19 Tempat Wisata di Batam Terbaru yang Keren Dan Hits

Tempat Wisata di Batam – Batam merupakan sebuah kota dengan populasi penduduk terbesar ketiga di Pulau Sumatera, Letaknya yang strategis, yaitu berada di tengah-tengah di jalur pelayaran serta dekat dengan negara tetangga, yaitu Singapura dan Malaysia membuat Batam sering dikunjungi oleh para wisatawan baik dalam maupun luar negeri.

Karakteristik pariwisata di Batam adalah wisata kota, ini sangat didukung dengan ketersediaan infrastruktur yang lengkap di kota tersebut. Selain itu batam juga salah satu kota yang banyak dikunjungi para wisatawan. Perlu anda ketahui, tempat wisata di Batam itu sangat lengkap, hampir banyak wisatawan berkunjung ke kota batam. Mulai dari pecinta wisata bahari, Batam menawarkan beragam pantai yang sangat elok. Pecinta wisata alam, Batam memiliki bukit yang sangat menarik hati.

Pecinta sejarah, Batam memiliki bangunan-bangunan bersejarah yang eksotis. Apalagi pecinta belanja, Batam menawarkan beragam tempat belanja berkualitas dengan harganya yang terkenal jauh lebih murah dibandingkan tempat lain.

Bagi anda yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama kawan maupun keluarga. Bila bicara tentang Batam, sekilas dalam pikiran kita adalah suatu hal yang mahal. Tetapi semua bisa kita realisasikan selama kita mau dan niat guna mengunjungi sekaligus mengenal kekayaan alam dan wisata Indonesia.

Baca ini : Tempat Wisata di Wonosobo yang Menarik Dikunjungi

Tempat Wisata di Batam yang Wajib Dikunjungi

Nah pada kesempatan ini Aneka Wisata Seru akan mengajak anda untuk berkeliling ke tempat wisata di batam setidaknya ada tempat wisata dibatam yang akan saya rekomendasikan untuk anda, simak berikut dibawah ini dengan seksama.

1. Tempat Wisata Pantai Melur di Batam

Pantai Melur

Pantai yang menjadi salah satu andalan destinasi wisata Pulau Batam ini banyak dikunjungi wisatawan karena panorama pantainya yang luas, bersih,dan air pantainya yang jernih. Pantai Melur sangat cocok dan nyaman bagi Anda liburan di Batam sambil menghilangkan kepenatan dari kesibukan danhiruk pikuknya suasana kota.

Pantai ini sangat cocok untuk kegiatan berenang, bersantai di bawah rimbunnya pepohonan, berfoto, berjalan-jalan di atas hamparan pasir sambilmenikmati segarnya udara pantai, bermain voli pantai atau sepak bola.

Sepanjang mata Anda memandang, luasnya hamparan pasir putih tersaji beresama gelombang kecil yang terombang ambing, nikmati juga anginsepoi-sepoi yang memanjakan Anda. Tidak hanya itu, pepohonan yang ada di Pantai Melur juga semakin menambah eksotisnya pantai ini.

2. Tempat Wisata Pantai Nongsa di Batam

Pantai Nongsa

Salah satu tempat menarik yang ada di Batam yaitu Pantai Nongsa. Pantai Nongsa berada di bagian timur laut Pulau Batam, tepatnya di Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Nama pantai ini memang sama dengan nama kecamatannya.

Pantai Nongsa merupakan pantai yang cantik dengan ombak tenang dan hamparan pasir putih. Menariknya, Pantai Nongsa ini sangat dekat dengan pesisir pantai Singapura bagian selatan, bahkan saking dekatnya hanya perlu waktu setengah jam menggunakan perahu motor untuk pergi ke pantai selatan Singapura.

Karena jaraknya yang dekat, saat malam hari ketika berada di Pantai Nongsa, Anda bisa menikmati pemandangan kota Singapura yang sangat indah berhias sinar lampu. Bukan hanya itu saja, pantai ini menghadap ke barat laut sehingga sangat sempurna untuk menikmati sunset.

Pantai Nongsa juga mempunyai pemandangan bawah laut yang tak kalah indah. Anda bisa mencoba snorkeling untuk menikmatinya. Bagaimana pasti anda tertarik ingin ke pantai Nongsa?

3. Tempat Wisata Belanja City Square di Batam

Belanja City Square

Batam City Square adalah pusat perbelanjaan yang terletak di Jl. Bunga Raya, Baloi, Batam Kepulauan Riau. Batam City Square ini berada di lokasi yang strategis yakni di pertemuan dua jalan, yaitu Jalan Bunga Raya dan Jalan Penuin. Jalan Penuin merupakan area perdagangan yang ramai dengan aktivitas yang padat setiap harinya.

Sebagai pusat perbelanjaan, rekreasi dan entertainment, BCS Mall berdiri di tengah lokasi komersial yang ramai dikunjungi masyarakat kota Batam, bahkan wisatawan mancanegara. Gedung BCS Mall terdiri dari 6 lantai (dapat dibangun hingga 8 lantai) dengan lokasi yang efektif seluas lebih dari 30.000 m² dan sanggup menampung lebih dari 1.000 kenderaan roda empat di gedung parkir yang setiap lantai gedung parkirnya langsung terhubung ke pusat mall.

4. Tempat Wisata Kampung Vietnam di Batam

Kampung Vietnam

Kampung Vietnam Batam merupakan sebuah bekas perkampungan yang dulunya pernah dihuni oleh mayoritas Orang Vietnam Asli yang notabene adalah sebagai pengungsi. Meskipun kini kampung seluas 80 hektar ini sudah tak berpenghuni, tapi bekas bekas peninggalan pengungsi tersebut tetap dilestarikan dan dijadikan tempat wisata. Meskipun tempatnya agak sedikit terpencil, tapi minat wisatawan yang berkunjung tak pernah berkurang.

Di kampung ini banyak sekali peninggalan Pengungsi yang masih dapat ditemukan hingga saat ini, antara lain bekas bekas rumah, museum, tempat ibadah, Penjara, bahkan ada juga sebuah monumen yang dibangun oleh pengungsi pengungsi dari vietnam tersebut.

Kampung Vietnam Batam terletak di Pulau Balang, Kepulauan Riau, tepatnya berada di ujung selatan Kota batam dan berjarak kurang lebih 50 km dari pusat kota. Untuk menuju ke Kampung Vietnam ini, ada dua transportasi yang dapat digunakan, yaitu kendaraan pribadi dan Ojek. Bagaimana Menarik bukan?

5. Tempat Wisata Ocarina Park di Batam

Ocarina

Tempat wisata setelah kampung vietnam yang perlu anda kunjungi yaitu Wisata Ocarina Park yang ada di batam, Kalau Jakarta punya Ancol yang menawarkan begitu banyak hiburan menarik, maka di Pulau Sumatera ada Batam yang memiliki Mega Wisata Ocarina. Tempat wisata ini sangat lengkap karena pengunjung bisa mencobal berbagai macam wahana yang cocok untuk anak-anak hingga orang dewasa.

Untuk memanjakan pengunjung yang datang ke Mega Wisata Ocarina, fasilitas dan wahana yang disediakan begitu lengkap. Rencananya akan ada sekitar 30 jenis, namun untuk sekarang baru tersedia 11 jenis, yaitu Giant Wheel atau Kincir Raksasa dengan diameter 30m, festival pantai, Kampoeng Seni atau pasar produk kerajinan dan karya seni, serta Kampoeng Indonesia atau pusat jajanan, dan lainnya.

Untuk tiket masuknya pun sangat terjangkau, mulai dari Rp5.000 per orang. Asyiknya lagi, pelajar SD sampai SMA bisa mendaftar jadi anggota yang berlaku selama 1 tahun, bisa masuk kapan saja hanya dengan membayar Rp1juta . Sedangkan untuk keluarga juga disediakan kartu VIP yang dihargai Rp 1 juta dan berlaku satu tahun.

6. Tempat Wisata Alam Pantai Sekilak di Batam

Alam Pantai Sekikak

Pantai Sekikak ini berada di sebelah timur Kota Batam, untuk dapat menuju lokasi Pantai Sekikak ini harus menempuk jalur darat sejauh 5 km dari Bandara Internasional Hang Nadim dan apabila dari Pelabuhan Laut Batam Centre maka perlu menemouh jarak sejauh 8 km.

Pantai Sekilak jika dibandingkan dengan pantai  pantai yang ada di Batam cukup berbeda. Hal ini dikarenakan di Pantai Sekilak terdapat banyak bebatuan dan tebing yang mengelilingi kawasan pantai tersebut.

Lokasi Pantai Sekilak ini tepatnya berada di Teluk Penyu sehingga di area tersebut juga dijadikan sebagai lokasi penangkaran penyu. Bahkan penangkaran penyu tersebut sudah dilakukan bertahun-tahun. Selain itu di lokasi Pantai Sekilak terdapat danau buatan yang diapit oleh dua tanjung dan menghadap Teluk Penyu. Danau buatan tersebut biasanya digunakan untuk lomba mendayung.

7. Tempat Wisata Bukit Senyum di Batam

Bukit Senyum

Bukit Senyum Batam adalah sebuah tempat wisata perbukitan dimana di tempat ini wisatawan dapat melihat keindahan kota batam dan gemerlap negara Singapura dari ketinggian. Kota Batam adalah kota industri dan perdagangan yang sekaligus Ibu Kota dari Kepulauan Riau.

Satu hal yang sangat spesial dari wisata ini yaitu ketika mengunjungi Bukit Senyum Batam pada malam hari. Dari atas bukit, pengunjung dapat melihat gemerlap nya Kota Batam dari ketinggian. Lampu lampu gedung dan kendaraan yang berlalu lalang membuat Kota Batam nampak seperti berlian yang berkilauan.

Kehadiran bintang bintang di langit di malam hari pada saat suasana cerah menambah suasana semakin indah dan menakjubkan, sungguh perpaduan yang sempurna. Dari atas Bukit Senyum Batam ini pula pengunjung selain dapat menikmati pesona kota Batam di malam hari juga dapat melihat Singapura secara sangat jelas, baik gedung gedung nya yang tinggi maupun lalu lalang pesawat di Bandara Changi.

8. Tempat Wisata Pantai Melayu di Batam

Pantai Melayu

Pantai Melayu termasuk salah satu spot terbaik untuk berlibur sekaligus piknik bersama dengan keluarga. Hal ini dikarenakan kawasan Pantai Melayu ini dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dengan suasana yang teduh. Ombak Pantai Melayu cukup tenang sehingga sangat aman untuk berenang maupun bermain air di pesisir pantai.

Pantai Melayu ini tepatnya berlokasi di Pulau Rempang masuk ke gugusan pulau-pulau yang dihubungkan oleh Jembatan Barelang. Lokasi Pantai Melayu kurang lebih 15 menit dari Jembatan 4 Barelang. Untuk mencapai lokasi ini kita bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil sewa atau taksi.

Mungkin Anda yang menyukai olahraga air disini tersedia juga banana boat yang bisa disewa hanya dengan biaya Rp.20Ribu saja. atau mungkin Anda bisa menikmati keindahan pantai dari arah laut atau menikmati keindahan pulau-pulau kecil di seberang pantai, bisa menyewa perahu atau biasa disebut pompong. Tetapi, Pada saat hari Minggu atau hari libur nasional Pantai Melayu sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik.

9. Tempat Wisata Belanja Komplek Nagoya di Batam

Belanja Komplek

Wisata Belanja di Nagoya kita bisa menikmati banyaknya barang elektronik dengan harga yang bervariasi. Begitu pula dengan Lucky Plaza. ini adalah surganya elektronik di kota Batam. Kita dapat tawar menawar terlebih dahulu dengan penjualnya.

Jika untuk bisa dapat barang bagus, sesuai keinginan, dengan harga lebih murah. Komplek Nagoya ini tak pernah sepi pengunjung karena berbelanja di tempat ini pembeli akan mendapatkan harga miring, dan masuk untuk semua kalangan. Mungkin anda disini bisa membeli oleh-oleh untuk keluarga tercinta yang ada dirumah.

10. Tempat Wisata Jembatan Barelang di Batam

Jembatan Barelang

Jembatan Barelang, terutama Jembatan Pertama yang menghubungkan Pulau Batam dengan Pulau Tonton ini telah menjadi ikon Kota Batam, dimana Logo-logo Instansi Pemerintahan maupun Swasta Kota Batam sering mengambil Bentuk dari Jembatan Barelang sebagai gambar yang mewakilkan Kota Batam.

Pada umumnya, menurut pengertian Warga Batam ataupun Wisatawan, Jembatan Barelang adalah Jembatan Pertama yang menghubungkan Ketujuh Pulau  seperti Pulau Nipah, Pulau Tonton, Pulau Rempang, Pulau Galang, dan Pulau Galang Baru. Karena Jembatan Pertama adalah Jembatan termegah dan terpanjang diantara Jembatan-jembatan lainnya.

Biasannya yang wisatawan yang mengunjungi Batam kerap datang ke jembatang Barelang walau hanya sekedar untuk bersantai, atau yang paling sering dilakukan adalah mengambil foto dengan latar belakang sekitar jembatan.

11. Tempat Wisata Pantai Marina di Batam

Pantai Marina

Pantai Marina Batam merupakan sebuah obyek wisata yang lokasinya terletak dalam sebuah resort mewah, yakni di area Marina Water Front City. Resor tersebut juga merupakan kawasan resort termewah yang ada di pulau Batam. Bagi anda yang ingin bersantai sambil menikmati keindahan pantai, maka Pantai Marina di Batam bisa menjadi salah satu tujuan wisata anda bersama keluarga.

Bagi anda yang suka dengan wisata pantai, maka rasanya anda harus datang ke Pantai Marina di Batam untuk menikmati keindahan pantai yang berpasir putih tersebut. Anda akan dimanjakan ketika berlibur ke pantai tersebut karena tempat wisata tersebut sudah di desain dengan baik untuk memanjakan para wisatawan yang datang.

Salah satu yang menarik, di pantai ini Anda dapat menemukan sebuah panorama sunset yang indah, berlatar daratan Tanjung Uncang yang merupakan daerah industri galangan kapal dengan alat-alat beratnya yang menjulang tinggi.

12. Tempat Wisata Pantai Tanjung Bemban di Batam

Pantai Tanjung Bemban

Pantai Tanjung Memban ini sudah sejak tahun 2010 diperkenalkan dan dipromosikan oleh pemerintah setempat melalui program Visit Batam 2010. Sejak saat itulah Pantai Tanjung Bemban ini menjadi ikon wisata bahari di Batam.

Di Pantai Tanjung Bemban, para wisatawan akan dapat menyaksikan aktivitas lalu lintas laut kapal-kapal yang berlayar di lautan, mulai dari jenis kapal feri, kapal tanker, dan kapal cargo. Kapal-kapal tersebut berlayar menyeberangi laut untuk menuju ke negara Singapura atau Malaysia dan berangkat dari pelabuhan Tanjung Pinang yang ada di Pulau Bintan.

Disini pihak pengelola kawasan pantai ini telah menyediakan restaurant yang letaknya tepatnya di pesisir pantai. Restaurant ini tentunya menyediakan hidangan berupa Seafood yang merupakan hidangan khas di pesisir pantai yang diolah menjadi berbagai macam jenis masakan. Seperti Ikan, Udang, Cumi-cumi dan lain-lain.

Hidangan seafood di restaurant ini semuanya dimasak dalam keadaan Fresh from The Open atau masih segar dan terjaga kualitasnya.

13. Tempat Wisata Kuliner Golden Prawn di Batam

Golden Prawn

Batam adalah surganya wisata kuliner seafood. Menyinggung tentang seafood di Batam ada restoran seafood yang sangat populer di Batam, yaitu Restoran & Seafood Golden Prawn Batam. Restoran seafood ini adalah restoran seafood tertua di Batam, sehingga namanya sudah begitu melekat di telinga pencinta seafood.

Selain restoran tempat  ini juga memiliki fasilitas lainnya yang tidak kalah hebat dengan restorannya, yaitu sebuah hotel bintang lima yang bernama Golden View, yang lokasinya di sebelah restoran ini. Jadi jika anda berkunjung ke kota Batam, anda bisa menginap di hotel tersebut sehingga sangat mudah untuk menikmati lezatnya masakan Seafood di restoran Golden Prawn Batam.

14. Tempat Wisata Queen Garden Waterboom di Batam

Queen Garden

Tempat wisata selanjutnya yaitu Queen Garden Waterboom yang berlokasi di Bengkong Sadai, menyediakan pilihan wahana permainan air. Mulai dari wahana permainan anak-anak hingga orang dewasa. Secara keseluruhan Queen garden berada di atas lahan seluas 3,2 hektar. Saat ini dilengkapi 8 pilihan wahana permaian air. Seluruh keluarga pun bisa menikmati liburan di sini sampai puas. Untuk wahana anak bisa dijelajahi wahana berenang di single pool, twester pool, atau kiddie pool.

Tidak hanya menghadirkan permainan air, Queen garden juga menyediakan wahana belajar sambil bermain melalui mini zoo. Mini zoo yang berisikan jenis unggas dan burung yang bisa menabah pengetahuan anak anda. bahkan tersedia juga kolam ikan yang berisikan 99 ekor ikan mas koi yang berwana warni.

15. Tempat Wisata Nongkrong di Rumah Kopi Fatmawati Batam

Rumah Kopi Fatmawati

Anda mungkin ingin menikmati secangkir kopi dengan suasana yang berbeda? Anda bisa datang ke Rumah Kopi Fatmawati yang terletak di kawasan Mega Wisata Ocarina, Batam Centre. Kafe ini menawarkan aneka kopi berkualitas dengan pemandangan laut, suara deburan ombak dan lalu lalang kapal.

Yang menjadi menu andalan di Rumah Kopi Fatmawati ini adalah sajian kopi. Beraneka ragam minuman olahan dari bahan kopi tersedia di kafe ini, mulai dari yang panas hingga yang dingin. Untuk Kopi panas yang tersaji dalam cangkir-cangkir kecil jenisnya antara lain kopi espresso, americano, caramel macchiato, minty latte, dan vanilla. sedangkan kopi yang khusus disajikan dengan tambahan es batu, antara lain oreo frappucino, mocca minty latte, dan caramel frappucino.

Rumah kopi Fatmawati buka dari jam 10 pagi hingga jam 11 malam. Harganya yang terjangkau dan tempatnya yang asyik dapat menjadi pilihan tujuan wisata Anda bersama teman dan keluarga. Selamat menikmati kopi sambil menikmati suasana laut.

16. Tempat Wisata Alun-alun Engku Putri di Batam

Alun-alun Engku

Alun-alun Engku Putri terletak di pusat pemerintahan Kota Batam. Di mana semua aktifitas pemerintahan dan ekonomi Kota Batam berjalan. Di alun-alun Engku Putri terdapat berbagai macam fasilitas, sehingga warga Batam sering datang ke alun-alun untuk beraktifitas ataupun sekedar berjalan-jalan. Terletak persis di halaman Kantor Walikota, di tengah alun-alun adalah lapangan upacara yang luas yang bercorak bintang dengan warna yang cerah, dengan panggung permanen di sisi utara lapangan.

Di sebelah utara terdapat sebuah lapangan futsal dan lapangan basket yang digunakan untuk kepentingan umum. Di sampingnya masih terdapat lagi skatepark dimana anak-anak skater yang dikenal dan tergabung dalam komunitas Bascom (Batam Skater community) berlatih dan berbagi teknik skateboard mereka.

17. Tempat Wisata Pasir Putih Pantai Mirota di Batam

Pantai Mirota

Lokasi pantai Mirota berada di pulau Galang, tepatnya berada di Desa Cijantung, Kecamatan Galang, Batam Kepulauan Riau. Bibir pantainya yang terdiri dari pasir putih dan nuansa laut lepas yang berwarna kebiruan dengan beberapa pulau kecil yang tersebar membuat kita terpesona dengan keindahannya.

Kedalaman pantai yang cukup landai membuat kita tidak perlu takut untuk berenang atau bermain air di sini namun kewaspadaan tetap diutamakan tentunya. Harga tiketnya cukup murah hanya 5000 rupiah saja anda sudah dapat menikmati pesona pantai Mirota yang luar biasa. Bagi anda yang ingin menikmati suasana malam di pantai ini telah tersedia penginapan berbentuk villa yang dapat anda sewa dengan harga terjangkau.

18. Tempat Wisata Masjid Agung Batam

Masjid Agung Batam

Masjid Agung Batam merupakan sebuah masjid yang terletak di Batam Kepulauan Riau Indonesia. Masjid ini memiliki kubah dengan bentuk unik yang berdesain limas segi empat atau seperti piramida. Masjid ini dilengkapi dengan menara setinggi 66 m. Selain menjadi tempat ibadah, masjid ini menjadi pesona daya tarik pariwisata.

Masjid ini terletak di Jalan Engku Putri Kota Batam. Masjid Raya Batam berada di kawasan Batam Center yang merupakan pusat pemerintahan kota Batam. Berhadap hadapan dengan kantor Badan Otorita Pengemabangan Pulau Batam. Letak cukup strategis yaitu bersebelahan dengan alun-alun atau berjarak sekitar 20 menit dari Bandara Hang Nadim, tak sulit untuk menemukan masjid ini.

19. Tempat Wisata Hutan Mata Kucing di Batam

Hutan Mata Kucing

Taman wisata mata kucing merupaka sebuah tempat wisata yag lebih mirip dengan sebuah kebun binatang mini namun terletak di tengah-tengah hutan. Taman wisata mata kucing ini terletak di kawasan Sekupang yaitu di daerah Batu Aji, Batam. Tempat wisata ini cukup luas dengan nuansa hutan yang memang benar-benar masih utuh dan alami.

Sensasi yang di tawarkan bila berkunjung di taman wisata ini adalah sebuah kebun binatang yang memiliki suasana hutan secara murni dan juga udara yang masih sangat segar. Selain beberapa satwa yang bisa kita lihat, disini pengunjung juga bisa melakukan kegiatan lainya, yaitu melakukan kegiatan hiking, yaitu menanjak medan yag cukup terjal. Selain hiking, para pengunjung juga bisa berenang ataupun berendam di sebuah kolam yang memang sengaja di bangun di tempat wisata tersebut.

Tiket masuk taman wisata ini yaitu di bandrol dengan harga Rp 10.000 untuk orang dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak. Biaya parkir yaitu sebesar Rp 2.000 untuk parkir mobil dan Rp 1.000 untuk parkir motor.

Baca ini : Tempat Wisata di Jogja yang Menarik Dikunjungi

Demikian semoga ini dapat bermanfaat untuk kalian semua yang ingin berlibur ke Batam, selain itu jika anda menyukai artikel ini anda bisa membagikan artikel ini ke Facebook, Twitter dll.

10 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *