22 Tempat Wisata di Lembang Bandung Terbaru Paling Bagus

Tempat Wisata di Lembang – Lembang memang terkenal akan potensi wisata alamnya yang menyuguhkan panorama alam yang sangat menakjubkan dan mempesona. Salah satu titik lokasi yang menjadi favorit para wistawan adalah Lembang.

Lembang ini sendiri terletak di daerah dataran tinggi, nuansa sejuk khas pegunungan akan anda rasakan ketika berada di Lembang. Karena letaknya di dataran tinggi, maka tak heran jika disini, banyak sekali destinasi tempat wisata yang banyak menyuguhkan panorama alamnya yang begitu menakjubkan dan mempesona.

Nah mungkin anda bisa mengunjungi berbagai destinasi wisata alam yang ada di Lembang, mulai dari Kampung daun hingga Gungung Tangkuban Perahu. Tentunya semuanya memiliki keindahan alam yang panoramanya begitu menakjubkan. Maka dari itu, sangat sayang sekali untuk anda lewatkan jika sedang berkunjung ke Bandung melewatkan untuk berwisata dan berkunjung ke Lembang.

Baca ini : Tempat Wisata di Tasikmalaya yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Lembang Bandung Paling Terkenal

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Lembang yang menyuguhkan panorama alam menakjubkan yang sangat sayang jika anda melewatkannya.

1. Tempat Wisata Taman Hutan Jayagiri Lembang

Taman Hutan Jayagiri

Taman Hutan Jayagiri lembang adalah sebuah taman penghubung yang tepat berada di kaki gunung tangkuban perahu, bagi anda yang senang dengan camping dan hiking rute dari taman ini patut dicoba. Dimana sepanjang perjalan menuju Hutan Jayagiri Lembang wisatawan akan melewati kebun penduduk, hutan belantara, hutan pinus dan lain-lain.

Dengan suhu yang mencapai 18-29°C akan terasa sekali kesejukanya tentu itu akan membuat fikiran kita menjadi lebih fresh kerena banyaknya suplay oksigen ketubuh kita yang masuk. Dalam perjalanan menuju Hutan Jayagiri Lembang terdapat juga sebuah taman yang bernama Taman Junghunh, barangkali anda ingin mampir sejenak sebelum menuju ke Taman Hutan Jayagiri Lembang.

Jika anda ingin melakukan camping ditempat ini anda dikenakan biaya sebesar Rp. 8000 saja dan untuk Hiking yaitu Rp. 5000 saja , harga tiket sudah termasuk asuransi jiwa jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Tempat Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu

Nah tempat wisata yang kedua adalah Gunung Tangkuban Perahu yang paling terkenal di Lembang Bandung, Gunung Tangkuban Perahu ini mempunyai keindahan alam yang dapat membuat kita kagum. Jaraknya kurang lebih 30 km dari Kota Bandung. Beberapa lokasi menarik yang bisa anda kunjungi ketika jalan-jalan ke Gunung Tangkuban Perahu antara lain Kawah Ratu, Kawah Domas, Kawah Upas, dan Kawah Jurig.

Selain itu, anda yang menyukai dengan kegiatan Fotografi, dapat memperoleh gambar yang cantik dengan latar belakang kawah menajubkan. Kalau berkunjung kemari disarankan untuk membawa jaket atau sweater karena udara yang bisa tiba-tiba jadi dingin. Jika ingin lebih lama berada di Tangkuban Perahu, dapat mencari penginapan atau hotel yang ada di sekitar lokasi wisata. Dan sebelum pulang, kita pun bisa mencari cinderamata yang banyak dijual di dekat obyek wisata tersebut.

3. Tempat Wisata Situ Lembang Bandung

Situ Lembang

Situ Lembang merupakan Danau Buatan yang sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda. Sumber mata airnya berasal dari Hulu sungai Cimahi dan Hulu Cai yang Situ Lembangberasal dari gunung Burangrang. Dari Situ Lembang ini air mengali ke Sungai Cimahi dan juga menjadi mata air untuk PDAM. Situ Lembang ini juga menjadi penampungan air terbesar di kawasan Bandung Utara atau masuk wilayah Kabupaten Bandung Barat.

Nah bagi anda yang memiliki hobi memancing, Situ Lembang sangat cocok dijadikan tujuan wisata. Jumlah ikan Situ Lembang sangat banyak. Kegiatan lain yang dapat dilakukan di Situ Lembang adalah berkemah di kawasan Situ Lembang.Sama seperti kebanyakan obyek wisata, Situ Lembang pun punya keindahan alam nan cantik. Akan tetapi perlu diingat kalau hendak melakukan perjalanan ke Situ Lembang, harus memilih kendaraan berupa motor atau mobil yang tahan terhadap medan yang jalannya mempunyai batuan kasar.

4. Tempat Wisata De Ranch Lembang Bandung

De ranch

De Ranch ini memiliki konsep seperti cowboy Amerika yang menyediakan berbagai atribut atau perlengkapan cowboy dan juga kuda yang bisa ditunggangi untuk menjelajah berbagai spot yang ada seperti tempat peternakan kuda dan sapi, padang rumput, perkebunan dan lain sebagainya. Nah dengan hal ini, anda sebagai pengunjung tentu akan merasakan sensasi seperti cowboy betulan.

Selain menikmati sensasi ala cowboy Amerika, di wisata De Ranch ini anda bersama keluarga juga bisa menikmati berbagai permainan yang tersedia seperti kolam pancing, naik delman, balon air, peti luncur, dan lain sebagainya. Disini anda juga bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai latihan berkuda, ternak sapi atau kuda, membuat kue dan lainnya.

Harga Tiket Masuk De Ranch Lembang Terbaru Selasa-Jumat 09.00-17.00 WIB : Rp. 5.000 (susu sapi de ranch) dan Sabtu dan Minggu 08.00-18.00 WIB : Rp. 5.000 (susu Sapi De Ranch).

5. Tempat Wisata Sapu Lidi Lembang

Sapu Lidi Lembang

Sapu Lidi Lembang merupakan salah satu pilihan bagi sebagian besar kalangan penikmat perjalanan yang menginginkan suguhan suasana natural, pula merupakan pilihan bersantai keluarga yang nikmat di Bandung. Konsep wisata bernuansa alam memang terbilang tepat di era yang semakin sarat akan kecanggihan teknologi dan cenderung artifisial.

Dengan kembali ke alam, seseorang dapat melepas kepenatan sekaligus refreshing dari ragam rutinitas masyarakat perkotaan dan hiruk pikuk yang menyertainya. Tak hanya kesejukan udara alaminya, objek wisata di Bandung Utara ini juga siap memanjakan Anda dengan lezatnya sajian kuliner khas Lembang, lengkap dengan galeri seni yang mengagumkan yang ada di sana. Secara ringkas, Sapu Lidi Lembang memang diprioritaskan bagi Anda yang ingin bermanja-manja dengan semua hal yang erat kaitannya dengan keindahan alam.

6. Tempat Wisata Pemancingan Bonita Lembang

Pemancingan Bonita

Arena Pemancingan Bonita Lembang atau sering juga disebut dengan Saung Wargi Lembang merupakan kawasan wisata lembang bandung yang menawarkan tempat liburan dengan konsep memancing ikan di kolam dengan suasana yang asri dan segar. Ini adalah tempat wisata yang pas sekali bagi anda yang punya hobi mancing. Berdiri di atas lahan seluas 1,3 hektar, kolam pemancingan mempunyai bermacam jenis ikan.

Antara lain ikan gurame, bawal, serta ikan mas. Anda yang berkunjung dengan mengajak keluarga atau sanak saudara, dapat memancing dengan tenang. Karena keluarga anda pun bisa menikmati suasana kolam pemancingan seraya bersantai di saung-saung yang tersedia dekat area pemancingan.

7. Tempat Wisata Air Terjun Maribaya Lembang

Air Terjun Maribaya

Kawasan wisata ini terkenal dengan taman hutan alam. Selain hutannya yang mempunyai pepohonan tinggi, di sini pun bisa anda saksikan air terjun yang indah dan juga pemandian air panas. Ketika hendak berkunjung kemari, disarankan untuk mengenakan sweater atau jaket karena hawanya lumayan dingin. Nah, untuk menghangatkan badan anda bisa memesan minuman berupa bajigur dan bandrek yang banyak tersedia di warung-warung sekitar obyek wisata.

Tempat wisata di Lembang yang satu ini menjadi salah satu wisata favorit bagi keluarga yang ingin menghabiskan masa liburan atau akhir pekan yang ceria. Agar bisa masuk ke lokasi wisata ini, Anda dikenakan tarif tiket masuk 8.000 Rupiah bagi setiap pengunjung. Apabia Anda ingin mandi di pemandian air panas maka Anda harus membayar biaya tersendiri sebesar 5.500 Rupiah untuk orang dewasa, dan 2.500 Rupiah bagi anak-anak.

8. Tempat Wisata Kampung Daun Lembang

Kampung Daun

Kampung Daun merupakan salah satu tempat kuliner yang ada di kota Bandung. Dengan slogan Culture Gallery and Cafe, tempat makan ini siap memanjakan pengunjungnya untuk menikmati suasana pedesaan yang tenang dan menyegarkan. Dengan tambahan berbagai ornamen yang menciptakan suasana tradisional, Kampung Daun juga menyediakan berbagai makanan tradisonal khas Indonesia juga makanan modern dari negara lain.

Selain itu, Kampung Daun dapat dikatakan sebagai salah satu lokasi wisata yang cukup romantis di Lembang. Tempat wisata ini termasuk dalam obyek wisata kuliner yang letaknya di lereng pegunungan, dengan lampu-lampu lampion bersinar redup. Dijamin akan betah menghabiskan waktu di sini, apalagi mengajak pasangan. Tak hanya untuk para pasangan, Kampung daun juga cocok untuk keluarga yang ingin menikmati keindahan alam sekaligus berwisata mencicipi makanan khas bandung. Terutama para wisatawan yang berkunjung dari luar Bandung.

9. Tempat Wisata Kampung Gajah Bandung

Kampung Gajah

Kampung gajah wonderland merupakan salah satu destinasi wisata lembang bandung yang paling diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara, Kampung gajah wonderland lembang bandung sesuai mottonya yaitu memadukan antara wisata belanja, wisata kuliner dan wisata keluarga sehingga menjadi kawasan wisata yang sangat lengkap dalam satu lokasi wisata.

Tentunya hal ini akan lebih menyenangkan dan tidak membosankan apalagi di tempat wisata kampung gajah ini didukung oleh berbagai macam wahana permainan anak dan dewasa seperti Bumperboat (perahu yang saling senggol di kolam), ATV (permainan mobil untuk segala jenis medan), Playground anak-anak, permainan mobil buggy, Side car, Delman, Horse riding dan lain-lain.

Harga Tiket masuk dibanderol seharga Rp 10.000 (Senin-Kamis) dan Rp 20.000 (Jumat-Minggu).

10. Tempat Wisata Observatorium Bosscha Lembang Bandung

Observatorium

Observatorium Bosscha Lembang merupakan observatorium yang paling tua dan paling besar di Indonesia serta terbesar di Asia Tenggara yang berdiri pada tahun 1923. Bumi berada di Galaksi Bimasakti. Di Bosscha, anda dapat melihat benda atau objek luar angkasa lewat sebuah teleskop yang besar.

Termasuk juga planet-planet yang masuk dalam Galaksi Bimasakti. Tempat wisata ini juga menjadi salah satu tempat bagi para pelajar dalam melakukan study tour, baik itu dari pelajar SD, SMP hingga SMA. Untuk Jadwal buka observatorium adalah mulai pukul 09.00-13.00 dan 17.00-20.00.

11. Tempat Wisata Sari Ater Hot Spring Water Lembang

Sari Ater Hots String

Sari Ater Hot Spring Water merupakan tempat wisata yang terletak di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Tepatnya dibawah kaki gunung Tangkuban Parahu. Berlokasi di Desa Ciater yang berada di ketinggian 1200dpl serta dikelilingi hamparan hijau perkebunan teh, merupakan tempat indah dan nyaman.

Sari ater hot spring water ini mempunyai daya tarik yang paling utama yaitu hot spring water atau pemandian air panas yang berasal dari alam. Kita dapat menikmati berendam di pemandian air panas yang langsung dari alam. Karena terletak di bawah kaki gunung Tangkuban Parahu maka kita dapat menikmati pemandangan yang bagus. Selama perjalanan menuju sari ater kita akan disuguhi dengan pemandangan kebun teh.

12. Tempat Wisata Jendela Alam Lembang

Jendela Alam

Tempat wisata Jendela Alam terletak di komplek Graha Puspa, di Jalan Sersan Bajuri Km 4,5 Cihideung Lembang. Fasilitas yang ditawarkan di tempat wisata Jendela Alam meliputi peternakan dan perkebunan, mini waterboom, play ground (taman bermain), kedai alam, tempat penjernihan air, aula / pendopo dan mushola.

Sementara kegiatan wisata yang ditawarkan di tempat ini meliputi tur sahabat alam, pengenalan binatang, pengenalan tanaman obat, berkebun dan kreasi seni, permainan tradisional, berenang, bersepeda, berkuda, tea walk (berjalan kaki di perkebunan teh), flying fox, seg way. Harga tiap wahana permainan dan kegiatan wisata bervariasi mulai dari 15 ribu sampai 35 ribu rupiah.

13. Tempat Wisata The Peak Bandung

The Peak

The Peak Bandung merupakan Salah satu lokasi wisata kuliner yang juga populer di Kota Bandung. Tak hanya makanan dan minumannya menggoyang lidah. Daya tarik lain dari The Peak adalah keindahan alam Kota Bandung yang terlihat jelas dari sini.

Pemandangan disinipun tak kalah menarik dengan tempat wisata lainnya di lembang kota Bandung. Umumnya pengunjung lebih sering datang ke tempat ini saat sore hari. Paling asyik kalau menikmati indahnya kota di malam hari. Baik bersama keluarga, teman dan sahabat maupun bersama pasangan kekasih Anda.

14. Tempat Wisata Floating Market Lembang 

Floating Market

Floating Market Lembang yang beralamat di Jalan Grand Hotel No. 33E merupakan sebuah kawasan wisata seluas lebih dari 7 hektar dengan sebuah danau bernama Situ Umar yang menjadi pusatnya. Floating Market Lembang dengan konsep menyerupai pasar terapung di Banjarmasin menawarkan keindahan wisata alam sekaligus wisata kuliner dengan suguhan menu bercitarasa tinggi. Kesemuanya dibalut dalam konsep pasar terapung yang unik dan menarik.

Untuk dapat masuk ke kawasan wisata tersebut, Anda hanya perlu membayar harga tiket masuk Floating Market Lembang yang terbilang murah, cukup dengan Rp 10.000 per orang. Ini belum termasuk biaya parkir sebesar Rp 5 ribu. Tetapi ada yang unik, tiket parkir mobil dapat Anda tukarkan dengan lemon tea, choco latte, atau coffe latte di Floating Market Lembang ini.

15. Tempat Wisata Taman Begonia Lembang

Taman Begonia

Taman Begonia Lembang ini merupakan sebuah kawasan yang didirikan dengan tujuan memperkaya khasanah Florikultural di Indonesia. Kawasan taman bunga ini dilengkapi dengan beraneka macam bunga-bunga. Beberapa bunga yang ada disini adalah Bunga Celosia, Melampodium, Bunga Geranium, Bunga Salvia dan masih banyak macam bunga lain yang sama-sama menarik.

Nah ini patut untuk diabadikan lewat lensa kamera anda. Selain menikmati taman bunga nan eksotis, kunjungi juga wisata kuliner Café Taman Begonia. Bagi wisatawan luar kota, taman ini cukup sayang dilewatkan saat sedang berlibur di Lembang. Oleh karenanya wisata ini tak pernah sepi pengunjung, terlebih saat hari libur.

16. Tempat Wisata Air Terjun Pelangi Bandung

Air Terjun Pelangi

Air Terjun Pelangi kini merupakan salah datu tempat wisata yang menjadi tujuan utama wisatawan yang datang ke Bandung khususnya wilayah Bandung Barat. Air Terjun Pelangi ini adalah salah satu air terjun tertinggi di Bandung, karena memiliki ketinggian mencapai 87 meter. Salah satu daya tarik dari Air Terjun Pelangi adalah keindahan alam yang disebut air terjun pelangi atau The Rainbow Waterfall,yaitu sensasi menikmati eksotisme dan romantisme pancuran air terjun seperti pelangi di malam hari.

Air terjun ini akan terlihat istimewa jika dinikmati di malam hari, hal ini merupakan cara baru untuk menikmati keindahan air terjun. Apabila anda melihat keindahan air terjun di pagi, siang, sore hari atau melihat keelokan pelangi setelah hujan gerimis sudah merupakan hal yang wajar, tetapi terbayangkankah oleh anda jika menikmati sensasi yang akan anda rasakan ketika melihat pancuran air dari ketinggian 87 meter yang terjun bebas ke bawah menciptakan aneka warna seperti warna pelangi di sore dan malam hari.

17. Tempat Wisata Tahu Lembang

Tahu Lembang

Tahu Lembang Atau biasa disebut dengan tahu susu Lembang adalah kuliner khas daerah tersebut. Rasanya yang gurih dan renyah membuatnya nikmat sebagai camilan. Bagi anda yang habis berwisata ke Lembang, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh berupa tahu susu.

Satu lagi daya tarik pusat penjualan tahu susu di Lembang yaitu bentuknya yang mirip dengan pom bensin. Ini menjadi daya tarik bagi wisata tahu lembang yang beda dari wisata lainnya. Tahu lembangpun tak pernah sepi dari pengunjung, terlebih pengunjung yang berasal dari luar kota, seperti jakarta.

18. Tempat Wisata Kebun Bunga Cihideung Lembang

Kebun Bunga Cihideung

Kebun Bunga Cihideung memiliki beragam tanaman bunga warna-warni serta aneka macam tanaman hias. Keindahannya membuat kita ingin menyentuh bahkan memiliki beragam tanaman itu. Dikenal pula dengan kawasan wisata desa bunga, sepanjang perjalanan kita akan melihat pekarangan rumah orang-orang yang penuh dengan tanaman bunga.

Taman Bunga Cihideung merupakan penyuplai bunga serta tanaman hias yang paling besar untuk wilayah Bandung dan kota lainnya. Dengan beraneka ragamnya bunga-bunga di taman ini, tak membuat bosan pengunjung yang datang untuk kesekian kalinya ke tempat wisata ini. Kebun Bunga Cihideung menjadi salah satu wisata taman favorit di lembang kota bandung.

19. Tempat Wisata Sindang Reret Lembang

Sindang Reret

Sindang Reret merupakan salah satu tempat makan yang ada di Lembang. Apabila anda ingin mencicipi beragam makanan khas sunda yang rasanya mantap, tepat sekali untuk memilih tempat ini. Tak hanya menu yang memanjakan lidah.

Mata kita pun akan dimanjakan dengan suasana sekeliling Sindang Reret, di mana terdapat hutan pinus yang berkabut tebal, cantik sekali. Pemandangan yang indah dengan udara yang sejuk menjadi nilai utama untuk tempat wisata ini, dan cocok sekali untuk liburan keluarga.

20. Tempat Wisata Air Terjun Malela Bandung

Air Terjun Malela

Curug Malela atau bisa dibilang Air Terjun Malela mempunyai sumber air terjun yang berasal dari hulu sungai bagian utara Gunung Kendeng. Yakni sebuah gunung berapi yang berada di sebelah barat Ciwidey yang sudah mati, lalu mengalir melintasi Sungai Cidadap, Gunung Halu. Curug Malela Bandung mempunyai ketinggian sekitar 60 meter dengan lebar curug yang mencapai 70 meter. Selain itu, curug ini mempunyai 5 buah jalur air terjun yang indah, megah, serta mempesona.

Apalagi jika debit air menuju lokasi ini sedang banyak dan mengalir deras melintasi air terjun ini, akan sangat terlihat indah sekali. Di Curug Malela ini, selain bisa menikmati keindahan alam yang begitu mempesona, para pengunjung juga bisa bermain di sepanjang aliran sungai di bawah air terjun. Contohnya seperti berenang serta menikmati sentuhan butiran air terjun yang dingin seperti kabut yang melayang.

21. Tempat Wisata Dusun Bambu Lembang

Dusun Bambu Lembang

Dusun Bambu lembang ini terletak di daerah Lembang bandung bagian utara. Dan lebih tepatnya lagi Dusun bambu lembang ini berada tepat dikaki gunung burangrang. Jadi sudah pasti dusun bambu ini dikenal masih alami dan sejuk. Tempat ini terbilang banyak yang mengunjunginya untuk Kegiatan Camping atau Kegiatan Outdoor dan Kegiatan lainnya.

Jika anda ingin menjalankan kegiatan Camping atau kegiatan berlibur tempat wisata ini sangat cocok untuk kegiatan Berlibur. Walaupun dusun bambu lembang ini terbilang masih baru tetapi sudah banyak dilengkapinya fasilitas dan bisa dikatakan sebagai Tempat ini dibilang tempat wisata yang terlengkap di kota bandung. Selain sebagai Tempat wisata di kota bandung ini Dusun bambu lembang pun dapat di katakan Tempat wisata kuliner,keluarga, dan tempat perbelanjaan di bandung.

22. Tempat Wisata Grafika Cikole Lembang

Grafika Cikole

Tempat Wisata Grafika Cikole Lembang ini memang memiliki daya tarik yang luar biasa bagi wisatawan domestik maupun mancanegara,terbukti kawasan wisata ini selalu dipadati wisatawan,alah satunya untuk melakukan aktifitas outbound,baik bersama keluarga,sekolah maupun instansi.Selain itu tempat ini juga sering dijadikan lokasi pegambilan foto prewedding.

Grafika Cikole Lembang juga selain memiliki fasilitas tempat outbound yang sangat indah,serta penginapan yang refresentativ mulai dari Hotel,Pondok wisata dan Camping Ground juga restorannya menyediakan berbagai menu makanan yang akan memanjakan lidah para pengunjung seperti masakan khas sunda,chinese food serta masakan seafood.

Baca Juga Tempat Wisata di Sentul yang Paling Diminati Pengunjung

Demikian mengenai 22 Tempat Wisata di Lembang Bandung Paling Terkenal nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *