32 Tempat Wisata di Makassar Terbaru Paling Hits Dan Populer

Tempat Wisata di Makassar –  Makassar merupakan sebuah ibu kota yang berada provinsi Sulawesi Selatan. Selain itu, Makassar juga termasuk kota Internasional serta terbesar di kawasan Indonesia Timur dan pada masa lalu pernah menjadi ibukota Negara Indonesia Timur Provinsi Sulawesi.

Tempat wisata di Makassar mempunyai daya tariknya yang sangat menawan, mulai dari keindahan alam bahari, kekayaan budaya dan sejarah, wahana permainan, hingga panorama alam yang menyejukan dan pastinya ini dapat membuat anda terpesona jika sedang di kawasan tempat wisata yang ada di Makassar.

Pantai Losari merupakan ikon kepariwisataan di Makassar, tetapi Anda harus mengunjungi Pulau Samalona atau Pulau Kodingareng Keke untuk mengetahui betapa menyenangkannya snorkel di laut nan jernih dan bermain di hamparan pasir yang putih.

Baca ini : Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Berikut ini adalah sejumlah tempat wisata di Makassar yang wajib Anda kunjungi, beberapa di antaranya adalah destinasi wisata di Sulawesi Selatan yang populer di kalangan penikmat perjalanan.

1. Pulau Kodingareng Keke

Kodingareng

Pulau kodingareng Keke merupakan pulau kecil yang memanjang dari timur laut hingga barat daya. Hamparan pasir pantai yang ada di pulau ini berwarna putih halus. Air lautnya berwarna biru dan jernih. Terumbu karangnya pun juga masih alami. Sangat cocok untuk melakukan kegiatan diving maupun snorkeling.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke pulau ini adalah sekitar bulan Juni hingga bulan September atau saat tidak sedang dalam musim hujan. Pulau ini memang merupakan pulau yang tak berpenghuni. Namun beberapa gazebo yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk berisitirahat atau berteduh mulai dibangun di kawasan ini.

2. Tanjung Bira

Tanjung Bira

Tanjung Bira merupakan tempat wisata yang terletak di Kabupaten Bulukumba. Tanjung Bira memiliki pasir putihnya seperti tepung bedak. Alam bawah laut juga tak kalah dengan tempat lain. Pemandangan di kala senja pun tak kalah indahnya.

Nah keindahan wisata ini tak hanya dikenal oleh wisatawan domestik saja, tetapi juga wisatawan asing. Mereka biasa berenang, berjemur, snorkeling atau hanya duduk menikmati pemandangan terbit dan tenggelamnya matahari.

3. Pantai Losari

Pantai Losari

Pantai Losari adalah sebuah pantai yang sangat terkenal yang terletak di makassar. Pantai ini adalah sarana berkumpul dan hiburan bagi warga Makassar danpar awisatawan untuk sekedar melepas penat dan sarana hiburan.

Banyak fotografer lokal maupun wisatawan yang mengabadikan keindahan sunrise di pantai losari makassar ini. Pantai losari juga terkenal dengan beraneka ragam kuliner.

4. Pulau Lae Lae

Pulau Lae

Pulau Lae-Lae sendiri termasuk dalam gugusan pulau-pulau yang berada didalam kawasan wisata pulau kota Makassar. Selain Samalona, Kodingareng Keke, Barangcaddi dan Baranglompo, Pulau Lae-Lae juga termasuk salah satu alternatif tempat wisata bagi para pecinta wisata bahari.

Bagi sebagian besar masyarakat kota Makassar, Pulau Lae-Lae sudah tidak dianggap lagi sebagai pulau wisata bagi mereka dikarenakan Pulau Lae-Lae mempunyai jarak saat ini sudah sangat dekat sehingga pengunjungnya pun tidak banyak.

Pulau Lae-Lae merupakan surga sunset kota Makassar. Tidak heran jika sore menjelang para pemburu sunset pun akan memenuhi Dermaga Kayu Bangkoa untuk menyeberang menuju Pulau Lae-Lae. Sunset yang disajikan oleh Pulau Lae-Lae pun akan sangat memberi kesan yang indah bagi para pengunjung dan banyak juga pengunjung yang memilih untuk menginap di Pulau Lae-Lae apabila weekend tiba.

5. Pantai Akkarena

Pantai Akkaren

Pantai Akkarena adalah pantai berpasir hitam yang mempesona, menjadikan pantai ini sebagai pilihan yang tepat untuk rekreasi bersama keluarga. Taman ini di sebut Akkarena Tanjung Bunga,yang dibangun di area seluas 12 hektar dan biasa buka pada pukul 07.00 sampai 12 malam. Di taman ini menyajikan aneka makanan dan minuman lokal maupun internasional, Akkarena Tanjung Bunga dilengkapi dengan hiburan live musik.

Dengan tarif sebesar Rp 5000 untuk masuk dan Rp 2000 untuk parkir mobil sedangkan untuk tarif parkir motor yaitu Rp. 1000, pengunjung dapat menikmati berbagai aktifitas olahraga air maupun aneka permainan seperti banana boat, jet sky, sampai dengan permainan yang memacu adrenalin yaitu ATV disamping menikmati angin sepoi-sepoi serta keindahan pantai Akkarena.

6. Pulau Kapoposang

Pulau Kapoposang

Pulau Kapoposang merupakan sebuah pulau spermonde yang berada di Selat Makassar. Tepatnya berada dalam wilayah Kec. Liukang Tuppabiring, Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan. Di pulau berpenghuni ini, Anda akan dijamu dengan pemandangan hamparan pasir putih sekitar pantai, lambaian teduhnya pepohonan serta kejernihan air laut yang membuat Anda bisa menikmati batu karang tanpa harus menyelam.

Panorama sunrise dan sunset juga hal yang tidak boleh Anda lewatkan. Jika Anda berniat menikmati pesona pulau ini dalam beberapa hari, maka tidak perlu khawatir karena di pulau ini telah tersedia resort serta fasilitas olahraga milik pengusaha swasta dan juga beberapa home stay yang dikelola masyarakat.

7. Pulau Bulupoloe

Pulau Balupoloe

Keindahan dari Pulau Bulupoloe yang menjadikannya sebagai salah satu objek wisata yang patut dikunjungi adalah keindahan alam pegunungan serta keasrian baharinya. Bentangan pantai dengan pasir putih yang mengitari pinggiran pulau menjadi nilai tambah tersendiri. Selain itu, beberapa tempat di Pulau ini terdapat sumber air tawar yang semakin menambah keunikan pulau ini.

Air laut di Pulau ini sangat jernih, dihiasi aneka ragam terumbu karang yang mempesona, dan ikan yang berwarna-warni serta biota laut lainnya yang semakin menambah semarak kehidupan bawah laut di Pulau Bulupoloe ini.

8. Pulau Samalona

Pulau Samalona

Pulau Samalona merupakan sebuah pulau yang memiliki pantai dengan hamparan pasir berwarna putih. Air lautnya masih berwarna biru jernih. Pulau ini terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Selain itu, Anda juga bisa menyelam/diving di sini. Terumbu karangnya masih cantik dengan ikan lautnya yang berwarna-warni.

Pulau Samalona terletak di Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Jaraknya sekitar tujuh kilometer dari kota Makassar.

9. Taman Laut Taka Bonerate

Taman Laut Taka

Taman ini merupakan taman laut yang memiliki kawasan atol terbesar ketiga di dunia setelah Kwajifein dan Suvadiva. Nah disini ada sebanyak lima belas buah pulau sehingga sangat bagus untuk kegiatan menyelam, snorkeling, dan wisata bahari lainnya.

Topografi kawasan sangat unik dan menarik, di mana atol yang terdiri dari gugusan pulau-pulau gosong karang dan rataan terumbu yang luas dan tenggelam, membentuk pulau-pulau dengan jumlah yang cukup banyak. Sedangkan pada bagian permukaan rataan terumbu, banyak terdapat kolam kecil yang dalam dan dikelilingi oleh terumbu karang.

Pada saat air surut terendah, terlihat dengan jelas daratan kering dan diselingi genangan air yang membentuk kolam-kolam kecil. Taman Laut Nasional ini terletak di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Jarak dari Benteng, ibu kota Kabupaten Kepulauan Selayar adalah 25 kilometer. Sementara kalau dari Kota Makassar sekitar 300 kilometer.

10. Pulau Dutungan

Pulau Dutungan

Pulau Dutungan merupakan sebuah pulau yang berjarak sekitar 130 kilometer dari Kota Makassar, perjalanan memakan waktu sekitar 2 jam. Jalan ke sana cukup mudah karena hanya mengikuti jalan dan dari jalan tersebut sebagian besar kita dapat melihat laut jadi tidak perlu khawatir akan tersesat.

Dermaga kecil untuk menyebrang ke sana tidak terletak di pinggir jalan, dermaga tersebut terletak di jalan kecil tidak jauh dari jalan utama. Dikelilingi pemandangan laut yang biru anda dijamin akan merasa betah untuk tinggal berlama-lama di tempat ini. Berlokasi di Desa Cilelang sekitar 48 Km dari Kota Baru.

11. Pulau Kayangan

Pulau Kayangan

Pulau Kayangan adalah sebuah pulau kecil berpasir putih dengan luas sekitar 1 hektare dan ditinjau secara administratif pulau khayangan masuk pada wilayah Kel. Bulo Gading, Makassar, Sulawesi Selatan. yang lokasinya berjarak satu km dari Kota Makassar.

Pulau ini memiliki panorama pemandangan alam yang begitu indah dan hamparan pantai pasir putih bersih membentang disepanjang pantai pulau Khayangan. Selain itu disini terdapat juga pemandangan bebatuan karang yang nampak jelas terlihat disebabkan karena begitu jernihnya air laut di sekitar pulau khayangan ini.

Selain itu anda bisa menikmati berbagai aktivitas seperti berolahraga air jetski ataupun memancing, bersantai di tepi pantai, para pengunjung pulau kayangan juga dapat melihat lebih dekat biota/hewan laut yang begitu cantik dengan cara snorkeling atau melihat di sejumlah aquarium berisi aneka ragam ikan laut hias yang ada di sana.

12. Pegunungan Karst

Pegunungan Karst

Rammang-rammang merupakan sebuah kawasan karst yang terletak di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Jika anda ingin menuju kawasan karst tersebut dapat ditempuh melalui jalur darat menggunakan kendaraan pribadi dari Kota Makassar.

Jarak kawasan karst ini dari kota makassar adalah sekitar 40 km, sehingga akan memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Terdapat beberapa rumah makan yang disediakan dengan pemandangan indah dan menakjubkan. Bagaimana? indah bukan tempat wisata di sini, ini cocok buat anda yang ingin berlibur ke makassar bisa mamping kesini juga bersama teman ataupun keluarga anda.

13. Taman Nasional Bantimurung

Taman Nasional Bantimurung

Bantimurung adalah salah satu wisata terbaik di Sulawesi Selatan. Disini ada berbagai jenis keindahan dan pesona alam yang di tawarkan pada obyek wisata Sulawesi ini.

Contohnya seperti, cagar alam, penangkaran kupu-kupu, goa, dan air terjun. Taman nasional ini pertama kali ditemukan oleh seorang ahli botani dari Inggris, Alfred Russel Wallace.

14. Pulau Gusung

Pulau Gusung

Pulau Gusung adalah pulau terluar bagian barat Kab. Kepulauan Selayar. Nah biasanya disekitar pulau digunakan sebagai lokasi diving dan tempat memancing. Beberapa warga memanfaatkan daerah dipinggir pulau sebagai area tambak beberapa jenis ikan laut yang berkualitas ekspor dan jenis lobster.

Lokasi Pulau Gusung tidak jauh dari Kota Makassar, anda bisa menuju ke Pulau Gusung melalui Dermaga Popsa yang berada di depan Benteng Fort Rotterdam dengan menyewa kapal cepat, yang akan memakan waktu kurang lebih 10 menit.

15. Air Terjun Takapala

Air Terjun Takapala

Air terjun Takapala tingginya mencapai 109 meter dengan volume air yang dicurahkannya sangat besar terlebih lagi dikala musim hujan tiba. Curahan airnya menimpa bongkahan batu-batu besar di dasarnnya, menimbulkan suara gemuruh dan percikan air membentuk kabut tipis sejauh 20 m.

Karena objek wisata ini masih ditangani orang lokal, maka segala fasilitasnya masihlah sederhana namun sudah lengkap. Jika ingin berlama-lama menikmati gemuruh air terjun, kamu bisa menyewa pendopo atau bisa juga menginap di rumah warga didalamnya. Semua terasa lokal sehingga menunjukkan bahwa air terjun ini masih alami dan alami.

Air Terjun Takapala Terletak di Desa Bulutana, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Propinsi Sulawesi Selatan.

16. Air Terjun Bantimurung

Air Terjun Bantimurung

Air Terjun Bantimurung merupakan salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi di Sulawesi Selatan terutama waktu libur. Obyek wisata air terjun Bantimurung ini terletak di Kota Maros , kurang lebih berjarak 140 Km dari Kota Makassar Propinsi Sulawesi Selatan. dan dapat ditempuh dengan kendaraan umum.

Di Air Terjun Bantimurung, Anda dapat langsung mandi di bawah kucuran langsung air terjun, berselancar dengan ban pelampung, dan mandi di beberapa kolam buatan sumber mata air pegunungan. Di sini juga terdapat “Gua Mimpi”, yaitu sebuah gua yang sangat dalam yang tembus ke sumber mata air terjun di atas pegunungan.

17. Perkebunan Teh Malino

Perkebunan Teh

Perkebunan Teh Malino merupakan salah satu objek wisata alam yang ada di Sulawesi Selatan. Malino dijuluki sebagai kota bunga. Daerah dengan berbagai macam tumbuhan yang bisa tumbuh subur, sehingga tidak heran jika Malino kini mampu menjadi daerah agrowisata.

Malino berada di ketinggian 1.050 meter di atas permukaan laut. Suhu udara di sini berkisar antara 10 – 26 derajat Celcius.

Kawasan ini sudah terkenal sejak zaman Belanda dan dijadikan tempat wisata favorit mereka, oh iya, jangan sampai lupa membawa jaket dan pakaian hangat, karena disini lumayan dingin.

18. Danau Tempe

Danau Tempe Makassar

Danau Tempe merupakan danau yang terletak di bagian Barat Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, tepatnya di Kecamatan Tempe, Kecamatan Belawa, Kecamatan Tanah Sitolo, Kecamatan Maniangpajo dan Kecamatan sabbangparu, letaknya sekitar 7 km dari Kota Sengkang menuju tepi Sungai Walanae.

Disini kamu bisa berkeliling dengan meyewa perahu atau juga memancing. Nah selain itu juga kamu bisa membeli juga sayuran yang ditanam di sekitar danau dan ikan segar.

19. Desa Wisata Lakkang

Desa Wisata Lakkang

Desa Lakkang merupakan sebuah daratan yang kerap disebut delta, terbentuk karena berkumpulnya sedimentasi dalam kurun waktu tertentu dengan luas daratannya sekitar 195 hektare dan dihuni oleh sekira 300 kepala keluarga.

Kebanyakan mereka bekerja sebagai petambak dan nelayan. Sebagian kecil juga menghidupi diri dari sawah yang tidak seberapa luas di dalam wilayah Lakkang. Di desa yang masih asri itu, anda bisa berwisata dengan mengunjungi sejumlah bungker peninggalan Jepang.

Jika anda ingin mencapai desa tersebut, anda tinggal memilih jalur yang mana, karena ada tiga jalur dermaga yang bisa dipilih untuk menyeberangi sungai ke desa kecil tersebut. Salah satu dermaga yang banyak dipilih oleh warga adalah Dermaga Kera-kera, yang berada di kampus Tamalanrea, lebih tepatnya di lokasi Teaching Farm Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Hasanuddin.

20. Benteng Somba Opu

Benteng Somba Upu

Benteng Somba Opu merupakan Benteng yang berada di Jalan Daeng Tata, Kel.Benteng Somba Opu, Kec. Barombong, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

Benteng ini juga menjadi pusat perdagangan dan pelabuhan rempah-rempah yang ramai dikunjungi pedagang dari Asia dan Eropa. Dan kini Benteng Somba Opu menjadi sebuah wisata bersejarah di Kota Makassar.

21. Pemandian Air Panas Lejja

Air Panas Lejja

Pemandian ini terletak di kawasan hutan lindung di Kec. Marioriawa, Kab. Soppeng. Pemandangan sekitar kolam pemandian sangat indah dengan banyak pepohonan rindang dan udaranya yang sejuk.

Di tempat wisata ini, terdapat lima buah kolam dengan kedalaman dan ukuran suhu yang beragam. Suhu terpanas adalah 60 derajat Celcius. Air panas ini dipercaya bisa menyembuhkan segala penyakit kulit dan rematik karena kandungan belerangnya.

22. Benteng Ujung Pandang

benteng Ujung Pandang

Benteng Ujung Pandang merupakan sebuah bangunan megah peninggalan Kerajaan Gowa yang dibangun sekitar tahun 1545. Benteng ini berada tak jauh dari kawasan Pantai Losari. Benteng ini adalah salah satu peninggalan sejarah Kerajaan Gowa-Tallo dibangun pada tahun 1545 oleh raja ke-9.

23. Museum Balla Lompoa

Musseum Balla Lompoa

Museum ini merupakan sebuah rekonstruksi dari Istana Kerajaan Gowa yang didirikan oleh pemerintahan Raja Gowa ke-31 sekitar pada tahun 1936.

Nah arsitektur bangunan ini berbentuk rumah khas orang Bugis, yaitu rumah panggung yang terbuat dari kayu ulin atau kayu besi.

Museum ini berada di Jalan Sultan Hasanuddin No. 48 Sungguminasa, Somba Opu, Kab. Gowa, yang berbatasan langsung dengan Kota Makassar.

24. Kawasan Adat Ammatoa

Adat Ammatoa

Kawasan adat ammatoa kajang merupakan salah satu pusat destinasi wisata budaya di Kabupaten Bulukumba. Terkenal dengan sebutan suku kajang daerah ini begitu kental dengan adat istiadat yang dipegang teguh. Suku kajang merupakan satu dari banyaknya suku di indonesia, dikatakan tana toa yang berarti tana tertua yang masih menganut kepercayaan nenek moyang dan tanah warisan leluhur.

Disini, memiliki keindahan alam berupa kelestarian kawasan hutan, serta budaya hidup masyarakatnya yang jauh dari pola hidup modern. Ciri masyarakat kajang yang ada di Desa Tana Toa yang tampak sehari-hari yaitu pakaian dengan warna serba hitam, sedangkan ciri bangunan rumahnya seragam menghadap ke Utara. Masyarakatnya dipimpin oleh seorang yang bergelar Amma Toa dengan masa kepemimpinan seumur hidup.

Kawasan Adat Ammatoa Terletak di Kecamatan Kajang, sekitar 56 Km dari kota Bulukumba.

25. Kete Kesu

Wisata Kete Kesu

Desa Kete Kesu merupakan kawasan cagar budaya dan pusat berbagai upacara adat Toraja yang meliputi pemakaman adat yang dirayakan dengan meriah (Rambu Solo).

Upacara memasuki rumah adat baru (Rambu Tuka), serta berbagai ritual adat lainnya. Pada bulan Juni – Desember, berbagai upacara dan perayaat adat umumnya dilakukan oleh masyarakat sekita di lokasi ini.

26. Trans Studio Makassar

Trans Studio

Trans Studio Theme Park menyajikan 22 wahana permainan dan bermacam bentuk hiburan yang terdapat dalam 4 kawasan dengan tema yang berbeda dan unik.

Selain itu, Keberadaan taman dengan konsep indoors ini terasa lebih nyaman karena tidak khawatir akan cuaca panas maupun hujan lebat anda senantiasa dimanjakan dengan aneka hiburan dan permainan yang sayang sekali untuk dilewatkan.

Beberapa diantara anda mungkin bertanya mengenai harga tiket yang dikenakan bagi pengunjung Trans Studio Makassar ini, Untuk Hari Biasa : Rp100.000 rupiah dan untuk Hari libur atau akhir pekan : Rp175.000 Rupiah.

27. Pusat Kerajinan Perahu Phinisi

Kerajinan Perahu Phinisi

Disini anda akan merasa kagum melihat kepiawaian masyarakat membuat kapal tradisional dengan konstruksi kayu dan peralatan tradisional pula. Mereka mampu membuat perahu yang sangat kokoh dan megah .

Sejarah membuktikan bahwa Perahu Phinisi Nusantara telah berhasil berlayar ke Vancouver Kanada, amerika Serikat pada tahun 1986.

Bagamana? Menarik bukan tempat wisata di Tana Beru, disini anda bisa melihat masyarakat membuat sebuah kapal yang unik dan bagus.

28. Kuliner Coto Daeng

Coto Daeng

Coto Daeng merupakan makanan yang lezat dan enak, Selain dagingnya yang enak kuah kental yang ada di Coto Daeng ini sangat luar biasa lezat dan enak.

Tempat wisata kuliner yang satu ini termasuk tempat makan yang menunya bisa anda santap dengan harga yang terjangkau, yakni hanya dengan merogoh kantong anda sedalam Rp. 8.000 maka kamu bisa melahap coto ini yang lezat.

29. Kuliner Mie Hengki

Mie Hengki Makassar

Mie Hengki Makassar sendiri merupakan sebuah olahan yakni mie china yang tentu mempunyai rasa lezat. Sajian mie hengki di tempat wisata kuliner makassar yang satu ini di sajikan dengan irisan ayam, cumi-cumi, hati dan jamur yang tentu menambah daya lezat yang luar biasa.

Jika kamu tertarik untuk datang ke yang satu ini, anda bisa datang ke Mie Hengki mulai jam 7 malam hinga jam 12 malam. Untuk harga mie hengki ini di bandrol dengan harga Rp. 18.000 saja.

Baca ini : Tempat Wisata di Manado yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai Tempat Wisata di Makassar yang Wajib Dikunjungi semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!