33 Tempat Wisata di Purbalingga Terbaru yang Paling Hits Dikunjungi

Tempat Wisata di Purbalingga Purbalingga merupakan salah satu wilayah kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan dengan Kabupaten Pemalang pada sisi sebelah utara. Sementara pada sisi sebelah timur dan selatan berbatasan dengan Kabupaten Banjarnegara, sedangkan pada sisi sebelah barat dan selatan berbatasan dengan Kabupaten Banyumas.

Deretan tempat wisata di Purbalingga memeng tidak setenar dengan objek wisata di daerah lain, namun beberapa diantaranya bisa kamu pertimbangkan saat liburan tiba. Mengunjungi destinasi wisata di Purbalingga bisa menjadi sarana yang cukup efektif untuk refreshing sekedar melepas kepenatan di akhir pekan.

Dengan banyaknya pilihan objek wisata di wilayah ini, kamu bisa mengunjungi beberapa di antaranya yang cukup populer. Karena jumlah tempat wisatanya yang cukup banyak, tidak ada salahnya jika Anda menjadikan kabupaten ini sebagai salah satu alternatif tujuan wisata Anda di musim liburan.

Baca Juga : Tempat Wisata di Purwokerto yang Paling Bagus Dikunjungi

Tempat Wisata di Purbalingga Paling Menarik Dikunjungi

Bagi kamu yang tinggal di Kabupaten Purbalingga dan sekitarnya ataupun kamu yang tengah merencanakan aktivitas liburan ke Kabupaten Purbalingga, berikut merupakan beberapa tempat wisata di Purbalingga yang bisa Anda coba untuk kunjungi:

1. Owabong Waterpark

Owabong Waterpark

Owabong merupakan objek wisata hits dengan berbagai macam permainan menyenangkan, kamu bisa berikunjung ke sini sekitar jam 06.00 WIB – 18.00 WIB setiap harinya dengan tiket masuk yang cukup terjangkau, yaitu Rp 20.000 pada hari Senin – Jum’at dan Rp 25.000 di hari Minggu atau hari libur lainnya.

Dengan biaya tersebut kamu bebas menikmati berbagai wahana permainan air yang seru dan menyenangkan.

Seperti waterboom, kolam renang olympic, lazy river, dan ember tumpah. Untuk permainan seperti flying fox, theater 4 dimensi, anjungan wisata dirgantara, jet coaster, terapi ikan, gokart dan permainan lainnya dikenakan biaya tersendiri dengan nominal yang bervariasi.

Fasilitas yang tersedia di Owabong cukup lengkap, mulai dari mushola, food court, kamar ganti dan kamar bilas, toilet, area parkir, tribune dan juga cottage bagi kamu yang ingin menginap.

2. Puncak Sendaren

Puncak Sendaren

Nah meskipun puncak Senderan bukan wisata baru di Purbalingga, namun jembatan selfie di sana selalu hits di instagram. Jembatan puncak Senderan cocok buat kamu yang ingin hunting foto keren dengan latar panorama cantik. Meskipun tempat ini indah dijadikan untuk berswafoto, namun tidak mudah mencapai lokasi.

Butuh kehati-hatian menuju lokasi dengan medan yang cukup menantang. Tapi, kamu tidak perlu khawatir. Adrenalin yang cukup terpacu pun akan terbayar bila berada di puncak. Suasana malam dangan taburan bintang pun tak kalah menariknya dengan daerah lain.

Kamu juga bisa menghasilkan foto lihgt panting yang cantik nan ciamik dengan kreasi lampu tambahan. Apalagi sinar rembulan purnama, foto instagenik pun akan tercipta di sini.

3. Puncak Sibarat

Puncak Sibarat

Puncak Sibarat mungkin tidak setenar dengan desa wisata Serang atau wisata goa Lawa di Purbalingga. Namun Puncak Sibarat menyimpan panorama alam yang begitu cantik. Puncak sibarat mulai ramai dikunjungi saat foto-foto kekinian mulai tersebar hits di Instagram.

Terdapat gardu pandang yang menjadi daya tarik utama, lalu ada rumah terbalik dan menara setinggi 7m. View hutan pinus dan gunung sumbing pun tidak luput dari penglihatan di sekitar puncak, lalu hunting foto sunrise akan semakin asik bila kamu ada di sini.

Bila kamu suka dengan suasana malam di area terbuka, kamu bisa mencoba berkemah dengan memanfaatkan area camping ground yang disediakan.

4. Puncak Batur Purbalingga

Puncak Batur

Nah berkunjung ke puncak batur memang tidaklah mudah, kita harus berjalan untuk mendaki bukit ini. Selama pendakian kamu akan mendapati 3 pos utama yang dijadikan tempat istrahat. Butuh sekitar 2 ½ jam untuk mencapai puncak.

Namun, rasa lelahmu akan berkurang bila tiba di puncak. Udara sejuk dengan hembusan angin turut menemani rasa lelahmu, juga hamparan hijau dengan awan putih di sekelilingnya seolah menyatu dengan alam. Kamu pun seolah tertarik memainkan kamera untuk menghasilkan foto dengan pemandangan cantik.

5. Rumah Kampung Kurcaci

Kampung Kurcaci

Kamu tidak perlu jauh-jauh ke New Zealand untuk menikmati liburan seperti Hobbit, di Purbalingga ada Rumah Kurcaci yang cukup hits di kalangan anak muda. Cukup dengan tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja kamu bisa dengan leluasa berselfie ria dengan backgorund rumah mini yang unik.

Tempat wisata di Purbalingga ini banyak dikunjungi wisatawan karena merasa penasaran dengan bentuk rumah kurcaci yang ada di serang. Rumah Kurcaci bisa jadi destinasi wisata yang menarik dengan hawa sejuknya, tidak heran bila belakangan ini banya spot foto unik Kampung Kurcaci yang dipamerkan di Instagram.

7. Desa Wisata Gunung Wuled

Gunung Wuled

Desa Gunungwuled adalah desa tersembunyi dan tidak terlalu terekspos di media. Bahkan kalah populer dengan Desa Serang dan desa Panusupan.

Desa Wisata Gunung Wuled terletak di Dusun Bawahan, Desa Tanyatan Gunung Wuled, Kec. Rembang, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. Desa ini menawarkan berbagai macam spot wisata alam sangat menarik seperti air terjun dan hutan pinus.

Salah satu spot wisata paling terkenal di desa ini adalah Taman Sudirman. Taman ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai lokasi untuk aktivitas outbond dan camping.

8. Puncak Telkom Pratin

Tempat wisata dengan pemandangan bukit hijau dari ketinggian, bisa kamu dapati di Puncak Telkom Pratin. Ditambah, suasana sejuk cenderung dingin membuat gardu pandang ini bisa kamu jadikan sebagai tempat untuk rehat sejenak melepas penat.

Nah, bila kamu ingin nongkrong di sore hari, coba datang kesini. Di sini kamu bisa menyambut matahari yang tersembunyi di barat, menikmati udara segar, lalu menghayati deru angin yang mulunturkan luka hatimu.

Paling tidak kamu bisa menghasilkan foto instagenik dengan panorama landcsape yang cantik. Suasana berbeda pun bisa kamu dapati saat berkunjung di malam hari, cocok bagi kamu yang ingin mencari suasan romantis.

9. Bukit Mertelu Purbalingga

Bukit Mertelu

Bukit Mertelu merupakan desinasi baru di Purbalingga yang dibuka sekitar pertengahan tahun 2017. Pemandangan cantik dengan spot unik ala ayunan langit mendadak ramai diperbincangkan wisatawan hingga kini. Beberapa foto instagramable pun mulai tersebar hits di social media, tidak heran bila banyak dari wisatawan yang hunting foto di sekitar lokasi.

Bukit Mertelu merupakan adapsi dari beberapa spot selfie cantik di kota lain, seperti Bandung dan Jogja. Dengan gaya wisata kekinian, di bukit ini juga terdapat gardu pandang dengan landscape daerah purbalingga dari dataran tinggi.

Selain spot selfie dan gardu pandang, kamu juga akan mendapati bukit jomblo berbentuk sarang burung mirip dengan destinasi yang ada di Tulungagung, juga ada gazebo unik yang banyak dijadikan tempat nongkrong. Jalan-jalan ke bukit Mertelu serasa berkunjung ke daerah lain, jada kamu tidak perlu keluar kota untuk mendapatkan spot foto cantik yang instagramable.

10. Jembatan Cinta Pring Wulung

Wisata Pring Wulung termasuk objek wisata yang sedang hits di kalangan anak muda, spotnya sangat keren dan instagramable. Salah satu spot unik di kawasan wisata ini adalah Jembatan Cinta Pring Wulung.

Dengan pemandangan alam yang cantik, banyak wisatawan yang mengunjungi tempat ini untuk berburu foto dengan nuansa romantis sebagai backgroundnya.

11. Purbasari Pancuran Mas

Tempat wisata hits ini mengusung konsep edukasi dengan berbagai permainan yang menyenangkan, tidak heran jika di akhir pekan banyak dikunjungi wisatawan. Permainan seru dan suasana alam yang sejuk, menjadi daya tarik utama tempat ini.

Beberapa objek andalan lokasi ini seperti kolam renang dan waterboom, taman bermain, wisata praon menggunakan perahu, kolam terapi ikan dan juga theater 3 dimensi. Bukan hanya sebagai tempat rekreasi yang menyenangkan, objek wisata ini juga menyajikan wahana pendidikan yang mengedukasi sesuai dengan konsep yang diusung.

Wahana tersebut berupa dunia air dengan tiga akuarium unik yang terisi dengan berbagai macam jenis ikan. Yaitu Akuarium eksotik, Akuarium Nusantara dan Planet Akuarium Toyoshuka.

12. Agrowisata Lembah Asri

Lembah Asri

Agrowisata lembah Asri memiliki kebun buah strawberry sebagai objek wisata unggulan. Tempat ini sangat rekomended untuk dikunjungi saat liburan.

Selain suasana alam yang segar, di lokasi agrowisata ini kamu bisa memetik strawberry langsung dari pohonnya. Selain petik strawberry, juga terdapat area ATV, berkuda, permainan outbound, paint ball, trecking dan kids farm.

13. Goa Lawa Purbalingga

Goalawa Purbalingga merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Purbalingga yang sangat rekomended untuk dikunjungi. Tempat wisata ini menawarkan daya tarik utama berupa goa bawah tanah yang luar biasa eksotis, wahana wisata dan taman terbuka hijau.

Khusus untuk areal goa bawah tanahnya sendiri bisa dibilang sudah sangat ramah wisatawan. Kenapa? Karena tidak seperti kebanyakan objek wisata goa di daerah – daerah lainnya yang belum dilengkapi dengan lampu penerangan dan akses jalan yang bagus, goa ini telah dilengkapi dengan lampu penerangan dan akses jalannya pun juga sudah sangat bagus.

Untuk taman terbuka hijaunya sendiri sampai artikel ini ditulis masih dalam tahap pengembangan dimana pihak pengelola saat ini tengah menyediakan berbagai macam spot wisata seperti themepark, wisata air, dll.

14. Alun-Alun Purbalingga

Alun-Alun Purbalingga

Alun – Alun Purbalingga merupakan salah satu tempat nongkrong di Purbalingga yang nyaris tidak pernah sepi pengunjung. Sama seperti alun – alun di daerah – daerah lainnya, Alun – Alun Purbalingga juga terletak di pusat daerah, yaitu di Jl. Jendral Sudirman, Purbalingga Lor, Kec. Purbalingga, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah.

Di sini Anda bisa duduk – duduk santai di sore hari sembari membeli aneka jajanan dari pedagang kaki lima. Sebagai fasilitas umum, alun – alun ini bisa dikunjungi kapan saja selama 24 jam non stop. Walaupun begitu waktu terbaik untuk berkunjung ke alun – alun ini adalah di pagi dan sore hari, yaitu saat matahari tidak terlalu terik.

15. Desa Wisata Serang

Desa Wisata Serang

Tempat wisata di Purbalingga yang berikutnya adalah Desa Wisata Serang. Desa Wisata Serang terletak di Daerah Karangreja, Gerdu, Serang, Purbalingga, Jawa Tengah. Letak desa wisata ini tidak terlalu jauh dari lokasi objek wisata Goa Lawa yang telah kita bahas sebelumnya.

Di desa ini Anda bisa berkunjung ke beberapa spot wisata seperti wisata petik buah stroberi, taman kurcaci, rest area yang sejuk, air terjun, dll. Berstatus sebagai desa wisata, Desa Serang telah dilengkapi dengan fasilitas wisata yang sangat memadai.

16. Curug Sumba

Curug Sumba

Curug Sumba merupakan salah satu tempat wisata baru di Purbalingga yang belum banyak diketahui oleh wisatawan. Curug ini menawarkan daya tarik utama berupa kawasan air terjun yang dialiri dengan air berwarna biru kehijauan (hijau tosca) yang sangat bersih dan jernih.

Mirip seperti kebanyakan air terjun di daerah – daerah lainnya, di bagian bawah air terjun ini ada kubangan / kedung yang bisa dimanfaatkan untuk sekedar berendam, berenang, dan bermain air. Kalaupun Anda tidak bisa berenang, Anda bisa bermain di areal taman atau bersantai di area saung yang memang sengaja disediakan oleh pihak pengelola untuk para wisatawan yang datang.

Sampai artikel ini ditulis, Curug Sumba masih dalam proses pembangunan. Walaupun begitu, curug yang berlokasi di Daerah Kemojing, Desa Tlahab, Kec. Karangreja, Kab. Purbalingga ini sudah bisa dikunjungi setiap hari dari mulai pukul 7 pagi sampai dengan pukul setengah 5 sore. Untuk masuk, pengujung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 3 ribu rupiah per orang dan uang parkir kendaraan sebesar 2 ribu rupiah per kendaraan.

17. Sanggaluri Park Purbalingga

Sanggaluri

Tempat wisata di Kab. Purbalingga yang selanjutnya adalah Sanggaluri Park. Sanggaluri Park merupakan salah satu tempat wisata yang sangat rekomended untuk dikunjungi di Purbalingga. Tempat wisata ini menawarkan daya tarik utama berupa museum reptil, museum uang, dan wahana permainan anak.

Di sini pengunjung bisa mendapatkan berbagai macam ilmu pengetahuan yang terkait dengan flora, fauna, dan juga sejarah. Selain itu ada juga wahana atraksi beberapa hewan seperti berang – berang yang tidak kalah menarik untuk disambangi. Lokasi Sanggaluri Park Purbalingga ada di Jl. Raya Taman Reptile, Dusun II, Kutasari, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah.

Baca Juga : Tempat Wisata di Banjarnegara yang Paling Bagus Dan Keren

18. Pemandian Situ Tirta Marta Desa Wisata Karangcegak

Pemandian Situ Tirta Marta Desa

Tempat wisata di Purbalingga yang selanjutnya adalah Pemandian Situ Tirta Marta Karangcegak. Pemandian Situ Tirta Marta merupakan pemandian alami yang terletak di daerah pedesaan. Pemandian ini mengandalkan aliran air yang berasal dari mata air secara langsung. Karenanya jangan heran jika air di pemandian ini benar – benar sangat bersih dan jernih.

Di sini Anda bisa mandi, berenang, dan berendam sepuasnya. Jika mau Anda juga bisa mengambil foto underwater mengingat kondisi air di pemandian ini yang luar biasa jernih. Untuk mendukung aktivitas wisata di sini, pengelola tempat ini telah menyediakan beranekaragam fasilitas wisata yang lengkap, seperti kamar mandi, kamar ganti, warung makan, dll. Lokasi Pemandian Situ Tirta Marta ada di Dusun I, Desa Karangcegak, Kec. Kutasari, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah.

19. Jembatan Pelangi Rembang

Jembatan Pelangi

Satu lagi spot foto di Purbalingga yang tidak kalah menarik untuk disambangi, yaitu Jembatan Pelangi Rembang. Jembatan ini dinamai jembatan pelangi karena catnya yang dibuat berwarna – warni mirip pelangi.

Sayangnya, karena minimnya perawatan, saat ini kondisi jembatan ini sudah tidak sebagus dan secantik dulu. Walaupun begitu, secara keseluruhan, objek wisata yang terletak di Dusun Sumingkir, Desa Bantar Barang, Kec. Rembang, Purbalingga.

20. Bukit Cilik – Igir Wringin

Bukit Cilik – Igir Wringin

Bukit ini merupakan salah satu spot wisata yang sangat rekomended untuk Anda yang sedang melakukan persiapan untuk aktivitas hiking. Walaupun tidak terlalu tinggi, namun aktivitas hiking di bukit ini terasa cukup melelahkan dan tentunya juga mengasyikkan.

Sesampainya di puncak bukit Anda bisa berfoto di berbagai spot foto menarik yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Bukit ini bisa dikunjungi kapan saja. Walaupun begitu, waktu terbaik untuk berkunjung ke bukit ini adalah saat musim panas atau saat matahari sedang terik mengingat saat hujan akses jalan yang harus ditempuh biasanya akan menjadi sangat sulit.

21. Curug Nini

Curug Nini

Curug Nini merupakan curug berukuran kecil yang terletak di Desa Cipaku, Mrebet, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. Curug ini menawarkan daya tarik utama berupa aliran air yang segar dan jernih.

Di bagian bawah aliran curug ini ada kedung yang bisa dimanfaatkan untuk sekedar berendam dan berenang. Jika Anda sedang mencari tempat yang pas untuk bersantai sembari melepas penat di akhir pekan, curug ini bisa Anda jadikan sebagai alternatif yang pas.

22. Bukit Njelir

Bukit Njelir

Bagi Anda yang hobi hiking dan camping, di Purbalingga ada objek wisata bernama Bukit Njelir yang sangat menarik untuk didaki. Bukit ini terletak di Dusun II Desa Siwarak, Kec. Karangreja, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. Secara keseluruhan medan hiking yang perlu dilalui untuk bisa sampai ke bukit ini tergolong cukup menantang.

Biasanya pendaki membutuhkan waktu selama kurang lebih 2,5 – 4 jam waktu pendakian sebelum sampai ke titik puncak bukit. Dari atas puncak bukit ini, Gunung Slamet akan terlihat dengan jelas. Nah, masyarakat sekitar bukit ini juga sangat ramah lho! Jadi walaupun masih minim fasilitas, Anda tidak perlu ragu untuk datang ke bukit yang satu ini.

23. Curug Duwur

Curug Duwur

Curug ini kabarnya merupakan salah satu curug terbersih dan terindah yang ada di Kab. Purbalingga. Walaupun tidak terlalu tinggi, curug ini memiliki aliran air yang luar biasa jernih.

Selain itu, kubangan / kedung di bagian bawahnya juga tergolong cukup lebar, sehingga bisa dimanfaatkan untuk lokasi berenang. Tidak jauh dari lokasi curug ini ada lapangan terbuka hijau yang cukup luas. Lapangan tersebut bisa dimanfaatkan sebagai lokasi untuk aktivitas outbond.

24. Taman Cinta TALAGENING Bobotsari

Taman Cinta Talagening

Taman Cinta Talagening Bobotsari terletak di Dusun III, Talagening, Bobotsari, Purbalingga. Taman ini menawarkan berbagai macam spot foto yang mayoritasnya bertema cinta.

Saat pertama kali diresmikan, taman ini benar – benar terlihat luar biasa bagus. Namun belakangan ini kondisinya mulai agak memprihatinkan. But, secara keseluruhan taman ini tetap rekomended untuk dikunjungi.

25. Museum Uang Purbalingga

Museum Purbalingga

Tempat wisata di Purbalingga yang satu ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama dengan anak dan keluarga. Di sini Anda bisa melihat berbagai macam koleksi uang, baik itu uang Indonesia maupun uang negara lain.

Museum Uang Purbalingga terletak di Jl. Raya Kutasari – Tobo, Dusun II, Kutasari, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. Tempat ini bisa dikunjungi setiap hari dari mulai Pukul 8 pagi sampai dengan pukul 5 sore.

26. Watu Geong

Watu Geong

Selain bukit kelir, anda juga bisa mendaki watu Geong yang hanya memiliki ketinggian sekitar 580 Mdpl. Bukit yang tidak terlalu tinggi ini juga menawarkan pemandangan alam nan indah dan mempesona.

Dari puncaknya, anda akan disuguhkan pemandangan kawasan Rembang dan sekitarnya. Wisatawan yang datang akan disuguhkan panorama sunset yang sangat mempesona. Direkomendasikan untuk datang ke watu geong ini pada saat sedang kemarau.

27. Curug Tuntung Laut

Curug Tuntung

Nah masih berupa air terjun, ada curug tuntung laut yang masuk dalam rekomendasi kami untuk anda kunjungi selanjutnya. Air terjun ini memang belum populer, karena lokasinya yang terpencil sehingga belum banyak wisatawan yang mengenali air terjun ini.

Suasana alam di sekitar air terjun tuntung laut ini masih sangat asri dan juga sepi dari pengunjung maka sangat cocok buat menenangkan diri.

28. Tirto Asri Walik

Tirto Asri Walik

Tempat wisata di Purbalingga berikutnya adalah berupa kolam renang yang cocok untuk kamu yang mau basah-basahan. Kolam renang tertua di Purbalingga ini memang kalah pamor dari Owabong water park. Kolam renang ini hanya ditujukan untuk tempat liburan anak saja.

Selain ada kolam renang, ada juga wahana lain untuk menghibur anak-anak disini mulai dari patung-patung binatang, burung hantu, dan juga berbagai macam fasilitas lain sebagai pendukung.

29. Pojok Kayangan

Pojok Khayangan

Kayangan atau dalam bahasa perwayangannya juga dikenal dengan sebutan nirwana ini ada lho di Purbalingga. Sesuai dengan namanya, pojok kayangan juga menawarkan pemandangan indah yang menawan. Lokasi pojok kayangan ini ada di Desa Tamasya Panusupan.

Pojok kayangan ini menawarkan spot instagremmable untuk anda. Anda akan diajak untuk mengabadikan momen dengan latar pohon-pohon dan barisan gunung. Terdapat warung untuk jajan juga gazebo serta WC. Jadi tidak butuh persiapan berlebih sekiranya mau ke sini. Untuk karcis masuknya Rp. 3.000/orang dan parkir Rp. 2.000/motor.

30. Usman Janatin City Park

Usman janatin

Nah nama usman janatin mungkin jarang terdengar di telinga kita. Usman Janatin merupakan salah satu pahlawan Nasional kita yang dihukum gantung di Singapura pada 17 Oktober 1968.

Usman Janatin ini mendapatkan tugas khusus dari Soekarno untuk meledakkan gedung Mac Donald House di Singapura, yang saat itu menjadi komponen kawasan Malaysia. Atas jasa dan pengorbanannya Usman Janatin mendapatkan gelar pahlawan dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

31. Serang Highland

Serang Highland

Alamat: Krajan, Serang, Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53357

32. Bendungan Slinga

Bendungan Slinga

Alamat: Jl. Bend., Dusun III, Slinga, Kaligondang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53362

33. River Tubing Klawing

Alamat: Desa Onje, keamatan Mrebet, kab.Purbalingga

Baca Juga : Tempat Wisata di Cilacap Paling Bagus Dan Dikunjungi

Nah Itulah sedikit informasi mengenai tempat wisata di Purbalingga yang hits dan menarik dikunjungi. Akhir kata, selamat berlibur di Purbalingga dan semoga perjalanan wisata Anda di kabupaten ini terasa menyenangkan dan mengasyikan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!