38 Tempat Wisata di Salatiga Terbaru Paling Hits Dan Populer

Tempat Wisata di Salatiga – Sudah menjadi rahasia umum bahwa Indonesia memiliki banyak sekali wisata yang bisa dikunjungi oleh semua orang. Selain itu juga, Salatiga terletak di kaki Gunung Merbabu sebelah utara serta dekat dengan Gunung Ungaran. Sehingga hawa kota ini terasa menyegarkan. Kota Salatiga memiliki pemandangan yang indah.

Jika cuaca sedang cerah kita bisa melihat Gunung Merbabu yang sangat gagah dari pusat kota Meski hanya memiliki 4 kecamatan, Salatiga punya beberapa tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kalau anda sedang liburan ke Salatiga dan mencari tempat wisata menarik disana.

Bagi Anda yang sedang merencanakan liburan sekolah atau juga natal maupun tahun baru atau hanya untuk meluangkan waktu bersama dengan keluarga, mengunjungi berbagai macam tempat wisata di Salatiga dan Ambarawa bisa menjadi salah satu tempat yang tepat bagi Anda.

Baca ini : Tempat Wisata di Madiun yang Wajib Dikunjungi

Nah setidaknya ada beberapa Tempat Wisata di Salatiga yang Paling Bagus jika anda akan liburan atau sedang liburan di Kota Salatiga. Berikut ini diantaranya:

Air Terjun Umbul Songo

Air Terjun Umbul Songo

Tempat Wisata alam Salatiga yang bisa Anda kunjungi yaitu Air Terjun Umbul Songo. Wisata kota Salatiga ini berada di Kopeng yang merupakan salah satu kawasan wisata di Salatiga. Air terjun yang memiliki ketinggian 15 meter ini siap memanjakan diri Anda. Mengunjungi wisata air terjun ini, Anda akan disambut dengan gemericik air dan udara yang sangat sejuk sehingga menjadikan wisata air terjun ini banyak diminati oleh wisatawan.

Objek Wisata air terjun ini tidak hanya menawarkan pemandangan air terjun yang indah saja, tetapi lingkungan sekitar yang cukup asri dan alami. Oh iya, Air terjun ini berada di sekitar 15 km dari kota Salatiga, 34 km dari kota Ungaran, 54 km dari kota Semarang.

Untuk menuju kesana dari kota Magelang ambil arah ke kanan lewat terminal bus induk magelang (terminal Canguk), terus ke utara. Sesampainya di pertigaan lampu merah ambil kanan. Setelah itu melewati jembatan sungai Elo. Jalan terus kurang hingga tiba di depan pintu gerbang lokasi wisata Kopeng.

Atlantic Dreamland

Atlantic Dreamland

Tempat wisata tersebut sangat cocok untuk anda kunjungi bersama anak-anak anda dikala liburan karena terdapat cukup banyak wahana permainan yang dapat dinikmati di area seluar kurang lebih 3,5 hektar tersebut. Terletak di jalan negara yang menghubungkan Kota Semarang-Surakarta, membuat akses ke tempat tersebut cukup mudah dijangkau.

Disini terdapat 19 wahana permainan yang dapat anda nikmati di Atlantic Dreamland Salatiga, yakni: kolam renang, water boom, water toys, bom-bom car, softplay, flying fox, circular track, mini coaster, carousel. dan lainnya. Mungkin anda sudah tidak sabar lagi ingin segera mencoba wahana disini? Langsung saja datang kesini ya oke.

Taman Wisata Kopeng

Taman Wisata Kopeng

Tempat ini adalah tempat wisata yang keren dan favorit di Salatiga. Kopeng juga salah satu jalur pendakian gunung Merbabu Kopeng sendiri merupakan sebuah desa di Kec. Getasan Kab. Semarang. Nah meskipun secara administratif masuk Kabupaten Semarang, namun Kopeng lebih dekat dengan Kota Salatiga. Jaraknya sekitar 14 km dari kota Salatiga.

Nah Selama kamu berada di Kopeng, kamu bisa mengunjungi wahana serta objek wisata alam. Jika mau menjelajah lebih jauh lagi kita juga akan menemukan beberapa air terjun di sekitar Kopeng.

Rawa Pening

Rawa Pening Salatiga

Rawa pening merupakan sebuah danau alami yang dikelilingi oleh pegunungan. Lokasi tempat ini berada di sebelah utara kompleks pegunungan di sekitar Salatatiga antara lain Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan Gunung Andong. Rawa Pening sangat terkenal dengan vegetasi enceng gondok yang menutupi sebagian besar permukaan danau.

Ada beberapa tempat yang dapat kita kunjungi untuk menikmati pemandangan dan suasana indah di Rawa Pening. Salah satunya adalah Desa Asinan, Kecamatan Bawen. Untuk menelusuri Rawa Pening sendiri kita bisa menyewa perahu tradisional maupun perahu motor.

Gunung Merbabu

Gunung Merbabu

Nah bagi anda yang hobi mendaki gunung, tidak ada salahnya jika coba menaklukkan gunung merbabu. Gunung Merbabu merupakan salah satu gunung terindah di Indonesia, pemandangan di atasnya sangat indah sekali, inilah alasan kenapa para pendaki selalu ingin mengulang pengalaman mendaki Merbabu.

Pastikan kamu menyiapkan fisik yang kuat, karena gunung dengan ketinggian lebih dari 3000 mdpl ini termasuk yang cukup sulit didaki. Ada beberapa jalur yang dapat digunakan menuju puncak Gunung indah ini.

Bukit Cinta

Bukit Cinta

Salatiga memang berada di lokasi yang sangat strategis yaitu berbatasan dengan kota Semarang menjadikan kota Salatiga memiliki tempat wisata yang sangat banyak.

Wisata ini tempatnya anak-anak muda hangout. Selain melihat objek wisata Rawa Pening yang jernih, kamu bisa sesekali mampir di Bukit Cinta Salatiga. Lokasinya yang indah ini selain menyimpan panorama yang asri juga menyimpan berbagai macam mitos seputar cinta.

Agrowisata Salib Putih

Salib Putih

Agro Wisata Salib Putih Salatiga ini biasa digunakan untuk rekoleksi/retreat, pelatihan, outbond, maupun berbagai acara seminar. Tempat ini terdapat perkebunan cengkeh, kopi, kapuk randu diintegrasikan dengan peternakan sapi perah.

Disini terdapat pula Pondok Remaja Salib Putih dan juga ada Camping Ground Salib Putih. Kawasan ini terkenal karena kesejukan, keasrian dan pemandangan yang indah.

Pemandian Air Alam Muncul

Alam Muncul

Pemandian Air Alam Muncul berlokasi di Desa RowoBoni, tepatnya di Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang. Pemandian Air Alam Muncul ini memiliki air kolam yang berasal langsung dari sebuah mata air yang terletak di bagian dasar kolam, wajar rasanya jika air di kolam tersebut sangat menyegarkan. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa menyaksikan ikan-ikan berukuran kecil yang sedang berenang bebas.

Kolam Renang Kalitaman

Kolam Renang Kalitaman

Kolam ini terletak di Kota Salatiga dan kolam renang ini mempunyai air yang jernih sehingga banyak warga berkunjung untuk berenang terutama. Kolam ini juga merupakan kolam renang tertua di Salatiga. Nah sebagai sebuah tempat wisata memang Kolam renang Kalitaman ini masih minim fasilitas.

Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti

Kolam renang yang berada di puncak bukit ini memberikan pengalaman menarik tersendiri untuk kita. Dan yang menarik lagi, kolam renang di Umbul Sido Mukti ini dibuat bertingkat sesuai dengan kedalamannya. Ada 4 buah tingkatan kolam renang yang ada disana.

Dengan airnya yang dingin dan alami serta pemandangan alam yang hijau, berenang di Umbul Sidomukti akan menjadi sebuah pengalaman yang tak terlupakan Cukup dengan tiket masuk seharga Rp. 8.000 dan Rp. 12.000 untuk menikmati keseruan flying fox.

Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta

Nah mungkin anda ingin liburan sambil naik kereta api tua? Anda bisa berkunjung ke museum kereta api ambarawa. Di sini Anda bisa menaiki kereta wisata yang mesinnya dijalankan dengan tenaga uap. Tetapi, Anda harus menyewa sekalian satu gerbong. Selain itu di dalam stasiun ini juga terdapat lokomotif uap zaman Belanda yang diparkir.

Benar sekali, bangunan museum ini merupakan bangunan peninggalan Belanda sehingga cocok bagi Anda pecinta wisata sejarah. Jika sedang beruntung, disini Anda bisa menyaksikan tarian tradisional yang dipentaskan oleh seniman sekitar.

Tlogo Plantation

Tlogo Plantation

Wisata ini adalah kompleks hotel di pegunungan yang sejuk dan subur. Tlogo Plantation Resort memiliki 22 Garden Cottage & 15 kamar Hotel standar, Kolam Renang, Convention Hall & ruang pertemuan, restoran, Bilyar, dan lainnya.

Sedangkan Garden Cottage nya terletak di antara taman perkebunan kopi & buah-buahan tropis seperti bintang buah, Durian, Rambutan, kayu manis, mangga, pala dll. Selain itu, Para tamu dapat melihat bagaimana menyadap karet susu, kopi dipanen pada bulan Juli-Agustus, saksikan banyak buah-buahan tropis seperti kayu manis, pala, Durian, Apple Jawa, mangga, bintang buah, Manggis dll.

Arrowhead Park

Arrowhead

Ketika berwisata kemari, akan disajikan pemandangan berupa alam pedesaan yang asri, hijau, rindang, dan bebas polusi, tidak seperti di kota besar yang sudah tercemar oleh asap dari kendaraan bermotor atau industri.

Bagi anda yang ingin merasakan berkuda, dapat datang ke lokasi wisata Arrowhead Park. Ada kuda yang dilatih khusus oleh para staf. Pokoknya kalau anda suka berkuda, tepat sekali memilih lokasi ini sebagai tempat tujuan wisata anda yang sangat menarik dan akan membuat anda ketagihan untuk berkunjung ke tempat wisata ini.

Sendang Senjoyo

Sedang Senjoyo

Nah selain juga memiliki pemandian dan berbagai macam objek wisata air yang patut untuk dikunjungi, Salatiga juga masih memiliki potensi alam yang sanggup memanjakan liburan Anda. Disini terdapat Mata air Senjoyo yang merupakan salah satu objek wisata yang ada di Salatiga yang menyajikan pemandangan airnya yang begitu jernih serta pemandangan yang cukup bagus.

Mata air ini merupakan salah satu tempat penampungan air hujan atau yang biasa disebut sebagai daerah reasapan porus yang menampung air hujan kemudian air ini akan di keluarkan di mat air tersebut.

Desa Wisata Tingkir Lor

Tingkir Lor

Lokasi tempat wisata selanjunya adalah Desa Wisata Tingkir Lor. Desa ini memiliki nilai sejarah karena inilah lokasi tempat tinggal dari Jaka Tingkir. Pemuda yang dahulu pernah menjadi Sultan Kasultanan Pajang. Peresmian desa ini dilakukan pada tahun 2014 dan masih dalam tahap pengembangan.

Beberapa kegiatan yang dapat kita lakukan di sini antara lain adalah belanja pakaian atau kemeja dengan harga relatif terjangkau, oleh-oleh khas dari Salatiga, atraksi kesenian daerah yang disebut dengan drumblek. Atraksi ini tergolong unik karena adanya kemiripan dengan drumband akan tetapi alat yang dipakai adalah blek atau kaleng bekas.

Cagar Budaya Prasasti Plumpungan

Cagar Budaya Prasasti

Prasasti ini adalah sebuah batu tulis dalamnya ditulis dengan menggunakan bahasa sansekerta. Nah Prasasti ini adalah salah satu bukti keberadaan Kota Salatiga di zaman itu. Prasasti ini akan dikembangkan menjadi lokasi wisata sejarah yang luasnya kurang lebih 2.765 meter persegi.

Wisata Budaya

Wisata Budaya

Beberapa event budaya yang ada di Salatiga antara lain adalah suran Ki Hajar Sampurno yang dilaksanakan tiap 1 suro, saparan, tirakatan hari jadi (23 Juli), kirab budaya hari jadi (24 Juli). Istilah pariwisata di tengah gelombang abad ke-21 masih cukup populer dan marketable. Terlebih persoalan pariwisata terkait dengan kebudayaan.

Belanja Kue Kering Sagu

Kue Kering Sagu

Memang tak lengkap rasanya apabila berkunjung ke suatu daerah tanpa membeli oleh-oleh yang khas dari daerah tersebut. Sentra dari oleh-oleh dan makanan ringan khas Salatiga berada di Saga. Lokasi toko yang menyediakan beraneka macam oleh-oleh dan makanan ringan ini ada di Jalan Fatmawati. Nama toko merupakan singkatan dari snack Salatiga.

Beberapa makanan atau snack yang ada di sini antara lain adalah abon, keripik paru, dan kecap dendeng. Saat dirumah mungkin sudah tidak tersedia cemilan apapun dan kini saatnya andapun tidak ada salahnya jika ingin mencoba membuat resep kue sagu susu yang satu ini. Silahkan anda buat dan simak proses pembuatannya dibawah ini yang begitu mudah.

Alun – Alun Pancasila

Alun Alun Pancasila

Alun Alun Kota Salatiga merupakan salah satu tempat wisata yang berada di desa kalicacing, kabupaten salatiga, provinsi jaw tengah, negara indonesia. Alun Alun Kota Salatiga adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan.

Sangat di sayangkan jika anda berada di kota salatiga tidak mengunjungi wisata taman kota yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut. Alun Alun Kota Salatiga sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya.

Keindahan Alun Alun Kota Salatiga ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat Alun Alun Kota Salatiga di kota salatiga.

Masjid Majid Raya Darul Amal

MAsjid raya Darul Amal

Majid Raya Darul Amal ini terhitung bangunan baru. Namun Masjid ini menjadi Masjid Agung untuk masyarakat Salatiga. Ukurannya Masjid yyang cukup besar dan letaknya di Alun – Alun kota Salatiga membuat Masjid ini sering didatangi masyarakat untuk melaksanakan ibadah ataupun mengikuti pengajian akbar disana. Masjid ini terletak satu komplek dengan kampus STAIN Salatiga. Pembangunan Masjid Raya Darul Amal dimulai pada tahun 2008.

Ditengah – tengah pembangunan Masjid ini sempat tersandung kasus. Diduga proyek pembangunan Masjid senilai 10 M ini di korupsi oleh pihak – pihak tertentu. Ini menjadi sejarah pertama pembangunan masjid yang bermasalah di Salatiga. Terlepas dari itu, Masjid yang seharusnya selesai dibangun Akhir 2009 itu akhirnya selesai dibangun tahun 2011. Dan kini, Masjid Darul Amal menjadi Masjid Raya yang sering diadakan kegiatan yang berhubungan dengan islam. Seperti pengajian akbar atau sejenisnya.

Wisata Kuliner Salatiga

Kuliner Salatiga

Jika anda sudah capek berwisata di salatiga, saatnya mengisi perut. Kulinernya banyak kita jumpai di Jalan Fatmawati dan juga jalan Jenderal Sudirman. Nah Mulai dari makanan ringan sampai berat dan khas dari kota ini wajib untuk dicicipi.

Kejutannya, warung yang buka mulai pukul dua siang tersebut memberi tambahan bahan berupa pacar cina/ sagu mutiara, irisan manisan tangkeh ( dari buah blingo ), dan irisan kulit jeruk! Memang terdengar aneh, tapi perpaduan kuah jahe yang sedikit pedas dengan rasa masam dari kulit jeruk memberikan sensasi yang luar biasa di dalam mulut.

Baca ini : Tempat Wisata di Lumajang yang Paling Bagus

Demikian mengenai Tempat Wisata di Salatiga yang Paling Bagus nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!