41 Tempat Wisata di Purwakarta Terbaru Paling Hits Dan Populer

Tempat Wisata di Purwakarta – Mungkin sobat Aneka Wisata Seru sedang ingin liburan ke berbagai wilayah di Indonesia tetapi bingung mau milih kota yang ingin sebagai tujuan wisata anda, jangan khawatir, tempat wisata di Purwakarta banyak yang menarik loh, banyak wisata alamnya.

Sebelum kita membahas mengenai tempat wisata di Purwakarta yang paling populer, mending kita bahas dulu apa itu kota Purwakarta,  Purwakarta juga dikenal dengan budaya Sundanya yang kuat Untuk urusan tempat wisata, Purwakarta tak boleh dipandang sebelah mata. Kabupaten ini punya banyak potensi wisata daerah yang cukup menarik.

Baca ini : Tempat Wisata di Tasikmalaya yang Wajib Dikunjungi

Nah, tempat wisata di daerah Purwakarta juga tak kalah istimewa dengan wisata lainnya. Tempat-tempat yang dapat menjadi tujuan liburan anda bersama keluarga. Dan tentunya akan menjadi momen istimewa bagi kamu sekeluarga. Berikut tempat-tempat wisata istimewa di Purwakarta yang cocok banget buat jadi tujuan wisata.

Curug Cipurut

Curug Cipurut

Tempat wisata yang pertama yaitu Cipurut, merupakan nama sebuah curug  yang berada di Kabupaten Purwakarta. Curug ini cukup terkenal di Purwakarta. Curug cipurut sendiri tidak terlalu besar.

Fasilitas yang dimiliki curug ini sudah cukup lengkap termasuk warung makan, shelter, trail kayu untuk memudahkan para pengunjung serta area camping ground.

Untuk biaya ticket masuk anda bakal dikenai biaya ticket masuk sekitaran Rp 3000 per orang. sedangkan biay aparkir kendaraan roda dua sebesar Rp 1000 serta kendaraan roda empat Rp 2000.

Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur

Tempat wisata kedua yaitu Waduk Jatiluhur merupakan objek wisata bendungan yang ada di Provinsi Jawa Barat. Objek wisata bendungan ini terletak di Kecamatan Jatiluhur dan secara administratif masuk ke dalam wilayah Kabupaten Purwakarta. Banyak fasilitas wisata yang ada di sekitar danau seperti bar dan restaurant, lapangan tenis, bilyard, perkemahan, kolam renang dengan water slide, ruang pertemuan hingga hotel sebagai sarana penginapan.

Di waduk ini memang banyak sekali terdapat beragam jenis ikan yang bisa ditangkap dan salah satunya adalah ikan keramba jarring apung yang juga dibudidayakan di kawasan ini. Anda dapat memancing di siang hari ataupun di malam hari. Biasanya saat malam hari suasana di waduk ini semakin ramai karena para pengunjung setelah memancing dapat menikmati hasil tangkapannya seperti ikan bakar yang lezat.

Situ Wanayasa

Alam Situ Wanayasa

Situ Wanayasa merupakan sebuah danau yang indah. Dari waduk ini kamu bisa menikmati pemandangan Gunung Burangrang yang terlihat indah. Pemandangan sekitarnya sangat indah, anda bisa menikmati aneka permainan di sini.

Anda bisa menikmati keliling danau dengan menaiki kapal bebek kayuh atau mungkin memancing ikan bahkan warga sekitar biasa menggunakannya untuk jogging. . Danau ini memiliki sebuah pulau di tengahnya.

Waduk Cirata

Waduk Cirata

Waduk yang mempunyai luas kurang lebih 43 ribu hektar ini sebenarnya terletak di tiga kabupaten, yaitu kabupaten Bandung, kabupaten Purwakarta dan kabupaten Cianjur. Waduk ni menawarkan pemandangan yang alami dan asri serta udara yang sejuk dan segar yang jauh dari perkotaan.

Bagi anda yang sehari-hari berkecimpung di daerah perkotaan, suasana waduk cirata cocok untuk refreshing anda. Di tempat ini anda bisa memancing di waduk, yang terkenal banyak ikan-ikan besar. Di sekeliling waduk juga banyak wisata kuliner yang menyajikan menu seperti ikan bakar, nasi liwet dan juga sate maranggi. 

Taman Air Mancur Sri Baduga

Air Mancur Sri Baduga

Ini dia Taman Sri Baduga Purwakarta memiliki taman air mancur di dalamnya yang tidak kalah mengagumkan dengan tempat wisata lainnya di Indonesia. Air Mancur Sri Baduga merupakan taman air mancur yang terbesar di Asia Tenggara dan memiliki pertunjukan air mancur yang mengagumkan.

Air mancur setinggi 6 meter dapat menyembur dengan indahnya ke angkasa dipenuhi dengan warna-warni lighting yang menghiasinya. Berbagai warna pelagi menghiasi keindahan air mancur sri baduga tersebut dengan drama-drama maupun pertunjukan teater lainnya di tengah taman air mancur.

Kawasan wisata yang dibuka pada hari tertentu ini menyajikan pertunjukan air mancur hanya pada hari jumat dan sabtu malam setiap akhir pekan. Ada 2 sesi pertunjukan air mancur juga di setiap hari pertunjukannya. Maka tidak heran kawasan ini akan menjadi ramai dan padat pada hari-hari tersebut.

Alam Sumber Air Panas Ciracas

Air Panas Ciracas

Sumber Air Panas Ciracas berjarak kurang lebih hanya 8 km dari Situ Wanayasa. Sumber Air Panas Ciracas berlokasi di kaki bukit, dikelilingi oleh pepohonan dan hamparan sawah. Di sekitar lokasi, Anda bisa melihat hamparan perkebunan teh yang terlihat hijau di kiri kanan jalan sejak simpang empat Legokhuni menuju Desa Ciracas.

Di tempat ini terdapat 12 titik sumber mata air panas, beberapa diantaranya berada diantara pematang sawah milik masyarakat. Mandi di sumber air panas tersebut dipercaya dapat mengobati penyakit kulit, rematik, pegal-pegal, dan sebagainya.

Giri Tirta Kahuripan

Giri Tirta Kahuripan

Di tempat ini terdapat berbagai fasilitas seperti villa, arena outbond, ATV, kolam angsa, taman anggrek, taman burung, lapangan futsal, camping ground hingga meeting room. Selain berbagai wahana permainan di alam yang tersedia, yang paling disukai oleh pengunjung adalah skypool yang terkesan berbatasan dengan langit dalam bidikan foto.

Penataannya yang seolah berada di ujung daratan dengan view perbukitan sejuk merupakan panorama yang indah. Resort Giri Tirta Kahuripan berada di Desa Taringgul Tonggoh, Kec. Wanayasa, Purwakarta. Resort ini pula yang menjadi salah satu andalan wisata di Purwakarta.

Para pelancong, khususnya dari Jakarta, kerap menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata. Tiket masuk kolam renang dengan view indah ini hanya Rp. 50.000.

Desa Sajuta Batu

Desa Sajuta

Desa Sajuta Batu merupakan wisata alam di Purwakarta yang cukup unik. Tempat ini terletak di desa Pasanggrahan, kecamatan Tegalwaru. Kegiatan yang bisa dilakukan oleh pengunjung diantaranya jelajah desa dengan alam perbukitan dan sawah yang hijau, memancing, panjat tebing di gunung Parang serta olah raga offroad dan bumi perkemahan yang menarik.

Dengan suasana khas pedesaan Purwakarta, terdapat berbagai objek wisata yang tersedia di Desa Wisata Sejuta Batu ini, diantaranya wisata rekreasi dan jelajah desa dengan suguhan keindahan alam yang masih asli, trekking dan lain-lain.

Kampung Andir

Kampung Andir

Sebagian besar masyarakat Jawa Barat merupakan suku sunda. Demikian juga dengan Purwakarta. Di Purwakarta ada sebuah perkampungan sunda yang bisa kita kunjungi jika ingin mengenal lebih jauh adat sunda. Perkampungan tersebut dikenal nama Kampung Andir.

Nah warga sekitarnya lebih mengenali perkampungan ini sebagai Kampung Baru. Akses menuju jalan ini masih berupa tanah liat, bukan aspal. Deretan rumah adat sunda akan menyambut kedatangan kita di Kampung Andir.

Gunung Parang

Gunung Parang

Gunung ini terdiri dari tiga puncak yang masing-masing memiliki perbedaan ketinggian. Medan vertikalnya seolah menantang para pemanjat (baik dari dalam maupun luar negeri) untuk turut merasakan rock climbing di Gunung Parang.

Jika anda saat tiba di Puncak Gunung Parang, Sahabat Purwakarta akan disuguhi dengan pemandangan Waduk Jatiluhur, hamparan pegunungan, lampu-lampu kota, juga sawah-sawah yang luas menghijau.

Gunung Lembu

Gunung Lembu

Gunung Lembu terletak di Kampung Panunggal, Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani, Purwakarta, Jawa Barat. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 780 Mdpl ini dapat dicapai dengan beberapa alternatif. Panorama alam yang sangat indah, menjadikan Gunung Lembu ini sangat istimewa dan wajib untuk dikunjungi.

Tidak hanya itu, karena jika malam hari tiba, kalian juga bisa melihat lampu – lampu karamba yang menyala di atas waduk seperti layaknya citylight. Ketika pagi hari kamu bisa menikmati sunrise dengan background pemandangan Waduk Jatiluhur dan juga Gunung Parang.

Gunung Bongkok

Gunung Bangkok

Gunung Bangkok ini lebih tinggi dibandingkan Gunung Cupu. Memiliki ketingginya sekitar 975 mdpl dan juga dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan untuk mencapai ke puncak.

Meski tidak terlalu tinggi, namun track menuju puncak gunung ini cukup melelahkan. Sehingga kita tidak bisa mengabaikan persiapan fisik Puncak gunung ini juga merupakan sebuah batu.

Gunung Cupu

Gunung Cupu

Untuk yang suka mendaki gunung anda bisa mencoba salah satunya adalah Gunung Cupu yang berada di daerah Plered. Walau tingginya hanya sekitar 300 mdpl, Gunung Cupu yang didominasi oleh batu memiliki pemandangan alam yang indah. Tidak ada salahnya untuk mencoba mendaki gunung mungil ini.

Sentra Keramik Plered

Sentra Keramik

Kota mungil yang juga sebagai kota tertua di Kabupaten Purwakarta ini mempunyai histori panjang yg tak lepas dari kerajinan keramik. Bahkan konon kerajinan berbahan dasar tanah liat ini, menurut warga setempat telah ada sejak era neolitikum. Walau keabsahan sejarah ini tetap bisa diperdebatkan, sebab tidak sedikit versi sejarah awal mula kerajinan keramik di daerah ini. 

Sentra industri mungil ini terletak di Desa Anjun, Citeko, & Desa Pamoyanan. Disini ada bermacam macam wujud kerajinan keramik, mulai sejak dari perabotan rumah tangga sampai mainan anak-anak dapat jadi suvenir yg menarik. Jikalau berkunjung segera, tidak hanya dapat menonton serta-merta pengerjaan keramik, anda serta dapat mendapati harga lebih murah. Ada yg dipasarkan mulai sejak dari Rupiah 5.000,- hingga ratusan ribu rupiah.

Baca ini : Tempat Wisata di Wonosobo yang Wajib Dikunjungi

Demikain mengenai Artikel Tempat Wisata di Purwakarta Paling Populer Dikunjungi semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua yang ingin beribur ke Pantai Menganti, Jika anda menyukai artikel ini anda bisa membagikannya ke Media Social.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!