38 Tempat Wisata di Jogja Terbaru yang Paling Hits Dan Populer 2019

Tempat Wisata di Jogja – Yogyakarta merupakan salah satu kota yang memiliki banyak destinasi tujuan tempat wisata di Indonesia, yang sering juga banyak wisatawan asing datang ke jogja untuk menikmati keindahan kota jogja. Kota jogja merupakan kota yang istimewa karena memiliki otonomi khusus karena bentuk pemerintahan berupa keraton, dimnana sultan jogja merupakan gubernur profinsi yogyakarta.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan mengajak anda untuk berkeliling kota jogja, mungkin bagi yang tinggal di kota yogyakarta sudah tidak awam lagi dengan tempat-tempat wisata yang ada didaerahnya karena kan dari lahir tinggal di kota jogja jadi kegitan aktivitas pun di kota jogja dan melihat pemandangan atau wisata tempat di jogja.

Tetapi jangan khawatir bagi anda yang tidak mengetahui tempat-tempat wisata di daerah jogja saya akan memberitahukannya, mungkin anda berkunjung ke artikel ini akan berlibur ke kota jogja ini. tempat wisata yang paling terkenal di daerah jogja yaitu candi Prambanan karena banyak turis mancanegara sudah mengenal tempat wisata sejarah ini.

Baca Juga : Tempat Wisata di Tasikmalaya yang sangat menarik dikunjungi

Ayoo saatnya anda bersiap-siap berkeliling ke kota istimewa ini yaitu jogjakarta.

1. Pantai Berpasir Putih Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal

Mungkin bagi anda yang gemar ke pantai anda bisa berkunjung ke Pantai Pok Tunggal karena disini tempatnya berpasir putih dan memiliki pemandangan yang indah cocok untuk anda yang gemar berfoto atau selfie. Pantai ini juga dapat digunakan untuk bermain olahraga seperti Volly karena memiliki tempat yang cukup luas juga untuk berolahraga Volly.

Dipantai ini anda juga bisa menyaksikan Matahari Terbit (sunrise) tetapi anda harus datang pagi-pagi ke pantai ini jika ingin menyaksikan sunrise, selain itu anda juga bisa menyaksikan Matahari Terbenam (Sunset) Anda bisa datang sore hari atau sekitar jam 5 sore untuk menikmati matahri terbenam.

Bagi anda yang ingin sengaja menginap dipantai ini, bisa kok! karena tenda dipantai ini sudah disediakan oleh pihak pengelola pantai ini karena pihak pengelola pantai Pok Tunggal sengaja membangun tenda bertujuan untuk para wisatawan agar bisa merasakan malam hari dipantai ini. Tetapi anda harus merogoh uang sebesar Rp60.000

Harga tiket masuk untuk datang ke pantai Pok Tunggal sebesar Rp10.000 dan juga anda ingin menyewa payung sebesar Rp20.000, dipantai ini juga ada Mushola untuk beribadah.

2. Candi Prambanan di Jogja

Candi Prambanan

Tempat wisata selanjutnya yaitu candi prambanan, inilah tempat wisata yang paling terkenal di indonesia bahkan wisatawan asing pun sudah mengenal tempat wisata ini.  Candi Prambanan merupakan salah satu kompleks candi yang terkenal di Indonesia dan ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia pada tahun 1991 selain Candi Borobudur. Tidak sama dengan Candi Borobudur yang merupakan candi Buddha, Candi Prambanan adalah sebuah kompleks candi Hindu.

Jika anda berkunjung ke candi prambanan anda akan merasakan suasana seperti dijaman dahulu karena bangunan candi ini terbuat dari batu yang keras dan tanpa teknologi canggih untuk membangun candi ini. benar sekali jaman daulu kan tidak ada teknologi canggih jadi tidak mungkin dibangun dengan teknologi canggih.

Letak candi prambanan memang mudah untuk diakses untuk berkunjung anda bisa menggunakan kendaraan seperti mobil untuk perjalanan dari arah jogja sejauh kurang lebih 30 km ke arah timur laut untuk menempuh kurang lebih 25 menit. untuk tiket masuk sebesar Rp30.000 untuk orang dewasa untuk anak-anak sekitar Rp12.500.

3. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan

Selain Tempat wisata diatas ada juga tempat wisata alam di jogja yang membuat anda kagum dengan pemandangannya yaitu Kebun Buah Mangunan temnpat wisata ini berada di tempat perbukitan yang cukup tinggi anda bisa melihat pemandangan indah sungai dari ketinggian.

Untuk Lokasi kebun buah mangunan terletak di daerah kecamatan Dlingo kabupaten Bantul, dari pusat kabupaten bantul sekitar 15 km untuk dari pusat kota jogja sekitaran 34 km, Agrowisata ini dibangun di atas area seluas 23,34 hektar pada tahun 2003 oleh Pemerintah Kabupaten Bantul. Lokasi ini berada di kawasan perbukitan kaki Pegunungan Seribu dengan ketinggian 150-200m di atas permukaan laut. 

Penginapan. Hotel atau penginapan di kebun buah mangunan tidak banyak. kayaknya cuma satu dengan tarif Rp. 300.000,- per malam. Jadi jika Anda ingin berhemat dan bisa leluasa memilih, sebaiknya mencari penginapan yang berada di Bantul kota saja.

Maka dari itu anda datang kesini jika ingin menghilangkan rasa jenuh. Anda bisa datang kesini dengan keluarga karena tempat ini cukup indah, tetapi jangan lupa anda harus membawa air mineral karena mungkin bagi yang belum terbisa mendaki akan merasa lelah dan haus.

4. Desa Wisata Kalibiru

Desa Kalibiru

Setelah tempat wisata didaerah kebun buah mangunan ada juga yang tidak kalah indah dan keren loh yaitu Tempat wisata didesa kalibiru, disini anda akan menyaksikan pemandangan yang indah di atas bukit menoreh   yang memiliki ketinggian 450mdpl didaerah kulonprogo terletak disebelah barat kota jogja.

Pemandangan di bukit ini memang sangat indah dan cocok untuk anda yang suka berfoto-foto karena jika anda berfoto disini pasti foto anda akan terlihat keren karena background foto anda di atas bukit.

Disini juga anda akan melihat pemandangan waduk sermo yang dikelilingi dataran hijau, selain itu juga Bagi yang suka meluncur diketinggian tersedia juga flying fox untuk anak-anak dan dewasa , yang terkenal dan sering dijadikan tempat berfoto adalah Menara pandang, yang sebenarnya merupakan tempat start dan finishnya wahana outbound.

Menara pandang inilah salah satu penyebab wisata alam kalibiru kulon progo menjadi terkenal, untuk foto di atas menara cukup membayar 10 ribu saja yang hanya bisa menampung tiga orang dewasa sekaligus termasuk penjaga menara.

5. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor

Disini pasti ada yang suka Travelling ke tempat-tempat laut, jangan lupa anda harus datang ke Pantai Nglambor Gunung Kidul yang bisa dijadikan destinasi favorit untuk snorkeling ria. Meskipun berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, Pantai Nglambor ini menjadi satu-satunya pantai dengan ombak yang tenang dan berair dangkal, di antara pantai-pantai di pesisir selatan Jogja yang tergolong ganas. Karakter seperti tadi membuat Pantai Nglambor menjadi tujuan snorkeling yang tepat dan terjangkau.

Pantai Nglambor Gunung Kidul juga akan memuaskan hasrat Anda karena pemandangannya yang menakjubkan dan indah juga bersih.. Untuk sampai ke tepi pantai nglambor, Anda harus berjalan kaki melewati pohon pandan laut dan lading kacang setelah memarkir kendaraan Anda di tepi jalan. Barangkali karena tempatnya yang agak tersembunyi, pantai ini belum dikunjungi banyak orang.

Mungkin anda juga bisa mengajak Keluarga atau Teman ke pantai ini. karena disini dapat menikmati indahnya pasir putih dan berenang di pantai dengan perairan dangkal dan jernih ini. Hanya dengan membayar Rp 50.000, Anda sudah mampu menyewa satu paket snorkeling kit seperti masker, snorkel, sepatu karet, hingga jepretan di bawah air sebanyak tiga kali untuk pengalaman yang tak terlupakan. Ayo kesini buruan kalo liburan.

6. Gunung Api Purba Nglanggeran Jogja

Gunung Api Purba

Gunung Nglanggeran terletak di kawasan Baturagung di bagian utara Kabupaten Gunungkidul dengan ketinggian antara 200-700 mdpl, tepatnya di desa Nglanggeran Kecamatan Patuk. Kawasan ini merupakan kawasan yang litologinya disusun oleh material vulkanik tua dan bentang alamnya memiliki keindahan dan secara geologi sangat unik dan bernilai ilmiah tinggi.

Akses menuju lokasi boleh dibilang mudah, tetapi anda sekalipun harus ekstra waspada karena ada tanjakan tajam selepas Sampang. Mobil bisa melalui kedua akses ini tanpa banyak hambatan, namun bus besar tidak mungkin karena badan jalan boleh dibilang tidak memadai terutama kalau harus melalui tikungan tajam. Sepeda motor adalah wahana transportasi yang paling enak menyusuri jalanan di kawasan perbukitan kapur dan karst ini.

Harga tiket masuk gunung Nglangeran sebesar Rp.7.000 untuk sore, dan Rp.9.000 untuk malam hari. Dan harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu. Pengelola gunung api purba nglanggeran juga menyediakan paket wisata yang menarik jika anda berminat. Jangan Lupa anda membawa bekal air minum dan makanan untuk menikmati suasana sunset di puncak Gunung Api Purba ini.

7. Puncak Kosakora

Puncak Kosakora

Puncak Kosakora yang sekarang lagi ngetrend dan tempat yang paling di gemari oleh para remaja yang suka berfoto ria, Puncak Kosakora ini mempersembahkan pemandangan yang eksotis dan luar biasa, seperti kalau kita berada di puncak Kosakora ini kita dapat melihat jajaran pantai Selatan Gunungkidul ini, selain itu Anda juga dapat menikmati alam sekitar dengan pemandangan yang hijau, di padu padankan dengan sumilir angin pantai.

Puncak Kosakora tepatnya terletak berada di sebelah timur pantai Drini, sebaiknya kendaraan kita parkirkan di pantai drini saja. Kurang lebih berjarak 2km kita berjalan kaki atau sekitar 30menit. Kalau pantai lagi surut kita bisa susur pantai kemudian melewati pantai Ngrumput dan bukit sebelah timur pantai Ngrumput adalah puncak Kosakora. Sebaiknya jika anda ingin kesini lebih baik pagi atau sore hari kalau disiang hari disini panas kalo datang pagi atau sore kan bisa menikmati sunrise dan sunset.

8. Goa Pindul

Goa Pindul

Tempat wisata selanjutnya yaitu Goa Pindul, Goa Pindul adalah objek wisata berupa gua yang terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul.. Gua Pindul ini dikenal  karena cara menyusuri gua yang dilakukan dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah di dalam gua, kegiatan ini dikenal dengan istilah cave tubing.

Aliran sungai bawah tanah dimulai dari mulut gua sampai bagian akhir gua, di dalam gua terdapat bagian sempit yang hanya bisa dilewati satu ban pelampung, sehingga biasanya wisatawan akan bergantian satu per satu untuk melewati bagian ini.

Gua Pindul dapat dicapai dari kota Yogyakarta menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil melewati jalan Wonosari, letaknya sekitar 7 km ke arah utara kota Wonosari, setelah memasuki Desa Bejiharjo, perjalanan dilanjutkan mengikuti jalan aspal. Lokasi sekretariat Gua Pindul berada di ujung jalan.

9. Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark

Selain dari objek wisata alam ada juga wisata taman rekreasi yang terdapat di jogja, tama sindu kusuma edupark ini dibangun pada tahun 2014. Sindu Kusuma Edupark beralamat di Jl. Magelang KM 2 Sinduadi, Mlati, Sleman. Berada di lahan seluas sekitar 7 hektar. Banyak sekali wahana yang ada di SKE. Baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Wahana yang terlihat sangat mencolok di tempat ini adalah sebuah bianglala raksasa yang diberi nama Cakra Manggilingan. Wahana ini nampaknya menjadi salah satu andalan di SKE. Beberapa wahana yang terlihat cukup asing antara lain Cinema 7D dan Sepeda Mabur.

Tiket masuk ke Sindu Kusuma Edupark ini adalah Rp 15.000 untuk satu orang. Saat membeli tiket di loket, kita akan mendapatkan sebuah kartu. Kartu ini memiliki nominal tertentu. Nominal yang ada di kartu nanti akan dipotong Rp 15.000 sebagai ganti tiket masuk. Sisanya bisa kita pergunakan untuk mencoba berbagai wahana yang ada di sana.

10. Pantai Ngandong

Pantai Ngandong

Pantai Ngandong terletak di Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Pantai ini bisa jadi tidak lebih terkenal dari pantai-pantai lain disekitarnya. Namun, bukan berarti pantai ini kalah indah dari pantai-pantai yang lain.

Justru, pemandangan indahlah yang menjadi salah satu magnet terkuat yang menarik banyak perhatian wisatawan untuk mengunjungi pantai ini. Mempunyai pasir putih yang lembut, Pantai Ngandong kini menjadi salah satu potensi wisata pantai yang sedang naik daun.

Untuk menuju pantai ini, wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sewaan baik mobil ataupun sepeda motor. Perjalanan dimulai dari kota Yogyakarta dengan waktu tempuh kurang lebih 2,5 jam. Dengan mengikuti papan penunjuk arah ke Pantai Sundak, wisatawan bisa memarkir kendaraan di Pantai Sundak dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Dengan melewati jalan setapak berbatu.

11. Pantai Baron

Pantai Baron

Pantai Baron adalah salah satu objek wisata berupa pantai yang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Lokasi Pantai Baron dapat ditempuh 40 km daeri pusat kota Yogyakarta.

Asal mula nama Pantai Baron berasal dari nama seorang bangsawan asal Belanda yang bernama Baron Skeber. Bangsawan tersebut pernah mendaratkan kapalnya di pantai selatan tepatnya di pantai yang saat ini terkenal dengan sebutan Pantai Baron. Jalan menuju objek wisata Pantai Baron cukup baik untuk dilalui kendaraan pribadi, bus dan sepeda motor.

Keunikan Pantai Baron adalah adanya sunga bawah tanah yang mengalir cukup deras ke arah lautan. Sungai bawah tanah tersebut mengalir ke arah laut dan membentuk sebuah sungai. Uniknya sungai bawah tanah yang ada di Pantai Baron adalah rasa airnya yang tawar meskipun berada sangat dekat dengan laut.

Pengunjung yang tidak berani bermain dan berenang di laut dapat bermain air dan berenang dialiran sungai bawah tanah tersebut.Pemandangan lain yang ada di Pantai Baron adalah sebuah bukit yang berada di sekitar pantai.

12. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Srigethuk

Air terjun sri gethuk ini memang sudah populer juga bagi para wisatawan alam yang tinggal di daerah sekitar jogja. tempat wisata ini terletak didesa bleberan kecamatan playen kabupaten gunungkidul untuk dari pusat jogja berjarak sekitaran 45 km.

Untuk akses jalan memang untuk saat ini cukup mudah kok! karena sudah beraspal sampai ke post retribusi. tetapi hanya saja ada yang masih berlubang jalannya sehingga pengendara harus berhati-hati dan jangan sampai jatuh. Biaya tiket masuk sekitar Rp5000 termasuk cukup murah ya untuk wisata ini.

13. Cave Tubing Kalisuci

Cave Tubing

Kenapa bisa disebut Kalisuci karena di Kalisuci terdapat mata air yang terletak disebelah atas aliran sungai yang airnya sangat jernih dan tetap jernih meskipun air sungai keruh ketika musim hujan. Sumber mata air ini dulunya merupakan satu-satunya sumber kehiduoan masyarakat sekitar untuk mencukupi kebutuhan air sehari-hari, baik untuk minum, mandi, cuci dan lain-lain.

Menurut cerita sesepuh dusun sumber mata air Kalisuci dipercaya bisa menyembuhkan penyakit walaupun belum pernah diuji kebenaran cerita tersebut. Tidak hanya mata air yang ada di Kalisuci yang jadi misteri tapi pemandangan yang luar biasa indahnya juga bisa menghilangkan kepenatan setalah sepekan bergelut dengan pekerjaan.

Kita bisa melihat tebing-tebing batu kapur yang begitu indah ditambah air yang jernih begitu menyegarkan . Pemandangan dalam goa yang biasanya cuma bisa kita lihat di Discovery Channel atau dari majalah-majalah, bisa langsung dinikmati di Kalisuci.

Keindahan stalagtit dan stalagmit serta cericit kelelawar yang bergelantungan di atas langit-langit goa menambah suasana semakin mencengangkan dan menakjubkan. untuk biaya retribusi sekitar Rp5000 dan biaya cave tubing sekitar Rp70.000 dengan begitu anda sudah bisa menmyusuri sungai ini sambil melihat pemandangan yang indah.

14. Istana Ratu Boko

Ratu Boko

Istana Ratu Boko adalah sebuah bangunan megah yang dibangun pada masa pemerintahan Rakai Panangkaran, salah satu keturunan Wangsa Syailendra. Istana yang awalnya bernama Abhayagiri Vihara (berarti biara di bukit yang penuh kedamaian) ini didirikan untuk tempat menyepi dan memfokuskan diri pada kehidupan spiritual.

Berada di istana ini, anda bisa merasakan kedamaian sekaligus melihat pemandangan kota Yogyakarta dan Candi Prambanan dengan latar Gunung Merapi. Istana ini terletak di 196 meter di atas permukaan laut. Areal istana seluas 250.000 m2 terbagi menjadi empat, yaitu tengah, barat, tenggara, dan timur.

Bagian tengah terdiri dari bangunan gapura utama, lapangan, Candi Pembakaran, kolam, batu berumpak, dan Paseban. Sementara, bagian tenggara meliputi Pendopo, Balai-Balai, 3 candi, kolam, dan kompleks Keputren. Kompleks gua, Stupa Budha, dan kolam terdapat di bagian timur. Sedangkan bagian barat hanya terdiri atas perbukitan.

Untuk mancapai Istana ratu Boko cukup mudah, apabila Petualang memulai dari arah Solo atau Klaten pastikan untuk sampai di candi Prambanan, lalu ke barat menuju pasar Prambanan. Setelah itu Petualang bergerak menuju selatan ke arah Piyungan. Sekitar 5 menit perjalanan, lihat penunjuk arah parkir candi Boko. Untuk yang melewati jogja bisa menuju arah timur dahulu ke arah Prambanan lalu  sebelum sampai candi prambanan ,pertigaan pasar Prambanan, silakan untuk belok kanan menuju piyungan.

15. Berkeliling di Jalan Malioboro Jogja

Jalan Malioboro

Untuk anda yang sedang ingin berkunjung ke kota jogja jangan lupa anda harus berkunjung ke jalan Malioboro jogja karena disini merupakan destinasi wisata jogja yang banyak menyediakan toko seperti aksesoris, baju , makanan yang enak atau khas jogja, pernak-pernik hiasan,perlengkapan rumah, batik dll. yang hargannya biasannya relatif murah.

Bagi anda yang suka wisata belanja pasti anda akan betah sekali mengunjungi lokasi wisata ini. Anda juga dapat melanjutkan perburuan barang kerajinan di toko-toko di Pasar Beringharjo. Bila sudah penat berbelanja, habiskan waktu Anda untuk duduk lesehan sambil menikmati hidangan pada angkringan Jogja di sekitar lokasi. Asal mula jalan ini sebenarnya adalah sebuah rute upacara yang berbentuk garis lurus dari istana menuju ke Gunung Merapi.

16. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

Parangtritis adalah tempat wisata alam yang cukup terkenal di Yogyakarta selain objek pantai lainnya seperti Samas, Baron, dll. Parangtritis juga mempunyai keunikan pemandangan yang tidak terdapat pada objek wisata lainnya yaitu selain ombak yang besar juga adanya gunung-gunung pasir di sekitar pantai, yang biasa disebut gumuk. Objek wisata ini sudah dikelola oleh pihak Pemkab Bantul dengan cukup baik, mulai dari fasilitas penginapan maupun pasar yang menjajakan souvenir khas Parangtritis.

Selain disugihkan pemandangan yang indah anda juga dapat menyewa fasilitas ATV hanya membayar Rp50.000 untuk 15 menit pemaikan, kereta kuda hanya membayar Rp20,000 satu kali putaran. untuk harga tiket masuk pantai parangtritis dibilang cukup murah karena anda hanya akan membayar Rp3000 per-orang.

17. Goa Jomblang

Goa Jomblang

Untuk anda yang suka wisata alam yang berjiwa petualang atau menyukai kegiatan yang menantang adreanalin, seperti caving atau jelajah gua anda bisa berkunjung ke goa gomblang. Saat ini Goa Jomblang merupakan tempat konservasi tumbuhan purba dan dikembangkan menjadi tempat wisata minat khusus yang mana dikelola oleh penduduk atau warga setempat. Untuk menuruni goa vertikal ini pihak pengelola sudah menyediakan perlengkapan lengkap sesuai standar keselamatan caving di goa vertikal.

Sinar matahari yang menerobos masuk dari Luweng Grubug setinggi 90 meter membentuk satu tiang cahaya, menyinari flowstone yang indah serta kedalaman goa yang gelap gulita. Air yang menetes dari ketinggian turut mempercantik pemandangan. Tidak salah jika banyak orang terkagum-kagum datang ke sini ketika menyaksikan lukisan alam yang dikenal dengan istilah “cahaya surga”.

Untuk informasi harga tiket caving Jomblang Rp 450.000,-/orang dengan fasilitas : Peralatan SRT satu set, makan siang, asuransi IAG dan guide. Waktu yang tepat untuk caving adalah pukul 10.00-12.00 karena matahari di posisi vertical.

18. Desa Kedung Miri Jogja

Kedung Miri

Kedung Miri adalah sebuah desa wisata yang memiliki spot bagus seperti jembatan gantung dari kayu serta susur sungai dan goa di daerah Imogiri selatan Jogja. Obyek wisata alam daerah perbukitan karts, yang lokasinya berdekatan dengan makam Raja-raja Kraton Yogyakarta ini bisa Anda masukkan daftar list kunjungan ke jogja. Karena selain tempatnya mudah dijangkau hanya membutuhkan waktu sekitar 21 menit berkendara dari Malioboro, sekitar desa ini juga masih banyak tempat wisata alam dan wisata belanja souvenir yang menarik dan sering dikunjungi wisatawan seperti Pasar Seni Gabusan.

Tempat yang sangat populer adalah jembatan gantung dari kayu yang memanjang di atas sungai Oyo penghubung Desa Sriharjo dan Desa Selopamioro, serta arum jeram atau susur sungai di air tenang di bawah jembatan gantung. Selai itu di sekitar juga terdapat beberapa Goa dari tumpukan batu yang menjadi habitat bintang liar seperti Landak, harimau, ular, bahkan monyet ekor panjang, dan curug kedung miri yang biasa disebut dengan nama air terjun kedung miri di Selopamior

19. Candi Sambisari Jogja

Candi Sambisari

Candi Sambisari adalah candi Hindu (Siwa) yang berada di Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta, kira-kira 12 km di sebelah timur kota Yogyakarta ke arah kota Solo atau kira-kira 4 km sebelum kompleks Candi Prambanan. Candi ini dibangun pada abad ke-9 pada masa pemerintahan raja Rakai Garung pada zaman Kerajaan Mataram Kuno.

Dengan dikelilingi oleh pagar batu dengan ukuran 50 m x 48 m, kompleks ini mempunyai candi utama didampingi oleh tiga candi perwara (pendamping). Pada bagian luar dinding bangunan utama terdapat relung yang berisi patung Durga Mahisasuramardini (di sebelah utara), patung Ganesha (sebelah timur), patung Agastya (sebelah selatan), dan di sebelah barat terdapat dua patung dewa penjaga pintu Mahakala dan Nandiswara.

Di dalam candi utama terdapat lingga dan yoni dengan ukuran cukup besar. Pada saat penggalian ditemukan berbagai benda lainnya di antaranya adalah beberapa tembikar, perhiasan, cermin logam, serta prasasti.

20. Candi Plaosan Jogja

Candi Plaosan

Candi Plaosan merupakan sebutan untuk kompleks percandian yang terletak di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini terletak kira-kira satu kilometer ke arah timur-laut dari Candi Sewu atau Candi Prambanan. Adanya kemuncak stupa, arca Buddha, serta candi-candi perwara yang berbentuk stupa menandakan bahwa candi-candi tersebut adalah candi Buddha. Kompleks ini dibangun pada abad ke-9 oleh Raja Rakai Pikatan dan Sri Kahulunan pada zaman Kerajaan Medang, atau juga dikenal dengan nama Kerajaan Mataram Kuno.

Kompleks Candi Plaosan Lor memiliki dua candi utama. Candi yang terletak di sebelah kiri (di sebelah utara) dinamakan Candi Induk Utara dengan relief yang menggambarkan tokoh-tokoh wanita, dan candi yang terletak di sebelah kanan (selatan) dinamakan Candi Induk Selatan dengan relief menggambarkan tokoh-tokoh laki-laki. Di bagian utara kompleks terdapat masih selasar terbuka dengan beberapa arca buddhis. Kedua candi induk ini dikelilingi oleh 116 stupa perwara serta 50 buah candi perwara, juga parit buatan.

21. Bukit Bintang Jogja

Bukit Bintang

Bukit Bintang adalah salah satu lokasi nongkrong favorit di Yogyakarta. Terletak di perbatasan Bantul dan Gunungkidul, siapa pun yang berkunjung ke kawasan ini dapat menikmati taburan gemintang di langit malam serta kerlip benderang lampu kota dari ketinggian.

Untuk mencapai Bukit Bintang sangatlah mudah. Anda cukup menyusuri jalan menuju Wonosari, Gunungkidul. Bukit Bintang terletak di pinggir jalan setelah naik dari kawasan Piyungan dan sebelum Kecamatan Patuk. Di pinggir jalan utama yang langsung berhadapan dengan tebing itu telah dibangun kursi beton panjang yang bisa dijadikan tempat duduk.

Bukit Bintang sudah dipadati pengunjung yang kebanyakan muda-mudi sejak sore hari. Biasanya mereka pulang dari berwisata di pantai-pantai Gunungkidul atau memang mengkhususkan datang ke Bukit Bintang. Dari tempat ini pengunjung bisa menyaksikan landskap Gunung Merapi Merbabu dan pesawat yang landing maupun take off di Bandara Adisucipto.

22. Bukit Parangndog Jogja

Bukit Parangndog

Bukit Parangndog Jogja ini adalah sebuah bukit yang terletak di sebelah timur Pantai Parangtritis. Lebih lengkapnya Bukit ini disebut dengan Bukit Paralayang Parangndog. Sudah tidak diragukan lagi jika pemandangan sore hari di bukit Parangndog ini bagus.

Anda dapat menikmati senja di bukit ini bersama orang tercinta atau pun sahabat dan teman. Angin yang berhembus sepoy-sepoy dan udara yang segar akan menghipnotis siapa saja yang berada di tempat ini, terasa enggan untuk meninggalkan setelah mentari terbenam.

Selain indah Bukit Parangndog ini sangat romantis, bahkan melebihi tempat romantis lainnya di Jogja seperti Bukit Bintang. Anda yang sedang kasmaran atau jatuh cinta, tidak ada salahnya menjadikan tempat ini untuk mengungkapkan cinta kepada orang yang Anda cintai. Jika Anda sudah mempunyai pasangan atau pacar, tempat ini juga cocok untuk dijadikan kencan atau sekedar menikmati hari Anda bersamanya.

Untuk menuju bukit indah ini, Anda bisa menuju ke arah timur dari Pantai Parangtritis. Kurang lebih 1 KM. Bukit Paralayang Parangndog bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua atau empat.

23. Istana Air Taman Sari Jogja

Taman Sari

Taman Sari adalah Taman Istana yang memiliki gaya arsitektur unik karena merupakan perpaduan antara gaya arsitektur Jawa dan Portugis, Sultan Hamengkubuwono I dulunya memang dibantu oleh arsitek-arsitek dari Portugis saat hendak membangun Taman Sari ini.

Yang mengesankan ketika Anda berkunjung ke Taman Sari adalah gapura unik dengan ukiran-ukiran cantik yang menjadi pintu masuk di Taman Sari. Memasuki dua pintu kedalam Anda akan menemukan dua kolam berair biru. Pada masanya kolam tersebut adalah tempat pemandian para putri dan selir-selir raja. Hiasan-hiasan seperti air mancur yang berbentuk kepala naga dan pot-pot bunga disekelilingnya menambah apik interior di Taman Sari.

Selain itu, Anda juga bisa menyewa pemandu berlisensi dengan tarif: 10.000-20.000 rupiah., Ada banyak penginapan, hotel dan warung makan sampai restoran yang menawarkan berbagai menu andalan kota Yogyakarta di sekitar kawasan ini.

24. Candi Ijo Jogja

Candi ijo

Candi Ijo adalah sebuah kompleks percandian bercorak Hindu, berada 4 kilometer arah tenggara dari Candi Ratu Boko atau kita-kira 18 kilometer di sebelah timur kota Yogyakarta. Candi ini diperkirakan dibangun antara kurun abad ke-10 sampai dengan ke-11 Masehi pada saat zaman Kerajaan Medang periode Mataram.

Dari area candi ini, jika wisatawan memandang ke arah selatan, akan nampak lembah berteras curam yang sangat sedap dipandang. Tanah di perbukitan ini memang tandus, tetapi di musim hujan tumbuhan semak dan belukar nampak menyelimuti perbukitan.

Lokasi Candi Ijo sendiri berada pada ketinggian 357,402 m – 395,481 m dpl. Lokasi ini merupakan lokasi candi tertinggi dibandingkan candi-candi lainnya di wilayah Yogyakarta. Maka tak heran jika di kalangan penikmat wisata purbakala, Candi Ijo juga dikenal dengan sebutan ‘Candi Tertinggi‘ di Yogyakarta.

25. Kebun Binatang Gembira Loka Jogja

Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka adalah sebuah tempat wisata yang bertemakan kebun binatang dan tempat untuk berwisata dengan tersedianya beberapa wahana yang cukup lengkap disana. Gembira Loka terletak di jalan Kebun Raya 2, Jogjakarta. Area yang di gunakan untuk taman gembira loka ini cukup luas dan terletak dekat dengan pusat kota, kira-kira dapat di tempuh dalam waktu 20 menit dari pusat kota.

Satwa yang ada di gembira loka pun cukup lengkap, satwa-satwa tersebut berasal dari seluruh daerah yang ada di Indonesia, juga berasal dari satwa-satwa seluruh dunia. Beberapa satwa yang ada di sini yaitu seperti orangutan, gorilla, ular, harimau, gajah dan lain sebagainya. Tak hanya reptil ataupun mamalia, disini juga terdapat aves dan ikan yang hidup di sebuah kolam.

Untuk tiket masuk gembira loka ini, di bandrol dengan harga Rp 25.000 hingga Rp 30.000 pada hari biasanya dan harga tersebut bisa berubah sesuai dengan hari-hari tertentu seperti hari libur.

26. Bukit Mojo Gumelem 

Mojo Gumelem

Tempat wisata ini menyajikan pemandangan alam yang luar biasa. Salah satu spot unik yang instagramable adalah bentuk gardu pandangnya yang menyerupai sarang burung dan spot foto bunga matahari. Menariknya lagi, dalam jangka waktu empat bulan akan ada penggantian ikon spot selfie sehingga kamu tidak akan merasa bosan. terletak di Dusun Gumelem, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

27. Watu Goyang Mangunan

Watu Goyang Mangunan

Tempat wisata ini baru dibuka pada awal bulan Maret 2017 dan sukses menyedot perhatian wisatawan karena keunikan dan keindahan alamnya. Ada juga spot menarik lainnya yaitu sebuah batu besar yang berada di tepi jurang, yang digunakan untuk menikmati panorama alam. Batu besar inilah yang disebut dengan Watu Goyang.

28. Seribu Batu Songgo Langit

Batu Songgo Langit

Wisata unik yang satu ini menyajikan suasana yang berbeda dengan bentuk rumah kecil ala rumah Hobbit. Untuk mencapai ke lokasi ini kamu akan disuguhi suasana alam di hutan pinus yang menenangkan. 

Selain rumah Hobbit ada banyak spot foto lainnya yang bisa dijadikan latar belakang saat berfoto. Mulai dari jembatan kayu yang menghubungkan pepohonan hingga gardu pandang.

Letaknya berada di Dusun Sukarame, Desa Mangunan, Kecamatan Dlongo, Bantul, Yogyakarta.

29. The World Landmarks Merapi Park

Landsmarks Merapi

Tempat wisata terbaru yang satu ini menyajikan suasana yang berbeda. Dengan beberapa miniatur bangunan khas dari berbagai negara kamu bisa mendapatkan foto-foto yang menarik berlatar bangunan khas negara lain.

Alamat : Jl. Kaliurang No.KM. 22.5, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

30. Hutan Mangrove Pasir Kadilangu

Pasir Kadilangu

Yogyakarta ada Hutan Mangrove Pasir Kadilangu yang menyajikan spot cantik Menara Eifel di Paris yang terbuat dari bambu. Selain itu ada juga spot foto lainnya yang tak kalah menarik, seperti pura dan juga lorong Hexagonal yang unik.

Alamat: parkiran hutan mangrove pantai pasir kadilangu, Pasir Kadilango, Jangkaran, Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55654

31. Ayunan Langit Waturajan

Ayunan Langit Waturajan

Ayunan Langit Waturajan yang terletak di Desa Wisata Purwosari, Girimulyo, Kulonprogo. Spot wisata unik ini menantang para pengunjung untuk menguji adrenalin dengan barayun di ketinggian sekitar 600 Mdpl. Pasti akan sangat menyenangkan dengan sensasinya yang bikin mantap.

32. The Lost World Castle Cangkringan

The Lost World Castle

Tempat wisata Spot unik yang dulu disebut Benteng Takeshi ini berada di kawasan Kaliurang di kaki Gunung Merapi. Tepatnya di Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman. Selain hawa sejuk pegunungan yang menenangkan, kemegahan gunung juga terlihat jelas jika cuaca cerah. Di kawasan wisata ini ada banyak spot unik yang bisa diabadikan dalam foto, salah satunya spot awan yang akan membuat pengunjung seolah berada di atas awan.

33. Upside Down World

Upside Down

Tempat dimana dunia akan terasa terbalik, yaitu di Upside Down World yang sudah resmi dibuka sejak bulan Juli 2016. Tempat wisata unik yang satu ini terletak di Jalan Ringroad Utara No. 18 Maguwoharjo, Depok, Sleman. Sama halnya dengan Upside Down World di bali maupun di bandung, ada banyak ruangan yang disetting sedemikian rupa sehingga kamu bisa berfoto dalam pose-pose yang unik, seolah sedang terbalik.

34. Hutan Pinus Pengger 

Pinus Pengger

Objek wisata yang satu ini menyajikan pemandangan alam yang begitu mempesona di atas ketinggia dengan spot unik berbentuk tangan raksasa yang seolah akan menangkap pengunjung. Hawa sejuk dan suasana romantis begitu kental, membuat siapapun enggan untuk beranjak.

35. De Mata Trick Eye Museum

Trick Eye Museum

Tempat wisata ini menyajikan pemandangan 3 dimensi yang terlihat begitu nyata sehingga kamu bisa berfoto dengan latar belakang gambar yang seolah nyata. Sebuah tipuan mata yang sangat luar biasa. Di lokasi wisata ini terdapat wahana baru bernama D’walik yang menampilkan beberapa ruangan dengan konsep terbalik.

36. Tebing Breksi

Tebing Breksi

Wisata ini terletak di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Tebing Breksi menawarkan sensasi liburan yang berbeda dengan spot foto yang unik. Area tebing yang dulunya merupakan bekas penambangan batu kapur ini membentuk guratan-guratan unik pada tebingnya sehingga terlihat indah dan menarik.

37. Tegalarum Adventure Park

Adventure Park

Berbagai petualangan seru bisa kamu jajal untuk menguji adrenalin, mulai dari kegiatan outbound, super flying fox, river tubing, body rafting dan juga fun trail and ATV. Bagi anak-anak, disediakan juga fasilitas playground yang lebih aman dengan duck river dan permainan tubing khusus anak-anak.

38. Stonehenge Cangkringan

Stone Henge

Tidak perlu jauh-jauh ke Inggris untuk melihat peninggalan jaman prasejarah Stonehenge, karena di Kepuharjo, Cangkringan, Sleman pun ada wisata sejenis yang tak kalah menarik. Dan tentu saja lebih aman di kantong. Meskipun buatan tangan, namun tetap saja tampilan Stonehenge Cangkringan menjadi saya tarik tersendiri yang memikat wisatawan.

Baca juga : Tempat wisata di Solo yang pasti membuat anda betah

Demikian itulah Tempat Wisata di Jogja Yang Wajib Dikunjungi semoga dengan saya membuat artikel ini, anda akan lebih tahu tentang tempat wisata yang berada di Yogyakarta.

8 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *