32 Tempat Wisata di Jakarta Paling Asik Untuk Liburan Bareng Keluarga

Tempat Wisata di Jakarta – Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta berkembang adalah kota yang paling modern. Jakarta juga dikenal sebagai pusat pemerintahan dengan gedung-gedung bertingkat. Pada Juni lalu, Jakarta telah merayakan ulang tahunnya yang ke-491. Seiring bertambahnya usia, kota tersebut semakin banyak menarik pendatang dari berbagai daerah di indonesia. Alasan beberapa pendatang datang ke Jakarta pun beragam.

Ada yang ingin mencari pekerjaan dan ada juga yang ingin berlibur sembari mengunjungi sanak saudaranya di sana. Maklum karena ini adalah kota pusat. Meskipun Jakarta identik dengan jalan yang macet, jangan jadikan permasalahan tersebut menjadi alasan untuk berdiam diri. Ada beberapa tempat wisata yang bisa kalian kunjungi saat weekend bersama keluarga di Jakarta.

Baca Juga : Tempat Wisata di Lembang Bandung Paling Hits Dan Bagus

Berlibur bersama keluarga juga bermanfaat menjaga kesehatan jiwa agar terhindar dari stres dan depresi. Nah, untuk kalian yang ingin menghabiskan waktu bersama dengan keluarga, kami telah merangkum beberapa tempat wisata yang pastinya murah dan cocok untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga

1. Pantai Ancol

Pantai Ancol

Ancol merupakan salah satu pantai yang paling terkenal di daerah Jakarta dan pantai ini terletak di kawasan TIJA (Taman Impian Jaya Ancol). Berdampingan dengan tempat wisata lainnya seperti Dufan, Ocean Dream dan Seaworld, Pantai Ancol menawarkan keindahan pantai dengan fasilitas yang lengkap.

Fasilitas yang ditawarkan berupa jogging track, food court, toilet, dermaga dan restoran. Di sepanjang garis Pantai Ancol yang berjarak 500 meter ini, terdapat 5 pantai lainnya, yaitu Pantai Karnaval, Pantai Festival Ancol, Pantai Ria, Pantai Indah dan Pantai Elok. Keuntungan lainnya adalah, pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk ke dalam tempat wisata ini.

2. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu adalah gugusan pulau-pulau yang letaknya di Selat Sunda, Jakarta Utara, dan terdiri dari pulau yang berpenghuni maupun yang tidak berpenghuni. Di kawasan Kepulauan Seribu sendiri, terdapat 5 pulau besar yang merupakan langganan wisatawan, yaitu Pulau Kelor, Pulau Cipir, Pulau Onrust, Pulau Rambut dan Pulau Untung Jawa.

Tentunya selain kelima pulau tersebut, terdapat pulau-pulau lainnya yang juga menawarkan pemandangan alam yang indah, seperti Pulau Bidadari dan Pulau Pari.

3. Pulau Semak Daun

Pulau Semak Daun

Pulau ini merupakan salah satu pulau di dalam gugusan Kepulauan Seribu. Di dalam Pulau Semak Daun ini, Anda dapat merasakan suasana kemah di tengah hutan ataupun di pinggir pantai. Salah satu ketertarikan pulau ini adalah garis pantai yang panjang, dangkal dan airnya yang sangat jernih.

Ketika mengunjungi tempat ini, Anda dapat mengambil paket yang mana Anda dapat sekalian melakukan aktivitas snorkeling atau diving, menjelajahi pulau sekaligus melihat tempat penangkaran hiu dan penyu.

4. Pulau Bidadari

Pulau Bidadari

Pulau Bidadari merupakan salah satu pulau di gugusan Kepulauan Seribu, yang merupakan favorit para wisatawan lokal maupun wisatawan luar negeri. Ketertarikan dari pulau ini adalah reruntuhan bangunan bersejarah pada masa penjajahan di tengah pulau. Selain itu, Pulau Bidadari juga dijadikan tempat konservasi berbagai hewan dan tumbuhan.

Pulau Bidadari Pulau Bidadari merupakan salah satu pulau di gugusan Kepulauan Seribu, yang merupakan favorit para wisatawan lokal maupun wisatawan luar negeri. Ketertarikan dari pulau ini adalah reruntuhan bangunan bersejarah pada masa penjajahan di tengah pulau. Selain itu, Pulau Bidadari juga dijadikan tempat konservasi berbagai hewan dan tumbuhan.

5. Pulau Tidung

Pulau Tidung

Pulau Tidung adalah sebuah pulau yang terkenal dengan Jembatan Cinta. Jembatan Cinta ini sendiri menghubungkan Pulau Tidung Kecil dan Pulau Tidung Besar. Di Pulau Tidung Kecil, Anda hanya dapat melihat kawasan konservasi hutan bakau, sedangkan di Pulau Tidung Besar, Anda dapat menemukan perumahan warga.

Aktivitas selain berfoto dan menghabiskan waktu di Jembatan Cinta adalah snorkeling, bersepeda menjelajahi pulau, berkemah, BBQ, atau melihat pemandangan matahari terbit dan terbenam.

6. Pantai Pasir Perawan

Pantai Pasir Perawan

Pantai Pasir Perawan merupakan salah satu pantai di antara ratusan pantai yang terkenal di Kepulauan Seribu. Pantai Pasir Perawan ini terletak di Pulau Pari dan Pantai Pasir Perawan menawarkan pemandangan pasir putih yang bersih serta air laut yang jernih dan hutan bakau yang indah. Di sekitar pantai ini, pengunjung dapat menelusuri hutan bakau dengan menggunakan sampan sewaan sembari memancing.

7. Pantai Marunda

Pantai Marunda

Pantai Marunda terletak di daerah Cilincing yang letaknya tidak jauh dari Masjid Al Alam dan Rumah Si Pitung, dua bangunan tertua yang berada di Jakarta.

Pantai Marunda menawarkan pengalaman berlibur di pantai yang sederhana tetapi juga menarik. Untuk berwisata ke tempat ini pun, Anda tidak perlu membayar tiket masuk, alias gratis.

8. Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Angke kapuk

Taman Wisata Alam Angke Kapuk ini terletak di kawasan Pantai Indah Kapuk, sebuah kawasan di daerah Jakarta Utara yang terkenal dengan kemewahan komplek perumahannya. Di dalam Taman Wisata Alam Angke Kapuk, Anda dapat menelusuri hutan bakau sembari melihat fauna yang hidup di habitat aslinya.

Di sini, Anda dapat melihat binatang langka seperti biawak yang hidup di hutan bakau. Terkadang Anda pun dapat melihat kawanan kera atau monyet yang hidup di dalam hutan bakau.

9. Taman Situ Lembang

Taman Situ Lembang

Situ Lembang merupakan sebuah danau buatan yang letaknya di Jalan Lembang, Menteng, Jakarta Pusat yaitu tengah Kota Jakarta. Di sini, pengunjung dapat memancing ikan seperti gurami, mujair dan mas dengan bebas.

Selain itu, di sekeliling danau, Anda dapat menemukan jogging track dengan taman yang ditanami oleh bunga-bunga indah. Anda dapat bersantai, menghabiskan waktu dengan keluarga atau duduk santai bercengkrama.

10. Taman Cattelya

Taman Cattelya

Taman ini juga dikenal dengan sebutan Taman Tomang dan merupakan sebuah objek wisata alam di kawasan Jakarta Barat. Layaknya taman kota lainnya, Taman Cattelya ini juga dilengkapi dengan fasilitas jogging track, danau buatan, taman bermain anak-anak dan taman bunga.

Selain itu, Anda pun dapat mencicipi jajanan khas Jakarta di sekitar taman karena banyaknya pedagang makanan dan pedagang kaki lima di dalam dan di luar taman.

11. Taman Ayodya

Taman Ayodya

Taman ini ramai dikunjungi pada saat akhir pekan dan taman ini terletak di dekat Terminal Blok M (berjarak 500 meter). Yang menarik di taman ini adalah danau buatan sebesar 1.500 meter persegi yang di bagian tengah danau terdapat sebuah air mancur dan di sekeliling danau, terdapat hiasan lampu berbentuk gurita. Taman Ayodya ini termasuk taman yang memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti gazebo, kursi taman, toilet dan akses internet.

12. Taman Hutan Tebet

Taman Hutan Tebet

Taman Hutan Tebet adalah salah satu taman di kota Jakarta yang difasilitasi dengan alat-alat dan sarana olahraga. Taman Hutan Tebet termasuk dalam kategori active park, taman yang menginspirasi pengunjungnya untuk tetap aktif dan berolahraga.

13. Hutan Kota Srengseng

Hutan Kota Srengseng

Hutan Kota Srengseng adalah suatu tempat wisata yang terletak di daerah Jakarta Barat yang memiliki 4.800 pohon dari 63 varietas berbeda. Di dalam Hutan Kota Srengseng, Anda juga dapat menemukan danau yang dikelilingi dengan lintasan lari serta terdapat area bermain anak. Jika Anda ingin bersantai sembari menghirup udara sejuk di tengah kota, Anda pun dapat bersantai di pendopo yang telah disediakan untuk umum.

14. Taman Suropati

Taman Suropati

Taman Suropati merupakan salah satu taman tertua di Jakarta yang dibangun pada tahun 1920. Taman ini dilengkapi dengan area duduk dan bersantai, jogging track serta penghijauan yang teduh. Bagi Anda yang ingin mengunjungi taman ini, Anda dapat mencoba mengunjunginya pada akhir pekan terutama pada malam hari.

Taman ini sering dikelilingi oleh pedagang makanan keliling, dan sembari Anda menikmati taman yang sejuk, Anda pun dapat mencicipi kuliner khas Jakarta. Beberapa contoh makanan yang harus Anda coba adalah Sate, Nasi Goreng Gila, Bakso dan lain sebagainya. Seniman jalanan pun sering mendatangi tempat ini untuk menunjukkan keahlian mereka.

15. Taman Menteng

Taman Menteng

Lokasi Taman Menteng tidak jauh dari Taman Suropati dan Taman Menteng ini sering dijuluki sebagai pusat taman dari segala taman yang ada di Jakarta. Di Taman Menteng, Anda akan menemukan lapangan olahraga, seperti lapangan basket dan lapangan futsal, lintasan berlari, area bermain anak-anak serta area olahraga yang telah dilengkapi dengan alat kebugaran sederhana. Selain itu, Anda pun dapat menikmati pemandangan kolam ikan dengan air mancur sembari bersantai dengan keluarga Anda.

16. Setu Babakan

Setu Babakan

Setu Babakan merupakan sebuah danau yang sebenarnya berfungsi sebagai tempat resapan air di kawasan Jakarta Selatan. Namun, lama kelamaan, tempat wisata ini dijadikan sebuah tempat cagar budaya untuk melestarikan kebudayaan Betawi dan akhirnya sekarang, di sekeliling Setu Babakan dibangunlah sebuah perkampungan Betawi.

Bagi Anda yang ingin lebih mengenal kebudayaan Jakarta dan bagaimana kehidupan asli budaya Betawi, maka kunjungilah tempat yang dibuka dari jam 6 pagi hingga 6 sore ini, dan tentu saja, gratis.

17. Taman Spatodhea

Taman Spatodhea

Taman ini terletak di daerah Kebagusan Jakarta Selatan dan merupakan satu-satunya taman di daerah ini. Dengan luas 1,5 hektar, taman ini dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap serta pemandangan yang indah. Salah satu fasilitas yang dimiliki oleh Taman Spatodhea adalah lintasan lari sepanjang 100 meter, danau buatan serta area untuk bermain.

Karena lokasinya yang berundak-undak dan landai, taman ini sering diberi julukan Taman Miring. Taman ini dibuka 24 jam, sehingga cocok untuk Anda yang ingin menikmati suasana Jakarta di malam hari.

18. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan

Di dalam Kebun Binatang Ragunan, terdapat lebih dari 300 spesies binatang dan tempat ini tidak hanya memamerkan koleksi faunanya tetapi juga berfungsi sebagai edukasi bagi pengunjung terutama bagi para pelajar. Kebun Binatang Ragunan terkenal sebagai salah satu museum primata terlengkap di Indonesia (Pusat Primata Schmutzer).

Kemudian, di sini Anda juga dapat menemukan Dunia Orang Utan yang menyediakan berbagai koleksi orang utan dan Children Zoo di mana anak-anak kecil dapat berinteraksi dengan hewan kecil dan jinak.

19. Taman Ismail Marzuki

Taman Ismali Marzuki

TIM (Taman Ismail Marzuki) merupakan sebuah kawasan yang menawarkan wisata seni, ilmu dan budaya yang mana nama tamannya sendiri diambil dari pencipta lagu legendaris di Indonesia yaitu Ismail Marzuki. Taman ini dibuka pada tahun 1968 dan terletak di Cikini, Jakarta Pusat. Bagi Anda wisatawan yang membawa anak-anak, Anda pun dapat membawa anak Anda mengunjungi Planetarium yang juga terletak di dalam kawasan Taman Ismail Marzuki.

Di Taman Ismail Marzuki, pengunjung pun dapat melihat acara-acara seni dari pelajar yang bersekolah di IKJ (Institut Kesenian Jakarta).

20. Taman Mini Indonesia Indah

TMII

Taman Mini Indonesia Indah atau yang sering disingkat dengan sebutan TMII, merupakan sebuah tempat wisata di Jakarta yang terkenal di seluruh Indonesia. TMII sendiri dibangun pada tahun 1972 oleh mantan Ibu Negara yaitu Ibu Tien Soeharto dan berlokasi di Jakarta bagian Timur. Di sini, Anda akan menemukan wisata sejarah, edukasi, hiburan sekaligus tempat wisata modern.

Selain wisata budaya, TMII juga menyediakan wahana menarik seperti Teater Tanah Airku, Teater IMAX dan Teater 4D, Snow Bay dan perahu angsa, Istana Anak Indonesia dan kereta gantung.

21. Taman Pecenongan

Taman Pecenongan

Taman Pecenongan atau yang sering disebut dengan nama Jalan Pecenongan merupakan sebuah jalan di pusat ibukota yang terkenal sebagai pusat kuliner malam. Di sini, Anda akan menemukan berbagai jajanan khas Indonesia dan mancanegara.

Tidak hanya masakan kaki lima, bahkan rumah makan dan restoran di sini pun buka hingga tengah malam dan rata-rata mereka telah membuka usahanya selama puluhan tahun. Jalan Pecenongan ini terbentang hingga 600 meter dan letaknya ada di Sawah Besar. Tentunya untuk soal rasa, Anda tidak perlu khawatir karena pastinya semua makanan yang dijual di sini, luar biasa enak.

22. Dunia Fantasi

Dufan

Dufan merupakan salah satu theme park tertua dan pelopor konsep theme park di Indonesia, Dufan sendiri telah dibangun sejak tahun 1985. Maskot Dufan adalah kera bekantan yang mempunyai arti bahwa dahulunya, daerah Ancol, tempat Dunia Fantasi ini terletak, merupakan kawasan kera.

Di dalam kawasan Dufan, Anda akan menemukan tema sendiri dan merupakan khas dari wilayah masing-masing, beberapa temanya seperti Jakarta, Eropa, Amerika, Asia, Fantasi Yunani dan masih banyak lagi. Salah satu wahana permainan yang sangat terkenal di Dufan adalah Istana Boneka, sebuah wahana permainan indoor, dimana Anda akan menaiki sebuah perahu dan Anda akan melihat boneka-boneka dari berbagai penjuru dunia dan boneka tersebut dapat menari, bernyanyi dan lain sebagainya.

23. Seaworld Ancol

Seaworld Ancol

Taman Impian Jaya Ancol mempunyai berbagai tempat wisata yang menarik, salah satunya adalah Seaworld Ancol. Di sini, Anda akan merasakan sensasi berjalan di bawah air dengan berinteraksi langsung dengan ribuan ikan-ikan yang dikoleksi di dalam tempat ini, misalnya dengan memberi makan. Anda dapat memperhatikan binatang laut tersebut dari jarak dekat tanpa harus menyelam.

Selain menyaksikan kehidupan binatang laut, Seaworld Ancol pun memiliki museum di mana di dalam museum tersebut menyimpan informasi mengenai ikan-ikan yang hidup di laut dalam. Seaworld Ancol pun memiliki sebuah pertunjukkan di mana instruktur yang telah berpengalaman akan menyelam ke dalam akuarium raksasa dan bermain dengan binatang laut tersebut.

24. Atlantis Water Adventure

Atlantis Water Adventure

Selain theme park dengan tema darat, maka di dalam Taman Impian Jaya Ancol, Anda pun dapat menemukan wahana permainan air, Atlantis Water Adventure. Sebuah taman bermain yang mengusung konsep theme park tetapi berbeda dengan Dufan karena di sini Anda akan menemukan wahana permainan air yang seru.

Di dalam Atlantis Water Adventure terdapat 8 kolam renang utama, yaitu Poseidon, Antila, Plaza Atlas, Aquarius, Octopus, Atlantean dan Kiddy Pool dengan berbagai permainan lainnya di masing-masing tema kolam renang tersebut. Ada wahana, dimana Anda akan meluncur dari ketinggian yang menantang, kemudian ada pula kolam yang dipenuhi dengan bola warna warni. Ada pula kolam renang yang mana Anda akan disiram oleh ember atau semprotan raksasa.

25. Ocean Dream Ancol

Ocean Dream Ancol

Ocean Dream Ancol ini juga dikenal dengan nama Gelanggang Samudra yang sangat terkenal dengan atraksi lumba-lumba yang lucu. Di sini, pengunjung juga dapat menyaksikan penangkaran, perawatan dan pelatihan lumba-lumba.

26. Alive Museum

Alive Museum adalah jaringan museum visual unik dari Korea yang menghadirkan patung lilin tokoh-tokoh terkenal, mirip dengan Museum Madam Tussaud yang berada di Bangkok, Hong Kong, China, Jepang, dan Singapura.

Berbagai patung tersebut menggambarkan tokoh dunia hiburan terkenal, mulai dari penyanyi pop Korea hingga penyanyi barat ternama dan bintang Hollywood. Ada juga koleksi ilusi visual dengan gambar-gambar kreatif, sehingga tempat wisata ini cocok untuk mengisi album Instagram Anda.

27. Pasar Seni Ancol

Pasar Seni Ancol

Pasar Seni Ancol adalah pusat wisata seni, budaya, dan belanja, dikemas dalam desain mirip taman hiburan keluarga. Pasar Seni Ancol merupakan tempat bagi para seniman dan perajin untuk memamerkan serta menjual hasil karya mereka. Pengunjung juga bisa mengunjungi berbagai studio seni dan melihat proses pembuatan suatu karya seni.

Pasar Seni Ancol memamerkan dan menjual barang-barang seperti lukisan, wayang, hiasan dinding, dan sebagainya. Ada juga patung-patung unik yang menghiasi berbagai sudut taman. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati pertunjukan seni dan musik dari berbagai komunitas.

28. Museum Nasional Indonesia

Museum Nasional Indonesia adalah museum di Jakarta Pusat yang menyimpan koleksi prasasti, arca, senjata tradisional, tekstil, gerabah, manuskrip, hasil penggalian arkeologis, serta benda kuno lainnya dari berbagai wilayah Nusantara.

Tempat wisata di Jakarta Pusat ini berdiri sejak tahun 1778, dan kini terkenal sebagai salah satu museum terbesar di Asia Tenggara. Museum Nasional juga dikenal sebagai “Museum Gajah”, karena patung gajah yang ada di halamannya. Museum Nasional Indonesia menawarkan kegiatan edukasi seni dan sejarah bagi masyarakat setiap akhir pekan.

29. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah

Museum Fatahillah adalah nama populer untuk Museum Sejarah Jakarta. Berdiri sejak tahun 1712, tempat wisata di Jakarta ini menyimpan benda-benda peninggalan era Kerajaan Pajajaran dan Tarumanegara, koleksi becak dari berbagai era, produk kebudayaan Betawai, dan peninggalan sejarah era kolonial. Ada juga koleksi perabot kuno dengan berbagai gaya, mulai dari Jawa, Tiongkok, hingga Belanda.

Museum Fatahillah juga memiliki program edukasi sejarah dan budaya, seperti misalnya Program Kesenian Nusantara, seminar museum sejarah, hingga kegiatan rekonstruksi sejarah. Museum ini juga populer sebagai lokasi foto prewedding karena pemandangan latar belakang foto yang ditawarkan sangatlah khas.

30. Museum Wayang

Museum Wayang

Museum Wayang berada di kawasan Kota Tua, tidak jauh dari Museum Fatahillah. Museum ini menyimpan koleksi wayang dari berbagai daerah di Indonesia, seperti misalnya wayang kulit, wayang golek, dan wayang boneka. Di tempat wisata di Jakarta ini, pengunjung juga bisa melihat koleksi wayang dari negara-negara tetangga Indonesia, seperti Malaysia, Vietnam, Thailand, China, India, dan Kamboja.

Museum ini memiliki bangunan khas Eropa era kolonial, namun lebih berkesan “rumahan” bila dibandingkan dengan Museum Fatahillah. Selain koleksi wayang, pengunjung juga bisa menyaksikan teater serta proses pembuatan wayang. Museum Wayang juga menawarkan berbagai kegiatan untuk menambah wawasan pengunjung, melalui kursus singkat membuat wayang.

31. Monumen Nasional

Monumen Nasional

Monas dikelilingi oleh taman yang asri di bagian luarnya, dan pada bagian dalamnya menunjukkan diorama perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan. Ada juga lift yang akan membawa pengunjung untuk naik ke puncak tugu dan memandang panorama Jakarta dari ketinggian.

32. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal adalah salah satu ikon Jakarta yang lokasinya berdekatan dengan Istana Negara dan Monumen Nasional. Diresmikan pada tahun 1978, masjid terbesar di Asia Tenggara ini merupakan “Masjid Nasional” yang dibangun untuk memperingati kemerdekaan Indonesia. Arsitekturnya megah dan sering menjadi objek foto fotografer nasional maupun internasional.

Baca Juga : Tempat Wisata di Bandung yang Paling Hits Dan Bagus

Nah dari informasi wisata diatas Tempat Wisata di Jakarta Paling Asik Dan Hits semoga dapat membantu anda ketika berwisata. Teman-teman silahkan baca artikel destinasi wisata menarik lainnya ya di sini dengan begitu anda akan mendapatkan banyak informasi wisata bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *