19 Tempat Wisata di Pangandaran Terbaru yang Hits Dan Eksotis

Tempat Wisata di Pangandaran – Kabupaten Pangandaran merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Parigi. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar di utara, Kabupaten Cilacap di timur, Samudera Hindia di selatan, serta Kabupaten Tasikmalaya di barat.

Wisata yang paling menarik para pengunjung adalah wisata pantai serta banyak kegiatan wisata pantai yang mengasikan. Selain tergolong wisata berbiaya murah, Pantai Pangandaran sangat mudah diakses dengan sejumlah transportasi yang ada. Di Pantai Pangandaran, banyak warga menghabiskan waktu liburannya bersama dengan keluarga, teman-teman, hingga pasangannya masing-masing.

Selain itu, Tempat wisata Pantai Pangandaran juga merupakan destinasi favorit bagi sebagian wisatawan luar negeri. Sudah menjadi kebiasaan di saat menjelang pergantian tahun, wisata Pantai Pangandaran ini selalu padat dengan hadirnya banyak wisatawan. Tempat wisata yang paling terkenal di Pangandaran yaitu Pantai Pangandaran karena pantai ini sangat indah bahkan AsiaRooms menobatkan Pantai Pangandaran sebagai pantai terbaik di Pulau Jawa.

Baca Juga : Tempat Wisata di Sumedang yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Pangandaran yang Wajib Dikunjungi

Nah pada kali ini Aneka Wisata Seru akan merekomendasikan beberapa tempat wisata yang paling populer di pangandaran, Apa saja tempat wisata di Pangandaran yang seru untuk dikunjungi? Berikut ini adalah sejumlah objek wisata di Pangandaran yang dapat Anda pilih. Beberapa di antara objek wisata Pangandaran ini telah populer di antara para wisatawan dunia.

1. Tempat Wisata Pantai Pangandaran 

Pantai Pangandaran

Nah tempat wisata yang wajib anda kunjungi yang pertama yaitu Pantai Pangandaran, Pantai Pangandaran adalah tujuan wisata yang telah menjadi primadona bagi masyarakat Jawa Barat. Salah satu tempat wisata terpopuler di Jawa Barat ini memiliki beragam kegiatan wisata pantai yang menyenangkan.

Di pantai ini Anda bisa menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam yang memukau mata, berenang dengan aman karena pantainya landai dan juga menikmati taman laut. Pantai Pangandaran dikenal dengan pasirnya yang putih. Untuk menuju lokasi, Anda juga sudah dipermudah dengan jalanan beraspal yang sudah dilengkapi dengan penerangan yang baik.

Pantai Pangandaran di Ciamis telah mempunyai dukungan infrastruktur dan fasilitas publik yang lengkap. Area tempat parkir kendaraan di pantai ini juga tergolong luas. Di kawasan Pantai Pagan daran juga terdapat hotel dan penginapan dengan harga yang bervariasi, dari murah hingga mahal. Ada juga parasailing, jetski, layanan postel dan money changer, bioskop, bumi perkemahan, diskotik, dan lain-lainnya.

Pantai Pangandaran terletak di Kabupaten Pangandaran tepatnya di Desa Pananjung. Pantai Pangandaran Ciamis pernah dinobatkan oleh AsiaRooms sebagai pantai terbaik di provinsi Jawa Barat. Tentunya hal ini menjadi suatu kebanggaan bagi Indonesia terutama sebagai daya tarik wisatawan.

2. Tempat Wisata Curug Bojong Pangandaran

Curug Bojong

Tempat wisata selanjutnya yaitu Curug Bojong,  Panorama yang menjadi daya tarik dari Curug Bojong ini adalah air terjun sesuai dengan namanya curug yang berarti air terjun. Setidaknya terdapat 3 buah curug atau air terjun di kawasan Curug Bojong ini. Nama Curug Bojong ini berasal karena aliran sungainya berasal dari kampung Bojong.

Dengan ketinggian antara 100 – 150 meter di atas permukaan laut dan disusun dari gugusan bebatuan hitam dan suhu udara antara 25 – 28 C dengan aliran sungai di tengah, menjadikan Curug Bojong sebagai wana wisata yang cukup mempesona.

Perlu anda ketahui, Dulu Curug ini bernama Curug Sawangan. Namun sekarang ini lebih terkenal dengan nama Curug Bojong dikarenakan air sungainya berasal dari Kampung Bojong. Jika Anda ingin menujju tempat ini dari Pangandaran, ambil jalur Babakan kemudian Sukahurip dengan jarak tempuh sekiar 6 km saja.

3. Tempat Wisata Pantai Batu Karas Pangandaran

Pantai Batu Karas

Pantai batu karas merupakan perpaduan nuansa alam antara objek wisata Pangandaran dan Batu Hiu dengan suasana alam yang tenang, gelombang laut yang bersahabat dengan pantainya yang landai membuat pengunjung kerasan tinggal di kawasan ini.

Pantainya yang landai dengan air laut tenang nan biru menanti Anda untuk segera berenang menikmati airnya yang segar. Anda bisa nikmati suasana tenang dengan angin sepoi-sepoi menikmati hidangan di rumah makan yang tersedia. Pandangan lepas ke ujung cakrawala memberi Anda ketenangan dan kenangan berlibur yang menyenangkan.

Tempat wisata ini juga cocok untuk Anda yang memiliki hobi berselancar. Selain itu, Anda juga bisa menginap di hotel atau penginapan yang terdapat di sekitar pantai, dengan begitu Anda bisa menikmati sunset dan sunrise yang indah. Letaknya ada di Desa Batukaras, sekitar 34 km dari Pangandaran.

4. Tempat Wisata Cukang Taneuh (Green Canyon) di Pangandaran

Cukang Taneuh

Tempat wisata Cukang Taneuh ini mirip kayak di Green Canyon amerika ya guys, Dengan keindahan yang ditawarkan oleh Green Canyon, Anda pasti takjub. Jadi jangan lupa untuk menyiapkan kamera selama perjalanan menyusuri sungai. Bidiklah objek-objek indah yang sayang untuk dilewatkan. Jangan lupa siapkan pembungkus kamera anti air karena di sini nanti Anda akan banyak berinteraksi dengan air.

Kegitan yang sering dilakukan oleh wisatawan di Cukang Taneuh yaitu adalah Body Rafting. Harga yang ditawarkan berkisar antara 150.000 Rupiah sampai 250.000 Rupiah. Paket body rafting ini tidak hanya rafting saja tetapi Anda juga bisa menikmati berenang di kejernihan air Green Canyon, melompat dari tebing dengan ketinggian mencapai 9 meter, dan juga trekking.

Green Canyon terletak di Desa Kertajaya, Cijulang, Ciamis. Dari Ciamis sendiri Anda harus menempuh perjalanan sekitar 130 km atau 31 km dari Pangandaran. Pastinya jika anda berkunjung ke Green Canyon Pangandaran anda akan merasa betah dan ingin berlama-lama disini.

5. Tempat Wisata Santirah River Tubing di Pangandaran

River Tubing

Mungkin anda menyukai wisata air yang memacu dengan kegiatan-kegiatan yang adrenalin. Anda bisa mendatangi Santirah River Tubing. Jarak tempat wisata ini dengan pusat kota hanya 15 km saja. Di sini Anda akan merasakan serunya berarung jeram tapi tidak dengan menggunakan perahu karet, melainkan dengan menggunakan ban besar. Aliran sungai Santirah yang ada di Desa Selasari akan membuat Anda basah lengkap dengan sensasi terombang ambing di antara arus dan bebatuan sungai.

Penyedia jasa mengenakan tarif untuk mengarungi sungai atau yang lebih di kenal dengan body rafting dan river tubing tersebut dengan dilengkapi perlengkapan serta pemandu dengan hanya sebesar Rp.50.000 sampai dengan Rp.100.000 per orang sesuai pilihan yang akan di ambil wisatawan, dengan durasi selama kurang lebih 2 sampai 3 jam.

6. Tempat Wisata Pantai Keusik Luhur

Pantai Keusik

Pantai Keusik Luhur Merupakan perpaduan antara alam pegunungan dengan panorama pantai. Dari sebuah bukit kita bisa menyaksikan bergeloranya samudra Indonesia dengan gelombang laut selatan menghempas karang, sehingga buih-buih putih birunya laut lepas. Letaknya di Desa Kertamukti, Kecamatan Cimerak, atau berjarak sekitar 45 km dari Pangandaram. Perpaduan antara pemandangan alam pegunungan dan birunya laut menjadi ciri khas dari pantai ini.

Dari atas bukit yang ada di pantai ini, Anda bisa melihat pemandangan ombak yang menghantam karang. Nama Keusik Luhur sendiri ternyata juga diambil dari latar belakang pantai ini. “Keusik” artinya pasir, sedangkan “luhur” artinya tinggi. Nama tersebut diambil karena gelombang laut yang besar membuat pasir terangkat tinggi ke batu karang.

Karena pantai ini dipenuhi hamparan bebatuan karang terjal, wisatawan tidak diizinkan untuk melakukan aktivitas renang dan berselancar. Akan tetapi, keindahan panorama pantai ini akan membuat Anda betah berlama-lama menikmatinya.

7. Tempat Wisata Saung Muara Pangandaran

Saung Muara

Tempat wisata di Pangandaran yang menjadi tujuan wisata favorit warga lokal populer yaitu Saung Muara, berada di ujung dari jalan Pamugaran dan bisa di tempuh juga melalui pintu masuk objek wisata Pangandaran melalui Pamugaran, masuk ke arah kanan menyusuri jalan sekitar 1 km, wisatawan akan mendapati tempat berwisata dengan panorama alam yang masih asri, di kelilingi tumbuhan mangrove dan pandan yang masih tersebar di sekeliling objek.

Di tempat ini pengunjung bisa menikmati matahari terbenam secara penuh, dan bisa melakukan aktifitas memancing, serta barbeque sembari berkemah atau sekedar makan bersama keluarga dapat di jadikan pilihan menarik untuk melengkapi acara liburan di Pangandaran.

Di sekitar objek tersedia beberapa saung atau berupa Gazebo sebagai sarana untuk bersantai dan juga sudah tersedia mushola dan fasilitas air bersih, dan berdiri satu warung yang menyediakan jajanan dan minuman ringan guna melengkapi kebutuhan wisatawan.

8. Tempat Wisata Pantai Karapyak di Pangandaran

Pantai Karapyak

Tempat wisata yang harus anda kunjungi yaitu Pantai Karapyak, Keindahan Pantai Karapyak memang belum bisa mengalahkan Pantai Pangandaran. Namun bukan berarti tidak layak dikunjungi dan dijadikan objek wisata. Pantai ini mempunyai kelebihan hamparan pasir putih yang memanjang sepanjang kurang lebih 5 km dipadu dengan tonjolan batu karang. Keindahan semakin kentara, ketika ombak laut mulai surut, ikan hias berenang ke sana kemari di sela-sela batu karang.

Selain menawarkan sejuta keindahan dan petualangan, Pantai Karapyak terbilang masih alami. Ini ditandai masih bersihnya pantai dari serbuan sampah plastik maupun sejenisnya. Kondisi alamnya pun masih alami dan terawat. Hanya sayang, pantai ini kurang diminati wisatawan domestik maupun mancanegara. Ini terlihat dari masih jarangnya warung-warung maupun penginapan yang dikembangkan warga setempat.

9. Tempat Wisata Gua Sumur Mudal di Pangandaran

Gua Sumur Mudal

Goa sumur mudal merupakan sebuah goa yg berada diobyek wisata cagar alam pangandaran, didalam goa tersebut ada beberapa keunikan yang bisa kita lihat seperti setalaktit dan stalagmit dengan berbagai bentuk, diantaranya ada yang berbentuk seperti tenggorokan manusia, dan dinding goa tersebut dihiasi juga dengan relief alam yang indah seperti dinding candi.

Mengapa goa tersebut dinamakan goa sumur mudal? karena didalamnya terdapat sebuah cekungan yang mirip seperti sumur yang dulu ada sebuah mata air yang keluar sangat deras sehingga sampai mudal (meluap), karena saking derasnya air tersebut mengalir melalui parit goa.Dan pada masa kerajaan air tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan air minum dan memasak.

10. Tempat Wisata Pantai Batu Hiu Pangandaran

Pantai Batu Hiu

Pantai Batu Hiu merupakan sebuah pantai dengan tebing cukup terjal yang memiliki pemandangan lepas kearah samudra hindia. Batu hiu berjarak sekitar 14 km dari pangandaran sebagai objek wisata pilihan ketika anda datang ke Pangandaran. Pantai ini memiliki panorama alam yang sangat indah. Dari atas bukit kecil yang ditumbuhi pohon-pohon Pandan Wong, kita menyaksikan birunya Samudra Indonesia dengan deburan ombaknya yang menggulung putih.

Pantai ini dinamakan Batu Hiu karena ada batu yang terlihat di laut ini dan menyerupai sirip ikan hiu. Untuk menikmati indahnya pantai, kita bisa naik ke atas bukit kecil di pantai ini. Dari atas bukit itulah kita bisa melihat batu yang menyerupai sirip ikan hiu, merasakan sejuknya angin laut dan juga menikmati indahnya Samudra Indonesia. Selain itu, anda dapat menikmati suasana alam pantai dengan berjalan-jalan di bukit yang teduh atau duduk santai bersama keluarga

Batu hiu berjarak sekitar 14 km dari pangandaran sebagai objek wisata pilihan ketika anda datang ke Pangandaran. Terletak di Desa Ciliang Kecamatan Parigi, kurang lebih 14 km dari Pangandaran ke arah Selatan.

11. Tempat Wisata Pangandaran Waterpark

Pangandaran Waterpark

Pangandaran Waterpark merupakan tempat wisata yang paling enak jika dikunjungi bersama keluarga, Pangandaran Waterpark ini masih baru, tapi waterpark ini bisa jadi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Waterpark di Pangandaran ini letaknya di pinggiran Pantai Lembah Putri. Anda bisa menemukannya sekitar 5 km dari pintu wisata Pangandaran tepatnya di Kecamatan Kalipucang.

Fasilitas yang disajikan antara lain seperti umumnya waterpark, seperti luncuran, waterbom dan sebagainya, anda juga bisa menikmati petualangan seperti highrope dan yang lainnya, untuk anda yang suka dengan ATV, anda juga bisa memanfaatkan fasilitas yang ada disini.

Untuk fasilitas umum biaya yang harus dikeluarkan sekitar 10rb-25 untuk hari-hari besar atau libur panjang. Didalamnya selanjutnya anda bisa menyewa pelampung atau perahu plastik untuk berenang.

12. Tempat Wisata Citumang Pangandaran

Citumang

Citumang merupakan obyek wisata yang memiliki daya tarik khusus, yaitu sungai Citumang yang mengalir membelah hutan jati dengan airnya yang bening kebiruan. Tepian sungai yang terdiri dari ornamen batu-batu padas dengan relung dalam dihiasi relief alam dan aliran sungai yang menembus ke dalam goa. Keheningan alam akan Anda jumpai disini. Musik alami berupa gemercik air sungai, bisikan angin sepoi yang menyelinap di antara pepohonan dan suara satwahutan yang tak pernah sepi.

Menikmati Citumang, tidak sekedar mandi dan berenang seperti yang selama ini banyak dilakukan wisatawan asing, tapi dapat AndaAir keluar dari Sanghyang Tikorolakukan kegiatan lainnya seperti: menikmati suasana sepanjang sungai, petualangan ke dalam goa dan menikmati privacy di tengah alam yang asli, sejuk dan eksotis.

Tempat Wisata ini terletak di Desa Bojong Kecamatan Parigi Ciamis, berjarang lebihJalan menuju lokasi kurang 15 km dari Pangandaran ke arah barat. Atau sekitar 4 km dari jalan raya Pangandaran – Cijulang. Jarak seluruhnya dari kota Ciamis sekitar 95 km.

13. Tempat Wisata Pantai Karang Tirta Pangandaran

Pantai Karang Tirta

Pantai karang Tirta memiliki Air laut yang tenang, berwarna biru saat langit cerah tak berawan. Objek wisata pantai ini terletak di sebelah selatan Pantai Indah Pangandaran, kurang lebih 8 km dari sana. tepatnya di Desa Sukaresik Kecamatan Sidamulih, Ciamis, Jawa Barat ke arah batu Hiu belok kiri. Anda akan menjumpai sebuah pintu gerbang Wisata Pantai Karang Tirta.

Di Pantai Karang Tirta Anda dapat melakukan kegiatan seperti bermain perahu, berenang, kemping, memancing, menjala ikan, mencari taritip (semacam seafood), juga dapat mencoba membuat gula dari kelapa (wisata agro), belajar membuat opak made in Cipari, belajar nari ronggeng, melihat pembuatan wayang golek (wisata Budaya), serta ada makanan khas di daerah ini yaitu Pindang Gunung.

Untuk memasuki kawasan ini, Anda hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 3.000 per orang. Kalau membawa motor dikenai biaya Rp 6.000 per motor, sedangkan jika membawa mobil pribadi dalam ukuran sedang dikenai biaya Rp 30.000 Untuk rombongan yang menggunakan bus pariwisata, Anda akan dikenai biaya sebesar Rp 60.000.

14. Tempat Wisata Pantai Lembah Putri Pangandaran

Pantai Lembah Putri

Pantai Lembah Puteri adalah objek wisata di Pangandaran yang nyaris terlupakan. Padahal, tempat ini menawarkan pesona berbeda dari tempat wisata lain. Di Pantai Lembah Putri, Anda dapat menikmati panorama alam dari ketinggian bukit di sekitar pantai. Dari ketinggian, terutama dari tembok Cina, Anda dapat melihat pesona hamparan lautan Samudra Indonesia.

Seperti halnya di Tiongkok, tembok ini menyajikan nuansa alam pegunungan yang indah. Namun, tak hanya alam pegunungan, luas lautan merupakan sajian apik pemandangan dari ketinggian tembok. Tak hanya menjadi lokasi selfie para pelancong, tembok Cina menarik perhatian beberapa orang untuk melakukan kegiatan fotografi prewedding. Tembok batu berlatar belakang alam indah telah memikat banyak orang untuk datang dan mengabadikannya dalam sebuah foto.

Tempat wisata ini berada di dusun Lembah Putri desa Putrapinggan kecamatan Kalipucang. Berjarak sekitar 13 Km sebelum pantai Pangandaran dan 5 Km setelah pantai Karang Nini.

15. Tempat Wisata Desa Selasari Pangandaran

Desa Selasari

Desa Wisata Selasari menawarkan anda keseruan dan keindahan tersebut desa wisata ini diberkahi potensi pariwisata yang luar biasa. Selain indah, jumlahnya-pun terbilang cukup banyak dan bervariasi, mulai dari wisata tirta, wisata gua bahkan wisata kuliner dapat anda temui disini. Terletak di kecamatan Parigi, sekitar 30 menit perjalanan dari pantai Pangandaran ke arah Barat,

Disini ada Wisata tirta seperti body rafting dan river tubing diantaranya dapat anda lakukan di objek wisata Santirah dan Goa Lanang, bahkan anda akan mendapatkan keseruan lebih disini karena selain berenang dan bermain air saat rafting, anda dapat sekaligus melakukan kegiatan caving dan tracking tanpa harus mengeluarkan biaya lebih.

Selain keseruan caving di gua-gua yang ada di desa ini seperti Goa Reregan, Goa Lanang pun menawarkan keseruan caving di goa Keraton setelah anda bermain air. Goa sedalam kurang lebih 30 meter ini memiliki keunikan yang sangat memukau, anda akan menemukan formasi batu yang dinamai batu Gamelan. Tentunya nama tersebut bukan tanpa alasan, cobalah datang dan tunggu sampai pemandu anda memainkannya.

16. Tempat Wisata Pantai Mandasari

Pantai Mandasari

Pantai Madasari merupakan pantai terindah di Pangandaran. Namun, selain jarak yang jauh dari Pangandaran juga Fasilitas umum yang belum lengkap, tapi sepertinya ini tidak terlalu bermasalah untuk wisatawan yang begitu penasaran dengan Pantai ini. Ombak yang besar dan teluk yang indah melengkapi harmoni Pantai ini, Juga dengan adanya Batu ditengah laut yang akan membuat anda berdecak kagum.

Pantai ini menyajikan panorama alam yang spesifik dengan pulau-pulau kecil yang berpadu dengan hijaunya datan masawah, dan dihiasi pula oleh batu-batu karang yang unik, dengan pantainya yang cukup landai. Pantai ini Terletak di desa Masawah Kecamatan Cimerak +20 km Dari Green Canyon ke arah selatan, dapat dijangkau dengan berbagai jenis kendaraan atau sekitar 40 km dari Pantai Pangandaran.

17. Tempat Wisata Cagar Alam Pananjung

Cagar Alam Panunjung

Rasanya kurang lengkap kalau bila tidak menginjakkan kaki di Taman Wisata Alam (TWA) Pangandaran. Objek wisata ini merupakan satu-satunya objek wisata hutan yang ada di Pangandaran, Kabupaten Ciamis. Keadaan topografi sebagian besar landai dan di beberapa tempat terdapat tonjolan bukit kapur yang terjal.

Pangandaran memiliki kekayaan sumber daya hayati berupa flora dan fauna serta keindahan alam. Hutan sekunder yang berumur 50-60 tahun dengan jenis dominan antara lain laban, kisegel, merong , dan sebagainya. Juga terdapat beberapa jenis pohon peninggalan hutan primer seperti pohpohan kondang, dan benda .

Hutan pantai hanya terdapat di bagian timur dan barat kawasan, ditumbuhi pohon formasi Barringtonia, seperti butun, ketapang. Bagaimana? menarik bukan, tidak salahnya anda berkunjung keseini jika anda sedang di kabupaten Pangandaran.

18. Tempat Wisata Pantai Karang Nini

Pantai Karang Nini

Tempat wisata Karang Nini tersembunyi di balik bukit yang dikelilingi oleh rimbunnya hutan. Tentu saja, karena destinasi ini masuk dalam kawasan hutan negara yang dikelola oleh Perum Perhutani.Lalu, apa saja yang dapat kita lakukan di Karang Nini? Tentu saja yang pertama adalah kita bisa menikmati keindahannya. Kita bisa memandang birunya samudera dari atas bukit. Di bawah sejuknya rimbun pepohonan.

Kita bisa melihat Sagara Anakan dari kejauhan, bahkan sejak memasuki pintu gerbangnya.Juga Pulau Nusa Kambangan dan teluk Pananjung di selatan yang membayang di horizon. Serta kelokan jalan kereta api peninggalan Belanda yang menghilang di ujung terowongan.

Wana wisata pantai Karang Nini memiliki fasilitas kantor informasi, pondok wisata, mushola, warung/kedai, camping ground, play ground dan areal parkir seluas ± 300 meter. Pantai Karang Nini terletak di antara jalur Ciamis Pangandaran. Tepatnya berada di desa Emplak Kecamatan Kalipucang. Dari kota Ciamis dapat ditempuh sekitar 80 km. Sedang dari Pangandaran, kira-kira lebih 10 km atau 20 menit.

19. Tempat Wisata Curug Tujuh Cibolang Panjalu

Curug Tujuh Cibolang Panjalu

Curug Tujuh Sesuai dengan namanya curug ini mempunyai 7 buah air terjun  yang tersebar dan tidak berjauhan letaknya. Bahkan curug 4 dan 5 letaknya berdampingan hanya terpisah kurang lebih 2 meter jaraknya, sehingga dengan demikian untuk dapat menikmati keindahan dan keasrian ketujuh air terjun tersebut, adalah dengan cara mengitari bukit, menapaki jalan setapak mulai dari kaki ke puncak bukit dan kembali lagi.

Setiap curug ini memiliki nama yaitu, Curug Satu, Curug Dua, Curug Tiga, Curug Cibolang, Curug Cimantaja, Curug Cileutik dan Curug Cibuluh. Ketujuh curug ini mengalirkan air ke sungai Cibolang dan Cimantaja. Keberadaan Curug ini mempunyai kelebihan jika dibandingkan dengan kebanyakan air terjun lain pada umumnya, karena air terjun ini tidak pernah surut sekalipun di musim kemarau, dan air yang mengalir mengandung unsur belerang yang berkhasiat untuk penyembuhan beberapa penyakit.

Curug ini Berjarak kurang lebih 35 km arah utara kota Ciamis atau 5 km dari kecamatan Panjalu. Wana wisata ini dapat dicapai dari arah barat dari Kecamatan Panjalu atau kota Bandung melalui Malangbong, Ciawi dan Rajapolah. Sedangkan dari arah timur dari Kabupaten Ciamis melalui kecamatan Kawali.

Baca Ini : Tempat Wisata di Jepara yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai Tempat Wisata di Pangandaran yang Wajib Dikunjungi semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *