36 Tempat Wisata di Padang Terbaru Paling Hits Dan Populer

Tempat Wisata di Padang – Ketika kita mendengar kata padang, pasti yang ada di bayangan kita adalah masakan padangnya yang begitu lezat. Di Padang juga memiliki banyak wisata yang menarik dan bagus lho. Kota Padang adalah ibukota dari provinsi Sumatera Barat.

Kota Padang memiliki kultur yang beragam, tipe orangnya pun juga beragam, adat bersandi sarak, sarak bersandi Kitabullah itulah semboyan masyarakat minang yang melekat hingga kini. Kota sangat terkenal dengan kulinernya yang luar biasa enaknya.

Baca ini : Tempat Wisata di Medan yang Wajib Dikunjungi

Berikut daftar Tempat Wisata di Padang yang wajib harus anda kunjungi jika anda sedang berkunjung ke Padang.

1. Pantai Nirwana 

Pantai Nirwana adalah pantai yang sangat bagus dan mempesona yang ada di Padang. Nah aksesnya jaraknya yang tidak terlalu jauh yaitu sekitar 14 KM menjadi sebuah alasan kenapa wisatawan banyak menyukai tempat ini.

Nah waktu yang cocok untuk mengunjungi pantai ini adalah ketika sore hari karena pada saat itu kamu bisa menikmati keindahan sunset, dan pada saat malam hari lampu sorot dari pelabuhan teluk bayur akan terlihat.

2. Pantai Padang

Pantai Padang

Pantai Padang Taplau memang biasa dipadati masyarakat setempat maupun para pelancong yang kebetulan berwisata atau dalam rangka urusan bisnis di Padang. Pantai Padang Taplau menjadi temapat terbaik untuk menhilangkan penat.

Selain itu, anda bisa menikmati minuman dingin berupa minuman bersoda dan kelapa muda. Sebagai teman minum, bisa beli kacang rebus ataupun telur rebus.

3. Pantai Pasir Jambak

Pantai Pasir Jambak

Ciri khas dari pantai ini adalah pasirnya yang putih, pantainya yang lebar, landai dan sejuk sebab banyak pohon kelapa yang ada di pesisir pantai. Tidak hanya itu saja fasilitas lainnya berupa tempat parkir yang nyaman, panggung hiburan, warung makan, home stay bagi wisatawan yang ingin menginap, gazebo dan juga penyewaan perahu.

Selain itu, berperahu, berenang, bersantai dan juga bisa melihat sunset di pinggir pantai. Pantai ini pemadangannya tidak jauh beda denan pantai yang ada di kota Padang lainnya. Pasir yang ada di pantai ini putih agak kecoklatan dan pantai ini juga dipenuhi pohon cemara juga pohon kelapa.

4. Pantai Air Manis

Pantai Air Manis

Pantai Air Manis merupakan pantai yang sangat favorit bagi para pengunjung. Akses menuju kawasan wisata Pantai Air Manis dengan melewati sebuah bukit, jika akan ke Pantai Air Manis kita dihadapkan dengan tanjakan yang dibilang agak tinggi dan curam.

Kemudian sebelah kiri kita bisa melihat pemandangan Kota Padang dan pabrik Semen Padang, dengan tikungan yang agak tajam dan di samping kiri kanan masih ditumbuhi rumput liar, sehingga agak menyusahkan para sopir, dan juga ukuran jalannya yang sempit hingga muat untuk satu mobil saja.

5. Pantai di Mentawai

Mentawai

Selain memiliki pantai yang indah dengan hamparan pasir putihnya, aktivitas wisata atraksi atau bahari yang terkenal adalah kegiatan selancar (surfing) yang dapat dilakukan disekitar pulau Siberut dan Sipora. Akomodasi bagi pengunjung terdapat di beberapa kota kabupaten dan kecamatan.

6. Pantai Caroline

Pantai Caroline

Jika Anda berkunjung pada saat cuaca cerah, riak ombak akan memanggil-manggil jiwa petualangan Anda untuk merasakan riuhnya air laut. Pantai di Sumatera Barat ini juga merupakan surga bagi Anda yang gemar surving. Ombaknya sangat menantang untuk ditaklukkan. Tidak hanya itu saja, memancing atau sekedar bermain sepak bola bersama teman-teman Anda juga akan menjadi aktivitas menyenangkan, yang dapat Anda lakukan di Pantai Caroline.

Pantai Caroline juga menyimpan panorama kekayaan alam bawah laut, berupa terumbu karang aneka macam dan ikan hias yang sangat menawan. Sehingga cocok sekali untuk sejenak Anda sapa dengan menyelam. Seni alam ini akan terasa lebih lengkap dengan turut menjelajahi pulau-pulau kecil di kawasan Teluk Bunguih dan Perairan Kota Padang Sumatera Barat. Diantaranya seperti Pulau Pisang Ketek, Pulau Pisang Gadang, Pulau Kasiak, Pulau Talena, Pulau Pasumpahan dan Pulau Sirandah.

Cocok untuk para peselancarJika Anda merasa cukup penat dengan berkeliling pantai di Sumatera Barat ini, Anda bisa beristirahat di tepi pantai. Angin sepoi-sepoi mampu membujuk mata Anda untuk segera beranjak ke alam mimpi. Tetapi, sayang sekali bila Anda justru menghabiskan waktu untuk tidur di Pantai Caroline, karena Anda akan kehilangan momen untuk menikmati keindahan pantai.

Untuk masuk kawasan wisata Pantai Caroline hanya dibebankan biaya Rp.5000 per orang. Bagi pengunjung yang menggunakan mobil pribadi ataupun mobil rental, juga dikenakan biaya parkir Rp.5000. Penggunaan speedboat dari Pantai Caroline menuju Pulau Sikuai dipasok dengan tarif Rp.500.000 hingga Rp.600.000. Serta Rp.800.000 untuk ke Pulau Cibadak yang juga tidak jauh dari lokasi pantai Caroline.

7. Air Terjun Tigo Tingkek

Air Terjun Tigo Tingkek

Air Terjun Tigo Tingkek terletak di kawasan kota Padang, objek wisata Alam ini terletak di kaki Bukit Barisan. Ketinggian dari atas permukaan laut, sekitar 600 m. Pesona Air Terjun dengan tiga tingkatan yang cantik merupakan tawaran wisata untuk anda di sini. Masyarakat Cindakir memberi nama Air Terjun ini Lubuk Hitam. Kita bisa mengunjungi Air Terjun ini dengan datang langsung ke Desa Koto Lubuk Hitam Cindakir, Kelurahan Teluk Kabung Utara, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, kota Padang. Sumbar. Jika Anda penggila Wisata Alam yuk coba takluk kan perjalanan menuju Air Terjun ini.

Untuk bisa menikmati Keindahan Air Terjun ini, butuh kesenangan sendiri dalam menghadapi jalan yang terjal. saat berjalan kita bisa berpengan pada tali dan tonggak-tonggak yang berada di sisi jalan. Perjalanan diawali dengan mengunjungi tingkat pertama, jalannya lumayan masih belum rumit. Jika ingin melanjutkan ke tingkat dua dan tiga. kita harus mempersiapkan diri dengan menempuh jalan yang terjal dan licin. Ketinggian air terjun di tingkat tiga ini mencapai 1080 meter. benar-benar air terjun yang sangat indah.

Bagi wisatawan Pecinta Alam, ini merupakan destinasi wisata yang tidak akan rugi jika dikunjungi. Setelah merasakan adrenalin perjalanan yang terjal, kelelahan kita akan langsung terbayar dengan keindahaan alam yang ditawarkan Air Terjun Tigo Tingkek ini. suasana alam yang alami dan sejuk menambah releksasi kita dalam menghilangkan stres selama malaksanakan kegiatan sehari-hari. Keindahan air terjun yang memukau dan hiasan pohon-pohon disekitarnya tidak akan membuat anda ragu untuk datang kesini.

8. Air Terjun Nyarai

Air Terjun Nyarai

Air Terjun Nyarai, jika dideskirpsikan tinggi air terjun ini kira-kira 7-8 meter, jika musim panas guyuran airnya tidak terlalu deras. Hal yang menarik dari air terjun ini adalah kolam besar, dengan air bewarna kehijauan, kolam ini tepat berada di depan air terjun.

Aliran air dari air terjun ke kolam, di bendung oleh dua batu seperti pintu, seperti bendungan yang mengatur debit air yang masuk dari kolam. Semua sisi yang saya ceritakan terbuat secara alami.

9. Air Terjun Sarasah Banyak Gariang

Air Terjun Sarasah

Air terjun ini merupakan wisata alam yang ada di padang dan memiliki pesona keindahan alam yang sangat indah dan juga suasan di tempat ini sangat sejuk, cocok buat kamu yang ingin merasakan kesegaran dan bisa membuat kamu merasakan tenang dalam jiwa, nah wisata ini terletak di desa Koto Baru, Gadut, Kel. Limau Manis Selatan.

10. Danau Singkarak

Danau Singkarak

Danau Singkarak menjadi salah datu tempat wisata yang ramai dikunjungi warga sekitar dan juga dari luar kota. Anda bisa berenang di air danaunya yang jernih, naik sampan berkeliling danau, memancing di tepi danau atau ikut nelayan menangkap ikan. Oh ya kamu jangan lupa bawa kamera ya, biar kamu bisa mengambil spot foto.

Nah jika makan di warung kurang memuaskan, cobalah memancing atau menangkap ikan dan membakarnya di tepi danau bersama teman-teman. Hal ini bisa jadi pengalaman yang menyenangkan.

11. Danau Di Atas Dan Di Bawah

Danau Atas Dan Danau Bawah

Kedua danau ini dikenal dengan sebutan Danau Kembar. Kedua danau tersebut terletak di Desa Pasar Simpang, Kec. Lembayang Jaya, Kab. Solok. Nah keunikan dari danau kembar tersebut untuk menuju Danau Di atas, kamu harus melalui jalan yang menurun sedangkan untuk menuju Danau Dibawah, kamu harus melalui jalan yang mendaki. Selain itu, di sekitar danau ditanam buah markisa dengan rasa yang manis, sayur-sayuran, dan kentang.

12. Danau Maninjau

Danau Maninjau

Danau Maninjau merupakan bagian dari wilayah Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Nah tapi perjalananmu pasti akan lebih menarik kalo kamu mendatangi Danau Maninjau dari arah Bukittinggi, karena di jalur ini kamu akan disuguhi pemandangan yang sangat menakjubkan di sepanjang jalan yang berkelok-kelok atau yang populer disebut Kelok 44.

13. Pulau Sikuai 

Pulau Sikuai

Pulau ini dikembangkan menjadi salah satu obyek wisata bahari sejak tahun 1994. Di sini para wisatawan dapat menikmati keindahan bahari dari mulai snorkeling, diving, berenang, memancing, trekking atau hanya sekedar duduk-duduk di pinggir pantai. Bagi para penikmat keindahan bawah laut, dapat dipastikan akan sangat kagum dengan pulau ini karena di pulau ini para penyelam dapat menyaksikan lukisan alam bawah laut yang sangat memukau.

Pemandangan yang bisa dikatakan sangat eksotik ini dapat ditemukan di kedalaman beberapa meter saja. Dari mulai terumbu karang yang berwarna – warni, ikan-ikan yang berenang kesana kemari hingga biota-biota laut yang sangat eksotik. Pulau ini juga menyajikan keindahan alam yang sangat asri dan alami. Selain banyak terdapat pohon-pohon kelapa yang berjejer di bibir pantai, di pulau ini juga terdapat hutan tropis yang masih sangat alami, asri dan tentunya terpelihara.

Bahkan hutan Tropis ini merupakan salah satu daya tarik wisatawan karena di hutan tropis ini juga terdapat sebuah bukit yang dapat dinaiki. Terdapat resor yang menjadi satu-satunya resor di pulau ini yang bernama New Sikuai Island Resort. Tarif menginap di resor ini mulai dari Rp 750.000 per malam. Namun bagi wisatawan yang hanya ingin menikmati keindahan pulau ini selama satu hari tanpa menginap juga disediakan paket wisata satu hari dengan biaya yang sangat terjangkau yakni mulai dari Rp 250.000 per orang.

14. Pulau Cubadak

Pulau Cubadak

Di kawasan ini, para pengunjung dapat menikmati udara yang bersih, laut yang biru, angin pantai yang semilir, rindangnya pohon kelapa yang tentu nya akan menimbulkan efek relaksasi. Selain itu, keistimewaan dari pulau ini adalah terdapat beberapa spot menyelam yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Pulau ini memiliki beragam terumbu karang dan biota laut yang berwarna warni dan memukau. Banyak terdapat hewan-hewan liar seperti monyet, rusa, babi, burung dan berbagai macam satwa lainnya. Dikarenakan masih terdapat hewan liar, sangat dianjurkan bagi wisatawan yang ingin menjelajahi hutan ini menggunakan jasa guide sebagai penunjuk jalan.

15. Lembah Anai

Lembah Anai

Lembah Anai adalah sebuah hutan kawasan lindung yang terletak di Padang, Wilayah ini memiliki hutan tropis yang lebat dengan beraneka jenis flora dan fauna. Selain itu jika kamu ingin pergi ke telaga sekitar 15 menit dari tepi jalan raya. Lembah Anai Sedangkan untuk floranya sendiri, bisa di jumpai antara lain, Bunga Bangkai ( Amorphyphalus titanum), Sampek, Cangar, madang siapi-api (litsea adinantera), cubadak/ cempedak air (Artocarpus sp).

Madang babulu (Gironneira nervosa) dan masih banyak lagi, dan untuk faunanya antara lain harimau sumatera (phantera tigris sumatrensis), siamang (hylobates syndactylus), rusa (cervius timorensis), , beruk (macaca nemestrena), kera ekor panjang (macaca fascicu- laris) trenggiling (manis java- nica), kancil (tragulus sp), biawak dan tapir ada juga aneka burung seperti, burung balam (bolumbidae), burung puyuh burung punai, dan elang (accipitriade sp) dan juga kupu-kupu.

16. Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya

Berkunjung ke kota Padang maka belum lengkap rasanya jika belum menikmati keindahan jembatan siti nurbaya. Taman Siti Nurbaya ini merupakan jembatan ikonik yang namanya diambil dari cerita terkenal Siti Nurbaya. Membentang gagah sejauh 260 meter, jembatan ini menjanjikan panorama yang memukau ketika senja mulai datang.

17. Museum Adityawarman

Museum Adityawarman

Museum Adityawarman adalah sebuah museum budaya terpenting di Padang. Berfungsi sebagai tempat menyimpan dan juga sebagai melestarikan benda-benda bersejarah conthnya seperti cagar budaya.

Berlokasi di pusat Kota Padang, Museum ini memang tidak pernah sepi pengunjung. Nah baik wisatawan domestik atau pun mancanegara hingga masyarakat sekitar, selalu mengunjungi Museum Adityawarman ini.

18. Panorama Sitinjau Lauik

Panorama Sitinjau

Sitinjau Lauik merupakan sebuah tempat wisata yang sesuai dengan namanya kegiatan wisata utama yang paling disukai di lokasi ini adalah menikmati pemandangan yang luas dan hijau, disertai dengan pemandangan Samudera Hindia di kejauhan. Apabila Anda datang pada malam hari, maka Anda juga dapat menikmati pemandangan kota Padang yang berkelap-kelip, anda bisa mengabadikan kelap-kelip lampu rumah penduduk kota Padang.

Selain itu, terdapat juga tempat permandian umum bagi mereka yang ingin beristirahat sejenak dari terjalnya jalanan di Panorama Sitinjau Lauik. Sitinjau Lauik yang belum begitu terkenal hingga ke luar Sumatera Barat ini berada di kaki Gunung Talang yang masih termasuk wilayah kota Padang. Ketika anda hendak menuju kota Solok, anda jelas akan melintasi jalan di punggung Bukit Barisan ini.

19. Pemandian Lubuk Minturun

Lubuk Minturun

Bagi anda yang hobi bermain air tidak akan lengkap rasanya jika tidak mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Pemandian ini sangat luas sehingga tidak mengherankan jika saat liburan tiba pemandian ini selalu dipadati oleh pengunjung.

Bagi yang tidak cukup puas dengan pemandian, anda bisa bermain air di Lubuk Camin atau Air sungai. Namun lokasinya agak jauh dari pemandian minturun. Pemandian Lubuk Minturun bisa dijadikan sebagai tempat wisata keluarga, anda bisa mengajak anak anak anda untuk bermain air di Pemandian Lubuk Minturun ini. Namun bagi yang ingin mandi di sungai, tetap menjaga kehati hatian terutama bagi orangtua yang membawa anak anak.

20. Tirta Alami

Tirta Alami

Tirta Alami merupakan objek wisata pemandian alam yang terkesan sangat alami. Menurut masyarakat setempat air yang mengalir ke kolam-kolam yang ada di sini bersumber dari Gunung Tandikat. Terbayang kan betapa bersih dan segarnya air di kolam ini. Untuk spot pemandiannya di sini dibagi atas beberapa kolam dengan tingkat kedalaman yang berbeda pada masing-masing kolam.

Jadi kita bisa menyesuaikannya antara kolam untuk anak-anak dengan orang dewasa. Untuk menambah kesan alaminya, semua kolam di sini dibuat dari susunan batu alam yang disusun sedemikian rupa. Selain itu di sekitar kolam banyak sekali tumbuh pepohonan yang rindang untuk melindungi kamu dari sinar matahari.

21. Puncak Anai

Puncak Anai

Puncak Anai merupakan salah satu pariwisata pemandian alam yang berada di Nagari Kayutanam, Kabupaten Padang Pariaman. Puncak anai memiliki kolam kolam yang terisi oleh air jernih beserta sebuah air mancur yang muncul dari dalam tanah.

2 Puncak anai sendiri berada diketinggian yang dikelilingi oleh perbukitan asri yang terselimuti oleh embun pagi yang sejuk, dari puncak anai kita dapat melihat indahnya pesona pantai pariaman dari ketinggian yang tentunya hanya dapat dilihat pada siang hari dengan cuaca yang cerah.

Images Puncak anai juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan sarana yang mendukung liburan wisata anda, tak hanya pemandian alam, kawasan puncak anai juga terdapat penginapan berupa Villa Park dan Anai Golf Resort. Untuk itu kunjungilah Puncak Anai Kayutanam Padang Pariaman.

22. Sungai Lubuk Paraku

Lubuk Paraku

Kawasan wisata Sungai Lubuak Paraku terletak di Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang. Tidak seberapa jauh dari pabrik Semen Padang yang terkenal itu. Untuk mencapai objek wisata sungai Lubuak Paraku ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau juga bisa menggunakan angkutan umum yang menuju ke Kota Solok.

Iya, objek wisata sungai Lubuak Paraku ini terletak di tepian jalan antara Kota Padang dan Kota Solok. Untuk memasuki kawasan wisata sungai Lubuak Paraku, setiap wisatawan harus membayar biaya masuk sebesar Rp. 5.000,- saja.

23. Batang Tabik

Batang Tabik

Batang Tabik Payakumbuh kini menjadi destinasi wisata yang menarik karena menawarkan pengalaman yang tidak kalah dibandingkan Umbul Ponggok yang ada di Klaten. Di sini, para traveler pun bisa pula berpose dengan berbagai macam gaya di dalam air. Dan pemandangan underwaternya pun tidak kalah cantiknya dengan Umbul Ponggok.

Batang Tabik Payakumbuh ini sebenarnya sudah dikenal luas oleh masyarakat kota Payakumbuh dan sekitarnya. Tempat ini merupakan sebuah kolam pemandian umum yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan domestik. Terlebih ketika berkunjung ke tempat ini pada akhir pekan. Akan ada banyak traveler yang menghabiskan waktu berliburnya di tempat ini. 

Menariknya lagi, di sini traveler tak hanya bisa berpose unik di dalam air. Sebagai bonusnya, traveler juga bisa berfoto sembari berenang dengan ikan-ikan yang ada di sana. Ikan-ikan di Batang Tabik jumlahnya cukup banyak dan terdiri dari berbagai jenis ikan. Termasuk di antaranya adalah ikan yang oleh masyarakat setempat disebut dengan nama ikan zebra. Para pengunjung yang datang ke Batang Tabik Payakumbuh pun dilarang untuk menangkap ikan, apalagi memakannya.

24. Lubuak Mato Kuciang

Mato Kuciang

Pemandian lubuk mato kuciang adalah kolam pemandian yang disediakan untuk umum yang terletak di kelurahan pasa usang yang berada di daerah kota Padang panjang. Lubuk mato kuciang ini tepatnya berada di kaki gunung singgalang yang diapit bukit surungan dan sungai batang anai. Sejarah menyebutkan konon katanya lubuk mata kuciang ini di bangun pada saat zaman penjajahan belanda atau sekitar tahu 1918.

Lubuk ini di namakan mato kuciang karena jika dilihat dari atas warna air yang ada di kolam hampir menyerupai mata kucing. Hampir seluruh masyarakat yang ada di padang panjang mengenal tempat pemandian lubuak mato kuciang ini. Bahkan masyarakat yang berada di luar kota pun banyak juga yang mengenal tempat wisata ini. Biasanya pengunjung ramai datang ketempat ini pada sore hari, mereka datang bersama keluarga atau teman hanya untuk sekedar mandi-mandi di lubuk mato kuciang ini.

Hal ini mereka lakukan karena lubuk mato kuciang mempunyai sumber mata air yang jernih, bersih dan langsung di ambil dari sumber mata air pegunungan.Jadi sangat cocok lubuk mata kucing ini di jadikan tempat melepas lelah dari kegiatan kita sehari-hari. Kalau hari libur tiba lubuk mato kuciang ini akan di penuhi oleh para pengunjung yang berasal dari dalam kota padang panjang dan banyak juga yang berasal dari luar kota seperti Bukittinggi, Solok, Padang dan kota-kota terdekat lainnya.

25. Lubuak Bonta

Lubuak Bonta

Lubuak Bonta terletak di Korong Tarok, Kenagarian Kapalo Hilalang, Kecamatan 2 X 11 Kayu Tanam. Objek wisata Lubuak Bonta memang sudah dikenal sejak lama. Bahkan di era 70-80 an, objek pemandian ini begitu populer di kalangan masyarakat.

Tidak hanya masyarakat Padang Pariaman, tapi juga masyarakat yang berasal dari berbagai daerah di Sumatera Barat. Pemandian ini bersumber dari mata air Gunung Tandikek dan terdiri dari dua kolam utama. Salah satu kolam tersebut terletak di bagian bawah dan kolam lainnya berada di bagian atas. Kelebihannya adalah airnya jernih dan penuh dengan ikan-ikan yang berenang bebas.

26. Pemandian Alam Sako Tapan

Alam Sako Tapan

Objek wisata ini menjadi tempat melepas lelah dan menghilangkan kesuntukan bagi masyarakat Tapan dan luar Tapan seperti dari Kab. Mukomuko Prov. Bengkulu dan daerah lain di Kab. Pesisir Selatan.

Ditemani suara kicau burung dan gemercik air yang merdu pengunjung dapat mandi secara gratis di sungai yang masih alami dengan batu-batu besar dan air yang jernih bebas dari polusi dan sampah di wisata sako ini pengunjung juga bisa menikmati makan empek-empek yang nikmat sekali.

27. Tapian Puti

Tapian Puti

Tapian Puti merupakan tempat pemandian berkonsep alami yang terbentuk karena proses alam dan tanpa campur tangan manusia sedikitpun. Sebenarnya pemandian ini adalah sebuah aliran air yang berasal dari perbukitan yang mengalir di atas bebatuan dan membentuk beberapa kolam kecil di atasnya.

Yang menarik dari pemandian ini adalah terdapatnya 7 tingkatan yang mana di setiap tingkatan tersebut memiliki beberapa kolam dan membentuk air terjun kecil dan digenangi oleh air yang begitu jernih dan bersih.

Semua keunikan yang ditawarkan oleh pemandian yang satu ini terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia, sungguh luar biasa ciptaan-Nya. Terlepas dari keindahan dan keunikan yang dimilikinya, ternyata tempat ini memiliki cerita legenda tersendiri yang menceritakan kisah Malin Deman dan Putri Bungsu.

28. Air Panas Bukik Kili

Bukik Kili

Tempat wisata air panas Bukit Kili, Koto Baru di Kabupaten Solok, Sumatera Barat, kini menjadi sebuah tujuan wisata kesehatan karena diyakini sebagian besar masyarakat bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti rematik, asam urat, kram laut, lainnya. Banyak wisatawan dari sejumlah daerah seperti Sumbar, Kota Medan, Pekanbaru, Duri, Rengat, Natuna, Lombok berkunjung ke lokasi wisata kesehatan itu. Pada objek wisata tersebut tersedia kolam pemandian khusus untuk laki-laki dan perempuan. Pengunjung bisa mandi pada kolam air panas yang airnya langsung dialirkan dari Gunung Talang.

Air panas pada kolam pemandian Bukit Kili pada hari biasa memiliki suhu sekitar 42 derajat Celcius dan khusus pada hari selasa dan sabtu suhu air bisa mencapai 45 derajat Celcius. Kawasan wisata air panas Bukit Kili terletak di Kecamatan Kubung, berjarak sekitar delapan kilometer dari Solok menuju arah Kota Padang. Dari Kota Padang berjarak sekitar 44 KM. Bagi pengunjung yang ingin datang ke objek wisata kesehatan itu, dari Kota Solok bisa menaiki angkutan umum dengan membayar Rp 2.000/ orang.

29. Jam Gadang

Jam Gadang

Jam Gadang adalah nama untuk menara jam yang berada di pusat kota Bukittinggi. Menara jam ini mempunyai sebuah jam dengan memiliki ukuran besar di empat sisinya sehingga dinamakan Jam Gadang. Gadang tersebut didatangkan langsung dari Rotterdam, Belanda melalui pelabuhan Teluk Bayur dan digerakkan secara mekanik oleh mesin yang hanya dibuat 2 unit di dunia, yaitu Jam Gadang itu sendiri dan Big Ben di London, Inggris.

30. Lobang Jepang

Lobang Jepang

Bisa dikatakan Lobang Jepang ini adalah bangunan bekas peninggalan penjajahan Jepang yang ada di Bukittinggi. Lobang ini digunakan sebagai penjara dan juga benteng untuk pertahanan penjajah Jepang. Lobang Jepang ini dibangun para Romusa, warga Indonesia yang ditahan oleh penjajah Jepang ini dikerja paksa untuk membangun lobang. Tips bagi wisatwan yang baru saja datang kesini, sebaiknya menggunakan jasa tour guide.

31. Ngarai Sianok

Ngarai Sianok

Wisata adalah sebuah lembah sempit dikelilingi bukit bertebing yang cukup curam dan juga dihiasi aliran sungai kecil yang ada di tengahnya. Ngarai ini membentang sejauh 15 km dari sisi selatan Nagari Koto Gadang hingga Nagari Sianok Enam Suku, dengan kedalaman tebing mencapai 100 meter dan lebar celah sekitar 200 meter.

32. Anai Resort Golf Course

Resort Golf

Tempat ini terletak di Provinsi Sumatera Barat Indonesia yang terkenal karena keindahan alam pegunungan berhutan tropis. Dari Bandara International Minangkabau (BIM) hanya berjarak 40 km menuju kota Bukittinggi atau sekitar 1 Jam perjalanan memakai kendaraan. Lapangan golf yang ada di wisata ini merupakan satu satu nya lapangan golf ditengah hutan tropis alami di Indonesia.

Demikian pula dengan bangunan villa tetap mengedepankan keaslian alam sekitar, Anai Resort akan tetap menjadi natural mountain resort bagi pecinta alam. Adapun fasilitas yang tersedia yaitu:18 Holes Lapangan Golf dengan Panjang 6270 Meter dan Par 73, Club House dengan Restoran, Ruang Locker untuk Laki – Laki dan Perempuan, Proshop dan 6 Kamar di Club House, serta Restoran yang menawarkan pilihan menu atau buffeet menu untuk perseorangan atau group.

33. Ngalau Indah

Ngalau Indah

Gua yang terletak di Kabupaten payakumbuh, Sumatera Barat ini memiliki keeksotisan yang dapat membuat Anda berdecak kagum. Stalaktit dan stalakmit yang terbentuk akibat proses pengendapan kapur selama ratusan tahun siap menyambut Anda saat memasuki Gua Ngalau Indah. Bebatuan yang berada di dalam gua memiliki keunikan tersendiri dengan aneka rupa ukiran ditambah dengan ornamen-ornamen yang memukau.

Tidak hanya itu di tempat ini wisatawan akan banyak menemui jenis ukuran bebatuan dengan berbagai macam ukiran. Terdapat batu tira yang berwarna putih dan akan memantulkan cahaya. Untuk para wisatawan yang ingin mengunjungi Gua Ngalau Indah dapat dijangkau dengan menggunakan transportasi darat.

Sebelumnya Anda harus ke Kota Padang terlebih dahulu kemudian ke Kota Payakumbuh. Perjalanan dapat ditempuh selama 3 jam dengan menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi.

34. Lembah Harau

Lembah Harau

Nah untuk keindahan alam Lembah ini pun ternyata sudah dikenal sejak dulu. Karena dulu tempat ini bukan disebut Harau, tetapi Arau. Bahkan juga orang Belanda pun menyukai pemandangan di sini. Nah buktinya adalah keberadaan sebuah prasasti yang terletak di sekitar air terjun Sarasah Bunta di Lembah Harau.

35. Jembatan Akar Pesisir Selatan

Akar Pesisir

Jembatan Akar (Jambatan Aka) merupakan sebuah jembatan yang sangat unik yang terbuat dari rajutan akar pohon beringin dan pohon kubang yang tumbuh di kedua sisi sungai Batang Bayang. Jembatan yang berada tepatnya di Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat ini memiliki panjang sekitar 25 meter.

Bahkan jembatan ini lebih panjang dari jembatan akar yang ada di Badui, Jawa Barat dan Jembatan akar yang ada di Jepang. Untuk bisa merajut jembatan ini hingga terbentuk sempurna tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jembatan ini mulai dibangun pada tahun 1890 oleh seorang tokoh tua cerdik ulama setempat yang bernama Pakiah Sokan. Barulah pada tahun 1916 jembatan ini bisa digunakan oleh masyarakat setempat.

Dengan kata lain untuk bisa marajut akar-akarnya hingga menjadi sebuah jembatan utuh dibutuhkan waktu kurang lebih selama 26 tahun. Pembangunan jembatan ini awalnya bertujuan sebagai penghubung dua buah kampung yang dipisahkan oleh sebuah sungai, yakni Kampung Puluik-Puluik dengan Kampung Lubuk Silau.

36. Kawasan Bukit Langkisau

Bukit Langkisau

Dari puncak bukit Langkisau ini kita dapat memandang keindahan pantai samudera Indonesia,kita dapat melihat pantai salido dan sago yang membujur keutara,beralih pandang kearah lain kita juga dapat melihat ketenangan laut di teluk Painan,tak itu saja dari puncak bukit Langkisau ini kita dapat juga melihat hamper keseluruhan kota Painan.

Bagi pecinta fotografi yang ingin memotret keromantisan kota Painan,maka dating lah kepuncak Bukit Langkisau ini pada malam hari untuk mengabadikan pemandangan kota Painan dengan lampu-lampunya yang indah. 

Kelebihan bukit Langkisau bukan hanya pada keindahan pemandangan alamnya saja,bukit ini akan lebih romantis disaat matahari akan tenggelam dibatas cakrawala,rona jingganya yang memantul diatas permukaan laut akan terlihat jelas dari puncak bukit langkisau ini.Sungguh suatu moment yang sangat indah,jika kita berkesempatan bertemu dengan keadaan alam yang seperti itu akan terasa rugi seandainya moment tersebut tidak terabadikan dengan kamera.

Baca ini : Tempat Wisata di Aceh yang Menarik Dikunjungi

Demikian mengenai Tempat Wisata di Padang Terbaru Yang Paling Bagus nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!