34 Tempat Wisata di Belitung Terbaru yang Indah Dan Mempesona

Tempat Wisata di Belitung – Hai sahabat Aneka Wisata Seru, Bagaimana perasaan anda setelah liburan? pastinnya menyenangkan kan? nah saya kali ini akan merekomendasikan tempat wisata yang indah dan mempesona yaitu Tempat Wisata yang anda di kawasan pulau Belitung. Bangka Belitung merupakan kawasan kepulauan dengan memiliki 470 buah pulau dan hanya terdapat 50 pulau yang telah berpenghuni.

Sebagian besar penduduknya, terutama yang tinggal di kawasan pesisir pantai, sangat akrab dengan kehidupan bahari yang kaya dengan hasil ikan laut. Berbagai olahan makanan yang berbahan ikan menjadi makanan sehari-hari penduduknya. Kekayaan laut menjadi salah satu sumber mata pencaharian penduduk Belitung. Sumber daya alam yang tak kalah penting bagi kehidupan masyarakat Belitung adalah timah.

Belitung memiliki keindahan alam baik sungainya yang jernih maupun hutannya yang masih lebat, keunikan flora dan fauna, kehidupan masyarakat lokal dengan sentra kebun nenas dan ladanya, ditambah dengan keunikan seni budaya tradisionalnya serta keahlian masyarakatnya membuat kerajinan anyaman serta rotan, merupakan potensi yang jika dikelola dengan baik akan memberikan dampak positif yang luar biasa baik untuk lingkungan maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Baca ini : Tempat Wisata di Jambi yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Belitung yang Wajib Dikunjungi

Berikut ini adalah sejumlah tempat wisata di Belitung yang wajib Anda kunjungi, beberapa di antaranya adalah destinasi wisata di Belitung yang indah dan mempesona di kalangan penikmat perjalanan.

Tempat Wisata Pulau Lengkuas Belitung

Pulau Lengkuas

Tempat wisata yang pertama yaitu sebuah pulau yang ada di bangka belitung yang sangat indah dan pastinnya dapat membuat anda betah jika sedang berada di pulau ini, apa itu pulaunya? Pulau Lengkuas merupakan salah satu primadona pariwisata di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pulau ini merupakan satu dari ratusan pulau yang mengelilingi Pulau Belitung.

Daya tarik utama di pulau ini adalah sebuah mercusuar tua yang dibangun oleh pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1882. Hingga saat ini, mercusuar tersebut masih berfungsi dengan baik sebagai penuntun lalu lintas kapal yang melewati atau keluar masuk Pulau Belitung.

Di pulau Lengkuas anda dapat menikmati pemandangan spektakuler di Pulau Lengkuas. Jika Anda terlalu lelah untuk sampai di puncak mercusuar, jangan khawatir sebab setiap lantainya memiliki jendela yang menghadap ke berbagai arah. Inilah sebab mengapa Pulau Lengkuas memiliki daya pikat yang selalu mengundang kedatangan wisatawan untuk dapat menikmati keindahan alamnya.

Tempat Wisata Pantai Penyak Belitung

Pantai Penyak

Pantai Penyak memiliki pesona pada permukaan pantainya yang landai dan berada tepat di pinggir jalan raya yang menghubungkan Pangkalpinang dengan Koba. Olehkarenanya destinasi wisata di Bangka Belitung ini kerap dijadikan sebagai tempat singgah, dan bersantai bagi mereka yang sedang dalam perjalanan.

Jadi tidak perlu heran, jika pada hari-hari libur atau akhir pekan, pantai ini selalu ramai dikunjungi masyarakat Bangka untuk menikmati panorama dan bermain-main di pantai. Menikmati air kelapa muda adalah cara lain yang kerap dilakukan wisatawan di Pantai Penyak.

Namun sayangnya, kurangnya perhatian dari pemerintah memberi kontribusi terhadap lambannya pengembangan potensi wisata yang dikandung pantai yang populer di Bangka Tengah ini. Pantai Penyak:terletak di Desa Penyak, Koba, Kab. Bangka Tengah, Bangka Belitung

Tempat Wisata Pantai Nyiur Malambai

Pantai Nyiur

Nah tempat wisata selanjutnya yang tak kalah indahnya yaitu Pantai Nyiur malambai. Pantai Nyiur Melambai merupakan tujuan wisata terkenal di Kota Belitung Timur. Banyak pengunjung yang datang ke pantai ini pagi hari untuk melihat matahari terbit terutama pada hari libur.

Hal ini terkait dengan letak Pantai Lalang yang berada di belahan sisi timur Pulau Belitung sehingga pada pagi hari ketika matahari terbit akan terlihat dengan jelas jika cuacanya mendukung. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang memanjang dan deretan pohon pinus yang menjadikan suasana di pantai ini begitu teduh dan sejuk.

Ombak di pantai ini tidak terlalu besar dan kontur pantainya pun landau sehingga aman untuk berenang. Pantai ini lebih dikenal dengan nama Pantai Lalang karena terletak di Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Kota Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung.

Tempat Wisata Pantai Tanjung Tinggi Belitung

Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi merupakan salah satu tempat wisata di pulau Belitung. Letaknya tidak jauh dari Pantai Tanjung Kelayang dan berjarak sekitar 31 km dari kota Tanjung Pandan. Pantai ini memiliki area seluas 80 hektar, berpasir putih, dan terdapat ratusan batu granit besar yang tersebar di kedua semenanjung dan juga di laut di depan pantai.

Ukuran granit mulai dari beberapa meter kubik hingga ratusan meter kubik lebih besar dari sebuah bangunan sebesar rumah, sehingga menjadi tempat wisata ungulan di Pulau Belitung. Tanjung tinggi juga dinamakan Pelabuhan Bilik.

Dahulu tempat ini adalah pelabuhan nelayan bagi desa terdekat Keciput atau Tanjung Tinggi. Di pantai ini tidak perlu khawatir dengan serangan ikan hiu, karena tidak pernah terjadi di Belitung. Satu-satunya yang kadang-kadang harus diwaspadai adalah ubur-ubur, khususnya yang besar.

Alamat: Keciput, Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung 33414

Tempat Wisata Pulau Memperak Belitung

Pulau Memperak

Tempat wisata yang tak kalah mempesona dari lainnya yaitu Pulau Memperak, dipulau ini banyak terdapat terumbu karang yang masih alami sehingga banyak terdapat berbai jenis ikan, selain itu pulau ini juga menawarkan berbagai kegiatan wisata minat khusus, seperti diving, snorkeling, dan hiking.

Selain itu wisatawan dapat juga melakukan kegiatan yang lain seperti memancing, menyelam dan berenang serta berjemur. Pantai Memperak merupakan pantai yang banyak terdapat terumbu karang yang masih alami sehingga banyak terdapat berbagai jenis ikan yang indah, pantai dengan pasir yang berwarna putih berserta air laut yang berwarna biru jernih.

Untuk berwisata ke sini, karena belum ada fasilitas, maka jangan lupa, untuk membawa bekal seperti makanan dan minuman sendiri. Tetapi anda juga bisa meminta bantuan si petugas penjaga pulau untuk diambilkan kelapa segar.

Tempat Wisata Pantai Tanjung Kelayang Belitung

Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang merupakan sebuah semenanjung yang menjorok ke arah Utara.Dengan pulau granit kelayang terletak sebelah Timur, Tanjung Kelayang adalah pantai berpasir putih sepanjang beberapa kilometer. Sebenarnya dari Tanjung Kelayang terhampar pantai pasir putih sejauh kurang lebih 4km sampai ke Tanjung Tinggi.

Di Pantai Tanjung Kelayang memiliki pasir yang putih, tidak ada granit di pantai. Dari sana pengunjung biasanya berjalan sepanjang pantai kurang lebih 300m ke arah Utara, dimana bisa ditemukan bebatuan granit, tersebar sepanjang ujung semenanjung dan juga di permukaan laut.

Di sekitar pantai ini juga terdapat pulau-pulau indah yang bisa dikunjungi, seperti Pulau Babi dan Pulau Lengkuas. Bagi yang ingin berkeliling pulau-pulau tersebut, dari Pantai Tanjung Kelayang, pengunjung dapat menyewa perahu nelayan dengan harga sewa sekitar Rp300.000 sampai Rp400.000 untuk perjalanan pergi-pulang.

Tempat Wisata Pantai Punai Belitung

Pantai Punai

Pantai Punai merupakan sebuah pantai yang memiliki pasir putih dan beberapa bagian lainnya di hiasi oleh batu-batu granit kecil yang menambah kecantikan pantai ini. Ada juga pulau punai di lepas pantai, jika anda sedang beruntung yaitu ketika air surut, anda bisa berjalan kaki ke pulau ini.

Pulau ini dulunya terkenal dengan satwa penghuninya yaitu burung punai. Desa Tanjung Kelumpang adalah produsen utama buah kelapa. Desa ini sebenarnya adalah perkebunan kelapa, termasuk pantai Punai. Pemandangan di tempat ini berbeda dari pantai-pantai lainnya meskipun tidak seindah Tanjung Tinggi.

Pantai yang sangat indah ini terletak di Desa Tanjung Kelumpang Kecamatan Simpang Pesak Kabupaten Belitung Timur. Letaknya kurang lebih 93 km dari ibukota Tanjung Pandan atau 18 km dari pusat kecamatan Dendang. Perjalanan untuk mencapai pantai ini kurang lebih memakan waktu 1,5-2 jam perjalanan 100 Km dari Bandara H. AS Hanandjoeddin atau Pelabuhan di Tanjung Pandan.

Tempat Wisata Pantai Bukit Perahu Belitung

Pantai Bukit Perahu

Pantai Bukit Berahu merupakan perpaduan pantai dan bukit yang terletak di Desa Tanjung Binga, Sijuk. Di kawasan ini terdapat sebuah restoran, cottage, dan kolam renang yang dikelilingi pohon-pohon yang menyejukkan serta menghadap langsung ke pantai.

Dari atas bukit, Anda dapat berjalan kaki menapaki anak tangga yang cukup curam untuk sampai di tepi pantai. Saat senja menjelang terlihat pemandangan mempesona berupa mentari yang perlahan turun ke peraduannya. Keindahan sunset di Bukit Berahu menjadikan kawasan ini juga disebut dengan nama Bukit Berahu Sunset Beach.

Tempat Wisata Pantai Tanjung Binga Belitung

Pantai Tanjung Binga

Tanjung Binga merupakan sebuah desa nelayan terletak di pantai Utara Belitung dengan kecantikan alam bahari pantai dan pulau-pulau kecil di sekitarnya dipadukan dengan kehidupan nelayan tradisional yang eksotis.

Tanjung Binga sebenarnya adalah sebuah desa 22km di Utara Tanjungpandan dan 8km di sisi Barat Tanjung Tinggi. Ini adalah desa dengan sebagian besar penduduk berprofesi sebagai nelayan. Jika anda menyukai ikan bakar.

Datanglah ke Tanjung Binga di pagi hari kira-kira jam 07.00. Ini adalah waktu dimana para nelayan kembali dari melaut. Anda bisa memilih ikan yang anda suka untuk kemudian dibakar jika anda sudah tiba di penginapan nanti.

Tempat Wisata Kampung Dedaun Belitung

Kampung Dedaun

Kampung Dedaun merupakan sebuah Taman Rekreasi Pantai, Hal lain yang menarik di Kampong Dedaun adalah para pengunjung bisa bersantai sambil menikmati hidangan lezat dari restoran yang tersedia. Bagunan utama dari kompleks Kampong Dedaun adalah restoran dengan disain terbuka.

Sehingga pengunjung bisa menikmati suasana pantai dari restoran. Di bagian depan restoran terdapat panggung dan taman terbuka, sehingga restoran sering juga digunakan sebagai tempat pertunjukan atau pesta barbeque pada malam hari dengan panggung musik.

Alamat: Jl. Raya Sijuk, Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung 33414.

Tempat Wisata Pantai Serdang Belitung

Pantai Serdang

Pantai Serdang merupakan salah satu pantai indah terletak di kota Manggar yang merupakan ibu kota kabupaten Belitung Timur. Pantai ini menghadap laut Cina Selatan di sisi Timur pulau Belitung. Lautan yang luas membuat ombak di pantai ini cendrung lebih besar dibandingkan pantai-pantai Belitung lainnya yang terkenal dengan ombaknya yang tenang.

Panjang pantai kurang lebih 500m dengan kontur yang sangat landai sehingga bidang pasir putih cukup luas. Jenis pasir halus dan putih khas Belitung. Angin di pantai Serdang cukup kencang sehingga ombak laut cukup besar untuk ukuran Belitung yang membuat airnya terlihat kurang jernih.

Alamat: Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung

Tempat Wisata Pantai Burung Mandi Belitung

Pantai Burung Mandi

Pantai Burung Mandi merupakan sebuah pantai berpasir putih seperti umumnya pantai-pantai Belitung, tetapi uniknya anda tidak akan menemukan satu pun batu granit di pantai ini kecuali hanya pasir putih sepanjang pantai dan ratusan pohon pinus laut yang menjadi pembatas antara pantai dan daratan. Di latar belakang anda bisa menyaksikan gunung Burung Mandi.

Ini membuat pantai ini berbeda, karena di sini adalah satu-satunya pantai Belitung yang memiliki gunung sebagai latar belakang. Jarak Burung Mandi ke bandara kira-kira 70km, bisa ditempuh dalam satu jam. Tidak ada hotel di sekitar tempat ini, kota terdekat adalah Manggar, berjarak 18km.

Tempat Wisata Pantai Bukit Batu Belitung

Pantai Bukit

Bukit Batu merupakan pantai yang tidak terlalu panjang, terbagi menjadi dua bagian diantaranya berbatu besar dan berbpasir. Ini adalah pemandangan khas di pantai sekitar belitung, bukit batu memiliki beberapa batuan granit dengan ukuran yang berbeda-beda membuat pantai ini terlihat lebih gagah dan luar biasa.

Sesuai namanya, di pantai ini terdapat banyak batu granit beragam ukuran. Yang menarik lagi, pantai ini seakan akan terbagi menjadi beberapa pantai terpisah karena bebatuan dan pepohonan yang memisahkan bagian bagian pesisir pantai, sehingga semakin terasa seperti private beach.

Pantai ini dilengkapi dengan beberapa bangunan gaxebo yang dapat digunakan wisatawan untuk istirahat, bersantai sambil menikmatik keindahan pantai bukit batu. Ada juga beberapa fasilitas lainnya, seperti penginapan, toilet dan restoran. Terdapat sebuah restoran yang menyerupai sebuah wisma yang terletak di tengah hutan lindung yang lebat.

Tempat Wisata Pantai Penyabong Belitung

Pantai Penyabong

Pantai Penyabong merupakan Pantai yang memiliki keindahan alam yang hampir sama dengan keindahan Pantai Tanjung Tinggi. Jika kita perhatikan pantai ini memiliki gugusan bebatuan granit yang sangat banyak bertebaran di sekitar pantai, sama hal nya dengan yang ada di pantai Tanjung Tinggi.

Hanya saja yang membedakan dengan Pantai Tanjung Tinggi yaitu adanya batu granit besar yang memanjang dan menyambung satu sama lain dengan batu granit lainnya dan menjorok ke arah laut yang menyerupai dermaga alami. Selain itu terdapat pepohonan pandan Laut yang tumbuh berderet rapi di sepanjang pinggir pantai ini.

Pantai Penyabong berjarak sekitar 55km dari Kota Tanjungpandan dan dapat ditempuh dengan menggunakan mobil sewaan yang dapat kita sewa di beberapa hotel atau penginapan yang ada di pusat kota. Biaya sewa mobil berkisar mulai dari Rp. 250.000 per 24 jam tanpa supir atau mulai dari Rp. 350.000 dengan supir per 24 jam.

