuliner Banyuwangi yang terletak di jln. Gembrung no. 22, Banyuwangi sudah terkenal sejak dulu dan ramai dikunjungi konsumen setiap harinya. Di Tempat wisata kuliner Banyuwangi ini juga menyediakan ikan goreng dan olahan lain seperti kepiting dan cumi.

3. Pecel Rawon

Pecel Rawon

Pecel Rawon merupakan makanan tradisional yang perpaduan antara masakan rawon dan juga pecel yang khas dari Banyuwangi. Perpaduan dua masakan tersebut menghasilkan cita rasa yang khas dan berbeda. Selain itu, Pecel Rawon ini mempunyai perpaduan rasa yang sangat unik juga.

Dan juga rawon dengan kuahnya yang mempunyai rasa kuat dan juga menyegarkan di padukan dengan rasa bumbu pecel yang gurih dan juga pedas memberikan cita rasa yang sangat enak pada Pecel Rawon ini. Selain itu juga, untuk rawon yang digunakan biasanya hanya berupa kuahnya saja atau tanpa daging. Tetapi terdapat juga sebagian penjual yang menyediakan daging rawon sebagai pelengkap sesuai dengan permintaan pembeli.

4. Pecel Pitik

Pecel Pitik

Pecel Pitik merupakan salah satu makanan khas Banyuwangi yang sering diburu oleh para wisatawan. Kamu bisa menemukan Tempat wisata kuliner Banyuwangi ini di Desa Kemiren, Kecamatan Glegah, Banyuwangi. Tempat tersebut merupakan daerah yang menjadi tempat tinggal masyarakat Suku Osing asli Banyuwangi. Biasanya kuliner banyuwangi ini dibuat untuk kepentingan adat.

Pecel pitik merupakan makanan yang terbuat dari ayam kampung yang diurap dengan bumbu dan parutan kelapa. Dan daging ayam terlebih dahulu yang disuwir-suwir lalu kelapa yang digunakan juga tidak dimasak. Jadi, diurap mentah-mentah dengan bumbu lho. Hal tersebut membuat makanan yang satu ini sangat enak dan lezat.

5. Rujak Soto Mbok Mbret

Rujak Soto Mbok Mbret

Kuliner banyuwangi yang satu ini penyajiannya memang menggunakan kuah soto. Dan untuk cara pembuatan kuliner banyuwangi ini seperti rujak pada umumnya lho. Yakni dengan mencampur semua bumbu rujak lalu disiram dengan kuah soto yang berisi daging babat, dan telur puyuh.

Nah untuk satu porsi rujak soto dihargai sekitar Rp 20.000 Bagi kamu yang ingin mencicipi kuliner banyuwangi yang unik denagan rasa yang sangat enak dan lezat ini, kamu bisa datang ke Warung Mbok Mbret. Tempat wisata yang menyediakan kuliner Banyuwangi ini terletak di samping bekas bangunan bioskop Sylva di kawasan Benculuk, Cluring, Kabupaten Banyuwangi.

6. Mie Ayam Ahem

Mie Ayam Ahem

Makan dengan nasi terus saja mungkin akan membuatmu bosan, meski lakunya enak-enak. Sebagai gantinya, maka ada pilihan seperti mie pangsit atau mie ayam. Kamu akan mendapatkan satu mangkuk mie yang teksturnya kenyal dengan daging ayam melimpah serta bumbu yang meresap sempurna.

Jika anda ingin mencoba mie ayam banyuwangi, jelas ada di Banyuwangi yang menyediakan makanan enak kali ini adalah warung Ahem. Mie yang disediakan di Tempat wisata kuliner Banyuwangi ini teksturnya kenyal dengan daging ayam yang melimpah serta bumbu yang meresap sempurna. Lebih enak lagi jika menyantap mie ayam ditambahkan dengan bakso.

7. Sego Bungkus Bu Poer

Sego Bungkus

Kuliner ini menyajikan menu nasi bungkus dengan berbagai lauk pilihan lho. Kamu bisa memilih nasi putih, nasi jagung, nasi kuning hingga nasi merah pun ada. Nah meskipun namanya nasi bungkus, bukan berarti nasi bungkusnya harus dibawa pulang, karena bisa juga dimakan di tempat.

Untuk satu porsi dihargai sekitar Rp. 12.000. Tempat wisata kuliner Banyuwangi yang berada di jl. PB Sudirman Banyuwangi, tepatnya seberang BNI Syariah ini buka mulai pukul setengah tujuh pagi. Jika kamu ingin sarapan pagi, kamu bisa datang lansung ke lokasi ini.

8. Botok Tawon

Botok Tawon

Tawon adalah nama untuk lebah yaitu binatang yang bisanya dibudidayakan untuk diambil madunya. Tetapi, di Banyuwangi bukan cuma madu yang dimanfaatkan, nah tetapi sarang lebahnya juga diambil lho. Jadi ada cara khusus untuk mengolah sarang lebah dan menjadi makanan yang enak di Banyuwangi.

Menu ini mempunyai rasa yang lebih gurih lho. Tetapi, tak banyak orang yang menjual botok tawon. Jadi penyebabnya yaitu kesulitan mendapat bahan baku. Kamu bisa mencarinya di pasar-pasar tradisional atau mendatangi warung milik Bus Misnah di Desa Lemahbang Kulon, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi.

9. Rawon Bi Atik

Rawon Bi Atik

Kuliner Banyuwangi selanjutnya adalah Rawon. Rawon yang satu ini terkenal sekali di Banyuwangi dengan porsi yang banyak dan harga yang murah meriah. Lokasinya yang strategis berada di pinggir jalan raya tidak menyulitkan orang yang ingin datang ke sini untuk menikmati hidangannya. Sesuai namanya, ada satu porsi pecel yang ditambah dengan kuah rawong lengkap dengan daging empalnya. Tentu saja kamu bisa menyantap sayur-sayuran yang umumnya ada dalam menu pecel.

10. Mie Kuah Warung Kepiting

Mie Kuah Warung Kepiting

Disini menyajikan menu seafood dan juga kuliner lain dengan rasa penggugah selera lho. Untuk menu andalan pasti yaitu kepitingnya, tetapi jika kamu tidak suka, maka masih ada menu lain yang nggak kalah enaknya sih. Jadi bagi anda penggemar seafood seperti kepiting bisa datang langsung ke Tempat wisata kuliner Banyuwangi yang satu ini, yakni berlokasi di Jl. Kepiting no. 29B, Banyuwangi. Di Tempat wisata kuliner Banyuwangi memiliki area parker yang luas, dan kamu bisa mengadakan acara bersama keluarga atau sahabat di sini.pasti seru ya sambil makan enak bersama-sama.

11. Bakso Jumbo

Bakso Jumbo

Bakso dengan ukuran Jumbo ini berada di Banyuwangi lokasinya di jl Dr Soetomo Banyuwangi depan Kantor Badan Pertanahan Negara Banyuwangi. Selain itu, Bakso ini memiliki ukuran 30 cm dan juga untuk berat mencapai 2 kilogram ini maka dinamakan Bakso Hamil sembilan bulan, ada juga bakso dengan ukuran dibawahnya berat 1 kilogram namanya Bakso hamil 7 bulan dan juga bakso dengan berat 0.5 kilogram dinamakan Bakso hamil 3 bulan. Bakso ini ada di Warung Bakso Pak Andre. Selain Bakso bakso hamil tadi, juga ada bakso beranak.

12. Warung Pesantogan Kemangi Kemiren

Pesangon Kemangin Kemiren

Pesantogan Kemangi adalah wisata kuliner yang terletak di desa wisata Kemiren Banyuwangi. Pesantogan mempunyai arti sebagai tempat nongkrong sedangkan untuk Kemangi kepanjangan dari Kemiren Banyuwangi. Pesantogan Kemangi menyajikan kuliner khas Banyuwangi seperti Pecel Pitik dan Uyah Asem. Disamping ada juga makanan ringan yang lain yaitu kucur,serabi,tape buntut. Kalau Minumannnya ada beras kencur,kopi khas kemiren “Jaran Goyang” dan temu lawak serta teh.

13. Minak Kopi Coffe Shop

Minak Kopi Coffe

Salah satu cafe yang menyajikan kopi asli Banyuwangi yaitu Minak Kopi Coffe shop. Minak Kopi Coffe shop terletak di jl Hos Cokroaminoto Cungking Banyuwangi, dengan interior yang unik dan menarik menambah wisatawan baik itu lokal ataupun mancanegara makin kerasan. Minak Kopi Coffe shop hadir dengan citra rasa bangsawan ditengah masyarakat Banyuwangi dengan harga yang sangat terjangkau.

14. Heerlijk Osing Cafe Banyuwangi

Heerlijk Osing

Menu yang disajikan di Heerlijk penuh dengan menu menu yang inovatif. Menu menunya seperti soda perawan, roti itali,Sego mangkok, mie, mie ngamen, mie londo dan mie gepeng, segor, badhogan ndeso, Roti itali, jajanan tipis-tipis. Dan menu minumannya Gelati , soda, teh, kopi, njus, ombenan campuran, ombenan tipis-tipis Dengan desain interiornya seperti cafe sekarang tetapi tidak meninggalkan suasana lokal.

15. D’Copiz Cafe Banyuwangi

D’Copiz Cafe

D’Copiz Cafe berada di jalan Brawijaya Sobo Banyuwangi, cafe ini memang menyediakan berbagai macam varian kopi ( robusta, arabica, kopi luwak, kopi lokal, dan juga lain sebagainya), tetapi begitu minuman lain juga tersedia dan juga makanan ringan lainnya contohnya seperti siomay, tahu goreng, kentang goreng atau juga nasi goreng juga ada.’Copiz Cafe memang sangat cocok untuk ngumpul bareng teman, selain tempatnya asri khas pedesaan dan juga suasana yang ramah bisa membuat kumpul kumpul anda menjadi ceria dan juga hangat.

16. Warung Biru Banyuwangi

Warung Biru

Resto Warung Biru ini menyajikan aneka olahan laut, selain itu juga menu menu lainnya khas Banyuwangi. Dengan ciri khas sambel yang pedas,ikan bakar,cumi goreng dan ayam goreng menu andalannya. Dengan alamat : Jl. Kapten Pierre Tendean, Banyuwangi, Indonesia ( dekat Hotel Selamet/Stasiun lama Banyuwangi) Jam Buka : 09:00 – 17:00.

Baca Juga : Tempat Wisata Kuliner di Blitar Paling Enak dan Murah

Demikian mengenai Tempat Wisata Kuliner di Banyuwangi Paling Enak Harus Dicoba nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!