18 Tempat Wisata di Madiun Terbaru Paling Hits Dan Bagus

Tempat Wisata di Madiun – Madiun merupakan sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Di kota ini terdapat pusat industri kereta api . Selain itu, Madiun dikenal memiliki Lapangan Terbang Iswahyudi, yakni salah satu pangkalan utama AURI, meski sebenarnya terletak di Kabupaten Magetan. Madiun memiliki julukan Kota Gadis, Kota Brem, Kota Pelajar, Kota Sepur, dan Kota Industri.

Madiun ini berbatasan secara langsung dengan Magetan dan Ngawi di sebelah barat dan juga berbatasan dengan Nganjuk disebelah timur. Sedangkan untuk sebelah utara berbatasan langsung dengan Bojonegoro dan di sebelah selatan berbatasan langsung dengan Ponorogo.

Di Madiun sendiri banyak sekali mempunyai segudang tempat wisata yang sangat indah diantaranya seperti wisata alam serta wisata sejarah semua ada di Madiun, jika anda ingin berlibur disinilah tempat yang cocok yaitu madiun, dijamin anda tidak akan kecewa apalagi jika anda berkunjung dengan keluarga, pasangan maupun teman dijamin pasti liburan kalian akan lebih menyenangkan.

Baca Juga : Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

Berikut ini adalah sejumlah tempat wisata di Madiun yang wajib Dikunjungi. Sebagian besar destinasi wisata Madiun ini adalah wisata alam yang menawan.

1. Rekreasi Umbul

Umbul Madiun

Tempat rekreasi Madiun merupakan tempat yang sangat cocok buat kamu yang suka bersantai bersama teman-teman maupun dengan keluargamu. Nah perlu kamu tahu, tempat ini adalah tempat peninggalan Belanda yang sampai saat ini masih sangat populer untuk berwisata di Madiun.

Ketika kamu disini kamu akan disuguhi pesanggrahan, kemudian disini juga ada kebun binatang mini terus ada juga kolam renang air belerang, nah dimana pengunjung akan betah untuk berendam di dalam kolam ini.

Berbeda dengan taman lain pada umumnya, Taman Umbul menawarkan keindahan alam dan sesuatu yang berbeda. Kelebihan dari taman ini adalah letaknya begitu dengan alam. Taman Wisata Umbul berada di Desa Glonggong, kecamatan Dolopo yang berjarak 20 km kearah selatan kota Madiun.

2. Air Terjun Saweru

Air Terjun Saweru

Air Terjun Seweru adalah salah satu tempat wisata di Madiun yang wajib kita kunjungi. Pemandangan air terjun disini sangat mampu membuat pikiran dan hati kita menjadi sangat tenang. Karena di tempat ini anda bisa bersantai sambil ditemani suara gemericik dari percikan-percikan air terjun dan juga udara yang sangat sejuk dan segar.

Air Terjun Seweru berada pada ketinggian sekitar 400 mdpl. Air terjun ini berada di lereng Gunung Wilis. Lokasinya air terjun ini berada di wilayah perkebunan kopi kandangan tepatnya di Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun.

Jadi tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat melepas penat akan rutinitas sehari-hari. objek Wisata di Madiun yang satu ini sangat sering dikunjungi mereka yang menyukai kegiatan rekreasi yang berhubungan dan bernuansa alam.

3. Alam Wana Wisata Grape

Wana Wisata Grape

Wisata ini adalah tempat wisata ditujukan untuk yang suka berpetualang. Di tempat wisata ini anda dapat melakukan kegiatan-kegiatan yang biasanya kita lakukan di alam. Seperti misalnya kemah/camping, dan wahana-wahana alam lainnya yang akan sangat menyegarkan pikiran anda.

Selain itu, disini anda bisa menikmati sebuah perdesaan yang disetting sedemikian rupa menjadi tempat wisata yang mengajak pengunjungnya bisa kembali menikmati suasana alam perdesaan, di tempat ini juga terdapat mata air alami yang berasal dari Pengunungan Dungus.

Di tempat ini juga tersedia taman bermain untuk anak, hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para orang tua yang ingin menyenangkan anaknya.

4. Gunung Wilis

Gunung Wilis

Gunung Wilis merupakan salah satu gunung di Jawa Timur yang menantang untuk didaki meski gak terlalu tinggi. Apalagi, gunung ini memiliki beberapa puncak dengan jalur pendakian dari beberapa kota.

Jika memulai pendakian, anda bisa lapor dulu kepada petugas di pos Kempo yang terletak di perkebunan kopi Kandangan setelah melewati Desa Kare.

Gunung wilis terkenal akan lebatnya hutan dan satwa liarnya, di sepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan yg sangat indah, banyak dijumpai satwa liar, perbukitan, air terjun serta lembah.

5. Air Terjun Krecekan Denu

Air Terjun Krecekan

Tempat wisata Air Terjun Krecekan Denu berlokasi di Dusun Gilingan, Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Air terjun ini berada tidak jauh dari Wisata Grape. Untuk menuju kelokasi air terjun ini, anda sudah dimudahkan dengan jalan yang sudah lebih halus dengan aspal.

Pengunjung bisa menikmati air terjun dengan nuansa pegunungan dan pemandangan pegunungan yang indah, air yang jernih, dan dikelilingi bebatuan sehingga menambah kesan artistik bagi para pengunjung yang ingin berfoto ataupun sekedar menikmati suasana sambil bersantai sejenak.

6. Air Terjun Kucur

Air Terjun Kucur

Tempat Wisata Air Terjun Kucur Terletak di Dusun Pucang Sawit Desa Padas Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun, air terjun ini termasuk baru dikenal orang. baru pada tahun 2008 air terjun ini dikenal masyaraka, karena air terjun ini termasuk air terjun buatan.

Menurut cerita dulu di Dusun Pucang Sawit penduduknya sangat kesulitan untuk memenuhi kebutuhan air bersih meskipun sebenarnya berada dikaki pegunungan Wilis yang cantik untuk memenuhi kebutuhan air bersih pada musim kemarau.

7. Air Terjun Banyulawe Dong

Air Terjun Banyu lawe

Tempat Wisata Air terjun Banyulawe terletak di Dusun Gligi, Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Air terjun yang berada tepat di balik lereng Pegunungan Wilis ini menawarkan suasana sejuk khas pegunungan yang bakal buat kamu rileks sejadi-jadinya.

Air Terjun ini sudah sering dikunjungi bahkan di sekitar kawasan air terjun juga sudah didirikan warung-warung yang menjajakan makanan. Untuk menikmati kesegaran air terjun Banyulawe. air terjun Banyulawe yang sederhana tapi mempesona.

Air terjun ini tersembunyi di balik hutan di desa Kepel Kecamatan Kare. Memang tidak mudah menemukan air terjun ini, tapi kalau nyasar, anda bisa memanfaat GPS atau Gunakan Penduduk Sekitar dengan bertanya.

8. Waduk Bening Widas

Waduk Bening Widas

Nah ketika kamu kesini kamu akan meilhat pemandangan alam yang indah, yaitu bentangan hutan jati dan lereng-lereng gunung Kendeng.

Selain itu, Disini anda bisa menikmati segala pemandangan yang indah sambil menikmati sajian ikan bakar yang dimasak menggunakan bumbu khas Madiun. Waduk ini airnya sangat melimpah jika musim penghujan tiba sehingga waduk ini juga sering dimanfaatkan sebagai waduk irigasi.

9. Situs Bersejarah Nglambangan

Situs Bersejarah Nglambangan

Situs Nglambangan adalah sebuah situs peninggalan Kerajaan Majapahit yang terletak di Desa Nglambangan, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun. Ditempat ini terdapat sebuah pura yang digunakan untuk menyimpan beberapa pusaka. Setiap malam 1 Suro, tempat ini juga digunakan oleh masyarakat sekitar sebagai tempat upacara adat.

Disini ada sejumlah bangunan dan artefak yang masih terjaga sampai sekarang, seperti Pura Lambangsari, Watu Dakon yang biasa digunakan untuk menyimpan pusaka, punden, lumbung, sumur kuno, serta Sendang Jambangan. Datang ke tempat ini, kamu akan diajak kembali mengarungi masa lalu dan membayangkan kejayaan kerajaan Nusantara di masa dahulu.

10. Waduk Kedungbrubus

Waduk Kedung Brubus

Bendungan ini mulai dibnagun pada tahun 2008 yang difungsikan sebagai salah satu sarana penunjang irigasi dan juga sumber air.

Waduk Kedungbrubus berada di sekitar dusun Kedungbrubus. Fungsi dari waduk ini adalah sebagai tempat untuk membendung aliran air sungai.

Selain itu, Di pinggir waduk terdapat warung-warung makan yang menyediakan ikan bakar, jadi sambil menikmati ikan khas dari waduk, pengunjung juga dapat sambil menikmati keindahan hutan jati yang ada di sekitar waduk.

11. Makam & Masjid Kuno Taman

Masjid Kuno Taman

Makam dan Masjid Kuno Taman merupakan Peninggalan sejarah yang berada di Kelurahan Taman, Madiun. Nama lain dari masjid ini adalah Masjid Donopuro atau Masjid Besar Kuno Madiun. 

Meski kuno, masjid ini juga sudah terdapat sentuhan modern berupa tembok, alih-alih kayu. Meski begitu, mayoritas bagian masjid memang terbuat dari kayu. Termasuk tiang penyangga yang berupa gelondongan kayu bulat. Masjid ini telah ada sejak 1754. Di lingkungan masjid ini ada makam Kanjeng Kyai Ageng Mohamad Kholfah yang tak kalah kuno.

12. Monumen Kresek Madiun

Monumen Kresek

Suasana yang teduh, pepohonan yang rindang dan udara yang sejuk sangat pas untuk melakukan kegiatan piknik. Pada tanggal 1 Oktober di tempat ini selalu diadakan upacara untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila oleh Pemkab Madiun dan diikuti oleh Peserta dari seluruh Kabupaten Madiun dan Kota Madiun.

Monumen Kresek juga mempunyai fasilitas yang memadai untu para pengunjung yang mampir ke tempat ini, fasilitas yang disediakan adalah sebagai berikut musholla, jogging track, rumah makan, dan mainan anak.

13. Sun City and Theme Park

Sun City

Tempat wisata Sun City Water and Theme Park merupakan salah satu tempat wisata di Madiun yang bisa dikunjungi, sesuai dengan namanya tempat ini menawarkan wahana bermain air dan juga wahana permainan darat atau juga disebut theme park.

Tempat wisata ini letaknya sangat strategis karena berada di tengah kotadan berada dalam satu area dengan Suncity Mall Madiun tepatnya berada di Jalan S. Parman No.8 Kota Madiun.

14. Dumilah Water Park

Dumilah Waterpark

Dumilah Water Park merupakan tempat wisat yang berada di jantung Kota Madiun. Tempat wisata di Madiun ini menjadi destinasi tempat wisata utama bagi warga sekitar Madiun.

Fasilitas yang dimiliki oleh Dumilah Water Park adalah water zone, game zone, dan juga terdapat pujasera. Bagi para pengunjung yang hobi memancing, di tempat ini juga terdapat tempat pemancingan.

15. Tirto Nirmolo Waterpark

Tirto Nirmolo

Waterpark Galuh Tirtonirmolo lokasinya terletak di Jln. Manisrenggo Km 1 Pemukti Baru,Tlogo Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. yaitu sekitar 1km kearah timur dari Candi Prambanan, dari jalan Solo masuk kearah utara kira-kira 300 meter kanan jalan ada Hotel Galuh. Tempatnya sangat nyaman. Cocok sebagai Wahana bermain anak-anak dan juga untuk berlibur bersama keluarga.

Di galuh Tirto Nirmolo terdapat 8 kolam yang masing-masing ukurannya dan ada banyak prosotannya, ada yang untuk anak-anak dan juga untuk dewasa. Juga terdapat wahana permainan seperti bom bom car, bom bom boat, komedi putar, dan becak mini, dan masih banyak lagi. Yang tak kalah menariknya ada Flying fox-nya. Ada juga untuk menyewa ban. Di dalam banyak juga yang jualan makanan dan minuman. Musholla juga ada.

16. Industri Jajanan Brem Asli Madiun

Jajanan Brem

Brem merupakan makanan khas dari Madiun. Makanan yang berbentuk persegi panjang dan padat ini sangat cocok untuk oleh oleh. Bagi Anda yang mempunyai hobi makan camilan, jangan sampai ketinggalan mencicipi oleh-oleh khas Madiun ini.

Rasanya sangat khas dan tidak ada duanya sehingga siapa saja yang memakannya pasti ketagihan. Sensasi makanan ini muncul ketika dimakan. Brem akan langsung mencair dan lenyap dengan meninggalkan rasa dingin di mulut. Selain terkenal dengan sebutan kota pecel, Madiun juga dikenal sebagai kota brem. Sebutan ini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu.

Brem ini dibuat dari sari ketan yang difermentasikan, diambil sarinya kemudian diendapkan, dimasak dan dikeringkan hingga mengeras. Rasanya yang manis pas banget buat dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

17. Belanja Plaza Madiun

Belanja Plaza

Plaza Madiun merupakan tempat pusat perbelanjaan terbesar di Madiun. Berlokasi di jalan Pahlawan, Mall ini didirikan pada tahun 2005. Mal ini terdiri dari 2 lantai dengan penyewa – penyewa yang sudah terkenal sebagai perusahaan besar baik skala nasional maupun internasional.

Antara lain Matahari, Hypermart, TB Gramedia, Es Teller 77,Game Fantasia dan masih banyak lagi. Kelebihan dari mall ini selain berada di tengah kota adalah satu-satunya mall yang memiliki bioskop di kota madiun.

18. Alun-alun Madiun

Alun-Alun Madiun

Mungkin anda sudah puas berkeliling di sekitar kota Madiun, tidak ada salahnya bagi pengunjung untuk menikmati hari yang tenang di alun-alun kota. Sama seperti dengan Wisata Kampung Gajah – Lokasi – Wahana dan Kuliner, banyak wahana yang bisa dinikmati di sekitar kota Madiun, dan tentunya wisatawan akan menikmati wisata kuliner yang sedap di kota Madiun.

Di sekitar Alun-Alun, pengunjung bisa mendapatkan banyak jajanan khas Madiun seperti brem atau bisa juga mencicipi makanan khas kota Madiun ini yaitu pecel. Tentunya tidak seperti dengan pecel biasa, pecel khas Madiun memiliki rasa yang berbeda.

Baca Juga : Tempat Wisata di Surabaya yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai Tempat Wisata di Madiun yang Wajib Dikunjungi semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!