24 Tempat Wisata di Pacitan Terbaru Paling Hits Dan Populer

Tempat Wisata di Pacitan – Halo sahabat Aneka Wisata Seru bagaimana dengan liburan kalian? Menyenangkan bukan! anda bingung mau memilih tempat wisata di indonesia ketika mau liburan? jangan khawatir kalau bingung!

Lebih baik anda liburan ke Pacitan saja, karena di Pacitan banyak sekali tempat wisata alamnya termasuk wisata pantai yang banyak banget ada di Pacitan, semuanya sangat sangat indah dan mempesona loh. Selain itu ada juga wisata kulinernya yang nikmat, mungkin anda ingin mencoba makanan Pacitan? anda bisa langsung saja ke Pacitan dan ajak keluarga anda ke sini.

Pacitan juga dikenal dengan nama Kota Pariwisata atau Kota Seribu Goa. Pariwisata di Pacitan terdiri dari Wisata Goa, Wisata Pantai, Wisata Pegunungan (Hikking), Wisata Sejarah, Wisata Pemandian Alam dan masih banyak lagi tentunya.

Baca Juga : Tempat Wisata di Madiun yang Wajib Dikunjungi

Berikut ini adalah sejumlah tempat wisata di Pacitan Paling Terkenal wajib Dikunjungi. Sebagian besar destinasi wisata pacitan ini adalah wisata alam yang menawan dan mempesona.

1. Pantai Klayar Pacitan

Pantai Klayar

Nah tempat wisata di pacitan yang pertama yaitu Pantaiantai Klayar, di pantai ini anda dapat menjumpai sebuah hal yang unik, yakni seruling samudra. Seruling samudera ini adalah sebutan untuk fenomena di mana terdapat cekungan yang ada pada bagian bawah tebing atau batuan yang ada di pantai.

Nah pada saat cekungan ini kemudian diterjang ombak laut, maka air laut keluar menyembur ke permukaan dan akan melalui sela-sela berbatuan kemudian menghasilkan bunyi yang indah seperti bunyi seruling.

Selain itu, kamu bisa menyaksikan fenomena disini karena di mana terjangan ombak yang menghantam bebatuan karang maka akan menciptakan air mancur yang bahkan tingginya. Pemandangan indah ini adalah akibat semburan kencang air laut yang masuk melalui bagian bawah bebatuan.

2. Pantai Srau di Pacitan

Pantai Srau

Tempat wisata selanjutnya yaitu Pantai Srau, pantai ini merupakan pantai yang memiliki pasir yang sangat putih dan batu-batu karang yang menjorok ke arah laut.

Selain itu, Terdapat tebing-tebing yang tinggi dan banyak tanaman liar khas pantai yang masih terlihat lebat dan alami. Selain itu, banyak sekali pulau-pulau kecil yang tak berpenghuni yang setiap kali dihujam oleh kerasnya ombak, akan menambah keelokan panorama pantai tersebut.

Di bagian timur untuk melihat matahari terbit, di bagian barat untuk melihat matahari terbenam, dan yang bagian tengah memiliki pemandangan luas ke laut lepas, ditambah batu-batu besar yg berdiri gagah di tengah laut.

3. Pantai Banyu Tibo Pacitan

Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo kok bisa sih? pantai ini namanya Banyu Tibo, karena Air terjun yang ada di Pantai Banyu Tibo ini berasal dari sungai kecil yang mengalir di atas tebing. Aliran air sungai inilah yang terjun ke laut dan menyatu dengan ombak di sebuah teluk kecil. Sungai ini tidak pernah kering saat musim kemarau dan airnya juga sangat jernih.

Bagi anda yang ingin mengunjungi pantai satu ini sebaiknya jangan datang saat air laut sedang pasang, sebab Anda hanya akan dapat menikmati keindahan pantai dari atas, berbeda ketika air laut sedang surut akan terlihat dengan jelas pasir dan pantai yang sangat indah dan disana Anda dapat bermain pasir dan air sembari memandang keindahan Banyu Tibo.

Untuk dapat mencapai bibir pantai Anda harus menuruni anak tangga dari batu sampai mulut air terjun dan turun lagi menggunakan tangga kayu untuk sampai di pantainya. Secara keseluruhan pantai ini sangat indah. Pantai Banyu Tibo terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo. Pantai ini adalah salah satu pantai di Pacitan yang layak Anda jadikan referensi tujuan utama wisata Anda.

4. Pantai Watu Karung Pacitan

Pantai Watu Karung

Tempat wisata selanjutnya yaitu pantai watu karung, Jika anda memiliki waktu libur berkenan menyempatkan untuk datang ke pantai watu karung, maka anda tidak akan merasa kecewa. Di Pantai Watu Karung yang terletak di daerah Pringkutung, Pacitan ini menawarkan ombak kelas dunia untuk para pecinta selancar, bayangkan saja ombak di sini mampu mencapai ketinggian 4 meter.

Pantai ini juga mempunyai pesona yang luar biasa indahnya ini juga mempunyai pantai yang bersih dan air laut yang biru. Pasir yang dimilikinya merupakan pasir putih. Kemudian deretan karang berjejer menambah keindahan pantai ini. disamping hal-hal tersebut terdapat juga pepohonan hijau yang melengkapi elemen-elemen keindahan dari tempat ini.

4. Pantai Teleng Ria Pacitan

Pantai Telelng Ria

Pantai ini merupakan pantai yang indah dan mempesona yang berada di Pacitan. Saat kamu berada di pantai ini, kamu bisa melihat tebing-tebing yang tinggidan membentuk sebuah pola huruf U berdiri mengelilingi pantai ini, dan seolah melindungi pantai. Dan ini ytermasuk salah satu penyebab mengapa ombak di pantai Teleng Ria Pacitan tidak terlalu besar.

Di Pantai Teleng Ria Pacitan kamu bisa melakukan berbagai ativitas di antaranya jalan-jalan menyusuri tepian pantai berenang, berjemur, hingga sekedar menikmati panorama pantai. Selain itu, sebagian pengunjung pantai tak jarang melakukan olahraga di pantai ini, mulai dari jogging, bermain voli pantai, sepakbola, dan bersepeda.

5. Pidakan Pacitan

Pidadakn

Pantai Pidakan merupakan pantai yang bersih dan masih natural, karena memang belum adanya campur tangan manusia didalamnya, tetapi pun demikian dengan pemandangannya pun masih alami dan indah.

Selain itu, Sekilas panorama dari pantai ini yang pertama adanya pohon – pohon kelapa banyak tumbuh di pantai pidakan dengan lokasi yang rata dan cukup lapang.

Pantai dengan pemandangan panorama khas bebatuan, pasir putih, dan angin semilir ini mempunyai keindahan pesona pemandangan saat sore hari. Pemandangan saat matahari tenggelam memang sangat indah apabila dilihat dari lokasi ini. 

Wisata Pantai Pidakan Pacitan ber lokasi di Dusun Godek Kulon, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan dari Kota Pacitan kurang lebih 50 KM menuju desa Jetak.

6. Pantai Buyutan Pacitan

Pantai Buyutan

Pantai Buyutan Pantai ini memiliki pasir yang sangat putih, bahkan dapat dikatakan pantai yang memiliki pasir paling putih di Pacitan. Suasana pantai sangat tenang karena belum banyak pengunjung yang datang.

Pun demikian pantai ini berpotensi manjadi tujuan wisata yang terkenal karena keindahan alam dan masih alaminya lingkungan sekitar. Pantai Buyutan terletak di kecamatan Donorojo, Pacitan. Lokasi pantai ini tidak jauh dari Pantai Klayar.

7. Pantai Soge Pacitan

Pantai Soge Pacitan

Dengan di bangunnya JLS di Pacitan membuat pantai Soge menjadi tempat baru untuk nongkrong, apalagi di kawasan Pantai Soge ini terdapat jembatan Soge yang bagus. Pantai ini seolah menjadi ikon baru kota Pacitan dengan Jembatan biru yang indah di atas sungai yang bermuara di pantai ini. Bagi para pengunjung bisa mendapatkan sketsa jembatan yang lebih indah jika datang pada malam hari.

Di Pantai Soge ini juga terdapat sebuah danau kecil yang di tumbuhi dengan beberapa pohon kelapa serta rerumputan hijau yang bisa Anda gunakan untuk beristirahat sembari menikmati pemandangan di sekitar Pantai. Pantai Soge terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo. Pantai ini berada di sebelah barat Pantai Taman atau sekitar 15 menit perjalanan dari pantai Taman.

8. Pantai Karang Bolong Pacitan

Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong merupakan pantai yang sangat indah dan mempesona untuk dikunjungi. Disini kamu bisa menikmati keindahan pantai selatan dengan tebing-tebing hijau yang gagah dengan tebing yang menjorok kelaut yang berada di tepi Barat pantai ini. Tak jauh beda dengan pantai Uluwatu yang ada di Bali.

Sebuah kota yang berada di ujung Barat paling Selatan provinsi Jawa Timur ini memiliki potensi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Selama dalam perjalanan menuju Pacitan, mata kita akan dimanjakan dengan panorama khas pegunungan.

9. Pantai Sruni Pacitan

Pantai Sruni

Tempat wisata pantai yang selanjutnya adalah Pantai Seruni yang terletak di Desa Jlubang, Pringkuku, Pacitan. Namun sangat disayangkan karena Pantai Seruni ini merupakan salah satu pantai yang ada di Pacitan yang belum dikelola dengan baik.

Akses menuju pantai Seruni ini bisa dibilang masih kurang baik sehingga tidak banyak wisatawan yang mengunjunginya. Semoga Pemerintahan setempat bisa memberikan akses yang mudah, untuk lebih meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke sana.

10. Pantai Tawang Pacitan

Pantai Tawang

Pantai tawang dikenal banyak orang karena potensi perikanannya dan juga keelokan pemandangannya. Keunikan Pantai Tawang karena jaraknya dangkal, sangat ideal bagi yang ingin mencoba mandi atau berenang di air laut, hal ini dikarenakan posisi teluk yang menyerupai kantong sehingga arus lautnya tidak begitu kuat.

Namun jangan khawatir, setelah sampai dilokasi anda akan dimanjakan oleh Pesona Pantai ini. Pantai Tawang berada di Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo, Pacitan.

11. Pantai Kali Uluh Pacitan

Pantai Kali Uluh

Pantai Kali Uluh adalah salah satu pantai di Pacitan yang memiliki akses jalan yang baik karena melewati jalur lingkar selatan. Rute yang dapat Anda ambil adalah melalui JLS, sampai fly over gayam, belok kiri lewat pasar gayam. Teruskan perjalanan sampai bertemu fly over. Sesampainya di pertigaan setelah gapura masuk Desa Klasem. Jalan terus sampai bertemu pertigaan kedua.

Di sana ambil lajur kanan. Lalu kamu ikuti jalan sampai tiba di pantai Kali Uluh. Pantai Kali Uluh adalah salah satu pantai yang memiliki ombak besar sehingga sering digunakan sebagai lokasi surfing bagi pecinta olahraga surfing. Pemandangan batu karang yang tersebar di tepi pantai menambah keindahan pantai ini.

12. Pantai Taman Pacitan

Pantai Taman

Pantai Taman merupakan salah satu pantai lain yang bisa kamu kunjungi di Pacitan. Pantai yang berada di kecamatan Ngadirojo ini sudah memiliki beberapa wahana yang bisa dicoba oleh para pengunjung.

Pantai taman ini sangatlah panjang dari ujung timur sampai ujung barat, dan untuk di sebelah timur ada danau kecil. Wisata Pantai Taman Pacitan ini terletak di Desa Hadiwarno Kecamatan Ngadirojo, Pacitan.

13. Pantai Kunir Pacitan

Pantai Kunir

Untuk menuju pantai ini memang tidak gampang. Namun, di tengah sulitnya perjalanan menuju pantai Kunir, kamu akan mendapatkan sebuah sajian yang sangat sebanding Pantai Kunir memiliki pasir putih dengan ombak yang sedang.

Seperti pantai lain pada umumnya di Pacitan. Pantai ini cukup asik untuk mainan air. Panjang pantai Kunir ini sekitar setengah kilometer dan masih sangat sepi. Tipikal pantai yang sangat pas untuk mencari inspirasi.

14. Pantai Wawaran Pacitan

Pantai Wawaran

Pantai Wawaran juga merupakan salah satu pantai yang sangat indah dan mempesona dan tentunya bikin kamu suka. Di pantai ini kamu juga bisa melihat pemandangan laut yang begitu elegan dengan pasir putih dan air yang berwarna biru.

Konon, aktivitas para nelayan disini sudah lebih maju dibanding tempat-tempat lain. Salah satu contohnya adalah penerapan teknologi GPS.

15. Pantai Temperan Pacitan

Pantai Temperan

Lokasinya dekat bersebelahan dengan pantai telengria, tepatnya di sebelah baratnya. Dan kedua lokasi tersebut di pisahkan sungai kecil, saat air sungainya surut dari Telengria ke pantai Tamperan dapat di tempuh dengan jalan kaki melewati dekat Pelabuhan.

Suasana Wisata Pantai Tamperan Pacitan yang teduh banyak pepohonan karna di sekitaran pantai ini merupakan hutan milik Pemerintah. Dengan adanya berbagai pepohonan di tepian pantai dan bebatuan karang tebing perbukitan, maka membuat pantai ini menjadi sangat nyaman untuk sekedar refreshing dan memanjakan mata terutama pada sore hari.

16. Sungai Maron Pacitan

Sungai Maron

Sungai Maron Pacitan merupakan sebuah wisata susur sungai dengan panorama alam yang sangat alami. Dan air sungai ini memang sangat jernih dan banyak ditumbuhi pohon kelapa dibagian sisi sungai. Karena kejernihan airnya, tidak sedikit warga setempat yang memanfaatkannya sebagai kebutuhan sehari hari.

Aktivitas seru di sungai ini adalah susur sungai dengan menyewa sebuah perahu yang disediakan oleh warga. Ketika menyewa sebuah perahu, wisatawan akan dipandu oleh pemilik perahu sekaligus ia yang akan mengemudikan serta mengantarkan perjalanan susur sungai hingga sampai.

17. Monumen Jenderal Soedirman Pacitan

Monumen Jendral Soedirman

Monumen Jendral Sudirman merupakan salah satu obyek wisata sejarah yang ada di Pacitan Jawa Timur. Monumen ini terletak di Sobo, Pakisbaru, Nawangan Pacitan yaitu sekitar 34 km dari pusat kota Pacitan.

Jika anda ingin menuju obyek wisata ini kita akan melewati jalan yang berkelok kelok khas daerah pegunungan Pacitan. Kita akan melihat pemandangan yang indah saat perjalanan. Untuk masuk ke obyek wisata ini tidak dikenakan biaya alias gratis.

18. Pemandian Banyu Anget Pacitan

Banyu Anget

Tempat Wisata Pemandian Banyu Anget Pacitan menjadi pelengkap tujuan wisata Anda ketika berkunjung ke Pacita. Setelah Anda puas menikmati indahnya pantai Klayar, pantai Banyu Tibo, pantai Telengria, dan hijaunya sungai Maron, beserta keindahan Goa Gong, kini saatnya melepas lelah dengan berendam air panas di Pemandian Banyu Anget.

Wisata Pemandian Banyu Anget suda dikelola dengan baik, buktinya terdapat 4 kolam untuk pemandian, dan 2 kolam untuk berenang. Air hangat berasal dari sumber mata air yang mengandung belerang, jadi sangat bagus untuk kulit Anda. Selain itu, Keitka Anda berendam di Pemandian Banyu Anget, Anda disuguhi keindahan penggunungan berserta pepohonan yang mengelilingi area pemandian.

Untuk anda yang ingin berkunjung ke pemandian ini anda akan dikenakan biaya tiket masuk untuk Dewasa: Rp. 5.000 Harga tiket masuk Anak-Anak: Rp. 4.000. nah ini cocok buat anda yang suka berendam.

19. Goa Gong Pacitan

Goa Gong

Gong Pacitan mempunyai kedalaman sepanjang 256 meter dan memiliki stalakmit dan stalaktit berumur ratusan tahun. Goa ini muncul sebagai akibat dari aktivitas vulkanik dan gerakan termik yang diperkirakan berlangsung ratusan hingga ribuan tahun silam.

Saat anda  mengunjungi Goa Gong Pacitan, Anda akan diajak menyusuri tangga dan menyaksikan berbagai pemandangan gong cave, shawl drappery (stalaktit yang meneteskan air), rekahan endapan kalsium, dan tetesan air di ujung-ujung goa yang membentuk laksana danau kecil.

Jika kamu ingin menikmati keindahan Goa Gong Pacitan yang sungguh kaya akan keindahan stalaktit dan stalagmit, kamu dapat masuk ke dalamnya dengan membayar tiket masuk Goa Gong sebesar Rp 5 ribu per orang.

20. Goa Tabuhan Pacitan

Goa Tabuhan

Selain goa gong ada juga goa yang tak kalah menarik dari lainnya yairu Goa Tabuhan di Pacitan, Goa Tabuhan berlokasi di bukit kapur Tapan dengan pembentukan stalagtit dan stalagmit yang diyakini sudah berlangsung beratus tahun lalu, karena adanya reaksi kimia antara hujan dan mineral kapur.

Seiring dengan berjalannya waktu, goa ini lebih terkenal dengan goa Tabuhan karena sering digunakan warga setempat untuk kegiatan kesenian. Goa ini berada 30 km dari Kota Pacitan, dan juga tidak terlalu jauh dari Goa Gong dan hanya memiliki 2 ruangan besar.

21. Goa Song Terus Pacitan

Goa Song

Goa Song Terus merupakan situs purbakala yang berlokasi di desa Desa Mendolo Lor, Punung. Goa ini adalah salah satu tempat yang menjadi rujukan para arkeolog untuk mempelajari Paleolitik Bawah.

Selain itu juga berbagai benda purba telah ditemukan di Goa ini serta beberapa goa yang lokasinya tidak terlalu jauh dari sana. Goa Song Terus dan sekitarnya dipercaya sebagai salah satu tempat tinggal manusia-manusia purba yang pernah hidup sekitar Pacitan.

22. Goa Luweng Jaran Pacitan

Goa Luweng

Goa Luweng Jaran merupakan sebuah Goa Sungai Bawah Tanah, atau yaitu lubang masuknya aliran air ke dalam tanah pada daerah kapur yang relatif dalam. Dimana jika terjadi hujan deras permukaan disekitar pintu goa akan berubah menjadi sungai dan membuat air bergerak memutar di sekitarnya.

Maka akan sangat berbahaya jika mengunjungi Gua ini di saat musim hujan, karen cuaca tidak dapat di prediksi. Lokasinya berada di perbukitan desa Jlubang, sekitar 20 km dari kota Pacitan ke arah Barat. Sampai saat ini goa ini baru disambangi oleh para pecinta petualang, belum dibuka untuk wisatawan.

23. Goa Putri Pacitan

Goa Putri

Goa Putri merupakan sebuah goa yang menarik dikunjungi ,untuk lokasi goa yang satu ini juga tidak terlalu jauh dari Goa Gong. Meski kalah tenar dibandingkan Goa Gong, namun sajian pemandangan stalaktit dan stalakmit yang dimiliki goa ini tidak alah keren dibandingkan sang tetangga.

Jika anda ingin menikmati keindahan stalaktit dan stalakmit yang ada di Goa Putri kita juga tidak perlu menggunakan headlamp karna lampu-lamput telah terpasang di dalam goa sebagai alat penerangan. Karna suasananya tidak seramai Goa Gong, kita bisa lebih bebas untuk menikmati keindahan di dalam Goa Putri.

24. Kuliner Nasi Thiwul Pacitan

Nasi Thiwul

Mungkin anda sudah lelah habis berkeliling ke Pacitan dan merasa lapar! Tenang saja di pacitan ada makanan khas daerah tersebut yang dapat anda cicipi yaitu Nasi Thiwul.

Nasi Thiwul merupakan kuliner wajib yang harus traveler cicipi saat liburan di Pacitan. Hm, lezat ya nasi thiwulnya! kalau anda kurang anda bisa beli dan membawa pulang nasi thiwul dan dimakan di rumah.

Baca ini : Tempat Wisata di Surabaya yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai Tempat Wisata di Pacitan yang Wajib Dikunjungi semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!