21 Tempat Wisata di Cilegon Paling Hits Dan Populer 2019

Tempat Wisata di Cilegon – Cilegon atau yang juga sering dikenal dengan sebutan kota baja. Kota ini terkenal sebagai penghasil baja terbesar di Indonesia, terletak ujung barat pulau jawa. Namun tahukah anda selain terkenal sebagai daerah penghasil baja.

Kota Cilegon juga terkenal akan tempat wisatanya. Kota yang terletak di provinsi Banten ini memiliki banyak tempat wisata yang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Tempat wisata di Cilegon dapat menjadi salah satu pilihan anda untuk menghabiskan akhir pekan bersama dengan keluarga anda.

Selain itu, Tempat wisata Cilegon juga sangat lengkap karena anda bisa menikmati mulai dari wisata alam, wisata belanja dan juga wisata kuliner yang sayang untuk dilewatkan jika sudah ada disini. Namun kebanyakan tempat ini memiliki satu ciri khas yang membuat tempat wisata di Cilegon banten beda dengan yang lainya yaitu wisata pantainya.

Baca ini : Tempat Wisata di Lembang Bandung yang Paling Populer Dikunjungi

Karena Cilegon berlokasi dekat dengan pelabuhan Merak yang merupakan pelabuhan besar di Indonesia. Sehingga selain menikmati pemandangan pantai anda juga dapat melihat secara langsung betapa megahnya kapal-kapal yang berlayar dari dan yang menuju pelabuhan merak.

Tempat Wisata di Cilegon Paling populer Wajib Dikunjungi

Berikut ini adalah sejumlah tempat wisata di Cilegon yang wajib Anda kunjungi, beberapa di antaranya adalah destinasi wisata di Cilegon yang indah dan mempesona di kalangan penikmat perjalanan.

1. Tempat Wisata Pantai Kepala Tujuh 

Pantai Kepala Tujuh

Pantai Kelapa Tujuh merupakan Pantai yang terletak di sebelah utara dari Pelabuhan Merak ini memiliki keindahan pantai yang luar biasa. Pantai Kelapa Tujuh menyimpan pesona pantai yang masih alami bahkan selain bisa menikmati pemandangan alamnya anda juga bisa berenang di pantai ini.

Karena ombaknya cukup tenang sehingga aman untuk melakukan aktifitas wisata laut. Salah satu keunikan dari wisata yang satu ini ialah anda bisa melihat langsung kapal-kapal besar yang berlalu lalang dari dan menjau pelabuhan merak.

2. Tempat Wisata Pulau Merak Besar Cilegon

Pulau Merak Besar

Pulau Merak Besar merupakan Pulau Hutan Lindung yang berfungsi sebagai Pelindung Pelabuhan Ferry dan Terminal Terpadu Merak, pulau ini sangat strategis untuk melindungi kedua asset milik pemerintah pusat dan daerah. Dan pulau ini juga sangat berpotensi sebagaiobjek wisata bahari karena memiliki potensi sumberdaya kelautan dan perikanan yang belum dikelola secara maksimal oleh Pemerintah maupun Masyarakat.

Pulau Merak Besar terletak di Bagian Barat Kota Cilegon yang memiliki luas kurang lebih 40 Ha dan sangat potensi akan Sumber Daya Alam Hayati dan Perikanan, seperti Pasir Putih terletak disebelah Barat dan Selatan, Terumbu Karang disebalah Timur dan Utara serta Potensi Penangkapan Ikan Laut jenis Pelagis Kecil, Demersal dan Ikan Karang.

3. Tempat Wisata Pulau Merak Kecil Cilegon

Pulau Merak Kecil

Nah Tempat wisata di Cilegon yang juga masih berada di pulau merak ialah Pulau merak kecil, daerah yang satu ini menyimpan gugusan koral yang indah dan terletak di barat daya dari pulau merak besar. Tempat wisata Cilegon banten yang satu ini juga memiliki peran yang sangat penting, yakni menghalau ombak laut menuju pelabuhan merak sehingga kondisi pelayaran tetap dapat berjalan dengan aman.

Sudah kita ketahui sebelumnya betapa besar peran-peran pulau pendukung yang berada di sekitar pelabuhan. Oleh karena itu, sebagai wisatawan yang bijak kita juga harus ikut serta dalam melestarikan tempat ini, bahkan juga tempat lainnya di manapun kita berlibur dan berwisata.

4. Tempat Wisata Gunung Batu Lawang

Gunung Batu Lawang

Gunung Batu Lawang merupakan sebuah kawasan dataran tinggi yang berada di wilayah Gerem, Merak. Tempat ini mempunyai topografi berupa pegunungan granit yang saling berjajar membentuk semacam pintu gerbang, dalam bahasa Jawa disebut dengan Lawang.

Dari itu kemudian daerah ini diberi nama Gunung Batu Lawang. Dari puncak Gunung Batu Lawang ini akan terlihat jelas pemandangan hamparan pesisir sebelah barat kota Cilegon dengan lautnya yang biru. Tentu saja untuk menyaksikan pemandangan yang indah ini traveler harus rela hiking ataupun trekking melibas medan yang terjal. Pemandangan di puncak gunung ini sepadan dengan usaha yang telah dilakukan.

5. Tempat Wisata Pantai Anyer Cilegon

Pantai Anyer

Pantai Anyer merupakan salah satu tempat wisata yang terkenal sehingga di pantai ini telah terdapat berbagai penginapan yang lokasinya tepat di bibir pantai. Sebagai salah satu wisata di Cilegon, Pantai Anyer tidak hanya bisa dinikmati pemandangannya.

Bahkan anda juga bisa melakukan berbagai aktifitas outdoor di pantai ini. Mulai dari berenang, bermain bananan boat, snorkling, diving, jetski, hingga belanja souvenir pun bisa anda lakukan di Pantai Anyer . Maka tidak heran bila Pantai Anyer selalu ramai karena setiap harinya didatangi oleh wisatawan.

6. Tempat Wisata Rawa Arum Cilegon

Rawa Arum

Rawa Arum merupakan tempat wisata Cilegon yang berupa danau. Pemandangan Rawa Arum ini begitu indah dan asri sehingga bisa dijadikan tempat untuk berelaksasi setelah lelah berpetualang mendaki gunung. Namun wisata ini juga memiliki sisi mistis.

Konon katanya, setiap malam rawa ini mengeluarkan bau harum dan juga ada legenda yang mengatakan bahwa jaman dulu sebelum menjadi sebuah rawa terdapat sebuah kawasan pemukiman namun tenggelam. Tertarik untuk mencari kebenarannya? Kunjungi Rawa Arum di Cilegon.

7. Tempat Wisata Gunung Batur Cilegon

Gunung Batur

Tempat wisata selanjutnya yaitu Gunung Batur yang tidak lain adalah tujuan wisata agro di Kota Baja. Meski menyandang sebagai wisata agro bukan bukan berarti tempat ini berisi perkebunan sayur, buah atau teh layaknya di kawasan Bandung. Gunung Batur adalah spot untuk melakukan berbagai kegiatan outdoor seperti kemping, hiking, gantole serta belajar aneka flora dan fauna.

 Letaknya berada sekitar 8 kilometer dari pusat kota Cilegon atau tepatnya berada di kecamatan Pulomerak. Selain menawarkan kegiatan petualangan, tempat yang satu ini juga menyuguhkan pemandangan yang indah dari puncak gunungnya.

8. Tempat Wisata Krakatau Country Club Cilegon

Krakatau Country

Tempat Wisata yang satu ini berada di tengah kota Cilegon sehingga mudah untuk anda temukan. Bila pada liburan kali ini anda juga serta membawa anak-anak maka tempat wisata ini sangat cocok karena terdapat berbagai wahana rekreasi yang menarik seperti wahana air atau kolam renang Water World Krakatau.

Krakatau Jungle Park, Krakatau Bike Park dan masih banyak lagi. Namun selain untuk anak-anak, tempat wisata ini juga dapat dinikmati oleh siapa saja termasuk orang dewasa. Sarana wisata yang ada ialah karaoke, golf, arena jogging, spa dan sauna.

9. Tempat Wisata Pantai Pulorida Cilegon

Pantai Polurida

Pantai Pulorida namanya mengingatkan kita pada salah satu pantai paling populer di Amerika, pantai Florida. Pantai ini berjarak sekitar 4 kilometer dari pelabuhan penyeberangan Merak atau tepatnya masuk dalam wilayah kelurahan Lebakgede, kecamatan Pulomerak. Karena kemiripan nama inilah Pantai Pulorida menjadi incaran traveler dari dalam dan luar negeri.

Apalagi pemandangan di pantai ini juga cukup keren dengan adanya Pulau Temposo di tengah laut yang punya pasir pantai putih dan laut yang jernih. Namun berita buruk kemudian datang saat Cilegon menasbihkan diri sebagai kota industri. Kawasan pantai yang semula digunakan sebagai wisata kini telah dibanguni pabrik-pabrik yang sedikit banyak mencemari laut sehingga banyak fasilitas akomodasi yang gulung tikar bahkan wisatawan pun kini jarang terlihat di pantai ini.

10. Tempat Wisata Batu Gambir Cilegon

Batu Gambir

Batu Gambir adalah kawasan perbukitan di Merak, Cilegon. Tempat ini sangat pas untuk merefresh pikiran dan menikmati suasana alam yang asri dan sejuk karena banyak pepohonan tumbuh di kawasan ini. Batu Gambir sangat berpotensi dikembangkan sebagai tujuan wisata alam di kota Cilegon. Traveler bisa menemukan tempat ini dengan cara mengambil jalan menuju ke arah Merak. Dari sana disarankan untuk bertanya warga agar tidak tersesat.

11. Tempat Wisata Pantai Sumur Cilegon

Pantai Sumur

Tempat yang akan kita kunjungi adalah Pantai Sumur. Pantai ini memiliki nama asli Pantai Ciputih dan letaknya ada di kecamatan Sumur, kabupaten Pandeglang. dekat dengan Taman Nasional Ujung Kulon. Jalur yang dilewati untuk menuju ke pantai ini adalah lewat Serang, Pandeglang, Panimbangan, Cibaliung dan Sumur. Nikmati keindahan pantai berpasir putih, ombak tenang dan panorama alam yang asri di pantai ini.

12. Tempat Wisata Bukit Teletubbies Merak Banten

Bukit Teletubbies

Nah Bukan hanya kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru saja yang punya tempat wisata berupa Bukit Teletubbies. Di Cilegon tepatnya di kawasan Suralaya, Merak juga punya bukit yang mirip dengan rumah tokoh kartun era 90-an ini. Bukit Teletubbies begitulah nama beken dari bukit tersebut. Bukit ini sedang menjadi topik perbincangan hangat bagi para petualang.

Nama asli bukit ini adalah Bukit Kembang Kuning. Nama Kembang Kemuning sendiri di dapat dari perkampungan yang ada di lereng bukit ini yang juga memiliki nama yang sama. Namun sejak setahun lalu bukit ini menjadi jujugan rekreasi para traveler. Karena keindahannya yang disebut-sebut mirip dengan bukit di film Teletubbies maka bukit ini dijuluki Bukit Teletubbies.

13. Tempat Wisata Kawasan Cagar Alam Gunung Tukung Gede

Cagar Alam

Karena Cilegon adalah wilayah pemekaran dari kabupaten Serang jadi wajar jika beberapa tempat wisata yang dipromosikan berada di wilayah Serang. Seperti halnya destinasi yang satu ini, Kawasan Wisata Cagar Alam Gunung Tukung Gede, tempat wisata ini terletak di daerah Gunung Sari dan Mancak, kabupaten Serang.

Di dalam wilayah Cagar Alam Gunung Tukung Gede mengalir dua sungai besar yang bermuara di Pantai Anyer, mereka adalah Sungai Cikoneng dan Sungai Cigandik. Dari Cilegon tempat wisata ini hanya berjarak sekitar 1 jam perjalanan saja. Di kawasan wisata cagar alam traveler bisa melakukan hiking sambil mempelajari keanekaragaman hayati serta menikmati suasana asri jauh dari bising suasana kota.

14. Tempat Wisata Kolam Renang Metro Cilegon

Kolam Renang Metro

Kolam renang Metro tidak terlalu besar hanya menempati lahan seluar setengah hektar tapi cukup lumayan untuk bersenang-senang apalagi telah ada beberapa fasilitas standar untuk bermain seperti perosotan air. Kolamnya pun dibagi sesuai dengan umur, ada kolam anak hingga dewasa. Bermain di kolam ini sangat nyaman karena ada beberapa life guard yang menjaga kolam untuk berjaga-jaga kalau ada yang butuh bantuan atau tenggelam.

15. Tempat Wisata Kuliner Café Oregano

Wisata Kuliner Cafe

Bila anda menginginkan tempat makan siang yang unik maka anda bisa mengunjungi restoran yang mengambil nama dari rempah-rempah ini. Makanan yang disajikan di sini umumnya berupa makanan eropa yaitu spaghetti, steak dan pasta. Selain itu tempat dari café ini berbeda dengan café-café pada umumnya yang terletak di dalam gedung karena café Organo menawarkan konsep kebun yang dikelilingi oleh berbagai pepohonan sehingga café ini sangat cocok untuk bersantap makanan dan juga melepas lelah setelah seharian menikmati berbagai kunjungan wisata di sekitar Cilegon.

16. Tempat Wisata Masjid Agung Nurul Ikhlas Cilegon

Masjid Agung Nurul

Masjid Agung Cilegon sebenarnya sudah berdiri sejak lama bahkan menurut beberapa informasi, masjid ini telah ada sejak jaman penjajahan. Dahulu kala bentuk masjid ini sangatlah jauh dari bentuk sekarang. Awalnya menara masjid ini hanya pendek saja. Kemudian setelah melalui perombakan pertama dan kedua, masjid ini memiliki sebuah menara yang lumayan tinggi.

Setidaknya tiga kali masjid ini telah mengalami renovasi. Dan yang terbesar lebih tepatnya disebut perombakan total, karena bentuk bangunan masjidnya jauh berbeda dengan yang dahulu. Masjid ini terletak di Jl. Sultan Ageng Tirtayasa 2 di kota Cilegon. Jika kita keluar tol Cilegon Timur lalu menyusuri jalan menuju ke arah kota, setelah kita melalui daerah pertokoan dan perniagaan kota ini, dari jauh menara masjid ini akan menyambut.

17. Jogging Track Krakatau Junction

Krakatau Junction

Tempat wisata yang satu ini memang sangat cocok untuk bersantai sambil berolahraga. Lokasi Krakatau Junction Infinite Jogging Track berada di kawasan perumahan Krakatu Steel. Biasanya obyek wisata ini juga sangat ramai saat pagi dan sore hari terutama hari Minggu. Selain bisa menikmati pemandangan sambil berolahraga, anda bisa mencicipi aneka jajanan yang dijual oleh para pedagang kaki lima.

18. Alun-Alun Cilegon

Alun-alun Cilegon

Alun-alun ini merupakan bagian dari sarana publik dibangun di Lapangan Helipad Krakatau Steel. Tidak berbeda dari Alun-Alun pada umumnya, kawasan ini memang sangat ramai oleh pengunjung yang sebagian besar merupakan masyarakat setempat.

Namun alun-alun ini dikelola dengan baik serta dilengkapi oleh fasilitas yang menunjag sehingga membuat para pengunjung merasa betah dan nyaman. Bagi anda yang berencana ingin berkunjung ke Alun-alun Cilegon maka jangan sampai lewatkan kesempatan untuk menyaksikan air mancur menari.

19. Mayfield Mall

Mayfield Mall

Bagi anda yang ingin berwisata di tengah kota bersama keluarga maka Mayfield mall adalah pilihannya. Pusat perbelanjaan yang satu ini sudah berdiri sejak tahun 2007 lalu dan menjadi mall yang paling besar di Cilegon.

Mall ini terdiri dari 3 lantai serta memiliki konsep one stop shopping mall. Untuk itulah berbagai jenis kebutuhan bisa anda temukan dengan mudah di mall ini. Selain itu terdapat berbagai restoran dan foodcourt yang menyajikan aneka hidangan lezat yang bisa anda santap bersama keluarga.

20. Wisata Kuliner Saung Edi

Saung Edi

Berkunjung ke Cilegon rasanya kurang lengkap bila anda tidak mampir ke Saung Edi. Tempat makan yang satu ini memang sudah sangat populer di Cilegon dan menjadi tujuan para wisatawan. Lokasi Saung Edi berada di belakang Edi Toserba sehingga tidak sulit untuk menemukannya.

Saung Edi menyediakan berbagai sajian masakan khas Cilegon mulai dari nasi timbel, nasi bakar, nasi tutug oncom dan lain sebagainya. Sajian masakan di saung ini memang sangat khas sehingga dijamin membuat anda termanjakan.

21. Krakatau Jungle Park

Krakatau Jungle Park

Saat berkunjung ke Krakatu Jungle Park anda bisa menemukan berbagai keseruan diantaranya jembatan tali, sepeda air dan flying fox. Diperkirakan fasilitas wahana permainan di tempat ini akan semakin ditingkatkan oleh pihak pengelola supaya para pengunjung merasa puas dan senang. Tak hanya itu, lokasi ini juga memiliki spot untuk berselfie yang sangat cantik dan diberi nama jungle of love dan white thinks 4u. Tempat tersebut menjadi lokasi yang romantis di wilayah Cilegon sehingga jangan ketinggalan untuk mengajak pasangan anda mengunjungi Krakatau Jungle Park.

Baca ini : Tempat Wisata di Pandeglang yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai Tempat Wisata di Cilegon Paling Populer Wajib Dikunjungi nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

3 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *