27 Tempat Wisata di Kediri Terbaru Paling Hits Dan Populer

Tempat Wisata di Kediri – Kediri adalah kota terbesar ketiga di jawa timur. Kota Kediri ini memiliki banyak tempat wisata yang sangat menarik yang layak untuk di kunjungi, Wisata andalan Kediri adalah wisata alam. Banyak tempat wisata modern yang giat dibangun di kota yang terkenal dengan sebuatan kota tahu ini, yang seakan-akan Kediri ingin memunculkan 2 ikon wisata andalan yang berpadu antara wisata modern dan alam.

Nah kota Kediri terbelah oleh sungai Brantas yang membujur dari selatan ke utara sepanjang sekitar 7 km. Kediri dikenal merupakan pusat perdagangan utama untuk gula dan industri rokok terbesar di Indonesia. Maka dari itu, Kediri sudah dinobatkan sebagai peringkat pertama Indonesia yaitu Most Recommended City for Investment berdasarkan survei oleh SWA.

Baca ini : Tempat Wisata di Ponorogo yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Kediri yang Wajib Dikunjungi

Berikut Daftar Tempat Wisata di Kediri yang wajib harus anda kunjungi jika anda sedang berkunjung ke Kediri.

1. Gunung Kelud Kediri

Gunung Kelud

Gunung Kelud merupakan gunung api yang paling aktif di Indonesia, selain Gunung Merapi. Terakhir kali gunung ini meletus adalah pada awal tahun 2014 lalu.

Hingga kini, banyak wisatawan yang mengunjungi gunung ini karena pemandangan cantik dan indah yang ditawarkan oleh Gunung Kelud. Mereka yang datang ke gunung ini tidak hanya pendaki, namun juga wisatawan biasa.

Kamu bisa mencapai ketinggian gunung yang cukup tinggi dengan kendaraan karena jalanan sudah beraspal dan cukup mudah untuk dilalui. Nah jika kamu ingin ke gunung kelud, kamu bisa melewati kecamatan Wates Kediri.

Jalan sudah memang telah disediakan untuk wisatawan, namun aksesnya terbatas tidak bisa sampai bibir kawah. Apabila anda ingin mencapai bibir kawah, anda bisa naik melewati Karangrejo, Garum, Blitar atau melalui Tulungrejo, Gandusari, Blitar.

2. Gunung Maskumambang Kediri

Gunung Maskumambang

Gunung Maskumambang adalah gunung yang dikelilingi oleh bukit, bukit tersebut terusan dari jajaran perbukitan Gunung Wilis, Di gunung ini suasana udaranya sangat sejuk lho, karena banyak pepohonan hijau disini.

Nah apalagi sudah ada fasilitas anak tangga jika didaki melalui jalur barat. Banyak pengunjung datang di bukit ini untuk mendaki atau trekking.

Gunung Maskumambang memiliki ketinggian sekitar 300 mdpl. tempat yang amat sejuk ini bisa buat bersantai. kalau kamu berjalan di anak tangga semakin jauh semakin enak suasana di atas Gunung Maskumambang karena bisa melihat pemandangan kota Kediri.

3. Air Terjun Irenggolo Kediri

Air Terjun Irenggolo

Air terjun Irenggolo memiliki ketinggian 1200 M dari permukaan laut, dan terletak kawasan Besuki, tepatnya di gugusan lereng gunung Wilis.

Aliran air yang mengalir dari tebing-tebingnya yang setinggi 80 Meter itu membentuk undakan-undakan kecil dengan pemandangan alam yang luar biasa indah dan ditambah dengan udara yang dingin dan sejuk.

4. Tempat Wisata Gunung Klotok Kediri

Gunung Klotok

Gunung Klotok merupakan gunung yang dekat dengan gunung wilis. Gunung ini berada di Kelurahan Pojok, Kec. Mojoroto, Kediri, Provinsi Jawa Timur.

Gunung ini adalah gugusan pegunungan Wilis yang letaknya cukup jauh dari Gunung Wilis sendiri. Gunung ini memiliki ketinggian 536 MDPL.

Keunikan gunung ini adalah bentuknya menyerupai sosok perempuan yang sedang tidur. Olehnya Klotok juga dijuluki sebagai Si Cantik Tidur.

5. Goa Selomangleng Kediri

Goa Selomangleng

Goa Selomangleng adalah sebuah situs goa peninggalan jaman kerajaan Kadiri yang terletak di kaki gunung Klothok, sekitar 7 Km arah Barat Kota Kediri, tepatnya di Desa Waung, Kecamatan Mojoroto, Kediri, Jawa Timur Lokasinya hanya berjarak beberapa meter dengan Museum Airlangga Kediri dan Bukit Maskumambang yang terdapat makam Eyang Boncolono.

Goa Selomangleng dipercaya menjadi tempat pertapaan Dewi Kilisuci, beliau adalah putri mahkota Raja Airlangga yang menolak menerima tahta kerajaan yang diwariskan kepadanya, dan lebih memilih menjauhkan diri dari kehidupan dunia dengan cara melakukan tapabrata di Gua Selomangleng.

6. Air Terjun Dolo Kediri

Air Terjun Dolo

Air terjun Dolo merupakan sebuah air terjun yang terletak di desa Jugo, kecamatan Mojo, sekitar 25 Km arah barat kota Kediri. Nah wisata ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas pariwisata, seperti; taman bermain, area untuk joging ,camping ground, hiking, dll.

Keindahan obyek wisata ini semakin lengkap dengan adanya udara yang segar dan sejuk khas pegunungan, suasana yang hijau dan tenang dan kealamian dari air terjunnya sendiri.

7. Candi Setono Gedong Kediri

Candi Setono

Setono Gedong merupakan sebuah komplek bangunan seluas 3 hektar yang berlokasi di antara pusat perbelanjaan Jalan Doho Kediri, berada di area Masjid Aulia, tepatnya di seberang Stasiun KA Kediri.

Selain itu, Di sebuah area di Situs Setono Gedong ada sebentuk batu yang menyerupai mangkuk besar yang rata permukaannya, diletakkan di atas umpak yang ornamennya sudah tidak begitu terlihat lagi.

Situs Setono Gedong adalah sebuah situs yang cocok buat berwisata, meskipun masih menyimpan banyak misteri. Dan juga merupakan situs peninggalan asli Kediri yang merupakan Perpaduan antara kebudayaan Islam dan Hindu.

8. Gua Maria Pohsarang Kediri

Gua Maria

Maria Lourdes Pohsarang merupakan salah satu tempat ziarah agama Katolik yang berlokasi di kompleks Gereja Pohsarang desa Pohsarang, kec. Semen, Kediri. Disini tersedia miniatur Gua Maria Lourdes karena bentuknya yang terlalu kecil, pada tanggal 11 Oktober 1998 dimulai pembangunan gua Lourdes.

Adalah replika Gua Maria Lourdes yang terdapat di Perancis. Di dalam gereja yang lama ini ada tiruan Gua Lourdes di Prancis, bentuknya kecil. Untuk di sekitar patung yang kecil di gua pertama terdapat tulisan di atas kuningan yang menggunakan bahasa Jawa ejaan Belanda.

9. Candi Tegowangi Kediri

Candi Tegowangi

Candi Tegowangi merupakan salah satu candi yang berada di kediri. Disini ada beberapa relief di dinding candi yang menarik para wisatawan yang menyukai wisata sejarah.

Candi ini berdiri dalam satu kompleks yang terlihat berbentuk persegi panjang. Pondasinya terbuat dari batu bata, sedangkan balur kaki dan sebagian tubuh yang tersisa terbuat dari batu andesit. Bagian kaki candi berlipit dan berhias.

10. Candi Surowono Kediri

Candi Surowono

Candi Surowono berada di desa Canggu, kecamatan Pare, 28 Km dari pusat Kota Kediri. Bangunan candi ini hasil karya peninggalan sejarah sebagai tempat penyucian Raja Wengker.

Candi Surowono yang berukuran 8 x 8 Meter dan telah dibangun sejak 1400 Masehi ini memiliki nama asli Wishnubhawanapura. Jadi sampai sekarang, candi ini tidak dalam keadaan yang utuh, tetapi di beberapa bagian masih bisa terlihat bentuk relief dan beberapa cerita yang di pahatkan.

11. Arung Jeram Konto River Rafting

Arung Jeram

Arung Jeram Konto River Rafting Kediri adalah tempat wisata yang harus kamu kunjungi ketika liburan tiba. Penduduk lokal daerah Wisata Arung Jeram Konto River Rafting Kediri juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Kediri juga terkenal akan Wisata Arung Jeram Konto River Rafting Kediri yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Kediri Rafting Sangat cocok bagi anda yang memiliki jiwa petualang dan suka tantangan. Nah ini cocok juga untuk yang ingin mengajak keluarga untuk ber-rafting ria di Kediri Rafting. Game-gamesnya sangat menyenangkan dan menguji adrenalin, contohnya: Flying Fox, High Ropes, Escape for island, paint ball, air soft guns, trust fall, dan masih banyak lagi yang lain.

12. Tjoe Hwie Kiong Kediri

Wisata Tjoe Hwie Kiong

Klenteng Tjoe Hwie Kiong Terletak di Jl. Yos Sudarso No 148, kuil yang dibangun di tepi bersejarah Sungai Brantas. Candi ini menyimpan sejarah tersendiri, dalam mengawal pembangunan Kediri dari zaman kolonial sampai sekarang.

Perawatan dan melestarikan warisan budaya ini. Ini adalah salah satu simbol dari masyarakat di Kabupaten Kediri.

13. Kampung Inggris Kediri

Kampung inggris

Kampung Inggris adalah sebuah kampung yang mana penduduknya menggunakan Bahasa Inggris untuk komunikasi sehari-hari. Ya, Kampung Inggris adalah kawasan di mana Anda bisa menemukan ratusan lembaga kursus bahasa Inggris.

Kampung ini memang terkenal di Indonesia, bahkan jika Anda ingin lancar berbahasa Inggris, Anda bisa datang ke kampung ini. Saat liburan sekolah, banyak siswa atau mahasiswa yang menghabiskan waktu untuk belajar di sini.

14. Taman Sumber Ubalan Kediri

Taman Sumber Ubalan

Taman wisata Ubalan merupakan sebuah taman yang terletak 15 Km dari kota Kediri, tepatnya berada di Kalasan, desa Minyak Jarak, kecamatan Ploso Klaten. Pokoknya taman ini menawarkan suasana yang sejuk.

Pada obyek wisata seluas 12 hektar ini, pengunjung bisa menikmati wana wisata dengan berenang, berperahu dan sepeda air, memancing, berkemah atau hanya sekedar menikmati taman. Penduduk lokal percaya bahwa air dari sumber mata air Ubalan ini bisa memperpanjang umur dan bisa membuat awet muda.

15. Taman Kilisuci Kediri

Taman Kalisuci

Taman Kilisuci merupakan sebuah taman wisata yang terletak di Desa Tulungrejo, Kecamatan Pare Kabupaten Kediri, Jawa Timur atau sekita 20 km dari Monumen Simpang Lima Gumul.

Taman ini sudah dilengkapi fasilitas parkir kendaraan, food court, jogging track, air mancur, area bermain anak serta area pijit refleksi serta fasilitas tambahan berupa wi-fi gratis bagi para remaja yang suka berselancar di internet.

16. Petilasan Sri Aji Jayabaya Di Kediri

Petilasan Sri Aji

Tempat wisata yang selanjutnya adalah petilasan sri aji jayabaya, nah bagi kamu yang suka wisata sejarah kamu bisa datang ke wisata ini.

Untuk Alamat berada di Jalan Butolocoyo No.296, Menang, Pagu, Kediri, Jawa Timur

17. Monumen Kediri Syu Kediri

Monumen Kediri

Monumen Kediri Syu berupa sebuah patung pria berukuran besar yang mengenakan seragam model tentara Jepang.

Untuk Alamatnya berada di jalan. KH Wachid Hasyim, Mojoroto, Kec. Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur

18. Gereja Puh Sarang Kediri

Gereja Puh

Puh Sarang atau Poh Sarang adalah Gereja Katolik Roma yang terletak di desa Pohsarang, Kecamatan Semen, tepatnya berada di kaki gunung Wilis.

Puh Sarang didirikan pada tahun 1936 oleh Romo Jan Waolters CM dengan arsiteknya Henri Mclaine Pont.Dua tokoh ini, merupakan 2 tokoh hebat pada jamannya yang berhasil menggabungkan dua elemen yang berbeda untuk membentuk satu gereja yang unik dan indah.

19. Museum Airlangga Kediri

Museum Airlangga

Museum Airlangga Kediri berada di Jl. Mastrip 1, Kawasan Wisata Selomangleng, yang menyimpan arca batu dan benda-benda peninggalan purbakala lainnya dari jaman kejayaan kerajaan Mataram Hindu.

Pada kali pertama saya datang di kawasan wisata Selomangleng, Museum Airlangga baru saja tutup, dan baru pada keesokan harinya saya bisa masuk ke dalam gedung Museum Airlangga ini.

20. Museum Fotografi Kediri

Museum Fotografi

Museum Fotografi adalah wisata kediri yang tempat koleksi kamera smartphone hingga kamera poket dan DSLR dan kamera jaman dulu.

Untuk pengunjung yang hoby photo – photo kunjungi lah wisata ini karena banyak koleksi dari kamera tersebut dan anda juga bisa menambah pengetahuan di museum ini.

21. Kolam Renang Tirtoyoso Kediri

Kolam Renang Tirtoyoso

Taman Tirtoyoso merupakan wahana air favorit untuk berlibur bersama keluarga yang tepatnya berlokasi di Jln.Ahmad Yani,atau lebih mudahnya berada disebelah Lapangan Brawijaya ,Kota Kediri.

Taman Tirtoyoso berada di pusat Kota Kediri dan dilengkapi dengan lingkungan yang teduh dan asri serta didukung dengan kebersihan dan keamanan yang terjamin.

22. Kolam Renang Pagora Kediri

Kolam Renang Pagora

Taman Wisata Pagora Kediri merupakan sebuah taman yang memiliki beberapa wahana menarik seperti aneka permainan anak, outbond, kolam pancing, kebun binatang mini dan kolam renang.

Objek wisata ini tergolong legendaris karena telah ada sejak tahun 1963. Walaupun terhimpit oleh tempat wisata lain yang lebih modern tetap mempesona pengunjung yang datang.

Harga tiket masuk untuk dewasa Rp 9000 dan untuk anak-anak Rp6000. Bila ingin menikmati wahana permainan dikenakan biaya lagi rata-rata 2,000 Rupiah. Untuk kolam renang kita dapat langsung berenang tanpa ada biaya tambahan.

23. Gumul Paradise Island Kediri

Gumul Paradise Island

Gumul paradise island menyediakan wana yang bikin kamu suka. Di gumul paradise island juga menyediakan pelampung dan perahu karet dengan biaya sewa untuk pelampung adalah Rp10.000 / orang, kalau dobel Rp13.000 sampai Rp15.000.

Harga sewa ini berlaku juga untuk perahu karet. Dengan adanya pelampung dan perahu karet pengunjung bisa ber arum jeram sepuasnya. Wahana yang paling di minati adalah kolam bak tumpah.

Di area ini ada bak raksasa di atas kita lalu di isi air hingga penuh setelah penuh bak itu akan tumpah dan mengguyur semua pengunjung yang di bawahnya. Dan juga wahana fun boomerang yang membuat kita support jantung.

24. Monumen Simpang Lima Gumul Kediri

Monumen Simpang Lima

Jika di Paris ada Arc de Triomphe, maka di Kediri ada Monumen Simpang Lima Gumul atau disingkat menjadi MSLG. Bangunan ini dibangun pada tahun 2003 dan diresmikan pada tahun 2008. Masih terbilang baru, tapi ketenarannya sudah dikenal se-Indonesia.

Apalagi bagi kamu yang suka hunting foto, lokasi ini cocok sekali sebagai tempat memuasakan hobi fotografi Anda. Selain itu, tempat ini sangat cocok juga buat nongrong lho.

25. Kediri Waterpark

Kediri

Destinasi ini sangat istimewa karena memiliki water slide terpanjang se-Asia, yakni sepanjang 206 meter di ketinggian 350 m dpl. Dengan demikian, water slide tersebut akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, khususnya warga Jawa Timur.

Terletak di lereng kaki Gunung Wilis, Kediri Waterpark menawarkan perpaduan sempurna antara keindahan pemandangan gunung tropis, anak-anak sungai pegunungan, dan Salah satu wahana permainan air / waterpark dan non air terbesar di Jawa Timur.

26. Masjid Agung Kediri

Masjid Agung

Masjid Agung Kota Kediri berada tepatnya di jalan panglima sudirman atau juga tepat di depan alun-alun kota Kediri dan sebelah timur dari sungai brantas serta berada di persimpangan jalan jurusan Surabaya dan Tulung agung.

Dari kejauhan mugkin sudah nampak menara Masjid Agung Kota Kediri yang menulang tinggi dengan kubah warna hijaunya yang eksotik nan mempesona.

Bangunan masjid tiga lantai yang baru rampung pada tahun 2006 lalu ini memang klasik dan bergaya semi eropa, dengan dihiasi pilar-pilar megah didepan dan disamping masjid menambah ke’eksotikan Masjid Agung Kota Kediri.

27. Rumah Dinas Residen Kediri

Rumah Dinas Residen

Bekas Rumah Dinas Residen Kediri dengan corak bangunan yang bergaya khas kolonial. Gedung yang dibangun pada jaman kolonial bentuk bangunannya umumnya simetris, bertembok tebal, dengan langit-langit tinggi, di bagian depan terdapat pilar-pilar dengan tata ruang terbuka, beratap datar dengan beranda luas, pintu dan jendela berukuran besar, dan didominanasi warna putih.

Rumah Dinas Residen Kediri di Jl. Jaksa Agung Soeprapto No. 2 di Kecamatan Mojoroto itu, sekarang digunakan sebagai gedung Unit Pelaksana Teknis Dinas Kediri, setelah sebelumnya sempat kosong pada saat tidak lagi digunakan sebagai Kantor Pembantu Gubernur Wilayah Kediri karena jabatan itu dihapus sejak otonomi daerah bergulir pada 2001.

Gapura bata merah bercorak Majapahitan berdiri menjulang di pintu gerbang sebelah kanan dan juga sebelah kiri Rumah Dinas Residen Kediri itu.

Baca Juga : Tempat Wisata di Pasuruan yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai Tempat Wisata di Kediri yang Wajib Dikunjungi nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!