20 Tempat Wisata di Polandia Terbaik yang Wajib Dikunjungi

Diposting pada

Wisata Polandia Polandia telah menjadi tujuan perjalanan favorit bagi jutaan wisatawan setiap tahun. Dari pantai-pantai yang semarak di Gdansk, Gdynia, dan Sopot hingga keindahan alam terpencil dan murni Hutan Bialowieza, Taman Nasional Ojcow, dan Pegunungan Tatra, Polandia menawarkan kepada pengunjung berbagai pengalaman. Ya, kunjungi Krakow, Warsawa, dan Gdansk, tetapi jangan menipu diri Anda dari sisa 25 tempat menakjubkan ini untuk dikunjungi di Polandia.

Selain itu, Polandia telah selamat dari konflik selama berabad-abad untuk muncul sebagai negara yang bangga dan mandiri, siap untuk mengambil peran barunya dalam sejarah modern. Pengunjung ke wisata Polandia menemukan apa yang sudah lama diketahui oleh penduduk setempat, bahwa Polandia adalah negara yang kaya akan budaya halus, pemandangan indah, dan situs bersejarah yang luar biasa. Baik menjelajahi kota-kota negara yang semarak, danau dan hutan di pedesaannya yang indah atau beberapa tempat wisata lainnya di Polandia, pengunjung pasti akan membawa kenangan indah.

Baca Juga : Tempat Wisata di Kanada Terbaik yang Wajib Dikunjungi

1. Warsawa

Warsawa

Warsawa merupakan sebuah kota terbesar di Polandia dan telah menjadi ibu kota selama lebih dari 400 tahun. Kota ini dikenal sebagai pusat politik, ekonomi, dan budaya negara ini. Metropolis yang ramai ini menawarkan sejarah yang tak terlupakan dengan seperempat dari lanskap yang ditutupi oleh taman.

Warsawa adalah perpaduan sempurna dari kemewahan bersejarah dari gereja-gereja dan istana-istana dan desain kontemporer ke kafe-kafe yang nyaman dan klub-klub yang semarak. Kastil Kerajaan, Istana Kepresidenan, dan Istana Mostowski hanyalah beberapa dari 30 istana dan istana yang dapat ditemukan di sini. Objek wisata modern seperti Multimedia Fountain Park, Kebun Binatang Warsawa, dan Heaven of Copernicus merupakan bagian kecil dari banyaknya peluang hiburan.

2. Krakow

Krakow

Krakow adalah pusat budaya Polandia dan tujuan wisata paling populer. Di antara harta arsitektural kota ini adalah bekas Kastil Wawel yang wajib dikunjungi, bersama dengan sejumlah monumen Kota Tua. Di pusatnya, pengunjung akan menemukan alun-alun pasar terbesar di Eropa, termasuk Sukiennice (Cloth Hall) yang ikonis, landmark Krakow sejak abad ke-14.

Kota Tua dikelilingi oleh taman berbentuk cincin menawan bernama Planty, sempurna untuk istirahat yang tenang dari jalan-jalan. Harta artistik termasuk karya seni Art Nouveau Polandia dan galeri seni Kazimierz, bekas Distrik Yahudi. Suasana kota yang semarak diperkuat oleh perpaduan beragam restoran, pub, bar, dan klub.

3. Bialowieza Forest

Bialowieza

Hutan Bialowieza adalah sisa terbesar dan terakhir dari hutan purba Eropa, dan merupakan rumah bagi lebih dari 800 bison Eropa. Hutan beragam hayati di perbatasan antara Polandia dan Belarus memiliki beragam pohon, termasuk pohon ek berusia 500 tahun, dan mendukung bison, rusa, serigala, lynx, dan elang emas.

Hutan ini memiliki keanekaragaman budaya yang sama dengan keanekaragaman hayati dengan segelintir desa yang tersebar di seluruh yang mewakili orang Polandia, Belarusia, Ukraina, Lithuania, dan beberapa budaya lainnya. Pengunjung akan ingin melihat Taman Nasional Bialoweiza di dalam hutan; kawasan lindung hanya dapat dikunjungi dengan panduan. Cagar Pertunjukan Bison Eropa juga wajib dikunjungi. Ada banyak jalur sepeda melalui hutan.

