20 Tempat Wisata di Wonosobo Terbaru Paling Hits Dan Indah

Tempat Wisata di Wonosobo – Wonosobo adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki alam sangat indah untuk dinikmati dan menarik para wisatawan untuk berkunjung,mungkin bagi anda yang belum pernah berkunjung dan atau baru pertama kali berkunjung akan merasa kagum dengan wisata yang ada di wonosobo.

Salah satu tempat wisata di Wonosobo yang paling terkenal tentunya adalah kawasan wisata Dieng yang secara administrasi berada di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, selain Dataran tinggi Dieng anda juga bisa berkunjung ke beberapa tempat wisata lainnya yang ada di Wonosobo.

Selain terkenal dengan pemandangannya yang indah dan unik, Kawasan Dataran Tinggi Dieng juga terkenal dengan hasil pertanian dan agrowisata yang menarik. Dataran tinggi Dieng terkenal dengan penghasil kentang di jawa Tengah. Kentang hasil dari kawasan Dieng ini telah dinikmati di berbagai wilayah di Indonesia.

Baca Juga : Tempat Wisata di Dieng yang Paling Bagus Dan Indah

Selain itu di Dieng juga terkenal sebagai penghasil Purwaceng dan Carica yang sudah terkenal di mana saja. Sebagai pengingat, Purwaceng merupakan tumbuhan semacam semak yang dijadikan sebagai obat herbal yang berkhasiat untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

Nah pada kesempatan kali ini aneka wisata seru akan mengajak anda untuk jalan-jalan ke wonosobo, mungkin bagi anda mestinya wisata yang terkenal cuma wisata di dieng, itu salah, karena masih ada banyak lagi wisata yang cukup populer yang berada di wonosobo, untuk itu simak berikut dibawah ini mengenai tempat wisata di wonosobo.

1. Tempat Wisata Perkebunan Teh Tambi

Perkebunan Teh Tambi

Tempat wisata pertama yang menarik untuk dikunjungi yaitu Perkebunan Teh Tambi terletak di antara dua gunung fenomenal yakni di lereng Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Di ketinggian antara 800 m.dpl hingga 2.000 mdpl  tanaman teh terhampar luas hingga melandai di lereng kedua gunung tersebut hingga ke perbukitan sekitar.

Perkebunan Teh Tambi telah masuk kedalam daftar destinasi wisata area Dieng Plateau atau Wonosobo guna mendongkrak dan menambah kunjungan wisata ke daerah pegunungan ini. Banyak para wisatawan yang menggunakan area perkebunan teh tersebut sebagai tempat favorit untuk mengisi waktu liburan mereka ketika hendak berwisata ke Dataran Tinggi Dieng.

Di area perkebunan teh Desa Tambi para wisatawan akan di suguhi pemandangan menakjubkan yakni perkebunan teh terhampar luas melandai di lereng Gunung Sindoro serta tumbuh di perbukitan sekitar di balik Gunung Tlerep yang memanjang di area Kecamatan Kejajar. Tempat ini cocok bagi Anda para pengagum alam dan dunia Photography landscape. Ada banyak spot bagus yang biasanya dimanfaatkan untuk membidik area perkebunan teh berlatar belakang Gunung Sindoro.

2. Tempat Wisata Waduk Wadaslintang Wonosobo

Waduk Wadaslintang

Tempat wisata kedua yaitu Wisata Waduk Wadaslintang, berupa bendungan atau waduk yang berlokasi Kabupaten Kebumen dan sebagaian di Kabupaten Wonosobo. Wadaslintang adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Wonosobo. Wadaslintang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kebumen. Wadaslintang memiliki beberapa tempat wisata yang cukup menarik dan diminati.

Waduk Wadaslintang memiliki pengunjung yang cukup ramai yang datang dari warga Kecamatan Wadaslintang maupun wisatawan yang datang dari luar Kecamatan Wadaslintang. Wisatawan yang datang dari luar Kecamatan Wadaslintang sering datang untuk memancing. Wisatawan tersebut sering menginap di Waduk Wadaslintang bahkan sampai berhari-hari dengan cara mendirikan tenda di Waduk Wadaslintang.

Wisatawan yang datang di Waduk Wadaslintang akan lebih ramai pada hari libur termasuk hari minggu. Ini membuktikan bahwa Waduk Wadaslintang benar-benar berfungsi sebagai tempat hiburan oleh warga Wadaslintang maupun warga dari luar Wadaslintang. Selain wisata pancing, pengunjung Waduk Wadaslintang bisa melakukan wisata lain seperti wisata perahu.

3. Tempat Wisata Telaga Warna

Telaga Warna

Tujuan wisata di Dieng lain yang tak kalah indah di Kawasan Dieng adalah Telaga warna. Telaga Warna, merupakan salah satu tempat wisata andalan yang terletak di Dieng wonosobo, jawa tengah. Danau ini mempunyai nama Telaga warna pun bukan tanpa sebab, yaitu karena telaga ini mempunyai warna yang bisa berubah ubah.

Telaga ini kadang berwarna hijau, kuning dan pelangi. Hal tersebut karena telaga tersebut terdapat kandungan sulfur yang cukup banyak dan ketika tersorot sinar matahari maka warna air tersebut akan berubah warna.

Telaga warna juga merupakan telaga terluas yang ada di dataran tinggi diantara telaga telaga yang lain seperti telaga pengilon, telaga merdada dan masih banyak lagi. Telaga warna sendiri mempunyai luas kira 3 kali lapangan sepak bola. Telaga warna dieng terletak di ketinggian 2000 meter diatas permkaan laut.

Telaga tersebut juga dikelilingi oleh bukit bukit yang indah yang cocok sebagai tempat untuk refreshing. Jika anda ingin mendapat sensai keindahan yang lebih, anda bisa menaiki salah satu bukit yang ada di telaga warana. Dan yang paling populer yaitu bukit ratapan angin. Dari situ lah anda bisa duduk di sebuah batu sambil menikmati telaga warna dari atas bukit.

4. Tempat Wisata Gunung Prau Wonosobo

Gunung Prau Wonosobo

Gunung prau merupakan sebuah gunung yang terletak di provinsi Jawa Tengah, tepatnya di perbatasan kabupaten wonosobo dan kabupaten kendal. Gunung prau terkenal dengan viewnya yang bagus. Ketinggian gunung prau adalah 2.565 mdpl. Menurut beberapa post, gunung ini adalah gunung yang pendek tapi menarik, di atasnya kita akan mendapati padang rumput berbunga dan bukit-bukit kecil.

Gunung prau dieng memang sering di anggap sebelah mata bagi para pendaki profesional, mungkin karena jalur pendakian gunung prau yang terlalu mudah dan ketinggian nya yang masuk dalam kategori medium. Tetapi setiap pendakian yang dilihat bukan hanya tingkat kesulitan dari gunung yang di daki, dan berapa ketinggian gunung itu.

Hal yang paling penting adalah pengalaman dan tentunya fenomena alam yang indah yang akan kita dapat. Sunrise gunung prau, itulah yang banyak dicari oleh para pendaki gunung prau. Siapa yang tidak mengenal keindahan sunrise gunung prau. Sunrise yang memiliki karakteristik kuning keemasan dengan semburat warna biru langit menjadikan sunrise gunung prau termasuk sunrise yang indah.

5. Tempat Wisata Telaga Merdada

Telaga Merdada

Telaga Merdada merupakan salah satu telaga terluas di Dataran Tinggi Dieng. Luas areanya kurang lebih 15 hektar. Telaga Merdada merupakan salah satu obyek wisata Dieng yang masuk ke dalam daftar buku wisata Dieng dan termasuk ke dalam tujuan wisata Dieng zona dua.

Telaga Merdada terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Batur yang memasuki wilayah Kabupaten Banjarnegara. Jarak dari Desa Dieng menuju obyek wisata Telaga Merdada sejauh 3,9 km. Para wisatawan dapat menjangkau Telaga Merdada melalui Jalan Jaya Dieng selama kurang lebih 13 menit menggunakan kendaraan tanpa terhalang macet.

Adapun tiga daya tarik Telaga Merdada Dieng yang akan membuat para wisatawan ingin segera berkunjung berjelajah menyesap keindahan panorama alam Telaga Merdada Dieng Plateau. Telaga ini memang memiliki daya terik tersendiri diantara telaga-telaga lainnya yang ada di Dieng karena bentuknya.

Selain dinobatkan sebagai telaga terluas di Dieng Plateau, Telaga Merdada sangat elok dipandang mata. Telaga yang dikelilingi oleh tebing dan bukit yang kakinya menjulur sampai ke tepian air akan membuat siapa saja tercengang akan keindahannya.

6. Tempat Wisata Air Terjun Sikarim di Wonosobo

Air Terjun Sikarim

Objek wisata selanjutnya yaitu air terjun sikarim ,Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar kurang lebih 24 meter ini terletak di desa Mlandi, Kecamatan Garung, Wonosobo , Jawa Tengah. Tak jauh lokasi ini terdapat juga Air Terjun Sipendok yang terletak di sebelah atas kiri bukit. Sayangnya Jalur akses untuk menuju air terjun tersebut cukup sulit karena harus melewati semak belukar dan jurang yang cukup dalam.

Mungkin Anda akan terkagum-kagum dengan pemandangan yang disuguhkan oleh air terjun yang indah ini. Air terjun atau curug yang masih dikelilingi dengan pemandangan alam yang indah seperti pegunungan Sikunir yang menjulang dengan tingginya dan beberapa pohon langka seperti pakis turut menghiasi Air Terjun SiKarim sebagai latar belakang yang sangat harmonis. Anda mungkin tidak akan mau beranjak dari tempat wisata alam ini karena terpukau akan keindahannya.

7. Tempat Wisata Telaga Menjer Wonosobo

Telaga Menjer

Telaga menjer merupakan telaga terluas yang dikawasan daerah Dieng, Telaga menjer ini terletak di Desa Maron Kecamatan Garung Kabupaten Wonosobo, dengan luas sekitar 70 Ha dan kedalaman sekitar 60 meter, berada pada ketinggian sekitar 1300 Mdpl, tepatnya dibawah gunung Sikudi,

Terletak dibawah gunung yang lebat tentunya menjadi keuntungan tersendiri bagi telaga menjer karena airnya akan selalu melimpah, selain untuk kepentingan wisata, pemancingan, pengairan, telaga menjer juga dimanfaatkankan sebagai pembangkit Listrik tenaga air mulai tahun 1982 sampai sekarang.

Lokasi yang nyaman seperti di telaga menjer ini menjadi idola tersendiri bagi penduduk local maupun wisatawan yang berkunjunjung, bukit-bukit dan bebatuan yang berdiri kokoh seolah menciptakan benteng tersendiri untuk melindungi kecantikan telaga menjer ini.

Fasilitas di lokasi ini cukup memadai sepeti toilet, Mushola dan tempat parkir yang luas akan tetapi kalau mau makan di restoran belum tersedia, yang tersedia hanya warung kecil dan kedai minuman. Sejuknya udara di Sekitar telaga menjadikan banyak orang yang bertah berlama-lama untuk melakukan kegiatan termasuk kegiatan outbound,

Untuk mencapai lokasi tempat ini dapat ditempuh dengan mobil maupun motor roda dua, jalannya agak naik dan berkelok, dari kota wonosobo sekitar 12 Km kearah utara, hanya diperlukan waktu sekitar 30 menit sampai ke lokasi, dengan mengambil jalan ke kiri sebelum sampai dipasar tradisional Garung, sambil menikmati pemandangan dan sejuknya udara perjalanan jadi terasa sangat singkat,

8. Tempat Wisata Curug Winong Wonosobo

Curug Winong

Selain air terjun sikarim yang ada di wonosobo ada juga loh yang lain yaitu Curug Winong. Obyek wisata alam Curug Winong, obyek wisata ini adalah berupa Air terjun (curug) dan berlokasi di wilayah desa Winongsari, lebih tepatnya Dusun Temanggung, Desa Winongsari, Kec. Kaliwiro, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah. Curug Winong tak hanya menawarkan keindahan air terjun yang berbentuk seluncur, namun juga menawarkan keindahan alam pegunungan khas Wonosobo yang sangat memanjakan mata.

Kendati terletak di pedalaman hutan, namun akses menuju Curug Winong ini terbilang sangat bagus. Untuk menuju gerbang desa Winongsari, anda akan dihadapkan pada jalan raya yang mulus beraspal dan berkelok dengan pemandangan hutan pinus dan pegunungan di sisi kanan dan kiri jalan. Sungguh Pemandangan pembuka yang cukup memanjakan mata.

Biaya parkir hanya 2ribu rupiah per motor, sedangkan tiket masuk ke Curug hanya 1.000 per orang di hari libur, naik jadi 2ribu per orang, Di Lokasi Curug Winong, pengunjung akan langsung disuguhi dengan pemandangan air terjun setinggi hampir 70 meter dengan bentuk permukaan turunan yang menyerupai seluncur.

Topografi turunan Curug Winong yang menyerupai seluncur dengan kemiringan tak lebih dari 70 derajat membuat banyak pengunjung yang memberanikan diri untuk bisa memanjat naik. Para Pengunjung umumnya berlomba untuk bisa mencapai titik tertinggi dari permukaan curug yang bisa didaki.

9. Tempat Wisata Bukit Sikunir Wonosobo

Bukit Sikunir

Bukit Sikunir Dieng Wonosobo merupakan salah satu tempat wisata di kawasan dataran tinggi Dieng yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan setiap harinnya. Keindahan Hamparan Awan di Puncak Sikunir Di puncak bukit dengan ketinggian 2 232 meter dari permukaan laut ini, golden sunrise terbaik seasia tenggara menyapa para wisatawan setiap paginya.

Bukit Sikunir Dieng mulai pertama di populerkan pada tahun 1982 oleh pemandu lokal Dieng yang kemudian di cantumkan di buku panduan wisata dunia pada tahun 1984. Kunjungan ke bukit Sikunir kian meningkat terutama beberapa tahun ini seiring makin majunya kepariwisataan di daerah kawasan Wisata Dieng.

Dari puncak Sikunir pengunjung juga dapat menikmati pesona panorama pemandangan pegunungan Dieng yang terhampar luas kemana arah mata memandang. Barisan perbukitan dan pegunungan dengan kerlip lampu desa-desa dibawahnya menjadi pemandangan yang menakjubkan sebelum matahari beranjak menerangi kawasan tersebut.

Untuk mencapai bukit sikunir adalah melalui desa Sembungan. Untuk mencapai desa sembungan dibutuhkan waktu sekitar 15 menit menggunakan kendaraan dari kawasan wisata Dieng, atau sekitar 1 jam perjalanan jika anda menginap di kota Wonosobo. Sesampainya Sembungan dilanjutkan pendakian antara 20 menit hingga 35 menit untuk menjangkau puncaknya.

10. Tempat Wisata Kawah di Dieng

Kawaah Di Dieng

Di Dataran tinggi Dieng Wonosobo memiliki beberapa kawah yang sangat indah, yaitu Kawah Sikidang, Kawah Candradimuka, dan Kawah Sileri yang masih aktif. Kawah Sikidang adalah salah satu kawah yang dijadikan andalan tempat wisata di Dieng dan berlokasi di wilayah Dieng timur. Pemandangan di sekitar kawah ini sangat indah, perpaduan hamparan bukit hijau dan tanah kapur di sekitar tanah kawah.

Dengan diberi nama Sikidang karena kolam magma di kawah ini sering berpindah-pindah seperti Kidang bahasa Jawa untuk hewan Kijang. Gejolak magma di kawah ini juga cukup tinggi, antara setengah hingga satu meter. Kawah Sileri merupakan salah satu kawah terbesar di dataran tinggi Dieng dengan luas sekitar 4 hektar. Anda dapat mencapai kawah ini dengan perjalanan sejauh 7 km dari kawasan wisata utama Dieng. Kawah Sileri masih masih mengeluarkan asap putih.

Diberi nama Sileri karena warna air kawah ini putih dan aromanya seperti air bekas mencuci beras dalam bahasa Jawa disebut leri. Sedangkan Kawah Candradimuka adalah kawah yang terkenal di dalam cerita legenda pewayangan. Dalam legenda diceritakan, kawah ini adalah tempat di mana Gatotkaca dijedi sehingga memiliki kesaktian yang luar biasa.

11. Tempat Wisata Gardu Pandang Tieng

Gardu Pandang

Gardu Pandang Tieng . Terletak pada ketinggian 1789 Mdpl tepat berada di atas Desa Tieng, lokasi ini merupakan lokasi yang paling tepat untuk menyaksikan terbitnya matahari dan menjadi lokasi alternatif bagi yang ingin melihat golden sunrise tapi tidak sempat naik ke bukit Sikunir, hampir setiap pagi sehabis subuh sudah ada orang yang berada dilokasi ini untuk menikmati keindahan terbitnya matahari tanpa penghalang apapun.

Pemandangan sebelah timur adalah perbukitan kebiruan yang diselimuti kabut tipis dan kalau melongok kebawah maka akan kita dapati pemandangan pedesaan dengan rumah rumah beratap seng hitam menjadi sajian pemandangan indah.

Sedangkan sebelah selatan terpampang didepan mata pemandangan gunung sindoro yang menjulang tinggi dengan anggunnya, warnanya kebiruan dan berlatar langit biru jernih sementara itu desa Tieng dan sekitarnya terselimuti kabut yang rata sampai pertengahan gunung Sindoro.

12. Tempat Wisata Lobang Sewu Wonosobo

Lobang Sewu

Obyek wisata Lubang Sewu merupakan Objek wisata yang masih baru, karena di kenal oleh kalangan masyarakat lokal di Bulan Agustus lalu 2015. Berawal dari share foto selfie di media social seperti instagram, tempat yang jarang disentuh wisatawan baik lokal ataupun luar daerah ini menjadi sesak ketika akhir pekan tiba. Tempat ini menjadi obyek wisata favorit kalangan anak-anak muda yang gila foto atau selfie.

Lubang Sewu termasuk kedalam wisata musiman karena hanya ada ketika musim kemarau saja seperti di bulan Agustus dan September. Ada fenomena alam unik dapat disaksikan disini yaitu batu-batu yang membentuk batu karang seperti batu karang yang ada di pantai dengan seribu lubang dan membentuk seperti pahatan-pahatan atau ukiran alami.

Batu-batu karang ini terletak di tepi bendungan, bukan pantai karena Wonosobo daerah pegunungan yakni di area waduk buatan yang bernama Waduk Wadaslitang. Obyek wisata menarik Lubang Sewu terletak di Desa Erorejo, Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo dan tepatnya di area Waduk Wadaslintang.

13. Tempat Wisata Curug Sirawe Wonosobo

Curug Sirawe

Curug Sirawe merupakan salah satu tempat wisata yang bisa anda kunjungi. Air Terjun setinggi kurang lebih 80 Meter ini berada di Dusun Bitingan, Desa Kepakisan, Kecamatran Batur, Banjarnegara. Tidak Seperti tempat wisata lain di sekitar Dieng dan Banjarnegara. Air Terjun Sirawe bisa dibilang masih perawan, tersembunyi ditengah lebatnya Hutan.

Air terjun Curug ini belum begitu ramai didatangi pelancong karena aksesnya sedikit sulit. Dari gerbang masuk kawah Sileri, wisatawan masih bisa menggunakan kendaraan sampai titik tertentu, selanjutnya perjalanan harus dilanjutkan dengan jalan kaki.

Tapi, jerih payah anda pasti segera terbayar begitu wisatawan merasakan gemericik air yang membentur bebatuan,yang menghaslkan suara indah menenangkan hati Apalagi, sekelilingnya dipenuhi tetumbuhan hijau nan rimbun menambah rasa betah berlama lama menikmati.

14. Tempat Wisata Telaga Cebong

Telaga Cebong

Telaga Cebong merupakan telaga yang terjadi dari bekas kawah purba, dulunya memiliki luas sekitar 18 ha, akan tetapi lama kelamaan mulai menyempit dan tersisa sekitar 12 Ha.Lokasi Telaga Cebong berada disebelah barat Gunung Sikunir dengan bentuk menyerupai cebong/berudu mungkin dari bentuk itulah akhirnya telaga ini diberi nama telaga cebong.

Selain berguna untuk keperluan wisata, Telaga Cebong juga sering digunakan sebagai sumber air oleh para petani setempat. Traveler yang memiliki budget tipis juga kerap menjadikan lokasi di sekitar telaga ini sebagai lokasi untuk bermalam. Biasnaya mereka akan camping di sekitar Telaga Cebong untuk menghemat biaya penginapan.

Berdiri di salah satu titik di tepian Telaga Cebong kita akan disuguhi oleh pemandangan istimewa khas Dieng. Bukit-bukit hijau, rumah-rumah warga di Desa Sembungan serta area perkebunan penduduk merupakan pemandangan yang akan menyambut kedatangan kita di telaga cantik ini

Air telaga cebong dipagi hari sering tampak berkilau seperti minyak apabila disaksikan dari jalan menuju Gunung Sikunir, hal ini juga menjadi moment terbaik untuk diabadikan oleh para pengunjung. Selain untuk kepentingan pariwisata, telag Cebong juga menjadi tumpuhan harapan petani untuk setempat untuk mengairi ladangnya.

15. Wisata Menantang Arum Jeram Serayu Wonosobo

Arum Jeram Serayu

Mungkin bila anda berkunjung ke daerah Wonosobo Jawa Tengah untuk berwisata di daerah pegunungan dieng jangan lupa meluangkan waktu untuk berkunjung ke daerah kami. Berwisata arung jeram sungai serayu atau rafting sungai serayu wonosobo jawa tengah merupakan pilihan yang tepat bagi anda yg berjiwa suka dengan tantangan air.

Arung jeram sungai serayu atau rafting sungai serayu wonosobo jawa tengah akan memberikan anda kepuasan tersendiri karna jeram sungai serayu, rafting sungai serayu mempunyai kelas jeram-jeram yang memiliki tingkatan bahaya yang rendah. Guide kami akan memandu anda mengarungi jeram-jeram yang dimiliki oleh Rafting sungai serayu atau arung jeram sungai serayu wonosobo jawa tengah.

Sungai Serayu berada dalam Kabupaten Wonosobo, Banjarnegara, Jawa Tengah jika anda dari yogyakarta perjalanan kurang lebih 2,5 jam disana anda akan melewati lereng Gunung Sindoro dan lereng gunung Sumbing yang menyajikan kesejukan dan panorama alam pengunungan. Sungai Serayu mempunyai panjang kira-kira 25 km dengan jeram-jeram kelas 3 – 4 dan jarak tempuh menggunakan perahu selama kira-kira sampai 5 jam pengarungan. petualangan anda akan serasa sempurna bila anda bisa menaklukan sungai serayu wonosobo dengan jeram-jeram yang cukup menantang.

16. Tempat Wisata Sumur Jalatunda

Sumur Jalatunda

Tempat wisata selanjutnya yaitu Sumur Jalatunda yang terdapat di kawasan pegunungan tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Sumur raksasa yang terbentuk alami melalui aktivitas vulkanik gunung ini kini menyimpan segudang mitos. Salah satunya dipercaya menjadi sumur pengabul keinginan.

elain itu juga sda kisah unik pula, yakni ketika kita menaiki anak tangga menuju Sumur Jalatunda, kita akan sulit untuk menghitung pasti jumlah anak tangga. Terkadang terdapat selisih jumlah sehingga kita hendak menghitung kembali jumlah anak tangga tersebut berubah perhitungan. Anda patut mencobanya saat berlibur di kawasan ini.

Sumur Jalatunda berada di ketinggian sekira 2.000 mdpl dan terletak di kawasan Dieng paling barat. Anda dapat menemukan wisata Sumur Jalatunda dengan menempuh perjalanan 45 menit dari pusat kota Wonosobo. Sumur Jalatunda ini berada pada kawasan Dieng zona 2. Di kawasan ini juga terdapat destinasi wisata Kawah Sileri, Bukit Cemeti, Kawah Candradimuka dan Telaga Dringo.

17. Tempat Wisata Pemandian Air Panas Kalianget

Pemandian Air Panas

Selain tempat wisata alam yang ada di wonosobo ada juga tempat wisata bermain air yaitu Pemandian Air Panas Kalianget atau juga dikenal dengan tempat yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, di tempat ini juga tersedia lapangan tenis dan arena bermain anak-anak. Lokasinya sekitar 10 menit dari Kota Wonosobo.  Taman wisata kalianget menyediakan fasilitas kolam renang air dingin dan air hangat. yang belum banyak ditemui di Indonesia.

Selain itu bagi wisatawan adalah pemakaian air tidak dibatasi sehingga wisatawan bisa berendam di air hangat dari mata air langsung yang masih mempunyai kandungan belerang dan cocok untuk kesehatan kulit. Di pemandian ini pula anda bisa bermain bersama anak-anak karena di lokas wisata terdapat patung berbagai hewan layaknya di kebun binatang.

18. Tempat Wisata Telaga Pengilon

Telaga Pengilon

Telaga Pengilon. telaga Pengilon merupakan telaga yang terletak bersebelahan dengan Telaga warna di Dieng plateau. Uniknya meskipun terletak berdekatan, Jika dilihat dari zat kimia yang ada bahwa di telaga pelilon berbeda dengan telaga warna.

Di telaga warna sendiri memiliki kandungan sulfur yang pekat sehingga dapat meiliki banyak warna yang diakibatkan oleh pantulan cahaya matahari. Sedangkan untuk telaga pengilon tidak terdapat kandungan tersebut.  Bagi penggemar fotografi pasti akan senang dengan pemandangan di sekitar Telaga Warna dan Telaga Pengilon ini, dimana terdapat telaga yang dikelilingi perbukitan yang asri dan hijau.

19. Tempat Wisata Bukit Sidengkeng Petak 9 Dieng

Bukit Sidengkeng

Tempat wisata yang wajib dikunjungi selanjutnya yaitu Tempat wisata bukit Sidengkeng, merupakan salah satu tempat favorit bagi wisatawan untuk melihat pemandangan Telaga Warna dan Telaga Pengilon secara utuh, gradasi warna dari air telaga dapat terlihat dengan jelas dari lokasi ini, dengan latar belakang gunung Prahu yang terlihat sering berslimut kabut,perbukitan menghijau dan diperindah dengan hamparan telaga Warna Pengilon menjadikan pemandangan dari Sidengkeng semakin sempurna.

Untuk mencapai bukit Sidengkeng dapat ditempuh melalui pintu masuk /gerbang Wana Wisata Petak 9 Dieng, melalui jalan setapak menanjak sekitar 15 menit, melewati jalur ini sangatlah mengasyikkan karena pohon akasia decuren dan aneka tanaman bunga ada disini, seolah tak terasa lelah kaki melangkah menuju puncak, melewati sela-sela pohon berpegangan pada ranting dan sambil bercanda menuju puncak Surga.

20. Wisata Kuliner Mie Ongklok

Mie Ongklok

Nah mungkin anda sudah cape habis berkeliling ke Wonosobo mungkin anda harus mencicipi makanan Khas Wonosobo, Apa itu? Mie Ongklok, Mie ini mudah ditemukan karena dijajakan di pusat kota yakni di Jalan Pasukan Ronggolawe No. 14. Usaha kuliner yang dikelola oleh Waluyo ini konon merupakan Mie Ongklok pertama di Wonosobo. Waluyo tetap menjaga cita rasa Mie Ongklok resep ayahnya, tak heran Presiden Susilo Bambang Yudoyono pun sampai menyempatkan untuk menyantap mie buatannya.

Jika kalian ingin mencicipi nikmatnya Mie Ongklok Longkrang yang legendaris ini, sebaiknya dating lebih awal untuk menghindari antrian yang panjang. Warung Mie Ongklok Longkrang buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga pukul 19.00. Satu porsi mie dihargai Rp 5.000, sedangkan lauk seperti sate sapi dibanderol Rp 15.000 per 10 tusuk, dan Geblek serta Tempe Kemul dihargai Rp 500 per potong.

Baca juga : Tempat Wisata di Solo yang sangat Indah Banget

Bagaimana? tempat wisata yang ada di Wonosobo keren- keren dan bagus-bagus ya?

Demikian Tempat Wisata di Wonosobo Yang Menarik Dikunjungi semoga ini bisa menjadi bermanfaat untuk kalian semua, untuk anda yang ingin berbagi pengalaman tentang wisata di wonosobo bisa berkomentar di bawah ini, Terima Kasih.

13 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *