28 Tempat Wisata di Klaten Terbaru yang Hits Dan Bagus

Tempat Wisata di Klaten – Klaten adalah sebuah Kabupaten yang termasuk dalam Provinsi Jawa Tengah. Klaten memiliki berbagai macam potensi tempat wisata dari wisata alam, wisata buatan, wisata keluarga sampai wisata religi. Tempat Wisata Klaten ini ada yang sudah dikembangkan degan baik namun ada juga yang masih perlu banyak pembenahan dari Pemerintah Daerah.

Kabupaten Klaten terletak diantara dua pusat kebudayaan besar yaitu Kerajaan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta. Hal itu menyebabkan di Kabupaten Klaten juga masih kental dengan adat kebudayaan yang sampai sekarang masih banyak dilestarikan seperti perayaan nyadran, apeman, kupatan dll. Selain wisata alam dan wisata budaya, tempat wisata yang tak kalah pentingnya di Kabupaten Klaten adalah wisata religi.

Klaten mempunyai banyak tempat wisata dengan pemandangan yang sangat indah, mungkin anda ingin berlibur disinilah tempat yang cocok, dijamin anda tidak akan kecewa apalagi jika anda berkunjung dengan sanak saudara, ataupun keluarga dijamin liburan kalian akan lebih mengasikan.

Baca juga : Tempat Wisata di Purwakarta yang Wajib Dikunjungi

Nah pada kesempatan kali ini Aneka Wisata Seru akan merekomendasikan beberapa tempat wisata yang paling menarik dikunjungi di daerah Klaten, di klaten tempat wisata yang paling terkenal yaitu Candi Prambanan mungkin kalian sudah tahu tentang Candi Prambanan yang merupakan situs warisan indonesia. Maka dari itu saya akan mengajak anda untuk berkeliling daerah Klaten yang sangat menarik.

Tempat Wisata di Klaten yang Wajib Dikunjungi

Nah kali ini saya akan membahas beberapa diantara tempat wisata di Klaten yang sangat indah sehingga sangat sayang apabila tidak dikunjungi. Berikut adalah Tempat Wisata di Klaten Pilihan Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan.

Tempat Wisata Sejarah Candi Prambanan Klaten

Candi Prambanan

Tempat wisata pertama yaitu Candi Prambanan merupakan salah satu kompleks candi yang terkenal di Indonesia dan ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia pada tahun 1991 selain Candi Borobudur. Tidak sama dengan Candi Borobudur yang merupakan candi Buddha, Candi Prambanan adalah sebuah kompleks candi Hindu.

Kompleks Candi Prambanan juga disebut memiliki seribu buah candi karena adanya cerita rakyat Roro Jonggrang, namun sebenarnya hanya ada sekitar 240 candi di kompleks tempat wisata ini. Tempat wisata ini menghadap timur, tetapi terdapat empat pintu masuk di masing-masing mata angin. Gerbang utama candi ini adalah yang berada di sebelah timur.

Candi Prambanan terletak di dua kabupaten dan dua provinsi sekaligus yaitu Sleman, Yogyakarta, dan Klaten, Jawa Tengah. Jika anda ingin berkunjung ke candi prambanan anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp30.000 untuk orang dewasa sedangkan Rp12.500 untuk anak-anak.

Tempat Wisata Air Umbul Ponggok Klaten

Umbul Ponggok

Tempat wisata setelah candi prambanan yaitu Umbul Ponggok adalah salah satu tempat wisata di Klaten Jawa Tengah, yang sekarang ini lagi ramai ramainya. Nama obyek wisata ini terdiri dua kata Umbul yang berarti mata air dan Ponggok adalah nama sebuah desa. Jadi jika diartikan secara langsung mempunyai arti mata air yang berada di desa Ponggok.

Tempat ini berupa mata air yang dijadikan sebagai kolam besar yang bisa dijadikan tempat untuk snorkeling, berenang ataupun diving. Disini kita bisa melakukan hal tersebut karena disediakan tempat penyewaan alatnya seperti Snorkel, kaki katak dan juga pelampung. Jadi anda yang tidak bisa berenang, jangan khawatir untuk mencoba menceburkan diri ke kolam ini.

Selain itu, disini terdapat jasa foto untuk prewedding didalam air dan juga pernak pernik tambahan seperti sepeda, TV beserta stik playstation yang tentunya hanya untuk properti foto di dalam air. Untuk foto pre wedding sendiri pada saat menanyakan pada salah satu tempat penyewaan disitu, mematok satu setengah juta dan itu belum dengan pakaiannya yang bisa kita bawa sendiri dari rumah. Harga tiket masuk wisata ini sebesar Rp.5000/orang.

Tempat Wisata Mata Air Cokrotulung Klaten

Mata Air Cakra

Tempat wisata air seluas 10 hektar ini sebenarnya bernama Objek Wisata Mata Air Cakra. Namun, lebih terkenal dengan sebutan Cokro Tulung karena letaknya di Desa Cokro, Kecamatan, Tulung, Klaten. Istimewanya adalah air di tempat wisata ini jernih dan segar karena langsung dari mata air Cakra. Tak hanya itu, tempat wisata di sini juga menyuguhkan wahana lainnya, seperti waterboom, kolam arus, kolam slinder, jembatan goyang, dan flying fox.

Untuk berkunjung ke tempat wisata ini, Klikers dikenai biaya retribusi hanyna sebesar Rp 10.500 per orang. Letak tempat wisata ini lebih dekat jika ditempuh Klikers yang berangkat dari Solo menuju Jogja, yakni di simpang tiga arah pemancingan Janti, sebelum pertigaan Pakis, Delanggu.

Tempat Wisata Riverboarding di Kali Pusur Klaten

Kali Pusur

Riverboarding merupakan salah satu wisata alam yang bisa dipilih untuk mengisi waktu luang ataupun liburan kita biar menyenangkan. Wisatawan bisa melakukan river boarding di Sungai Pusur. River Boarding ini melintasi tiga desa di kecamatan Tulung dan juga Kecamatan Polanharjo. Jalur sepanjang 10 kilometer yang bisa ditempuh selama tiga jam.

 Arus sungai sepanjang jalur river boarding ini bervariasi dari yang mengalir deras, jeram atau juga ada yang mengalir pelan. Arus akan bertambah deras jika debit air meningkat saat musim hujan. anda bakal merasakan sensasi mengarungi sungai dengan arus sungai yang bervariasi, ada kalanya deras, jeram dan pelan. Tapi jangan khawatir, setiap pengarungan boarding bakal didampingi dua orang operator.

Tempat Wisata Pemandian Jolotundo Klaten

Pemandian Jolotundo

Pemandian Jolotundo terletak di Desa Jambeyan Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten, sekitar 8 kilometer dari arah Utara pusat Kabupaten Klaten. Pemandian ini memiliki luas sekitar 220 meter persegi dari kompleks areal objek wisata seluas 500 meter persegi. Terdapat 3 kolam renang dengan kedalaman yang berbeda, 2 meter, 1.5 meter dan 1meter.

Tiket masuk pemandian ini Rp.4000,-/orang. Air di pemandian ini masih alami, tidak dikasih kaporit kaya pemandian-pemandian umum kebanyakan. Ada berbagai fasilitas yang disediakan pengelola, antara lain: toilet, kamar ganti pakaian, mushola, dan kantin.

Tempat Wisata Air Lepen Kencono Klaten

Air Lepen Kencono

Wisata murah di Klaten yang satu ini juga bisa menjadi alternatif liburan bersama keluarga. Namanya wisata air Lepen Kencono, berlokasi di Desa Polanharjo. Tempat ini merupakan sebuah objek wisata baru di Klaten. Disini terdapat beberapa jenis wahana permainan seperti jembatan goyang, slider, tubbing anak, dan yang pasti airnya sangat jernih karena memanfaatkan sumber mata air Si Gedang. Untuk menikmati semua wahana tersebut pun tidak dipungut biaya.

Tempat Wisata Air Umbul Kapiler Klaten

Umbul Kapiler

Umbul Kapilaler adalah tempat pemandian putri yang masih digunakan masyarakat setempat untuk mandi. Dasar kolam ini masih berupa batu dan tanah. Umbul ini berada di dekat sumber mata air Si Gedang yang juga dimanfaatkan oleh sebuah perusahaan air minum untuk dikemas menjadi air minum kemasan.

Umbul Kapilaler ini tidak terlalu besar. Berada di bawah rerimbunan pohon beringin dengan batu-batu besar dipinggirnya. Tempatnya yang rindang membuat wisatawan betah untuk berlama-lama di tempat ini. Tidak dipungut biaya khusus untuk menikmati umbul ini alias gratis. Hanya saja waktu sore dan pagi hari umbul ini digunakan masyarakat setempat untuk mandi. Umbul ini berada di Dukuh Umbulsari, Ponggok, Polanharjo.

Tempat Wisata Galuh Tirto Nirmolo Klaten

Tirto Nirmolo

Waterpark Galuh Tirtonirmolo lokasinya terletak di Jln. Manisrenggo Km 1 Pemukti Baru,Tlogo Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. yaitu sekitar 1km kearah timur dari Candi Prambanan, dari jalan Solo masuk kearah utara kira-kira 300 meter kanan jalan ada Hotel Galuh. Tempatnya sangat nyaman. Cocok sebagai Wahana bermain anak-anak dan juga untuk berlibur bersama keluarga.

Di galuh Tirto Nirmolo terdapat 8 kolam yang masing-masing ukurannya dan ada banyak prosotannya, ada yang untuk anak-anak dan juga untuk dewasa. Juga terdapat wahana permainan seperti bom bom car, bom bom boat, komedi putar, dan becak mini, dan masih banyak lagi. Yang tak kalah menariknya ada Flying fox. Ada juga untuk menyewa ban. Di dalam banyak juga yang jualan makanan dan minuman. Disini juga ada Mushola.

Tempat Wisata Sejarah Candi Merak Klaten

Candi Merak

Candi Merak adalah peninggalan purbakala berupa kompleks percandian di Dukuh Candi, Desa Karangnongko, Kecamatan Karangnongko, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Lokasi ini berada di sebelah barat laut dari wilayah Klaten, berbatasan dengan Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Sleman. Menurut Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah luas kompleks candi Merak sekitar 2.000 meter persegi.Candi Merak terdiri dari satu candi induk yang menghadap ke timur dan tiga candi perwara yang semua menghadap ke barat ke arah candi induk.

Keelokan arsitektur bangunan candi Merak sejatinya tidak kalah manakala dibadingkan dengan candi-candi yang sepantaran pembuatannya seperti candi Sewu, candi Prambanan, dan candi Plaosan. Bahkan, konon candi ini seusia dengan candi Bima yang ada di Kompleks candi Dieng. Prakiraan ini atas dasar adanya kudhu dan kala makara di candi Merak yang identik dengan yang ada di candi Bima di wilayah dataran tinggi kabupaten Wonosobo tersebut.

Biaya tiket masuk ke Candi Merak Klaten gak mahal kok pemirsa. Cukup membayar biaya retribusi sebesar Rp 1.000. Sedangkan kalo mau pake guide dan berfoto-foto di komplek candi dipungut biaya Rp 10.000.

Tempat Wisata Museum Gula Gondang Winangan Klaten

Museum Gula Gondang

Museum Gula Winangan terletak di Gondangwinangun, kecamatan Jogonalan, kabupaten Klaten, yang berbatasan dengan Propinsi Jogjakarta di sebelah barat dan Surakarta di sebelah timur. Bagi kebanyakan orang, museum layaknya seperti tempat rosokan (barang bekas) yang tidak lagi berfungsi dan tidak perlu banyak dilihat. Maka tak heran kalau museum merupakan tempat wisata terakhir yang menjadi alternatif terakhir oleh kabanyakan masyarakat.

Didalam museum dipamerkan peta perkebunan gula yang ada diseluruh Jawa Tengah, termasuk semua pabrik gula yang masih beroperasi maupun tidak beroperasi. Diperkenalkan juga cara menaman tebu serta proses pemanenan di sawah, banyak foto-foto menjadi informasi yang berharga tentang perkebunan gula jaman dulu, keadaaan gedung pabrik ketika masa awal didirikan.

Untuk biaya tiket masuk museum satu orang dikenakan Rp. 5.000,- . Lokasi museum ini letaknya hanya sekitar 10 km ke arah timur dari ujung Candi Prambanan (perbatasan Klaten – Jogja) atau perjalanan 10 menitan.

Tempat Wisata Alam Bukit Clongop Klaten

Bukit Clongop

Bukit Clongop adalah nama suatu tempat di wilayah Watugajah Gedangsari. Terletak di sebelah utara kecamatan Gedangsari kira-kira berjarak 3 km dari kota kecamatan Gedangsari, atau berjarak 3 km kearah selatan dari balai desa Watugajah.

Karena letaknya yang tinggi, maka dinamakan Clongop. Menurut bahasa Jawa clongop berasal dari istilah tansah angop (menguap). Atau bisa juga berasal dari kata clong-clongan kemudian angop yang artinya setelah kita jalan-jalan kemudian istirahat melepas penat kemudian kita menguap karena ngantuk.

Pada hari minggu atau libur bukit Clongop Gedangsari ini banyak dikunjungi orang, baik kaum remaja, anak-anak atau orang tua terutama pada sore hari untuk refresing atau ingin melepaskan lelah, tak ketinggalan para komunitas pothograper yang ingin mengambil momen pemandangan yang indah.

Tempat Wisata Sejarah Candi Lumbung Klaten 

Candi Lumbung

Tempat wisata setelah bukit Clongop, yaitu Candi Lumbung. Candi ini berada di satu kompleks dengan Taman Wisata Candi Prambanan, yaitu di sebelah candi Bubrah. Candi ini telah masuk ke wilayah Jawa Tengah, yaitu di Kabupaten Klaten.

Candi Lumbung memiliki ukuran yang tidak begitu besar, hanya berukuran 8,7 m x 8,7 m. Tinggi bangunan candi 8 m. Pada bagian tengah candi terdapat sebuah sumur candi yang difungsikan sebagai tempat menyimpan kotak peripih. Candi Lumbung tidak memiliki candi pendamping (candi perwara) dan hanya berdiri sebagai candi tunggal.

Tempat Wisata Sejarah Candi Sewu Klaten

Candi Sewu

Candi Sewu merupakan kompleks candi Buddha terbesar kedua setelah Candi Borobudur di Jawa Tengah. Candi Sewu berusia lebih tua daripada Candi Borobudur dan Prambanan. Candi Sewu Klaten berada di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Propinsi Jawa Tengah. Dari namanya kita bisa ketahui, bahwa candi ini memiliki jumlah seribu, tapi ternyata tidak demikian.

Tepatnya, gugusan Candi Sewu terdiri atas 249 buah candi, terdiri atas 1 candi utama, 8 candi pengapit atau candi antara, dan 240 candi perwara. candi ini berdekatan dengan Candi Prambanan, yaitu kurang lebih 800 meter di sebelah selatan arca Rara Jongrang. Candi utama terletak di tengah, di ke empat sisinya dikelilingi oleh candi pengapit dan candi perwara dalam susunan yang simetris.

Tempat Wisata Agrowisata Gondang Winangoen

Agrowisata Gondang

Agrowisata Gondang Winangoen merupakan tempat wisata yang berada di kawasan pabrik gula gondang, lokasinya berada di Desa Gondang, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten. Disini para wisatawan bisa melihat bagaimana proses pembuatan gula pasir dan mengunjungi museum gula dimana anda bisa mengetahui sejarah industri gula dari masa ke masa, selain itu disini juga ada Green Park yang menyediakan waterpark serta permainan seperti outbound, flying fox dan lain sebagainya.

Tempat Wisata Rowo Jombor Klaten

Rowo Jombor

Rowo Jombor merupakan sebuah cekungan atau rowo yang dikembangkan menjadi obyek wisata daerah. Dahulu Rowo Jombor hanya dimanfaatkan sebagai penampung air. Kemudian dikembangkan menjadi tempat wisata dengan cara membuat gethek (perahu penumpang dari bambu) di rowo dan masyarakat dapat membayar sejumlah uang jika ingin menaikinya.

Setelah itu Rowo Jombor dikembangkan lagi dengan membuat warung apung, yakni tempat makan yang terapung di atas rowo. Warung apung ini jumlahnya puluhan dan masing-masing memiliki nama tersendiri. Pembangunan warung ini dari rangkaian bambu dan dibawahnya dipasang drum agar dapat terapung.

Tempat Wisata Alam Deles Indah Klaten

Alam Deles Indah

Deles Indah merupakan objek wisata yang terletak di lereng sebelah timur kaki Gunung Merapi, sekitar 25 km dari pusat kota Klaten. Deles Indah berada di wilayah desa Sidorejo, Kemalang, Klaten, dengan ketinggan antara 800 – 1300m di atas permukaan laut. Lokasi ini mempunyai potensi khusus suasana pemandangan alam pegunungan.

Dari lokasi objek wisata Deles Indah dapat dilihat pemandangan puncak merapi dengan nyata, termasuk pemandangan kota Klaten, cerobong perusahaan Pabrik Gula Gondang Baru dan perusahaan Pabrik Gula Ceper Baru, demikian juga Rawa Jombor dengan jajaran gunung kapurnya. Lokasi Deles Indah sendiri terletak di bawah radius 10 km dari puncak Merapi ini sudah dihuni kembali

Untuk masuk ke wisata alam ini cukup murah . Cuma Rp 2.000 saja.dan untuk Ongkos parkir juga cuma Rp 2.000 saja. Cukup dengan dana yg murah meriah kamu bisa mendapatkan pemandangan asik seperti ini.

Tempat Wisata Goa Suran Klaten

Goa Suran Klaten

Gua Suran adalah Sebuah gua yang terletak di Kalurahan Jatinom, Kecamatan Jatinom. Gua ini dipergunakan sebagai tempat sujud dan semedi Kyai Ageng Gribig pada waktu belum bias membuat masjid. Gua berbentuk leter L dengan kedalaman ± 4 m. Disamping gua terdapat Sendang Suran sebagai tempat wudlu Kyai Ageng Gribig. Lokasi ini sekarang dipergunakan untuk tempat penyebaran apem yang dilakukan tiap tiap bulan Syapar.

Tempat Wisata Kuliner Warung Apung Rowo Jombor Klaten

Warung Apung

Warung Apung Rowo Jombor Klaten saat ini menjadi salah satu wisata air unggulan di Kabupaten Klaten. Pada hari Minggu dan hari libur banyak sekali warga Klaten dan sekitarnya yang menyempatkan datang untuk menikmati wisata kuliner sajian masakan air tawar di Warung Apung Rowo Jombor Klaten.

Warung Apung Jombor terletak di Desa Krakitan Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Lokasi Rowo Jombor sendiri adalah berupa cekungan yang luas dan dapat menampung air hingga 4 juta meter kubik. Awalnya Rowo Jombor ini difungsikan sebagai waduk, namun lambat laun dikembangkan menjadi daerah wisata. Untuk masuk ke kawasan Wisata Rowo Jombor anda akan dikenakan tarif karcis sebesar 5 ribu rupiah.

Tempat Wisata Religi Makam Sunan Pandanaran Klaten

Makam Sunan Pandanaran

Sunan Pandanaran merupakan salah satu tokoh penyebar agama islam di Jawa, khususnya di Klaten dan sekitarnya. Beliau hidup se-jaman dengan Wali Songo, namun memang tidak termasuk salah satu dari 9 wali tersebut. Makamnya terletak di perbukitan Jabalkat desa Paseban yang termasuk wilayah kecamatan Bayat, kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Hingga saat ini kompleks pemakaman tersebut banyak diziarahi masyarakat dari seluruh penjuru tanah air.

Makam terletak di perbukitan gunung Jabalkat, Paseban, Bayat, Klaten. Posisi makam berada pada ketinggian membuat suasana sangat hikmat dan tenang. Bahkan, pada malam hari banyak pengunjung yang melakukan ziarah dan melakukan tirakatan di lingkungan makam. Agar dapat masuk, Anda harus membayar retribusi seharga Rp2.000 per orang.

Tempat Wisata Taman Lampion Klaten

Taman Lampion

Tempat wisata di Klaten berikutnya adalah sebuah taman yang menjadi tempat nongkrong anak-anak muda juga keluarga, baik siang hari juga malam hari. Taman ini sendiri menjadi salah satu icon wisata baru yang terdapat di Kota Klaten tepatnya di Bareng Lor, Klaten Utara belakang kantor PMI. Pernah dengar ada Taman Lampion di Klaten ? Jika belum, anda harus update informasi obyek wisata di Kabupaten Klaten. Taman Lampion adalah sebuah icon wisata baru yang terdapat di Kota Klaten tepatnya di Bareng Lor, Klaten Utara belakang kantor PMI.

Tujuan awal dari pembangunan taman ini adalah untuk menambah ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Klaten. Waktu terbaik untuk datang ke Taman Lampion adalah pada waktu sore sampai malam hari karena pada malam hari akan ada banyak lampu berwarna warni yang akan menambah semarak Taman LAmpion Bareng Lor ini. Pada siang hari suasana masih panas karena pepohonan yang ditanam di taman ini masih kecil jadi belum bisa diandalkan sebagai peneduh taman ini. Taman yang dibangun dengan tujuan untuk menambah ruang terbuka hijau ini, kini semakin diminati oleh masyarakat Klaten untuk berkumpul dan menghabiskan waktu bersama.

Untuk anda yang tertarik menghabiskan waktu liburan di taman lampion ini, silahkan datang kapan saja, namun waktu terbaiknya adalah sore sampai malam hari karena pada malam hari akan ada banyak lampu berwarna warni yang akan menambah semarak Taman LAmpion Bareng Lor ini. Pada siang hari suasana masih panas karena pepohonan yang ditanam di taman ini masih kecil jadi belum bisa diandalkan sebagai peneduh taman ini.

Tempat Wisata Pemandian Lumban Tirto Klaten

Pemandian Lumban Tirto

Tempat wisata di Klaten selanjutnya adalah pemandian lumban tirto yang ada di Desa Daleman, Kecamatan Tulung Jarak dari kota Klaten ± 17km Luas 25m x 8m = 200m2 Luas kawasan 700m2 Kedalaman rata rata 1,5m Fungsi sebagai kolam renang Disebelah barat laut lokasi pemandian Lumban Tirto tersebut terdapat Umbul Ingas dengan pemandangan panorama yang bagus, disini sumber air ini digunakan untuk air minum Kraton Surakarta Hadiningrat atas prakarsa Paku Buwono X hingga sekarang

Tempat Wisata Umbul Manten Klaten

Umbul Manten

Umbul Manten, atau ada juga yang mengenal dengan nama Umbul Janti adalah sumber air segar sebening kaca yang ada di Klaten. Tempat wisata terbaru ini sekarang ikut meramaikan pariwisata Klaten. Iya, belakangan ini nama Klaten makin sering terdengar akibat keberadaan Umbul Ponggok yang memang keberadaannya sudah banyak dikenal warga setempat dari dulu.

Sekarang ini, ada satu wisata baru di Klaten, yang namanya dikenal dengan Umbul Manten. Seperti apakah sebenarnya tempat wisata terbaru di Klaten ini? Sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu kalau di Klaten itu sebenarnya terdapat banyak sumber mata air alami yang dalam Bahasa Jawa disebut dengan umbul.

Untuk menikmati kesegaran tempat wisat terbaru Klaten ini tidaklah terlalu mahal. Kalian hanya akan dikenakan biaya retribusi sebesar IDR 2 ribu. Murah sekali bukan? Namun sayang karena belum digarap secara professional, fasilitas dasar seperti kamar mandi juga belum tersedia. Disini hanyalah ada sebuah kamar ganti yang masih sangat sederhana. Namun, tentu itu nggak menyurutkan kalian untuk berlibur ke Umbul Manten di Klaten Bukan?

Tempat Wisata Umbul Tirto Mulyono dan Tirto Mulyani

Tirto Mulyani

Tempat wisata di Klaten yang menarik untuk kita kunjungi selanjutnya adalah umbul mulyono dan mulyani. Dimana umbul mulyono diperuntukan untuk laki-laki dan umbul mulyani untuk perempuan. Lokasi pemandian umbul tirto mulani dan mulyono ada di Desa Pluneng Kec. Kebonarum, Kabupaten Klaten.

Pemandian (Kolam Renang) Tirtomulyono yang merupakan pemandian dengan sumber air alam yang besar yang dahulu digunakan untuk mandi para putera (laki-laki).

Tempat Wisata Candi Sojiwan Klaten

Sojiwan

Candi Sojiwan merupakan perpaduan antara candi hindu dan budha. Di candi ini wisatawan dapat menyaksikan aneka relief yang berisikan fabel atau bersantai di tamannya nan cantik dan asri. Mungkin tak banyak orang yang tau mengenai keberadaan Candi Sojiwan. Hal ini bisa saja dikarenakan candi ini baru selesai dipugar dan dibuka sebagai tempat wisata pada tahun 2011. Sebelum itu candi ini hanya berupa reruntuhan dan bongkahan-bongkahan batu yang tidak menarik untuk dikunjungi.

Padahal, lokasi candi ini tidak jauh dari Candi Prambanan dan Candi Plaosan yang sudah dikenal wisatawan lebih dulu. Sepintas lihat bentuk Candi Sojiwan memiliki gaya bangunan yang sama dengan Candi Prambanan, ramping dan tinggi. Namun ada 1 hal mendasar yang membedakannya, jika Candi Prambanan merupakan candi hindu, maka Candi Sojiwan merupakan perkawinan antara candi hindu dan budha. Atap candi bersusun tiga. Pada tiap tingkatannya terdapat jajaran stupa kecil, sedangkan di puncak candi terdapat stupa yang besar.

Candi Sojiwan terletak di Desa Kebondalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Meski secara administratif masuk wilayah Jawa Tengah, lokasi Candi Sojiwan cukup dekat dengan Yogyakarta. Jika datang dari arah Yogyakarta, Anda cukup belok kanan di lampu merah Gerbang Candi Prambanan. Setelah itu ikuti jalan hingga menyeberang rel kereta api dan areal persawahan. Di pertigaan pertama silahkan belok kiri (timur), Candi Sojiwan terletak tidak jauh dari situ.

Tempat Wisata Hutan Kota Gergunung Klaten

Kota Gergunung

Tempat wisata di Klaten yang terakhir dari kami adalah hutan kota Gergunung yang merupakan salah satu tempat wisata yang sedang hits di Klaten. Hutan Kota Gergunung sendiri merupakan rumah-rumah burung warna-warni yang berdiri memesona. Lokasinya di Jalan Ki Ageng Gribig, Klaten Utara. Waktu terbaik mengujungi tempat ini adalah saat sore hari.

Baca juga : Tempat Wisata di Jepara yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai Tempat Wisata di Klaten yang Wajib Dikunjungi semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *