20 Tempat Wisata di Sukoharjo Terbaru Paling Hits Dan Populer

Tempat Wisata di Sukoharjo – Sukoharjo merupakan kabupaten yang berada di jawa tengah dengan memiliki slogan yaitu ” Sukoharjo Makmur”. Kabupaten Sukoharjo ini berbatasan langsung dengan Kota Surakarta di Utara, Kab. Karanganyar di Timur.

Namun tenyata Sukoharjo memiliki banyak sekali tempat wisata keren yang layak kita kunjungi, wisata-wisata di Sukoharjo bisa menjadi alternatif wisatamu dikala kota terdekatnya ramai oleh wisatawan, Dari mulai wisata alam pegunungan, wisata air terjun, sampai dengan wahana permainan air, semuanya bisa tersedia di kabupaten ini.

Baca Juga : Tempat Wisata di Cilacap yang Paling Bagus & Hits

1. Gunung Sepikul

Gunung Sepikul

Nah ini dia tempat wisata pertama Sukoharjo yang cukup menarik perhatian banyak wisatawan untuk berkunjung, Gunung Sepikul merupakan sebuah gunung batu yang tidak terlalu tinggi namun menawarkan pemandangan alam yang sangat mempesona.

Keunikan Gunung ini hampir mirip dengan Gunung Api Purba yang ada di Jogja, dimana gunung tersebut terdiri dari susunan bebatuan yang menjulang tinggi, dan menawarkan pemandangan alam Sukoharjo yang sangat indah.

2. Dunia Air Pandawa

Dunia Air Pandawa

Pandawa Water World merupakan wisata yang terletak di Grogol, Kab. Sukoharjo. Disini terdapat banyak wahana yang sangat menyenangkan contohnya Fantastic, Slide, Action River, Warm Spa, Sight Tower, Bima Slide. dan lainnya.

Pandawa Water World dibuka pada hari Senin Jumat mulai jam 10.00-18.00 dengan tiket masuk sebesar Rp.80.000 dan Sabtu-Minggu atau hari libur jam 0800-18.00 dengan tiket masuk sebesar Rp.100.000.

3. Royal Water Adventure

Royal Water Adventure

Tempat wisata yang berlokasi di Jl. Raya Telukan Km. 08, Telukan, Grogol, Kab. Sukoharjo, Jawa Tengah ini menawarkan berbagai macam wahana permainan air yang cukup menarik. Sebut saja seluncuran dan ember tumpah.

Dua wahana permainan air populer ini sudah tersedia di sini dan bisa dinikmati secara cuma – cuma. Untuk Anda yang sudah berkeluarga dan ingin menghabiskan akhir pekan bersama dengan anak istri, di Sukoharjo ada objek wisata keluarga bernama Royal Water Adventure yang sangat pas untuk Anda kunjungi.

4. Curug Krajan

Curug Krajan

Curug ini terletak di Desa Krajan, Watu Kelir, Weru, Sukoharjo. Lokasinya 24 km Barat Daya Kota Sukoharjo dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta, curug ini memang belum banyak dikunjungi oleh wisatawan loh guys, jadi masih sepi gitu deh.

Untuk masuk ke curug kamu hanya perlu membayar sebesar Rp. 1000 untuk memarkirkan kendaraanmu. Kalau dari area parkir kamu berjalan sekitar 200 m untuk mencapai ke curug ini.

5. Transformer Park

Transformer Park

Transformers Park adalah tempat wisata yang berlokasi di Jasatirta, Banaran, Pabelan, Kartasura, Kab. Sukoharjo. Taman ini didirikan dengan konsep dasar yang terinspirasi dari film robot transformers.

Hanya saja tidak seperti mobil – mobil di film transformers yang mayoritasnya didominasi oleh mobil mewah keluaran terbaru, mobil – mobil yang ada di taman ini mayoritasnya merupakan mobil rongsokan yang sudah berusia puluhan tahun.

6. Dam Colo

Dam Colo

Nah ini bendungan kkeren yang ada di Sukoharjo, bagi masyarakat Sukoharjo, bendungan Colo sudah sangat familiar dan populer sebagai tempat wisata yang fotogenik, bendungan Colo yang juga dilintasi oleh sungai Bengawan Solo ini ternyata memiliki pemandangan yang cukup indah loh.

Tak heran jika Bendungan Colo selalu ramai oleh pengunjung, baik lokal maupun luar daerah, salah satu spot keren yang ada di wisata Sukoharjo satu ini adalah susunan batu yang terlihat artistik, jadi lokasi itu yang biasanya digunakan untuk berfoto.

7. Waduk Mulur

Waduk Mulur

Waduk Mulur merupakan salah satu tempat yang cocok buat menikmati sunset. Karena lokasinya yang strategis, dari waduk ini panorama sunset dapat terlihat dengan lebih jelas dan leluasa.

Selain itu, mirip seperti waduk – waduk lain pada umumnya, Waduk Mulur juga sangat pas untuk dijadikan sebagai spot pemancingan.

8. Alun-alun Satya Negara Sukoharjo

Alun Alun Sukoharjo

Alun – alun ini merupakan salah satu spot nongkrong populer di kalangan anak muda Sukoharjo. Di sini Anda bisa duduk santai di bawah pohon rindang yang ada di pinggiran alun – alun sembari mengambil foto dengan latar belakang tulisan “Alun – Alun Satya Negara Sukoharjo”.

Bagi kamu yang hobi olahraga, alun – alun ini juga sangat pas untuk dijadikan sebagai lokasi untuk joging atau pun bersepeda di pagi dan sore hari. Berstatus sebagai fasilitas pemerintah, Alun – Alun Satya Negara Sukoharjo dapat dikunjungi kapan saja tanpa perlu membayar tiket masuk sama sekali.

9. Telaga Biru

Telaga Biru

Meski secara administratif Telaga Biru masuk dalam kawasan Gunung Kidul, tapi letaknya yang tidak jauh dari Sukoharjo membuat telaga ini jadi favorit anak muda Sukoharjo.

Jika kamu ingin berkunjung ke Telaga Biru, datanglah saat siang hari karena cahaya matahari yang memancar akan membuat telaga ini berubah biru sempurna. Kalau tidak ada pancaran cahaya matahari, maka air di telaga ini akan berwarna hijau.

10. Umbul Pecinan Batu Seribu

Umbul Pecinan

Umbul Pecinan Batu Seribu berlokasi di Desa Gentan, Kec. Bulu, Kab. Sukoharjo, Jawa Tengah. Objek wisata ini menawarkan daya tarik utama berupa kolam pemandian yang dialiri dengan air bersih dari umbul alias mata air.

Di sini Anda bisa mandi, berenang, dan berendam sepuasnya sembari menikmati alam terbuka hijau daerah sekitar. Ya, karena letak pemandian ini ada di daerah pedesaan, lingkungan alam sekitarnya masih dipenuhi dengan pepohonan besar, sehingga suasananya terasa sangat alami.

11. The Heritage Palace

Heritage Palace

Tempat wisata selanjutnya yang ada di Sukoharjo adalah Pabrik Gula Gembongan. Pabrik gula ini berada di Daerah Honggobayan, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo.

Berbeda dengan Pabrik Gula Madukismo di Jogja yang sampai saat ini masih terus beroperasi, Pabrik Gula Gembongan yang ada di Sukoharjo ini saat ini sudah tidak lagi beroperasi untuk memproduksi gula.

12. Langgar Merdeka Laweyan

Langgar Merdeka Lawean

Langgar Merdeka Laweyan adalah sebuah bangunan yang bersejarah sebagian arealnya difungsikan sebagai langgar. Langgar ini terdiri atas 2 lantai, dimana lantai atas digunakan sebagai tempat ibadah dan lantai bawah difungsikan sebagai tempat tinggal untuk pihak pengelola.

Walaupun berstatus sebagai langgar alias mushola, tempat ini tidak menggunakan konsep arsitektur layaknya kebanyakan langgar lainnya. Alih – alih didirikan dengan perlengkapan kebanyakan langgar seperti kubah, langgar ini didirikan dengan bentuk heksagonal dan mirip seperti areal pertokoan.

13. Gunung Taruwongso

Gunung Taruwongso

Gunung Taruwongso merupakan salah satu potensi tempat wisata dari daerah Sukoharjo atau juga sering di kenal dengan slogan Kota Makmur ini. Pesona pemandangan alam yang eksotis selalu menjadi alternatif atau daya tarik untuk sekadar melepas penat atau merefresh pikiran kita.

Selain itu sejuknya suasana dan segarnya hembusan angin akan menambah kenayamanan di tempat ini. Untuk lokasinya dari Batu Manten Gunung Taruwongso Sukoharjo ini sendiri berada di Desa Thengklik, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

14. Geopark Gunung Seribu

Geopark Gunung Seribu

Wisata Geopark Batu Seribu adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Gentan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Indonesia. Wisata Geopark Batu Seribu di Gentan Sukoharjo Jawa Tengah adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan.

Wisata Geopark Batu Seribu di Gentan Sukoharjo Jawa Tengah memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Sukoharjo tidak mengunjungi Wisata Geopark Batu Seribu di Gentan Sukoharjo Jawa Tengah yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

15. Alaska Waterboom

Alaska Waterboom

Alaska Waterboom adalah tempat wisata air yang sangat menyenangkan dan tentunya cocok buat liburan dan olahragamu. Wisata ini ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal, tetapi yang berkunjung kebanyakan warga lokal sukoharjo saja. Lokasinya berada di Desa Polokarto, Sukoharjo.

Untuk hal yang unik dari waterboom ini adalah lokasinya berada di tengah hutan jati. Nah jadi keberadaannya memang terlihat seperti oase di padang pasir.

16. Kolam Renang Kora Kora

Kolam Renang Kora-kora

Destinasi Wisata Kora kora di Purbayan Sukoharjo Jawa Tengah memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota sukoharjo tidak mengunjungi wisata air yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Destinasi Wisata Kora kora di Purbayan Sukoharjo Jawa Tengah sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya.

17. Pemandian Air Hangat Langenharjo

Pemandian Air Hangat

Pemandian air ini sudah berdiri sejak lama, konon dibangun oleh keluarga Kerajaan Kasunanan Surakarta. Karena kurang perawatan pemandian air hangat ini tidak lagi memiliki air hangat, karena kurangnya perawatan, sehingga pipa air yang digunakan sudah banyak yang keropos.

Pemandian Air Hangat Langenharjo ini masih perlu ada pembenahan dari pihak terkait agar penampilannya lebih segar dan dapat lebih diminati oleh wisatawan, karena mengandung nilai historis yang sangat tinggi.

18. Telaga Claket

Telaga Claket

Telaga claket sendiri berada di kaki perbukitan yang memiliki luas sekitar satu haktar dan memiliki telaga dengan air yang jernih. Jangan kwatir dengan airnya air telaga claket ini sangat tenang berbeda dengan telaga – telaga lainnya.

Disini kamu dapat menikmti beberapa spot foto yang bagus, antara lain dari atas jembatan, atau gethek. Ada pula saung dan gubuk yang anda bisa nikmati sembari beristirahat dan makan bekal kalian, bersama keluarga , teman, sahabat atau kekasih.

19. Sahasra Adhi Pura

Sahasra Adhi pura

Tempat wisata selanjutnya adalah Sahasra Adhi Pura, nah tempat ini sebuah objek wisata di Desa Wirun, Kec. Mojolaban, Kab. Sukoharjo. Kalau dari Kota Solo, jaraknya ya sekitar empat kilometer. Kompleks Sahasra Adi Pura ini menawarkan keindahan 50 miniatur bangunan kuno dari seluruh dunia.

Miniatur-miniatur yang dimaksud berada di sebuah tanah lapang. Piramida Suku Maya (Chicen Itza) yang aslinya berada di Yucatan, Mexico; Stonehenge dari Inggris; Piramida Agung dari Mesir; kuil Mnajdra dari Pulau Malta; Serpent Mound dari Ohio, Amerika Serikat; Axum Eturgin dari Afrika; dan lukisan batu dari Tassisi Najjer adalah beberapa miniatur bangunan yang dapat ditemukan di Sahasra Adhi Pura.

20. Sendang Pinilih

Sendang Pinilih

Sendang Pinilih jadi salah satu kolam renang dan sudah dibangun beberapa tahun belakangan. Terdapat tiga kolam renang serta satu kolam ikan yang dapat menyajikan fasilitas pemancingan. Dari kedalaman tiap kolam memiliki beragam mulai dari setengah meter, satu meter, hingga dua meter.

Pengelola Sendang Pinilih juga menghadirkan fasilitas lengkap kepada wisatawan yang membuat semakin betah. Kondisi air yang jernih, ditambah lagi suasana sejuk hingga tenang di sekitar Sendang Pinilih akan membuat liburan traveler semakin nyaman.

Biasanya traveller menggunakan tempat wisata satu ini sebagai penghilang penat karena memang suasananya mampu menghilangkan perasaan lelah setelah selama satu minggu selalu aktif dalam bekerja.

Baca Juga : Tempat Wisata di Solo yang Paling Bagus dan Hits

Demikianlah ulasan mengenai Tempat Wisata di Sukoharjo Terbaru Paling Hits Dan Populer yang kami rekomendasikan. Semoga bisa menjadi referensi rekreasi untuk anda dan orang tercinta.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!