15 Tempat Wisata di Papua Terbaru Paling Hits Dan Populer

Diposting pada

Wisata Papua Papua secara teknis bagian dari Indonesia meskipun tidak harus bingung dengan Papua Nugini yang merupakan negara yang terpisah. Terletak jauh dari pusat hub di Indonesia seperti Jawa dan Bali, Papua ditutupi oleh hektar hutan hujan yang indah serta sungai-sungai kecil dan air terjun yang mengalir deras.

Pengunjung di sini juga dapat menikmati pantai berpasir putih yang panjang serta terumbu karang bergelombang yang indah, dan siapa pun yang suka menyelam dapat menikmati perawatan karena visibilitasnya sangat jelas sehingga Anda akan dapat melihat berbagai macam kehidupan bawah laut.

Papua juga merupakan tempat penting dalam hal budaya, dan Anda bisa melihat seni suku yang menakjubkan di sini dalam bentuk lukisan gua kuno yang masih ada di beberapa tempat. Pergi ke wisata di Papua dan berkeliling pulau membutuhkan waktu, karena banyak bagian hanya dapat diakses dengan perahu, tetapi lebih baik untuk menjelajahi salah satu tempat besar yang belum tersentuh yang tersisa di Indonesia, jika tidak dunia.

Baca Juga : Tempat Wisata di Bali Terbaru Paling Hits Dan Populer

1. Raja Ampat

Raja Ampat

Raja Ampat menjadi salah satu pulau yang terindah di dunia. Terletak di Papua Barat itu dikenal sebagai tempat teratas bagi mereka yang sedang berbulan madu dan juga merupakan lokasi premium bagi siapa saja yang suka menyelam.

Sebagian besar pulau ditutupi oleh hutan hujan yang tak tersentuh dan Anda akan menemukan hamparan luas pasir bersih yang kembali di laut biru kehijauan yang penuh dengan kehidupan laut.

Seperti yang Anda harapkan, snorkeling, berlayar, dan berenang juga merupakan hiburan yang populer di sini, tetapi menyelam adalah bintang sejati Raja Ampat dan Anda dapat mengharapkan 540 spesies karang di sini serta lebih dari 1.500 spesies ikan.

2. Goa Jepang

Goa Jepang

Goa Jepang terletak di sebelah utara kota Biak, salah satu kota besar dan lebih signifikan di Papua. Ini adalah tempat menarik sejarah yang akan digunakan dalam Perang Dunia Kedua sebagai tempat bagi tentara Jepang untuk bersembunyi, dan bahkan ada sebuah terowongan dari sini yang merobohkan tiga kilometer ke Parai yang ada di pantai.

Sekitar 3.000 prajurit Jepang dikatakan telah mati di sini ketika militer AS membom gua itu, dan sekarang Anda dapat turun ke gua besar dan menyaksikannya sendiri. Anda juga akan menemukan persenjataan Jepang dan Amerika di pameran serta foto-foto kuno gua.

3. Cenderawasih Bay Marine National Park

Taman Nasional Laut Teluk Cenderawasih juga disebut sebagai Taman Teluk Cenderawasih dan sebenarnya merupakan taman laut besar yang terdiri dari 18 pulau berbeda yang membentang di sepanjang bentangan garis pantai yang indah.

Taman ini membentang sejauh 14.000 kilometer persegi menjadikannya salah satu yang terbesar di Indonesia dan banyak orang datang ke sini untuk trekking, hiking, dan scuba diving, dan jika Anda suka mengamati burung maka ini adalah tempat yang tepat untuk melakukannya. Salah satu pulau paling populer untuk dikunjungi di taman nasional termasuk Pulau Auri, Pulai Rumberpon, dan Pulau Wairondi.

4. Base G Beach

Base G Beach

Pantai Base G di Jayapura memiliki panjang hampir 3 kilometer dan ditutupi oleh pasir keemasan yang indah. Salah satu fitur terbaik dari pantai adalah platform piknik kayu yang akan Anda temukan di sini, menjadikannya tempat yang tepat jika Anda ingin membawa makanan dan menghabiskan hari yang malas menikmati pemandangan.

Anda bisa berenang di sini meskipun hati-hati disarankan karena airnya dilapisi dengan batu yang berarti bahwa pantai cocok untuk relaksasi daripada mandi. Hal menarik lainnya di sini adalah kenyataan bahwa Anda mungkin akan menemukan diri Anda sendirian di pantai yang terpencil dan hanya dipadati penduduk setempat pada akhir pekan.

5. Fak Fak

Fak Fak

Fak Fak yang anehnya namanya adalah pemukiman Belanda yang terletak di dasar beberapa bukit yang indah dan Anda juga dapat menikmati pemandangan menyapu melintasi laut tetangga. Ini bukan kota yang sangat besar tetapi layak dikunjungi, dan Anda dapat berjalan menyusuri arteri utama yang disebut Jalan Izaak Telussa dan menikmati banyak pemandangan dari sini.

Ini juga merupakan tempat yang baik jika Anda ingin mengunjungi Kepulauan Banda dan Pulau Ambon yang bertetangga yang merupakan bagian dari Kepulauan Maluku yang lebih luas. Anda juga dapat melakukan perjalanan sehari dari Fak Fak ke Pulau Tubir Seram di dekatnya yang merupakan pulau cantik yang ditutupi oleh pantai berpasir dan jalur hiking.

6. Manokwari

Manokwari

Manokwari terletak di sekitar teluk Teuk Doreri dan merupakan tempat yang memiliki makna sejarah karena itu akan menjadi pangkalan misionaris pertama di Papua yang mayoritas beragama Kristen di negara mayoritas Muslim.

Banyak pengunjung memilih untuk datang ke sini untuk bertamasya karena Anda dapat menjelajahi berbagai jalur satwa liar, banyak di antaranya merupakan bagian dari Taman Gunung Table yang sangat indah (disebut Taman Gunung Meja).

Tempat-tempat menarik lainnya termasuk Monumen Jepang dan Gua Jepang. Dekat dengan Manokwari, Anda akan menemukan Pulau Lemon yang cerah di mana Anda bisa snorkeling dan berenang.

7. Pulau Biak

Pulau Biak

Pulau Biak adalah salah satu pulau paling populer di Papua dan ditutupi oleh tempat-tempat bersejarah. Kota utama di Pulau Biak disebut Kota Biak dan di sekitar pulau Anda akan menemukan banyak pilihan menyelam serta wisata mengamati burung.

Tempat lain yang tidak boleh dilewatkan di Biak adalah Museum Cenderawasih dan Anda juga dapat melakukan perjalanan ke sisi lain pulau untuk menikmati formasi batuan yang memukau di Urfu dan Samber. Singkatnya, ini adalah salah satu pulau yang benar-benar tidak dapat Anda lewatkan jika Anda melakukan perjalanan ke provinsi yang menarik ini.

8. Lorentz National Park

Lorentz National Park

Taman Nasional Lorentz adalah Situs Warisan Dunia UNESCO dan juga rumah dari gunung terkenal yang disebut Puncak Jaya. Piramida Castensz (seperti gunung ini dikenal dalam bahasa Inggris) berukuran hingga 4.900 meter dan jika Anda ingin mempelajari semua tentang flora dan fauna di Indonesia, maka ini adalah tempat yang perlu Anda kunjungi.

Ada ratusan spesies burung di taman yang akan menyenangkan para pengamat burung dan Anda juga dapat menikmati trekking dan mendaki gunung ke Puncak Jaya jika Anda ingin bertualang. Ingatlah bahwa ini adalah pendakian yang berat, jadi pastikan untuk merencanakannya sesuai dan hanya coba jika Anda terbiasa melakukan trekking gunung.

9. Aikima

Aikima

Jika Anda ingin keluar dan berkeliling di Papua, maka pertimbangkanlah perjalanan ke Aikima yang berjarak sekitar delapan kilometer dari Waimena yang lebih besar dan merupakan rumah bagi Mummy Werapak Elosak.

Mayat yang diawetkan ini berasal dari 300 tahun yang lalu dan merupakan tubuh seorang kepala kuno yang telah dihisap untuk mencegah tubuhnya membusuk. Cerita berlanjut bahwa alasan untuk ini adalah bahwa kepala suku memiliki kekuatan magis dan bahwa desa ingin melestarikan ini setelah kematiannya untuk menjaga daerah setempat aman dan bebas dari roh jahat atau tentara perampok.

10. Museum Loka Budaya

Museum Loka Budaya

Museum Loka Budaya di Jayapura adalah bagian dari Universitas Cenderawasih dan merupakan salah satu museum terbaik di Papua. Di sini Anda akan menemukan sejumlah besar artefak yang berbeda seperti ukiran Asmat kuno dan kostum tradisional.

Ada juga barang kerajinan dari berbagai daerah di Papua dan Anda bahkan akan menemukan beragam koleksi seperti pameran foto-foto lama dan bahkan alat musik. Siapa pun yang menikmati taksidermi juga dapat melihat-lihat galeri boneka binatang Papua termasuk beberapa burung cendrawasih khasnya.

11. The Bird and Orchid Garden

The Bird and Orchid Garden

Untuk sedikit ketenangan di Kota Biak, pergilah ke Ibdi, Taman Burung dan Anggrek yang memiliki koleksi burung asli Papua termasuk burung enggang, kakatua, dan lories. Serta avians berwarna-warni Anda juga akan menemukan beberapa lusin spesies anggrek di sini jadi jika Anda ingin berjalan-jalan di bagian kota yang dingin dan tidak tergesa-gesa maka ini adalah tempat untuk melakukannya. Ini juga merupakan salah satu atraksi utama di Biak yang merupakan tempat yang cantik tetapi tidak memiliki sejumlah besar tempat wisata dalam dirinya sendiri.

12. Jiwika

Jiwika Village

Terletak dekat dengan kota Jiwika, Wimontok Mabel Mummy dikatakan sebagai sisa-sisa kepala terkenal yang akan tinggal di sini pada abad ke-18. Mayatnya telah dilestarikan dan sekarang Anda dapat datang dan melihat tontonan mengerikan ini sendiri jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang sejarah daerah tersebut.

Ini juga merupakan daerah terpencil di Papua sehingga merupakan tempat yang tepat untuk bertemu dengan beberapa penduduk setempat dan melihat bagaimana orang hidup di provinsi yang menakjubkan ini.

13. The Asmat Region

Asmat

Wilayah Asmat Papua tidak dikunjungi oleh wisatawan yang memalukan karena merupakan tempat yang tepat untuk dikunjungi jika Anda ingin melihat beberapa desa paling megah di Papua.

Wilayah ini membentang bermil-mil dan ditutupi rawa-rawa bakau, sungai, dan hutan tropis, dan kota utamanya disebut Agats meskipun tidak mengharapkan kota metropolitan yang besar karena sebenarnya lebih mirip kota kecil.

Salah satu yang menarik dari Agats adalah Museum Kebudayaan dan Kemajuan (Museum Kebudayaan dan Kemajuan) yang dipenuhi dengan galeri seni suku Asmat.

14. Jayapura

Jayapura

Jayapura adalah ibu kota Papua dan juga kota terbesarnya. Yang mengatakan, memiliki populasi 200.000 orang yang berarti itu tidak terlalu besar, tetapi ada banyak yang bisa dilihat di sini untuk membuat Anda sibuk selama beberapa hari.

Kota ini dikelilingi oleh bukit-bukit dan Anda akan dekat dengan pantai-pantai di sini seperti Pantai Base G dan ada sejumlah kuil untuk dilihat di kota yang dikunjungi oleh penduduk Buddha setempat. Juga pastikan untuk tidak melewatkan pasar lokal di Hamadi untuk pengalaman yang benar-benar Papua.

15. Pulau Kaimana

Pulau Kaimana

Pulau Kaimana di Papua Barat adalah Kawasan Konservasi Laut yang terhubung dengan Raja Ampat dan juga bagian dari Bentang Laut Kepala Burung. Tempat ini dikenal sebagai penyelaman terbaik di dunia karena ia berada di Segitiga Karang yang terkenal, daerah dengan lebih banyak spesies ikan dan karang daripada tempat lain di bumi.

Kaimana sering disebut Kerajaan Ikan dan juga menjadi favorit bagi mereka yang suka fotografi makro. Seperti namanya, Anda akan menemukan banyak taman karang di sini serta spesies seperti lumba-lumba yang anggun, marlin, kuda laut, dan hiu.

Baca Juga : Tempat Wisata di Lombok Terbaru Paling Hits Dan Populer

Demikian mengenai tempat wisata papua semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, khusunya yang mau berlibur ke papua bisa menambah informasi perjalanan berwisata.

[Total: 0    Average: 0/5]
Alfian
Hobi membaca dan menulis travelling atau wisata. Aktif menulis di blog, media sosial, forum, dan berbagai platform penulisan lain di internet sejak tahun 2015.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *