38 Tempat Wisata di Cilacap Jawa Tengah Terbaru yang Lagi Hits

Tempat Wisata di Cilacap Halo guys pada kesempatan kali ini saya kami akan merekomendasikan tentang wisata yang menarik dan terbaik di Cilacap. Cilacap merupakan salah satu wilayah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Jawa Barat. Disini kamu mungkin mengenal Cilacap sebagai tempat di mana terdapat penjara para tahanan mati dan seumur hidup yaitu Pulau Nusakambangan.

Meski terkesan menakutkan, namun Cilacap ternyata memiliki pesona yang tidak kalah indahnya dengan destinasi wisata lain di Jawa Tengah. Orang-orang Kabupaten Cilacap terkenal dengan bahasa Jawa ngapaknya. Jika kita sedang berkomunikasi dengan orang Cilacap, maka akan sangat kentara sekali logat daerahnya.

Baca Juga : Tempat Wisata di Sukoharjo yang paling Bagus dan Hits

Orang Cilacap sendiri sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Dalam segi pariwisata, Cilacap mempunyai beberapa objek wisata alam dan religi yang menarik dan wajib dikunjungi, kebanyakan merupakan pantai, air terjun, dan sejenisnya.

1. Gunung Selok

Gunung Selok

Gunung Selok adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Karangbenda, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia. Wisata Gunung Selok di Adipala Cilacap Jawa Tengah adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan.

Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari. Di gunung selok ini tersedia selfie deck dengan view laut selatan serta persawahan. dan bagi yang ingin beristirahat tersedia banyak hammock yang terpasang di pepohonan. Wisatawan yang hobi fotografi atau sekedar selfie tempat ini bisa menjadi lokasi yang cocok untuk menyalurkannya.

2. Hutan Payau Cilacap

Hutan Payau Cilacap

Wisata hutan bakau di Cilacap lazim disebut Hutan Payau pada awal tahun 90-an tergolong masih sangat eksis keberadaanya dan masih sangat diminati oleh wisatawan lokal. Mungkin karena dahulu memang masih sangat terjaga dan keadaan alam masih bersahabat, air lautnya selalu melimpah. Dan perambahan kayu mangrove masih terjaga, dibarengi dengan akses transportasi yang sangat mudah dan memadai.

Pohon mangrove atau pohon bakau dahulu sangat banyak dan tentunya sangat rimbun, selama kita berjalan di atas jembatan kayu yang tertata rapi khas hutan mangrove. kita akan disuguhi pemandangan yang sangat indah, di bawahnya mengalir air payau yang jernih, tak sedikit hewan monyet/kera bergelantungan sedang mencari makanan yaitu buah bakau.

3. Kampung Laut Cilacap

Kampung Laut Cilacap

Tempat wisata di Cilacap yang ketiga adalah kampung laut yang merupakan sebutan untuk seluruh pemukiman “desa” penduduk sekitar yang berada di Segara Anakan, yaitu kawasan perairan yang terletak di antara daratan Cilacap sebelah Barat dengan Pulau Nusakambangan Cilacap.

4. Benteng Karang Bolong

Benteng KArang Bolong

Benteng ini cocok untuk dijadikan sebagai objek wisata mistis di Cilacap. Jadi khusus untuk anda yang doyan dan suka dengan hal-hal yang berbau mistis, bisa menjadikan benteng ini sebagai pilihan.

Wisatawan yang datang berkunjung bisa masuk ke dalam benteng dan melihat sisa-sisa peninggalan yang masih tersedia di ruang medis, ruang penjara, ruang dapur, dan ruang rapat. Tiap lorong benteng yang ada di benteng karang bolong memberikan gambaran sistem pertahanan yang dibangun pada masa penjajah Belanda.

5. Benteng Pendem

Benteng Pendem

Benteng Pendem Cilacap merupakan peninggalan dari Belanda yang terletak di kawasan pantai Teluk Penyu. Sebelum menjadi obyek wisata, benteng ini sempat tertutup tanah dan tidak terurus.

Ada beberapa ruangan di dalam benteng dan masih kokoh berdiri. Secara umum ruangan yang diketahui terdiri dari barak, benteng pertahanan, benteng pengintai, ruang rapat, gudang senjata, gudang mesiu, ruang penjara, dapur, ruang perwira, dan ruang peluru.

6. Gunung Srandil Cilacap

Gunung Srandil

Goa gunung Srandil merupakan bukti sejarah yang luar biasa di mata masyarakat Indonesia, dan juga di mata dunia. Selain keunikan dan keindahanya, tempat ini merupakan tempat wisata yang populer. Disamping wisata alam dan budaya juga terdapat wisata spiritual atau religius antara lain di gunung srandil dan selok.

7. Pantai Teluk Penyu

Pantai Teluk Penyu

Pantai teluk penyu berbatasan langsung dengan Samudera Hindia membuat Cilacap juga memiliki jajaran pantai yang indah. Salah satu yang terkenal adalah Pantai Teluk Penyu. Lokasinya tidak jauh dari Benteng Pendem.

Meski kamu tidak akan menemukan penyu di pantai ini, namun panorama pantainya sangat indah dengan latar belakang Pulau Nusakambangan yang tampak hijau. Senja juga jadi waktu terbaik untuk menikmati panorama pantai ini.

8. Pantai Jetis Cilacap

Pantai Jetis Cilacap

Tempat wisata di Cilacap berikutnya adalah sebuah pantai yang masih asri. Pantai Jetis merupakan pantai yang masih perawan karena masih belum banyak orang yang mengetahui pantai ini. Letak jetis sendiri ada di bagian ujung timur wilayah Kota Cilacap.

Dengan gelombang laut selatan yang terkenal sangat besar serta pemandangan dan pegunungan kapur pada wilayah Kota kebumen, membentang dengan hampir 3 km pada pintu timur tempat pintu masuk ke TPI (tempat pelelangan ikan) Pantai Jetis.

9. Pantai Permisan

Pantai Permisan

Pantai yang ikonik dengan pisau komando yang tertancap diatas gugus karang ini bagus dengan pasir yang putih walaupun tidak seputih yang saya harapkan tapi kebersihan pantainya masih terjaga, tidak terlalu banyak sampah.

Karena terletak termasuk di daerah yang dibatasi (restricted area). di pantai ini sudah terdapat sarana MCK dan ada tempat yang bisa digunakan untuk beribadah pantai ini adalah tempat pelantikan dan pembaretan anggota baru Kopassus TNI-AD

10. Pantai Kalipat

Pantai Kalipat

Pantai kalipat juga bisa anda jadikan tempat liburan di Cilacap. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang ada di kawasan nusakambangan yang sangat mempesona.

Pantai dengan hamparan pasir putih dengan ombak biru berpadu dengan hujaunya bebukitan membuat sobat merasa damai dan nyaman. Anda yang datang liburan kesini bisa mandi-mandi sambil bermain pasir atau bisa juga memanjat pohon di pinggir pantai sambil menikmati ombak air laut nan biru.

11. Pantai Karang Pandan

Pantai Karang Pandan

Pantainya keren. Pasir putih bersih dan lembut di kaki. Pemandangan lansung menghadap birunya Samudera Hindia beserta kapal kapal besar yang akan berlabuh atau sedang berhenti.

Ombaknya tidak terlalu besar. Fotogenik sekali. Termasuk pantai berkarang. Sayang sekali masih ada tangan nakal yang membuang sampah seenaknya. Jika kesini pagi pagi sangat menyejukkan hati. Disarankan untuk membawa bekal jika ingin kesini.

12. Pantai Kali Kencana


Pantai Kali Kencana

Pantai Kalikencana layak mendapatkan julukan salah satu hidden paradisenya pantai yang ada di Nusakambangan. Karena pantai ini begitu indah dan alami, sebab ngga banyak wisatawan yang menuju ke pantai ini dikarenakan medan menuju panati ini lumayan berat, naik turun bukit Nusakambangan, perjalanan umumnya di tempuh dengan waktu 2,5-3 jam.

Sepanjang perjalanan pun banyak spot menarik seperti bekas benteng jepang biasa di sebut “Nggliger” , belum lagi melewati sungai dan air terjun kecil.. Tapi perlu diingat, bahwa pantai Kalikencana terletak di selatan pulau Nusakambangan yang langsung berhadapan dengan Samudera Hindia jadi terkadang ombaknya sangat besar.. Pantai yang berpasir putih ini sangat cocok untuk camping, trekking, maupun memancing.

13. Pantai Widara Payung

Pantai Widara Payung

Pantai dengan laut biru dan pasir hitam yang ombak nya membuat setiap insan ingin menceburkan diri ke pantai(bukan bunuh diri loh ya), pokoknya view nya tuh masih Bener Bener pedesaan bgt, uppsss walaupun di desa tapi kalian gak perlu khawatir guys, Disana banyak pedagang kok, mau jajan apa aja juga ada.

14. Waduk Kubangkangkung

Waduk Kubangkangkung

Kubangkangkung, membaca dari namanya saja pasti banyak traveler yang mengira jika tempat ini adalah sebuah kubangan yang penuh lumpur. Faktanya ini adalah obyek wisata di kabupaten Cilacap yang tengah hits lantaran punya waduk indah dengan panorama sekitar yang begitu mempesona.

Sudah pernah berkunjung kesana belum? Terletak di Kecamatan Kawunganten terdapat waduk sekaligus desa bernama Kubangkangkung. Tempat ini bukan kubangan berlumpur yang penuh dengan tanaman kangkung namun sebuah waduk cantik yang konon dibangun pada masa kolonial Belanda sebagai sumber penyimpanan air bersih.

15. Hutan Pinus Karanggedang

Hutan Pinus Karanggedang

Hutan Pinus Karanggedang di Sidareja Cilacap Jawa Tengah adalah salah satu tempat wisata yang berada di desa karanggedang, kecamatan sidareja, kabupaten cilacap, provinsi jawa tengah, negara indonesia . Wisata Hutan Pinus Karanggedang di Sidareja Cilacap Jawa Tengah adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan.

Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari. Wisata Hutan Pinus Karanggedang di Sidareja Cilacap Jawa Tengah memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota cilacap tidak mengunjungi wisata hutan yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

16. Curug Cimandaway

Curug Cimandaway

Curug Cimandaway merupakan tempat wisata di cilacap yang menyuguhkan pemandangan yang indah. Suasana yang masih alami dan dikelilingi oleh pohon-pohon rindang dan area persawahan menjadi pemandangan yang sangat menyenangkan jika anda mengunjungi curug ini.

Dilihat dari kejauhan sudah mulai terdengar gemuruh dan desiran air yang jatuh dari atas dan aliran sungai yang sangat deras. Jika anda sudah berada tepat di pinggiran air terjun, maka anda akan melihat keajaiban Tuhan Yang Maha Pencipta. Air terjun dengan ketinggian sekitar 65 m akan terlihat menjulang tinggi disertai embun dari air terjun yang bertebaran sehingga menyejukan badan.

17. Desa Matenggeng

Desa Matenggeng

Matenggeng adalah desa di kecamatan Dayeuhluhur, Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia. Desa Matenggeng merupakan salah satu desa paling barat di Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat Terdapat Sungai Cijulang yang mengalir sepanjang batas barat desa ini membatasi dengan wilayah Kabupaten Ciamis.

18. Masjid Batu Taman Hati

Masjid Batu Taman Hati

Uniknya Masjid Batu Taman Hati di Cilacap. Masjid Batu Taman Hati dibangun seumpama goa. Berlokasi di Jalan Nusantara, Kelurahan Tritih Kulon, Kecamatan Cilacap Utara, masjid unik ini dikelilingi taman asri.

19. Pura Mandara Giri Gunung Selok

Pura Mandara Giri

Tempat wisata di Cilacap berikutnya adalah pura Mandara Giri. Pura ini ada di dalam kawasan wisata Gunung Selok. Jadi tiket masuknya sama dengan wisata Gunung Selok. Pura ini merupakan tempat persembahyangan umat Hindu. Wisatawan bisa menikmati arsitektur bangunan pura yang unik.

20. Alun – Alun Majenang

Alun-alun Majenang

Alun -alun majenang merupakan sebuah lapangan luas dan dijadikan sebagai tempat kumpul warga lokal. Alamat: Jl. Diponegoro, Jenang Utara, Jenang, Majenang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53257.

21. Banyu Pratama

Banyu Pratama

Banyu Pratama Kab Cilacap terletak di provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Tepatnya di Jl. Raya Sampang- Sikampuh No.KM 1, Keongkencana, Sidasari, Sampang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53273.

22. Air Terjun Cipetus

Air Terjun Cipetus

Air Terjun Citepus Kab Cilacap terletak di provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Tepatnya di Jl. Karang Jati, RT 01 / RW 01, Jeruklegi, Citepus, Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53252.

23. Waterpark Tirtamas

Waterpark Tirtamas

WaterPark Tirtamas salah satu tujuan berlibur di Kabupaten Cilacap, Jawa tengah. Sebuah kolam renang dilengkapi dengan beragam permainan air menarik tentu cocok untuk mengajak putra-putri Anda rekreasi serta bermain air sepuasnya.

Tak hanya itu, harga tiket masuk WaterPark Tirtamas tergolong murah meriah, namun akan sebanding dengan tersedianya wahana dan fasilitas yang tersedia di kawasan wisata air ini. Suasana di area kolam cukup nyaman dan bersih.

24. Sentul Park Cilacap

Waterpark Sentul

Sentul Waterpark Cilacap dilengkapi fasilitas pendukung yang memadai seperti kamar ganti, kamar bilas, loker, musholla dan juga area parkir yang luas. Di sekeliling kolam juga dilengkapi dengan kursi dengan berbagai ukuran sehingga menambah kenyamanan bagi para pengunjung. Tersedia pula food court yang menyediakan aneka minuman dan makanan dengan harga terjangkau.

25. Alun – Alun Kroya

Alun-alun Kroya

Alun-Alun Kroya merupakan tempat favorit bagi warga sekitar untuk bersantai dan menikmati kuliner. Alun-alun ini memiliki sebuah tugu dan pusat kuliner. Anak-anak juga disediakan kereta mainan. Para warga yang datang bisa berolahraga ataupun hanya bersantai sambil membeli makanan.

26. Museum Susilo Soedarman

Museum Susilo Soedarman

Museum ini menyimpan banyak peninggalan dari Jenderal TNI (Purn) Soesilo Soedarman. Pendopo Wisma Mbah Ageng menjadi tempat museum yaang dibangun oleh kakek buyut dari Soesilo Soedarman.

Kemudian, tidak hanya di dalam gedungnya saja, wisatawan yang liburan kesini juga bisa melihat kendaraan panser Amphibi dan pesawat patroli maritim NOMAD N-22 TNI-AL di halaman museum. Di bagian dalam terdapat beberapa benda peninggalan seperti senjata, gamelan, wayang, foto-foto, dan lain-lain

27. Pantai Srandil

Pantai Srandi

Dinamakan Pantai Srandil karena letak pantai ini yang bersebelahan dengan Gunung Srandil. Sebuah bukit yang persis di tepi laut. Disamping wisata alam dan budaya juga terdapat wisata spiritual atau religius antara lain di gunung srandil dan selok .

Untuk menuju ke Wisata pantai srandil ini relatif mudah ditempuh dengan kendaraan penumpang bus umum jurusan Cilacap-Jatijajar-Kebumen atau kendaraan pribadi karena jalannya sudah beraspal dan dekat dengan jalan lintas selatan-selatan. Papan petunjuk jalan pun sudah banyak terpasang di sepanjang jalan menuju lokasi ini.

28. Bumi Perkemahan Jambusari

Bumi Perkemahan Jambusari

Bumi perkemahan merupakan salah satu sarana yang di perlukan untuk membangun pendidikan karakter, mengembangkan pariwisata lokal, serta meningkatkan kecintaan kepada alam.

Mempertimbangkan bentang alam yang luas dan beragam, semestinya Pemkab Cilacap memiliki visi yang besar untuk mengembangkannya. Sebelumnya sempat muncul rencana bahwa Bumi Perkemahan Jambusari akan dihidupkan kembali, oleh cabang kepramukaan Kwarcab XI.01 Cilacap Utara.

29. Pemandian Air Panas Cipari

Air panas Cipari

Salah satu tempat wisata yang disukai oleh semua kalangan usia adalah tempat wisata air atau yang bisa berbasah-basahan. Tempat wisata air sangat beragam, diantaranya pantai, air terjun, waterboom, dan juga tempat pemandian air panas. Kabupaten Cilacap punya satu tempat wisata yang sangat cocok dikunjungi oleh segara umur, namanya Pemandian Air Panas Cipari.

Pemandian Air Panas Cipari ini terletak di Desa Cipari Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 75 km ke arah barat dari kota Cilacap dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1,5-2 jam perjalanan.

30. Pantai Ketapang Indah

Pantai Ketapang

Pantai ketapang indah yang memiliki luas sekitar 10 hektar. Akses menuju ke tempat wisata ini sangat mudah dengan menggunakan roda dua atau roda empat ke arah Cilacap-Gombong. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah dan rimbun, banyak pohon kelapa di pinggir pantai.

Ombak di pantai ini cukup besar, sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat berselancar. Selain itu, juga berdiri kios-kios cinderamata juga tertata dengan baik di sekitar pantai. Lokasi pantai ini ada di Desa Sidaurip, Kecamatan Binangun. Pantai ketapang ini memiliki tempat parkir bebas, tempat berteduh dibawah pohon kelapa dan kios – kios cindera mata sudah tertata rapi.

31. Pantai Sodong

Pantai Sodong

Pantai Sodong adalah salah satu destinasi pariwisata pantai Cilacap Jawa Tengah yang cukup terkenal dengan keindahan dan keasriannya. Pantai yang terletak di Desa Karang Benda Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap ini dijuluki pantai Bedahan atau pantai Selok oleh warga sekitar karena keberadaan pantai Sondong yang berdekatan dengan Gunung Selok.

Keberadaan pantai ini kurang begitu dikenal dibandingkan pantai-pantai lain di Kota Cilacap seperti pantai widera Payung, Nusakambangan, Permisan, dan Pantai Teluk Penyu. Dengan adanya perkembangan zaman, teknologi informasi semakin berkembang sehingga warga sekitar atau pemerintah Kota Cilacap. Dapat mempromosikan dan mengenalkan Pantai Sodong kepada warga Indonesia dengan bantuan media sosial seperti facebook, instagram, dan blog di internet. Pantai Sodong ini tidak kalah dengan pantai-pantai lain di Indonesia dalam hal keindahan.

32. Pantai Cemara Sewu

Pantai Cemara Sewu

Tempat wisata di Cilacap berikutnya adalah pantai cemara sewu yang sesuai dengan namanya tumbuh banyak pohon cemara yang berada di pinggir pantai. Pohon Cemara Udang yang terdapat di sana menambah keindahan pantai. Pemandangan disekitar pantai ini cukup indah, anda akan disuguhkan pemandangan perbukitan di Tanjung Karangbolong. Para wisatawan bisa memanfaatkan warung makan yang ada di sekitar pantai. Tersedia fasilitas kolam renang di bagian timur pantai.

33. Pantai Pasir Putih Cilacap

Pantai Pasir Putih

Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki pasir putih bersih dan halus, namun pantai ini tidak terlalu luas. Meskipun tidak terlalu luas, namun indahnya pemandangan yang disajikan begitu memanjakan mata. Sehingga akan membuat wisatawan yang liburan kesini pasti puas.

34. Pantai Singkil Karang Pangkis

Pantai Singkil

Wisata Pantai Singkil Karang Pakis di Nusawungu Cilacap Jawa Tengah adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Karang Pakis, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia.

Wisata Pantai Singkil Karang Pakis di Nusawungu Cilacap Jawa Tengah adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

35. Pantai Ranca Babakan

Pantai Ranca babakan

Untuk sampai ke pantai ini, wisatawan harus menempuh perjalanan sejauh 35 km dari dermaga Sodong. Rute lainnya bisa kita tempuh dari Pelabuhan Seleko menumpang Perahu Compreng dan turun di pantai dekat Plawangan, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki melalui jalan tikus untuk menuju Pantai Ranca Babakan. Para pengunjung dapat melakukan aktivitas berlibur seperti bersantai, bermain air atau hanya sekedar duduk-duduk di pinggir pantai sambil menikmati hembusan semilir angin pantai tersebut.

Baca Juga : Tempat Wisata di Purwokerto yang Paling Bagus dan Hits

Nah dari informasi wisata diatas Tempat Wisata di Cilacap Jawa Tengah Terbaru yang Lagi Populer semoga dapat membantu anda ketika berwisata. Teman-teman silahkan baca artikel destinasi wisata menarik lainnya ya di sini dengan begitu anda akan mendapatkan banyak informasi wisata bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *