21 Tempat Wisata di Wonogiri Terbaru Paling Hits Dan Populer

Tempat Wisata di Wonogiri – Wonogiri merupakan sebuah Kabupaten di Jawa Tengah yang terletak tak jauh dari Kabupaten Sukoharjo, tempat wisata di Wonogiri memang masih kalah populer dengan tempat wisata di kota-kota tetangganya. Namun, ternyata tempat wisata di Wonogiri tak kalah keren dan sayang untuk dilewatkan, terutama wisata alam, Wonogiri sendiri terkenal dengan sebutan Kota Gaplek.

Kabupaten Wonogiri berbatasan langsung dengan Gunung Kidul di Jogja menjadikan karakteristik alam di Wonogiri tak jauh berbeda dengan Gunung Kidul yang terkenal dengan banyaknya wisata alam keren. Berbatasan dengan daerah-daerah tersebut memberikan keuntungan tersendiri bagi berbagai daerah di Wonogiri terutama akses ke tempat wisata. Selain di dominasi oleh wisata pantai, Kabupaten Wonogiri juga menyimpan potensi wisata yang tak kalah indah dan menariknya.

Baca ini : Tempat Wisata di Depok yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Wonogiri yang Wajib Dikunjungi

Kebanyakan tempat wisata di wonogiri belum dikenal oleh traveler jadi kawasan wisata disana masih sepi pengunjung. Walaupun sepi pengunjung namun tempat wisata di wonogiri tak kalah indahnya lo dengan kota tujuan wisata lainya seperti yogyakarta, wonosobo dan yang lainya.

1. Tempat Wisata Pantai Nampu Wonogiri

Pantai Nampu

Jika anda pecinta wisata pantai, tenang, sebab karakteristik Wonogiri yang hampir mirip dengan Gunung Kidul menjadikan daerah ini dianugerahi pantai-pantai indah, salah satu pantai indah di Wonogiri adalah Pantai Nampu. Pantai Nampu memiliki karakteristik khas pantai laut selatan pulau jawa, yaitu pasir putih dan bukit-bukit karst disekelilingnya.

Keindahan yang dimiliki objek wisata Pantai Nampu menjadikannya sebagai primadona tempat wisata di Wonogiri. Walaupun terbilang cukup jauh dari pusat kota Wonogiri, yaitu tepatnya di Desa Dringo, Kelurahan Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, namun keindahan Pantai Nampu selalu menarik hati wisatawan, selain itu aksesnya yang mudah juga menjadi alasan kenapa Pantai Nampu cukup favorit.

2. Tempat Wisata Bukit Cumbri Wonogiri

Bukit Cumbri

Bukit Cumbri merupakan satu dari ribuan bukit yang ada di Indonesia. Namanya semakin dikenal dikalangan para remaja sejak kemunculannya di media sosial. Karena memang kecanggihan media sosial terbukti ampuh untuk mengenalkan dan menaikkan popularitas dari suatu lokasi. Keindahan panoramanya yang bak surga di dunia.

Menjadikan Bukit Cumbri tak salah jika dijadikan destinasi buruan bagi para penikmat traveling. Iming iming yang diberikan tempat wisata yang berada di pinggir kota Wonogiri ini memang sangat menggiurkan. Berada di ketinggian 638 mdpl menjadikan Bukit Cumbri memiliki keistimewaan tersendiri. Dari ketinggian anda akan disuguhi pemandangan bagai berdiri di atas awan.

3. Tempat Wisata Pantai Banyutowo Wonogiri

Pantai Banyutowo

Tempat wisata pantai di Wonogiri yang satu ini juga terdapat di Kecamatan Paranggupito. Tepatnya Pantai Banyutowo terdapat di Gudangharjo kecamatan Paranggupito Wonogiri. Nama pantai ini “Banyutowo” memiliki arti air tawar.

Berarti di pantai ini terdapat air tawar yang berasal dari sejumlah sungai di sekitarnya. Di pantai ini juga terdapat pemandangan berupa batu karang yang indah sehingga sangat sayang untuk dilewatkan.

4. Tempat Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Waduk Gajah Mungkur

Tempat Wisata Waduk Gajah Mungkur telah menjadi salah satu ikon wisata di Wonogiri. Waduk Gajah Mungkur letaknya hanya berjarak sekitar 3 km dari Kota Wonogiri. Waduk ini merupakan waduk buatan yang dibangun untuk tujuan pertanian. Waduk Gajah Mungkur mulai dibangun pada tahun 1970 dan selesai pada tahun 1978.

Waduk Gajah Mungkur memiliki luas sekitar 8800 ha dan dapat mengairi ribuan hektar sawah di Kabupaten sukoharjo, Sragen, Karanganyar dan Klaten. Saat ini di okasi Waduk Gajah Mungkur dijadikan sebagai tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh berbagai wisatawan dari berbagai daerah. Wisatawan dapat menikmati panorama waduk yang indah serta menikmati berbagai hasil ikan dari waduk yang sangat lezat.

5. Tempat Wisata Bukit Gantole Wonogiri

Bukit Gantole

Bukit Gantole merupakan sebuah bukit yang digunakan untuk landasan paralayang. Pemandangan dari tempat ini sungguh indah pada sore hari. Dari tempat ini kamu bisa melihat indahnya perbukitan yang merupakan bagian dari Pegunungan Sewu.

Hamparan hijaunya akan menghadirkan kesejukan di mata Tak cuma indahnya perbukitan, dari bukit ini kamu juga bisa melihat hamparan air dari waduk Gajah Mungkur yang sangat terkenal itu. Lokasi bukit ini berada agak tersembunyi. Tidak ada rambu-rambu yang menjadi petunjuk. Satu-satunya cara untuk bisa sampai kesana adalah dengan memanfaatkan informasi dari masyarakat setempat alias bertanya.

6. Tempat Wisata Pantai Sembukan Wonogiri

Pantai Sembukan

Tak berbeda jauh dengan dua pantai sebelumnya yaitu pantai Nampu dan pantai Banyutowo, di Wonogiri juga terdapat pantai lain yang layak dijadikan destinasi favorit para wisatawan. Pantai tersebut bernama pantai Sembukan. Pantai ini masih berada di Kecamatan Paranggupito.

Pemandangan yang ditawarkan pantai ini mampu mempesonakan mata para wisatawan. Selain menikmati suasana indah dan damai, pantai Sembukan juga bisa dinikmati dengan kegiatan memancing. Bahkan warga setempat kerapkali mengadakan acara adat di pantai Sembukan.

7. Tempat Wisata Goa Putri Kencono Wonogiri

Goa Putri Kencono

Tempat wisata di Wonogiri memang tidak hanya menawarkan wisata pantai dan bukit saja, bagi kamu yang tidak terlalu menyukai wisata ketinggian, ada alternatif lain yaitu wisata menyusuri perut bumi, di Wonogiri terdapat sebuah goa bernama Goa Putri Kencono.

Goa Putri Kencono memiliki luas sekitar 1000 meter, didalam goa ini kita bisa melihat keindahan bebatuan stalagmit dan stalagnit, Goa Putri Kencono juga menjadi salah satu objek wisata di Wonogiri yang cukup favorit, terutama bagi yang menyukai susur goa. Goa Putri Kencono terdapat di Desa Wonodadi Kecamatan Pracimantoro Wonogiri atau berjarak 40 km dari Kota Wonogiri.

8. Tempat Wisata Air Terjun Binangun Watu Jadah Wonogiri

Air Terjun Binangun

Mungkin anda Bosan dengan wisata alam berupa pantai dan pegunungan, kini saatnya kamu mengalihkan pandangan ke wisata alam berupa air terjun, di Wonogiri terdapat banyak sekali air terjun dengan pemandangan yang keren. Salah satu air terjun yang cukup populer di Wonogiri adalah Air Terjun Binangun Watu Jadah.

Tempat wisata di Wonogiri ini terletak di Dusun Grenjeng, Desa Girimulyo, Kecamatan Jatipurno, Air Terjun Binangun Watu Jadah memiliki pemandangan dan suasana yang masih alami. Untuk bisa mencapai lokasi air terjun kita harus berjalan kaki sekitar 1 jam, sesampainya di tempat tujuan kita akan disambut dengan keindahan air terjun yang tidak terlalu tinggi ini, segarnya air dan sejuknya udara akan membuatmu betah berlama lama.

9. Tempat Wisata Air Terjun Setren Girimanik Wonogiri

Air Terjun Setren

Air Terjun Setren Girimanik merupakan sebuah air terjun yang terletak di Desa Setren Kecamatan Slogohimo, hanya berjarak sekitar 30 km sebelah timur dari kota Wonogiri, Air Terjun Setren sudah cukup terkenal di Wonogiri, setiap harinya tempat wisata satu ini selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama kalangan anak muda.

Berbeda dengan Air Terjun Binangun tadi, Air Terjun Setren lebih tinggi namun memiliki pemandangan alam yang hampir sama, kerennya lagi, dikawasan ini kita bisa menemukan tiga air terjun sekaligus, yaitu air terjun Manik Moyo yang memiliki tinggi 70 meter, air terjun Tinjo Moyo dengan ketinggian sekitar 30 meter, serta air terjun Condromoyo, Air Terjun Setren Girimanik menjadi salah satu tempat wisata Wonogiri yang tak boleh kamu lewatkan.

10. Tempat Wisata Wonogiri Alas Kethu Wonogiri

Alas Kethu

Bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk traveling, di dekat pusat kota Wonogiri terdapat sebuah tempat bernama Alas Khetu, objek wisata di Wonogiri tersebut merupakan sebuah hutan kota yang menjadi paru-paru dan resapan air Kabupaten Wonogiri.

Selain fungsi utamanya tersebut, Alas Khetu juga menjadi tempat wisata murah meriah di Wonogiri, disini kita bisa bersantai menjauh sejenak dari kebisingan kota dengan menikmati udara segar ditengah hutan, tak hanya itu saja, Alas Khetu juga menjadi lokasi penelitian dan observasi lho.

11. Tempat Wisata Telaga Caklet Selogiri Wonogiri

Telaga Caklet

Telaga Ceklet Selogiri merupakan sebuah objek wisata di Wonogiri yang berupa danau buatan dan terletak di Desa Sendang Ijo, Kecamatan Selogiri, tempat wisata satu ini biasanya dijadikan sebagai lokasi foto prewedding karena pemandangan alamnya yang cukup indah.

Biasanya wisatawan yang datang kesini adalah kalangan anak muda dan penyuka kegiatan memancing, walaupun tempat wisata Telaga Caklet Selogiri masih kalah populer dengan objek wisata lainnya tapi tak ada salahnya untuk berkunjung disini, sebab tidak hanya menikmati keindahan danau saja, tapi kita juga bisa bermain outbond.

12. Tempat Wisata Telaga Rowo Batuwarno Wonogiri

Telaga Rowo Batuwarno

Tempat Wisata Setelah Telaga Ceklet Selogiri adalah Telaga Rowo Batuwarno, merupakan sebuah danau yang sangat cocok digunakan sebagai tempat rekreasi bersama keluarga, di objek wisata Wonogiri satu ini kita bisa berkeliling danau menggunakan sepeda air, memancing, hingga menikmati sajian kuliner khas Wonogiri. Telaga Rowo Batuwarno berlokasi di Desa Sumberejo Kecamatan Batuwarno, objek wisata ini memang sangat diperhatikan oleh Pemerintah setempat menjadikannya terlihat cukup terawat dengan berbagai fasilitas penunjang.

13. Tempat Wisata Wonogiri Museum Wayang Indonesia

Museum Wonogiri

Tempat wisata di Wonogiri selanjutnya, terdapat sebuah objek wisata bernama Museum Wayang Indonesia yang menampilan berbagai macam koleksi wayang mulai dari wayang kulit, wayang golek, wayang suket, topeng dan masih banyak lainnya.

Tempat wisata Museum Wayang Indonesia sangat cocok dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak agar mereka lebih mengenal mengenai wayang tradisional Indonesia yang kini sudah mulai terlupakan, Museum Wayang terletak di Kecamatan Wuryantoro, Museum juga ini menjadi sarana wisata dan edukasi di Wonogiri.

14. Tempat Wisata Museum Karst Dunia Wonogiri

Museum Karst Dunia

Museum karst Dunia ini berada di Desa Gebangharjo Kecamatan Pracimantoro Wonogiri atau berjarak sekitar 38 km dari Kota Wonogiri ke arah selatan. Pengertian Karst berdasarkan Wikipedia adalah sebuah bentuk permukaan bumi yang pada umumnya dicirikan dengan adanya depresi tertutup (closed depression), drainase permukaan, dan gua.

Daerah ini dibentuk terutama oleh pelarutan batuan, kebanyakan batu gamping. Karst yang berupa pegunungan kapur ini membentang dari Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Pacitan. Museum Karst dunia dibangun untuk tujuan menyediakan informasi tentang kawasan karst kepada semua pihak untuk kepentingan ilmu pengetahuan, pendidikan, wisata yang bersifat edukatif, konservasi dan pemberdayaan masyarakat.

15. Tempat Wisata Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur

Sendang Asri Waduk

Mungkin Anda Bosan dengan wisata alam dan sejarah, tenang, Wonogiri masih memiliki jenis wisata lainnya yang tak kalah keren untuk kita kunjungi, salah satunya adalah Sendang Asri, yaitu sebuah waterpark yang berlokasi di Desa Sendang. Walaupun tidak terlalu luas, namu Sendang Asri memiliki banyak wahana seru yang bisa kita coba seperti lazy river, ember tumpah, dan masih banyak lainnya, uniknya wisata Wonogiri satu ini terletak disebelah Waduk Gajah Mungkur yang menjadikan pemandangan kian menarik.

16. Tempat Wisata Spiritual Kahyangan Wonogiri

Wisata Spiritual

Tempat Wisata Spiritual ini biasanya digunakan oleh warga masyarakat untuk nenepi dan tirakat. Dalam adat Jawa tirakat ini biasanya untuk meraih suatu tujuan. Wisata Spiritual Kahyangan terdapat di Kecamatan Tirtomoyo wonogiri.

Menurut warga sekitar, kahyangan merupakan tempat dimana pendiri kerajaan Mataram Sutowijoyo melakukan tirakat. Dalam tirakatnya ini Sutowijoyo dapat berkomunikasi dengan Ratu Kidul dan melakukan perjajian untuk membangun Kerajaan Mataram. Dalam sejarah memang Kerajaan Mataram ini akhirnya dapat menguasai tanah Jawa dan menjadi salah satu kerajaan yang disegani di nusantara.

17. Tempat Wisata Gua Ngantap Wonogiri

Gua Ngantap

Tempat wisata di Wonogiri selanjutnya adalah goa ngantap yang menjadi salah satu destinasi wisata alam yang menarik untuk kita kunjungi. Lokasi gua ngantap sendiri ada di Desa Bayemharjo, Kecamatan Giritontro, Kabupaten Wonogiri.

Goa ini memang belum terlalu dikenal, namun keindahan pemandangan dan suasana di Goa Ngantap terlihat masih alami menjadikannya layak untuk kita sambangi. Di dalam Goa Ngantap kita bisa melihat cantiknya bebatuan stalagnit dan stalagmit yang menghiasi dinding goa.

Alamat: Bayemharjo, Giritontro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah 57678

18. Tempat Wisata Gua Maria Wonogiri

Gua Maria

Tempat wisata di Wonogiri selanjutnya adalah gua maria, yang sekaligus menjadi tempat wisata rohani umat kristiani. Lokasi Gua ini ada di Dusun Ngampohan, Kecamatan Giriwoyo, 50 Km dari Kota Wonogiri. Juga terdapat sebuah sendang yang dipercaya mempunyai bermacam khasiat.

19. Tempat Wisata Pantai Dadapan Wonogiri

Pantai Dadapan

Salah satu pantai yang masih perawan dan jarang dikunjungi wiisatawan adalah Pantai Dadapan. Pantai ini berada di ujung barat wilayah Paranggupito berbatasan langsung dengan DI Yogyakarta. Keindahan pantai ini terletak pada hamparan pasir putih yang panjang menjorok ke tepi dengan ombak yang cukup indah.

Keindahan ini terasa tambah elok tatkala sore hari dengan tebing karang yang tinggi dan pesona matahari sore yang indah. Keperawanan pantai Dadapan belum banyak dinikmati banyak orang karena kases jalan ke lokasi baru jalan cor beton. Semoga Pemerintah Daerah tergugah untuk mengekploitasi potensi ini demi kemakmuran rakyatnya.

20. Tempat Wisata Jurug Kemukus Wonogiri

Jurug Kemukus

Tempat wisata di Wonogiri selanjutnya adalah jurug Kemukus yang bisa dicapai dari Kota Wonogiri menuju Kecamatan Baturetno. Dari sini lalu menuju arah timur menuju Kecamatan Karangtengah sekitar 18 kilometer. Sesampai di Kecamatan Karangtengah, perjalanan dilanjutkan sekitar tujuh kilometer ke arah timur sampai ke Dusun Ngampel. Dari Dusun Ngampel, pengunjung turun dari mobil dan mulai berjalan kaki.Adapun pengunjung bersepeda motor yang terbiasa di medan pegunungan bisa masuk lebih jauh sampai ke rumah terjauh.

Dari tempat itu, pengunjung berjalan kaki menelusuri jalan setapak. Jarak jalan setapak menuju kaki air terjun berkisar satu kilometer. Memang, untuk bisa sampai ke lokasi air terjun ini butuh perjuangan ekstra, untuk mencapai lokasi air terjun tingkat pertama pengunjung harus mendaki tebing terjal berketinggian 40 meter menggunakan tambang. Namun walaupun begitu, sesampainya di atas, perjuangan Anda akan dibayar tuntas dengan kindahan Air Terjun ini. Keadaanya masih perawan, disini Anda dapat melihat air terjun tingkat pertama, sekaligus bisa melihat air terjun tingkat kedua dan ketiga dari atas tebing.

21. Tempat Wisata Kuliner Ayam Panggang khas Wonogiri

Kuliner Ayam Panggang

Tidak lengkap rasanya kalau tidak mencicipi ayam panggang di Wonogiri. Ayam yang dipanggang di tungku tanah dengan kayu bakar rasanya sangat nikmat. Aroma khas hasil panggangan kayu tidak ada tandingan rasanya. Dilengkapi dengan urap sayur bumbu kelapa dan sambal dadak, makan siang akan terasa nikmat. Makanan ini banyak dijual di rumah makan, namun yang terkenal ada di daerah Jatisrono. Salah satu warung yang terkenal adalah warung ayam panggang Mbok Tiyem.

Baca juga : Tempat Wisata di Ponorogo yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai 21 Tempat Wisata di Wonogiri yang Wajib Dikunjungi nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *