16 Tempat Wisata di Sentul Terbaru yang Paling Hits dan Bagus

Tempat Wisata di Sentul – Sentul merupakan sebuah daerah pegunungan yang cukup ramai dan bahkan tidak pernah sepi pengunjung karena ada banyak warga Jakarta dan Jawa Barat yang kerap mengunjungi Sentul City. Dulunya memang Sentul dikenal dengan Bukit Sentul, namun terjadi perubahan nama menjadi Sentul City memiliki kawasan seluas sekitar 3000 hektar lebih.

Dengan kemudahan akses dari Jakarta, maka kawasan dengan suasana pegunungan sejuk ini telah berhasil menjadi tempat tujuan wisata favorit warga Jakarta dan sekitarnya yang ingin menikmati akhir pekan atau liburan singkat. Selain karena kemudahan akses dan transportasi, kepopuleran kawasan Sentul juga diakibatkan karena banyaknya pilihan tempat wisata di Sentul yang menarik untuk dikunjungi.

Baca juga : Tempat Wisata di Purwakarta yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Sentul yang Paling Diminati Pengunjung

Berikut ini adalah sejumlah tempat wisata di Sentul yang wajib Anda kunjungi, beberapa di antaranya adalah destinasi wisata di Sentul yang indah dan mempesona di kalangan penikmat perjalanan.

Tempat Wisata Air Terjun Bidadari Sentul

Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari merupakan sebuah air terjun yang indan dan berlokasi di Sentul Paradise Park. Air terjun memiliki ketinggian kurang lebih 40 meter ini berasal dari kumpulan mata air di hutan lindung Sentul. Sekarang ini bukan hanya air terjun saja yang ada di kawasan ini karena sudah dibangun water park tepat di bawah Air Terjun Bidadari.

Taman bermain air yang mempunyai luas lebih dari 6,000 meter ini juga mempunyai pasir putih yang didatangkan langsung dari kawasan Bangka sehingga Anda juga akan merasa seperti di pantai sepanjang 150 meter. Untuk anda yang ingin bermain air, di sekitar air terjun ini sudah dibuatkan kolam penampungan air. Kolam ini dibagi menjadi 2 bagian, yaitu kolam kecil dengan kedalaman 30 cm, dan kolam besar dengan kedalaman 1,5 meter.

Jika anda tertarik ingin mengunjungi air terjun ini anda akan dikenakan membayar tiket masuk seharga Rp30.000 rupiah.

Tempat Wisata Jungleland Adventure Theme Park

Jungleland Adventure

Jungleland Adventure Theme Park merupakan sebuah tempat wisata yang paling sering dikunjungi warga Sentul dan sekitarnya. Taman hiburan dengan lebih dari 40 jenis wahana permainan ini tidak pernah sepi dikunjungi oleh wisatawan setiap akhir pekan, oleh karena itu sebaiknya kamu datang dari pagi hari jika ingin menikmati berbagai jenis wahana dengan tenang.

Untuk dapat masuk ke taman hiburan yang beroperasi dari jam 10 pagi sampai jam 5 sore ini, kamu harus membayar tiket masuk seharga Rp220.000. Jika anda datang ke tempat wisata yang berada di Kawasan Sentul Nirwana ini saat berulang tahun, maka kamu berhak mendapatkan tiket masuk gratis dengan cara menunjukkan KTP atau SIM anda.

Tempat Wisata Pasar Ah Poong

Pasar Ah Poong

Pasar Ah Poong merupakan salah satu tempat tujuan wisata kuliner yang unik di kawasan Sentul. Karena keunikannya, Pasar Ah Poong berhasil mencuri hati para pecinta kuliner yang berasal dari wilayah Jakarta dan sekitarnya. Pasar Ah Poong menjadi sebuah pusat kuliner yang penjualan makanannya dilakukan di atas perahu yang mengapung di atas Sungai Cikeas.

Pasar Ah Poong buka setiap hari dari jam 10 pagi sampai dengan 10 malam pada hari kerja, dan dari jam 7 pagi sampai dengan jam 10 malam pada akhir pekan. Sistem pembayaran di Pasar Ah Poong adalah menggunakan sistem deposit sehingga Anda harus mengisi saldo terlebih dahulu dan kemudian mendapatkan kartu untuk bertransaksi di kawasan wisata ini.

Selain berwisata kuliner, Anda juga dapat menaiki perahu tradisonal untuk mengelilingi kawasan ini secara gratis dan juga bermain di kawasan bermain anak-anak. Apabila senang dengan tempat wisata ini, Anda juga dapat mencoba berkunjung ke Floating Market Lembang yang mirip dengan tempat wisata ini.

Tempat Wisata Taman Budaya Sentul City

Taman Budaya Sentul City

Taman Budaya Sentul City merupakan sebuah taman yang menarik tamana ini terletak di seberang Alam Fantasia, Selain itu, Taman Budaya Sentul City adalah tempat bermain sekaligus meeting point yang sangat disukai di daerah Sentul. Mempunyai pemandangan gunung yang indah, Taman Budaya Sentul City sangat cocok untuk sekedar duduk-duduk minum kopi.

Selain untuk bersantai-santai, Taman Budaya Sentul City juga sangat cocok untuk bermain karena terdapat wahana permainan yang sangat cocok untuk anak-anak dan dewasa. Permainan dan kegiatan yang ditawarkan di kawasan Taman Budaya Sentul City di antaranya ATV, flying fox, paintball, high rope, trekking, camping, bermain trampolin, melukis, sampai dengan berkuda.

Tempat Wisata Eco Art Park Sentul

Eco Art Park

Eco Art Park merupakan sebuah tempat wisata di Sentul yang bersebelahan dengan Ah Poong dan terbagi menjadi 3 bagian, yaitu Taman Patung (Sculpture Garden), Taman Bambu, dan Taman Ilmu Pengetahuan (Science Garden). Di Taman Patung, kamu akan menemukan berbagai jenis patung yang dibuat oleh banyak pematung dari berbagai penjuru dunia.

Patung yang paling terkenal di kawasan ini adalah patung robot Transformer. Tidak ada pengunjung yang tidak berfoto dengan patung ini. Untuk orang tua dengan anak kecil, perlu dicatat bahwa beberapa patung di sini dibuat menyerupai bentuk manusia tanpa pakaian.

Tempat Wisata Hutan Pinus Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Hutan Pinus Taman Wisata Alam

Hutan Pinus Gunung Pancar merupakan tempat yang pas untuk mereka yang mencari ketenangan di luar kesibukan sehari-hari. Anda dapat menikmati pemandangan yang hijau dan mencium bau pohon pinus yang menenangkan hati.

Hutan Pinus Gunung Pancar sangat dekat dengan Sentul City, hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit berkendara saja bila Anda berada di Sentul City.

Jika anda ingin dapat menikmati keindahan hutan pinus di Gunung Pancar, kamu harus membayar tiket masuk sebesar Rp10.000. Kegiatan wisata yang ditawarkan di hutan pinus ini di antaranya trekking, berkuda, bersepeda, dan camping untuk kamu yang ingin bermalam di lokasi wisata ini.

Tempat Wisata Alam Fantasia Sentul

Wisata Alam Fantasi

Alam Fantasia merupakan tempat wisata di Sentul City yang sangat cocok untuk keluarga yang mempunyai anak kecil. Alam Fantasia menawarkan berbagai jenis permainan anak-anak yang aman dan menyenangkan, tentunya dengan harga yang terjangkau juga.

Dengan hanya membayar tiket masuk seharga 10,000 Rupiah saja, Anda dan keluarga sudah dapat menikmati berbagai jenis permainan yang sangat menyenangkan bagi anak-anak, misalnya bom bom car, mobil rel, dan lain sebagainya. Selain itu udaranya juga sejuk sehingga anak Anda akan betah berada di tempat wisata ini.

Untuk dapat mencapai tempat wisata di Sentul ini, anda hanya perlu masuk ke jalur tol Jagorawi, kemudian keluar di pintu tol Sentul City dan mengikuti papan petunjuk yang mengarah ke Taman Budaya Sentul. Alam Fantasia berlokasi di seberang Taman Budaya Sentul sehingga lumayan mudah untuk ditemukan.

Tempat Wisata Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Pemandian Air Panas

Tempat Wisata Pemandian Air Panas Gunung Pancar ini berlokasi di tengah-tengah hutan pinus Gunung Pancar. Walau letaknya di tengah hutan pinus, Pemandian Air Panas ini cukup mudah ditemukan, karena banyak penunjuk jalan yang jelas.

Jika anda ingin masuk kawasan Pemandian Air Panas akan dikenakan tiket masuk seharga Rp. 2,000 tiap orang, ditambah biaya masuk kendaraan. Saat masuk di Pemandian Air Panas akan dikenakan tarif Rp.10,000 tiap orang. Pemandian Air Panas Gunung Pancar ini buka 24 jam, kapan saja Anda datang pemandian air panas ini akan tetap menyambut kedatangan Anda.

Tempat Wisata Science Garden Sentul

Wisata Science

Tempat Wisata Science Garden atau juga yang disebut taman pengetahuan yang ada di Sentul City berada di kawasan terbuka dan berfokus pada pembelajaran tentang energi dengan cara yang tidak membosankan dan menyenangkan karena anak-anak dapat bermain sambil belajar.

Pada wahana ini Anda akan belajar menaiki sepeda di atas seutas tali. Dengan menggunakan ilmu pengetahuan yaitu menggunakan sebuah beban yang menggantung di bawah sepeda, sepeda akan menjadi stabil dan dapat dengan mudah melewati tali tersebut. Tidak perlu takut jatuh karena terdapat jaring pengaman di bawah tali tersebut.

10. Tempat Wisata Bellanova Country Mall Sentul

Wisata Bellanova

Bellanova Country Mall adalah sebuah pusat perbelanjaan yang berlokasi di Sentul City, Bogor, Jawa Barat. Seperti halnya pusat perbelanjaan besar yang ada di Jakarta, Bellanova Country Mall juga menawarkan pengalaman berbelanja yang nyaman dan dilengkapi dengan berbagai jenis hiburan seperti bioskop.

11. Tempat Wisata Curug Leuwi Hejo Sentul

Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo merupakan sebuah air terjun kecil dengan kolam alami yang jernih dan sejuk dikelilingi bebatuan besar. Curug Leuwi Hejo adalah salah satu tempat wisata alam di Sentul dan sekitarnya yang paling murah. Cukup dengan membayar Rp10.000 per orang, anda sudah dapat menikmati keindahan alam Leuwi Hejo yang disebut-sebut mirip dengan Green Canyon.

Jika anda ingin menuju tempat wisata ini, sama dengan saat menuju Goa Agung Garunggang, anda bisa melewati Jungleland, lurus terus sampai bertemu pertigaan yang akan mengantarkan kamu ke Curug Leuwi Hejo bila kamu mengambil arah kiri, dan menuju Hutan Pinus Gunung Pancar bila kamu mengambil arah kanan. Dari pertigaan ini jaraknya masih kurang lebih 3 km lagi.

Tempat Wisata Goa Agung Garunggang Sentul

Goa Agung Garunggang

Tempat Wisata Goa Agung Garunggang merupakan sebuah tempat wisata yang tersembunyi karena terletak di antara perbukitan dan tidak ada rumah warga di sekitarnya. Untuk dapat mencapai lokasi, kamu mempunyai 2 pilihan, yaitu berjalan kaki dan hiking sejauh beberapa km sambil menikmati pemandangan pegunungan yang hijau dan indah, atau menggunakan kendaraan roda 2 seperti motor trail untuk kemudahan perjalanan anda.

Untuk patokan awal, kamu bisa menuju ke Jungeland dan kemudian melihat spanduk petunjuk di sekitar sana atau bertanya warga lokal. Perjalanan melalui Jungleland ini akan membawa kamu menuju sebuah pertigaan setelah Jungleland, di mana kalau kamu belok ke kanan kamu akan menuju Gunung Pancar.

Di pertigaan ini kamu harus mengambil belokan ke kiri. Jika anda ingin masuk ke goa vertikal ini, anda harus membayar Rp12.500 per orang dan bila anda ingin ditemani oleh guide, anda harus membayar lagi Rp12.500.

Tempat Wisata Kampung Koneng Sentul

Kampung Koneng

Kampung Koneng yang merupakan sebuah tempat untuk wisata kuliner. Serunya berada di sini adalah karena segala pemandangan alam bisa dilihat sambil menikmati sajian kuliner yang dipesan. Menu yang bisa dicoba di Kampung Koneng yang terutama adalah sate tulang dan bebek penyet.

Sate tulang ayam ini dimasak dan disajikan dengan bumbu kacang yang jelas akan memanjakan lidah setiap pengunjung di tempat kuliner ini. Bebek penyetnya yang melalui proses penggorengan sangat empuk ditemani dengan sambal dan bumbu sedap yang membuat lidah seakan ingin bergoyang.

Tempat Wisata Sentul fresh Education Farm

Frsh Education Farm

Tempat Wisata  Sentul fresh Education Farm memiliki beragam lokasi wisata edukasi yang sangat menguntungkan bagi orang tua dan anak-anak. Bawa anak anda datang ke wisata edukasi satu ini untuk dapat mengetahui dan belajar berbagai hal, seperti kegiatan dalam perikanan, pertanian, dan peternakan yang sudah diintegrasikan dengan lokasi yang dekat dengan Sentul City.

Jika dari exit tol Sentul City, maka pengunjung hanya akan memakan waktu 10 menit untuk dapat sampai ke lokasi tanpa macet dan sangat mudah menjangkaunya. Walau sebagian besar yang menikmati wisata ini adalah anak TK hingga SD (termasuk preschool dan PAUD), banyak juga pelajar SMP sampai mahasiswa dan juga orang-orang dewasa yang datang karena tertarik dengan Sentulfresh ini.

Tempat Wisata Kampung Agrowisata Sentul

Kampung Agrowisata Sentul

Jika anda ada yang tertarik datang dan berlibur di Sentul untuk mendapatkan segudang hiburan dan pengetahuan, boleh langsung menuju Kampung Agrowisata Sentul. Karena disini memiliki pemandangan yang indah dapat terlihat mengelilingi lokasi ini, seperti halnya pegununan dan bukit hijau serta sungai bening yang melalui area ini.

Bahkan dari tempat ini pun ada pemandangan bebatuan cadas yang memiliki sisi eksotis. Banyak hal akan didapat oleh anak-anak kita, termasuk dari jenis-jenis tanaman yang ada, cara menanam serta merawatnya sehingga tumbuh dengan baik. Untuk kepentingan umum, ada berbagai bentuk aktivitas seru yang bisa dipertimbangkan oleh para pengunjung, seperti pelatihan pembiakan tanaman, paintball (war game), camping dan outbond.

Baca ini : Tempat Wisata di Tasikmalaya yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai Tempat Wisata di Sentul yang Paling Diminati Pengunjung semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *