30 Tempat Wisata di Sragen Terbaru Paling Hits Dan Populer

Tempat Wisata di Sragen – Hai guys nah pada kesempatan kali ini Aneka Wisata Seru akan merekomendasikan mengenai Tempat Wisata di Sragen yang paling keren dan menarik dikunjungi. Sragen dijuluki sebagai Bumi Sukowati yang mana dulunya nama ini digunakan dimasa Kerajaan Surakarta.

Selain itu, Jika anda mendengar kota Sragen kota ini sangat identik dengan Sragen yang menjadikan ciri khas keindahan wisata kota Sragen tersebut. Bahkan saking indahnya wisata di Sragen mampu menarik para selebritis untuk menggunjungi keindahan wisata Sragen yang sudah terekspose di dalam dan di luar negeri. Suasana Alam Kota Sragen bisa di bilang masih belum banyak di eksplorasi oleh para ahli, sehingga masih banyak kekayaan alam yang masih tersembunyi.

Baca Ini : Tempat Wisata di Purwokerto yang Wajib Dikunjungi

Di Sragen Lagi Hits Wisata Alam seperti pantai dan air terjun, Wisata Anak seperti pemandian atau wahana permainan anak, Wisata Edukasi seperti bisnis bisnis lokal yang inspiratif, Wisata Sejarah seperti candi atau bendungan. Sekali lagi saya katakan bahwa memang kota Sragen kaya sekali akan Destinasi wisatanya yang indah dan alami.

Nah Jadi, kalau kamu sedang merencakan sebuah perjalanan liburan ke Sragen dan sedang men-check list tempat mana saja yang ingin kamu kunjungi, beberapa tempat berikut mungkin bisa kamu masukkan dalam daftar.

Ganesha Technopark Sragen

Ganesha Technopark

Ganesha Technopark merupakan sebuah program pemerintah yang sengaja dibuat untuk memudahkan akses ke lembaga penelitian, professor dan siswa yang sudah lulus dalam membentuk proyek R&D maupun proyek-proyek lain dengan basis profit sharing. Dan dengan ini pemerintah berharap supaya kedepannya tidak ada lagi peneliti yang bingung karena akan dibantu dari segala segi seperti promosi, penemuan serta inovasi untuk bertransformasi menjadi sebuah produk, sistem maupun penelitian.

Sragen Technopark diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 30 Juni 2009 Ganesha Technopark. Ganesha Technopark merupakan sebuah proyek pemerintah yang bertujuan untuk memudahkan akses ke lembaga-lembaga penelitian, guru besar (professor) dan siswa yang telah lulus untuk membentuk proyek R&D maupun proyek lain yang berbasis profit sharing.

Museum Prasejarah Sangiran

Museum Prasejarah Sangiran

Museum Prasejarah Sangiran berlokasi di desa Krikilan Kalijambe, Sragen. Nah kamu berkunjung ke Museum Manusia Purba Sangiran, seolah-olah kamu dibawa kembali ke zaman purbakala. Dalam Museum ini terdapat sejumlah koleksi dan juga ada dokumentasi zaman prasejarah seperti fosil dan benda-benda purbakala lainnya.

Khusus di Museum Manusia Purba Sangiran terdapat fosil Pithecantropus erectus, Meganthropus palaeojavanicus dan berbagai fosil binatang. Pada tahun 1977 Pemerintah Indonesia menetapkan kawasan sekitar Sangiran seluas 56 km2 sebagai daerah Cagar Budaya.

Waduk Kedung Ombo

Waduk Kedung Ombo

Waduk Kedung Ombo terletak di Kec. Sumberlawang, sekitar 30 km dari pusat kota. Selain disuguhi pemandangan nan indah, para pengunjung Waduk Kedung Ombo bisa menikmati wisata air, menumpang perahu motor bertualang mengunjungi pulau-pulau yang bermunculan di tengah waduk. Di Waduk Kedung Ombo juga tersedia tempat pemancingan sekaligus warung yang menjajakan aneka makanan olahan berbahan ikan.

Taman Dayu Alam Asri di Dayu

Taman Dayu Alam Asri

Taman Dayu Alam Asri adalah sebuah kawasan wisata yang terletak di Gembong RT 08, Saradan, Karangmalang, Kec. Sragen, Jawa Tengah, Tempat ini berjarak sekitar 20 km dari Kota Solo. Taman ini memiliki konsep sebagai tempat hiburan dan juga pendidikan, sehingga sangat cocok digunakan sebagai tempat rekreasi bagi keluarga. Pemandangan dengan nuansa pedesaan yang indah dimemiliki oleh Taman Dayu.

Taman ini dikelilingi pohon jati, sehingga menambah suasana menjadi semakin sejuk dan asri. Taman Dayu memiliki luas sekitar 5 hektar dengan dilengkapi berbagai fasilitas pendukung, antara lain mini zoo, wahana bermain dan ketangkasan, agrowisata, resort, pendopo pertemuan, gazebo, kolam renang, resto dan sebagainya. Kebun binatang mini atau mini zoo menjadi salah satu area yang menarik di Taman Dayu.

Mini Zoo memiliki berbagai koleksi binatang, seperti rusa, elang, kanguru, landak, ular dan burung merak. Di kebun binatang ini juga ada berbagai koleksi binatang langka, seperti ikan lele Afrika, ikan arapaima dan Alligator fish. Tidak hanya itu, kebun binatang mini ini juga digunakan sebagai tempat penangkaran binatang tersebut.

Gunung Kemukus

Gunung Kemukus

Gunung Kemukus adalah pegunungan yang berada di wilayah kab. sragen. Selain pemandangan alam pegunungan yang rimbun dengan pepohonan dan hawa sejuk.

Di atas bukit gunung tersebut terdapat sebuah bangunan kuil/ wihara tua yang sangat dihormati oleh penduduk setempat khususnya bagi mereka yang beragama budha.

Kolam Renang Kartika

Kolam Renang Kartika

Kolam Renang Kartika merupakan salah satu kolam renang kebanggaan warga Sragen. Kolam renang ini terdapat di tengah Kota Sragen tepatnya di Jalan Veteran dan berdampingan dengan Stadion Sepak Bola Sragen.

Selain itu di Kolam ini juga sudah dilengkapi dengan papan luncur bergelombang, toilet, cafetaria, gudang, kamar ganti pakaian putra/putri, kantor pengelola, dan lain-lain.

Desa Wisata Kliwonan

Desa Wisata Kliwonan

Desa Wisata Kliwonan merupakan sebuah kawasan yang berada di Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen yang merupakan tempat sentra kerajinan Batik. Di tempat ini pengunjung dapat membeli oleh-oleh berupa kain batik serta dapat melihat langsung proses pembuatan batik.

Bahkan apabila berminat anda juga dapat menginap di rumah warga yang telah disulap menjadi sebuah homestay yang sangat nyaman. Selain itu kamu disini akan disuguhkan dengan berbagai macam aktivitas yang asik, contohnya seperti, jelajah desa, belajar membatik, memancing, edukasi herbal, outdoor photography, dan membuat kerajinan tanah liat hitam.

Makam Joko Tingkir

Joko Tingkir Sragen

Joko Tingkir merupakan nama lain dari Sultan Hadiwijaya, Raja Kerajaan Pajang yang berkuasa pada tahun 1550-1582. Kompleks pemakaman ini sangatlah sederhana, yang lokasinya di Desa Butuh, Kecamatan Plupuh, di pinggir Bengawan Solo. Di dalam kompleks itu juga terdapat makam orangtua Joko Tingkir, yakni Ki Kebo Kenanga dan Nyi Kebo Kenanga.

Seperti kebanyakan makam di Jawa lainnya, makam ini juga sering dikunjungi peziarah yang ingin sekedar berziarah ke makam leluhur dan juga berziarah untuk mendapatkan berkah. Setiap Hari Raya Idul Fitri Pemerintah Kota Surakarta mengadakan tradisi perayaan larung Joko Timgkir dari aliran Sungai Bengawa Solo yang diawali di Tempat Wisata Jurug dan berakhir di Desa Butuh Sragen.

Wisata Alam Betisrejo

Betisrejo

Wisata Alam Betisrejo menyajikan suasana alamnya yang indah dan juga sejuk. Nah desa Betis Rejo ditetapkan sebagai wisata organik ini kian mempesona. Selain itu disini kamu bisa belajar mengolah pertanian secara organik tanpa campuran bahan-bahan kimia pada umumnya.

Dan kalau anda menginap disini tidak perlu khawatir mencari penginapan karena sudah disediakan Homestay. Nama Betis Rejo sendiri sebenarnya diambil dari tiga desa yang meliputi Desa Jambeyan, Jetis dan Sukorejo.

Galleri Batik Sukowati dan Sentra Bisnis Batik

Galleri Batik Sukowati

Galeri Batik Sukowati dan SBBS adalah sirkulasi kerajinan batik Sragen dan pusat perbelanjaan. Dua lokasi itu merupakan gerai penjualan para pelaku bisnis di bidang industri batik.

Dua gerai itu akhirnya menjadi pusat perbelanjaan batik yang mampu diakses masyarakat ekonomi lemah maupun golongan kaya. Untuk menarik pembeli dan mengembangkan pasar, di SBBS dan Galeri Batik Sukowati kerap diadakan bazaar batik dan acara yang bertema batik khas Sragen.

Pemandian Air Panas Bayanan

Pemandian Air Panas

Wisata ini memiliki daya tarik berupa pemandian air panas yang dipercaya masyaraket sekitar dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti rematik, gatal-gatal, dan penyakit lainnya.

Selain itu air panas di Pemandian Bayanan juga dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, memulihkan kebugaran tubuh, meningkatkan vitalitas tubuh, memelihara kesegaran sendi–sendi dan otot, menghilangkan capek-capek, dan membuat awet muda.

Waduk Blimbing

Waduk Blimbing

Waduk ini tidak terlalu luas, dikelilingi oleh jalan raya, sehingga banyak orang yang lewat menghentikan kendaraannya hanya untuk menikmati sejenak keindahan waduk.

Waduk Blimbing berlokasi di desa Blimbing, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen. Sehari-hari oleh masyarakat digunakan untuk rekreasi keluarga dan banyak pula yang menggunakannya sebagai lokasi memancing.

Waduk Blimbing cukup banyak ikannya sehingga bagi mereka yang hoby memancing, betah duduk-duduk hingga seharian penuh.

Waduk Gebyar

Waduk Gebyar Sragen

Waduk Gebyar disebut dengan Waduk Brayut. Nama Waduk Gebyar dalam bahasa Jawa alias Segebyar. Waduk ini bertambah menawan dengan latar belakang keangkuhan dan kegagahan Gunung Lawu. Keberadaannya yang ada di tengah-tengah perbukitan, membuat suasana lebih asri dan sangat cocok dijadikan lokasi berburu gambar bagi para pecinta fotografi.

Suasana waduk Gebyar menawarkan kesejukan. Banyak pengunjung menikmati sembari duduk di pinggir waduk. Tampungan air tersebut nantinya digunakan untuk mengaliri sawah milik petani desa setempat. Sayangnya saat ini endapan lumpur membuat jumlah tampungan air itu jauh berkurang. Waduk ini telah ramai banyak pria paruh baya telah bersiap melempar joran di tepi waduk.

Kedung Grujug Miri

Kedung Grujug

Kedung Grujug adalah sebuah curug yang indah dan penuh warna. Tak Cuma keindahan airnya yang tumpah dari sebuah aliran sungai, tapi bebatuan yang ada disekelilingnya sangatlah mentakjubkan setiap orang yang sempat melihatnya. Lokasi air terjun sekitar 25 kilometer dari Kota Solo dans ekitar 35 kilometer jika ditempuh dari Sragen.

Lokasi cukup mudah, jalannya sudah bagus dan bias dilewati oleh berbagai kendaraan. Sayang, petunjuk untuk menuju lokasi sangat terbatas. Saat tiba di lokasi anda akan disuguhi keindahan alam air terjun. Di bagian kanan dan kiri air terjun terdapat struktur batu karang yang membentang beberapa meter. Bentangan batu karang semakin terlihat indah karena pola artistik yang terbuat secara alami.

Kolam Renang Doeng

Kolam Renang Doeng

Kota sragen juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya, salah satu contohnya adalah Wisata Kolam renang Doeng di Karang malang Sragen Jawa Tengah ini. Wisata Kolam renang Doeng di Karang malang Sragen Jawa Tengah yang terletak di Bolorejo RT 001/ RW 003, Puro, Karangmalang, tak pernah sepi pengunjung. Meskipun pembangunan masih berjalan dan belum diresmikan oleh pihak pengelola, tak kurang 300 pengunjung memadati kolam renang ini pada hari libur.

Pada hari biasa kolam renang ini dikunjungi oleh 150 – 200 pengunjung.Kolam renang yang mulai beroperasi Agustus 2012 ini memiliki tiga kolam renang utama. Satu kolam renang dewasa ukuran 20 m x 50 m, memiliki delapan lintasan, dengan kedalaman antara 1,2 m – 2,2 m. Sedangkan dua kolam anak-anak, dibuat dengan kedalaman 60 cm dan 70 cm dan luas 8 m x 16m.

Taman Sukowati

Taman Sukowati

Taman Sukowati di Sine Sragen Jawa Tengah yang terletak di Kelurahan Sine, Sragen. Salah satu Ruang Terbuka Hijau (RTH), Biasanya di gunakan untuk Rekreasi atau bersantai Ria. Suasana Taman Ganesha yang teduh dan angin semilir sangat mendukung bagi pasangan yang pacaran. Disebutkan, keramaian taman akan bertambah apabila banyak sekolah yang pulang cepat.

Selain tempatnya yang strategis, taman tersebut juga terletak agak berdekatan dengan sejumlah sekolah. Keberadaan ruang publik baru bernuansa hijau sangat didambakan masyarakat. Dia menilai desain Taman Bunga Ganesha Sukowati cukup bagus. Tapi masih agak panas, karena pohon-pohon yang ditanam belum tumbuh dan berdaun rindang.

Gunung Tugel

Gunung Tugel Sragen

Gunung Tugel merupakan nama sebuah bukit setinggi sekitar 50 meter yang berada di Desa Jambeyan, Kecamatan Sambirejo, Sragen.

Nah untuk jalan yang membelah Gunung Tugel menjadi 2 bagian itu dibangun pada zaman penjajah Belanda. Dan Jalan itu menghubungkan Desa Jambeyan Kec. Sambirejo dengan Desa Winong Kec. Gondang, Sragen.

Alun Alun Kota

Alun-Alun Kota Sragen

Alun Alun Sragen Biasanya ramai saat sore sampai malam hari dan sepi saat pagi dan siang Hari. Karna pada saat sore hari banyak wahana permainan anak dan aneka makan serta jajanan Khas Kota Sragen. Pada saat pagi atau siang hari biasanya orang hanya mampir untuk foto foto atau sekedar selfi saja, karna belum banyak pengunjung jadi untuk foto foto sangatlah cocok. Panggung terbuka tersebut dibangun di sisi utara Alun-Alun Sasano Langen Putro.

Di sebelah timur dan barat panggung dibangun air mancur yang dilengkapi dua kolam lingkaran dengan diameter 15 meter. Bagian samping panggung terbuka dilengkapi aksesibilitas bagi penyandang difabel. Sementara di bagian tengah panggung terbuka akan dilengkapi tulisan Sragen dengan ukuran besar. “Tulisan itu bisa diputar menghadap ke utara dan menghadap ke selatan.

Alamat : Jl. Raya Sukowati, Sragen Tengah, Sragen, Sragen Tengah, Kec. Sragen, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah 57211.

Baca Juga : Tempat Wisata di Lumajang yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai Tempat Wisata di Sragen yang Wajib Dikunjungi nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!