4. Bialystok

Bialystok

Ada ratusan bangunan bersejarah di Bialystok, 150 di antaranya adalah peninggalan arsitektur terdaftar. Istana Branicki adalah yang terbaik di antara mereka dengan taman-taman baroknya. Pengunjung juga akan ingin melihat House of Equerry, Istana Lubomirski, dan Katedral Holy Mary Neo-gothic bersama dengan beberapa istana, bangunan, dan gereja lainnya.

Ada banyak desa dan kota di dekat kota untuk dijelajahi, termasuk Choroszcz, yang merupakan tempat rumah musim panas Branicki bangsawan berada, dan Knyszyn, favorit Raja Sigismund Agustus. Taman Nasional Bialowieski berada di dekatnya, serta Taman Nasional Narwianski dan Biebrza Valley Marshes untuk pecinta alam.

5. Bydgoszcz

Bydgoszcz

Bydgoszcz adalah kota yang ramai dengan banyak universitas dan perguruan tinggi dan kehadiran bisnis internasional yang kuat. Ini juga dikenal sebagai pusat navigasi darat Polandia terbesar. Kota kosmopolitan ini adalah finalis dalam kompetisi “Tourism for Tomorrow” World Travel & Tourism Council.

Di pusat budaya utama ini, pengunjung dapat menjelajahi berbagai tempat seni, musik, dan teater, termasuk Pusat Kebudayaan Kota, yang sering mengadakan acara dan pertunjukan. Kota ini memiliki tidak kurang dari 18 tempat wisata yang wajib dikunjungi, termasuk Old Mill di dekat Sungai Brda, Nicolaus Copernicus Square, dan Bydgoszcz Pantheon. Kota ini juga merupakan pusat olahraga profesional yang penting dengan berbagai acara dunia yang berlangsung di Kompleks Olahraga Zawisza.

6. Gdansk

Gdansk

Gdansk adalah kota pelabuhan yang indah di pantai Baltik Polandia, paling dikenal sebagai tempat kelahiran gerakan Solidaritas Polandia. Pengunjung akan ingin melihat galangan kapal di mana semuanya dimulai, belajar tentang sejarah maritim kota, dan bertamasya di sungai, diikuti dengan bir Polandia atau dua dermaga.

Tempat-tempat wisata lainnya termasuk tur jalan-jalan di Royal Route of Gdansk, Pasar Panjang dan Air Mancur Neptunus, Kota Tua, dan Pusat Solidaritas Eropa. Westerplatte adalah pulau yang wajib dikunjungi yang tenggelam dalam sejarah militer Perang Dunia II. Itu dapat diakses dengan bus atau perahu. Gdansk juga merupakan pusat perdagangan ambar dengan banyak toko butik yang menjual barang ambar.

7. Gdynia

Gdynia

Gdynia adalah kota pelabuhan yang terletak di pantai Baltik Polandia. Museum Kota Gdynia menceritakan kisah kota modern ini – tempat awal yang baik. Atraksi-atraksi lain termasuk Akuarium Gydnia dengan serangkaian kehidupan laut yang menakjubkan, Museum Angkatan Laut Polandia dan kapal perang Blyskawica Perang Dunia II, dan Museum Bahari Polandia di atas kapal tinggi Dar Pomorza tahun 1909.

Kedua kapal museum ditambatkan di Dermaga Selatan. Wisatawan dapat berhenti di Kosciuski Square dan bersantai di dekat air mancur dalam perjalanan kembali ke pusat kota. Mereka yang tertarik dengan mobil antik tidak akan mau ketinggalan koleksi mobil, sepeda motor, dan sespan di Museum Motorisasi.

8. Karpacz

Karpacz

Karpacz adalah resor ski yang menyenangkan yang terletak di Pegunungan Karkonosze di barat daya Polandia dengan lompatan ski terkenal di dunia. Namun kota pegunungan ini memiliki bakat untuk liburan impian keluarga dengan puluhan atraksi lainnya yang dijamin menggetarkan hati. Ada dua tempat Lego interaktif tempat keluarga dapat bersenang-senang selama berjam-jam.

Fairytale Park adalah serangkaian pondok dengan dongeng animasi, ditambah taman bermain anak-anak dan jalur tubing musim panas. Cris Kolorowa, jalur kereta luncur sepanjang tahun, dan museum Kingdom of the Mountain Ghost yang interaktif adalah di antara banyak tempat wisata yang ramah keluarga. Pencinta alam akan memuja wilayah ini sepanjang tahun.

9. Katowice

Katowice

Muncul dari kemunduran pasca-industri yang telah berlangsung selama beberapa dekade, Katowice menciptakan kembali dirinya sebagai pusat canggih untuk bisnis dan perdagangan kecil. Pengunjung tidak akan mau ketinggalan dua area menarik: Nikiszowiec, area pekerja bersejarah, dan Giszowiec, kota taman. Spodek berbentuk UFO pantas dilihat.

Katowice bukan tempat orang menikmati alam karena masa lalunya di industri. Salah satu titik terang bagi pecinta alam adalah Taman Budaya dan Rekreasi Voivodship. Pada akhir hari menjelajahi Katowice, wisatawan dapat berhenti di Biala. Malpa tempat mereka akan menemukan pilihan kerajinan dan bir botolan terbesar di kota, termasuk banyak microbrews Polandia yang lezat.

10. Kielce

Kielce

Wisatawan yang menyukai alam bebas akan terpesona dengan Kielce di jantung Pegunungan Salib Suci. Seiring dengan banyak tempat untuk duduk di luar dan menikmati banyak area hijau kota dan beberapa rute berjalan melewati berbagai monumen bersejarah, ada juga lima cagar alam di kota ini.

Market Square adalah tempat awal yang logis untuk menjelajahi Kielce. Pengunjung akan menemukan katedral abad ke-12, istana uskup abad ke-17, istana Neo-Gotik, dan sejumlah besar museum, gereja, dan menara. Kota ini telah membuat penjelajahan menjadi mudah bagi para wisatawan dengan jejak indah yang ditandai sepanjang 80 km untuk berjalan kaki dan bersepeda. Banyak kegiatan rekreasi luar ruangan tersedia.

11. Leba

Leba

Wisatawan yang mengejar matahari akan menyukai musim panas di Leba di mana aturan kehidupan pantai yang malas. Setiap musim panas, desa kecil ini penuh dengan turis yang datang untuk bermain di perairan paling jernih di pantai Polandia dan bersantai di pantai pasir yang luas dan lembut. Pengunjung dapat memanfaatkan banyak warung ikan yang menjual ikan asap dan goreng yang gurih.

Mengendarai bukit pasir dengan menunggang kuda, hiking, dan bersepeda di banyak jalan setapak yang berkembang, dan selancar angin ombak adalah gangguan musim panas lainnya yang menenangkan. Taman Nasional Slowinski mungkin merupakan aspek paling unik dari Leba di mana pengunjung dapat menyaksikan bukit pasir menghilang dan berubah dengan cara angin bertiup.

12. Lodz

Lodz

Lodz adalah kiblat budaya Polandia, Yahudi, Rusia, dan Jerman yang semuanya hidup secara harmonis dan menghasilkan komunitas ilmuwan, industrialis, dan seniman yang mapan. Mereka semua meninggalkan bekas yang tak terhapuskan di kota. Kunjungan ke Lodz harus dimulai dengan berjalan-jalan di sepanjang Jalan Piotrkowska untuk mendapatkan gambaran arsitektur terbaik, dan banyak bangunan telah menjadi monumen bersejarah.

Mengunjungi Ghetto Litzmannstadt adalah pengingat yang menyedihkan tentang sejarah Shoah kota yang suram. Tempat-tempat lain untuk melihat di Lodz adalah Kompleks Izrael Poznanski, termasuk Manufaktura, Edward Herbst Mansion, Oscar Kon Palace, dan Stasiun Radegast. Lodz juga terkenal dengan sekolah filmnya dengan lulusan-lulusan terkemuka di industri film.

13. Lublin

Lublin

Selama berabad-abad, Lublin telah menjadi contoh cemerlang toleransi dengan Protestan, Katolik, Yahudi, Belarusia, Ukraina, Lituania, dan agama serta kebangsaan lain yang hidup harmonis. Pengunjung harus mulai dari Tower of the Trinity untuk melihat epik Kota Tua yang indah, kota abad pertengahan yang paling terpelihara di Polandia.

Mengunjungi Kota Tua dimulai di Gerbang Krakovian abad ke-14 di mana terdapat lebih dari 100 rumah mewah dan bangunan untuk dilihat, serta jalur wisata bawah tanah. Downtown Lublin adalah pusat sosial kota dengan kedai kopi dan bar dan restoran di lantai dasar yang artistik. Ada universitas, teater, taman untuk dilihat, termasuk Maria Curie Sklodoska University Botanic Garden.

14. Ojcow National Park

Ojcow

Perjalanan sehari yang mudah dari Krakow, Taman Nasional Ojcow adalah salah satu taman nasional terkecil di Polandia. Itu duduk di lembah-lembah sungai Saspowska dan Pradnik yang dramatis dan ditandai oleh tebing batu kapur dan formasi batuan, jurang yang dalam, gua-gua yang gelap, dan hutan yang lebat.

Tanjung batu paling terkenal adalah Gerbang Krakow, Klub Hercules, dan Jarum Deotyma. Tempat-tempat menarik lainnya termasuk dua kastil – Kastil Kazimierz di Desa Ojcow dan Kastil Renaissance di Pieskowa Skala di mana pengunjung dapat naik taksi kuda. Gua Gelap dan Gua Lokietek adalah yang terbesar dari 400 gua terdaftar dan terbuka untuk umum. Berguna untuk menyewa pemandu untuk mendapatkan yang terbaik dari pengalaman taman.

15. Poznan

Poznen

Poznen adalah kota modern yang terletak di sepanjang Sungai Warta di Polandia barat. Distrik Kota Tua adalah pusat aksi di Poznan dengan atraksi bersejarah, museum, dan banyak restoran, klub, dan pub. Penggemar arsitektur akan menyukai bangunan bergaya Old Market Square.

Penggemar sejarah akan menyukai Balai Kota Poznan di mana mereka akan menemukan Museum Sejarah Poznan yang menceritakan kisah kota. Pengunjung dapat terhibur dengan kambing mekanis yang membenturkan kepala ketika jam balai kota mogok siang hari. Katedral Santo Petrus dan Santo Paulus, sebuah basilika bertingkat tiga, patut dikunjungi di Pulau Ostrow Tumski.

16. Rzeszow

Rzeszow

Kota kecil Rzeszow yang mengantuk merasa memungkiri realitasnya sebagai ibu kota provinsi budaya, ekonomi, dan akademik yang progresif. Terletak di sudut tenggara Polandia. Alun-Alun Pasar Abad Pertengahan dan Rute Turis Bawah Tanah di Gudang Rzeszow dengan sekitar 50 gudang layak dikunjungi untuk belajar tentang sejarah kota. Tur berpemandu sebagian labirin terowongan tersedia.

Beberapa bangunan bersejarah yang paling penting adalah Balai Kota, Gereja Paroki Gothic, Biara Piarist, sebuah kastil, dan istana musim panas keluarga Lubomirski. Pengunjung juga dapat menikmati hidangan kuliner tradisional kota ini yang menampilkan produk organik. Perhiasan perak, lukisan kontemporer, potongan kaca buatan tangan asli, dan seni rakyat lainnya dapat ditemukan di galeri dan pasar lokal.

17. Sopot

Sopot

Enchanting Sopot adalah kota tepi laut di Teluk Gdansk yang diapit oleh hutan berbukit, menjadikannya tujuan liburan musim panas yang populer. Karena teluk dilindungi dari lautan terbuka, perairan di sini lebih hangat. Pantai berpasir yang luas membentang 4,5 km di sepanjang garis pantai Sopot dan dilindungi penjaga pantai. Kejuaraan Berlayar Dunia, Piala Baltik selancar angin, dan Sopot Triathlon dapat dilihat dari Dermaga Sopot.

Ada juga acara publik di dermaga, dan pengunjung dapat naik kapal pesiar ke Gdansk, Gdynia, dan Hel dari sini, atau mereka dapat naik taksi air. Monte Cassino Street adalah jalan pejalan kaki yang semarak yang mengarah dari Sopot ke Dermaga. Enam puluh persen dari Sopot adalah ruang hijau, mengisinya dengan keindahan alam.

18. Swinoujscie

Swinoujscie

Swinoujscie adalah resor kesehatan dan kota pelabuhan di Laut Baltik. Ini memiliki karakteristik unik karena sepenuhnya terletak di empat puluh empat pulau. Ini adalah tujuan untuk keluarga yang menikmati kehidupan pantai, dengan pantai landai yang bagus untuk anak-anak. Spa Park yang berusia 170 tahun adalah salah satu daya tarik utama di mana pengunjung dapat berjalan di pekarangan dan mengamati vegetasi yang berlimpah.

Penggemar sejarah maritim akan ingin mengunjungi Museum Perikanan Laut di balai kota tua. Pengamat burung akan menyukai suaka burung Pulau Karsibor dan mercusuar bersejarah Pulau Wolin – yang tertinggi di Laut Baltik – untuk pemandangan Swinoujscie yang indah.

19. Szczecin

Szczecin

Kota terbesar di Polandia utara, Szczecin berada di sepanjang Sungai Odra, hanya sepuluh mil dari perbatasan Jerman. Meskipun dihancurkan dalam Perang Dunia II, pusat bersejarah kota ini masih mencakup Balai Kota Gothic abad ke-15 dan Katedral St. James abad ke-16, sebuah basilika dan menara Gothic yang menawarkan pemandangan yang indah.

Kastil Duke Pomeranian abad ke-13 juga harus membuat daftar yang harus dilihat. Tepat di utara kastil adalah Tanggul Chobry. Setelah menaiki tangga setinggi 13 meter, pengunjung dihadiahi dengan dua platform penglihatan dan air mancur Hercules dan Centaur. Merupakan area yang populer untuk bersantai dan menikmati pemandangan Sungai Odra.

20. Tatra Mountains

Tatra Mountains

Beberapa jam di luar Krakow, para pelancong dapat menemukan diri mereka di Pegunungan Tatra, dijuluki “Pegunungan Alpen Polandia.” Jangkauan tertinggi Pegunungan Carpathian dibagi dengan Slovakia di mana perbatasan kedua negara mengiris melalui pegunungan, dengan taman nasional di kedua sisinya. Di musim dingin, pengunjung akan menemukan lambang ski Polandia serta pendakian gunung berbahaya yang menantang kehendak.

Selama musim panas, ada hiking, bersepeda gunung, panjat tebing, spelunking, dan paralayang, di antara kegiatan outdoor lainnya. Kota Zakopane menyediakan basis rumah untuk rekreasi dengan berbagai akomodasi, restoran dan kafe, galeri dan toko seni, dan kehidupan malam. Highlights termasuk danau alpine, pemandangan panorama dari Rysy Peak, puncak Kasprowy dan kereta gantung, dan memanjat Orla Perc.

Baca Juga : Tempat Wisata di Denmark Terbaik yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai tempat wisata di polandia terbaik semoga bisa menjadikan sebagai bahan referensi kamu yang ingin berlibur ke Polandia.

[Total: 0    Average: 0/5]
Alfian
Hobi membaca dan menulis travelling atau wisata. Aktif menulis di blog, media sosial, forum, dan berbagai platform penulisan lain di internet sejak tahun 2015.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *