10 Tempat Wisata di Oman Terbaru Paling Hits Dan Populer

Tempat Wisata di Oman – Nah di tepi Semenanjung Arab, kamu akan menemukan Kesultanan Oman. Sering diabaikan oleh para pelancong, Oman adalah tujuan eksotis yang dipenuhi dengan atraksi dan kota yang luar biasa. Ibukota Muscat sejauh ini merupakan tujuan paling populer, tetapi hanya berisi sebagian kecil dari apa yang membuat Oman hebat.

Jika Anda senang dengan pemandangan gurun, jajaran gunung yang luar biasa, benteng bersejarah dan pantai yang hangat sepanjang tahun, maka jadikan Oman tujuan berikutnya dalam daftar perjalanan Anda. Beberapa tempat terbaik untuk dikunjungi di Oman:

1. Bahla

Wisata Bahla

Tujuan luar biasa wisata di Oman adalah kota Bahla, yang terletak di Oman Utara. Bahla adalah semacam oasis di padang pasir, dan telah menjadi titik perhentian para pelancong selama berabad-abad. Bahla hanya berjarak 40 km (25 mil) dari Nizwa, dan juga menawarkan benteng yang spektakuler dan bersejarah. 

Benteng Bahla tanggal kembali ke abad ke-13, ketika itu secara luas di bawah kendali suku Banu Nebhan. Selain menjelajahi benteng Bahla, Anda dapat melihat tembok kota, yang terbuat dari batako dan membentang sepanjang hampir tujuh mil. Jika Anda berada di pasar untuk oleh-oleh, Bahla dikenal luas karena pilihan tembikar lokal yang mengesankan.

2. Masirah Island

Wisata Mesirah island

Tak jauh dari pantai Oman adalah Pulau Masirah, tujuan unik bagi para pelancong yang mencari matahari, pantai, margasatwa, dan sejarah. Pulau Masirah adalah rumah bagi pangkalan udara Oman, tetapi kota-kota tersebut relatif kecil.

Itu berarti beberapa orang dan banyak tempat terpencil untuk dijelajahi. Feri reguler tersedia untuk mengantar Anda ke dan dari daratan. Di Pulau Masirah, hiburan utama termasuk berenang, memeriksa banyaknya bangkai kapal di lepas pantai dan menyaksikan lebih dari 30.000 kura-kura yang muncul setiap tahun di musim penetasan.

3. Misfat al Abryeen

Wisata Misfat al Abryeen

Sementara kota-kota besar di Oman dapat tampil sangat kontemporer, desa-desa kecil seperti Misfat al Abryeen membantu menangkap suasana yang lebih tradisional. Desa pegunungan ini terdiri dari bangunan-bangunan batu dalam nuansa oranye dan cokelat, dan bisa lebih mirip desa pegunungan Italia daripada sesuatu yang mungkin Anda temukan di Semenanjung Arab. 

Akan tetapi, Misfat al Abryeen adalah contoh indah kehidupan gunung di Oman. Sebuah jalan curam mengarah ke atas gunung, dan Anda dapat berjalan di antara bangunan untuk mengagumi pohon pisang dan tanaman hijau subur. Ada sebuah menara pengawas kuno di atas desa yang bisa Anda panjat untuk melihat Misfat al Abryeen serta ladang-ladang dan bendungan di sekitarnya yang diisi air.

4. Salalah

Wisata Salalah

Di Oman Selatan adalah Salalah, tujuan yang kadang-kadang dikenal sebagai kota kedua ke Muscat. Salalah sangat penting saat ini karena itu adalah rumah leluhur bagi Sultan Qaboos, sultan yang memerintah di Oman sejak tahun 1970. Pada kunjungan ke Salalah, Anda dapat mengagumi Istana Qaboos yang luar biasa, dan Anda dapat menghargai arsitektur lama di Kota Tua, yang dikenal sebagai Haffa. 

Selangkah lebih jauh ke masa lalu dengan mengunjungi Situs Arkeologi Al Baleed. Salalah terkenal karena perdagangan kemenyannya, jadi pastikan untuk mengambilnya sebagai suvenir dari souk di Haffa. Dari Juni hingga Agustus, awan monsun dari India membawa hujan terus-menerus ke daerah tersebut dan, sebagai akibatnya, wilayah pantai di sekitar Salalah diubah menjadi oasis hijau dengan air terjun dan aliran air musiman.

5. Ras al Jinz

Wisata Rans al jinz

Di ujung paling timur Oman adalah Ras al Jinz, cadangan penyu yang membantu mengisi dan melindungi kura-kura laut di Samudera Hindia. Jika Anda berkunjung selama musim panas, atau antara bulan Mei dan Oktober, Anda dapat melihat sarang penyu di sepanjang pantai dan bahkan menyaksikan bayi-bayi penyu menetas dan menuju samudera.

Mengunjungi cagar kura-kura dimungkinkan sebagai perjalanan sehari ke Muscat, tetapi sebagian besar pengunjung memilih untuk bermalam di resor dan melihat-lihat atraksi lainnya seperti Pusat Pengunjung dan Museum Turtle.

6. Jebel Akhdar

Wisata Jebel Akhdar

Jebel Akhdar dapat diterjemahkan ke Green Mountain, dan itu adalah bagian dari Pegunungan Al Hajar. Jangan mengharapkan puncak gunung tradisional, dan jangan biarkan keliru hijau menipu Anda. Wilayah Jebel Akhdar adalah batu kapur utama, dan berisi titik tertinggi di seluruh negara Oman. 

Meskipun tidak tercakup dalam hutan lebat, ketinggian membuat suhu lebih dingin dan lebih banyak pertumbuhan pertanian daripada di gurun di bawah ini. Daerah ini sekarang dilindungi, dan Anda dapat mendaki melalui teras yang indah dan bahkan melihat pohon-pohon yang sarat dengan buah. Mendaki gunung mungkin tidak tampak seperti aktivitas yang menarik di gurun Oman, tetapi itu adalah hiburan yang sempurna di Jebel Akhdar.

7. Musandam Fjords

Wisata Musandam Fjords

Semenanjung Musandam adalah bagian paling utara dari Oman, dan dipisahkan dari bagian lain negara tersebut oleh Uni Emirat Arab. Sebagian wilayah ini sangat terpencil, dan telah lama menjadi rumah bagi penduduk di desa-desa pegunungan dan komunitas pesisir. Musandam Fjords membentang ke utara dan menawarkan pemandangan spektakuler. 

Jika Anda mengunjungi Musandam Fjords, sorotan utama dapat mencakup hal-hal seperti perjalanan perahu untuk menjelajahi pantai dan puncak yang naik dari air, melihat lumba-lumba dari Dhow, atau perahu tradisional Oman, dan menyelam scuba di laut. Populasi yang jarang dan satwa liar berlimpah, menjadikan wilayah ini salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di Oman bagi pecinta alam.

8. Wahiba Sands

Wisata Wahiba Sands

Di pusat Oman, bukit pasir membentang bermil-mil dan menciptakan apa yang disebut Wahiba Sands. Di sinilah orang Bedu tinggal, dan itu adalah tujuan wisata populer bagi mereka yang mencari Oman yang benar, asli, dan tradisional.

Alami cara hidup nomaden di Wahiba Sands dengan bergabung dalam tur yang memungkinkan Anda menunggang unta dan berkemah di gurun di bawah bintang-bintang. Kota Ibra berfungsi sebagai pintu gerbang utama menuju Pasir Wahiba, dan ini adalah tempat banyak tur berpemandu dimulai.

9. Nizwa

Nizwa

Pada abad keenam dan ketujuh, kota Nizwa menjadi ibu kota bagi Oman. Saat ini, kota ini terkenal dengan bentengnya yang luar biasa, yang dibangun pada abad ke-17 di bawah arahan Sultan Bin Saif Al Ya’ribi. Namun, beberapa bagian benteng sudah ada sejak abad kesembilan. Puncak benteng Nizwa adalah menara silinder besar. 

Benteng ini juga memiliki beberapa mekanisme pertahanan yang menarik, termasuk perangkap madu dan jendela berbentuk tidak biasa untuk menembak musuh yang mendekat. Benteng juga merupakan museum, menampilkan kehidupan abad ke-17 di Oman. Saat berada di Nizwa, Anda juga dapat melihat pasar souk, atau pasar luar ruangan, serta pasar kambing yang tidak biasa diadakan dua hari setiap minggu di pusat kota.

10. Muscat

Wisata Muscat

Jika Anda hanya mengunjungi satu tempat di Oman, kemungkinan besar adalah Muscat. Kota ini adalah rumah bagi benteng, istana, museum, dan pasar, menawarkan sesuatu untuk semua orang. Meskipun Anda tidak dapat mengunjungi interior Istana Kerajaan Qasr Al Alam, Anda dapat menuju ke pelabuhan untuk melihat dari dekat struktur menakjubkan. 

Penjaga istana adalah benteng kembar Al Jalali dan Al Mirani, yang telah dikonversi menjadi museum dan terbuka untuk umum. Wisatawan non-Muslim juga dapat mengunjungi Masjid Agung Sultan Qaboos yang menakjubkan di sebagian besar pagi hari, mengagumi fitur-fitur seperti lampu kristal besar, panel dinding marmer, dan karpet Persia terbesar kedua di dunia.

Baca Juga : Tempat Wisata di Austria Yang Bikin Kamu Kagum

Nah dari informasi wisata diatas Tempat Wisata di Oman Terbaru Paling Hits Dan Populer semoga dapat membantu anda ketika berwisata. Teman-teman silahkan baca artikel destinasi wisata menarik lainnya ya di sini dengan begitu anda akan mendapatkan banyak informasi wisata bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!