19 Tempat Liburan di Sumenep Terbaru Paling Enak

Tempat Wisata di Sumenep Halo, guys? Bentar lagi mau hari liburan lohh, Masa kamu mau di rumah aja? gak mau jalan-jalan, cuma main HP doang sama Laptop, Kan bikin bosan juga bener kan guys. Jadi, gimana kalau kamu pergi liburan. Disini kami udah nyiapin aneka wisata seru di Pulau Madura, lho.

Tepatnya di Kabupaten Sumenep. Udah deh kamu jangan terlalu banyak mikir buat nyari referensi tempat wisata. Di sini ada banyak banget pantai-pantai indah yang bisa kamu jelajahi. Masih nggak percaya? Nih, lihat aja ulasan beberapa tempat wisata hits di Sumenep berikut ini.

Baca Juga : Tempat Wisata di Banyuwangi yang Paling Bagus Dan Hits

1. Pulau Giliyang

Giliyang

Tempat wisata di Sumenep yang pertama adalah Pulau Gili Iyang. Gili Iyang merupakan pulau mini di Kab. Sumenep yang menawarkan udara tersehat di dunia. Ya, menurut informasi yang beredar, pulau ini memiliki udara dengan kadar oksigen tertinggi (bukan hanya di Sumenep ataupun Indonesia, namun juga) di seluruh penjuru dunia.

Tidak hanya itu, tempat wisata di Sumenep yang satu ini juga memiliki pantai pasir putih yang sangat panjang dengan air pantai yang luar biasa bersih dan tenang. Saat berkunjung ke pulau mini ini Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas wisata menarik seperti berjemur di pinggir pantai, bermain air dan berenang, snorkeling, berkeliling areal pulau, berburu foto, menikmati sunset di sore hari, dan lain sebagainya.

2. Pulau Gili Labak

Gili Labak

Pulau Gili Labak merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di dekat Madura. Pulau ini menjadi incaran para wisatawan terutama para backpacker yang ingin melakukan open trip untuk melihat lebih dalam mengenai keindahan Indonesia.

Di pulau ini para turis bisa melihat keindahan panorama pantai dan juga laut yang indah. Pulau Gili Lebak ini terkenal dengan keindahan pasir putih dan juga warna biru laut yang jernih dan bersih. Belum lagi suara desiran ombak yang cukup tenang sebagai backsound yang sangat indah. Hal ini menjadi sebuah bukti bahwa Gili bukan hanya ada di pulau Lombok saja.

Ternyata di Propinsi Jawa Timur atau lebih tepatnya terletak di Kabupaten Sumenep, Madura ini terdapat banyak Gili. Dan salah satunya yang cukup terkenal adalah pulau Gili Labak.

3. Gili Genting

Gili Genting

Tempat wisata selanjutnya yang tidak kalah seru untuk dikunjungi adalah Gili Genting. Tempat ini sangat terkenal dengan nuansa alami dan kebersihannya. Ada sebuah pantai yang sangat indah dan menarik di pulau ini, namanya adalah pantai Kahuripan. Untuk bisa sampai ke pulau ini, waktu tempuh yang diperlukan memang terbilang cukup lama.

Hal ini disebabkan saat ingin menyeberang kamu harus melewati lautan menggunakan perahu motor yang berasal dari pelabuhan Pagar Batu, Bluto ataupun pelabuhan Tanjung. Setelah mencapai tempat ini, barulah kamu bisa memulai perjalanan menuju pantai Kahuripan di Desa Gedugan. Panorama yang disuguhkan oleh pantai ini sangatlag menawan dan menenangkan pikiran.

4. Pulau Sapeken

Pulau Sapeken

Pulau Sapeken memiliki ciri khas berupa budaya yang begitu kuat sehingga sangat cocok bagi Anda yang suka melakukan penelitian sosial tentang sejarah, budaya dan kebiasaan hidup bermasyarakat.

Sayangnya, wisata alam yang dapat dikunjung terbilang sedikit, berbeda dengan pulau Saebus. Meskipun demikian, Anda akan disuguhi pemandangan yang unik dari pulau ini. Hampir semua rumah-rumah di pulau Sapeken dibuat dengan bentuk panggung agar rumah tidak terendam air ketika pasang air laut.

Terdapat banyak kapal yang terparkir di tepi pantai karena tempat tersebut merupakan pelabuhan besar sebagai penghubung bagi pulau-pulau kecil di sekitarnya. Pantai ini menjadi tempat bagi masyarakat sekitar untuk mencari nafkah sebagai nelayan. Meskipun termasuk dalam pulau berukuran kecil, tapi pulau Sapeken memiliki failitas layaknya pulau besar lainnya.

5. Pantai Lombang

Pantai Lombang

Pantai Lombang memiliki pasir putih yang menghampar luas sejauh 12 km di sepanjang pantai. Dan pasir putih ini menjadi salah satu permainan favorit para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini. Beberapa di antara mereka menggambar dan menulis di atas pasir, lalu memotret nya. Dan ada juga beberapa dari mereka yang lari kejar-kejaran.

Pantai ini dikelilingi oleh pohon cemara udang dengan tinggi rata rata 4 m. Dan karena posisi nya membungkuk, maka dinamakanlah pohon tersebut cemara udang, karena posisi nya menyerupai udang. Pohon tersebut mengelilingi hampir di seluruh tepi pantai. Dengan adanya pepohonan ini membuat suasana di pantai semakin sejuk dengan semilir angin dan udara yang segar.

Pantai Lombang Sumenep memiliki ombak yang tidak begitu besar, sehingga tidak berbahaya untuk berenang maupun aktivitas lain seperti snorkeling. Apabila ingin berenang, di lokasi pantai sudah disediakan tempat untuk menyewa perlengkapan renang seperti ban pelampung. Sehingga bagi mereka yang tidak dapat berenang tetap dapat berenang untuk sekedar menikmati gemulai ombak.

6. Pantai Ambuten

Pantai Ambuten

Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari-hari. Wisata Pantai Ambuten memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat disayangkan jika anda berada di kota Sumenep tidak mengunjungi wisata Pantai Ambuten yang mempunyai keindahan yang kalah menariknya dengan pantai-pantai lainnya tersebut.

Wisata Pantai Ambuten juga sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, atau pun hari ibur lainnya. Keindahan Pantai Ambuten ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada didekat atau dikejauhan untuk merapat mengunjungi tempat wisata Pantai Ambuten di kota Sumenep.

7. Bukit Tinggi Daramista

Bukit Tinggi Daramista

Bukit ini sangat cocok untuk tempat bersantai dan berlibur bersama keluarga, karena disana kita dapat melihat keindahan alam sumenep dari ketinggian. Di sekitar bukit terdapat gubuk kecil dan ada sebuah kolam ikan yang masih bernuansa bambu dan cukup menarik perhatian wisatawan.

Setiap akhir pekan, terutama pada sore hingga malam hari, bukit ini selalu ramai oleh wisatawan. Alasan wisatawan datang pada waktu sore hari, karena dari bukit itu dapat menikmati momen tenggelamnya matahari. Selain itu, momen matahari terbit juga dapat disaksikan pada pagi hari. Selain memiliki pemandangan yang sangat indah, Bukit Tinggi Daramista ini juga bisa dikatakan bukit romantis.

Ketika malam datang di sekitar bukit ada rangkaian lampu kecil berwarna-warni yang digantung di pohon. Wisatawan juga dapat melihat gemerlap lampu-lampu sebagian Kota Sumenep. Banyak pasangan muda mudi yang berkunjung ke bukit untuk menikmati romantisnya Bukit Tinggi Daramista di malam hari.

8. Bukit Kapur Kombang

Bukit Kapur Kombang

Wisata Bukit Kapur Kombang di Sumenep Madura adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Wisata Bukit Kapur Kombang di Sumenep Madura memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Sumenep tidak mengunjungi wisata Bukit Kapur Kombang di Sumenep Madura yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

9. Pantai Slopeng

Pantai Slopeng

Hal yang pertama kali dilakukan ketika berwisata ke Pantai tentu saja adalah berenang. Anda tidak perlu khawatir, karena Pantai Slopeng memiliki arus ombak yang cukup tenang. Hal itu bisa Anda bisa Anda manfaatkan untuk berenang atau sekedar bermain air bersama keluarga.

Hal terakhir yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berlibur kesini adalah menikmati keindahan sunsetnya. Pemandangan yang disuguhkan Pantai Slopeng akan semakin indah ketika sore hari. Langit yang berwarna orange dan detik-detik tenggelamnya matahari bak dimakan Laut Jawa bisa Anda saksikan disini. Keindahan sunset Pantai Slopeng tidak kalah kerennya apabila dibandingkan dengan pemandangan Sunset di Pantai-Pantai lain.

10. Kepulauan Masalembu

Masalembu

Mirip seperti pulau – pulau mini di Kab. Sumenep, Madura yang lainnya, Kepulauan Masalembu juga memiliki areal terumbu karang yang cukup luas. Selain itu, kepulauan ini kabarnya juga memiliki struktur biodiversitas habitat yang cukup lengkap.

Dari mulai terumbu karang, telu, rumput laut, pesisir litoral, sampai dengan areal umbalan semuanya bisa ditemui di kepulauan ini. Oleh karena itu, jangan heran jika kepulauan ini berhasil menjadi salah satu penopang sumber daya ikan dan non ikan di Kepulauan Madura.

Dan sayangnya, karena berbatasan langsung dengan laut lepas, areal pantai di kepulauan ini cenderung memiliki ombak yang cukup tinggi, sehingga kurang cocok untuk dijadikan sebagai areal untuk bermain pasir atau pun berenang.

11. Pantai Sembilan

Pantai Sembilan

Pantai ini menawarkan fasilitas wisata berupa spot foto, ATV, camping ground, banana boat, dan berbagai macam fasilitas wisata menarik lainnya. Untuk kondisi pantainya sendiri bisa dibilang masih tergolong sangat asri, bersih dan alami dengan ombak yang tenang.

Karena lokasinya yang tepat di ujung Pulau Genting, pantai ini juga sangat pas untuk dijadikan sebagai spot untuk menikmati indahnya sunrise di pagi hari dan sunset di sore hari.

12. Pulau Mamburit

Pulau Mamburit

Pulau ini memiliki keindahan alam bawah laut yang tidak kalah seperti di Indonesia Timur sana, dengan hamparan pasir putih, air laut yang jernih serta terumbu karang yang begitu asri. Jadi, buat kamu warga Jawa Timur, kamu tidak harus jauh-jauh ke Lombok atau Bunaken, karena di Sumenep juga ada kok tempat untuk diving atau snoekeling yang tidak kalah indahnya.

Nah, untuk bisa mencapai pulau Mamburit ini kamu harus menempuh perjalanan laut dari pelabuhan batu guluk yang terletak di pulau Kangean, sekitar 20 menit. Pulau Mamburit ini juga menjadi salah satu dusun di desa Mamburit. Ia juga menjadi salah satu pulau diantara 126 pulau di Sumenep yang dikelilingi oleh pulau berukuran kecil tanpa penghuni.

13. Taman Adipura Kota Sumenep

Taman Adipura

Tempat wisata di Sumenep berikutnya yang kami rekomendasikan adalah taman adipura kota Sumenep yang sangat asri dan rindang. Taman ini bisa kamu jadikan tempat hangout atau nongkrong sambil menikmati aneka jajanan yang tersaji di sekitarnya.

Taman adipura ini bak oase di tengah padang pasir, bagaimana tidak, suasana kota yang identik dengan polusi, panas dan gersang diselingi dengan taman rindang dan asri. Di taman ini juga terdapat berbagai macam bunga yang menambah keindahan taman ini.

14. Masjid Agung Sumenep

Masjid Agung Sumenep

Salah satu wisata religi yang patut wisatawan kunjungi saat bertandang ke Jawa Timur adalah Masjid Agung Sumenep, Madura. Masjid Agung Sumenep tak kalah indah dan bersejarah terkait Islam di Pulau Madura. Masjid Agung Sumenep adalah masjid yang berada di Sumenep, Madura menghadap alun-alun Kota Sumenep.

15. Museum Keraton Sumenep

Museum keraton Sumenep bisa menjadi tempat rekreasi anda dan keluarga untuk mengajarkan anak-anak akan nilai sejarah yang sangat berharga. Silahkan anda datang ke museum ini yang terletak di jalan Dr. Sutomo nomor 6, lingkungan Delama, Pajagalan, kota Sumenep.

Museum ini buka setiap hari dari Senin sampai Minggu. Adapun jam buka mulai pukul 07.00 sampai pukul 15.30 WIB. Jika kamu berkunjung ke taman Adipura, maka kamu bisa sekaligus mengunjungi museum ini. Jaraknya hanya berkisar 100 meter dari sana.

16. Pantai Badur

Pantai Badur

Dari keindahan pesisir di wilayah Kabupaten Sumenep, pesisir Badur merupakan salah satu pantai atau pesisir yang menawarkan keindahan alam pantai.

Pantai Badur, tidak jauh jaraknya antara Pantai Salopeng, di Kecamatan Salopeng yang terkenal dengan keindahan gunung pasirnya dengan Pantai Lombang, di Kecamatan Batangbatang yang juga dikenal dengan hutan pohon cemara udang dan pantainya yang landai.

Nama Badur tersebut di ambil dari nama desa yang ada di lokasi pantai tersebut, yaitu Desa Badur, kecamatan Batuputih, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

17. Air Terjun Durbugan

Durbugan

Pesona air terjun Durbugan yang berlokasi di Desa Aeng Merah, Kecamatan Batu Putih, Sumenep, Jawa Timur ini memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjungnya. Airnya yang jernih mengalir dari sumber mata air yang berada tak jauh dari lokasi air terjun. Suasana alami dengan gemericik airnya yang dingin membuat betah berlama-lama. Cocok bagi pecinta alam.

18. Padang Lamun

Padang Lamun

Padang lamun yang menghampar luas di tepi peraian laut dangkal. Padang lamun ini terlihat menyerupai tanaman rumput laut, namun ini berasal dari 6 flora berbeda.

Oh ya guys, disini kamu juga bisa menykasikan keindahan menikmati ikan-ikan kecil, terumbu karang serta hutan mangrove di sekitar kawasan ini.

19. Pantai Ropet

Pantai Ropet

Pantai Ropet adalah pantai yang mempunyai banyak sekali terumbu karang dan dapat dikatakan karang disana sangat mendominasi. Walaupun di Pantai Ropet tidak berpasir seperti halnya pantai umumnya akan tetapi keindahan dan keeksotisan dari Pantai Ropet tetap tidak bisa dipandang dengan sebelah mata. Ini terbukti dengan banyaknya pengunjung wisatawan yang telah datang untuk menikmati langsung keindahan dari Pantai Ropet.

Baca Juga : Tempat Wisata di Surabaya yang Lagi Hits Banget

Demikianlah ulasan mengenai daftar tempat wisata di Sumenep yang kami rekomendasikan untuk anda. Semoga bisa jadi tempat liburan anda dan keluarga tercinta. Terima Kasih

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *