33 Tempat Wisata Di Semarang Terbaru Paling Hits Dan Populer

Tempat Wisata di Semarang – Inilah daftar tempat wisata baru di Semarang yang paling bagus dan terkenal dikalangan wisatawan. Sebagai ibu kota provinsi Jawa Tengah, Kota Lumpia ini menjadi salah satu incaran para wisatawan untuk menghabiskan liburan atau akhir pekan.

Semarang dan sekitarnya memiliki objek wisata yang menarik, baru, dan lengkap dari mulai wisata alam, kuliner, budaya, pantai, serta wahana permainan anak dan keluarga pun ada disini. Ditambah lagi dengan kelengkapan akomodasi seperti hotel, restoran, dan sarana transportasi yang cukup memadai, membuat Semarang menjadi salah satu tujuan destinasi wisata favorit di daerah Jawa Tengah.

Baca Juga : Tempat Wisata di Jogja yang Paling Hits Banget

Tempat Wisata Di Semarang Yang Paling Bagus

Baiklah agar tidak panjang lebar, langsung saja ke titik tujuan artikel ini kami buat, Artikel ini bertujuan Untuk memudahkan Anda menemukan tempat wisata di Semarang yang paling indah, Terbaru dan di rekomendasikan untuk Anda Jelajahi.

1. Old City 3D Trick Art Museum

Old City 3D Trick Art Museum

Ini dia tempat wisata baru di kawasan Kota Lama Semarang yang paling terkenal, namanya Old City 3D Trick Art Museum.

Lokasi dan alamat Museum Seni 3D ini berada di Jl. Letjen Suprapto No.26, Tj. Mas, Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah. Oh ya sekitar jaraknya 50 meter kalau dari ke arah Barat dari Gereja Blenduk.

Objek ini mirip dengan museum di Jakarta yang bernama Alive Museum Ancol. Jadi ada beberapa tema background foto yang ada disini yaitu kartun, ikon dunia, artis, dan petualangan.

Jika kebingungan mencari sudut pandang foto yang bagus, ada staf museum yang siap membantu Anda.

2. Setiya Aji Flower Farm

Setiya Aji Flower Farm

Bagi kamu yang sedang mencari tempat wisata romantis di Semarang yang instagramable, bisa mencoba berkunjung ke Setiya Aji Flower Farm. Kebun Bunga yang sedang hits ini berlokasi di Jalan Kendalisodo, Dusun Ngasem Lor, Desa Jetis, Kec. Bandungan, Kabupaten Semarang.

Untuk mendapatkan latar bunga yang bagus buat foto, sebaiknya Anda datang dipagi hari saat cuaca cerah. Cahaya matahari pagi akan semakin membuat keren foto Anda. Gunakan pula warna baju yang kontras dengan warna bunga agar hasil jepretan kamera Anda menjadi instagenic.

3. Puri Maerokoco

Puri Maerokoco

Nah inilah taman mininya Jawa Tengah, namanya Puri Maerokoco yang terletak di Jalan Yos Sudarso Semarang kurang lebih 5 Km dari Tugu Muda. Tempat wisata ini menyajikan Jawa Tengah dalam versi kecil (baca : mini).

Disini kamu dapat menikmati aneka rumah Adat atau anjungan dari 35 Kabupaten dan Kota Madya yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Di dalam rumah-rumah adat tersebut sudah dilengkapi dengan hasil-hasil industri serta kerajinan-kerajinan yang di produksi oleh masing-masing daerah.

Selain itu, Taman Wisata Puri Maerokoco juga dilengkapi dengan fasilitas rekreasi air seperti, sepeda air, perahu, juga kereta bagi pengunjung. Ada juga taman bunga, apotek hidup, taman kaktus serta burung-burung dan masih banyak lagi.

4. Bantir Hills

Bantir Hills

Nah kalau ini adalah tempat wisata alam yang memiliki spot foto yang bagus. Disini, kamu akan menemukan tempat hunting foto yang keren berlatar alam perbukitan dan pepohonan hijau.

Kawasan wisata ini akan dilengkapi fasilitas menarik,contohnya; rumah pohon, spot sunset, jembatan pohon gembok cinta, gardu pandang, gazebo dan camping ground. Lokasi dan alamat Bantir Hills terletak di Jalan Bantir, Desa Losari, Kec. Sumowono, Semarang, Jawa Tengah.

5. Wisata Lereng Kelir

Lereng Kelir

Nah satu lagi wisata baru di Semarang dengan pemandangan yang bagus buat spot foto, yaitu Wisata Lereng Kelir. Wisata ini terletak di Desa Brangkol Kecamatan Jambu, Ambarawa, Semarang, Lereng Kelir atau Gunung Kelir ini menyajikan panorama alam yang sangat eksotis.

Disini ada gardu pandang yang lagi happening digunakan untuk berfoto para traveler. Dari atas gardu ini Anda akan dapat menyaksikan keindahan alam nan hijau sejauh mata memandang. Mirip dengan suasana Tebing Keraton di Bandung.

6. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung

Ini dia tempat wisata religi di Semarang yang paling bagus dan terkenal yaitu Masjid Agung Jawa Tengah. Lokasi dan alamat Masjid Agung Jawa Tengah ada di Jalan Gajah Raya, Gayamsari.

Masjid Agung Jawa Tengah tampak begitu megah, serta dilengkapi dengan payung raksasa seperti di Masjid Nabawi, Madinah. Payung ini bisa membuka dan menutup secara otomatis, tergantung kebutuhan. Setelah beribadah, Anda bisa bersantai sejenak sambil mengagumi arsitektur masjid.

7. Wisata Eling Bening

Wisata Eling Bening

Nah inilah tempat wisata di Semarang yang lagi hits banget di kalangan wisatawan, namanya Wisata Eling Bening. Lokasi dan alamat objek wisata Eling Bening terletak di puncak perbukitan Jalan Lingkar Ambarawa (JLA), tepatnya Jalan. Sarjono, Bawen, Kec. Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Wisata Eling Bening punya pemandangan alam yang indah dan eksotis. Disini Anda akan dapat melihat hamparan rawa pening yang luas serta deretan pegunungan yang sungguh cantik menawan. Udaranya sangat sejuk jadi bikin betah

8. Hutan Pinus Kayon

Gutan Pinus Kayon

Hutan Pinus Kayon merupakan wisata di semarang yang terkenal. Hutan Pinus Kayon yang berada di Dusun Krangkeng, Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah ini pun tak kalah bagus bila dibandingkan dengan hutan pinus di kota lain.

Hutan pinus ini berada di sebelah utara Gunung Merbabu ini memang bagus untuk dijadikan tempat hunting foto. Kamu bisa mencari berbagai spot yang menarik dan mengambil angle yang fotogenik.

Disini, Anda juga bisa menikmati pemandangan yang menyejukkan mata dan udara yang menyegarkan.

9. Bukit VW

Bukit VW

Disebut Bukit VW karena tempat ini dipenuhi dengan puluhan mobil bekas tahun 70-an bergaya retro yang berjajar rapi diatas bukit. Daya tarik bukit ini adalah pemandangan yang keren dan bagus dengan latar aneka mobil bekas tersebut. Karena itulah banyak pengunjung yang mengambil foto atau sekedar menikmati keindahan di lokasi.

Untuk kamu yang suka fotografi, Bukit VW nampaknya menjadi tempat hunting foto di Semarang yang wajib dikunjungi. Tak jarang ada pengunjung yang memang ingin berfoto untuk foto prewedding. Saat bulan puasa tiba, Bukit VW biasanya menjadi tempat ngabuburit di Semarang bagi kawula muda.

10. Waduk Jatibarang & Gua Kreo

Waduk Jatibarang

Nah ada wisata di Semarang terbaru yang lagi hits yaitu Waduk Jatibarang & Gua Kreo. Lokasi dan alamat waduk ini ada di perbukitan Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati, Semarang.

Waduk Jatibarang dibuat mengelilingi Gua Kreo, sebuah petilasan Sunan Kalijaga dan goa alami yang lebih dahulu dikenal wisatawan. Karena dikelilingi waduk buatan, jadilah gua ini terlihat seperti pulau kecil.

Kamu juga bisa bermain dengan monyet-monyet di kawasan Waduk Jatibarang dan Gua Kreo ini. Oya, kalau bicara monyet, saya jadi ingat tempat wisata di Bali yang juga ada monyetnya, yaitu Sangeh dan Ubud Monkey Forest.

11. Museum Kereta Ambarawa

Museum Kereta Ambarawa

Tempat wisata di Semarang ini ada banyak kereta api uap kuno yang bisa kamu naiki. Berkunjung ke museum pun rasanya seperti datang ke mesin waktu yang membawa kembali ke masa lalu.

Untuk kamu yang ingin masuk, kamu akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 10.000 dan untuk anak Rp 5.000. Murah meriah bukan? Jam buka mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Alamat dan lokasi Museum Kereta Api terletak di Jalan Stasiun No 1, Ambarawa.

12. Benteng Pendem Ambarawa

Benteng Pendem Ambarawa

Nah tak terlalu jauh dari Museum Kereta Api Ambarawa, ada satu tempat menarik yang sayang bila dilewatkan begitu saja yaitu Benteng Pendem. Objek wisata ini sebenarnya bernama Fort Willem I. Jadi banyak warga yang bilang benteng ini adalah benteng terpendam.

Benteng Pendem ini memang terlihat tidak terawat. Banyak Lumut dan tumbuhan liar menyelimuti Benteng Pendem. Namun, hal itulah yang membuat Benteng Pendem tampak instagramable dan unik. Selain itu, tempat ini pun menjadi buruan para traveler yang hoby fotografi.

13. Pantai Marina

Pantai Marina

Bagi kamu yang suka dengan panti, kamu jangan sampai melewatkan wisata pantai di Semarang yang satu ini. Pantai Marina itu sebuah pantai kecil di sebelah utara kota Semarang. Berada di Jalan Yos Sudarso, Pantai Marina adalah tempat wisata di Semarang yang terkenal untuk kegiatan lari pagi atau jogging.

Pantai yang berada di sebuah perumahan ini mempunyai fasilitas kolam renang, speed boat, ski air, dan taman bermain anak-anak. Kalau kamu yang suka bersepeda, kamu bisa lakukan hal tersebut disini, karena sangat menyenangkan.

14. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti bisa menjadi wisata pilihan buat keluarga ataupun anak-anak. Baik dari anak-anak maupun orang dewasa pasti senang liburan ke Umbul Sidomukti. Lokasi wisata alam tersebut juga tak jauh dari pusat Kota Semarang, hanya sekitar 1 jam naik kendaraan bermotor.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sini. Mulai dari berenang di kolam dengan ketinggian 1.200 mdpl, camping, main flying fox atau sekadar duduk-duduk santai sambil minum kopi.

Umbul Sidomukti lokasinya memang berada di dataran tinggi, sehingga cuacanya lebih sejuk daripada di Semarang bawah.

15. Curug Lawe

Curug Lawe

Air Curug Lawe cukup bersih dan tentunya kondisi alam di sekitarnya sangat indah. Dinamakan dengan Curug Lawe karena memang air yang jatuh dari tebing curam itu terlihat bagai benang-benang putih.

Benang putih dalam bahasa jawa disebut “lawe”. Maka air terjun ini terkenal dengan sebutan Curug Lawe.

Nah disini ada juga yang mengkaitkan nama Curug Lawe ini dengan jumlah air terjun yang ada disini. Konon jumlahnya sekitar 25 buah yang dalam bahasa jawa disebut “Selawe”. Jadi, disebutlah air terjun ini dengan nama Curug Lawe.

16. Wisata Lembah Kalipancur

Lembah Kalipancur

Objek ini termasuk dalam kawasan desa wisata dan menjadi salah satu wisata hits dan populer di Semarang. Suasananya di sore hari sangat romantis dan cocok bagi kamu yang lagi kasmaran.

Cocok juga dijadikan wisata edukasi dengan atmosfer pedesaan. Selain itu di tempat ini juga terdapat berbagai fasilitas seperti kolam renang, kandang rusa, sepeda air dan masih banyak lagi.

17. Jembatan Harapan

Jembatan Harapan

Tempat wisata unggulan di Puri Maerokoco atau yang sering disebut Taman Mini Jawa Tengah Indah ini bisa dikunjungi setiap hari dari pagi hingga sore hari.

Atau kamu bisa juga menghabiskan akhir pekanmu di atas jembatan dengan 2 gazebo yang hits ini dengan saudara maupun rekanmu dengan menikmati berbagai menu hidangan unggulan yang harganya pas di kantong.

18. Waduk Pendidikan Diponegoro

Waduk Pendidikan Diponegoro

Nah, kalau ini letaknya nggak jauh dari Stadion Universitas Diponegoro. Waduk yang cukup populer di Semarang ini dilengkapi dengan gardu pandang.

Tempat ini bisa dijadikan salah satu tempat wisata dan menjadi tempat edukasi yang penting untuk penelitian.

19. Lawang Sewu

Lawang Sewu

Lawang Sewu adalah salah satu landmark populer di Semarang. Dinamakan Lawang Sewu karena bangunan ini dulunya adalah bekas kantor administrasi Nederlandsch–Indische Spoorweg, sebuah perusahaan kereta api swasta pada masa Hindia Belanda dan unik karena memiliki pintu yang sangat banyak. 

Selain fungsi vital Lawang Sewu sebagai sebuah kantor administrasi, terdapat beberapa ruangan yang memiliki fungsi khusus. Penjara bawah tanah dan ruang penyiksaan pernah menjadi saksi bisu kekejaman penjajah Belanda sebelum Indonesia mengikrarkan kemerdekaan.

20. Museum Kereta Ambarawa

Museum Kereta Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa merupakan salah satu destinasi wisata edukasi dan sejarah di Semarang.

Dulunya, stasiun ini merupakan tempat singgah dari kereta uap yang mengangkut para tentara Belanda ke Semarang. Sejak 8 April 1976, tempat ini beralih fungsi menjadi sebuah museum dengan koleksi awal 21 lokomotif.

21. Kota Lama

Kota Lama

Ada sebutan lain dari kawasan wisata kota lama yang menjadi sebuah julukan khas di dalamnya, yaitu Little Netherland. Sebutan itu didapat lantaran sekeliling kota lama Jawa Tengah terdapat bangunan khas Eropa.

Setelah negara Indonesia merdeka, kawasan elit Little Netherland berlahan mulai ramai ditinggalkan oleh penduduk Belanda.

Saat ini tersisa di bangunan mewah kota lama hanyalah bangunan bangunan mewah bersejarah, namun sayangnya bangunan tersebut tidak terawat dengan baik.

21. Taman Srigunting

Taman Srigunting

Taman Srigunting memang dulunya itu sebuah panggung parade yang biasa dijadikan sebagai tempat pertunjukan.

Namun sekarang beralih fungsi menjadi sebuah ruang terbuka. Kamu bisa duduk-duduk di sana sambil beristirahat setelah berkeliling Kota Lama.

21. Vihara Buddhagaya Watugong

Vihara Buddhagaya Watugong

Vihara Buddhagaya adalah salah satu tempat ibadah agama Buddha yang terletak di Pudakpayung, Banyumanik, Semarang Jawa Tengah.

Lokasi nya tepatnya berada di depan Markas Kodam IV/Diponegoro.

22. Tugu Muda

Tugu Muda merupakan tempat yang sangat cocok buat nongkrong bareng temen-temen ataupun keluarga. Kawasan ini juga menjadi salah satu ikon Kota Semarang yang bisa menjadi destinasi wisatamu.

Tugu Muda tepat berapa di depan Lawang Sewu, kamu bisa berfoto sepuasnya di sini. Tapi ingat, jangan sampai mengganggu lalu lintas.

23. Taman Tabanas

Taman Tabanas

Taman Tabanas adalah sebuah taman yang letaknya berada di Tanjakan Gombel Semarang. Dari Taman Tabanas ksmu bisa melihat landscape pemandangan kota Semarang menjadikan Taman Tabanas ini menjadi salah satu daya tarik untuk dikunjungi.

Disini terdapat Cafe, Resto dan Hotel, yang menambah indah dan menjadi satu daya tarik tersendiri Taman Tabanas Semarang. Taman Tabanas juga memiliki nama Gardu Pandang Gombel Semarang meski warga Semarang sendiri lebih mengnal taman ini dengan nama Taman Tabanas.

24. Kampung Pelangi

Kampung Pelangi

Dulunya tempat ini merupakan salah satu kampung kumuh yang tak tertata di Kota Semarang. Tempat ini beradadi Kelurahan Randusari ini dulu bernama Kampung Gunung Brintik, dengan rumah-rumah yang kurang lebih berjumlah 325.

Namun kini, kampung tersebut telah merubah segalanya. Mulai dari nama, rupa, dan juga pesonanya. Kampung Pelangi namanya, kampung unik nan asri yang kini dipenuhi dengan warna-warni.

25. Kampung Tematik

Kampung Tematik

Saat menjelajahi Kampung Jawi, pengunjung akan disuguhkan dengan iringan musik khas gamelan, tek-tek, karawitan, dan jathilan yang bersumber dari sanggar-sanggar yang berada di Kampung Jawi.

Selain itu, terdapat lukisan-lukisan mural bertemakan kebudayaan Jawa yang menghiasi dinding-dinding di sepanjang kampungan, yang tentunya Instagramable buat Sobat untuk berfoto ria.

26. Kampung Batik

Kampung Batik

Batik telah menjadi budaya yang sangat menarik untuk dipelajari lebih dalam karena keunikan pembuatan dan motifnya. Nah ini Berasal dari Indonesia, dan untuk keeksotisan batik telah diamini oleh warga dunia hingga tanggal 2 Oktober ditetapkan sebagai Hari Batik Internasional.

Di Semarang sendiri, terdapat Kampung Batik yang menjadi rumah bagi para pengrajin batik Semarangan dan telah menjadi salah satu kampung tematik kota Semarang sejak tahun 2016. Wisata ini berada di Rejomulyo, Bubakan, Kampung Batik tidak terlalu jauh dari Kota Lama sehingga bisa menjadi salah satu destinasi yang harus kamu kunjungi,

27. Contemporary Art Gallery

Contemporary Art Gallery

Tempat ini adalah sebuah bangunan tua yang pernah tak terawat di Kota Lama Semarang. Hingga kemudian pada tahun 2007, seorang kolektor seni bernama Chris Dharmawan melakukan pemugaran dan resmi memperkenalkannya dengan nama Contemporary Art Gallery atau Semarang Gallery.

28. Taman KB

Taman KB

Taman ini dibangun untuk menambah keasrian dan kesejukan sebagai paru-paru kota Semarang. Sesuai nama daerahnya Jl Menteri Supeno, taman ini dahulunya diberi nama Taman Menteri Supeno. Kamu bisa menjadikan taman ini sebagai salah satu alternatif untuk melepaskan penat dan rasa lelahmu.

29. Goa Kreo

Goa Kreo

Goa ini terbentuk oleh alam yang berada di tengah Waduk Jatibarang yang membendung Kali Kreo. Kamu bisa melihat patung kera dekat dengan jembatan, karena tempat ini dipercaya kera sebagi penunggunya. Jadi kamu juga jangan kaget ketika di perjalanan menemui kera-kera asli. 

Selain itu juga ada jembatan yang tentunya kamu bisa jadikan menjadi salah satu spot foto yang keren, di sini kamu juga bisa sekaligus menikmati air terjun, goa, panggung hiburan, rumah makan khas Semarang, dan beristirahat di Gazebo.

30. Brown Canyon

Brown canyon

Nah ada sebuah bukit yang terletak di Rowosari, Tembalang, bekas penambangan di Semarang menjadikan bukit-bukit yang menjulang tinggi dengan tumbuhan hijau di atasnya membuat tempat ini dijuluki Brown Canyon.

Jadi tidak sedikit pula pengunjung yang sengaja datang ke sini untuk berwisata, ditambah berbagai fotografer yang sengaja datang untuk mengambil foto keindahan alam buatan Semarang Brown Canyon ini.

31. Museum Rekor Indonesia

Museum Rekor Indonesia

Jangan lupa kamu untuk mampir wisata ke museum ini. Disini kamu bisa melihat Museum Rekor Indonesia di Jalan Perintis Kemerdekaan 275, Srondol.

Disini kamu bisa melihat berbagai koleksi dan dokumentasi yang pernah memecahkan rekor MURI di museum ini. Museum ini berdiri tahun 1990 dan sudah mencatat lebih dari 1.200 rekor.

32. Gunung Telomoyo

Gunung Telomoyo

Jika kamu ingin datang ke puncak Gunung Telomoyo, kamu bisa mencapai puncaknya menggunakan sepeda motor dan mobil hanya butuh waktu sekitar 30 menit dari pintu pos.

Tidak perlu takut, jalannya sudah beraspal dan mudah untuk dilalui. Di puncak terdapat stasiun pemancar, antena dan juga tower yang masih beroperasi hingga saat ini.

33. Pantai Tirang

Pantai Tirang

Pantai dengan pasir putih ini bisa kamu kunjungi hanya dengan Rp 2 ribu saja. Cukup murah bukan, untuk bisa menikmati pemandangan alam yang alami?

Untuk wisata ini buka setiap hari, Pantai Tirang ini terletak di Tambakrejo, Kec. Tugu. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menikmati suasana sunset yang indah di pantai ini.

Baca Juga : Tempat Wisata di Blora yang Paling Hits Banget

Demikian mengenai Tempat Wisata Di Semarang Terbaru Yang Bagus Dan Hits nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!