31 Tempat Wisata di Ponorogo Terbaru Paling Hits Dan Populer

Tempat Wisata di Ponorogo – Ponorogo merupakan salah satu kabupaten yang terletak di sebelah barat dari Propinsi Jawa Timur. Nah pasti kalian sudah tau deh dengan kota ponorogo? yap, ponorogo dikenal sebagai kota reyog. Reyog memang sudah terkenal mendunia dan menjadi ikon wisata di ponorogo. Kota yang mendapat julukan Tanah Wengker ini.

Selain mempunyai daya tarik wisata budaya juga menyimpan pesona wisata yang lain lho, banyak sekali wisata alam yang indah ada di ponorogo. Mungkin kamu baru tau yah, terutama bagi warga luar daerah ponorogo. Tenang saja kami akan merekomendasikan beberapa wisata yang menarik berada di Ponorogo.

Baca Juga : Tempat Wisata di Makassar yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Ponorogo yang Wajib Dikunjungi

Berikut Daftar Tempat Wisata di Ponorogo yang wajib harus anda kunjungi jika anda sedang berkunjung ke Ponorogo.

1. Gunung Gajah Ponorogo

Gunung Gajah

Gunung Gajah merupakan sebuah gunung yang terletak di Kecamatan Sambit dengan ketinggian sekitar 1000 mdpl. Puncaknya tak terlalu sulit dicapai, bisa melalui jalan setapak yang cukup dilewati sepeda motor, meski medannya cukup menantang.

Menjamahi puncak-puncak gunung memang sebuah adiksi. Pemandangan matahari terbit dengan awan di bawah kaki kita, ditambah siluet puncak gunung di kejauhan itu bikin deg-degan. Nah kalo kamu pengen melihat pemadangan yang indah, wisata ini sangat cocok buat kamu.

2. Gunung Pringgitan Ponorogo

Gunung Pringgitan

Gunung Pringgitan merupakan salah satu gunung yang ada di Ponorogo, tepatnya berada di Desa Caluk, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo, kurang lebih sekitar 27 kilometer dari pusat kota Ponorogo. Sebenarnya Gunung Pringgitan dengan ketinggian sekitar 606 Mdpl ini terletak pada tiga desa sekaligus yaitu desa Kabeng, Broto, dan Caluk, namun sebagian besar gunung ini berada pada desa Caluk.

Ini adalah salah satu lokasi wisata alam Di Ponorogo yang sering dijadikan sebagai tujuan menghabiskan akhir pekan. Selain lokasi disekitar yang masih alami dengan banyaknya pepohonan termasuk pohon pinus, di Gunung Pringgitan juga didiami beberapa satwa salah satunya kera yang menjadi hiburan tersendiri bagi para pendaki.

3. Gunung Bayangkaki Ponorogo

Gunung Bayangkaki

Gunung Bayangkaki adalah gunung yang tidak aktif yang terletak di Desa Temon, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo. Gunung ini memiliki keindahan alam yang luar biasa sekaligus menyimpan mitos-mitos yang berbau mistis yang masih dipercaya hingga sekarang. Bayangkaki terdiri dari empat puncak.

Urutan puncak jika dilihat dari sebelah utara adalah sebagai berikut, paling timur bernama puncak atau gunung Ijo, puncak yang kedua bernama puncak atau Gunung Tuo, yang nomor tiga bernama Puncak Tumpak atau Puncak Bayangkaki kalau yang ujung sebelah barat dinamakan sebagai gunung Gentong.

4. Gunung Bedes Ponorogo

Gunung Bedes

Gunung Bedes merupakan potensi wisata tersebut. Gunung / bukit Bedes berada di Dusun Buyut Desa Ngadirojo Kecamatan Sooko ini layak dikunjungi karena dari puncak kamu bisa menikmati keindahan alam yang mempesona sekali. Selain itu juga kamu, kalau dari puncaknya juga bisa mengambil spot foto yang menantang dan view Gunung Bayangkaki.

5. Air Terjun Widodaren Ponorogo

Air Terjun Widodaren

Air terjun widodaren adalah sebuah air terjun yang  berada di Desa Bulu lor Kec. Jambon Kab. Ponorogo sekitar 30 menit kalau perjalanan dari alun alun ponorogo ke arah barat menuju Kec. Jambon. Air terjun ini sangat indah dan masih dan alami. Untuk bisa maksimal kunjungilah pada saat musim hujan karena debit airnya kecil dimusim panas.

Untuk menuju ke wisata ini kamu bisa menggunakan motor sampai ketempat parkir lalu jalan kaki. Bila kita liat dari atas air terjun ini atau naik keatas bukit terlihat pemandangan luas dan indah berupa pegunungan dan banyak pepohonan kita bisa bersantai dan menikmati keindahan alam ponorogo.

6. Air Terjun Toyomerto

Air Terjun Toyomerto

Air Terjun Toyomerto atau juga dikenal sebagai Air Terjun Selorejo terdiri dari 2 tingkat air dalam satu aliran yang jatuh dari tebing batu. Masing-masing tingkatan memiliki ketinggian 25 hingga 30 meter.

Warga sekitar menyebut kedua bukit sebagai gunung Nglengko dan Manyutan. Keduanya merupakan bagian dari pegunungan Wilis yang melintang panjang dari Madiun hingga Ponorogo.

Air terjun ini mengalir dari sebuah mata air di gunung atas Manyutan. Di tebing-tebing batu gunung, banyak juga ditemukan sumber air yang lebih kecil. Airnya menjadi meresap di bebatuan tebing dan terkumpul mengalir di air terjun.

7. Air Terjun Juruk Klenteng

Air Terjun Juruk

Dinamakan air terjun Juruk Klenteng karena tempatnya yang menjuruk kedalam dihimpit dua tebing gunung bebatuan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 m dan masih alami karena belum tersentuh oleh Pemerintah Daerah.

Air terjun ini sebenarnya sangat indah dan mempunyai potensi yang baik untuk dikembangkan, karena mempunyai 2 lokasi yakni air terjun diatas dan dibawah.

Tempat lokasi air terjun yang dibawah sangat luas cocok bila dipakai untuk kegiatan berkemah, bersantai dengan keluarga, dan bisa melihat pemandangan alam yang indah. Sedangkan air terjun yang diatas lokasinya sulit untuk ditempuh. Untuk menuju kesana harus berjalan lagi sekitar 30 menit.

8. Air Terjun Pletuk

Air Terjun Pletuk

Air Terjun Pletuk merupakan air terjun dengan ketinggian kurang lebih 30 meter yang berda di Dusun Kranggan, Desa Jurug, Kecamatan Sooko.

Deburan air yang jatuh menghasilkan buih-buih yang sejuk ditambah pemandangan sekitar air terjun yang hijau membuat pengunjung betah berlama-lama ditempat ini.

9. Air Terjun Coban Lawe Ponorogo

Air Terjun Coban Lawe

Tempat wisata selanjutnya adalah Coban Lawe, Air terjun ini adalah wisata berada di Kec. Pudak tepatnya berada di Desa Krisik. Karena Coban Lawe berada di tengah hutan jadinya wisata ini sangat alami karena jarang ada pengunjung yang datang kesini.

Ada beberapa air terjun di sekitar Coban Lawe namun belum tersentuh. Bulir-bulir air yang menerpa wajah ibarat selendang bidadari yang diusapkan ke wajah kita yang membuat kita enggan beranjak untuk meninggalkannya.

10. Air Terjun Sunggah

Air Terjun Sunggah

Air Terjun Sunggah berada di Desa Selur, Kec. Ngrayun, dengan ketinggian 50 m. Tidak jauh dari situ terdapat Watu Semaur, tebing di tengah padang rumput setinggi 125 m untuk panjat tebing.

Air yang berasal dari pegunungan ini terasa begitu dingin saat disentuh. Selain dingin, air yang mengalir juga sangat jernih. Tak hanya itu, aliran air terjun Sunggah yang dibawahnya dipenuhi berbagai jenis ikan ini terus mengalir sepanjang tahun.

11. Beji Sirah Keteng

Beji Sirah Keteng

Tempat wisata ini berupa beji (kolam) dan sebuah arca. Beji Sirah Keteng merupakan suatu kolam yang seluas kurang lebih 1 hektare. didekat kolam juga terdapat sebuah arca manusia raksasa. penduduk setempat menamakan arca “Ratu Boko“.

Konon, Kolam Beji Sirah Keteng merupakan tempat pemandian Ki Ageng Kutu atau Ki Ageng Suryo Ngalam, dan menurut warga setempat, arca tersebut merupakan penggambaran kepala Prabu Ratu Boko, raja raksasa yang suka memakan daging manusia, yang tewas di tempat tersebut oleh seorang sakti mandraguna bernama Ki Ajar Prono.

12. Goa Maria Fatima Ponorogo

Goa Maria

Tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh peziarah dari Ponorogo dan luar Ponorogo bahkan dari luar Jawa Timur. Letaknya yang berada dilereng pegunungan dan dibawah hutan pinus membuat tempat ini sangat nyaman untuk dikunjungi.

Sehingga peziarah yang datang ketempat ini merasa betah karena kesejukannya. Di tempat ini juga terdapat sendang (sumber mata air) yang benama Sendang Waluya Jatiningsih.

13. Telaga Ngebel Ponorogo

Telaga Ngebel

Telaga Ngebel adalah telanga yang merupakan salah satu wisata yang bagus berada di ponorogo.

Selain itu, juga terdapat sungai yang mengalirinya, di mana dibagian hulu sungai terdapat air terjun yang diberi nama Air Terjun Toyomarto.

14. Goa Lowo Ponorogo

Goa Lowo

Goa Lowo berada di Lokasi yang cukup sulit diakses mungkin adalah penyebab kenapa goa ini selalu sepi dari kunjungan wisatawan. Lokasi doa berada di area hutan jati dan membutuhkan sedikit usaha untuk sampai ke sana. Kita harus berjalan melewati hutan jati yang becek saat musim penghujan. Goa ini berada di Desa Sampung, Kec. Sampung. Sekitar 25 km dari pusat kota Ponorogo.

15. Kali Keyang Ponorogo

Kali Keyang

Tempat wisata Kali Keyang di ponorogo adalah salah satu tempat wisata yang berada di kecamatan pudak . kabupaten ponorogo . provinsi jawa timur . negara indonesia . Wisata Kali Keyang di ponorogo adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan.

Kali Keyang di ponorogo memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota ponorogo tidak mengunjungi wisata Wisata Kali Keyang di ponorogo yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Kali Keyang di ponorogo sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya. Keindahan Wisata Kali Keyang di ponorogo ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat Wisata Kali Keyang di ponorogo.

16. Bukit Pare Ponorogo

Bukit Pare

Bukit Pare merupakan salah satu nama bukit yang ada di Desa Cempoko kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo, dimana bukit ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan yang ingin bersantai sambil menikmati keindahan alam. Jika dari Kantor Kecamatan Ngrayun, untuk sampai pada Bukit Pare kita harus menempuh perjalanan kurang lebih sekitar 25 menit.

Disekitar jalur pendakian masih banyak sawah serta kebun warga sekitar dengan tanaman yang beragam. Warga sekitar juga banyak yang hilir mudik disekitar pendakian untu melakukan aktivitas bercocok tanam. Perlahan mulai terlihat hamparan tanah lapang yang luas dan hijau dimana ada banyak pohon pinus sekitar lokasi.

17. Watu Semaur Ponorogo

Watu Semaur

Watu Semaur ini terletak dipinggir jalan raya Ngrayun-Jajar tepatnya di Desa Selur Kecamatan Ngrayun Yakni, sebuah tebing batu besar yang berada di tengah-tengah padang rumput. Tebing batu ini oleh warga setempat kemudian dinamakan Watu Semaur, karena jika ada orang berteriak akan menggema seperti berteriak di dalam gua.

Watu Semaur juga sering dimanfaatkan oleh para penghobi olah raga panjat tebing atau climbing. Karena, mempunyai ketinggian sekitar 125 meter, sehingga sangat cocok untuk mengadu nyali menaklukan ketinggian tebing ini. Jika musim kemarau, area di sekitar Watu Semaur sering dijadikan tempat berkemah. Banyak pengunjung yang sengaja berkemah disini untuk menikmati keindahan Watu Semaur sambil panjat tebing.

18. Tanah Goyang Pudak Ponorogo

tanah Goyang Pudak

Tanah Goyang adalah wisata yang berada Di desa Pudak Wetan, Kec. Pudak, Kab. Ponorogo. Nah di tengah tanah goyang ada aliran air jernih yang menyegarkan. Tanah bisa goyang karena di sebabkan adanya air yang menggenang, nah di atas air ada rumput yang sangat tebal, karena sudah lama rumput itu sebagian menjadi tanah.

Jadinya apabila injak rumput maka akan menggoyangkan air di bawahnya. Konon menurut cerita yang berkembang, dulu pernah dilakukan pengukuran kedalaman air di bawah tanah/rumput tebal itu, dalamnya se-pundak orang dewasa, atau kira-kira 1,4m.

19. Kedung Gamping Ponorogo

Kedung Gamping

Tempat wisata yang selanjutnya adalah Kedung Gamping, wisata ini terletak di Desa Temon Kec. Ngrayun tepatnya sebelah Selatan Kantor Polsek Ngrayun. Bagi anda yang suka berenang silahkan menikmati sensasi langsung berenang di alam terbuka.

Tapi jangan lupa tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar agar tempat wisata ini tetap terjaga dan alam tetap lestari.

20. Watu Putih Ponorogo

Watu Putih Ponorogo

Siapa sangka di Ponorogo bagian selatan tepatnya di Kec. Ngrayun terdapat tempat wisata untuk menikmati keindahan alam dari atas. Wisata itu bernama Watu Putih. Kata Watu berasal dari bahasa Jawa yang berarti Batu, sedangkan putih adalah warna putih.

Nah Batu yang berada di tengah rindangnya hutan pinus ini sangat cocok buat liburanmu bersama teman-teman. Dari atas (puncak) Watu Putih bisa dinikmati sajian indahnya alam ciptaan-Nya yang menakjubkan.

21. Air Panas Tirto Ponorogo

Air Panas Tirto

Tempat wisata selanjutnya adalah Air Panas Tirto, wisata ini terletak di Dusun Pucuk Desa Wagir Lor Kec. Ngebel. Berada di sebelah selatan Telaga Ngebel kurang ya sekitar kurang lebih 3 km dari pintu masuk telaga. sungai dari lereng gunung Wilis.

Nah kebanyakan orang yang datang kesini biasanya lebih suka berendam pada sore dan malam hari, katanya akan lebih mujarab karena tubuh dalam keadaan rileks, tapi entahlah kebenarnya.

22. Wisata Kucur Ponorogo

Wisata Kucur

Hutan wisata Kucur atau taman wisata Kucur adalah hutan wisata yang terletak di Kecamatan Badegan, sekitar 20 km ke barat. Ada sumber air (kucur) di tengah hutan jati yang juga berfungsi sebagai taman nasional dan tempat perkemahan.

Wisata ini terletak di antara jalan Jawa Timur dan Jawa Tengah , Nah taman ini sering menjadi tempat beristirahat oleh siapa saja yang melakukan perjalanan jauh.

23. Wisata Perajin Reog

Pengrajin Reog

Bila kamu menginginkan tahu lebih detil mengenai kesenian Reog Ponorogo, sambangi saja segera pengrajin yang bikin peralatan kesenian ini. Salah nya ialah sanggar punya Pak Sarju yang terdapat di Desa Carat Sumoroto, Kec. Kauman.

Pak Sarju telah tekuni pembuatan perlengkapan Reog sepanjang kian lebih 40 th.. Terkecuali dapat lihat segera sistem membuatnya, tentunya anda dapat juga memperoleh narasi menarik mengenai kehidupan seniman reog.

24. Kedung Kenthus Ponorogo

Kedung Kenthus

Wisata Air Alami Baru Kabupaten Ponorogo ini berada di Desa Jenangan Kec. Sampung Kab. Ponorogo. 30 menit dari pusat kota ponorogo ke arah Kecamatan Sumoroto lanjut arah Kecamatan Sampung yg terkenal dengan tambang gamping/kapurnya.

Juga terdapat situs bersejarah Goa Lowo yang sudah terkenal. Terdapat aliran sungai unik dari atas keliatan sempit padahal di bawahnya luas mirip seperti gentong yang panjangnya kurang lebih 20 meter, dengan warna air ke hijauan membuat kesan sejuk dan asri.

25. Taman Ngembag Ponorogo

Taman Ngembang

Taman Wisata Ngembag berada di Siman, sekitar 3 km dari pusat kota Ponorogo. Di taman ini telah tersedia berbagai wahana seperti perosotan, flying fox, ayunan dan masih banyak lagi tentunya.

Selain itu ada kebun binatang mini lho disini. Tempat ini adalah taman kota yang dilengkapi dengan sejumlah fasilitas dan wahana bermain, seperti kolam renang, taman bermain, dan kebun binatang mini. Makanya, banyak pengunjung yang membawa serta anak istrinya kemari untuk sekadar refreshing.

26. Kintamani Waterpark Ponorogo

Kintamani Waterpark

Kintamani Waterpark merupakan salah satu wahana wisata air di Ponorogo yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Lokasi wahana dengan luas sekitar 1,8 hektar ini berada di Jln Ki Ageng Kutu , Nomer 9, Siman, Ponorogo.

Disamping itu, terdapat kolam renang dewasa, sarana outbond, mushola, kamar mandi, dan sebagainya. Restoran dengan kapasitas sekitar 100 ini, akan membuat suasana makan bersama keluarga, temat, ataupun rekan kerja menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

27. Wisata Ziarah Ponorogo

Wisata Ziarah

Makam Batoro Katong merupakan salah satu situs purbakala yang terletak di desa Setono, kecamatan Jenangan, Ponorogo. Dari batu gilang yang ditemukan terdapat candrasengkala memet yaitu gambar manusia semedi, udang, burung garuda dan gajah, dimana menurut ahli arkeologi itu menunjukkan tahun 1418 Saka atau 1496 Masehi.

Batoro Katong, berdasarkan catatan Ki Padmosusatro generasi ke 126, adalah seorang putra Raja Brawijaya dari selir panggrambe ( selir yang tinggi kedudukannya). Beliau adalah pendiri kota ponorogo dan penyebar agama islam di sana.

28. Gita Waterpark Ponorogo

Gita Waterpark

Gita waterpark terletak di Dusun Krajan Kec. Pulung, Kab Ponorogo. Wahana wisata ini mempunyai kolam bertingkat. Kolam yang paling atas adalah khusus ditujukan untuk anak-anak dan yang di bawah kolam untuk orang dewasa.

Fasilitas seluncuran telah disediakan pada kolam anak yang pastinya membuat mereka begitu menikmaati dan gembira. Obyek wisata ini menggunakan tema alam dan keindahan panorama pegunungan yang akan membuat setiap wisatawan merasa nyaman dan santai.

29. Kuliner Sate Gule Kambing Ponorogo

Sate Gule

Tiap daerah mempunyai rasa dan cara pengolahan yang berbeda, pun juga dengan sate kambing Ponorogo. Ke-khasan itu terletak pada bumbu dan cara memasaknya, orang Ponorogo cenderung menyukai rasa pedas dan gurih.

Beda dengan sate daerah lain yang cenderung manis. Jika didaerah lain daging kambing yang disate merupakan daging mentah yang dipotong-potong terus dibakar. 

30. Kuliner Dawet Jabung Ponorogo

Dawet Jabung

Dawet Jabung adalah minuman tradisional sejenis dawet khas ponorogo. Selain rasanya yang khas, minuman ini juga sangat menyegarkan sehingga cocok untuk dinikmati saat udara panas di siang hari.

31. Kuliner Cemoe Ponorogo

Cemoe

Cemoe atau Wedang Cemoe adalah sejenis minuman hangat yang berbahan utama roti tawar yang dipotong-potong, kacang goreng, bawang goreng, santan, Jahe dan dikasih daun pandan. Cemoe ada yang ditambahkan susu kental manis terus mutiara dan juga kolang-kaling.

Baca ini : Tempat Wisata di Pacitan yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenaiTempat Wisata di Ponorogo yang Wajib Dikunjungi nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!