21 Tempat Wisata di Bukittinggi Terbaru Terhits yang Wajib Dikunjungi

Tempat wisata di Bukittinggi – Perlu kamu ketahui, bahwa Bukittinggi pernah menjadi ibu kota negara Indonesia pada zaman pendudukan Belanda. Kota tempat kelahiran Bung Hatta ini selain menyimpan sejarah, wisata belanja murah meriah, juga dikenal sebagai kota yang memiliki kontur alam yang berbukit-bukit.

Kota Bukittinggi merupakan kota terbesar kedua di Provinsi Sumatera Barat. Kota ini pernah menjadi ibu kota Negara Indonesia pada masa Pemerintahan Darurat Indonesia. Kota ini berada pada ketinggian sekitar 909–941 meter di atas permukaan laut, oleh karena itu daerah ini memiliki hawa cukup sejuk dengan suhu berkisar antara 16.1–24.9 °C.

Wisata Bukittinggi memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Keindahan alam yang masih natural, ditambah keramahan penduduknya membuat kota ini layak disejajarkan dengan Pulau Jawa. Berikut beberapa tempat wisata terbaru di Bukittinggi.

Baca Juga : Tempat Wisata di Aceh yang Lagi Hits Wajib Dikunjungi

1. Jam Gadang Bukittinggi

Jam Gadang

Benar, jam gadang merupakan ikon dari kota yang ada di Sumatra Barat ini. Berdiri di kawasan Taman Sabai Nan Aluih atau tepatnya di depan Istana Bung Hatta, jam ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Mereka berkeliling taman sambil menikmati megahnya jam raksasa dengan ukuran 13 x 4 meter tersebut. Untuk semakin menjamin kenyamanan pengunjung, pemerintah setempat juga melengkapi taman di sekitar jam gadang ini dengan kursi-kursi yang terbuat dari beton.

2. Lobang Jepang Bukittinggi

Goa Jepang

Tempat wisata selanjutnya adalah Lobang Jepang, yap benar, Bunker yang dibuat pada zaman penjajahan Jepang ini akan membuat wisata sejarah Anda semakin lengkap. Lubang yang berjarak sekitar 40 meter di bawah Ngarai Sianok ini mempunyai panjang 1.470 meter. Uniknya dari lubang ini adalah adanya terowongan sebanyak 21 buah.

Di dalamnya, Anda akan mendapati 21 terowongan yang pada zaman dahulu digunakan untuk tempat tinggal, tempat amunisi, ruang pertemuan, dapur, ruang penyergapan, ruang tahanan, sekaligus ruang penyiksaan. Di tempat ini, Anda akan merasakan betapa perjuangan para pahlawan kita sangat berat di bawah tekanan Jepang.

3. Janjang Saribu Bukittinggi

Janjang Saribu

Untuk anda yang ingin mengunjungi tembok besar China kini bisa beralih ke tembok besar Koto Gadang. Great wall of koto Gadang ini menjadi tempat wisata di Bukittinggi yang wajib anda kunjungi.

Sebelum kesini, pastikan fisik anda dalam kondisi fit dan bugar, karena anda harus melewati anak tangga yang sangat banyak, sama seperti tembok besar di China sana.Grat wall of koto gadang ini membentang ke kawasan bawah Ngarai Sianok. Jalan anak tangga tersebut dalam bahasa daerah ini diberi nama Janjang Saribu, atau yang berarti tangga seribu.

4. Bukit Ngarai Takuruang

Bukit Ngarai

Tabiang Takuruang merupakan salah satu wisata terbaru yang tak jauh dari Bukittingi, Sumatera Barat karena pemandangan mempesona mulai dari Sungai dengan air jernih, bukit yang menjulang sendiri serta latar belakang Puncak Singgalang.

Arti Tabiang Takuruang artinya Bukit Terkurung karena memang sebuah tebing tinggi teronggok menjulang membelah sungai menjadi dua jalur terus dikelilinginya bukit.

5. Benteng Fort de Kock

Benteng Fort Dekock

Benteng Fort De Kock adalah benteng peninggalan Belanda yang berdiri di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia. Benteng Fort De Kock ini didirikan oleh Kapten Bouer pada tahun 1825. Benteng Fort De Kock yang terletak di atas Bukit Jirek ini digunakan oleh Tentara Belanda sebagai kubu pertahanan dari gempuran rakyat Minangkabau terutama sejak meletusnya Perang Paderi pada tahun 1821-1837.

Disekitar Benteng Fort De Kock masih terdapat meriam-meriam kuno periode abad ke 19. Pada tahun-tahun selanjutnya, di sekitar Benteng Fort De Kock ini tumbuh sebuah kota yang juga bernama Fort de Kock.

6. Lembah Ngarai Sianok

Lembah Ngarai

Tempat wisata di Bukittinggi yang selanjutnya adalah ngarai sianok yang membentang sejauh kurang lebih 15 km dari sisi selatan Nagari Koto Gadang hingga Nagari Sianok Enam Suku, dengan kedalaman lembah mencapai 100 meter dan lebar celah sekitar 200 meter

Ngarai sendiri merupakan salah satu fenomena alam yang menakjubkan, karena merupakan hasil dari pergerakan lempeng bumi berupa pengangkatan. Bagi anak geologi atau kebumian pasti sangat paham dengan fenomena ini.

7. Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan

Taman Marga Satwa Budaya

Taman Marga Satwa Budaya Kinantan atau yang lebih familiar di telinga masyarakat di Sumatera Barat dengan sebutan Kebun Binatang Bukittinggi adalah salah satu kebun binatang tertua di Indonesia. Untuk mencapai lokasi ini Anda dapat menggunakan jalur darat. Dari kota Padang ke Bukittinggi, perjalanan dapat ditempuh selama lebih kurang 2 jam perjalanan.

Memasuki area Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan, akan segera terlihat sebuah kandang Gajah, serta Rumah Adat Baanjuang yang digunakan sebagai museum. Kawasan ini cocok untuk dinikmati sambil berjalan santai di pagi atau sore hari, sambil menikmati pemandangan Kota Bukittinggi di pagi dan senja hari, dengan hawa perbukitan yang sejuk dingin.

8. Jembatan Limpapeh

Jembatan Limpapeh

Jembatan Limpapeh dibangun tahun 1995 dengan warna kuning dan merah yang terlihat dominan sebagai hiasannya. Terbuat dari baja, jembatan ini menghubungkan Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan dengan Benteng Fort de Kock. Sekilas.

Jembatan Limpapeh terlihat tidak begitu menarik jika dilihat dari bawah, namun saat mencoba untuk menyeberang dengan menggunakan jembatan, terasa getaran dan goyangan yang justru memancing adrenalin.

9. Museum Rumah Adat Baanjuang

Rumah Adat Baanjuang

Rumah adat yang berada di Taman Margasatwa ini memang cukup menyita perhatian. Bentuknya yang masih sangat tradisional dengan anjungan di sebelah kanan dan kirinya, membuat setiap pengunjung merasakan nuansa kedaerahan yang tinggi. Tidak hanya itu, bagian atapnya yang terbuat dari ijuk serta dinding kayu atau bambu dan lantai kayunya, semakin menambah kesan tradisional tersebut.

Tidak hanya berbagai benda bersejarah dan budaya tanah Minang saja yang disimpan di tempat ini, namun juga beberapa awetan binatang dengan kondisi aneh, seperti kerbau berkepala dua, kambing bermuka dua, hingga kerbau berkaki delapan. Ada sekitar sembilan ruangan di dalam rumah ini.

10. Museum Rumah Bung Hatta

Rumah Bung Hatta

Tempat wisata selanjutnya yaitu Rumah Bung Hatta, dulu Di sini, beliau termasuk orang berada dengan memiliki tanah sangat luas. Untuk menghormati dan mengenang jasa beliau, rumah yang menjadi tempat kelahiran Bung Hatta pun kini dijadikan sebagai museum yang wajib untuk Anda kunjungi.

Pengelolaan atas museum seluas 1.000 m2 ini langsung ditangani oleh Dinas Pariwisata, Seni, dan Budaya kota Bukittinggi.

11. Danau Maninjau

Danau Maninjau

Danau ini terletak di atas cekungan Singkarak-Solok. Danau yang mempunyai kedalaman hingga 268 meter ini sebenarnya dulu hanya digunakan sebagai pusat listrik tenaga air di Singkarak dengan sumber daya berasal dari terowongan air sepanjang 19 km yang menembus hingga bukit barisan.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, tempat ini kemudian dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata di Bukittinggi. Salah satu spot menarik di danau ini adalah kelok 44, yaitu suatu kawasan yang menyajikan bentangan danau dengan hiasan hamparan sawah yang sangat subur. Siapa saja yang melihatnya pasti akan terkagum-kagum dibuatnya.

12. Taman Ngarai Maaram Bukittinggi

Taman Ngarai

Taman memiliki luas satu hektar ini terletak di belakang rumah sakit umum daerah Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi. Dengan konsep ruang terbuka hijau, taman ini memang sengaja diperuntukkan bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana teduh dan sejuk tanpa terganggu kendaraan bermotor.

Ada berbagai fasilitas yang disediakan di tempat ini, mulai dari jalan setapak, arena bermain anak, panggung untuk pementasan, hingga spot menarik untuk berselfie.

Di spot yang langsung menghadap ke hamparan Ngarai Sianok ini, Anda dapat berfoto ria di atas titian yang terletak di bibir ngarai. Cukup menguji adrenalin Anda sih, namun jangan khawatir karena titian ini terbuat dari rangka besi yang kuat. Jadi, Anda aman melakukan selfie di tempat ini.

13. Taman Panorama Bukittinggi

Taman Panorama Bukittinggi

Taman yang berada tak jauh dari Jam Gadang ini menawarkan keindahan alam Ngarai Sianok, di mana goa Lubang Jepang berada. Tempat ini sangat teduh karena banyak tumbuh pepohonan rindang.

Bahkan, di beberapa titik disediakan gazebo untuk Anda yang ingin istirahat barang sebentar setelah berkeliling taman sambil menikmati suasana damai di tempat ini.

14. Gedung Negara Tri Arga

Gedung Negara Tri Arga

Gedung yang di sekitarnya dihiasi pohon cemara dan palma ini memang cukup sejuk dan asri. Halamannya yang luas nan hijau menggoda siapa saja untuk mengunjunginya. Sayangnya, gedung ini dipagari tembok. Meskipun cukup rendah dan tampak terbuka, Anda tidak diperbolehkan memasuki lebih dalam bangunan istananya itu sendiri.

Seorang penjaga akan bergegas melarang keinginan Anda untuk masuk. Namun begitu, suasana di luar pagar tembok tersebut sudah cukup membuat Anda terkagum-kagum dan merasa nyaman.

15. Taman Monumen Bung Hatta

Monumen Bung Hatta

Jika tidak boleh masuk istana Bung Hatta, tidak menjadi soal masalah. Sebab, Anda masih bisa menikmati taman yang berada di samping istana tersebut. Taman yang dibangun di lereng bukit rendah ini cukup rindang dan sejuk.

Di puncak bukitnya, dibangun patung Bung Hatta yang sedang berdiri tegak dengan kepala sedikit menunduk dan tersenyum tipis. Sementara, salah satu tangannya terangkat ke atas seakan hendak menyapa setiap pengunjung yang datang. Patung ini dibangun untuk mengenang semua jasa beliau.

16. Museum Tri Daya Eka Dharma

Tri Daya Eka Dharma

Museum ini merupakan salah satu sarana komunikasi antar generasi untuk mewariskan nilai-nilai juang 45. Di museum ini dapat kita saksikan peninggalan sejarah seperti pesawat, senjata, sarana komunikasi serta foto perjuangan sewaktu melawan penjajah Belanda dan Jepang dan lain sebagainya.

17. Janjang Ampek Puluah

Janjang Ampek Puluah

Keunikan dari tempat ini, Anda harus melewati keempat puluh anak tangga tersebut untuk bisa sampai di pasar yang ada di atasnya. Cukup ekstrem sih, karena lantai tangga yang berwarna merah tua tersebut cukup terjal.

Terlebih jika hujan turun. Air hujan yang berasal dari pasar akan langsung membasahi lantai anak tangga hingga membuatnya licin. Anda harus berhati-hati saat melewatinya.

18. Air Terjun Lembah Anai

Lembah Anai

Bukan hanya pemandangan turunnya air dari atas ketinggian yang membuat tempat wisata ini banyak digemari masyarakat, namun juga karena pemandangan alam di sekitarnya yang khas pegunungan.

Terlebih lagi, air terjun ini sangat mudah dijangkau. Anda bisa menikmati pemandangan di tempat ini berjam-jam sambil mencoba menyatukan diri dengan alam hingga pikiran terasa rileks kembali.

19. Danau Singkarak

Danau Singkarak

Di tempat ini, bahkan Anda bisa berkeliling danau dengan menggunakan sampan milik nelayan. Di sekeliling danau terdapat pepohonan yang membuat perjalanan Anda menjadi semakin sejuk dan nyaman. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menaiki kereta api wisata di setempat ini.

Tetapi, meskipun jernih, tidak banyak ikan yang ada di dalamnya. Hanya ada sekitar 19 jenis ikan saja yang hidup di tempat ini. Mungkin, karena kondisi air dan jumlah makanan yang terbatas di tempat ini yang menjadi penyebabnya.

20. The Great Wall of Koto Gadang

Koto Gadang

Tempat ini tidak lebih populer dibanding Taman Panorama dan objek wisata lainnya, maka pemerintah setempat kemudian mendirikan sebuah tembok besar dan memberinya nama unik agar para pengunjung menjadi penasaran. Tempat ini menjadi penghubung kota Bukittinggi dengan Goa Jepang di pintu 3.

21. Puncak Lawang

Puncak Lawang

Satu lagi destinasi wisata di sekitar Bukittinggi yang layak anda kunjungi yaitu puncak lawang. Puncak lawang menjadi salah satu spot untuk menikmati keindahan danah maninjau dari ketinggian.

Lokasi puncak lawang ini berjarak sekitar 22 km dari pusat kota Bukittinggi jika melalui Jalan Pintas Ngarai Sianok. Perjalanan dimulai dari jalan Atas Ngarai, melewati wisata Lubang Japang dan Janjang Koto Gadang serta Panorama Ngarai Sianok.

Baca Juga : Tempat Wisata di Padang yang Lagi Hits Wajib Dikunjungi

Itulah ke-21 tempat wisata yang patut Anda kunjungi saat berada di Bukittinggi. Beberapa keunikan dan keasrian alam dijamin akan mampu membuat Anda rileks kembali. Jadi, jangan tunggu lama lagi, segera habiskan masa liburan Anda dengan mengunjungi salah satu dari wisata Bukittinggi tersebut.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *