Daftar Tempat Wisata di Cirebon yang Terkenal Dikunjungi

Tempat Wisata di Cirebon – Cirebon merupakan salah satu kota paling tua yang ada di Jawa. Kota ini kaya akan sejarah dan kebudayaan. Selain itu, Kota Cirebon juga pernah jadi pusat peradaban islam yang ada di Indonesia. Secara geografis, Cirebon terletak di jalur sibuk antara wilayah Barat dan Timur pulau Jawa. Inilah potensi geografis yang menjadikan Cirebon sebagai jalur distribusi ekonomi dan pertanian yang strategis.

Cirebon saat ini berkembang dengan pesat, dengan kondisi infrastruktur yang memadai dan membaik hari demi hari. Anda akan sangat mudah menjangkau berbagai tempat wisata Cirebon yang menarik untuk dikunjungi. Tersedia banyak taksi, angkot, hingga becak yang siap mengantarkan Anda untuk mengelilingi kota Cirebon. Menikmati kuliner Cirebon adalah salah satu kegiatan wisata yang sayang untuk dilewatkan selain pula membeli batik Cirebonan yang terkenal itu di Kampung Batik Trusmi.

Baca Juga : Tempat Wisata di Sumedang yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Cirebon yang Terkenal Dikunjungi

Di Cirebon banyak sekali tempat-tempat wisata yang menarik. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini adalah sejumlah tempat wisata di Cirebon paling menarik dan patut Anda kunjungi tatkala berada di Cirebon.

1. Tempat Wisata Keraton Kasepuhan Cirebon

Keraton Kesepuhan

Nah tempat wisata yang pertama yaitu Keraton Kasepuhan, Keraton ini bangunannya masih terjaga dengan baik dan merupakan keraton paling megah yang ada di Kota Cirebon. Keraton Kasepuhan dibangun pada 1529. Sebelum dinamakan Keraton Kasepuhan, bangunan ini bernama Keraton Pakungwati. Nama tersebut dipakai sebagai simbol penghormatan terhadap Panembahan Pakungwati I (Pangeran Mas Mochammad Arifin). Keraton Kasepuhan dibangun oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II yang merupakan cicit dari Sunan Gunung Jati.

Bangunan ini kaya akan sejarah dan mempunyai sebuah museum yang di dalamnya terdapat bermacam koleksi benda pusaka serta lukisan milik kerajaan. Ketika tiba di obyek wisata yang satu ini, anda seolah tengah berada di masa dulu. Akulturasi budaya sangat terasa saat menjelajah satu per satu sudut Keraton Kasepuhan Cirebon. Tak hanya ada budaya Sunda dan Jawa saja, melainkan juga Eropa, India, Cina, Arab.

Beberapa fakta percampuran kebudayaan dapat kita lihat pada tembok yang mengelilingi bangunan keraton terbuat dari bata merah (khas Jawa), gerbang mirip pura yang ada di Pulau Dewata, pagar Siti Hingilnya yang terbuat dari keramik asal negeri tirai bambu, ukiran gaya Eropa di pintu gapura, patung macan putih yang ada di gerbang sebagai tanda bahwa Kesultanan Cirebon adalah penerus dari Kerajaan Pajajaran dan terdapat pengaruh agama hindu kala itu. Apabila anda melangkah ke halaman belakang keraton, akan dijumpai sumur yang airnya berasal dari mata air keramat serta taman nan cantik. Untuk masuk ke lokasi wisata yang satu ini, anda harus membayar tiket seharga Rp 8.000,-.

Alamat: Jalan Kasepuhan No. 43, Kesepuhan, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45114.

2. Tempat Wisata Keraton Kanoman Cirebon

Keraton Kanoman

Keraton Kanoman pada awalnya adalah pusat peradaban Kesultanan Cirebon yang dalam perjalanan kesultanan akhirnya terpecah menjadi Keraton Kanoman, Keraton Kasepuhan, Keraton Kacirebonan, dan Keraton Keprabon. Dibangun oleh Pangeran Mohamad Badridin atau Pangeran Kertawijaya, yang bergelar Sultan Anom I pada tahun 1588, Keraton Kanoman ini adalah salah satu tonggak sejarah kota Cirebon dan perkembangan Islam di Cirebon.

Di keraton ini, terdapat museum yang menyimpan berbagai benda bersejarah, seperti Kereta Perang Paksi Naga Liman dan Kereta Jempana. Kereta Paksi Naga Liman memiliki dua sayap di kanan kiri. Inilah simbol paksi atau burung atau buroq yang mewakili kebudayaan Islam. Badan serta wajah kereta mirip naga bertanduk (China), tetapi memiliki belalai seperti gajah (Hindu).

Di keraton ini, juga akan Anda jumpai piring-piring porselen asli Tiongkok yang menjadi penghias dinding. Di masa lampau, akulturasi kebudayaan dunia terjadi di Cirebon. Untuk sampai di tempat wisata Cirebon yang satu ini, Anda harus menyusuri pasar kanoman hingga akhirnya menemukan keraton. Anda akan dikenakan biaya masuk Keraton Kanoman sebesar Rp 5 ribu per orang.

Alamat : Jl. Winaon, Kampung Kanoman, Kel. Lemah Wungkuk, Cirebon

3. Tempat Wisata Taman Ade Irma Suryani Cirebon

Taman Ade Irma

Taman yang dahulu bernama Taman Traffic Garden Cirebon ini berlokasi persis di pinggir laut pantai utara Cirebon, letaknya berdampingan dengan pelabuhan Cirebon. Pesona tempat wisata Cirebon yang satu ini terletak pada ketersedian berbagai permainan anak-anak, kebun binatang, wisata pantai, hingga hiburan berupa acara musik di hari Minggu yang didukung banyak artis terkenal. Inilah sebab mengapa Taman Ade Irma Suryani adalah salah satu destinasi wisata keluarga di Cirebon yang populer.

Daya tarik taman ini bahkan tak jarang mencatatkan kunjungan wisatawan dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur. Berdiri di areal lahan seluas 2.5 hektar, taman yang adalah pula ruang terbuka hijau di Cirebon ini sedang berbenah untuk menjadi salah satu destinasi favorit di Cirebon. Pengembangan Taman Lalu Lintas di taman ini adalah salah satu pilihan yang sedang dikerjakan dan menjadi bagian yang integral terhadap pembangunan sarana perhotelan dan kawasan wisata air di tempat wisata Cirebon yang satu ini.

4. Tempat Wisata Taman Sari Gua Sunyaragi Cirebon

Taman Sari Gua

Tempat wisata Cirebon yang satu ini adalah sebuah kawasan cagar budaya dengan luas area 1.5 hektar yang dibangun pada tahun 1703 oleh Pangeran Kararangen atau Pangeran Arya Carbon. Di sinilah tempat bertapa dan beristirahat Sultan Cirebon dan keluarganya. Oleh karenanya, terkenal dengan sebutan Sunyaragi. Sunya artinya sepi, Ragi artinya raga, atau tempat untuk bermeditasi (menyepi).

Di area objek wisata Cirebon ini, terdapat sekitar 18 bangunan kuno yang secara arsitektural adalah perpaduan antara Indonesia klasik dan China pada setiap ornamen bangunan. Inilah daya tarik tempat wisata di Cirebon yang satu ini.

Selain para penyuka tempat-tempat bersejarah, para pecinta fotografi juga menyukai kawasan Taman Sari Gua Sunyaragi dengan kondisi yang artistik. Untuk dapat masuk, Anda harus membayar tiket masuk Taman Sari Gua Sunyaragi sebesar Rp 10 ribu per orang, terbuka untuk umum sejak pukul 8 pagi hingga 4 sore.

5. Tempat Wisata Banyu Panas Palimanan Cirebon

Banyu Panas

Banyu Panas Palimanan adalah tempat pemandian air panas di Cirebon yang ramai dikunjungi, terlebih di saat akhir pekan dan hari libur. Tempat wisata di Cirebon yang satu ini berada dalam wilayah sebuah pabrik semen, yakni PT Indocement Tunggal Prakarsa. Oleh sebab itu, Anda harus melewati pos penjagaan yang ada di pabrik tersebut untuk dapat masuk.

Warna hijau pepohonan dan abu-abu batuan kapur Gunung Kromong cukup dominan di kawasan pemandian air panas ini. Banyu Panas Palimanan dikenal masyarakat Cirebon dengan sumber air yang memiliki kandungan belerang cukup tinggi, sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Tersedia berbagai jenis kolam mandi, dengan ketersediaan kamar bilas, kamar ganti, dan toilet. Untuk dapat masuk ke lokasi pemandian, Anda harus membayar tiket masuk Banyu Panas Palimanan sebesar Rp 4.500 per orang. Untuk berendam air panas, Anda akan dikenai tarif sebesar Rp 6 ribu per orang.

Alamat: Jl. Raya Cirebon – Palimanan, Palimanan Bar., Palimanan, Cirebon, Jawa Barat 45161.

6. Tempat Wisata Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Inilah masjid agung di Cirebon, terletak di dalam kompleks Keraton Kasepuhan, persis bersebelahan dengan alun-alun keraton. Masjid agung ini pada awalnya bernama Masjid Pakungwati, mengikuti nama keraton yang dahulu bernama Keraton Pakungwati. Inilah juga masjid yang dibangun oleh para wali pada masa Sunan Gunung Jati memerintah sebagai sultan pertama di Kesultanan Cirebon. Pada lokasi mihrab, terdapat tiga buah batu tegel lantai khusus yang dulu dipasang oleh Sunan Gunung Jati, Sunan Bonang, dan Sunan Kalijaga.

Masjid Agung Sang Cipta Rasa adalah landmark yang menarik di Cirebon, dengan sembilan pintu yang menyimbolkan Wali Songo. Pintu masuk ke bangunan utamanya yang sungguh kecil membuat Anda harus membungkuk untuk masuk, inilah filosofi penghormatan untuk masuk ke rumah Allah. Konon, Masjid Agung Sang Cipta Rasa adalah pasangan dari Masjid Agung di Demak. Di masa ketika pembangunan Masjid Agung Demak dilakukan, Sunan Gunung Jati meminta izin untuk membangun pasangannya di Cirebon.

Alamat: Jl. Jagasatu, Kesepuhan, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45114

7. Tempat Wisata Kerajinan Batik Trusmi

Kerajinan Batik

Kerajinan Batik Trusmi adalah satu pusat produksi batik yang ada di Cirebon. Nama Trusmi diambil dari nama salah satu murid Sunan Gunung Jati (Ki Gede Trusmi) yang mengajarkan agama islam sekaligus cara membatik pada penduduk Kota Cirebon. Ketika sampai pusat kerajinan batik ini, kita akan dapati dua jenis batik yaitu batik keraton dan batik pesisir.

Dari Keraton Kasepuhan dan Kanomanlah konon muncul beberapa corak batik cirebonan klasik yang sampai dengan saat ini masih diproduksi oleh masyarakat di Desa Trusmi. Sama seperti batik di wilayah nusantara lainnya, batik Cirebon juga ada yang dibuat menggunakan tangan (tulis), cap, maupun campuran batik cap dan batik tulis.

Beberapa contoh motif batiknya antara lain adalah patran keris, patran kangkung, mega mendung, singa barong, singa payung, ayam alas, gunung giwur, simbar kendo, sawat penganten, dan lain sebagainya. Alamat : Trusmi Kulon, Plered, Cirebon.

8. Tempat Wisata Taman Wisata Siwalk Cirebon

Siwalk Cirebon

Salah satu lokasi outbond di Kota Cirebon yang banyak dikunjungi wisatawan adalah Siwalk. Taman wisata ini selain menarik karena outbondnya juga disebabkan oleh pemandangan alam dengan perbukitan hijau serta sawah di sekelilingnya. Taman dengan luas lahan 175 hektar ini memiliki beraneka ragam wahana permainan, antara lain adalah flying fox, speed boat, ATV, zona petualangan, area mancing, sampai dengan kolam renang.

Kegiatan menarik yang dapat kita lakukan tatkala berada di Siwalk adalah menyewa getek dan menyusuri Situ Patok yang pesona alamnya sungguh menawan serta main golf. Sangat cocok menjadi pilihan wisata untuk keluarga. Untuk masuk Taman Wisata Siwalk, anda harus membayar tiket seharga Rp 3.000,-.

Alamat: Setupatok, Mundu, Setupatok, Mundu, Cirebon, Jawa Barat 45173.

9. Tempat Wisata Setu Patok Cirebon

Setu Patok

Tempat wisata ini sangat indah dan mempunyai area pemancingan serta rekreasi air. Luas tempat wisata ini kurang lebih 175 hektar. Apabila ditempuh dari Kota Cirebon jaraknya sekitar 6 km. Pemandangan di situ patok ini sangatlah indah.

Khususnya pada saat matahari mulai terbenam, warna langit yang mnguning akan memancarkan cahayanya di permukaan air. Sangat bagus untuk menikmati sunset di danau situ patok ini di sore hari.

10. Tempat Wisata Wanawisata Ciwaringin Cirebon

Wana Wisata

Salah satu pesona keindahan yang dapat anda nikmati apabila anda berwisata ke kawasan ini adalah keindahan alam yang begitu alami bersanding dengan suburnya pepohonan rindang yang berwarna hijau. Tak pelak, kawasan ini akan menyejukkan hati anda. Terutama bagi anda yang ingin sekadar melepas kepenatan, kawasan ini wajib anda kunjungi.

Apabila anda memiliki hobby memancing, kawasan ini memiliki sebuah danau yang dinamai Danau Ciranca. Anda dapat menghabiskan waktu duduk tenang sambil memancing di danau ini tanpa dipungut biaya. Anda pun dapat membawa pulang ikan hasil pancingan yang pastinya akan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi anda. Selain memiliki danau, kawasan ini juga memiliki arena motor cross yang pada saat tertentu digunakan sebagai arena balap antarpengendara motor cross yang dapat dijadikan sebagai tontonan yang menarik.

11. Tempat Wisata Kuliner Desa Cikalahang

Desa Cikalahang

Mencuatnya nama Desa Wisata Cikalahang tak lepas dari keberadaan tempat wisata Telaga Remis yang memang lebih dulu populer di kalangan wisatawan. Lokasi keduanya berdekatan, sehingga tingginya tingkat kunjungan ke Telaga Remis dimanfaatkan masyarakat di Desa Cikalahang untuk dijadikan sebagai sumber pendapatan.

Seiring berjalannya waktu, Desa Wisata Cikalahang pun ikut terangkat dan makin terkenal dengan area pemancingan, kelezatan ikan bakarnya, serta suasana yang sejuk karena berada di bawah kaki Gunung Ciremai. Nggak heran, Desa Wisata Cikalahang ini berkembang pesat dan sering dipadati travelers, khususnya saat akhir pekan atau musim liburan.

Dengan didukung fasilitas lain seperti cottage, kolam renang serta telaga, membuat keberadaan Desa Wisata Cikalahang makin terdongkrak, bahkan membuat kawasan ini dikenal sebagai pusatnya kuliner olahan ikan tawar Cirebon, seperti ikan mas, nila, gurame, patin, dan lain-lain. Serunya lagi, kamu nggak hanya sekadar menyantap lezatnya ikan tawar olahan, tapi bisa lebih dulu menangkap ikan dengan memancing. Banyak restoran di kawasan Desa Wisata Cikalahang yang sengaja menyediakan kolam supaya pengunjung bisa menyalurkan hobi mereka sebelum mengisi perut yang keroncongan.

12. Tempat Wisata Situ Sedong Cirebon

Situ Sedong

Situ Sedong merupakan obyek wisata berupa danau buatan atau waduk yang banyak dikunjungi terutama menjelang sore hari. Sinar matahari yang mulai tenggelam akan semakin memperindah pemandangan sekitar danau layaknya melihat sunset di pantai.

Tempat ini letaknya kurang lebih 26 km dari pusat kota Cirebon. Tempat wisata ini tak terlalu luas dan belum memiliki akomodasi yang memadai. Akan tetapi, sunset di Situ Sedong sangatlah indah, jadi banyak fotografer yang mengabadikan momen tenggelamnya sang surya itu dari kawasan Situ Sedong.

13. Tempat Wisata Taman Ade Irma Suryani

Taman Ade Irma

Taman yang dahulu bernama Taman Traffic Garden Cirebon ini berlokasi persis di pinggir laut pantai utara Cirebon, letaknya berdampingan dengan pelabuhan Cirebon. Pesona tempat wisata Cirebon yang satu ini terletak pada ketersedian berbagai permainan anak-anak, kebun binatang, wisata pantai, hingga hiburan berupa acara musik di hari Minggu yang didukung banyak artis terkenal.

Inilah sebab mengapa Taman Ade Irma Suryani adalah salah satu destinasi wisata keluarga di Cirebon yang populer. Daya tarik taman ini bahkan tak jarang mencatatkan kunjungan wisatawan dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur. Berdiri di areal lahan seluas 2.5 hektar, taman yang adalah pula ruang terbuka hijau di Cirebon ini sedang berbenah untuk menjadi salah satu destinasi favorit di Cirebon.

Pengembangan Taman Lalu Lintas di taman ini adalah salah satu pilihan yang sedang dikerjakan dan menjadi bagian yang integral terhadap pembangunan sarana perhotelan dan kawasan wisata air di tempat wisata Cirebon yang satu ini.

Alamat: Jalan Yos Sudarso No.1, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45111.

14. Tempat Wisata Pantai Kejawanan Cirebon

Pantai Kejawanan

Cirebon yang lebih dikenal dengan kota Udang atau kota Wali ini tak hanya memiliki objek objek selain sejarah Kewalian dan juga keraton yang dimilikinya, tentunya selain Cirebon merupakan daerah pelabuhan yang terletak di pinggiran pulau jawa pastinya mempunyai destinasi wisata berupa pantai yang ramai di kunjungi oleh masyarakat setempat maupun wisatawan, yaitu pantai Kejawanan jawabannya.

Merupakan pusat wisata pantai di Cirebon pantai Kejawanan sangat ramai dikunjungi apalagi ketika weekend, para pengunjung berbondong bondong berwisata ke pantai ini, dengan hanya Rp.1000,- and a dapat menikmati keindahan pantai Kejawanan. Berlokasi di Jalan Yos Sudarso Kota Cirebon, terletak dekat Pelabuhan Cirebon serta Ade Irma Traffic Garden Cirebon, jika menggunakan transportasi umum anda bisa bertanya dan meminta sopir untuk menurunkan anda di sana.

Di sini selain kita dapat bersantai sambil menikmati semilir angin yang sepoi-sepoi, kita juga dapat menyewa perahu karet dengan biaya sebesar Rp 20.000,- untuk berkeliling pantai. Pantai ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga. Apalagi mengajak buah hati, pasti akan asyik bermain di pasir dan air laut.

15. Tempat Wisata Apita Waterboom Cirebon

Apita Waterboom

Apita Waterboom adalah obyek wisata yang cocok dikunjungi bersama dengan keluarga. Tempat ini cocok untuk liburan keluarga dan akan lebih ramai pengunjung ketika musim liburan. Banyak anak-anak akan puas bermain air dan menikmati wahana permainan air ketika berkunjung kemari.

Sehingga tempat ini tak pernah sepi pengunjung dari segala kalangan dan usia. Untuk harga tiket masuk tempat wisata di cirebon ini terbilang cukup murah meriah, yaitu hanya berkisar sebesar Rp. 10.000,- sampai dengan Rp. 15.000,-. Lokasi tempat wisata ini beralamat di Jalan Kedawung (samping Hotel Apita).

16. Tempat Wisata Bukit Gronggong Cirebon

Bukit Gronggong

Ketika anda memutuskan untuk mengunjungi tempat ini, ada baiknya anda mengunjunginya di waktu senja atau sekalian di malam hari sebab tempat ini akan menunjukkan keindahannya pada waktu malam hari. Ada beberapa pilihan tempat atau rumah makan yang dapat anda jadikan referensi, salah satunya rumah makan kelapa manis. Duduk santai di siang hari di rumah makan ini juga perlu anda coba.

Selain itu, Banyak hal yang dapat anda lakukan ketika mengunjungi Bukit Gronggong, salah satunya yaitu menikmati keindahan kota Cirebon dari atas ketinggian sambil bersantai dan mencoba beberapa makanan khas yang disediakan. Di tempat ini banyak menyediakan makanan laut atau seafood, ikan dan cumi-cumi segar adalah andalannya. Jadi, selain bisa menikmati kota Cirebon dari ketinggian anda juga bisa melakukan barbeque bersama teman-teman. Ada juga jagung bakar yang patut anda coba.

Alamat: Patapan, Beber, Cirebon, Jawa Barat 45172.

17. Tempat Wisata Makam Sunan Gunung Jati

Sunan Gunung Jati

Salah satu obyek wisata religi yang terkenal di Kota Cirebon adalah Makam Sunan Gunung Jati. Hingga kini masih banyak peziarah baik dari Cirebon atau luar kota yang datang kemari. Tempat wisata di cirebon yang satu ini sangat ramai pengunjung maka tak heran bila wisata religi ini cukup terkenal di berbagai tempat. Makamnya mempunyai arsitektur yang unik (campuran Jawa, Arab, dan Cina pada hiasan keramiknya) dengan sembilan tingkat. Makam ini akan lebih ramai kunjungan pada hari-hari tertentu saja.

Alamat: Jl. Raya Sunan Gunung Jati, Gunung Jati, Astana, Cirebon, Jawa Barat 45151

18. Tempat Wisata Plangon Cirebon

Plangon

Mengunjungi obyek wisata Plangon, kita bisa jumpai adanya Makam Pangeran Kejaksan serta Pangeran Panjunan. Selain itu magnet dari Plangon adalah terdapat kera-kera liar yang menghuni tempat ini di samping panorama alamnya yang juga cantik.

Pemandangan layaknya hutan dengan kera-kera liar di berbagai tempat ini akan semakin membuat suasana hutan lebih terasa. Terlebih bagi para wisatawan pecinta binatang dan pecinta alam. Udara di tempat ini pun cukup sejuk dan jauh dari suara gaduh nan ramai.

Alamat: Babakan, Sumber, Cirebon, Jawa Barat 45612

19. Tempat Wisata Telaga Remis 

Telaga Remis

Telaga Remis ini terlihat begitu indah dengan kealamiannya. Suasana alamnya begitu asri dan menyejukan. Telaga Remis ini ada di kaki gunung Ciremai, terletak di desa Kaduela, Kuningan, Cirebon. Telaga Remis memiliki air yang super jernih kehijauan, bahkan dasarnya terlihat sangat jelas.

Di sini juga terdapat remis (kerang air tawar) yang bisa dimakan, bahkan memiliki rasa yang lezat dan mengandung protein tinggi. Di sisi telaga yang berbatasan dengan hutan menghadirkan background yang keren banget buat foto Pre Wedding. Untuk masuk wilayah telaga Remis, WOvger hanya perlu membayar tiket sebesar Rp. 5.000,-

20. Tempat Wisata Kuliner Sate Kalong Khas Cirebon

Sate Kalong

Tempat Wisata kuliner cirebon yang pertama ini adalah sebuah makanan khas dari Cirebon, yang walaupun namanya adalah sate kalong akan tetapi bahan dasar dari sate kalong ini bukanlah daging kelelawar akan tetapi bahan dasar dari sate kalong ini adalah daging kerbau. Kuliner di cirebon sate kalong ini di jajakan pada waktu mulai magrib sampai dengan tengah malam. Sekedar informasi saja, untuk rasa dari sate kalong ini terdiri dari rasa asin dan rasa manis.

21. Tempat Wisata Kuliner Empal Gentong Khas Cirebon

Sate Empal

Tempat Wisata kuliner di cirebon yang wajib anda coba selanjutnya adalah makanan yang bernama empal Gentong. Sebenarnya makanan empal gentong ini adalah gulai daging sapi yang saat proses pemasakan di masukkan kedalam gentong.

Rasa dari empal gentong ini adalah legit dan juga memberikan sensasi rasa daging yang lembut dengan kuah mirip dengan soto, maka rasa yang di hasilkan akan sangat lezat. Biasaya sebagai variasinya anda bisa memilih toppingnya seperti kerupuk, sambal kering dan juga kucai.

Baca ini : Tempat Wisata di Tasikmalaya yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai 21 Tempat Wisata di Cirebon yang Terkenal Dikunjungi nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *