31 Wisata di Ternate Terbaru Paling Hits Dan Populer

Tempat Wisata di Ternate – Ternate merupakan salah satu pulau kecil yang terletak di Indonesia bagian timur, tepatnya di lereng Gunung Api Gamalama provinsi Maluku Utara. Namun, meskipun demikian, daerah ini menyimpan banyak tempat wisata yang sebenarnya memang memiliki potensi sebagai tempat wisata yang bertaraf nasional dan bahkan mungkin bisa disebut internasional. Selain itu, memang akan lebih menyenangkan jika anda dapat berlibur ke pulau Ternate.

Selain wilayah yang tidak begitu luas di mana anda dapat menjangkau dalam waktu singkat, anda juga dapat menghemat dari segi biaya dengan suguhan keindahan tempat wisata yang tak kalah dengan daerah lain. Apalagi jika anda merupakan penduduk yang tinggal tak jauh dari Ternate, tentunya akan menjadi tempat wisata yang sangat efektif untuk mengisi liburan anda.

Baca ini : Tempat Wisata di Tulungagung yang Wajib Dikunjungi

Pantai Bobane Ici

Pantai Bobane

Pantai Bobaneha Ici merupakan sebuah pantai yang berada di Kelurahan Aftador Kecamatan Pantai, berjarak kurang lebih 20 km di sebelah selatan. Ombak yang ganas serta dipenuhi batu karang yang besar, membuat wisatawan tidak disarankan untuk berenang disini. Selain itu, Udaranya pun sangat sejuk dengan banyaknya pohon yang tertanam di dekat pantai.

Uniknya ketika kamu berlibur di sini kamu tidak akan menemukan hamparan pasir yang luas tetapi kamu akan menjumpai kerikil-kerikil kecil. Tempat ini sudah dilengkapi fasilitas seperti penginapan, warung makan pinggir pantai dan kolam renang. Kondisi perut yang lapar, serta disuguhi suara debur ombak dan angin sepoi-sepoi menambah nikmat suasana santap siang.

Pantai Jikomalamo

Pantai Jikomalamo

Pantai Jikomalamo adalah pantai berpasir yang memiliki putih bersih dengan bentangan pasir putih kurang lebih sekitar 100 m. Terletak di sebuah teluk tersembunyi yang berhadapan langsung dengan Pulau Hiri di seberangnya, membuat Pantai Jikomalamo ini terlihat sangat indah.

Selain itu, Pantai ini sangat cocok juga buat spot snorkeling. Disini anda dapat melihat indahnya alam bawah laut, tapi anda jangan sampai merusak termbu karang yang menjadi tempat tinggal iklan-iklan di ternate.

Pantai Tobololo

Pantai Tobololo

Pantai Tobololo adalah pantai berpasir putih yang ada di Ternate, lokasinya terletak di Kelurahan Tobololo, Kecamatan Pulau Ternate atau sekitar 20 menit dari pusat kota.

Selain menawarkan pantai berpasir putih, di pantai tablolo juga terdapat sumber air panas yang letaknya tidak banyak diketahui wisatawan, saat air laut surut para wiaatawan dapat melihat karang yang mencuat ke permukaan sejauh puluhan meter.

Pantai Sulamadaha

Pulau Sulamadaha

Pantai ini dijuluki sebagai Pantai Kaca. Pantai Kaca merupakan nama yang pantas untuk pantai ini, karena Pantai Sulamadaha merupakan pantai dengan air laut yang sangat jernih, jernih seperti kaca. Apabila anda melihat perahu atau kapal diatas air lautnya, anda akan tertegun melihatnya karena kapal tampak seperti melayang.

Yah, air laut yang begitu jernih bagaikan kaca yang sangat bersih. Pantai Sulamadaha memiliki nuansa alam yang indah, walaupun tidak berpasir putih.Selain itu, Pantai Sulanadaha memiliki banyak spesias dan biota laut yang sangat memukau, terumbu karang yang masih alami yang ada di dalam laut yang jernih, bebas dari sampah dan pencemaran. Pengunjung bisa melakukan berbagai macam aktifitas wisata seperti diving dan snorkeling.

Pantai Kahona

Pantai Kahona

Pantai Kahona memiliki keuntikan yaitu terdapat batu besar dengan lubang ditengahnya yang letaknya persis di bibir pantai. Memang belum banyak wisatawan yang tahu lokasinya, tapi tenang saja kamu bisa bertanya pada masyarakat sekitar pasti akan di tunjukkan arah jalannya. Tentunya akan mendapat suatu pengalan berharga dan seru.

Pantai Sasa

Pantai Sasa

Jangan sampai lewatkan keindahan Pantai sasa ini, ketiaka anda sudah berada di Provinsi Maluku Utara cobalah sesekali mendatangi pantai nan eksotik ini. Kamu akan dibuat betah singgah berlama-lama, karena paronama alam dikawasan pantai ini masih sangat tejaga alaminya. Intinya kunjungi dan nikmati keunikan demi kuinikan yang ada di kawasanya.

Pantai Kastela

Pantai Kastela

Di pantai Kastela ini pengunjung dapat menikmati pemandangan laut yang cantik dibawah rindangnya pepohonan sembari melihat pesona matahari terbenam. Tempat wisata ini masih jarang dikunjungi, namun keindahan yang di sajikan seakan tak mau kalah dengan tempat-tempat wisata lain yang ada di kota Ternate.

Ketika berwisata disini Anda dapat sekaligus menikmati keindahan wisata sejarah dan wisata alam yang tentunya sangat eksotis. Sudah deh gak usah ragu, langsung saja wisata pantai Kastela catat didalam agenda rekreasimu.

Pulau Maitara dan Tidore

Pulau maitara

Pulau Maitara dan Tidore adalah salah satu tempat wisata popular di Ternate. Wsiata ini sudah terkenal karena melalui uang pecahan seribu rupiah. Nah untuk menuju tempat yang ini, kamu harus ke arah selatan ke tempat yang bernama Gambesi.

Setelah itu, sesampainya di Gambesi jika kamu membawa kendaraan bermotor diwajibkan untuk memarkirkannya di jalan. Setelah itu kita harus berjalan masuk menyusuri rumah-rumah penduduk dan hutan-hutan kecil yang terdapat di setiap kampung untuk sampai di bibir pantai.

Gunung Gamalama

Gunung Gamalama

Gunung Gamalama atau yang akrab di sebut sebagai puncak Ternate adalah gunung berapi yang ada di Provinsi Maluku Utara. Gunung ini menyimpan pesona kecantikan yang luar biasa, tak heran jika banyak para penelusur alam yang sangat tertarik mendaki Gunung Gamalama,.hamparan perkebunan cengkeh dan pala akan senantiasa menemani pendaki selama perjalanan.

Sesampainnya di puncak sejauh mata memandang akan melihat landscape Pulau Ternate beserta pulau-pulau lainnya. Di puncak ini juga dapat ditemui mata air didalam lekukan batu sebesar Loyang besar, yang disebut air abdas. Usut punya usut dengan lantaran air tersebut dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Sehingga warga Ternate mengkeramatkan mata air ini.

Danau Laguna

Danau Laguna

Danau Laguna juga sering di sebut Danau Ngade, yang disebabkan berada di Desa Ngade dan berjarak -+ 20 km dari Kota Ternate. Danau tersebut menawarkan keindahan alam yang masih alami dan mempesona bagi mereka yang berkunjung.

Kalian akan dimanjakan dengan bentangan paronama danau yang disekitarnya dikelilingi bukit nan hujau, laut biru serta gunung yang eksotis. Dan tak ketinggalan sebagai obyek wisata pemancingan maupun berenang bagi kalian yang menginginkannya.

Teluk Jailolo

Teluk Jailolo

Teluk Jailolo merupakan sebuah teluk yang memiliki panorama alam bawah laut berupa karang besar dan juga ikan hias yang berwarna-warni dengan air yang jernih menjadi daya tariknya yang paling utama. Selain itu, Anda juga bisa menyelam di area Pantai Sulamadaha, bahkan di laut yang ada di samping mall dan di depan Masjid Agung Ternate.

Baik Maluku maupun Maluku Utara adalah tempat yang paling menakjubkan untuk aktivitas wisata bahari karena kondisi perairannya yang masih sangat terjaga. Anda juga bisa menyelam di area Halmahera Selatan seperti Pulau Gunange / Makian, Kepulauan Guraichi, Saleh, hingga ke Pulau Bacan.

Danau Tolire

Danau Tolire

Danau Tolire merupakan danau yang tentunya yang dapat membuat kamu terpikat. Danau ini berada di Ternate Utara, sekitar 10 km dari pusat kota. Disini ada 2 buah Danau Tolire dan Tolire Kecil yang berwarna gelap berada tepat di pinggir pantai dan juga Tolire Besar berwarna hijau.

Jejak aktivitas vulkanik masih bisa kita lihat di danau ini. Selain itu, di sekitar Danau Tolire, kamu akan disuguhkan pemandangan yang indah.

Benteng Kastela

Benteng Kastela

Benteng Kastela merupan benteng peninggalan Portugis berada di Jalan Raya Benteng Kastela Santo Paulo, Desa Kastela. Nah ketika kamu masuk ke dalam kastil, kamu disambut sebuah tugu sebagai ucapan selamat datang dengan patung cengkeh yang besar. Melihat lebih ke dalam terdapat relief yang menceritakan pembunuhan Sultan Khaerun.

Angus Ternate

Batu Angus

Batu Angus merupakan tumpukan sisa lahar letusan Gunung Gamalama yang telah berubah menjadi batu yang tampilannya tampak seperti batu hangus terbakar, letaknya berada pinggir jalan raya Ternate sekitar 10 km dari Kota Ternate. Namun uniknya, bebatuan tersebut berwarna hitam seperti hangus terbakar.

Benteng Tolukko

Benteng Tolukko

Selain itu, benteng ini juga dijadikan sebagai tempat untuk menggiring rakyat Maluku yang melarikan diri dari serangan Spanyol agar mau kembali tinggal di tempat ini. Selain Benteng Tolukko, ada juga Benteng Kalumata dan Benteng Bernaveld.

Benteng Oranje

Benteng Oranje

Benteng Oranye atau Oranje merupakan benteng peninggalan Belanda dan termasuk yang pertama dibangun di Indonesia. Nama awal benteng ini adalah benteng Melayu, karena benteng ini dibangun di atas benteng portugis yang pada saat itu digunakan oleh orang Melayu.

Benteng Kalamata

Benteng Kalamata

Benteng ini juga sering disebut sebagai Benteng Kayu Merah karena terletak di Kelurahan Kayu Merah, Kota Ternate Selatan. Sebutan kata Kalamata tersebut berasal dari nama Pangeran Kalamata, yaitu adik dari Sultan Ternate Madarsyah.

Konstruksi Benteng Kalamata berdesain menyerupai empat penjuru mata angin yang juga mempunyai empat bastion berujung runcing serta memiliki lubang bidik. Benteng Kalamata berdiri dengan kokohnya di garis pantai, begian belakang benteng terlihat Pulau Tidore dan Maitara.

Kedaton Kesultanan

Kedaton Kesultanan

Kedaton Kesultanan Ternate adalah bangunan peninggalan Kesultanan Ternate yang kemudian dialih fungsikan menjadi sebuah museum. Bangunan ini berbentuk segi delapan yang menyerupai seekor singa duduk dengan dua kaki depannya menghadap ke laut. Berbagai peninggalan Kesultanan Ternate misanya mahkota, singgasana berwarna emas, alat-alat perang, peralatan upacara adat serta Al-Qur’an tulisan tangan.

Benteng Kota Janji

Benteng Kota Janji

Dinamakan benteng Kota Janji karena benteng ini pernah menjadi saksi sebagai tempat yang digunakan untuk melakukan perjanjian damai antara Sultan Khairun dengan Gubernur Portugis saat itu. Benteng ini didirikan pada tahun. Berdasarkan sejarahnya, benteng Kota Janji ini dibangun pada tahun 1532 oleh Portugis dan diberi nama Benteng San Jao.

Masjid Sultan

Masjid Sultan

Masjid ini merupakan masjid yang menjadi bukti keberadaan Kesultanan Islam pertama di kawasan timur Nusantara ini. Nah kesultanan Ternate mulai menganut Islam sekitar sejak raja ke-18, yaitu Kolano Marhum yang bertahta sekitar pada tahun 1465-1486 M.

Selain itu, masjid Sultan Ternate terkenal juga memiliki keunikannya yang mempunyai aturan-aturan adat yang cukup tegas, contohnya seperti larangan memakai sarung / wajib menggunakan celana panjang dan bagi para jamaahnya, wajib memakai songkok, dan juga larangan bagi kaum hawa untuk beribadah di masjid ini.

Taman Nukila

Taman Nukila

Nah Taman ini di resmikan oleh Walikota Ternate yakni DR. H Burhan Abdurrahman SH sekitar pada tanggal 30 November 2014. Untuk lokasi Taman Nukila terletak di pinggir pantai yang mempunyai pohon yang rindang, Dan sangat cocok lah untuk mengisi hari liburmu.

Selain itu, di taman ini juga ada fasilitas tempat bermain anak-anak dan juga dilengkapi dengan pedestrian yang cukup lebar. Nah karena adanya Taman Nukila ini membuat Kota Ternate semakin asri dan sejuk.

Masjid Al­ Munawwaroh

Masjid

Masjid Al-Munawwaroh adalah masid yang dibangun oleh Pemerintah Kota Ternate di bibir pantai Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara. Masjid ini menjadi landmark kota tersebut, yang sangat menawan di pandang dari laut dengan empat menaranya yang memiliki cirri khas tersendiri. Pembangunanya memakan waktu yang tak singkat dari tahun 2003 dan selesai di tahun 2010.

Masjid Al-Munawwaroh tampak eksotik dengan 4 menara setinggi 44 meter, dua diantaranya sengaja dibangun dilaut. Maka dari itu, Masjid Al-Munawwaroh termasuk dalam kategori bangunan monumental dengan spesifikasi khusus. Dimana diantara beberapa bahan bangunanya didatangkan langsung dari Negara Turki seperti halnya keramik dan lampu.

Wonder Island Ternate

Wonder Island

Ternate Wonder Island merupakan wsiata yang berada di kawasan wisata di propinsi Maluku Utara, nah tepat di sebelah benteng Kalumata, Ternate Wonder Island adalah wahana wisata dan juga permainan air yang telah dibangun sekitar pada tahap I dan juga selesai pada tahun 2013.

Pembangunan ini memakan waktu sekitar hingga 2 tahun dengan beberapa kendala yang terjadi di lapangan baik permasalahan teknis dan juga non teknis. Akan tetapi dengan tenaga ahli yang telah berdedikasi tinggi dalam pekerjaannya, semua permasalahan yang terjadi dapat tertangani dengan baik.

Pulau Morotai

Pulau Morotai

Pantai di Pulau Morotai sangat menajubkan, dikawasannya wisatawan bisa menemukan sekitar 25 titik penyelaman yang disetiap titiknya memiliki keindahan dan cirri khas tersendiri.

Selain itu daratan pasir putihnya juga seakan melengkapi segenap keindahan yang akan memanjakan semua mata pengunjung. Biasanya para wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Morotai di tempuh dengan penerbangan perintis dari Ternate ke Galela yang kemudian dilanjutkan ke Morotai.

Jatiland Mall

Jatiland

Jatiland Mall adalah pusat perbelanjaan di Ternate. Jatiland Mall ini didirikan pada tahun 2009. Jatiland Mall merupakan family mall yang berkonsep untuk menyediakan seluruh kebutuhan keluarga dalam satu tempat. Jatiland Mall ini menjadi salah satu tempet untuk spendtime terbaik di Ternate.

Baca juga : Tempat Wisata di Samarinda yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai Tempat Wisata di Ternate yang Wajib Dikunjungi nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!