45 Tempat Wisata di Sukabumi Terbaru Paling Hits Dan Populer

Tempat Wisata di Sukabumi – Sukabumi merupakan sebuah kota atau kabupaten yang berada di jawa barat, selain itu sukabumi adalah kabupaten terluas nomor dua setelah kabupaten banyuwangi. kabupaten ini juga berbatsan langsung dengan kota tujuan wisata lainya di jawa barat seperti Kabupaten bogor, kabupaten lebak dan juga kabupaten cianjur.

Nah di Sukabumi banyak sekali keindahan tempat wisata alamnya. Topografi wilayah Sukabumi yang dikelilingi pegunungan membuat udara di daerah tersebut begitu segar dengan cuaca yang sejuk, salah satu destinasi wisata Jawa Barat yang menarik. Kota Sukabumi terletak di kaki Gunung Gede dan Gunung Pangrango, dengan ketinggian 584 meter dpl, dan suhu udara maksimum 29 derajat celcius.

Baca ini : Tempat Wisata di Balikpapan yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Sukabumi yang Wajib Dikunjungi

Berikut ini adalah sejumlah tempat wisata Sukabumi yang paling memikat, beberapa di antaranya menyuguhkan pesona wisata alam Sukabumi yang sangat mengasikkan untuk dikunjungi.

1. Pantai Ujung Genteng di Sukabumi

Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng merupakan salah satu pantai yang sangat indah yang berada di sukabumi. Meski lokasinya cukup jauh dari Jakarta, kelelahan anda dalam perjalanan akan terbayar dengan keindahannya. Ujung Genteng memiliki Pantai yang indah berpasir putih dan airnya yang jernih mempesona siapa saja yang berkunjung.

Pantai yang masih asri dan belum banyak dikunjungi wisatawan ini memiliki sebuah penangkaram penyu atau biasa dikenal dengan penangkaran anak penyu atau Tukik. Uniknya setiap wisatawan yang datang ke pantai ini bisa melihat telur penyu dan tukik untuk dilepas ke tengah lautan secara langsung.

Bukan itu saja, pada malam hari Anda akan melihat langsung sebuah penyu yang naik ke daratan dan bertelur secara langsung di sebuah tempat yang telah disediakan.Fasilitas Pantai Ujung Genteng.

Rata-rata ombak yang ada di pantai unjung genteng ini memiliki ombak yang cukup tinggi, oleh karena itulah pantai ini menjadi favorit bagi para peselancar. Walaupun begitu, Anda yang belum mahir berselancar masih bisa bermain air di sekitar lokasi pantai karena pantai disini tidak membahayakan.

2. Pantai Cibangban di Sukabumi

Pantai Cibangban

Nah tempat wisata yang pertama yaitu pantai Cibangban, Pantai Cibangban memiliki panorama alam yang indah nan elok, tidak kalah dengan pantai-pantai lain yang terdapat di Indonesia. Walaupun tidak sebagus dan seindah pantai lainnya, namun Pantai Cibangban bisa dijadikan salah satu tempat tujuan wisata pantai yang dapat dikunjungi.

Selain itu bagi masyarakat pecinta wisata pantai yang ingin mencari ketenangan dengan menikmati hembusan angin pantai maka Pantai Cibangban ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat tujuan berwisata.Akan tetapi hasil dari ketenaran Pantai Pelabuhan Ratu yang jaraknya sekitar 10 km dari Pantai Cibangban, maka berimbas ke pantai ini.

Jangan khawatir, di sekitar Pantai Cibangban sendiri dibangun tempat penginapan untuk memanjakan wisatawan yang ingin berkunjung ke Pantai Cibangban untuk menikmati ketenangan dan menyendiri. Dengan adanya tempat penginapan di sekitar Pantai Cibangban, maka para wisatwan dapat menikmati keindahan alam pantai ini pada malam hari. Dengan berjalan kaki menyusuri pantai yang sepi di hamparan pasir hitam yang halus, akan menjadi lebih nyaman.

3. Goa Buniayu Sukabumi

Goa Buniayu

Tempat wisata selanjutnya yang harus anda kunjungi yaitu tempat wisata di goa buniayu sukabumu, Goa Buniayu memiliki keindahan alam alami yang akan membuat Anda takjub. Ornamen bebatuan yang ada di dalam gua memberikan nuansa wisata alam yang sangat berbeda. Akses untuk menuju tempat wisata ini juga cukup mudah. Jika Anda yang berasal dari Jakarta, maka sangat mudah untuk mencapai tempat wisata ini.

Selain itu, Anda dapat melakukan kegiatan menelusuri gua atau caving dengan dua pilihan jenis penelusuran. Yang pertama adalah penelusuran gua secara horizontal. Penelusuran gua secara horizontal merupakan jenis penelusuran yang banyak diminati oleh wisatawan karena jenis penelusuran gua ini sama seperti jenis penelusuran gua pada umumnya.

Kawasan Goa Buniayu juga menyediakan fasilitas untuk melakukan kegiatan outbond. Jadi bagi Anda para petualang yang sangat menyukai kegiatan menantang, berwisata ke Goa Buniayu merupakan pilihan yang sangat tepat.

Jika Anda berminat untuk mengunjungi tempat wisata ini maka Anda harus mempersiapkan mental dan fisik yang kuat, agar kegiatan penelusuran gua yang Anda lakukan dapat berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

4. Pantai Cimaja di Sukabumi

Pantai Cimaja

Pantai Cimaja memiliki panorama yang indah dan ombak yang besar membuat Pantai Cimaja ini menjadi tempat favorit bagi para peselancar. Di Pantai Cimaja ini juga sering diadakan event surfing tingkat nasional dan professional. Panorama Pantai Cimaja yang indah dan ombak yang besar membuat pantai ini menjadi tempat favorit bagi para peselancar.

Hampir setiap akhir pekan, antara Jumat hingga Minggu kawasan pantai ini selalu dipenuhi oleh peselancar dari luar negeri maupun nasional. Dan juga ekspatriat yang bekerja di sejumlah kota besar di tanah air dan yang langsung datang dari luar negeri menjajal gelombang Pantai Cimaja ini.

5. Situ Gunung Sukabumi

Situ Gunung

Danau ini menjadi lokasi wisata alam yang sangat menarik dikunjungi. Bagi sebagian orang yang berada disekitar Sukabumi, Situ Gunung ini menjadikan wisata yang bagus dan menyenangkan.

Di Situ Gung menawarkan wisata alam yang biasa, disini pengunjung bisa menemukan wisata alam berbeda, seperti pemandangan semak yang indah, danau yang dikelilingi oleh hijau pepohonan, berbagai macam flora, dan lain sebagainya.

Terletak di kaki Gunung Pangrango, Kecamatan Kadu Dampit atau kurang lebih 16 Km sebelah Barat laut dari Kota Sukabumi, Situ Gunung menyuguhkan pemandangan indah danau dengan hawa pegunungan yang segar.

6. Taman Selabintana Sukabumi

Taman Selabintana

Tempat wisata setelah Situ Gunung yaitu Taman Rekreasi Selabintana yang berlokasi di kaki Gunung Pangrango adalah sebuah tempat wisata di Sukabumi yang menawarkan suasana hijau pegunungan, dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang wisata. Taman ini sangat cocok buat rekreasi bersama keluarga ataupun temen-temanmu.

Jika kamu ingin masuk ke wisata ini, kamu cukup membayar sebesar Rp.5000. Fasilitas yang dimiliki yaitu: tempat parkir, lokasi kemah, kolam renang, mushola, toilet, kawasan bermain, penginapan, perkebunan teh, hutan lindung, permainan flying fox, permainan ATV dan fasilitas lainnya.

7. Sungai Citarik Sukabumi

Sungai Citarik

Sungai Citarik merupakan destinasi wisata yang cukup menantang karena kegiatan yang dapat dilakukan di Sungai Citarik adalah arung jeram, flying fox, team building, paint ball, dan lain-lain.

Bagi anda yang datang dengan grup kecil, tidak perlu kuatir karena pengunjung arung jeram Sungai Citarik sangat banyak sehingga anda dapat berarung jeram ramai-ramai.

8. Kawah Ratu Sukabumi

Kawah Ratu

Kawah Ratu adalah sebuah kawah aktif yang mengeluarkan uap panas. Kawah Ratu merupakan tempat favorit bagi para pecinta alam karena untuk dapat mencapai Kawah Ratu, anda harus menempuh perjalanan mendaki melewati jalan setapak selama kurang lebih 3 jam.

Bagi pendaki pemula, disarankan untuk tidak mendaki pada malam hari. Selain itu, jangan lupa membawa peralatan mendaki seperti sandal gunung, payung, jas hujan, senter, bekal makanan, dan lain-lain. Lokasi Kawah Ratu berada dilereng Gunung Salak, nah in merupakan tempat wisata yang wajib anda kunjungi jika ke Sukabumi.

9. Sungai Cicatih Sukabumi

Sungai Citatih

Sungai Cicatih merupakan destinasi wisata petualangan dan kerja sama tim di Sukabumi. Sungai Cicatih memiliki karakteristik yang berbeda dengan Sungai Citarik. Sungainya lebih lebar, Airnya lebih deras, tantangannya lebih mendebarkan. dan jalurnya lebih panjang.

Sungai Cicatih sangat cocok buat kamu yang suka tantangan, tetapi kalau yang baru pertama kali mencoba arung jeram, lebih baik untuk mencoba Sungai Citarik terlebih dahulu. Selain itu, Sungai Cicatih lebih bagus dari pada Sungai Citarik karena Sungai Cicatih menawarkan tantangan yang lebih seru.

Dengan dilengkapi perlengkapan rafting berstandart internasional, river guide profesional yang berpengalaman di bidangnya, dan juga tim medis yang siaga sepanjang perjalanan mengarungi sungi Cicatih, anda akan diajak mengarungi jalur sepanjang sungai dengan kondisi Jeram yang cukup menguji adrenalin.

10. Kampung Ciptagelar

Kampung Ciptagelar

Kampung iptagelar merupakan sebuah kampung adat yang memiliki ciri khas bentuk rumah serta tradisi yang masih dipegang kuat oleh masyarakat pendukungnya. Kampung Ciptagelar berada di Kec. Cisolok, Sukabumi.

Untuk menikmati wisata ini kamu harus melewati perjalanan yang cukup sulit, tetapi semuanya akan terbayar karena kebudayaan Kampung Ciptagelar adalah kebudayaan yang tak dapat anda jumpai di tempat lain.

11. Situ Sukarame Sukabumi

Situ Sukarame

Tempat wisata selanjutnya Selain Situ Gunung, masih ada situ alias danau lain di Sukabumi yang bisa anda jadikan tempat untuk berwisata alam. Namanya adalah Situ Sukarame. Danau ini dibuat pada masa penjajahan belanda.

Situ Sukarame dikeliling oleh hutan heterogen yang ditumbuhi pohon pinus dan damar. Di sekitar situ ini pemandangannya sangat indah dan ada perkebunan teh. Nah jadi bagaimana? situ Sukarame sangat indah jadinya sangat cocok buat kamu yang suka dengan wisata alam yang indah.

12. Geopark Ciletuh Sukabumi

Geopark Ciletuh

Geopark Ciletuh adalah wisata alam yang memiliki pesona keindahan alam yang bikin kagum dan menawan. Geopark Ciletuh ini menawarkan pemandangan hamparan batu karang laut serta beberapa air terjun pegunungan yang cantik. Jadi di geopark ini kamu bisa menikmati pemandangan alami yang ditawarkan.

Nah lengkap dari gunung, air terjun dan lansekap cantik yang berlatar belakang laut. Lokasi di Kec. Ciemas, Sukabumi. Dibutuhkan waktu sekitar tiga jam perjalanan dari Jakarta dengan mobil offroad, untuk menuju ke lokasi ini.

13. Curug Sawer Sukabumi

Curug Sawer

Curug Sawer ini berada di desa Sukamaju, kec Kadudampit, Kab Sukabumi. Bagi anda yang memang tinggal di daerah ini, mungkin sudah tidak asing lagi dengan obyek wisata Curug Sawer, tetapi berbeda halnya bagi anda yang tinggal di luar kota Sukabumi atau bahkan luar pulau yang mungkin masih sangat asing dengan keberadaan tempat wisata tersebut.

Curug Sawer terletak sekitar 10 km dari jalan poros Sukabumi-Bogor. Untuk sampai ke tempat ini anda harus melewati jalan berjarak sekitar 1 km dengan jalan kaki atau anda dapat menyewa tukang ojek dengan tariff sekitar Rp. 20.000,-.

Namun, akan lebih menyenangkan dan mengesankan jika anda berjalan kaki karena di sekitar jalan yang anda lewati, anda akan menikmati pemandangan alam yang menakjubkan dan bentangan sawah yang menghijau.

14. Wisata Alam Wana Wisata Cipelang Sukabumi

Wanawisata Cipelang

Wanawisata Cipelang merupakan sebuah tempat wisata yang terletak di sukabumi jawa barat. Wisata di mulai di buka setelah banyak warga sekitar yang menyadari keindahan alam cipelang yang di dominasi oleh nuansa pegunugan nan sejuk.

Lokasi wisata yang terletak di desa gunung pangrango ini merupakan wanawisata yang memiliki beragam fasilitas serta menyajikan pemandangan pegunungan yang menawan lengkap dengan air terjunnya. Di tempat ini, semua pengunjung dapat menjelajahi alam nan menggoda disana. Untuk mencapai destinasi ini, Anda dapat memakai kendaraan beroda empat dan kondisi jalan umum sudah baik dan beraspal.

15. Pondok Halimun Sukabumi

Pondok Halimun

Objek wisata ini terletak di perbatasan Desa Perbawati dan Desa Sudajaya Girang, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dengan ketinggian sekitar 1000 m dpl.

Disini ada beberapa bumi perkemahan antara lain bumi perkemahan Cipelang, Bumi Perkemahan Pondok Halimun dan Bumi perkemahan Elang jawa. Nah untuk area perkemahannya dilalui oleh sungai Cipelang jadi kamu gak usah khawatir untuk masalah air minumnya.

16. Pantai Pangumbahan

Pantai Pangumbahan

Bagi Anda yang tertarik dengan kegiatan susur pantai dengan aktifitas jalan kaki, maka bisa memulainya dari Ujung Genteng yang kemudian dilanjutkan menyisir Pantai Akuarium, Pantai Cibuaya, dan sampai di Pantai Pangumbahan yang menjadi pusat penangkaran Penyu.

Di sekitar kawasan ini memang terdapat pepohonan atau tetumbuhan yang daunnya rindang sehingga sangat layak untuk dijadikan sebagai tempat bertelurnya Penyu.

17. Pemandian Air Panas Cikundul Sukabumi

Pemandian Air panas

Obyek Tempat Wisata Air Panas Cikundul dikelola oleh Pemerintah Kota, via Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata Kota Sukabumi. Jumlah tenaga kerja yang tersedia sebanyak 6 orang.

Obyek ini pada tahun 2008 telah dikunjungi oleh sekitar 2000 pengunjung (local) dan sekitar 11 orang Wisman. Bagi penunjung yang ingin menginap di Cikundul ini sewa kamar per malam berkisar Rp 110.000,- sd Rp 125.000,-.

18. Curug Cikaso Sukabumi

Curug Cikaso

Curug Cikaso terbentuk karena dari tiga titik air terjun yang berdampingan. Nah kedua titik air terjun dapat terlihat dengan jelas sedangkan yang satu agak tersembunyi dengan tebing yang menghadap ke arah timur.

Jika kamu ingin menikmati keindahan curug Cikaso kamu harus membayar tiket masuk sebesar Rp3.000 untuk masuk ke kawasan air terjun ini.

19. Curug Awang Sukabumi

Curug Awang

Curug Awang merupakan salah satu curug yang berada di aliran sungai Ciletuh, sungai ini membatasi wilayah kecamatan Ciemas dengan kecamatan Ciracap, disamping itu juga merupakan batas antara desa Taman Jaya dengan desa Cibenda serta pembatas antara desa Mekar Sakti dan desa Mandra Jaya.

Di sungai ini terdapat beberapa air terjun yang patut untuk dikunjungi, beberapa diantaranya yang cukup terkenal dan terletak di wilayah desa Taman Jaya adalah Curug Awang, Curug Tengah dan Curug Puncak Manik. Curug Awang sendiri adalah air terjun pertama dari deretan tiga air terjun di sungai ciletuh yang ada di desa Taman Jaya kecamatan Ciemas.

20. Curug Cibeureum Sukabumi

Curug Cibeureum

Curug Cibeureum adalah salah satu wisata alam yang terletak di bawah kaki Gunung Gede Pangrongo sehingga masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Curug Cibeureum menyajikan pemandangan alam yang begitu indah dan ketinggian aliran curug yang memesona, Curug Cibeureum ini banyak disambangi oleh para petualang wisata alam. Tempat wisata ini pun menjadi salah satu spot favorit para pendaki yang mendaki Gunung Pangrango.

Bukan hanya wisatawan lokal, para pelancong dari mancanegara pun kini tak sedikit yang berkunjung ke tempat wisata air air terjun yang memiliki ketinggian aliran 54 meter dan berada 1050 meter dari permukaan laut ini.

21. Curug Bibijilan Sukabumi

Curug Bibijilan

Air Terjun Curug Bibijilan terletak di Kampung Lebak Nangka, Desa Kerta Angsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Propinsi Jawa Barat. Air Terjun Bibijilan berada di kawasan wisata Buni Ayu & mempunyai ketinggian seputar 100 m bersama airnya yg dingin & sejuk berwarna hijau tosca meluncur dari bebatuan kapur.

Air terjun ini bertingkat-tingkat & tiap-tiap tingkatannya bakal didaki sampai puncaknya. Bila masa hujan tiba, Curug Bibijilan tak diperbolehkan buat dikunjungi sebab debit airnya yg tinggi & pass deras. Curug ini serta tidak jarang dimanfaatkan yang merupakan ajang panjat tebing & flying fox.

22. Pantai Citepus Sukabumi

Pantai Citepus

Pantai ini sangat indah dengan hamparan pasir landai sejauh mata memandang. Pantai ini surganya pantai di sukabumi. dan sangat cocok buat liburanmu.

Nah pantai Citepus berada di tepi jalan raya Cisolok – Pelabuhan Ratu, tepatnya di Desa Citepus, Kec. Palabuhanratu. Karena terlatak di kota ini, Pantai Citepus selalu ramai kunjungan warga kota Pelabuhanratu.

Pantai Citepus selalu menarik wisatawan karena indah. Pantai ditutupi pasir putih dengan bentuk huruf “U” hingga kurang lebih sepanjang 3-5 kilometer.

23. Pantai Cibongkok Sukabumi

Pantai Cibongkok

Pantai Cibongkok merupakan pantai yang terletak di Pesisir Selatan Sukabumi. Berada di pesisir pantai Sukabumi paling barat, dan berbatasan langsung dengan Provinsi Banten. Untuk mencapainya, harus melalui jalan batu hancur lebur, karena memang buat apa diaspal bagus-bagus karena yang lewat hanya truk-truk pengangkut batu saja. Suasananya tandus, gersang, dan jarang pepohonan.

Tetapi, hamparan lautnya yang bersih dan berwarna biru kehijauan seakan menyejukkan mata. Disini, keadaan pantainya berupa batu. Bukan karang, tetapi benar-benar hamparan batu. Ukurannya macam-macam. Dari yang kecil sebesar kelereng, bola kasti, hingga sebesar melon. Warnanya, meski didominasi abu-abu, hitam, merah, biru, tetapi juga yang putih. Batu-batu ini seakan tidak ada habisnya diseroki penambang.

24. Pantai Cipanarikan Sukabumi

Pantai Cipanarikan

Pantai ini mempunyai ciri khas dengan garis pantai dan mempunyai pasir pantai yang luas. Pantai Cipanarikan ini termasuk salah satu pantai yang bisa dibilang tersembunyi di Ujung Genteng, Sukabumi ini.

Tetapi, semua akan terbayar dengan keindahan yang akan sobat traveler saksikan sendiri ketika sampai di Pantai Cipanarikan ini. Pemandangan yang sangat luar biasa antara pertemuan air laut dan air tawar muara di sini, hamparan pasir putih terbentang luas seolah gurun pasir.

25. Pantai Ombak Tujuh Sukabumi

Pantai Ombak

Pantai ombak tujuh ini ada di wilayah Jampang dikawasan wisata Ujung Genteng. Nah Pantai ini diberi nama Pantai Ombak Tujuh oleh wisatawan asing karena ombak di pantai ini konon mampu mencapai tujuh tingkat yang menjadi kesukaan para penggemar surfing.

Untuk akses untuk mencapai pantai ini cukup susah. Anda harus melewati hutan serta tiga muara sungai dangkal. Tapi pesona keindahan di pantai ini sangat mempesona sekali.

26. Pantai Cibuaya Sukabumi

Pantai Cibuaya

Pantai Cibuaya merupakan pantai yang berada di kawasan wisata Ujung Genteng. Ujung Genteng sendiri memang terkenal memiliki banyak sekali tempat wisata yang unik dan menarik.

Disini anda bisa menikmati pantai yang begitu tenang dan sangat nyaman untuk bermain air dan berenang.

27. Pelabuhan Ratu Sukabumi

Pantai Pelabuhan Ratu

Pelabuhan Ratu merupakan nama sebuah kecamatan di Sukabumi yang berjarak sekitar 60 km dari Kota Sukabumi, di daerah Pelabuhan Ratu ini terdapat beberapa pantai dengan berbagai karakter yang berbeda sehingga pengunjung bisa memilih pantai mana yang disukai untuk liburan.

Pantai Pelabuhan Ratu dikenal dengan ombak yang kuat, terdapat tebing karang terjal, curam, dan landai. Selain itu, terdapat juga hutan cagar alam di sekitar Pantai Pelabuhan Ratu.

Bagi keluarga juga cocok dengan suasana pantai berbatu karang ini, menikmati pemandangan alam pantai sambil menikmati lezatnya seafood atau mandi di pemandian air panas Cipanas, Pelabuhan Ratu.

28. Pantai Karang Hawu Sukabumi

Parang Karang Hawu

Pantai Karang Hawu adalah pantai yang berada di kabupaten Sukabumi dan memiliki garis pantai yang panjang. Pemberian nama Karang Hawu didapat dari keberadaan karang di sekitar pantai yang mirip dengan bentuk hawu atau tungku.

Wisatawan dapat berenang, memancing, surfing, atau sekedar duduk santai di sekitar pantai. Disini tersedia fasilitas seperti mushala, hotel, mini market, warung makan, area parkir, peralatan surfing, kios souvenir,dll

29. Curug Cigangsa Sukabumi

Curug Cigangsa

Tempat ini berjarak sekiatar 110 Km dari pusat kota sukabumi. Untuk mengunjungi curug tersebut harus menggunakan prahu. Curug ini memiliki debit air yang kecil, karena di bagian hulunya dibendung untuk irigasi.

Yang menarik dari tempat ini adalah kamu bisa melihat dinding batunya yang berwarna kehitaman dan sebuah batu bernama Batu Masigit, atau Batu Masjid. Di sini kamu bisa menikmati keindahan curug dari dua arah, yakni dari atas dan dari bawah.

Pada masa penjajahan lokasi di sekitar curug ini sering digunakan untuk tempat bersembunyi para pejuang karena lokasinya yang tersembunyi dan dianggap aman.

30. Curug Sentral Kabandungan Sukabumi

Curug Sentral

Curug Sentral Kabandungan berlokasi di Desa Jayanegara, Kecamatan Kebandungan Sukabumi. Untuk menuju ke curug tersebut juga di perlukan sedikit perjuangan dengan melewati lembah dan perkebunan teh dengan berjalan kaki.

Perjalanan menuju air terjun tersebut pun mempunyai pemandangan yang indah yang dapat menghilangkan rasa lelah anda dalam berjalan.

31. Curug Sodong Sukabumi

Curug Sodong

Curug Sodong atau Curug Penganten ini terletak di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Aksesnya terbilang baik dengan jalan yang sudah beraspal. Karena airnya yang bersih, Curug Sondong sering dijadikan lokasi untuk melakukan aktivitas kemah.

Nah yang unik dari Curug Sodong adalah namanya yang mamiliki banyak alias atau nama lain. Beberapa diantaranya adalah Curug Cikanteh alias Curug Kembar alias Curug Penganten. Kontur tanah di dalam kolam tidak rata yang membuatnya cukup berbahaya jika tidak mahir betul berenang.

32. Curug Cirajeg Sukabumi

Curug Cirajeg

Curug Cirajeg adala wisata yang terletaknya yang berada di tengah-tengah sawah membuat curug ini unik dan menarik. Nah kalau kamu mau kesini membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari kota Sukabumi.

Yang harus kamu perhatikan adalah cek kondisi fisikmu sebelum ke tempat ini. Karena untuk mencapai ke wisata ini akan menguras tenagamu untuk melalui jalan-jalan setapak yang membingungkan. Tetapi, Sepanjang perjalanan ke tempat ini kamu akan disuguhkan pemandangan yang indah.

33. Curug Gentong Sukabumi

Curug Gentong

Tempat wisata selanjutnya adalah Curug Gentong terletak di Kampung Cibalok, kec. Waluran, kab. Sukabumi. Disini kamu akan disuguhkan keindahan air terjun 3 tingkat.

Tiap tingkat air terjun ini namanya beda-beda lho. Mulai dari yang paling atas bernama Curug Gentong, Curug Kerut, dan Curug Goong. Meskipun wisata ini deket dengan jalan raya, tapi sedikit yang berkunjung ke wisata ini.

34. Danau Batu Bacan Sukabumi

Danau Batu Bacan Sukabumi

Danau ini mempunyai karakteristik air yang berwarna hijau. Danau ini dahulunya merupakan pertambangan batu yang dikelola warga sekitar. Namun seiring berjlanya waktu tiba tiba air muncul dan menggenangi area pertambangan hingga terbentuk menjadi danau yang indah sperti sekarang ini.

Uniknya danau Bacan tersebut tidak memiliki air resapan yang keluar dari bebetauan yang ada di sekellingnya, Air yang berada di danau tersebut adalah air hujan yang tertampung dari tahun-tahun sebelumnya.

35. Tebing Panenjoan Sukabumi

Tebing Panenjoan

Tebing Panenjoan berlokasi di daerah desa tamnajaya Kec ciemas sukabumi, dari tempat tersebut anda bisa menikmati pemandangan daratan sukabumi dari atas tebing dengan ketinggian sekiatar 250 mdpl. Secara bahasa, panenjoan berasal dari bahasa sunda yaitu dari kata “tenjo” yang artinya melihat.

Dengan ketinggian ini, Anda bisa melihat pesona keindahan alam Ciletuh yang tak bertepi. Untuk menuju wisata ini tidak mudah karena anda harus melewati pelabuhan ratu dan di lanjutkan menggunakan boat selama sekitar 30 menit kemudian di lanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak hingga samapi ke air terjun ini.

36. Gunung Gede Pangrango Sukabumi

Gunung Gede

Tempat Wisata Gunung Gede Pangrango merupakan tempat wisata yang sangat memikat. Dari puncak, Anda bisa melihat Puncak Anak Gunung Krakatau, Gunung Sumatera, perkebunan teh dan taman rekreasi.

Di kawasan wisata Gunung Gede, terdapat tanaman bunga edelweiss, jika Anda perlu rekreasi untuk mengembalikan vitalitas tubuh, Anda bisa menjajal kolam pemandian air panas, santai di sekitar danau, dan mandi di air terjun.

37. Bukit Karang Numpang Sukabumi

Bukit Karang Numpang

Bukit Karang Numpang berada di Kecatamatan Guruh Sukabumi ini bisa anda jadikan sebagai tempat ngecamp. Dan pemandangan malam dari atas ketinggian pun tak kalah indahnya dengan pemandangan bukit bintang di yogyakarta. Berada di Kecamatan Gunung Guruh, Kabupaten Sukabumi. Bukit yang beberapa waktu belakangan tengah trend di media sosial ini, terbilang baru bagi para wisatawan.

Kian hari, kian banyak pendaki yang mengujungi Bukit Karang Numpang. Kamu akan melihat barisan rumah dan lahan persawahan yang tampak seperti miniatur. Dari sini, anda bisa melihat indahnya Sukabumi dari ketinggian, barisan rumah dan hamparan alam seolah berada didalam dunia lukisan yang begitu indah.

38. Puncak Darma Sukabumi

Puncak Darman

Puncak Darma memiliki ketinggian 230 mdpl. Untuk mencapainya kamu akan memakan waktu tempuh sekitar 2 jam-an.

Hal yang menarik di seperempat awal perjalanan kamu akan disuguhkan pemandangan desa-desa dan pohon-pohon yang rindang. Selain itu, ada juga perkebunan lengkuas, kunyit, jahe dan cengkeh.

Tapi percayalah, rasa bosan tidak akan kamu rasakan saat mengunjungi Puncak Darma.

39. Pemandian Air Panas Cisolok

Pemandian Air panas

Pemandian air panas Cisolok merupakan salah satu wisata yang harus kamu kunjungi jika ingin menghilangkan rasa stres dan inging fresh. Wisata ini mempunyai keistimewaan berupa menyemburnya air dari tiga titik semburan air panas.

Suhu air cukup tinggi, kurang lebih 80 derajat celcius. Lokasi dapat dijangkau dalam waktu kurang lebih 10 menit dari Pantai Pelabuhan Ratu melalui Jl. Cipatuburan Pelabuhanratu.

40. Gua Lalay Sukabumi

Gua Lalay

Gua Lalay merupakan sebuah gua kelelawar yang keberadaannya tak jauh dari bibir pantai Pelabuhan Ratu. Dari Gua Lalay, Anda bisa menyaksikan keindahan sinar matahari tenggelam bila Anda sudah berada di bibir gua.

Di dalam gua Anda bisa melihat berbagai bentuk stalakmit dan stalaktit yang masih menitikkan air. Di dalam Gua Lalay terdapat sungai bawah tanah yang sering digunakan oleh penduduk setempat memancing udang. Lokasi bisa dijangkau dalam waktu 1-2 jam melalui Jl. Nasional III dan Jl. Pelabuhan II.

41. Situs Purba Megalitik Sukabumi

Situs Purba Megalitik

Situs Purba Megalitik merupakan tempat wisata sejarah yang bisa anda kunjungi adlaah Situs Purba Megalitik. Benda yang ditemukan disana adalah pipa rokok, gentong yang terbuat dari tanah liat dan yang terakhir adalah mangkuk dari porselen.

Tahun sebelumnya disana juga ditemukan berbagai macam benda purbakala lainnya, yaitu tepatnya tahun 2007 disana ditemukan beberapa benda seperti perunggu dengan ukiran India.

Cawan yang digunakan sebagai tempat perhiasan, potongan patung bentuk kaki burung dan terbuat dari emas dan yang terakhir adalah potongan patung Dewa Siwa. Benda itulah yang dijadikan sebagai tontonan ketika berada di tempat wisata ini.

42. Taman Rekreasi Selabintana

Taman rekreasi

Taman Rekreasi Selabintana merupakan sebuah tempat wisata Sukabumi yang menawarkan suasana asri dari hijaunya pegunungan. Taman Rekreasi Selabintana sangat cocok untuk keluarga yang ingin menikmati hijaunya pegunungan.

Disini anda akan disiguhi taman wisata dengan hamparan rumput luas yang bisa kamu gunakan untuk guling-guling atau menggelar tikar bersama dengan keluarga. Suasana disini sangat sejuk, yang membuat lebih betah menghabiskan waktu disini.

43. Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Taman Nasioanl

Dikawasan hutan lindung ini ada berbagai macam air terjun, Dan aliran sungai di kawaan tersebut masih sangat jernih yang bisa anda gunakan untuk bermain air bersama keluarga tercinta. Tempat ini juga sering di jadikan sebagai kawasan bumi perkemahan dan juga kegiatan outbound.

Kegiatan pembuatan video cpmersil dan juga penilitian juga sering di lakukan di kawasan ini. Hewan-hewan langka yang dapat dilihat di TNGH adalah owa (Hylobates moloch), surili (Presbytis comata), macan tutul (Panthera pardus), dan elang jawa (Spizaelus barteisi).

44. Ryzzy Azzahra Waterpark

Ryzzy

Ryzzy Azzahra Waterpark Selabintana Sukabumi adalah salah satu Obyek Wisata yang ada di Sukabumi tepatnya di Jalan Salabintana KM 6 Karawang Sukabumi. Obyek Wisata ini luas awalnya sekitar 1.2 hektar dan sekarang sudah menambah lahan lagi sehingga semakin luas.

Kini Obyek Wisata Air Ryzzy Azzahra bisa memakai jalan masuk dari arah timur depan Perum Pesona Selabintana, jadi tidak harus masuk jalan ke karawang seperti sebelumnya selain jalannya yang kecil juga macet. Jalan masuk arah timur cukup besar dan cukup dekat.

45. Nagrak Waterboom Sukabumi

Nagrak

Taman wisata waterboom nagrak sukabumi adalah Taman wisata terbaru yang ada di suka bumi.disini anda bisa menikmati wahana koalm renang terbesar di suka bumi cibadak.

Waterboom tersebut mempunyai fasilitas lengkap seperti kolam ombak, kolam olyimpic 50 meter indoor, kaloam water slide, koalam emeber tumpah, Kolam tornado slide, Kolam adrenalin slide, Kolam Paus slide, Kolam sircle slide, musola, pendopo, kantin, tempat sewa ban, wahana permainan water ball dan terapi kesehatan.

Baca ini : Tempat Wisata di Sumedang yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai Tempat Wisata di Sukabumi yang Wajib Dikunjungi semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertannya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!