20 Tempat Wisata di Jambi Terbaru Paling Hits Dan Populer

Tempat Wisata di Jambi – Jambi merupakan sebuah wilayah yang terkenal dalam literatur kuno. Nama negeri ini sering disebut dalam prasasti-prasasti dan juga berita-berita Tiongkok. Jambi berada di sebuah Provinsi Indonesia yang terletak di pesisir timur di bagian tengah Pulau Sumatera.

Nah pada kali ini Aneka Wisata Seru akan merekomendasikan mengenai Tempat wisata yang ada di Jambi karena jambi sendiri mempunyai tempat wisata dengan pemandangan yang sangat mempesona, jika anda ingin berlibur ke suatu tempat disinilah jambi merupakan tempat yang cocok.

Dijamin anda tidak akan kecewa tetapi anda akan merasakan senang apalagi jika anda berkunjung dengan keluarga ataupun teman anda dijamin pasti liburan kalian akan lebih mengasikkan.

Baca Juga : Tempat Wisata di Batam yang Wajib Dikunjungi

Berikut ini adalah sejumlah daftar tempat wisata di Jambi yang wajib Dikunjungi. Sebagian besar destinasi wisata jambi ini adalah wisata alam yang sangat indah banget.

1. Danau Belibis Jambi

Danau Belibis

Danau belibis merupakan danau yang terletak berdekatan dengan gunung ayam. Pesona Wisata Jambi Danau belibis suatu danau kecil yang seluruh permukaanya hampir tertutup dengan belibis-belibis yangh hidup di daerah tersebut, dan uniknya lagi di tengah-tengah danau tsb.

Ada pulaau yg terapung yang berputar-putar mengelilingui danau yang konon katanya pulau tsb. Pesona Wisata Jambi Danau belibis terletak di atas ketinggian lebih dari 1000 mdpl tepat berada di kaki gunung kerinci.

2. Gunung Kerinci Jambi

Gunung Kerinci

Gunung Kerinci adalah gunung berapi dengan ketinggian 3.805 mdpl yang sekaligus merupakan gunung berapi tertinggi se Asia Tenggara. Gunung ini memiliki berbagai julukan diantaranya yaitu Gunung Gadang, Korinci, Berapi Kurinci, dan Puncak Indrapura. Gunung yang termasuk dalam jenis Strato Vulcano ini secara administrasi berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat.

Jika anda mendaki gunung kerinci dan sampai di puncak maka anda akan disuguhkan dengan panorama kawah yang begitu mempesona. Sedangkan di sebelah utara, wisatawan akan disuguhkan dengan keindahan danau Bento. Danau Bento memiliki air yang bersih dan jernih, yang seakan belum pernah tersentuh oleh tangan manusia.

Lokasi Gunung Kerinci cukup mudah dijangkau, dimana lokasi nya berada di Desa Kersik Tuo, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

3. Danau Sipin Jambi

Danau Sipin

Tempat wisata danau Sipin merupakan danau yang terletak Kecamatan Telanai Pura, Kota Jambi, Jambi menawarkan pemandangan alam yang cukup menenangkan, Danau Sipin akan ramai saat sore hari, bahkan tak jarang pula terjadi kemacetan terutama saat hari libur, jadi jika kamu ingin kesini sangat disarankan untuk datang lebih awal.

Di kawasan danau Sipin juga sudah terdapat kursi kursi yang bisa anda gunakan untuk bersantai. Selain itu anda jika di danau Sipin bisa melihat pemandangan aktivitas warga yang sedang mengelola keramba ikannya, di tengah danau sendiri terdapat banyak keramba ikan milik warga sekitar.

4. Air Terjun Sigerincing Jambi

Air Terjun Sigerincing

Air terjun Sigerincing merupakan air terjun yang terletak di Desa Tuo, Kecamatan Lembah Mesurai, Merangin, Jambi. Air terjun ini memiliki ketinggian 62 meter. Air terjun ini bersumber dari sungai siau yg berulu di gunung masurai. airnya masih jernih dan dapat diminum langsung tanpa di masak, di bawah air terjun ini juga terdapat lubuk larangan yg terdapat beberapa spesies ikan.

Jika ingin ke air terjun segerincing ini kita tidak perlu capek-capek atau penat bahaso dusun tuo nyo karena kenderaan roda 4 dan 2 sudah bisa mencapai kepala air terjun ini, air terjun ini juga cocok untuk tempat liburan keluarga, dengan banyak batu2 besar di sekitar air terjun ini yg bisa di jadikan untuk tempat santai dan makan-makan.

5. Danau Kerinci Jambi

Danau Kerinci

Danau kerinci merupakan salah satu objek wisata di Provinsi Jambi yang cukup populer. Danau ini merupakan danau terluas kedua di Pulau Sumatera setelah Danau Toba.

Luas danau ini mencapai 4.200 Ha dengan tingkat kedalaman mencapai 110 meter. Danau kerinci diperkirakan berasal dari hasil letusan gunung berapi dan juga pegunungan bukit barisan yang ada di sepanjang Pulau Sumatera.

Di danau ini, Anda dapat melakukan banyak sekali kegiatan yang seru dan menarik. Contohnya seperti Memancing ikan, berenang, hingga bermain air, semuanya dapat Anda lakukan di danau ini.

Kondisi danau ini tergolong masih cukup asri. Air danau masih belum tercemar, sehingga masih ada cukup banyak ikan di danau ini. Bagi Anda yang hobi memancing, maka danau ini merupakan surga bagi Anda.

Lokasi Danau Kerinci ada di Kabupaten Kerinci, Jambi, tepatnya di Kaki Gunung Raja. Danau ini membentang luas mengitari kaki gunung raja sepanjang lebih dari 70 KM.

6. Taman Nasional Kerinci Seblat Jambi

Taman Nasional Kerinci

Taman Nasional Kerinci Seblat adalah salah satu taman nasional terbesar di Indonesia. Taman Nasional yang satu ini terbentang di empat provinsi besar yang ada di Pulau Sumatera yaitu Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Jambi, Provinsi Bengkulu dan Provinsi Sumatera Selatan.

Taman Nasional ini memiliki koleksi satwa-satwa endemik langka lebih banyak dari yang lainnya. Di taman nasional ini, Anda akan disugukan keindahan hutan hujan trofis Indonesia disertai dengan berbagai macam satwa liar yang sudah hampir punah.

Selain itu, Taman Nasional Kerinci Seblat memiliki suasan pemandangan alam yang indah. Tidak hanya flora dan fauna yang tumbuh dan hidup tapi juga pesona Gunung Kerinci dan Danau Kerinci yang semakin menambah kesan asri.

7. Danau Gunung Tujuh Kerinci

Gunung Tujuh Kerinci

Taman Nasional ini merupakan wilayah flora dan fauna yang terbesar di pulau Sumatera dan merupakan wilayah yang ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia.

Berwisata ke tempat tempat yang bertajuk alam memang selalu menarik. Apabila berbicara tentang wisata yang bertajuk Alam, Indonesia selalu hadir dalam jajaran teratas wilayah yang memiliki panorama alam yang luar biasa. Seperti hal nya wisata yang ada di Jambi ini, Danau Gunung Tujuh Kerinci yang menyimpan sejuta eksotisme yang bisa membuat mata terasa segar.

Nah danau ini berada di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Lokasi nya sedikit agak jauh, dimana dari pusat Kota Jambi menuju lokasi wisata kurang lebih memakan waktu 3,5 jam perjalanan.

8. Tanggo Rajo Jambi

Tanggo Rajo

Tempat Wisata Tanggo Rajo tidak berbeda jauh dengan Taman Alun-alun Kapuas atau yang biasa disebut Pantai Losari, menawarkan wisata kuliner yang terdapat di tepi perairan. Tanggo Rajo banyak dikunjungi pada sa’at sore dan malan hari karena pemandangan Sungai Batanghari yang cukup indah dan menarik, yakni merupakan sungai terpanjang di Sumatra.

Tanggo Rajo banyak dikunjungi oleh orang yang memiliki hobi memancing, karena lokasinya yang pas dan nyaman sebagai tempat menyalurkan hobi mereka.

9. Taman Anggrek Sri Soedewi

Taman Anggrek

Tempat wisata yang satu ini sangat di rekomendasikan bagi anda yang gemar berkebun, apalagi bagi anda yang sangat mencintai tanaman, khususnya bunga anggrek, pasti anda tahu bahwa mengurus tanaman anggrek bukanlah hal yang mudah, butuh kesabaran ekstra, ketelatenan,

Serta perawatan yang mahal dan tidak boleh sembarangan, jadi wajar saja jika harganya memang tinggi. Taman ini tempat yang sangat bagus untuk kamu kunjungi ketika liburan.

10. Taman Mini dan Taman Rimba Jambi 

Taman Mini

Taman Mini dan Taman Rimba Jambi merupakan satu diantara tempat wisata andalan yang ada di Kota Jambi. Taman ini ada di tengah-tengah kota serta tak jauh dari Bandar Hawa Sulthan Thaha Syaifuddin. Kehadiran tempat wisata ini adalah usaha pemerintah setempat untuk sediakan tempat hiburan yang nyaman untuk orang-orang kota di dalam minimnya fasilitas bermain, taman hiburan, serta obyek wisata di Kota Jambi.

Di sini menawarkan taman rekreasi, sarana olah raga, dan wisata budaya. Konsep yang sama dengan Taman Mini di Jakarta, yakni menampilkan replika bangunan khas daerah. Yang membedakan adalah , jika di Jakarta menampilkan budaya seluruh daerah Indonesia, tetapi disini hanya menampilkan budaya disetiap kabupaten Jambi.

11. Candi Muaro Jambi

Candi Muaro

Candi Muaro Jambi disebut sebagai candi beraliran Buddhisme peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Melayu. Pada ketika pada tahun 2009, UNESCO menetapkan candi yang berupa susunan batu bata merah ini sebagai salah satu situs warisan dunia yang wajib dilindungi.

Selain candi, ditemukan juga perkakas rumah tangga yang membuktikan bahwa kawasan ini dulu digunakan sebagai tempat tinggal para biksu. Ada juga keramik Cina dari dinasti Song yang menandakan adanya hubungan intermasional antara Kerajaan Sriwijaya dengan bangsa Cina dahulu. Tempat wisata budaya ini berada di Kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, atau sekitar 26 km dari pusat kota Jambi.

12. Monumen Nasional Jambi 

Monumen Nasional

Monumen Nasional tidak hanya ada di Kota Jakarta saja, Jambi juga memiliki replika monumen ini, tepatnya berlokasi di bundaran kompleks pemerintah kota.

Hal lain yang membedakan kedua Monas ini adalah 4 buah jam dinding di setiap sisi Monas dan 4 buah ukiran yang ada di bawahnya.

13. Museum Negeri Jambi

Museum Negeri jambi

Museum Negeri Jambi merupakan tempat wisata pilihan yang tepat dan wajib anda kunjungi jika sedang di Jambi. Bentuk bangunan museum ini dirancang menyerupai Rumah Kajang Lako yang merupakan rumah adat di Jambi.

Di tempat ini, kamu dapat menemukan banyak sekali koleksi benda-benda bersejarah dan bernilai seni budaya Jambi dari masa ke masa seperti anyaman khas Jambi, peralatan berburu, batik tenun dengan motif bunga khas Jambi dan juga binatang yang diawetkan.

14. Taman Remaja Jambi

Taman Remaja

Taman Remaja yang dikenal dengan sebutan TR, merupakan taman yang dibanggakan oleh masyarakat Kota Jambi. Selain tempatnya yang strategis di pusat perkantoran Pemkot Jambi.

Jaraknya juga tidak terlalu jauh dari Balai Kota Jambi. Taman Remaja yang mirip seperti Gelanggang Remaja ini sering dijadikan sebagai ajang pentas seni remaja seluruh provinsi ini.

15. Kolam Renang Tepian Rajo

Kolam renang Tepian Rajo

Kolam Renang Tepian Rajo adalah kolam renang yang digunakan sebagai pusat kegiatan cabang olahraga renang dan polo air dan merupakan kolam renang standard international. Kolam Renang Tepian Rajo Berada di Jl. Kapten Sujono, Kecamatan Kota Baru, 6 km dari pusat kota Jambi.

Kolam renang ini memiliki ukuran 20 x 50 meter persegi dan berstandar internasional. Disini terdapat kolam renang dewasa dan kolam renang anak – anak. Tak hanya renang, Kolam Renang Tepian Rajo juga digunakan sebagai tempat pertandingan polo air dan seringkali diadakan latihan disini.

16. Dekranasda Jambi

Dekranasda

Tempat wisata selanjutnya adalah Dekranasda, tempat memiliki berbagai macam batik khas Jambi, yaitu seperti ukiran kayu nya dari Betung, kerajinan anyaman rotan, perhiasan batu-batuan dan berbagai macam hasil kerajinan khas Jambi.

Kemudian selain itu disini juga tersedia minuman dan produk makanan khas Jambi seperti, teh kayu aro, kopi, dodol nanas tangkit, keripik dan dodol kentang Kerinci, dll.

Nah untuk lokasi ini merupakan pusat tempat barang kerajinan murah. Alamatnya di jalan Sudirman (depan Mapolda) Kecamatan Jambi Selatan.

17. Sanggar Batik Jambi

Sanggar Batik Jambi

Tempat Wisata Sanggar Batik ini banyak memamerkan Kerajinan tangan PKK Provinsi Jambi. Di Sanggar banyak di jual aneka tenun dan kain songket yang menjadi cirikhas Jambi.

Tidak hanya itu saja, karena seperti sulam benang emas dan aneka kerajinan rotan bisa dibeli dengan harga wajar, malah boleh dibilang lebih murah dari pada beli barang sejenis ditempat lain.

18. Kebun Teh Kayu Aro

Kebun Teh Kayu Aro

Tempat Wisata Perkebunan Teh Kayu Aro memiliki beberapa keistimewaan, kebun teh ini merupakan perkebunan teh tertua di Tanah Air dimana sudah ada semenjak masa penjajahan kolonial Hindia Belanda tahun 1925. Kedua, perkebunan ini tersebut merupakan yang terluas dan tertinggi kedua di dunia setelah Perkebunan Teh Darjeeling yang ada di India.

Perkebunan Teh Kayu Aro memiliki luas sekira 2,500 hektar dan berada di ketinggian 1.600 m dpl. Ketiga, teh yang ditanam di Perkebunan Teh Kayu Aro adalah teh ortodox atau yang lebih dikenal dengan nama teh hitam dimana merupakan teh berkualitas tinggi.

19. Istana Sultan Thaha Saifuddin

Istana Sultan

Kerajaan ini berbatasan dengan Kerajaan Indragiri dan kerajaan-kerajaan Minangkabau seperti Siguntur dan Lima Kota di utara. Di selatan kerajaan ini berbatasan dengan Kesultanan Palembang.

Sultan Thaha Saifuddin merupakan salah satu pahlawan nasional asal Jambi namun sejarah tak banyak mengisahkan tentang perjalanan hidup dan lika-liku perjuangan yang dihadapi Sultan Thaha Saifuddin dalam usaha melawan penjajah demi mempertahankan nusantara.

20. Pasar Keramik Sitimang Jambi

Pasar Keramik

Banyak orang yang datang ke pasar itu untuk membeli barang-barang kesukaannya ataupun hanya sekedar untuk jalan-jalan melihat lokasi pasar.

Di pasar ini, Anda bisa menemukan keramik dalam berbagai bentuk seperti toples, guci, peralatan makan sampai hiasan rumah. Nah bagaimana? Mungkin anda tertarik ingin membeli Keramik yang bagus untuk dipajang rumah anda. anda bisa datang ke pasar ini saja, anda tidak bakalan menyesal.

Baca Juga : Tempat Wisata di Palembang yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai Tempat Wisata di Jambi yang Wajib Dikunjungi semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!