20 Tempat Wisata di Lombok Terbaru Paling Indah Dan Bagus

Tempat Wisata di Lombok –  Siapa sih yang tidak tahu dengan pulau lombok? Mungkin yang belum tahu kayaknya kurang informasi mengenai pulau-pulau yang terdapat di indonesia yang indah. Nah tenang saya akan menjelaskannya, Pulau lombok merupakan Objek wisata yang terpopuler di negara indonesia bahkan mancanegara pun sudah mengenal pulau lombok ini. Karena pulau lombok ini terkenal dengan keindahan alam yang bagus dan eksotis.

Selain itu, memang pulau lombok sudah terkenal di mancanegara sehingga banyak para wisatawan lokal atau turis ingin berkunjung ke pulau lombok ini seperti dari Australia, Siangapura dan lainnya.  Memang tempat ini cocok untuk menyanksikan betapa indahnya pantai di Lombok, panoramanya dapat Anda lihat kala sunrise maupun saat matahari terbenam.

Mengunjungi sejumlah tempat menarik di Lombok akan membawa Anda pada perjalanan wisata yang berkesan. Jika Anda suka surfing, cobalah menjajal ombak di Lombok. Anda akan menemukan ombak ganas yang memacu adrenalin. Anehnya kenapa banyak indonesia yang bangga jika berwisata ke luar negeri seperti ke jepang, korea, dan paris yang terkenal dengan keindahan Menara Eiffel, padahal di indonesia juga ada tempat wisata yang tak kalah menarik dan indah seperti pulau lombok ini.

Baca Juga : Tempat Wisata di Cilacap yang Paling Bagus dan Menarik

Tempat Wisata di Lombok yang Paling Hits

Nah kali ini aneka wisata seru akan memberikan rekomendasi tempat-tempat yang indah di pulau lombok, karena pulau lombok banyak tempat wisata menarik. saya akan merekomendasikan tempat yang terkenal saja di pulau lombok indonesia. Nah untuk itu mari kita berkemas-kemas untuk menyusuri tempat-tempat yang indah di Pulau Lombok sebagai berikut.

1. Tempat Wisata Pantai Kuta di Lombok

Pantai Kuta

Nah tempat wisata yang pertama ini sangat cocok untuk anda kunjungi dan juga mungkin ada yang ingin berenang di tempat ini, Tempat apa itu? Yaitu Pantai Kuta di Lombok, Pantai Kuta Lombok ini memiliki pasir putih serta lautan biru yang membentuk setengah lingkaran dan berkelok serta dikelilingi oleh hijaunya perbukitan yang menambah keindahan pantai ini.

Tetapi keunikan dari Pantai Kuta Lombok adalah memiliki butiran-butiran pasirnya relatif besar dan berbentuk seperti merica yang tidak terdapat di pantai-pantai lainnya. Sehingga jika Anda berjalan menyusuri pinggir pantai tanpa alas kaki maka Anda akan merasakan sensasi yang berbeda dan nyaman ketika menginjak pasir pantai ini. Selain pemandangannya yang indah, lokasi pantai ini juga terkenal akan tempat berselancar, banyak wisatawan atau peselancar yang mencoba ombak di pantai ini.

Pantai Kuta

Untuk anda yang ingin berkunjung ke pantai kuta cukup mudah kok karena lokasi Pantai Kuta di Lombok secara administratif berada di Desa Kuta, lokasinya tak jauh dari Bandara Internasional Lombok. Rute perjalanan ke Pantai Kuta Lombok jika ditempuh dari Senggigi akan memakan waktu kurang lebih 1.5 jam. Anda akan melewati Kota Mataram jika mengambil rute perjalanan Senggigi sampai Pantai Kuta.

Jadi jangan sampai melewatkan tempat wisata yang sangat indah ini berada di indonesia, selain itu kita seharusnya bangga memiliki tempat wisata pulau lombok ini.

2. Tempat Wisata Gunung Rinjani di Lombok

Gunung Rinjani

Tempat wisata selanjutnya yang tak kalah indahnya dari pantai Kuta Lombok yaitu Tempat Wisata Gunung Rinjani. Gunung Rinjani merupakan salah satu tempat wisata di Lombok yang resmi ditetapkan statusnya sebagai taman nasional, yakni sebuah ekosistem yang dilindungi pemerintah Indonesia dengan karakter hutan hujan pegunungan dan savana.

Gunung Rinjani Lombok Luas areal taman nasional ini adalah sekitar 40 ribu hektar. Gunung Rinjani terletak di Pulau Lombok bagian Utara dengan ketinggian 3,726 meter dpl, dan adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia setelah Gunung Kerinci. Gunung Rinjani memiliki kawah yang luas, terdapat sebuah danau kawah yang disebut Danau Segara Anak.

Keindahan Gunung Rinjani

Gunung Rinjani mempunyai pemandangan alam yang paling indah bila dibandingkan dengan gunung lain di Indonesia, bahkan keindahannya disebut-sebut sebagai yang paling indah tidak hanya di Indonesia, melainkan juga di Asia. Karena panorama alamnya yang indah inilah Gunung Rinjani menjadi gunung favorit para pendaki yang biasanya merupakan mahasiswa, pecinta alam, penduduk lokal, hingga wisatawan asing.

Selain dengan keindahan alam yang tiada duanya, Gunung Rinjani juga mempunyai keunikan lain yaitu flora dan faunanya yang beraneka ragam. Ketika mendaki Gunung Rinjani, anda akan melihat betapa kayanya Gunung Rinjani. Setiap 1,000 meter pendakian anda akan melihat jenis flora yang berbeda, misalnya pada ketinggian 2,000 meter anda akan menemukan banyak cemara gunung, dan pada ketinggian 3,000 meter anda akan melihat banyak bunga edelweiss.

Nah kayaknya tempat ini wajib anda kunjungi, karena bagi yang suka mendaki, bisa mencoba mendaki gunung yang indah ini yaitu Gunung Rinjani dan juga menikmati keindahan Sunrise dan Sunset di gunung ini.

3. Tempat Wisata Gili Kondo di Lombok

Gili Kondo

Gili Kondo merupakan salah satu dari 33 gugusan pulau gili yang berada disebelah timur Pulau Lombok dan berada di Selat Alas yang menhubungkan antara Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Gili Kondo merupakan sebuah pulau kecil yang tidak berpenghuni, disana cuman ada penginapan yang dikelola hanya untuk wisatwan yang menginap.

Gili ini juga sebagai tempat konservasi pemeliharan terumbu karang. Pulau gili ini menyuguhkan keindahan yang sangat sayang untuk di dilewatkan. Sebagian besar pulau ini terdiri dari pasir putih, ditengahnya terdapat pepohonan dan coutage penginapan untuk wisatawan yang bermalam. Hamparan pasir putih yang luas dan gradasi warna air laut yang semakin jauh semakin membiru tua menandakan tahap kedalaman air llaut yang jernih.

Disebelah timur sejauh mata memandang akan menemukan gugusan Pulau Sumbawa Besar dan Kecil yang mempesona. Dan disebelah utara ada Gili Bedagan dan Gili Bidara yang cantik dan berpasir putih. Bahkan pada saat air laut surut, wisatawan bisa berjalan kaki ke Gili Bidara yang jaraknya hanya sekitar 500 meter.

4. Tempat Wisata Pantai Bangko-Bangko (Desert Point) di Lombok 

Dessert Point

Di objek wisata Desert Point Bangko-Bangko Cocok untuk Surfing ini memang dijadikan tempat para peselancar berkumpul dan berlatih surfing. Bahkan setiap tahunnya senantiasa terlihat para peselancar asing yang melatih ketangkasannya untuk surfing guna menghadapi perlombaan di Desert Point Bangko-Bangko.

Disinilah tempat yang cocok untuk anda kunjungi bagi anda yang mencintai aktivitas surfing. Selain surfing, sebenarnya masih banyak aktivitas pantai yang dapat kita jalankan di Desert Point Bangko- -Bangko. Aktivitas seperti bermain voli pantai, berjemur atau sekedar berjalan-jalan di sekitar ombak Desert Point Bangko-Bangko kerap kali dijalankan oleh pengunjung yang hadir.

Bermain voli pantai memang menyenangkan karena itu inilah yang menjadi pilihan utama pengunjung untuk dilakukan di Desert Point Bangko-Bangko selain melakukan surfing. Berjemur di bawah terik mentari juga sangat cocok dilakukan karena disini kita dapat merasakan siraman mentari yang terik dan memberikan nuansa pantai yang khas.

5. Tempat Wisata Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan

Gili

Tempat wisata ini juga sebagai tiga pulau eksotis di Lombok yang menjadi salah satu tujuan wisata terfavorit di dunia. Gili Trawangan terletak di bagian barat Lombok ini memiliki air laut yang bening dan jernih, pasir putih yang bersih, terumbu karang, serta aneka ikan hias yang menawan.

Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan di Lombok Banyak sekali wisatawan yang datang ke gili ini untuk menikmati keindahan pantai dengan berenang, snorkeling, dan berjemur. Tersedia banyak fasilitas publik yang lengkap di tempat wisata Lombok yang satu ini, di antaranya hotel dan penginapan, restoran, cafe, diskotik, dan tempat ibadah.

Dari daratan Lombok, perjalanan menuju 3 gili ini akan memakan waktu sekitar 30 menit. Gili Trawangan adalah pulau yang terjauh di antara ketiga gili. Banyak anak-anak muda yang datang ke Gili Trawangan karena sering digelar pesta pantai dengan alunan musik sepanjang malam. Sementara itu, Gili Meno adalah tempat relaks yang tepat untuk Anda yang ingin mencari ketenangan dan menikmati suasana pantai yang relatif sunyi.

Pulau Gili

Posisi Gili Meno ini terletak di tengah-tengah diantara ketiga gili. Sementara Gili Air adalah pulau yang paling dekat dengan Lombok. Banyak wisatawan datang ke Gili Air bersama dengan keluarga mereka. Gili Air memiliki jumlah penduduk lokal yang lebih banyak ketimbang gili lainnya.

6. Tempat Wisata Pantai Senggigi di Lombok

Pulau Senggigi

Pantai Senggigi di Lombok memiliki keindahan pantai yang dapat membuat anda betah berlama-lama disini . Banyak wisatawan mancanegara yang datang ke pantai ini untuk menikmati keindahannya. Pantai Senggigi berubah menjadi salah satu tempat menarik di Lombok dengan pemandangan garis pantainya yang panjang, sungguh menawan bila dipandang dari kejauhan dan ketinggian.

Pantai Senggigi di Lombok Dengan garis pantai yang panjang dan tegas, Pantai Senggigi Lombok menyuguhkan gradasi warna pasir pantai dari hitam ke putih. Air lautnya memiliki ombak yang tidak besar, jernih, dan bersih. Hal-hal inilah yang membuat Pantai Senggigi di Lombok menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi para wisatawan mancanegara.

Air laut di Pantai Senggigi sangat jernih, sehingga Anda bisa melihat biota laut yang sedang berenang dengan leluasa. Ombak di sini juga tidak terlalu besar, sehingga Anda bisa bebas berenang dan bermain di laut lepas bersama teman, keluarga atau pasangan Anda. Jangan lupa gunakan sunblock agar kulit Anda tidak terbakar karena matahari sangat terik.

Pulau Senggigi

Selain itu juga anda dapat menghabiskan waktu berdua dengan kekasih di bibir Pantai Senggigi saat senja mulai turun adalah hal romantis yang patut Anda coba. Anda bisa bercengkrama ria sambil menyantap jagung bakar dan es kelapa muda yang dijajakan di warung-warung pinggir pantai. Karena senja di sini sangat memukau, jangan lupa untuk membawa kamera Anda.

7. Tempat Wisata Pantai Tanjung Bloam di Lombok

Pulau Tanjung Bloam

Tanjung Bloam adalah daerah konservasi penyu yang memiliki habitat di sekitar tebing dan berada di sepanjang garis pantai yang terbentang dari ujung utara hingga ujung selatan. Selain itu, tempat ini memiliki keindahan alam yang masih natural karena belum banyak dikunjungi wisatawan.

Begitu sampai di Tanjung Bloam, Anda akan disuguhi hamparan pasir putih yang lembut. Air lautnya biru dan sangat jernih. Panorama ini sesekali disela dengan nelayan yang hilir mudik mencari ikan dengan menggunakan perahu kayu di pantai. Daya tarik Tanjung Bloam adalah keindahan batu padas yang menakjubkan.

Dua tebing batu padas mengapit pantai Tanjung Bloam yang eksotis. Pada bagian kiri, tebing berbentuk seperti kue bakpao. Sedang pada sisi kanan, tebing berbentuk tak beraturan dan menjorok ke arah pantai. Warna tebing yang kekuningan dipadu dengan warna hitam membuatnya terlihat sangat kontras dengan warna air laut yang biru.

Bagi yang suka fotografi, Tanjung Bloam adalah tempat yang sayang untuk dilewatkan. Berjalanlah ke sekitar bibir pantai. Dengan angin pantai yang sesekali menerpa, arahkan kamera Anda untuk mencari angle-angle yang indah. Keindahan pantai dan alam sekitar semakin terlihat jika kita naik ke bukit di bagian barat pantai. Panorama Tanjung Bloam mirip dengan Tanjung Ringgit yang juga dikelilingi dengan bukit batu.

Dari sudut inilah, hamparan pantai yang luas bisa Anda lihat dengan jelas. Berfoto dengan latar belakang pantai Tanjung Bloam di ketinggian ini pasti akan menjadi kenangan yang sulit dilupakan.

8. Tempat Wisata Pantai Tanjung AAn di Lombok

Pantai Tanjung AAn

Tempat wisata setelah Tanjung Bloam yaitu Pantai Tanjung Aan terletak sekitar 3 km dari Pantai Kuta Lombok dengan garis pantai kurang lebih sepanjang 2 km. Karakteristik ombaknya relatif tenang. Uniknya, Pantai Tanjung Aan ini memiliki dua jenis pasir, yaitu pasir yang berbentuk butiran merica dan dan pasir putih. Kedua pasir pantai ini dipisahkan oleh sebuah batu karang berukuran besar.

Jika Anda naik ke atas batu karang tersebut, Anda dapat melihat perbedaan pasir Pantai Tanjung Aan. Pantai yang dikelilingi perbukitan ini berhadapan langsung dengan Samudra Hindia. Di Pantai Tanjung Aan, Anda dapat berenang, bermain air, naik perahu, dan snorkeling.

Di sore, saat permukaan air laut semakin tinggi, Anda dapat berselancar. Walaupun relatif masih sepi, akomodasi di Pantai Tanjung Aan sudah cukup memadai. Terdapat cukup banyak restoran dan fasilitas umum seperti toilet dan mushola.

9. Tempat Wisata Pantai Sekotong di Lombok

Pantai Sekotong

Tempat wisata yang tak kalah indah dari pantai tanjung AAn yaitu Pantai Sekotong. Pantai ini terletak di Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, sekitar 60 km dari Kota Mataram. Dari Pelabuhan Nusa Penida, Anda dapat naik perahu menuju Pantai Sekotong selama sekitar 3 jam. Pantai Sekotong ini dikelilingi kawasan perbukitan.

Pantainya berpasir putih bersih dengan laut biru yang jernih. Anda dapat menaiki bukit-bukit kecil yang ada di sekitar Pantai Sekotong. Dari atas bukit, Anda dapat menikmati pemandangan alam yang sangat cantik, Gunung Agung di Bali, dan gugusan pulau kecil di seberang laut. Wisatawan juga dapat menikmati keindahan aneka biota laut yang dibudidayakan oleh Balai Budidaya Laut Lombok.

Anda dapat menjumpai aneka biota laut seperti abalone, ikan kerapu, lobster, teripang, dan lain-lain. Menjelang matahari terbenam, Anda akan disuguhi indahnya pemandangan warna lembayung yang menyirami Pantai Sekotong, bukit-bukit hijau, dan bebatuan karang yang menyebar di pantai. Saat ini Pantai Sekotong sudah dilengkapi dengan berbagai akomodasi seperti hotel dan penginapan.

10. Tempat Wisata Pantai Selong Belanak di Lombok

Pantai Selong Belanak

Pantai yang rindah di Lombok lainnya adalah Pantai Selong Belanak. Pantai ini terletak di selatan Lombok bagian tengah provinsi Nusa Tenggara Barat, 49 km dari kota Mataram. Garis pantainya melengkung seperti bulan sabit dengan bukit-bukit di ujung sabit.

Pantai Selong Belanak memiliki garis pantai sepanjang 1 km dan menghadap langsung ke Samudra Hindia. Sisi selatan Pantai Selong Belanak menjadi tempat pemukiman keluarga nelayan. Bagi para wisatawan, lebih nyaman bermain di sisi utara pantai. Pasir pantainya putih bersih dan halus, konturnya landai, dan perairannya tenang dengan air yang jernih.

Jika Pantai Tanjung Aan memiliki dua jenis pasir, maka Pantai Selong Belanak memiliki dua jenis ombak. Di satu sisi pantai ombaknya besar, sementara di sisi pantai lain ombaknya tidak besar. Sisi pantai dengan ombak yang besar sering dimanfaatkan wisatawan untuk berselancar.

Di Pantai Selong Belanak, Anda juga dapat berjemur, berenang, atau menyewa perahu nelayan untuk memancing. Di bagian belakang pantai, Anda dapat menjumpai deretan rumah makan yang menyediakan aneka menu makanan laut.

11. Tempat Wisata Pantai Tanjung Ringgit di Lombok

Tanjung Ringgit

Selain pantai Selong Belanak ada juga yang lebih indah lagi yaitu Pantai Tanjung Ringgit. Bahkan, tidak semua penduduk Lombok mengetahui keberadaan pantai ini. Pantai Tanjung Ringgit terletak di ujung tenggara Pulau Lombok, tepatnya di Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur, 85 km dari Kota Mataram. Tanjung Ringgit ini dipagari oleh bentangan tebing kars.

Tebing Kars ini menghadap langsung ke perairan Samudra Hindia. Dari puncak tebing, Anda akan disuguhi pemandangan indah laut biru dengan deretan terumbu karang. Di sisi barat, terdapat pantai yang masih perawan. Namun Anda harus berhati-hati untuk ke sana karena jalan setapaknya cukup terjal dan berbahaya.

Pemandangan paling mempesona dari Tanjung Ringgit saat sunrise. Jika Anda ingin menunggu matahari terbit, Anda bisa kok berkemah di Tanjung Ringgit! Namun, Anda harus membawa peralatan camping, bahan makanan dan minuman karena tidak ada warung di sekitar Tanjung Ringgit ini.

12. Tempat Wisata Budaya Rumah Adat Dusun Sade Lombok

Rumah Adat Dusun Sade

Pulau Lombok ini juga memiliki kekayaan budaya tradisional yang sangat beraneka ragam. Salah satu dari kekayaan budaya tradisional yang terdapat di Pulau Lombok ini dan juga masih terpelihara dengan baik adalah Dusun Tradisional Sasak Sade.

Dusun Sade atau Sade Village ini berada di Desa Rambitan, Kecamatan Pujut. Desa ini terletak di wilayah bagian selatan Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat . Jika anda ingin berkunjung atau menuju Pantai Kuta Lombok, maka anda akan melewati dan akan melihat Dusun Sade Lombok ini, karena Dusun Sade ini letaknya berada di pinggir jalan.

Dusun Sade atau Sade Village ini adalah merupakan salah satu Desa Tradisional Sasak atau sebuah perkampungan suku Sasak asli yang masih mencoba mempertahankan dan menjaga keaslian sisa-sisa kebudayaan Sasak lama sejak zaman pemerintahan Kerajaan Pejanggik di Praya, Kabupaten Lombok Tengah sampai sekarang.

Masyarakat yang tinggal di Dusun Sade Lombok ini adalah suku Sasak dengan sistim sosial dan kehidupan keseharian mereka yang masih sangat kental dan memegang teguh adat tradisi Sasak tempo dulu.

13. Tempat Wisata Pulau Gili Nanggu di Lombok

Pulau Gili Nanggu

Selain di kawasan Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air yang reputasinya telah mendunia, di kawasan Lombok Barat juga terdapat gili lain yang bisa disinggahi, yaitu Gili Nanggu. Gili Nanggu berada di Selat Lombok atau di pesisir barat Pulau Lombok. Secara administratif, pulau ini berada di wilayah Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Untuk mencapai Gili Nanggu cukup mudah.

Dari Mataram, wisatawan bisa menuju Pelabuhan Lembar yang berjarak sekitar 27 km, dengan kendaraan, dan selanjutnya menggunakan perahu atau speedboat selama 35 hingga 45 menit. Seperti Gili Trawangan, di Gili Nanggu terdapat pantai cantik dengan hamparan pasirnya yang putih serta lautnya yang biru. Suasana alamnya yang hening, membuat pulau ini menjadi pilihan yang tepat bagi para pasangan yang ingin berbulan madu.

Matahari tenggelam merupakan momen yang paling indah di pulau seluas sekitar 8 hektar ini. Bagi mereka yang ingin berlama-lama ataupun ingin menyepi di Gili Nanggu tak perlu merasa khawatir. Sebab, di pulau ini telah tersedia fasilitas akomodasi modern. Selain memiliki pilihan akomodasi yang beragam, resor ini turut dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, mulai dari wahana watersports, jogging trek, perlengkapan diving atau snorkeling yang bisa digunakan oleh segenap wisatawan.

14. Tempat Wisata Gili Lampu di Lombok

Gili Lampu

Gili Lampu adalah sebuah destinasi wisata yang cukup populer di Pulau Lombok. Wisasta ini terletak di Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Mungkin banyak orang berfikir Gili Lampu merupakan pulau yang terang karena banyak lampu.

Akan tetapi kenyataannya tidaklah begitu karena Gili ini sebenarnya merupakan sebuah pulau yang kecil dimana terdapat sebuah mercusuar tanda penerang atau rambu-rambu lalu lintas laut dan sebagai hilir mudik pelayaran disekitar pulau Gili.

Para wisatawan yang berkunjung di Gili ini dapat berenang dan mandi di pantai dengan nyaman. Bahkan para wisatawan mancanegara datang untuk menikmati Sunrise dan Sunset yang terlihat di Gili Lampu. Kalau di Bali menpunyai pariwisata Sanur dan Kuta untuk melihat Sunset dan Sunrise, maka pariwisasta di Lombok mememiliki Gili Lampu dan Pantai Senggigi yang juga memiliki pemandangan Sunset dan Sunrise yang tak kalah mempesona.

Walaupun untuk fasilitas pendukung jauh dari kata seimbang, akan tetapi bagaimanapun inisiatif yang dilakukan para pemuda dan para marsyarakat di Dusun Transad patut mendapat apresiasi. Karena telah mengemas budaya dan produk lokak yang ada disana sehingga meningkatkan pesona dan dya tarik bagi para wisatawan yang ingin berkunjung Gili Lampu ini.

15. Tempat Wisata Bukit Malimbu di Lombok

Bukit Malimbu

Bukit Malimbu Lombok Barat merupakan salah satu tempat wisata kebanggaan Kabupaten Lombok Barat, Propinsi Nusa Tenggara Barat. Lokasi bukit ini berjarak kira-kira 24 km perjalanan darat dari kota Mataram, kurang lebih membutuhkan waktu perjalanan satu jam dengan menggunakan mobil.

Lumayan lama untuk ukuran luar kota. Posisi Bukit Malimbu berada sesudah Pantai Senggigi menuju arah Pelabuhan Bangsal. Tujuh kilometer dari terusan Pantai Senggigi maka perjalanan akan terasa sedikit menanjak. Menandakan bahwa kita tidak lama lagi akan sampai pada dataran tinggi Bukit Malimbu.

Menikmati pemandangan sunset di Bukit Malimbu akan lebih sempurna ketika langit dalam keadaan cerah. Pada keadaan tersebut Anda tak hanya disuguhkan pemandangan sunset yang indah. Namun Anda juga bisa melihat dua gili yang paling terkenal, yaitu Gili Trawangan dan Gili Meno dari kejauhan, dengan latar belakang sunset.

Bukit Malimbu

Anda juga bisa melihat Gunung Agung dari kejauhan. Pemandangan yang sempurna inilah yang menjadikan Bukit Malimbu sebagai tempat terbaik untuk menikmati sunset di Pulau Lombok.

16. Tempat Wisata Alam Air Terjun Sendang Gile di Lombok

Air Terjun Sendang Gile

Air terjun Sendang Gile adalah air terjun yang terletak di desa Senaru, kecamatan Bayan, kabupaten Lombok Utara, propinsi Nusa Tenggara Barat. Lebih tepatnya berada di kawasan desa Senaru, 2 kilometer dari desa Bayan.

Objek wisata ini masih berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Ini disebabkan karena air terjun ini merupakan pintu masuk pendakian menuju gunung Rinjani. Selain itu, ternyata air di Sendang Gile berasal dari mata air di Gunung Rinjani yang sangat sejuk dan alami.

Untuk menuju ke tempat ini, para pengunjung harus melalui dua ratusan anak tangga yang mencapai ketinggian 40 meter, dan jembatan berlubang melalui sebuah lembah yang membutuhkan waktu penjelajahan sekitar 15 menit. Perjalanan alternatif juga bisa dilakukan dengan cara menyelusuri pinggir lembah yang agak curam dan mengikuti saluran irigasi serta menyeberangi jembatan yang terbuat dari rotan.

Air terjun yang berketinggian 600 meter di atas permukaan laut dan memiliki ketinggian kurang lebih 31 meter dari dasar sungai ini memiliki dua tingkatan, tingkat pertama muncul di atas tebing dan jatuh ke dasar kolam di bawahnya, sedang tingkat kedua, di mana pada kolam tersebut air meluncur ke bawah dan membentuk sungai dibawahnya.

17. Tempat Wisata Pura Batu Bolong di Lombok

Pura Batu Bolong Lombok

Pura batu bolong merupakan sebuah pura kecil yang terdapat di daerah Senggigi, Lombok. Apabila anda melakukan perjalanan darat dari Mataram menuju pelabuhan Bangsal melalui jalur pantai, anda akan melewati pura ini.

Nama Pura Batu Bolong itu sendiri sesuai dengan sebuh batu besar dengan lubang di tengahnya yang terdapat di pura tersebut. Salah satu pura yang terdapat di dalam area Pura Batu Bolong bernama pura Ratu Gede Mas Mecaling, letaknya di depan, dekat dengan pintu masuk pura.

Apabila anda dalam perjalanan dan melewati tempat ini, sempatkanlah untuk berhenti sejenak untuk melihat-lihat dan mungkin mengambil beberapa foto. Tetapi apabila anda berada di bagian pulau Lombok lain di luar area Senggigi, tidak perlu memaksakan diri untuk menuju Pura Batu Bolong karena tidak banyak yang bisa dinikmati di pura Ini.

Dari pura juga kita bisa melihat pemandangan pantai senggigi yang idah, di waktu-waktu tertentu kita bisa melihat pemancing-pemancing tradisional yang sedang mencari ikan dengan cara menceburkan diri ke dalam laut.

Melihat matahari terbenam (sunset) merupakan momen yang selalu ditunggu-tunggu wisatawan di sepanjang pesisir pantai barat Pulau Lombok. Banyak tempat untuk melihat sunset dengan latar belakang Gunung Agung di Pulau Bali.

18. Tempat Wisata Taman Narmada di Lombok

Taman Narmada

Taman Narmada merupakan salah satu taman terbesar di Nusa Tenggara Barat yang terletak sekitar 11 kilo meter sebelah timur kota Mataram. Taman Narmada di bangun oleh Raja Anak Agung Ngurah Karangasem pada tahun 1727 masehi. Nama taman ini diambil dari sebuah sungai suci di india, yaitu sungai Narmanadi. Taman ini menyerupai Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak.

Konon, ketika Sang Raja sudah terlalu tua untuk melakukan ritual kurban ke puncak Gunung Rinjani yang memiliki ketinggian 3.726 meter, beliau memerintahkan seluruh arsitek kerajaan untuk membawa nuansa Gunung Rinjani ke tengah pusat kota dan menjadikan taman Narmada sebagai miniatur Gunung Rinjani.

Konsep taman ini berciri khaskan nuansa alam yang eksotik, ditata menyerupai bentuk gunung. Di bagian bawah terdapat tiga kolam yang diairi oleh sumber mata air jernih bagaikan sebuah danau. Jumlahnya yang tiga, sama dengan jumlah Danau Segara Anak di puncak Gunung Rinjani.

Di dalam taman ini terdapat sebuah pura bernama Pura Kalasa yang berada di bagian atas. Untuk sampai ke pura ini, anda harus melewati puluhan anak tangga yang sengaja dibuat agar tampak seolah -olah menaiki Gunung Rinjani.

Cukup melelahkan untuk sampai ke puncak atas Pura Kalasa. Namun rasa lelah tersebut akan terhapus dengan adanya suasana alam yang masih segar, pepohonan yang rindang dan kolam renang alami dengan air yang jernih.

19. Tempat Wisata Pantai Pink di Lombok

Pulau Pink

Pantai Tangsi atau yang lebih dikenal dengan Pantai Pink dari Pulau Lombok terletak di desa Sekaroh, kecamatan Jerowaru, kabupaten Lombok Timur adalah sebuah destinasi wisatawan yang menarik dan patut untuk dikunjungi karena keunikannya. Pantai ini merupakan salah satu dari tujuh pantai di dunia yang memiliki pasir pantai berwarna pink, dan satu dari dua pantai di Indonesia yang memiliki pasir pantai berwarna pink.

Warna pink pada pasirnya terbentuk karena butir-butir asli warna putih pasir bercampur dengan serpihan karang merah muda. Bias sinar matahari dan terpaan air laut menambah semakin jelas terlihat warna pink pantai tersebut. Pantai ini begitu tenang dan hanya memiliki ombak yang kecil sehingga membuat wisatawan lebih nyaman ketika bermain disana.

Keindahan Pantai Pink pun terlihat sempurna dengan hamparan bukit di sekelilingnya. Di sisi kiri ada bukit dengan padang rumput yang luas dan dari bukit inilah pemandangan Pantai Pink terlihat sangat indah. Selain itu, ada juga tanjung yang eksotis di sisi kanan dengan gazebo yang memang disediakan di atasnya.

20. Tempat Wisata Danau Segara Anak di Lombok

Danau Segara Anak

Keindahan alam di pulau Lombok memang sudah tidak diragukan lagi dan salah satunya adalah potensi wisata Danau Segara Anak yang merupakan danau kawah Gunung Rinjani. Segara Anak adalah danau kawah Gunung Rinjani, tepatnya di desa Sembalun Lawang, pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Nama Segara Anak berarti anak laut diberikan untuk itu karena warna biru mengingatkan danau laut. Danau ini terletak pada ketinggian kurang lebih 2000 mdpl. Jika seorang pendaki mendaki gunung Rinjani umumnya mereka akan melintasi danau ini dan bermalam di sana. Danau Segara Anak luasnya 1.100 ha dengan kedalaman 230 m.

Para pendaki Gunung Rinjani banyak yang membuat jalur pendakian dengan menyusuri lembah di samping danau untuk memberikan sesajen pada dewa di dasar danau. Dari danau terlihat sebuah gunung volcano yang merupakan anak Gunung Rinjani dan di dekatnya terdapat sumber air panas yang dipercayai mampu mengobati berbagai penyakit kulit.

Baca ini : Tempat Wisata di Bali yang sangat indah dan Menarik dikunjungi

Bagaimana? indah kan Tempat-tempat yang ada di pulau lombok. Demikian Tempat Wisata di Lombok yang Wajib Dikunjungi semoga ini dapat bermanfaat untuk kalian semua yang ingin berlibur ke pulau Lombok Indonesia

6 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *