34 Tempat Wisata di Kudus Terbaru Paling Hits Dan Populer

Tempat Wisata di Kudus – Jika kamu mendengar kota Kudus kota ini sangat identik dengan wisata religi yang menjadikan ciri khas keindahan wisata kota Kudus tersebut. Bahkan saking indahnya wisata di Kudus mampu menarik para selebritis untuk menggunjungi keindahan wisata Kudus yang sudah terekspose di dalam dan di luar negeri. Suasana Alam Kota Kudus bisa di bilang masih belum banyak di eksplorasi oleh para ahli, sehingga masih banyak kekayaan alam yang masih tersembunyi.

Kudus merupakan sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini berada di sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Pati dan di sebelah selatan berbatasan dengan kabupaten Demak (Kota Wali), serta di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Jepara (Kota Ukir). Kota Kudus terkenal dengan sebutan Kota Kretek karena Kudus sebagai kota penghasil rokok terbesar di Jawa Tengah. Kota Kudus juga merupakan pusat perkembangan agama Islam pada abad pertengahan.

Baca Ini : Tempat Wisata di Lumajang yang Wajib Dikunjungi

Walaupun Kudus bukanlah kota yang luas tetapi, Kudus memiliki daya tarik tersendiri di bidang pariwisatanya. Berikut dibawah ini beberapa tempat wisata di kudus yang hits dikunjungi.

1. Air Terjun Gonggomino Colo Kudus

Air Terjun Gonggomino

Perlu Anda ketahui bahwa air terjun Gonggomino tersebut merupakan sebagai salah satu obyek wisata alam yang memang cukup terkenal ada di kudus. Tempat ini sangat ramai di kunjungi, terlebih untuk musim liburan.

Pada dasarnya untuk obyek wisata air terjun tersebut juga menyajikan berbagai pemandangan air yang jatuh dari atas perbukitan dan juga dengan pemandangan yang ada disekitarnya. Akan tetapi pastinya mempunyai keindahan dan juga keunikan yang cukup berbeda.

Untuk para wisatawan yang suka dengan obyek wisata alam serta kebetulan berada di dekat kota kudus.

2. Colo Kudus

Colo Kudus

Wisata alam colo ini hampir mirip dengan wisata alam kopeng yang ada di magelang yaitu menyuguhkan pemandangan khas pegunungan dan anda mersakan udara sejuk ala pegunungan yang tidak bisa di dapatkan di kota kota besar.

Dan bagi anda yang beragama muslim juga bisa sekalian ziaroh atau wisata religi makam sunan muria. makam sunan muria sendir berlokasi di puncak pegunungan dan di buthkan sedikit perjuangan untuk sampai ke makam tersebut.

3. Air Terjun Montel Kudus

Air Terjun Montel

Air terjun Montel berlokasi di kawasan wisata alam colo kudus. Air terjun ini lokasinya berada di sebelah utara makam wali sunan muria di Desa Kajar, Kec. Dawe, Kab. Kudus. Air terjun tersebut mempunyai ketinggian air sekitar 50 meter. Para wisatawan dapat menikmati guyuran air terjun yang menawan, melihat pemandangan yang tak kalah mempesona disana.

Rindangnya perkebunan kopi serta udara yang sejuk menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin menikmati bersama keluarga. Jangan khawatir apabila tidak membawa bekal dapat membeli makanan di warung-warung yang berada di sana. Dan untukk harga tiket masuk ke air terjun montel ini adalah Rp. 5000 per orang.

4. Alam Rejenu Kudus

Rejenu

Tempat wisata ini masih berada di kec. colo kudus. Kawasan ini berada di ketinggian sekitar 1150 mdpl. Untuk menemukan kawasan wisata alam ini cukup mudah kok karenna jaraknya yang hanya 3 kilometer dari makam sunan muria.

Nah yang bisa anda dapatkan apabila bekunjung ke kawasan wisata ini yaitu anda dapat melihat dan juga mengamati pelbagai jenis tumbuhan dan alam pegunungan yang memanjakan mata.

5. Sumber mata Air Tiga Rasa

Sumber Mata Air Tiga Rasa

Peninggalan di masa Sunan Muria adalah tiga sumber mata air yang mempunyai rasa berbeda-beda. Masyarakat disini biasanya sering menyebutnya Air Tiga Rasa. Air Tiga Rasa berada di dekat makam Syaikh Syadzali. Ia adalah murid dari Sunan Muria yang berasal dari Baghdad. jadi ketika Syaikh Syadzali menghadap Sunan Muria untuk berguru, ia dianjurkan untuk pergi ke sebelah utara, tepatnya di daerah Rejenu, Dawe, Kudus.

Berdasarkan kepercayaan setempat mata air 3 rasa ini memiliki khasiat sebagai berikut yaitu air pertama berkhasiat menjadi obat penyakit, air kedua berkhasiat menumbuhkan rasa percaya diri dalam menghadapi permasalahan hidup, dan air ketiga dipercaya berkhasiat dalam bidang rezeki. Tapi itu semua kembali kepada diri masing-masing karena hidup manusia, Tuhan yang pegang kendali seutuhnya.

6. Makam Syekh Zadzali Kudus

Makam Syekh Zadzali Kudus

Nah wisata berikutnya adalah wisata religi ke makam Syeh Sadzali. Syeh Sadzali ini dulunya adalah salah satu murid dari Sunan Muria. Beliau juga membantu Suan Muria dalam menyebarkan islam di Nusantara terutama Tanah Jawa.

Jadi kamu pergi ke wisata alam rejenu, sebaiknya kamu sekalian berkunjung ke Makam Syeh Sadzali untuk berziarah. Bagi anda yang beragam muslim mungkin makan ini kami rekomendasikan untuk di ziarahi setelah makam sunan muria.

7. Waterboom Mulia Kudus

Waterboom Mulia Kudus

Mulia Wisata Waterpark merupakan salah satu obyek wisata keluarga yang menarik dan juga popular di Kudus, Jawa Tengah. Di Mulia Wisata Waterpark Anda bisa menemukan tempat bermain dan juga berenang dan juga sebagai wahana yang disediakan untuk para pengunjung. Selain itu juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang dapat Anda manfaatkan untuk para wisatawan yang memang sedang berkunjung kesini.

Disini memiliki fasilitas dan juga dengan wahana yaitu berupa kolam renang berstandart nasional dengan panjangnya yang mencapai 50 meter. Kamu juga bisa menggunakanya buat berenang dan juga terdapat pula Waterboom yang memiliki kolam arus, yang pastinya seru digunakan untuk bermain.

8. Bumi Perkemahan dan Wana Wisata Kajar

Bumi Perkemahan

Tempat ini merupakan merupakan hutan pohon pinus yang teduh dan sejuk dengan sejuta keindahan alam yang menghiasi di sekitarnya. Karena tempatnya yang begitu mendukung dengan kegiatan yang bernuansa alam, makanya sering dimanfaatkan untuk kegiatan perkemahan.

Selain digunakan untuk kegiatan perkemahan, tempat ini juga sering digunakan untuk kegiatan outbond.

9. Religi Menara Kudus

Menara Kudus

Masjid Menara Kudus merupakan perbaduan antara budaya Hindu dan Islam. Pemilihan arsitektur tersebut merupakan salah satu cara Sunan Kudus untuk menyebarkan ajaran Islam kepada masyarakat sekitar Kudus yang waktu itu beragama Hindu dan Buddha.

Bangunan menara yang menjadi landmark utama masjid sendiri berbentuk sebuah candi Hindu. Bangunan seperti ini lazim kita temui di Bali. Di beberapa bagian kompleks Masjid kita juga akan menemukan bangunan candi bentar sebagai gerbang masuk ke masjid.

10. Museum Kretek Kudus

Museum Kretek

Museum Kretek Kudus merupakan sebuah museum yang terletak di Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Museum Kretek Kudus didirikan bertujuan untuk menunjukan bahwa kretek berkembang sangat pesat di tanah jawa khususnya di kota kudus.

Di Museum Kretek Kudus ini diperkenalkan mulai dari sejarah tentang kretek hingga proses produksi rokok kretek, mulai dari pembuatan secara manual sampai menggunakan teknologi modern.

11. Desa Wisata Rahtawu Kudus

Desa Wisata Rahtawu

Nah tempat wisata selanjutnya adalah Rahtawu, wisata ini termasuk sebuah desa yang berada di dataran tinggi. Desa ini adalah desa tertinggi di Kecamatan Gebog, Kudus. Ketinggiannya sekitar 1.627 mdpl.

Di desa ini terdapat sebuah gunung yang dikenal dengan Gunung Wukir yang lokasinya berada di sebelah Gunung Muria. Letaknya yang berada di kawasan pegunungan bikin Desa Rahtawu memiliki potensi yang melimpah.

12. Situs Pati Ayam Kudus

Situs Pati Ayam

Museum serta situs purba tidak hanya ada di Sangiran, Sragen saja. Di kudus juga ada sebuah situs situs purba yang tersimpan di museum. Museum purba yang ada di Kudus disebut dengan Situs Pati Ayam.

Di museum Situs Pati Ayam kita akan menemukan banyak fosil binatang purba dengan ukuran raksasa. Replika manusia purba juga akan kamu temukan di museum ini lho. Ohh ya untuk lokasi Situs Pati Ayam masih berada di kawasan Gunung Muria. Tepatnya Desa Terban, Kec. Jekulo, Kab. Kudus.

13. Air Terjun Kalibanteng Kudus

Air Terjun Kalibanteng

Salah satu lokasi yang wajib di kunjungi ketika berkunjung ke desa wisata Rahtawu, Kec. Gebog, Kab. Kudus adalah air terjun Kali Banteng, air terjun yang memiliki ketinggian 30 meter ini tidak langsung jatuh ke bawah.

Melainkan melalui beberapa undakan seperti penampungan air yang bisa kita gunakan untuk berenang dengan kedalam 100 cm di bagian atas dan di bagian bawah kedalaman sekitar 50 cm. Sehingga kamu yang mungkin belum bisa berenang tidak perlu khawatir, karena bisa memilih lokasi berenang.

14. Air Terjun Kedung Gender

Air Terjun Kedung Gender

Air Terjun Kedung Gender yang berada di Dukuh Ceglik , Desa Japan, Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus kini mulai rame di Kunjungi wisatawan setalah di liput oleh tim Isk Jalan – jalan. Air terjun ini yang masih alami bisa lewat jalur wisata colo. Sampai di terminal wisata ambil arah gembong via desa Japan.

Setalah melewati Jembatan sebelum tanjakan belok kakan , lalu menemukan pemukiman warga. Tenang saja , Anda tidak akan kebingungan lagi .

15. Pendakian Gunung Muria Kudus

Gunung Muria

Gunung muria ini mempunyai banyak puncak, ada puncak 29 (puncak tertinggi), puncak natas angina, puncak argowiloso, puncak argojembangan, dan puncak abiyoso.

Pemandangan indah yang ditawarkan dari atas puncak Gunung Muria memberikan daya tarik tersendiri bagi para pencinta pendaki gunung.

Di Puncak Gunung Muria ini banyak pendaki yang mengabadikan moment-moment indah baik di saat matahari terbit maupun sekedar menikmati suhu dingin namun sejuk.

16. Gray Canyon Kudus

Wisata Gray Canyon

Jika kamu melihat foto ini, sekilas mungkin kamu akan berfikir bahwa tempat tersebut berada di luar negeri, tetapi faktanya tempat ini berada di Indonesia lebih tepatnya di Kabupaten Kudus.

Warga sekitar Kudus sering menyebutnya Grey Canyon. Sebenarnya, lokasi ini merupakan tempat galian C. Namun, tidak ada salahya jika anda melihat dan berfoto di tempat ini.

Grey Canyon di Kudus ini hampir mirip dengan Green Canyon yang ada di Pangandaran dan Brown Canyon yang ada di Semarang. Ketiga tempat tersebut digadang-gadang sebagai Grand Canyon-nya Indonesia.

17. Terjun Pengantin Kudus

Air Terjun Pengantin Kudus

Nah dari namanya aja pasti bikin kamu penasaran sama tempat ini. Kalau begitu kamu bisa langsung meluncur ke dukuh Bakaran, desa Piji, kecamatan Dawe. Kenapa dinamakan air terjun Kembar, karena air terjun ini punya dua sisi aliran air kayak anak kembar gitu.

Air terjun ini masih alami dan sepi banget soalnya masih kalah terkenal sama air terjun yang lain. Tapi untuk pemandangannya tidak kalah sama air terjun yang lain. Di tempat ini, kamu cuma akan nemuin beberapa orang aja yang merupakan penduduk setempat. Biasanya sih mereka lagi melakukan kegiatan bertani atau nyari rumput buat ternak mereka.

18. Menara Pisang Kudus

Menara Pisang Kudus

Wisata Taman Sardi adalah sebuah wahana wisata alam yang memiliki pemandangan yang indah dan Taman Sardi juga dapat menikmati outbound yang seru bersama keluarga maupun teman.

Lokasi Taman Sardi tidaklah jauh dari Colo tepatnya di Dukuh Watu Lumpang Desa Kajar ,Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus Jawa Tengah. Di Taman Sardi para wisatawan juga dapat menikmati area Camping yang berkonsep kerakyatan.

19. The Peak View Waterboom and Resto

Peak View

The Peak View Waterboom & Resto adalah sebuah tempat wisata yang lengkap di kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Terletak di Jalan UMK Utara, Gondang Manis, tidak jauh daripusat kota Kudus Disini wisatawan maupun warga kudus bisa bermain Air di Waterboom ini.

Disini terdiri dari 4 Kolam yakni Kolam renang, Kolam dangkal atau Kolam bermain, Kolam pancuran, Kolam sedang. Berbagai macam wahana yang sediakan di kolam-kolam tersebut, antara lain Ember tumpah, Pool Slide, Family Slide dll.

20. Taman Oasis Kudus

Taman Oasis Kudus

Taman Oasis terletak di jalan Lingkar Utara tepatnya di desa Gondangmanis, kecamatan Bae, kabupaten Kudus dekat dengan Universitas Muria Kudus. Dengan dua jalan searah sepanjang kurang lebih 500 meter, Oasis menawarkan kasrian taman yang dirawat dengan baik.

Pada bagian depan taman ini, anda telah disambut dengan sebuah monumen artistik dengan tulisan ‘Djarum Oasis Kretek Factory’ yang cukup besar dan menyedot perhatian setiap orang yang melewatinya.

21. Sendang Jodo Kudus

Sendang Joko

Jika kamu pernah mendengar kata Sendang Jodo, harusnya kamu sudah mengenal tempat ini. Yap, obyek wisata berwujud mata air (sendang) yang memancarkan air tak henti-hentinya ini juga menjadi salah satu destinasi yang wajib kamu datangi selama berada di Kabupaten kudus.

Sendang Jodo terletak di desa Purworejo, kecamatan Bae. Tetapi untuk sampai ke lokasi tidaklah mudah sebab kamu akan dihadapkan pada kondisi jalan yang rusak.

22. Desa Wisata Wonosoco Kudus

Wonosoco

Desa Wonosoco terletak di Selatan Kota Kudus, desa ini berjarak sekitar 45 menit dari pusat pemerintahan. Jalur untuk menuju ke sana banyak dilalui oleh kendaraan yang melakukan perjalanan Kudus-Purwodadi. Menuju ke desa yang berada di Kecamatan Undaan ini tidaklah sulit.

Papan penanda desa wisata ada di setiap persimpangan. Jika kamu melakukan perjalanan ke sana, dijamin kamu akan disuguhi dengan keindahan alamnya berupa hamparan hijau sawah dan pegunungan kars kendeng yang membentang dari Timur ke Barat.

23. Desa Jurang Gebog Kudus

Jurang Gebog

Mencari keindahan alam di Kabupaten Kudus, memang tidak ada habisnya. Apalagi bagi kamu yang menyukai suasana pedesaan, kamu bisa berkunjung ke desa Jurang, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus.

Terletak di sebuah aliran kali gelis tepatnya di dekat bendungan Karanggayam. Nah kamu disini juga bisa temukan tempat yang begitu mempesona, lokasi Desa Jurang memang cukup sulit di jangkau.

Namun, hamparan persawahan yang sangat hijau akan membuat kamu terpesona.

24. Gerbang Kudus Kota Kretek

Gerbang Kudus

Gerbang Kudus adalah sebuah landmark yang ada di Kabupaten Kudus. Namanya seolah semakin menegaskan status Kudus sebagai kota kretek. Bangunan yang selesai dibangun tahun 2015 dan konon menghabiskan anggaran 16 milyar ini dibangun persis di sebelah Jembatan Tanggul Angin yang memisahkan Kabupaten Kudus dan Demak.

Pembangunan gerbang perbatasan ini difasilitasi oleh PT Djarum Bentuk bangunan ini sekilas mengingatkan kita dengan Opera House di Sidney. Tapi ternyata, bentuk tersebut merupakan replika daun tembakau. Tulang daun yang jumlahnya mencapai 100 buah konon dibuat dari bahan baja khusus dari Australia.

Baca Ini : Tempat Wisata di Sragen yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai Tempat Wisata di Kudus yang Wajib Dikunjungi nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!