31 Tempat Wisata di Palu Terbaru Paling Hits Dan Populer

Tempat Wisata di Palu – Hai sahabat Aneka Wisata Seru, kali ini saya akan merekomendasikan mengenai tempat wisata di palu sulawesi tengah yang wajib dikunjungi, dan pastinya tempat wisata di Palu ini sangat indah dan menarik juga jika dikunjungi.

Untuk itu jika anda ingin ke Palu jangan lupa ajak keluarga anda atau juga teman anda agar liburan di Palu lebih menyenangkan dan mengasikan juga. Alangkah baiknya saya akan menjelaskan mengenai kota Palu agar sahabat Aneka Wisata Seru tahu tentang kota Palu ini. Berbicara tentang Kota Palu, sangat terkenal dengan keindahan pantainya.

Baca ini : Tempat Wisata di Makassar yang Wajib Dikunjungi

Berikut ini adalah sejumlah tempat wisata di Palu Sulawesi Tengah yang wajib Anda kunjungi, beberapa di antaranya adalah destinasi wisata di Palu yang indah dan mempesona di kalangan penikmat perjalanan.

Danau Sibili

Danau Sibili

Danau Sibili adalah sebuah danau alam yang terletak di Kelurahan Pantoloan Kecamatan Tawaeli, Kota Palu. danau ini awalnya merupakan danau yang dijadikan tempat pemancingan ikan oleh masyarakat sekitar. Tetapi, karena seringnya pengunjung yang datang dari luar Kecamatan Tawaeli untuk datang berwisata akhirnya danau ini dijadikan salah satu objek wisata andalan di kecamatan tersebut.

Wisata yang menjadi andalan di sini adalah wisata Mancing dgn berbagai jenis varietas ikan seperti mas, bawal, mujair, gabus dll. Di pinggir danau, ada sarana yang dapat digunakan bagi Anda yang ingin menikmati keindahan danau, seperti perahu tradisional.

Kawasan Wisata Religi Sis Al Jufrie

Wisata Religi Sis Al Jufrie

Tempat Wisata Kawasan Wisata Religi Sis Al Jufrie ini terletak di sepanjang Jalan Sis Aljufrie, Kelurahan Boyaoge, Kecamatan Tatanga dan Kelurahan Kamonji, Kecamatan Palu Barat. Dijalan ini terdapat berbagai macam objek wisata belanja dan objek wisata Religi.

Tempat wisata perbelanjaan yang ada disini aalah Pertokoan Palu Plaza. disini masyarakat kota palu menjual berbagai macam kuliner, Pakaian dan oleh – oleh. Disana terdapat makam Idrus Bin Salim Al Jufrie Pendiri AL Khairaat, Masjid AL Khairaat, Masjid Nurul Khairaat, Dan Masjid Nur Sa’adah, dan Beberapa Sekolah berbasis islam.

Masjid ‘Apung’ Argam Bab Al Rahman

Masjid Apung

Masjid terapung Arqam Bab Al Rahmanadalah masjid terapung yang terletak di kawasan teluk palu, kampung lere, Palu Barat, Sulawesi Tengah.masjid ini hanya berjarak 400 meter dari Jembatan Kuning atau Jembatan Palu Empat. Masjid terapung yang ukurannya tidak terlalu besar dilengkapi dengan kubah bewarna emas dan disinari beraneka warna lampu pada malam hari.

Disebut sebagai masjid terapung karena lokasi tempatnya berdiri berada di atas air laut teluk Palu. Bangunan masjid dihubungkan dengan jembatan beton ke pantai. Ukuran masjid-nya tidak terlalu besar dengan luas sekitar 121 meter persegi dan hanya mampu menampung sekitar 150 jemaah sekaligus, namun dengan rancangan bangunan yang cukup menarik, serta letaknya yang tidak lazim menjadikan masjid ini sebagai salah satu objek menarik untuk di kunjungi di kota Palu.

Rumah Adat Banua Mbaso

Rumah Adat Banua Mbaso

Banua Mbaso adalah merupakan salah satu rumah adat yang ada di Kampung Lere, Palu, Sulawesi Tengah. Rumah ini dikenal juga dengan nama Sou Raja yang bermakna Rumah Besar atau Pondok Raja. Rumah adat ini dibangun oleh Raja Palu yakni Jodjokodi pada tahun 1892. Awalnya selain sebagai pusat pemerintahan kerajaan, juga berfungsi sebagai tempat tinggal raja beserta keluarga.

Bangunan rumah ini ditopang dengan sejumlah tiang kayu berbentuk balok persegi empat. Tiang kayu yang digunakan berasal dari jenis kayu yang berkualitas tinggi. Sehingga meski kini sudah berumur ratusan tahun, bangunannya masih terlihat kokoh.

Untuk atap bangunan berbentuk piramida segitiga dan dihiasi dengan berbagai ukiran yang disebut dengan panapiri. Pada dasarnya bangunan ini merupakan perpaduan antara rumah adat Sulawesi Selatan dengan rumah adat Kalimantan Selatan.

Pantai Talise

Pantai Talise

Pantai Talise merupakan sebuah pantai yang ada di Palu yang hanya berjarak 2 km sebelah utara kota Palu ini memang menjadi salah satu tujuan wisata karena aksesnya yang begitu mudah, biaya yang murah dan pemandangan yang ditawarkan di pantai ini pun cukup indah.

Selain akses menuju lokasi yang begitu mudah, di pantai ini para pengunjung juga tidak perlu membayar biaya masuk atau tiket masuk alias gratis. Pengunjung juga dapat melakukan kegiatan wisata air seperti, berenang, selancar angin, menyelam, memancing, dan kegiatan lainnya.

Pantai Tanjung Karang Donggala

Pantai Tanjung Karang

Pantai Tanjung Karang merupakan Pantai yang indah dan mempesona, untuk perjalanan menuju pantai Tanjung Karang tidak akan membosankan karena sepanjang jalan yang dilewati bersisihan dengan pantai yang menyuguhkan pemandangan yang indah.

Bagi pecinta fotografi ataupun model tempat-tempat ini bisa menjadi spot yang menarik. Pantai ini, sangat digemari oleh para wisatawan turis karena mempunyai pemandangan yang unik. Di satu sisi, terdapat pantai landai dengan hamparan pasir putih dengan air yang dangkal. Sementara, sisi yang lainnya lagi ada tebing tinggi dengan laut yang cukup dalam.

Pantai Taman Ria

Pantai Taman Ria

Pantai Taman Ria merupakan objek wisata yang terletak di Kelurahan Lere, Palu Barat. Disini sangat cocok sebagai lokasi untuk menikmati pemandangan disaat matahari terbit. Dengan panjang pantai sekitar 500 meter, pengunjung dapat dengan leluasa memilih tempat untuk bersantai.

Di sore dan malam hari, pengunjung dapat menikmati beragam hidangan makanan tradisional karena disepanjang pantai banyak berjajar rumah makan. Fasilitas lain disini adalah panggung terbuka, tak jauh dari lokasi juga terdapat dua masjid, kesemua fasilitas tersebut berada tidak jauh dari bibir pantai.

Danau Poso

Danau Poso Palu

Danau Poso merupakan danau terdalam di Indonesia. Dengan kedalamannya itu Ia memiliki keindahan yang sangat menakjubkan. Danau yang berada di ketinggian 657 m dpl ini membentang dari utara ke selatan dengan luas 32 ribu Ha dengan kedalaman 510 m. Danau Poso dikelilingi perbukitan dan area hutan, Anda bisa menikmati pemandangan alami sambil menghirup udara yang sejuk.

Dengan pantai pasir putih bersih yang memantulkan cahaya matahari, serta ekosistem danau yang masih terjaga, membuat pemandangan Danau Poso terlihat masih alami. Selain itu, Pemandangan di sekeliling Danau Poso juga tak kalah menarik. Pegunungan dan hutan yang masih asri mengelilingi danau ini. Sesekali Anda akan melihat beberapa jenis burung terbang melintas, atau berkicau di sekitar rerimbunan hutan.

Sinkhole Presentasi Donggala

Presentasi Donggala

Sinkhole Presentasi nerupakan Sebuah tempat wisata kolam alami, ada yang mengatakan air ini berasal dari laut . Bisa dikatakan masyarakat mempercayai ada terowongan yang bisa menjuku langsung ke laut palu. Banyak juga orang yang berkunjung ke sini menyebutnya sumur laut.Kejadian seperti sumur laut ini memang ada beebrapa di dunia.

Namun tidak banyak salah satunya di kota palu ,sulawesi tengah. Sehingga ini sangat berpotensi menjadi wisata yang unik di kota palu. Letaknya sekitar 45 kilometer dari kota Palu atau 45 menit menggunakan kendaraan bermotor. Tepatnya sekitar 12 kilometer dari pusat kota Donggala.

Taman Nasional Lore Lindu

Taman Nasional Lore Lindu

Taman Nasional ini merupakan sebuah salah satu lokasi perlindungan hayati Sulawesi. Taman Nasional Lore Lindu terletak sekitar 60 kilometer selatan kota Palu Bagi anda yang suka kegiatan petualangan, maka disarankan datang ke Taman Nasional Lore Lindu ini.

Selain itu, pemadangan di sini sangat indah. Dan juga pantainya pun dijamin masih perawan lho. Kamu juga bisa melihat batu batu dari jaman megalitik di sini. Nah banyak hal bisa dilakukan di kawasan Hutan Taman Nasional Lore Lindu. Contohnya hewan dan juga flora yang dilindungi bisa anda jumpai di tempat ini.

Pantai Enu Sindue

Pantai Enu Sindue

Pantai Enu merupakan Pantai yang terletak di sebelah utara Kota Palu, tepatnya di Desa Enu, Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala. Desa Enu terletak di pesisir barat Sulawesi Tengah. Pantai ini berhadapan langsung dengan objek wisata Tanjung Karang.

Pantai Enu memiliki karakteristik taman laut yang indah, bergua-gua, soft coral, tempat berhuni berbagai jenis ikan dan sebagainya. Pantai ini sangat cocok untuk snorkeling, wind surfing dan juga diving. Peralatan untuk snorkeling dan diving dapat disewa oleh pengunjung di tempat ini, dan dapat pula di bawa dari Kota Palu.

Pantai Boneoge

Pantai Boneoge

Pantai Boneoge merupakan tempat wisata yang berada di tepian pantai yang memiliki berpasir putih dan juga panorama yang indah dan sangat menawan. Warga penduduk di kawasan ini bermata pencarian sebagai nelayan. Keindahan matahari terbit pada saat fajar dan disaat senja ketika terbenamnya sangat mempesona untuk dinikmati dari tempat ini.

Pantai ini juga menyimpan potensi yang sangat menarik bagi para pencinta olahraga memancing. Selain itu, kita juga bisa menikmati keindahan desa-desa pesisir yang menyajikan panorama alam yang masih asri, dengan aktivitas keseharian warganya dalam berinteraksi dengan alam. Pnati Boneoge Terletak di Kecamatan Banawa.

Jembatan Palu IV 

Jembatan Palu IV

Jembatan Palu merupakan suatu landmark yang menjadi ikon utama kota Palu. Tempat ini paling sering dikunjungi wisatawan yang hobi berfoto. Nah biasanya kalo mau mengambil spot foto lebih baik pada saat malam hari, karena akan terlihat lebih indah.

Jembatan ini membentang di atas Teluk Talise ini berada di kelurahan Besusu dan Lere, yang menghubungkan kecamatan Palu Timur dan Barat.

Taman Nosarara Nosabatutu

Taman Nosarara

Taman Edukasi Perdamaian Nosarara Nosabatutu terletak di Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore Kota Palu, Sulawesi Tengah yang berada pada 2km dari belakang Mako Polda Sulteng. Karena berada di atas bukit, Taman ini bisa dicapai melalui jalan Soekarno-Hatta, dan melalui jalan mendaki untuk dapat sampai kesana dengan menggunakan kendaraan sekitar 10 menitan.

Disini anda bisa menikmati pemandangan yang indah, Anda juga bisa nongkrong dengan teman atau keluarga di cottage-cottage kecil yang ada di taman ini. Tetapi cottage-cottage ini tidak pernah kosong karena banyaknya pengunjung dan jumlah cottage yang tidak seimbang membuat cottage sudah terpakai oleh pengunjung lain dan biasanya harus berbagi pakai dengan pengunjung lainnya. Tapi tenang saja. masih banyak kok yang bisa dipakai untuk tempat nongkrong.

Museum Sulawesi Tengah

Museum Sulawesi Tengah

Berdirinya Museum Sulawesi Tengah diawali hasil penjajakan yang dilakukan oleh salah seorang budayawan Sulawesi Tengah, Masyhuddin Masyhuda BA. Di sini anda bisa melihat koleksi gajah purba dan bagaimana masyarakat Sulawesi Tengah jaman dulu meramu, membuat kain dari kulit dan sebagainya.

Bila anda penasaran dengan budaya dan asal usul nenek moyang kota ini, maka anda di sarankan datang ke Museum Sulawesi Tengah. Bagaimana? menarik bukan tempat wisata di Museum Sulawei Tengah ini, jika anda datang kesini anda bisa belajar mengenai sejarah.

Baca ini : Tempat Wisata di Manado yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai Tempat Wisata di Palu Sulawesi Tengah Paling Hits semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!