Tempat Wisata Pantai Tambak Damar Belitung

Pantai Tambak Damar

Pantai Tambak damar merupakan pantai yang indah, di sekitar pantai terdapat banyak pohon-pohon pinus yang lebat dan rindang, dengan ditemani semilir angin pantai mampu memberikan nuansa kesejukan dan kesegaran kepada siapa saja yang berada disekitarnya.

Bagi Anda yang hobi fotografi, anda dapat mengabadikan moment bersama teman-teman atau keluarga melalui foto di objek wisata ini. Selain foto-foto, anda juga dapat memancing ikan di sekitar lokasi tersebut, ataupun ingin sekedar berkemah sambil menunggu sunset dengan pemandangan Pulau Buku Limau yang dapat anda lihat langsung dari pantai.

Pantai Tambak berada di Desa Sukamandi, Kecamatan Damar Kabupaten Belitung Timur. Pantai ini berjarak kurang lebih 75 Km dari Bandara Hanandjoedin, 25 Km dari Kota Manggar dan 7 Km dari Kota Damar.

Tempat Wisata Pantai Tikus Belitung

Pantai Tikus

Pantai Tikus merupakan satu-satunya kawasan pantai yang berada di kota Sungai Liat ini berdampingan dengan sebuah bukit terjal, masih virgin, dan sangat pasir putih laut kebiruan dan bebatuan granit eksotik disekelilingnya. Semuanya adalah pesona unik yang menghiasi kawasan pantai dan kini ditambah lagi oleh sebuah bangunan kuil megah nan indah.

Pemandangan pantai Tikus memang cukup menakjubkan. Alamnya yang masih segar, akses yang muda kombinasi bebatuan granitnya yang keren abis, adalah aset berharga bagi Pantai Tikus untuk menjadi primadona pariwisata Bangka.

Di atas bukit pantai ini sekrang sedang di bangun sebuah kuil atau kelenteng megah yang berbentuk bulat. Meski masih dalam tahap penyelesain namun pengunjung sudah bisa menikmati hampran keindahan pantai Tikus dari atas bukit tepat dihalaman kelenteng ini.

Alamat Pantai Tikus : Desa Rebo Kelurahan Kenanga, Sungailiat, Bangka Belitung

Tempat Wisata Pantai Pasir Padi Belitung

Pantai Pasir Padi

Pantai Pasir Padi adalah objek wisata yang paling banyak dikunjungi masyarakat, terutama masyarakat Kota Pangkalpinang dan sekitarnya. Pada hari libur khususnya jumlah kunjungan wisatawan bahkan mencapai 6.000 orang per hari.

Selain menikmati panorama alam pantai yang indah wisatawan juga bisa berenang, bermain layang-layang, voli pantai, sepakbola, perlombaan motor cross atau sekedar menikmati kesegaran es kelapa muda di tengah semilir angin pantai.

Keindahan Pantai Pasir Padi tidak kalah menariknya dengan pantai-pantai di Pulau Bangka lainnya. Selain memiliki panorama yang dihiasi laut biru, alam asri dan pulau-pulau menarik, tidak jauh dari bibir pantai terdapat sebuah daratan kecil yang bernama Pulau Punai, yang dapat dikunjungi dengan berjalan kaki pada saat air laut sedang surut.

Alamat : Pantai Pasir Padi Kec. Bukit Intan, Pangkalpinang, Bangka Belitung

Tempat Wisata Pulau Pasir Belitung

Pulau Pasir Belitung

Pulau Pasir adalah sebuah gosong yaitu tumpukan daratan yang hanya terdiri atas pasir. Yang menarik dari tempat ini adalah tumpukan pasir yang membentuk pulau ini hanya akan muncul pada saat air surut. Pada saat air laut pasang hampir seluruh daratan tenggelam di bawah laut. Pulau ini tidak luas, hanya terdiri kurang lebih setengah lapangan bola.

Pada saat air surut, pulau ini disinggahi oleh setiap wisatawan yang melakukan perjalanan island hopping dengan perahu nelayan. Pemandangan di sekitarnya bagus sekali karena lokasi pulau terletak di antara beberapa pulau yang berdekatan satu sama lain seperti pulau Kepayang, pulau Babi, pulau Tukong Kelayang dan Batu Berlayar.

Tempat Wisata Pulau Batu Berlayar Belitung

Pulau Batu Berlayar

Pulau Batu Berlayar merupakan salah satu pulau yang ada di sekitar Pantai Tanjung Kelayang. Sekilas, bila kita melihat dari kejauhan, pulau ini terlihat seperti gundukan pasir yang dipenuhi batu granit. Pulau Batu Berlayar memang terlihat unik. Di sini anda disajikan pemandangan batu-batu granit berukuran besar yang berdiri menjulang ke atas. Batu-batu ini berdiri diatas pulau berpasir putih yang lembut dan dikelilingi birunya air laut yang tenang.

Berjalan-jalan mengelilingi Pulau Batu Berlayar menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan. Memasuki celah-celah batu granit di atas pasir menjadi pengalaman yang tidak terlupakan saat berada di sini. Tidak hanya batu granitnya saja yang indah, keberadaan biota laut seperti ikan-ikan cantik dan bintang laut di pulau ini juga menjadi pemandangan indah yang disajikan dari pulau yang hanya 15 menit bisa kita tempuh dari Pantai Tanjung Kelayang ini.

Tempat Wisata Pulau Kepayang Belitung

Pulau Kepayang Belitung

Pulau Kepayang merupakan pulau terbesar diantara belasan gugusan pulau-pulau kecil eksotis di Utara Belitung. Pulau ini dinamakan juga pulau Babi. Luas pulau kurang lebih 14 hektar dengan beberapa sisi pantai yang menarik. Pulau ini terlihat jelas dari sisi Barat pantai Tanjung Kelayang.

Hamparan pasir putih membentang sepanjang sisi Tenggara dan Selatan Pulau ini. Hampir tidak ada batu granit, hanya pasir putih dengan panjang pantai sekitar 300 meter. Di sisi daratan hanya terdiri kebun kelapan. Sementara di pesisir pantai arah Utara kondisi pantai kurang menarik karena diselimuti bebatuan karang yang tajam dan licin.

Tempat Wisata Pulau Lutong Belitung

Pulau Lutong

Pulau Lutong merupakan nama dua pulau yang menyatu pada saat air laut surut dan terpisah menjadi 2 pulau pada saat laut pasang. Belum jelas catatan sejarah asal muasal nama Lutong (sejenis kera berbulu hitam). Spekulasi kami mungkin nama Lutong ini diambil dari salah satu bentuk batu granit besar yang ada di pulau ini. Batu ini menyerupai kepala lutong, sebagian turis mengatakan mirip kepala badak.

Keunikan selanjutnya dari Pulau Lutong adalah semenanjung pasir putih yang berada di sisi Selatan pulau utama. Jika anda berkunjung ke pulau ini biasanya perahu akan mendarat di semenanjung pasir putih ini. Luas semenanjung sekitar setengah lapangan sepak bola murni terdiri atas pasir putih dengan laut jernih di sekitarnya.

Tempat Wisata Pulau Lelebong Belitung

Pulau Lelebong

Pulau Leebong adalah pulau kecil yang terletak di pantai Barat pulau Belitung. Sebuah pulau yang dipersiapkan khusus untuk tujuan wisata dan petualangan dengan lokasi yang tidak biasa. Jika pulau-pulau wisata seperti pulau Lengkuas, Pulau Kepayang, Pulau Burung berada di pantai Barat Laut, maka pulau Leebong berada di pantai Barat kurang lebih 70km di Selatan pulau Lengkuas.

Pulau Leebong bisa dicapai dengan menyewa kendaraan (jika tidak ikut tour) menempuh jarak 32km ke arah pelabuhan Pegantungan di Selatan kota Tanjungpandan. Kondisi jalan beraspal mulus. Tidak jauh dari tempat ini terdapat pelabuhan besar Tanjung Batu yang merupakan pelabuhan utama Belitung.

Tempat Wisata Bukit Pangkuan Belitung

Bukit Pangkuan

Bukit Pangkuan merupakan nama salah satu objek wisata alam dan wisata outbound yang dimiliki oleh Belitung Timur dan yang sedang naik daun sekarang ini, tempatnya berada di Kecamatan Kelapakampit. Nama sebenarnya Bukit Pangkuan ini adalah Bukit Pangkutan.

Namun sekarang ini mungkin tidak banyak yang mengetahui bahwa sebenarnya Bukit Pangkuan dan Bukit Pangkutan adalah sebuah nama tempat yang sama. Buat anda yang mempunyai hobby wisata yang memacu adrenalin dan sekaligus menikmati segarnya udara pegunungan ya Bukit Pangkuan adalah destinasi yang tepat. ada flying fox dll.

Untuk, mencapai Bukitpangkuan tidaklah sulit. Jarak tempuh hanya 40 menit dari Bandara Hanandjoeddin, atau kurang lebih 55 menit dari Kota Tanjongpandan. Bisa ditempuh dengan berbagai kendaraan, jalan aspal relative mulus dan tak berlobang.

Tempat Wisata Air Terjun Gurok Beraye Belitung

Air Terjun Gurok

Air terjun Gurok Beraye merupakan sebuah air terjun yang mempunyai keunikan tersendiri. Bila diamati dari kejauhan, air terjun ini seakan bertingkat atau berundak-undak. Setidaknya ada empat tingkat air terjun dalam aliran yang sama.

Kawasan sekitar air terjun yang hampir tak tersentuh manusia membuat air masih segar alami. Pengunjung bisa menikmati segarnya air terjun ini dengan mandi di sekitar air terjun. Tak hanya itu, sekitar 10 meter di bawah aliran air terjun ini terdapat air terjun lainnya. Air terjun yang memiliki lebar sekitar 1,5 meter itu dan memiliki ketinggian mencapai lima meter.

Lokasi ini sangat sesuai bagi wisatawan yang ingin menikmati alam seperti hiking, berkemah maupun outbound. Meskipun masih asing di telinga masyarakat Belitung pada umumnya, namun sudah banyak pegiat alam bebas mendatangi lokasi ini.

Tempat Wisata Museum Kata Andrea Hirata Belitung

Museum Kata

Museum Kata merupakan sebuah museum yang berada di belitung, museum ini didirikan oleh Andrea Hirata selaku novelis dari Laskar Pelangi pada tahun 2010. Museum yang terletak di Jalan Raya Laskar Pelangi No.7, Gantong, Belitung Timur ini menyimpan berbagai macam literatur dari berbagai macam jenis.

Anda bisa menemukan literatur musik, seni, anak dan masih banyak lagi jenis lainnya, anda juga tentunya bisa menemukan novel-novel karya Andrea Hirata, yang juga bertindak sebagai kurator di museum ini. di museum ini memiliki berbagai macam bagian di dalamnya, keunikan dari arsitektur, serta pajangan berupa foto-foto dan potongan kata-kata.

Ternyata bagian depan dari museum kata ini merupakan sebuah rumah yang sudah berusia 200 tahun lebih. Tentunya usia yang cukup tua dan bersejarah bagi sebuah bangunan. Bagi anda yang ingin berkunjung, Museum Kata sendiri terletak di Belitung Timur, sehingga bagi anda yang ingin mencoba mengunjunginya, bisa mencapi lokasi yang hanya berjarak 1 jam perjalanan saja dari Bandar Udara Hanandjoeddin.

Tempat Wisata Kuliner Gangan Kepiting Bumbu Santan Belitung

Gangan Kepiting

Jika anda sedang di Belitung anda juga perlu mencicipi Gangan Kepiting yang rasanya tak kalah mantap. Ada dua jenis kepiting yang biasa dimasak yaitu kepiting hitam atau kepiting batu, dan kepiting laut yang disebut rajungan.

Sop Gangan Kepiting menggunakan bumbu yang sama dengan Gangan pada ikan, tetapi ditambah dengan bumbu santan kelapa. Jangan heran, begitu makan dengan Gangan Kepiting, nasi sepiring sepertinya kurang. Oh ya, kuliner ini juga bisa dipesan di resto-resto seafood.

Baca juga :Tempat Wisata di Batam yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai Tempat Wisata di Belitung yang Wajib Dikunjungi semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *