24 Tempat Wisata di Boyolali Terbaru Paling Hits Dan Populer

Diposting pada

Tempat Wisata di Boyolali – Wisata Boyolali tidak akan kalah seperti wisata di daerah lainnya karena boyolali memiliki wisata alam yang indah dan mempesona. Boyolali memang salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang dulunya tergabung dalam karesidenan Surakarta dan letaknya yang dekat dengan Surakarta, Kota ini merupakan salah satu kota penghasil susu terbaik di Jawa Tengah, susu yang dihasilkan adalah susu sapi yang biasa masyarakat setorkan kepada perusahaan-perusahaan besar yang ada di Indonesia.

Baca ini : Tempat Wisata di Medan yang Wajib Dikunjungi

Nah tempat wisata di Boyolali Jawa Tengah ini mungkin dapat menarik diri anda untuk pergi ke tempat tersebut, ternyata tempat wisata ini tidak kalah dengan daerah lain, wisata di Boyolali menyimpan perbedaan tersediri yang tentunya tidak akan anda temukan di daerah lain, berikut daftar tempat wisata di Boyolali.

1. Air Terjun Kedung Kayang

Kedung Kayang

Air terjun kedung kayang merupakan objek wisata Boyolali paling terkenal dan menjadi favorit wisatawan yang datang liburan ke Boyolali. Air terjun ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa, pemandangan sekitarnya masih alami dan asri.

Harga tiket masuk per orang sebesar Rp 2.500, didalam kawasan wisata kedung kayang juga terdapat tempat istirahat bagi pengunjung. Pengunjung dapat menikmati pemandangan sungai alami dengan air yang cukup jernih, selain itu kamu bisa bermain air di bawah air terjun ini. 

Fasilitas yang tersedia berupa penginapan/ homestay, perkemahan, dan warung. Waktu yang paling ramai dikunjungi adalah hari sabtu-minggu dan hari libur nasional terutama bagi pasangan muda-mudi.

2. Taman Air Tlatar

Taman Air Tlatar

Tempat wisata Boyolali yang tidak kalah terkenalnya adalah taman air Tlatar yang lokasinya ada di Desa Kebonbimo, Kecamatan Boyolali dengan jarak tempuh dari kota kira-kira 4 km ke arah utara. Objek wisata Boyolali ini snagat cocok sekali untuk menikmati waktu liburan bersama keluarga apalagi bersama anak-anak.

Pasti semua akan merasa senang saat liburan disini, karena terdapat banyak wahana permaian disini, fasilitas yang tersedia berupa rumah makan lesehan, pemancingan, kios cenderamata, kolam renang anak dan dewasa, taman wisata air, lapangan woodball, panggung hiburan setiap menjelang bulan Puasa.

Nah disini anda bisa menikmati aneka sajian kuliner lezat sambil bermain air, pasti menyenangkan sekali bukan? Selain fasilitas yang sudah disebutkan di atas, juga ada “Kolam Keceh”, becak air serta terapi ikan. Objek wisata yang satu ini selalu ramai, apalagi saat akhir pekan.

3. Pemandian Umbul Pengging

Umbul Pengging

Pemandian Umbul Pengging merupakan salah satu tempat wisata di Boyolali yang terletak di Pengging, Kecamatan Banyudono dan merupakan salah satu tempat wisata favorit dari daerah tersebut. Pemanidan Umbul Pengging Boyolali merupakan sebuah pemandian dari mata air yang jernih dan struktur bangunan yang masih dipertahankan keasliannya hingga sekarang, pemandian ini memiliki sejarah penting yaitu dulunya digunakan untuk pemandian raja Kasultanan Surakarta dan keluarga kerajaan.

Pemandian Pengging ini berada di kecamatan Banyudono. Sekitar 20 menit jika ditempuh dari Kota Solo. Tempat ini cukup spesial karna dulunya merupakan tempat pemandian keluarga Kraton Kasunanan Solo. Sehingga jangan heran kalau di sekitar sana masih terdapat bangunan-bangunan yang bernuansa kraton. Di sekitar pemandian juga terdapat makam seorang pujangga kraton bernama Raden Ngabehi Yosodipuro Terletak di Banyudono, merupakan wahana wisata kreasi air.

4. Candi Lawang

Candi Lawang

Tempat wisata Boyolali yang menawarkan pesona sejarah salah satunya adalah Candi Lawang. Boyolali memiliki banyak peninggalan sejarah masa lampau, terutama peninggalan parawali. Candi ini merupakan peninggalan Hindu abad ke-9 yang menghadap ke arah Barat. Di sekeliling candi tidak ditemukan arca maupun relief.

Yang ada hanya batu berornamen. Sekitar candi tersebar bebatuan yang belum disusun. Candi lawang terletak di Dusun Gedangan, Kec. Cepogo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Dari Jogja menuju kota Boyolali bisa ditempuh selama 1,5 jam menggunakan sepeda motor.

5. Trekking Gunung Merbabu

Gunung Merbabu

Gunung Merbabu merupakan sebuah gunung yang menjadi salah satu tujuan favorite para pecinta alam untuk melakukan pendakian. Salah satu jalur pendakian ke gunung ini adalah melalui jalur Selo di Boyolali. Nah bagi para pecinta alam memang gunung Merbabu sebagai objek pendakian,

Salah satu jalur pendakian ke gunung ini adalah melalui jalur Selo di Boyolali. Berdasarkan pengalaman dari para pendaki, jalur Selo adalah yang paling mengesankan karna memiliki pemandangan paling indah. Jika melakukan pendakian dari jalur Selo kita akan melewati beberapa padang sabana luas yang dipenuhi oleh bunga edelweis. Nah  bagi anda suka mendaki?

6. Waduk Kedung Ombo

Waduk Kedung Ombo

Selanjutnya tempat wisata Waduk Kedung Ombo menjadi objek wisatai Boyolali yang tidak boleh anda lewatkan. Lokasinya ada di Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu, sekitar ± 50 km ke arah utara Kota Boyolali menjanjikan rekreasi hutan dan air yang menyegarkan serta pemancingan.

Waduk ini sendiri sebenarnya berada di tiga kabupaten yakni Boyolali, Sragen serta Grobogan. Di bagian Boyolali waduk yang berada di Desa Wonoharjo, Kec Kemusu. Jaraknya kira-kira 50 km dari kota Boyolali ke arah utara. Selain berfungsi untuk mengairi persawahan, waduk ini juga punya objek wisata yang sangat menarik.

7. Candi Sari

Candi Sari Boyolali

Candi sari merupakan salah satu objek wisata yang menawarkan nilai sejarah masa lalu. Candi ini berada di Desa Gedangan, Kec. Cepogo, Kab. Boyolali. Candi Hindu ini kali pertama ditemukan sekitar 1967.

Bukit tempat Candi Sari berada dipercaya sebagai sumber mata air yang penting bagi kehidupan warga sekitar. Situs sejarah itu dikeramatkan oleh warga. Candi Sari dikelilingi beberapa desa yang warganya masih memegang kepercayaan dan menjaga kelestarian bangunan.

8. Agrowisata Sapi perah Cepogo

Agrowisata Sapi Perah

Agrowisata Sapi Perah Cepogo Boyolali sudah terkenal di mana-mana. Saking terkenalnya, sampai-sampai ada lirik dalam suatu lagu campursari yang menyebutkan susu Boyolali. Selain pengunjung bisa menikmati minuman susu sapi segar, juga bisa menikmati suasana alam sekitarnya yang begitu mempesona.

Sejak menuju lokasi Agrowisata Sapi Perah Cepogo saja sudah disuguhi keelokan topografi alam pegunungan dan udara yang sejuk. Belum lagi suguhan kemegahan puncak Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang berada di antara kedua sisi lokasi agrowisata ini.

Agrowisata Sapi Perah Cepogo terletak di Desa Cepogo, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Wilayahnya berada di ketinggian sekitar 800 meter dari atas permukaan laut.

Dengan ketinggian tempat seperti ini sudah tentu temperatur udara di sekitarnya terasa sejuk. Untuk peternakan sapi perah sudah tentu sangat cocok. Tumbuh kembang sapi perah bagus dan produktivitas susunya juga tinggi. Kualitas susu yang dihasilkan juga tinggi.

9. New Selo

New Selo Boyolali

New Selomerupakan landmark yang paling mencolok di kawasan koridor Gunung Merbabu dan Taman Nasional Gunung Merapi. New Selo berada di batas kawasan hutan dengan lahan masyarakat yang posisinya ada di ketinggian.

New Selo sendiri merupakan titik awal pendakian ke Gunung Merapi, kita dapat menjumpai joglo, gardu pandang, beberapa warung makan, serta fasilitas MCK. Perlu anda ketahui, akses jalan kesini berupa jalan aspal halus, namun kelerengan yang cukup terjal memerlukan nyali tersendiri untuk menempuhnya.

10. Waduk Cengklik

Waduk Cengklik

Waduk Cengklik merupakan salah satu wisata di Boyolali yang menarik untuk dikunjungi. Wadung ini terletak di Desa Ngargorejo dan Sobokerto, Kec. Ngemplak kurang lebih sekitar 20 km ke arah timur laut Kota Boyolali, Bila dari Bandara Adi Sumarmo kurang lebih 1,5 KM (di sebelah barat bandara tepatnya).

Waduk dengan luas genangan 300 ha ini dibangun pada zaman Belanda, tujuannya untuk mengairi lahan sawah seluas 1.578 ha, bisa untuk latihan sky air. Waduk ini menjadi salah satu spot untuk menikmati sunset, dan menjadi salah satu tempat nongkring di Boyolali untuk anak-anak muda, apalagi mereka yang menggemari fotografi. Pemandangan sunset di waduk ini sangat bagus.

11. Waduk Bade

Waduk Bade Boyolali

Waduk ini adalah sebuah wisata lokal yang cukup indah di Boyolali. Berkunjung ke tempat ini saat hari beranjak senja merupakan sebuah pilihan yang sangat pas karna pemandangan sunset yang disajikan waduk ini sangat keren. Gunung Merbabu dan Gunung Merapi akan terlihat begitu mungil dari tempat ini Waduk Bade berada di desa Bade, kecamatan Klego.

Konon, lokasi waduk ini berada di tengah-tengah kecamatan Klego yang sebagian wilayahnya merupakan area pertanian. Sehingga keberadaan waduk ini bisa mengairi sawah-sawah tersebut.

12. Kampoeng Air Kragilan Boyolali

Kampoeng Air Kragilan

Desa wisata ini menjadi salah sat destinasi wisata Boyolali yang menawarkan pemandangan alam yang asri, hijau dan alami dengan suara kemerciknya air dari bukit-bukit yang ada disekitarnya.

Suasana alam yang sejuk dan tanpa polusi sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga, apa lagi dengan adanya waterbom, live music, kantin dan saung-saung bambu. Bersama keluarga kita bisa berenang bermain air sambil menikmati udara yang segar dan pemandangan pepohonan yang hijau.

13. Marning Boyolali

Wisata Marning

Nah jika anda sedang di Boyolali, jangan lupa untuk membawa Marning sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Meskipun maring sangat sederhana, namun sangat digemari untuk masyarakat dan wisatawan yang datang sebagai camilan.

Maring sendiri terbuat dari jagung yang digoreng dengna berbagai varian rasa seperti manis, pedas, presto, gepuk, dan lain-lain. Pusat pembuatan Marning terdapat di Desa Kiringan, Winong, Kebonbimo & Banaran (kecamatan Boyolali) dan Desa Metuk, Kragilan (Kecamatan Mojosongo).

Meskipun marning hanya sebagai makanan kecil (snack), makanan kecil berbahan baku jagung dengan aneka rasa itu banyak disukai oleh calon haji. Tidak sedikit calon haji yang akan berangkat melalui Bandara Adisumarmo Solo yang menyempatkan diri mampir ke Boyolali untuk membeli camilan atau makanan kecil tersebut untuk dibawa ke Tanah Suci.

Tidak hanya itu. Biasanya, menjelang Lebaran seperti sekarang marning boyolali banyak dicari, baik untuk suguhan di rumah maupun “teman” bagi mereka yang melakukan perjalanan mudik atau balik.

14. Arjuna Wijaya

Arjuna Wijaya

Legenda arjuna menjadi salah satu cerita yang populer di tengah-tengah masyarakat kita. Dahulu, pada masa kejayaannya, Arjuna dinobatkan menjadi Raja di kahyangan Raindra dan Arjuna sebagai Raja Kahyangan tersebut di anugrahi Pusaka – pusaka sakti mandraguna berwujud, gendhawa dari Bathara Indra, Panah Ardadhadali dan Bathara Kuwera, sedangkan Panah Cunda manik pemberian dari Bathara Narada.

Hingga kini, Arjuna sangat dikenalsebagai tokoh heroik yang mampu mengalahkan Raja Raksasa, Prabu Niwata Kacwaca dengan pusakanya gendewa dan panah saktinya. Nah, di Boyolali, dibuatlah simpang lima yang di tengah – tengahnya terdapat patung Arjuna Wijaya, dengan gagahnya menaiki kuda, dengan memegang gendewa dan panah bahkan patung kudanya terdiri dari 13 patung kuda. Tempat tersebut sekarang menjadi tempat nongkrong anak-anak muda.

15. Brown Canyon

Brown Canyon

Keindahan panorama alam yang eksotik membuat Brown Canyon Semarang ini menjadi salah satu obyek wisata dan tempat yang terbaik bagi para pecinta fotografi.

Disini terdapat tebing-tebing yang tinggi dan dipadu dengan adanya pohon-pohon di puncaknya dan juga membuat tempat ini sebagai pemandangan yang menarik. Lokasi tepatnya berada di Sebelah Utara Wisata Kampoeng Air, Kragilan Mojosongo, Boyolali.

16. Air Terjun Semuncar

Air Terjun Semuncar

Air terjun semuncar memang lokasinya agak tersembunyi, tepatnya ada di Timur lereng Gunung Merbabu. Wisata ini dikelola sendiri oleh karang taruna dan pegiat alam Desa Candisari.

Jadi dijamin biaya masuknya gak akan mahal-mahal; kamu cukup membayar Rp.3000 untk menikmati kesegaran air terjun Semuncar. Ada dua jalur untuk mencapai air terjun ini, pertama anda melintasi area perkebunana warga sekitar.

Sedangkan yang kedua melewati jalur Sungai Cipendok. Jalur kedua ini cukup terjal dan dipenuhi batu-batu besar, mungkin anda sebaiknya memilih jalur pertama.

17. Kuliner Boyolali Sambel Tumpang

Sambel Tumpang

Nasi Sambal Tumpang ini cocok dinikmati dengan lauk Telur, Tempe, Bakwan, Rambak, Krupuk, dan Ayam. Jika anda tertarik untuk mencoba kuliner Boyolali yang satu ini, jangan khawatir karena ada banyak sekali penjual yang menawarkan sambal tumpang dengan rasa yang nikmat.

Seperti Mbok Nah di Ampel, Suprih di sebrang KUD Kota Boyolali, timur terminal bis Boyolali, Rumah Makan Elang Sari, dan lain-lain.Sebagaimana tren “kuliner malam”, banyak warung makan tenda khusus untuk sambel tumpang ini, bahkan memberi nama “Warung Bubur Tumpang”.

18. Kampung Lele

Kampung Lele

Kampung Lele merupakan salah satu wisata di tengah kolam pembibitan lele. Awalnya wisata ini dibangun sebagai pembibitan lele sampai dapat dipanen.

Tetapi dengan pengelolaan matang kemudian menjadikan tempat ini sebagai wisata yang patut kamu kunjungi saat berlibur. Wisata ini berlokasinya di Desa Tegalrejo, Mangkubumen, Kec. Sawit, Kab. Boyolali, Propinsi Jawa Tengah.

19. Makam Ki Ageng Singoprono

Makam

Makam Ki Ageng Singoprono merupakan sebuah tempat ziarah. lokasi berjarak sekitar 12 km dari pusat Kota Boyolali. Biasanya orang-orang yang mengunjungi ke makam ini tujuannya untuk berziarah dan menikmati pemandangan alam disekitarnya. Meskipun tidak sedikit pula pengunjung yang bertujuan untuk melakukan pertapaan dan ngalap berkah.

20. Makam Ki Ageng Kebo Kenanga

Makam

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke petilasan Makam Ki Ageng Kebo Kenanga ini memiliki jalur yang sangat mudah kok. Dari jalur utama Solo Semarang belok ke arah Desa Pengging tepatnya di Pasar Pengging.

Lalu melewati Tugu Pengging dan kamu terus ke arah barat. Kemudian akan terdapat petunjuk jalan menuju ke makam. Kendaraan yang dipakai diparkir di depan area masjid dan pengunjung tinggal berjalan memasuki gerbang makam.

21. Tikungan Irung Petruk

Tikungan Irung Petruk

Tikungan Irung Petruk di Boyolali merupakan salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi untuk berlibur dan berselfie terutama oleh kawula muda. Lokasi tikungan yang mirip dengan irung Petruk tersebut berada di Desa Genting, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Propinsi Jawa Tengah.

Tikungan ini dapat ditemui jika hendak menuju ke kawasan wisata Selo. Tikungan tersebut sangat curam dan tajam. Nah kamu ketika mendatangi tempat ini kamu harus ekstra hati-hati karena berada di jalan raya Cepogo Selo dan di pinggir tebing.

Kawasan jalan tikungan Irung Petruk saat ini menjadi ikon wisata Kota Boyolali. Jika di hari libur cukup banyak kawula muda yang mendatangi tempat ini untuk menikmati pemandangan sekaligus melakukan selfie dengan latar belakang patung Petruk. Dengan pembangunan Patung Petruk di tempat ini oleh pemerintah daerah Boyolali diharapkan dapat meningkatkan daya kunjung pariwisata ke kota Boyolali.

Patung Petruk yang berada di lereng Gunung Merapi dapat dijadikan untuk mengambil foto pemandangan. Akan lebih asyik lagi jika berada di tempat ini saat sunrise. Pemandangan akan terlihat sangat menakjubkan. Hasil foto sunrise juga terlihat mengagumkan.

Sebenarnya di kawasan wisata Irung Petruk ini telah dilengkapi dengan arena hiburan seperti flying fox. Namun minat pengunjung untuk menikmati flying fox ini sangat kurang sehingga untuk sementara arena hiburan tersebut tidak dibuka. Padahal permainan flying fox yang dilakukan di tikungan lereng Gunung Merapi ini sangat mengasyikkan karena berada di ketinggian.

22. Tirto Marto Pengging

Tirto Marto Pengging Boyolali

Pemandian atau Umbul Tirto Marto Pengging merupakan salah satu destinasi wisata di Boyolali yang patut dikunjungi saat berlibur. Lokasi Pemandian Tirto Marto berada di Dukuh Banyudono, Kabupaten Boyolali, Propinsi Jawa Tengah. Tiket masuk ke pemandian ini sangat murah yaitu sebesar Rp. 3000,- per orang saja. Sedangkan jika ingin berenang di kolam renang dikenakan tarif lagi sebesar Rp.10.000,- per orang.

Pemandian ini sangat ramai di saat hari libur apalagi jika menjelang bulan puasa. Masyarakat di sekitar Boyolali dan sekitarnya biasanya akan melakukan tradisi padusan untuk membersihkan diri sebelum memasuki bulan puasa.

Karena air yang ada di pemandian Tirto Marto merupakan sumber dari mata air sehingga dipilih menjadi tempat padusan. Sumber mata air dianggap lebih bersih dan suci dan tujuan dari tradisi padusan ini adalah untuk membersihkan diri agar menjadi suci.

Bahkan dengan melakukan padusan di pemandian ini pengunjung akan merasa memperoleh berkah. Tradisi padusan menjelang bulan puasa ini telah diadakan sejak jaman Wali Songo. 

Umbul alami yang ada di Pemandian Tirto Marto Pengging Boyolali terdiri dari 3 umbul alami yaitu Umbul Dudo, Umbul Ngabean dan Umbul Temanten. Ketiga umbul tersebut merupakan peninggalan dari Ki Ageng Pengging di jaman peralihan Kerajaan Majapahit ke Demak.

23. Masjid Cipto Mulyo Pengging

Masjid Cipto Mulyo

Masjid Cipto Mulyo Pengging di Boyolali merupakan masjid peninggalan dari Sunan Pakubuwono X di tahun 1838. Kata cipto mulyo berasal dari bahasa Jawa yang berarti menciptakan suatu kemuliaan di dunia dan akherat.

Lokasi Masjid Cipto Mulyo terletak di Desa Pengging, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali, Propinsi Jawa Tengah. Lokasi masjid ini sangat mudah ditemui hanya berjarak sekitar 3 km dari jalan raya Semarang Solo atau sekitar 15 km dari pusat Kota Boyolali.

Masjid Cipto Mulyo Pengging Boyolali ini memiliki nilai arkeologi yang tinggi. Bangunan masjid ini termasuk dalam bangunan kuno dengan nuansa Jawa. Jika masuk ke dalam masjid maka akan terlihat pilar masjid yang terbuat dari kayu jati dan dicat berwarna krem. Halaman dari masjid ini sangat luas dan terbuka bagi siapa saja yang ingin beribadah maupun hanya sekedar beristirahat.

24. Alun -Alun Boyolali

Alun-alun Boyolali

Alun-alun boyolali terletak di komplek perkantoran terpadu kabupaten boyolali, diresmikan pada tahun 2014, boyolali wajib bangga setelah sekian lama tidak memiliki alun-alun sekarang telah memiliki alun-alun. Di alun-alun boyolali sobat bisa menemukan 5 tempat ibadah yang berdampingan yang menandakan kerukunan dan toleransi. Setiap sore di alun-alun boyolali tidak pernah sepi.

Selalu ramai muda-mudi dan keluarga yang datang untuk menghilangkan penat atau berselfi ria. Di alun-alun boyolali banyak yang jualan aneka kuliner dan permainan anak-anak tentunya bayar hehehe, Selain itu banyak mobil ontel yang disewakan sehingga keluaraga/pasangan muda-mudi dapat berkeling komplek perkantoran disekitar alun-alun.

Baca ini : Tempat Wisata di Kediri yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai Tempat Wisata di Boyolali yang Wajib Dikunjungi nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

[Total: 0    Average: 0/5]
Alfian
Hobi membaca dan menulis travelling atau wisata. Aktif menulis di blog, media sosial, forum, dan berbagai platform penulisan lain di internet sejak tahun 2015.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *