44 Tempat Wisata di Pekalongan Terbaru Paling Hits Dan Populer

Tempat Wisata di Pekalongan – Pekalongan merupakan sebuah nama Kabupaten dan Kota yang berada di Jawa Tengah. Kota dan Kabupaten Pekalongan terletak berimpitan, Kota Pekalongan berada di sebelah utara sedangkan Kabupaten Pekalongan di sebelah selatan.

Kabupaten Pekalongan berbatasan langsung dengan Laut Jawa di sebelah utara, Kabupaten Batang di sebelah timur, Kabupaten Bajarnegara di sebelah selatan dan Kabupaten Pemalang di sebelah barat. Pekalongan menjadi salah satu sentra produsen batik yang cukup terkenal. Batik Pekalongan menjadi salah satu produk batik unggulan dari Jawa Tengah disamping Batik Solo.

Selain terkenal dengan batiknya, Pekalongan juga terkenal dengan destinasi wisatanya yang terkenal. Dalam artikel ini kami akan membahas beberapa tempat wisata yang terletak baik di Kota Pekalongan ataupun yang masuk dalam wilayah administratif Kabupaten Pekalongan.

Baca ini : Tempat Wisata di Wonogiri yang Wajib Dikunjungi

Berikut ini adalah sejumlah tempat wisata di Pekalongan yang wajib Anda kunjungi, beberapa di antaranya adalah destinasi wisata di Pekalongan yang indah dan mempesona di kalangan penikmat perjalanan.

Gunung Kendalisodo

Gunung Kendalidoso

Apakah anda suka dengan kegiatan mendaki? jika iya, anda coba mendaki gunung di pekalongan yaitu Gunung Kendalisodo, Gunung ini sangat cocok untuk memuaskan hasrat mendaki anda. Gunung memiliki ketinggian sekitar 1.695 mdpl. 

Menikmati semburat matahari pagi di puncak Hanoman Gunung Kendalisoda yang berjarak 4 Km dari kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan Jawa tengah ini, menciptakan kesan tersendiri. Sehingga bisa juga menjadi spot mendaki bagi pemula yang ingin mencoba hiking.

Pantai Pasir Kencana

Pantai Pasir Kencana

Tempat wisata di pekalongan juga ada nih destinasi pantai indah yang bisa dikunjungi saat liburan yakni pantai Pasir Kencana. Pantai ini memiliki panorama yang sangat indah, apalagi pada saat sore menjelang. Dengan ditemani hembusan angin khas pantai, tempat nongkrong yang asik, serta pemandangan matahari terbenam yang sangat indah, tentunya menjadi momen liburan yang sangat menyenangkan. 

Nah untuk fasilitas di kawasan pantai ini juga sudah sangat lengkap, seperti ada mushola, toilet, kamar mandi, tempat makan, taman untuk piknik dan bersantai, dan fasilitas lainnya yang bisa membuat pengunjung semakin betah berlama-lama dberada pada tempat wisata menarik di pekalongan yang satu ini.

Gunung Rogojembangan

Gunung Rogojembangan

Gunung ini adalah salah satu puncak dari pegunungan Serayu utara yang menjulang dari sebalah barat dieng sampai mendekati Gunung Slamet. Gunung Rogojembangan memiliki ketinggian sekitar 2117 mdpl. Gunung ini memiliki 2 akses pendakian, yang pertama bisa melalui kecamatan wanayasa Kabupaten Banjarnegara dan Kecamatan Petungkriono Kabupaten Pekalongan. Namun jalur pendakian yang paling sering dilalui adalah dari desa Gumelem dan melalui desa Semego.

Curug Bajing

Curug Bajing

Curug Bajing merupakan primadona baru tempat wisata di kabupaten Pekalongan, tepatnya di desa telogopakis, kecamatan Petungkriyono, kabupaten Pekalongan. Yang konon keindahan mampu membuat takjub setiap orang yang mendatanginya.

Karena selain keindahan curug itu sendiri, juga karena lokasinya yang berada di daerah pegunungan Petungkriono yang sudah lama terkenal akan keasriannya. Sehingga banyak orang mulai berbondong-bondong datang ke wanawisata ini untuk berwisata atau sekedar memenuhi rasa penasarannya. Curug Bajing ini terdiri dari beberapa tingkat air sehingga semakin membuatnya tampak indah.

Pantai Slamaran

Pantai Slamaran

Pantai Slamaran merupakan pantai yang mempunyai pemandangan yang sangat indah, disini udaranya sangat segar dan juga dapat pula disaksikan terbit dan terbenamnya matahari sehingga sangat menarik untuk dikunjungi.

Nah Luas lahan Pantai Slamaran Indah ini ya sekitar 3,5 Ha, dan juga dilengkapi dengan fasilitas lahan parkir yang luas, warung makan dan serta perahu sewa yang siap untuk mengantarkan pengunjung berkeliling di sekitar Pantai Slamaran.

Pantai Depok

pantai Depok

Pantai Depok yang mempunyai panorama yang memanjakan wisatawan. Pantai ini mempunyai ombak yang landai / tenang sehingga cocok di gunakan sebagai tempat wisata keluarga di pekalonga. Anda tidak perlu khawatir jika anak anda bermain di pantai tersebut karena ombaknya yang kecil. Walaupun begitu tetap harus dalam pengawasan ya.

Alamat pantai depok pekalongan : untuk lokasi pantai depok pun mudah di temukan yaitu berlokasi di Ds Depok, Kec Siwalan Pekalongan. Nama pantai depok juga tidak hanya ada di peklaongan, di bantul yogyakarta pun mempunyai wisata pantai yang bernama pantai depok.

Desa Wisata Lolong

Desa Wisata Lolong

Desa wisata lolong ini menyuguhkan wisata kuliner durian, mendengar nama durian bagi anda pecinta durian seperti saya pastinya langsung tertarik dong untuk tahu lebih lanjut tentang desa wisata lolong tersebut.

Di desa wisata tersebut menyuguhkan berbagai maca jenis durian dengan kualitas yang unggulan. Bagi anda pencinta durian mungkin desa wisata lolong ini menjadi destinasi wajib yang harus di kunjungi ketika berkunjung ke pekalongan.

Kebun Teh Pagaliran

Kebun Teh Pagaliran

Ternyata pekalongan juga mempunyai argowisata kebun teh yang sayang jika anda lewatkan ketika liburan ke pekalongan. Jika anda menginkan destinasi wisata yang mempunyai hawa sejuk nan asri mungkin argowisata kebun teh pagaliran ini cocok bagi anda.

Selain itu, Hawa sejuk serta hamparan tanaman teh yang berundak-undak tentunya menjadi pemandangan yang sangat epic dan bisa jadi latar berfoto terbaik. Sebenarnya kebun teh ini masuk ke wilayah kabupaten batang, namun dekat dengan pekalongan denan jarak hanya sekitar 40 kilometer. Kebun teh tersebut berlokasi di perbukitan dieng jawa tengah tepatnya di desa pagilaran kecamatan blado, Batang.

Linggo Asri Pekalongan

Linggo Asri

Di Linggo Asri ada banyak pilihan rekreasi keluarga yang lengkap, seperti bumi perkemahan, outbond, kolam renang, mini zoo, tracking hutan, hingga arung jeram yang menantang. Cocok banget deh untuk jadi destinasi outing bersama keluarga, teman kantor, tempat malam keakraban kampus, atau bisa juga tempat kemah bareng sahabat. 

Linggo Asri ini juga menawarkan panorama khas perbukitan yang masih sangat asri dan penuh pesona.Berada di ketinggian sekitar 700 meter diatas permukaan laut, Di akhir pekan, ada banyak rombongan kantor maupun keluarga yang menghabiskan akhir pekan mereka dengan mencoba berbagai jenis tantangan outdoor di tempat ini.

Bukit Pawuluhan

Bukit Pawuluhan

Bukit Pawuluhan terletak di Desa Gembong, Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan. Kata orang biasanya bisa untuk melihat golden sunrise di bukit pawuluhan. Jalur pendakiannya cukup mudah dan tidak perlu menggunakan peralatan profesional.

Perjalan dari desa terdekat ke puncak bukit hanyalah dalam kisaran waktu 2 jam berjalan kaki. Dari puncak, kita dapat melihat jajaran perbukitan di sekitar wilayah pekalongan yang sebesarnya daerah pesisir namun beberapa wilayahnya tetap dataran tinggi.

Museum Batik Pekalongan

Museum Batik

Nah yang sudah kami sampaikan di awal bahwa Pekalongan terkenal dengan Batik Khasnya yang diberi nama Batik Pekalongan. Batik Pekalongan merupakan sebuah warisan budaya yang sudha ada sejak aman dahulu dan dibuat secara turun temurun sampai sekarang ini.

Oleh karena tu Kota Pekalongan diakui sebagai Kota Batik Internasional. Oleh karena itu sangatlah beralasan apabila di Kota ini dibangun sebuah Museum Batik. Di dalam Museum Batik di Pekalongan ini disimpan koleksi sebanyak 1149 batik serta berbagai macam benda yang berhubungan dengan batik termasuk alat membuat batik itu sendiri.

Curug Muncar

Curug Muncar

Ada banyak sekali curug yang terdapat di Pulau jawa ini. Beberapa diantaranya memiliki nama yang sama. Sebagai contohnya adalah di Kabupaten Pekalongan terdapat Curug bernama Curug Muncar. Destinasi wisata Pekalongan Curug Muncar ini memiliki kesamaan nama dengan Curug Muncar yang terdapat di Purworejo.

Curug Muncar di ketinggian 1.249 mdpl di sekitarnya terdapat pemandangan yang sangat eksotis lereng Gunung Rogojembangan. Lokasi Curug Muncar ini tepatnya adalah di Desa Curug Muncar, Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan.

Curug Bidadari Jolotigi

Curug Bidadari

Tempat Wisata yang ada di pekalongan berikutnya adalah Curug Bidadari Jolotigi. Berlokasi di desa Purbo Jolotigi, Kec. Talun, Pekalongan, jika kamu kewisata ini nanti akan menawarkan panorama curug yang khas dan eksotis.

Di Curug ini ada 5 aliran air yang indah dan juga berbentuk seperti kolam renang, sehingga banyak pula yang menyebutnya sebagai Curug Batu Dinding Kolam Lima. Nah destinasi wisata alam satu ini juga sangat cocok buat kamu dan untuk jadi tempat hunting foto karena keindahan panorama sekitarnya.

Pantai Wonokerto

Pantai Wonokerto

Pantai Wonokerto memiliki keindahan tersendiri yaitu pemanangan sunset yang indah. Selain itu di kawasan Pantai Wonokerto ini jugaterdapat sebuah pelelangan ikan. Jadi jika anda beruntung anda dapat menemui banyak pedagang ikan yang menjajakan ikan hasil tangkapan langsung dari nelayan setempat.

Hutan Mangrove

Hutan Mangrove

Berada di Pekalongan, objek wisata alamnya memang sangatlah lengkap. Nah Hutan Mangrove ini awalnya adalah tempat tambak udang yang dikelola oleh pemerintah Pekalongan.

Yang kemudian diubah menjadi hutan bakau atau mangrove dengan tujuan untuk menahan abrasi air di daerah tersebut. Karena keindahan deretan pohon mangrove yang tertata rapi yang membuat pemandangan hutan mangrove yang sangat mempesona, maka tak heran jika hutan mangrove ini kemudian menjadi ramai sebagai objek wisata.

International Batik Center

Batik Center

Nah setelah melihat berbagai macam koleksi batik di Museum Batik, tak lengkap rasanya apabila tidak membawa batik sebagai oleh-oleh khas dari Pekalongan. Untuk memperolah barang yang bagus dengan berbagai macam pilihan, anda harus mencoba mengunjungi International Batik Center. Di International Batik Center ini dijual berbagai macam koleksi Batik yang tidak hanya ari Pekalongan sendiri namun juga koleksi batik dari daerah lain seperti Cirebon, Solo dll.

Pasar Grosir Batik Setono

Pasar Grosir Batik

Setelah sekian lama, pusat grosir batik tersebut masih tetap bertahan dengan ketenarannya. Pusat grosir ini terletak di Jalan Dr. Soetomo Pekalongan. Sebuah jalur utama pantai utara yang menghubungkan Kota Tegal dan Semarang. Produk yang dijual di pasar tersebut memiliki beberapa ciri khas, yakni pada corak batiknya dan harganya. Itulah kilasan pasar grosir batik setono jawa tengah.

Kuliner Sego Megono

Kuliner Sego Megono

Sego megono adalah salah satu masakan nusantara khas dari daerah pekalongan jawa tengah. Megono mempunyai cita rasa yang cukup unik, jadi jika kamu mencobannya maka akan terasa sangat enak dilidah dan harganya jauh lebih murah lho.

Namun seiring perkembangan jaman masyarakat kota pekalongan sering mengkombinasikan sayur , ikan, dan daging sehingga nasi megono lebih lezat dan bergizi.

Watu Ireng

Watu Ireng

Mungkin anda suka dan sering penasaran dengan hal-hal mistis, mungkin salah satu wisata pekalongan ini bisa anda kunjungi. watu ireng berlokasi di Ds lambur, Kecamatan Kendang Serang, kabupaten Pekalongan.

Watu Ireng kalau dalam bahasa indonesia. batu hitam yang berada di lokasi tersebut di perkirakanan memiliki rongga dan tidak ada satu orang pun tahu asal mula dari batu tersebut. Nah walaupun wisata ini memang tergolong wisata mistis namun sebenarnya wisata tersebut tidak menakutkan kok.

Curug Cinde

Curug Cinde

Curug Cinde merupakan salah satu objek wisata alam yang terdapat di Kecamatan Lebakbarang tepatnya di Desa Depok. selama perjalanan menuju objek wisata ini kita akan disuguhi pemandangan alam yang sangat mempesona dan masih asri, mulai dari perjalanan melewati tengah hutan.

Untuk oleh-oleh dari kawasan ini, pelancong wisata alam dapat membeli kopi tumbuk asli Lebakbarang, madu hutan dan gula merah aren alami tanpa pengawet. Desa Mendolo Kecamatan Lebakbarang sudah dikenal sebagai pengumpul madu hutan dan Desa Timbangsari sebagai sentra pengrajin gula aren di Kecamatan Lebakbarang Kabupaten Pekalongan.

Tempat Wisata Pekalongan Lainnya

  1. Masjid Agung Al Jami Pekalongan, Terletak Jl. KH Wahid Hasyim, depan Alun-alun Kota Pekalongan, dibangun oleh Tumenggung Adinegoro Aryo Wiryo Pekalongan pada 1852.
  2. Wisata Alam Rogoselo berada di Desa Rogoselo, sekitar 14 km dari Kota Doro, berupa cagar alam Arca Baron Sekeber dan Makam Ki Gede Atas Angin.
  3. Situs Baron Sekeber, Tempat wisata di Pekalongan berupa arca peninggalan dari jaman Hindu Buddha di Dukuh Kaum, Desa Rogoselo, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan
  4. Situs Lingga Yoni, Peninggalan kebudayaan Hindu di tengah persawahan Desa Tlogopakis, Petungkriyono
  5. Pura Lingga Buana Ksira Arnawa, Sebuah pura Hindu yang ada di Jl. Pandanarum, Kelurahan Panjang Baru, Kecamatan Pekalongan Utara
  6. Petilasan Ki Ageng Cempaluk, Desa Kesesi, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, juga dikenal sebagai Ki Ageng Ngerang, ayah dari Tumenggung Bahurekso.
  7. Pendopo Kajen Pekalongan, Pendopo yang cukup megah dengan lingkungan sekitar luas dan asri, serta jalanan di bagian depan yang sangat lebar.
  8. Lapangan Jetayu Pekalongan, Area lapangan yang cukup luas ini juga dikenal sebagai Kawasan Budaya Jetayu Pekalongan, merupakan kawasan terbuka hijau yang juga menjadi taman bermain segala usia.

Tempat Wisata Menarik

  1. Gua Batu Doro, Dukuh Kopeng, Desa Pungangan, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan, seratus limapuluh meter dari Makam Ki Gede Penatas Angin.
  2. Kelenteng Po An Thian, Jl. Blimbing No. 3-5-7, Nama Po An Thian atau Bao An Dian berarti “Istana Mustika Keselamatan”, didirikan pada 1882.
  3. Ekowisata Petungkriyono, Kecamatan Petungkriyono, di lereng Gunung Ragajambangan, 30 km dari Kota Kajen, berhawa sejuk, dengan air terjun, bumi perkemahan dan peninggalan sejarah.
  4. Wisata Bahari, Sebelah pelabuhan Pekalongan, 4 km dari pusat kota, dengan beragam hiburan seperti akuarium ikan laut dan air tawar, dan taman bermain anak.
  5. TPI Kota Pekalongan, Gerbang masuk berada di kawasan PPNP (Pelabuhan Perikanan Nasional Pekalongan). Lokasinya persis di samping Sungai Loji, sekitar 500 meter sebelum muara.
  6. Masjid Wakaf,  Masjid tua bersejarah yang ada di JL. Surabaya, No. 47, Sugih Waras, Kota Pekalongan
  7. Makam Habib Ahmada Sapuro, Sekitar 100 meter dari jalan Jendral Sudirman, 2 kilometer ke arah barat dari Terminal Induk Kota Pekalongan.
  8. Pohon Beringin Trembesi, Pohon beringin besar dengan pohon trembesi menjulang di tengahnya Jl Patiunus, pohon yang unik di bantaran Sungai Kupang.
  9. Masjid Aulia Sapuro, Lokasinya berjarak 37 km dari pusat kota di tengah pemakaman Sapuro, Pekalongan Barat, yang berdiri sejak 1714 dengan tiang penyangga sisa pembangunan Masjid Demak, ada Al-Quran raksasa.
  10. Gereja Katolik Santo Petrus Pekalongan, Gaya bangunannya yang menyerupai bangunan Eropa dengan pilar-pilar tinggi. Lokasi gereja ini memang sangat strategis, berada di dekat Jembatan Loji

Baca juga : Tempat Wisata di Surabaya yang Dapat Membuat Anda Kagum

Demikian mengenai Tempat Wisata di Pekalongan Paling Hits Dan Populer Dikunjungi nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!