33 Tempat Wisata di Brebes Terbaru Paling Hits Dan Populer

Tempat Wisata di Brebes – Brebes merupakan sebuah kabupaten yang terdapat di jawa Tengah dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Cirebon Jawa Barat. Karena lokasinya yang berdekatan dengan Jawa Barat ada beberapa orang yang menggunakan bahasa Sunda sebagai bahasa sehari hari disamping Bahasa Jawa tentunya.

Bahasa Jawa di Brebes memiliki dialek yang khas dimana biasanya orang menyebutnya dengan bahasa ngapak. Memang ini adalah salah satu kekayaan budaya kita yang mesti kita lestarikan bersama. Kabupaten yang berada diperbatasan wilayah provinsi Jawa Tengah dan Jawa Barat ini terkenal dengan bahasa ngapaknya.

Baca ini : Tempat Wisata di Kendal yang Wajib Dikunjungi

Nah Adapun beberapa tempat wisata di Brebes yang sudah cukup terkenal dan dapat menjadi tujuan anda untuk berlibur diantaranya.

Curug Putri

Putri Brebes

Tempat wisata alam yang ada di Brebes yang tak kalah indahya dengan daerah lainnya. Salah satu wisata alam yang ada di Brebes adalah Curug Putri. Curug Putri memiliki pemandangan yang indah yaitu sebuah air terjun setinggi 35 meter dimana di sekitar air terjun terdapat tebing yang seolah-olah terdapat ukiran dipermukaannya.

Curug ini bisa ditempuh kurang lebih selama 30 menit perjalanan dari pertigaan Kalisalak Desa Benda ruas jalan utama Tegal – Purwokerto. Sesampainya di Desa Mendala, perjalanan dilanjutkan menuju Dukuh Padanama. Alamat Curug Putri sendiri ada di Dukuh Padanama, Desa Mandala, Kec. Sirampog, Kab. Brebes.

Kebun Teh Kaligua

Teh Kaligua

Kaligua merupakan sebuah kawasan wisata agro dataran tinggi yang terletak di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Tepatnya di wilayah Brebes bagian selatan.

Hasil pengolahan perkebunan teh Kaligua adalah berupa produk hilir teh hitam (black tea) dengan merk “Kaligua” dalam kemasan teh celup dan serbuk. Di sini merupakan obyek wisata yang sangat cocok buat anda yang hobby melihat pemandangan. Di sini anda bakalan mendapati pemandangan landscape yang indah, dipadukan dengan udara yang sejuk.

Pemandian Air Panas Tirta Husada

Pemandian Air Panas

Pemandian Air Panas Tirta Husada adalah objek wisata yang terletak di desa Kedungoleng bagian Barat tepatnya di pedukuhan Cipanas. Pemandian Air Panas Tirta Husada sebagai salah satu tempat wisata pemandian air panas alami yang dipercaya banyak orang dapat dimanfaatkan untuk terapi berbagai macam penyakit seperti penyakit kulit, rematik, pegal-pegal, linu dan lain-lain dengan berendam.

Selain itu juga sering di jadikan tempat rekreasi bersama keluarga yang cukup nyaman. Obyek wisata ini dilengkapi dengan fasilitas kolam renang anak, kamar mandi dan kamar mandi VIP, bahkan juga ada Cafe dan family karaoke. Tiket masuk ke sini adalah sekitar Rp. 6.000,-

Kolam Renang Ciblon Waterboom

Kolam Renang Ciblon

Ciblon Waterboom adalah sebuah waterboom unggulan di Kabupaten Brebes. Wisata keluarga di Brebes ini sangat cocok untuk didatangi bersama keluarga terutama saat liburan tiba.

Dilengkapi juga dengan fasilitas sauna, fitnes, senam aerobik, cafe. Selain itu terdapat gazebo untuk para pengunjung, kamar ganti dan lahan parkir yang cukup luas.

Waduk Penjalin

Waduk Penjalin

Brebes juga memiliki destinasi wisata waduk lain yaitu Waduk Penjalin. Waduk Penjalin memiliki luas sekitar 1,5 km persegi yang dibuat pada masa Pemerintahan Belanda atau sekitar tahun 1930. Waduk Penjalin terletak di Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes.

Saat ini belum banyak wisatawan dari luar daerah yang berkunjung ke tempat wisata murah di Brebes ini. Pengunjung paling banyak masih dari warga sekitar waduk.

Waduk Malahayu Banjarharjo

Waduk Malahayu

Waduk Malahayu merupakan sebuah bendungan peningggalan penjajahan Belanda yang terletak di Daerah kabupaten brebes ,banjarharjo tepatnya di desa yang bernama desa malahayu ,waduk ini sangat indah sekali.

Di sini kamu selain bisa melihat pemandangan waduk, anda akan dimanjakan dengan panorama pegunungan dan hamparan hutan jati. Buat anda yang hobby berkemah, di sini juga disediakan tempat untuk berkemah. Tiket masuk untuk berwisata ke waduk ini adalah Rp. 5.000.

Pantai Randusanga Brebes

Pantai Randusanga

Pantai Randusanga merupakan sebuah pantai yang terletak di Randusanga kulon, Brebes, atau 7 km dari kawasan jalan raya pantura. Pemandangan pantai ini cukup indah. Di kawasan pantai ini dimanfaatkan untuk membudiyakan rumput laut dan ikan bandeng.

Selain itu, Di sini juga terdapat makanan khas yaitu rujak uleg, bisa dicoba tuh. Fasilitas yang ada disini adalah mainan anak, panggung gembira, arena balap motor (grass track), camping ground, kafe dan rumah makan khas ikan laut bakar serta kios-kios yang menjual oleh-oleh khas Brebes berupa telur asin dan bawang merah. Tiket masuk kepantai ini cuma Rp. 10.000.

Candi Pangkuan

Candi Pangkuan

Selain terkenal dengan wisata alamnya, Kabupaten Brebes juga terdapat wisata sejarahnya yaitu Candi Pangkuan. Candi Pangkuan ini terdapat di Desa Cilibur, kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes. Candi Pangkuan pertama kali ditemukan oleh warga sekitar tahun 1965.

Sampai sekarang belum jelas tentang sejarah Candi Pangkuan ini karena tidak ada prasasti atau catatan sejarah yang menjelaskan keberadaan caandi ini. Menurut warga sekitar candi ini merupakan peninggalan masyarakat terdahulu yang digunakan sebagai tempat pemujaan.

Desa Wisata Ciseureuh

Desa Wisata Cisereuh

Tempat Wisata Desa Cisereuh ini letaknya di kaki gunung Kumbang, tepatnya di pedukuhan Jalawastu, desa Ciseureuh, Kec. Ketanggungan, Kab. Brebes. Di desa ini masih sangat kental sekali dengan budaya dan tradisi lokal daripara leluhur yang masih masyarakat sini jaga.

Di sini anda dapat melihat tradisi unik yang sudah mendarah daging dengan masyarakat asli sini. Selain itu, penduduk di sini juga pantang menanam bawang merah.

Ranto Canyon

Ranto Canyon

Ranto Canyon merupakan destinasi wisata baru yang berada di Brebes tepatnya di desa Tembongraja, kecamatan Salem. Disini terdapat sungai dan air terjun yang cukup indah dan di batasi oleh tebing yang eksotis.

Ranto canyon terletak di sebelah barat desa tembongraja, yang merupakan aliran sungai cigunung berada di tengah hutan dan masih jarang dikunjungi oleh masyarakat.

Agrowisata Besaran

Agrowisata

Agrowisata Besaran yang masuk dalam jajaran tempat wisata di Brebes ini merupakan perluasan usaha oleh PG Jatibarang. Lokasi agrowisata sendiri adalah di bekas rumah dinas administratur atau sering di sebut dengan Mbesaran.

Oleh karena itu agrowisata yang dibuat ini dinamai Agrowisata Mbesaran. Dengan biaya masuk yang cukup murah, hanya 3000 rupiah anda dan keluarga dapat bersenang-senang menikmati fasilitas seperti kereta wisata, kolam terapi ikan, flying fox, kolam renang dan perahu ontel.

Pemandian Air Panas Cipanas Buaran

Cipanas Buaran Brebes

Nah Satu lagi Wisata Brebes berupa pemandian air panas yaitu Pemandian Air Panas Cipanas Buaran. Pemandian ini berada di Desa Pengebatan Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes.

Pemandangan di pemandian Cipanas Buaran ini cukup indah karena lokasinya di sekitar perbukitan yang terdapat pepohonan pinus disekitarnya. Udara di sekitar pemandian juga sangat sejik sehingga menambah suasana pegunungan yang khas.

Wisata Telaga Ranjeng

Telaga Panjang

Telaga Ranjeng Brebes sangat nyaman, udaranya segar, serta banyak ditemukan pohon-pohon rindang yang bisa digunakan untuk berteduh menghindari teriknya sinar matahari. Air yang tersedia di telaga juga masih jernih karena tidak boleh ada satu pun perahu yang diperkenankan berlayar ke tengah telaga.

Selain itu, Telaga Ranjeng memiliki panorama hutan pinus dan perkebunan teh yang letaknya tidak begitu jauh. Keadaan seperti ini pasti bisa membuat anda takjub. Apalagi kalau tiap hari anda selalu melakukan rutinitas yang monoton dan dikejar-kejar deadline.

Kalibaya Park

Kalibaya Park

Pesona dan eksotisme alam Salem sepertinya tak pernah habis untuk di eksplore. Salah satu obyek wisata baru yang hadir adalah Wana wisata Kalibaya Park, yang berada diatas Puncak Malio atau Gunung Lio.

Wana Wisata Kalibaya Park menyajikan pesona alam puncak gunung dengan viev Waduk Malahayu, dengan fasilitas permainan Outbound, Gardu pandang (Panyawangan), menara pantau , ATV & Komodo track serta padang Savana. Tempat wisata yang dikelola oleh Lembaga Masyara kat Desa Hutan, Pemerintah Desa (Pemdes) Pasir Panjang, dan Karang Taruna.

Curug Awu

Curug Awu

Curug Awu selain sebagai tempat wisata juga meningkatkan pendapatan asli daerah dan dapat mensejahterahkan masyarakat sekitar karena berkat Curug Awu maka banyak orang yang berbondong-bondong untuk mengunjungi daerah ini.

Disini mempunyai pesona keindahan alam dan sejuk udaranya bikin daya tarik tersendiri. Lokasi Curug berada sekitar 3 kilometer ke arah utara Dukuh Gronggongan. Curug Awu memiliki ketinggian 100 meter.

Hutan Mangrove Kaliwlingi

Hutan Magrove

Hutan mangrove sebagai tujuan wisata dari Desa Wisata Pandansari Kaliwlingi Brebes. Kawasan hutan mangrove itu sengaja di buat untuk mencegah abrasi yang makin meluas di pesisir pantai Brebes.

Bukit Panenjoan

Bukit Panenjoan

Bukit Panenjoan Berada di Dusun Babakan Desa Wanoja, Bukit Panenjoan adalah tempat strategis berada tak jauh dari jalan raya desa Windusakti-Capar. Untuk melihat sunrise di sini, tidak perlu menunggu dari subuh atau pagi-pagi.

Bukit Panenjoan juga memiliki sejumlah fasilitas, beberapa di antaranya; kursi duduk untuk bersantai sembari menikmati pemandagan alam, warung makan, dan gardu pandang. Para wisatawan rela antri demi mendapatkan foto yang cantik.

Puncak Gunung Lio

Gunung Lio

Gunung Lio yang berada di perbatasan Salem dan Banjarharjo, dapat dikembangkan sebagai Bumi Perkemahan, sehingga mampu meningkatkan daya tarik Salem namun tidak mengurangi fungsinya sebagai daerah penyangga suplai air bagi kabupaten Brebes.

Selain menikmati hawa sejuk dan pemandangan yang luar biasa eksotis kita juga bisa mengenal keanekaragaman hayati yg ada di Sekitar Gunung Lio. Puncak ini bisa di tempuh dari arah Banjarharjo dgn melewati Bandungsari dan juga di tempuh dari Desa Pasirpanjang Salem.

Curug Panyusuhan

Curug Panyusuhan

Curug panyusuhan terletak di hulu sungai ci gunung yng berada tida jauh dari desa tembong raja dan windusakti. di curug tersebut terdapat sekitar 7 curug yng indah. tapi hanya dapat di tempuh dengan berjalan kaki sekitar satu setengah jam dari desa Tembongraja Kec. Salem.

Baca ini : Tempat Wisata di Solo yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai Tempat Wisata di Brebes yang Paling Diminati Pengunjung nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!