38 Tempat Wisata di Rembang Terbaru Paling Hits Dan Populer

Tempat Wisata di Rembang  Halo guys pada kesempatan kali ini admin akan membuat artikel mengenai Tempat Wisata di Rembang, mungkin pengunjung setia blog ini bertanya-tanya kenapa blog ini jarang update? dikarenakan admin sibuk di dunia offline.

Nah, Rembang ini selain digunakan sebagai jalur Pantura, juga terkenal akan tempat pengabdian R.A. Kartini dan penyebar islam Sunan Bonang. Bukan hanya itu saja, namun di daerah ini juga terdapat beberapa destinasi wisata yang mengagumkan.

Di Rembang Jawa Tengah Lagi Hits Wisata Alam seperti pantai dan air terjun, Wisata Anak seperti pemandian atau wahana permainan anak, Wisata Edukasi seperti bisnis bisnis lokal yang inspiratif, Wisata Sejarah seperti candi atau bendungan. Sekali lagi saya katakan bahwa memang kota Rembang Jawa Tengah kaya sekali akan Destinasi wisatanya yang indah dan alami.

Baca ini : Tempat Wisata di Temanggung yang Wajib Dikunjungi

Pulau Gede

Pulau Gede

Pulau gede adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah utara desa wates kecamatan kaliori kabubaten rembang, jawa tengah. Untuk sewa perahu nelayan pengunjung akan dikenakan tarif Rp 450.000,- sekaligus untuk akomodasi camping.

Tapi jika pengunjung hanya ingin menyebrang tanpa camping tarifnya hanya Rp 250.000,-. Keindahan alam Pulau Gede memang memukau. Hutan bakau dan bermacam-macam tanaman keras tumbuh liar dan asri di tengah indahnya lautan. Udara bersih dari polusi.

Jika cuaca sedang cerah, dari pulau ini tampak jelas Gunung Muria di sebelah barat dan Gunung Lasem di arah timur. Pulau ini banyak dikunjungi oleh orang yang ingin memancing, berkemah ataupun sekedar mencari uadara segar.

Pulau Karang Gosong

Pulau Karang Gosong

Pulau Karang Gosong Rembang merupakan salah satu destinasi wisata alam yang menarik dengan pesona alam yang sangat indah. Merupakan sebuah pulau yang terletak di perairan Laut Jawa di Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang Jawa Tengah. Pulau Karang Gosong ini hanya berjarak lebih kurang 4 km dari bibir pantai desa Bonang Lasem. Kenapa dinamakan Karang Gosong, ini karena karang yang ada di pulau ini mempunyai warna dan tekstur unik dan berbeda dari lainya.

Pulau Karang Gosong ini juga mempunyai panorama bawah laut yang menawan. Banyak Ikan-ikan karang dengan bentuk yang unik dan cantik berlalu lalang di dalam air yang mana sangat jelas terlihat dari permukaan, biasanya wisatawan senang bersantai diatas perahu sambil melihat ikan-ikan dibawah air laut. Ini bisa dilakukan karena pantai karang Gosong hanya berkedalaman kurang dari 2 m.

Wisatawan juga dapat menikmati dan melihat langsung bentuk-bentuk karang hidup yang ada di sekitar pusat karang di pulau ini. Dan bukan hanya sekadar melihat ikan hias dan karang hidup saja, tetapi kalian juga dapat seru-seruan mencari kerang dan rumput laut di sekitar Karang Gosong Lasem Rembang. Namun kalian tidak bisa bebas menangkap dan membawanya pulang semaunya, tentu ada batasan dan ketentuan yang harus dijalankan.

Pulau Marongan

Pulau Marongan

Pulau Marongan di Rembang Jawa Tengah terletak di sebelah utara Desa Dresi, Kecamatan Kaliori. Pulau tersebut diyakini menyimpan banyak cerita mistik.adalah sebuah pulau di perairan laut jawa di utara kabupaten rembang jawa tengah. Pulau dengan luas daratan hanya 6 ha itu tak berpenghuni, kecuali serangga dan burung.. Namun mempunyai keindahan yang memukau denganhutan bakau dan bermacam-macam tanaman keras tumbuh asri di tengah keindahan laut. 

Udara bersih dari polusi.Sebagian masyarakat berpendapat bahwa pulau yang tak berpenghuni tersebut merupakan tempat wingit yang menyimpan banyak cerita. terdapat sebuah makam kuno. Makam tersebut berupa tumpukan batu gunung. Tempatnya persis berada di bawah pohon gondorase. Sayangnya, di makam tersebut tak ditemukan tulisan atau petunjuk lain yang dapat mengungkap asal usul makam tersebut.

Dilihat dari Pantai di Kota Rembang pantai kartini, Pulau Marongan terlihat seperti cincin berbatu giok yang dihiasimutiara Sebab, di tengah pulau ada warna hijau daun dan di sekelilingnya ada putih gemerlap pasir laut.

Pantai Dampo Awang

Pantai Dampo

Wisata Pantai Dampo Awang di Lasem Rembang Jawa Tengah atau Taman Kartini adalah sebuah taman yang berada di pinggir pantai utara rembang. Karena lokasinya yang dipinggir pantai dan strategis, maka tempat ini diubah menjadi wahana wisata keluarga yang indah,menarik, dan menyenangkan.Selain taman yang indah dan asri, di Dampo Awang Beach anda juga bisa menikmati pemandangan pantai yang menawan.

Selain itu anda juga bisa jalan-jalan ke beberapa pulau kecil di utara pantai ini dengan naik perahu. Anda yang suka berenang, di Taman Kartini juga disediakan kolam renang yang dapat anda pakai berenang bersama keluarga. Jika ingin bersantai-santai saja menikmati pemandangan, di taman sudah disediakan tempat duduk dibawah pohon rindang.

Buat anak-anak juga disediakan wahana tempat bermain yang menyenangkan dan aman. Seperti mandi bola, dan Fasilitas Outbond yang lengkap.Yang suka binatang di tempat wisata ini juga terdapat berbagai macam burung langka dan binatang lain seperti buaya, kura-kura raksasa, ular, dan Ikan langka.

Pantai Karang Jahe

Pantai Karang Jahe

Pantai Karang Jahe di Punjulharjo Rembang Jawa Tengah merupakan Salah satu pantai yang menarik di Rembang yang keberadaannya belum banyak diketahui oleh banyak orang adalah Pantai Karang Jahe. Wisata Pantai Karang Jahe di Punjulharjo Rembang Jawa Tengah memiliki hamparan pasir putih dan ribuan pohon cemara. Jika menggunakan kendaraan pribadi roda dua cukup membayar parkir Rp. 2.000,-.

Selain itu karena memiliki pasir putih, pengunjung dapat bermain pasir sekedar iseng membuat tulisan di pasir atau membuat gunungan pasir. Wisata Pantai Karang Jahe di Punjulharjo Rembang Jawa Tengahini memiliki pemandangan alam laut yang sangat unik yaitu berupa pantai berpasir putih yang luas serta deretan pohon cemara yang berjejer di sepanjang pantai.

Pantai Caruban Lasem

Pantai Caruban

Pantai Caruban sendiri sebenarnya memiliki nama resmi antai Gedng Berseri, namun masyarakat luas sudah terlanjur mengenal pantai ini dengan nama Pantai Caruban. Di pantai ini pemandangan alamnya sangat indah dan mempesona. Karena dipantai ini terhampar pasir putih dan juga dikelilingi tanaman pohon cemara yang indah.

Para pengunjung yang berdatangan tersebut kebanyakan menggunakan sepeda motor dan juga mobil pribadi. Untuk rombongan besar dengan mengunakan bis masih sangat jarang.

Pantai Jatisari Lasem

Pantai Jatisari

Selain memiliki keindahan berupa pasir putih juga terdapat pemandangan berupa bebatuan yang menambah nuansa alami di pantai ini. Di sepanjang jalur Pantura ini memang terkenal dengan berbagai spot-spot indah dan alami, utamanya adalah cukup banyaknya pantai yang indah, dan sangat pas sekali dipakai untuk beristirahat sejenak di tengah perjalanan di jalur ini.

Ada satu spot indah yang sering terlewat oleh penikmat keindahan di sepanjang pantura ini.bagian pantai berpasir sepanjang tidak lebih dari 100 meter. Ada pula bagian yang berbatu dengan banyak cekungan yang berisi air dan kadang-kadang ikan kecil-kecil yang terjebak di bebatuan tersebut jika air laut sedang surut.

Pantai Binangun

Pantai Binangun

Pantai Binangun Indah (PBI) terletak di Desa Bonang-Binangun kira-kira 18 km ke arah timur dari kota Rembang. Keindahan pantai ini dengan panorama hamparan laut luas dapat dilihat baik dari jalan raya maupun dari atas bukit Pantai yang berada tepat di pinggir jalur Pantura ini menyuguhkan pemandangan yang eksotis dengan panaroma hamparan laut yang luas dan perahu-perahunya yang bisa dilihat langsung dari jalan raya maupun dari atas bukit petilasan Sunan Bonang atau dari atas bukit Jejeruk (lokasi makam Sultan Mahmud dari Minangkabau).

Sungguh pemandangan yang menyegarkan mata. Pantai Binangun terletak di sisi barat daratan yang bernama Tanjung Bendo. Karena itulah yang membuat ombak di pantai ini menjadi lebih tenang. Tak heran jika banyak nelayan yang menjadikan tempat ini sebagai area parkir perahu terutama jenis mini purseine, guna menghindari hantaman langsung ombak Laut Jawa.

Pada hari libur di pagi hari Pantai Binangun cukup ramai, tepatnya di depan Hotel Binangun Indah. Tempat ini merupakan area rencana perbaikan pantai yang menjadi bagian dari proyek wisata Bonang Binangun Sluke (BBS) yang digagas oleh Pemkab Rembang.

Religi Petilisan Sunan Bonang

Petilasan Sunan Bonang

Wisata ini lebih tepatnya berada di Desa Bonang Kecamatan Lasem Rembang Jawa Tengah.Bukti sejarah singgahnya Sunan Bonang di Rembang, adanya sejumlah peninggalan dan juga petilasan yang masih bisa dilihat karena tetap dijaga kelestariaannya. Salah satunya Masjid Sunan Bonang.

Konon menurut riwayat cerita dari masyarakat sekitar, tidak tahu persis kapan berdirinya masjid ini.petilasan di sebuah bukit di pantai utara Jawa,antara Rembang dan Lasem, tempat yang dikenal sebagai mBonang, dan dari sanalah memang ternisbahkan nama sang sunan.

Namun atraksi utama justru di atas bukit, tempat terdapatnya batu yang digunakan sebagai alas untuk shalat – di batu itu terdapat jejak kaki Sunan Bonang, konon kesaktiannya membuat batu itu melesak.

Waterpark Kartini

Waterpark Kartini

Waterpark Kartini adalah sebuah taman yang berada di pinggir pantai utara rembang. Karena lokasinya yang dipinggir pantai dan strategis, maka tempat ini diubah menjadi wahana wisata keluarga yang indah,menarik, dan menyenangkan. Selain taman yang indah dan asri, di Dampo Awang Beach anda juga bisa menikmati pemandangan pantai yang menawan.

Selain itu anda juga bisa jalan-jalan ke beberapa pulau kecil di utara pantai ini dengan naik perahu.Anda yang suka berenang, di Taman Kartini juga disediakan kolam renang yang dapat anda pakai berenang bersama keluarga. Jika ingin bersantai-santai saja menikmati pemandangan, di taman sudah disediakan tempat duduk dibawah pohon rindang.

Buat anak-anak juga disediakan wahana tempat bermain yang menyenangkan dan aman. Seperti mandi bola, dan Fasilitas Outbond yang lengkap. Wisata Waterpark kartini di Rembang Jawa Tengah ini sangat cocok bila di datangi bersama keluarga, teman ataupun saudara anda.

Perkemahan Karangsari Park

Wisata Perkemahan Karangsari

Selain terkenal dengan pantainya yang indah, di wilayah Kabupaten Rembang juga terdapat obyek wisata berupa bumi perkemahan atau Buper, tepatnya adalah Bumi Perkemahan Karangsari Park. Wisata ini berada di desa Karangsari kec. Sulang kab. Rembang yang dikelola oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kab. Rembang.

Taman Sumber Semen

Sumber Semen Rendang

Sumber Semen adalah salah satu objek wisata yang berada di kabupaten Rembang. Lokasi objek wisata ini terletak di desa Gading, kecamatan Sale, Kabupaten Rembang. Cukup jauh dari pusat kota yaitu kurang lebih 52 Km. Sumber Semen merupakan salah satu kawasan hutan lindung di Rembang, oleh sebab itu Sumber Semen memiliki banyak pepohonan yang rindang dan bebas dari penebangan.

Selain itu, disana masih dapat ditemukan beberapa binatang misalnya lutung, ayam hutan, kutilang dan merak. Daya tarik yang tak kalah menarik adalah adanya sumber mata air yaitu Sumber Semen dan Sumber Sewu yang terbentuk berupa muara sungai bawah tanah yang keluar pada suatu tempat penampungan rendah, dan ditampung di dalam kolam sebagai tempat pemandian.

Fasilitas yang ditawarkan di tempat ini antara lain kolam renang, kolam bermain anak, musholla serta fasilitas pendukung lainnya.

Taman Mangrove

Taman Mangrove

Taman Mangrove di Pasar Banggi Rembang Jawa Tengah memiliki luas hutan mangrove kurang lebih 22 hektar dengan panjang 2.900 meter. Jenis tanah di hutan mangrove ini berupa Gromsol berpasir dan lumpur, Selain itu di hutan mangrove ini tertanam 6 jenis pohon mangrove, yaitu: Rhizophora Spp, Rhizophora apiculat,Avicenia marina, Avicenia alba,Soneratia alba, Xilocartus.

Hutan mangrove ini rekomensdasi buat yang ingin wisata bahari dengan suasana yang berbeda. Untuk Orang Rembang harus bahkan wajib untuk berkunjung ke hutan mangrove di Pasarbanggi ini.

Sejarah Lasem

Lasem Rembang

Lasem adalah sebuah kec. di Rembang dan mendapat julukan Tiongkok Kecil. Lasem dipercaya sebagai tempat mendarat pertama etnis Tionghoa di Indonesia. Meski etnis Tionghoa kini sudah bisa dijumpai di hampir semua daerah Indonesia, Lasem tetap menjadi tempat yang spesial.

Waduk Panohan

Waduk Panohan

Waduk panohan ini sedianya dibangun untuk memenuhi kebutuhan air irigasi untuk daerah persawahan di sekitar kecamatan Gunem dan Panohan serta untuk memenuhi kebutuhan air minum penduduk di sekitar daerah tersebut. Panorama waduk panohan memiliki keindahan alam yang sangat eksotis jika kita berada di lokasi dengan menyapukan pandangan kita tampak tebing dari waduk Panohan dibuat berundak dengan arsitektur seperti piramida. .

Tebing yang terdiri dari perbukitan dibuat berundak dan pengunjung dapat naik ke setiap undakan dengan mudah karena adanya bantuan untuk naik. Di atas undakan tebing itu, para pengunjung dapat menikmati pemandangan waduk dari atas dengan seksama, dan dilingkupi oleh tebing-tebing yang lain.

Selain itu, terdapat pula anjungan berpagar dengan urugan tanah yang agak menjorok ke dalam, yang biasa digunakan pengunjung untuk melihat dinding utama waduk yang menghadap ke sungai pengairan. dengan adanya waduk panohan ini tampak parit-parit terairi air menuju ke persawahan petani masyarakat panohan hingga desa-desa sekitar panohan.

Watu Congol Lasem

Watu Congol

Wisata Watu Congol di Lasem Rembang Jawa Tengah berada di puncak Pegunungan Desa Selopuro, Kecamatan Lasem, Rembang, Jawa Tengah. Watu Congol berarti batu keluar, bentuk watu congol tampak menyembul dari balik bukit dan berada di bibir jurang.Karena tingkat kemiringan jalan sangat curam, harus berhati hati dan ternyata betul betul menguras tenaga selama hampir setengah jam berjalan kaki, rasa lelahpun terbayar oleh keindahan alam yang masih alamI.

Dari atas perbukitan, bisa melihat hamparan sawah nan hijau, pesisir pantai utara Jawa dan kota Rembang.Jika ingin berfoto, ada dua titik yang paling digemari area lahan di sisi barat lebih luas, sedangkan di kawasan Watu Congol, agak sempit tentu musti waspada, karena batu berada di pinggir jurang.

Setelah asyik menjelajah alam, tak ada salahnya untuk mencicipi legitnya durian khas pegunungan Lasem durian dengan buliran buah yang cukup tebal, kemudian rasanya juga manis.Buah durian ini banyak dijajakan oleh warga setempat di pinggir jalan, menuju Watu Congol.

Alun Alun Kota

Alun-Alun Kota Rembang

Alun – Alun Rembang letaknya berada pada pusat kota Rembang dengan ciri identik bersebelahan dengan Masjid AgungRembang dan dekat dengan Pendopo Kabupaten (sebagai pusat pemerintahan).Wisata Alun Alun Kota Rembang Jawa Tengah juga berada di jalur utama pantura sehingga bagi orang yang melalui jalur pantura menuju Semarang – Surabaya maka alun-alun ini dapat dilihat dengan mudah.

Kondisi eksisting alun-alun saat ini dikelilingi oleh bangunan-bangunan yang berfungsi baik, yaitu: Pada sisi barat terdapat masjid Agung Rembang, Minimarket Ritail, dan Komplek pertokoan Pada sisi timur terdapat sekolah dasar dan rumah-rumah penduduk.Pada sisi selatan alun-alun terdapat Ruko, sekolah dasar dan rumah penduduk Pada sisi utara berbatasan langsung dengan Jalan Pantura.

Minggu paginya alun-alun Rembang ini juga tak kalah meriahnya banyak sekali mulai dari anak-anak sampai orang tua ber olah raga, ada juga yang ikut senam gratis, ada yang sekedar jalan cepat, ada yang berlari dan ada juga yang bersepatu roda.

Religi Makam RA Kartini

Makam RA. Kartini

Sudah jelas semua orang yang ada di Indonesia, terutama bagi kaum wanita indonesia, pastinya sudah tahu siapa itu RA Kartini dan apa jasanya untuk para wanita Indonesia.

Nah makam RA Kartini kini dijadikan sebagai tempat wisata sejarah oleh Pemkab Rembang. Nah untuk lokasinya berjarak sekitar 17,5 Km ke arah selatan dari pusat kota Rembang. Dan biasanya Makam RA Kartini akan ramai dikunjungi pada tanggal 21 April yang merupakan hari kelahirannya.

Puncak Argopuro Lasem

Puncak Argopuro Lasem

Meskipun ketinggiannya masih jauh lebih rendah dari Gunung lainnya di ulau jawa namun Puncak Argopuro ini selalu menjadi pilihan bagi pecinta alam di sekitar Kabupaten Pati, Rembang, Blora dan sekitarnya terutama pada malam tahun baru dan liburan sekolah.

Meskipun terbilang pendek, ternyata jalur pendakian Puncak Argopur ini cukup melelahkan. Untuk mendakinya anda dapat memulai dari jalur yang dimulai dari Ds.Ngroto Kec.Pancur Kabupaten Rembang.

Museum Kamar Pengabadian R.A.Kartini

Kamar Pengabdi RA. Kartini

Nah ketika kamu berada dii museum ini kamu dapat melihat tulisan yang merupakan goresan asli dari tangan Kartini. Museum ini dibuka untuk umum pada hari Selasa s/d Minggu dengan jam operasional mulai 08.00 sampai jam 17.00.

Baca ini : Tempat Wisata di Tegal yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai Tempat Wisata di Rembang yang Wajib Dikunjungi nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!