Daftar Tempat Wisata di Banjarmasin yang Lagi Hits Dan Populer

Tempat Wisata di Banjarmasin – Banjarmasin merupakan sebuah ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan yang dikenal sebagai kota terbesar sekaligus yang terpadat di luar Pulau Jawa. Keadaan geografisnya didominasi oleh aliran sungai baik yang besar maupun yang kecil seperti halnya Sungai Barito dan Sungai Kapuas. Maka tak heran jika kota ini diberi julukan “Kota Seribu Sungai”. Hal ini juga menjadikan sungai sebagai salah satu bagian terpenting bagi kehidupan warga Banjarmasin.

Sejarah Banjarmasin, Dahulunya terdapat sebuah perkampungan yang bernama Bandarmasih yang dipimpin oleh Patih Masih. Bandarmasih mempunyai arti perkampungan Oloh Masih. Oloh Masih dalam bahasa Ngaju, bahasa Suku Barangas berarti orang Melayu. Dari kata Bandarmasih itu lah asal muasal nama Kota Banjarmasin yang dahulunya terdapat Kerajaan Banjarmasin yang berkembang menjadi kerajaan maritim utama hingga akhir abad ke-18. Sejarah berubah ketika Belanda menghancurkan kerajaan Banjar pada tahun 1612, sehingga pusat kerajaan dipindah ke Kayu Tangi yang sekarang dikenal dengan nama Kota Martapura

Baca ini : Tempat Wisata di Samarinda yang Wajib Dikunjungi

Sudah seperti dijelaskan diatas, Kota ini dijuluki dengan nama Kota Seribu Sungai karena terdiri terdapat banyak sungai yang mengalir di kota ini. Sampai sekarang Banjarmasin masih merupakan kota niaga dan bandar pelabuhan terpenting di Pulau Kalimantan. Kota ini terletak di timur sungai Barito dan dibelah oleh Sungai Martapura yang berhulu di Pegunungan Meratus. Banyak obyek wisata yang menarik yang dapat Anda kunjungi di kota ini.

Tempat Wisata di Banjarmasin yang Terkenal Dikunjungi

Kota ini memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Ini dia rangkuman beberapa tempat wisata di Banjarmasin yang bisa Anda simak sebelum berkunjung ke ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan.

1. Tempat Wisata Pasar Terapung Banjarmasin

Pasar Terapung

Nah tempat wisata yang pertama yaitu Pasar Terapung Banjarmasin, Pasar terapung ini adalah proses jual-beli yang dilakukan di atas perahu yang mengapung. Saat ini, pasar terapung telah menjadi salah satu tempat wisata di Banjarmasin yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Salah satu pasar terapung yang populer adalah yang ada di muara Sungai Barito, tepatnya di Kelurahan Kuin Utara, Banjarmasin.

Pasar ini diperkirakan sudah ada sejak 400 tahun yang lalu. Barang yang dijual pun beragam mulai dari hasil kebun, makanan sampai pakaian. Untuk bisa menyaksikan kegiatan di pasar ini, Anda harus datang pagi hari karena pasar ini hanya berlangsung dari jam 05:00 sampai 07:00. Dahulu, yang terjadi di sini adalah barter atau saling tukar barang tanpa menggunakan uang.

Meskipun sekarang sudah menggunakan uang sebagai alat tukarnya, namun ada beberapa yang masih melakukan barter barang. Yang menarik di pasar terapung ini adalah adanya tongkat dengan ujung kawat untuk mengambil barang yang dibeli karena sulitnya mendekatkan perahu yang dinaiki.

2. Tempat Wisata Masjid Sultan Suriansyah

Masjid Sulan Suriansyah

Masjid Sultan Suriansyah atau Masjid Kuin adalah sebuah masjid bersejarah di Kota Banjarmasin yang merupakan masjid tertua di Kalimantan Selatan. Masjid Sultan Suriansyah ini dibangun pada masa pemerintahan Sultan Suriansyah (1526-1550). Masjid Sultan Suriansyah ini terletak di Kelurahan Kuin Utara, kawasan yang dikenal sebagai Banjar Lama merupakan situs ibu kota Kesultanan Banjar yang pertama kali.

Masjid Sultan Suriansyah ini letaknya berdekatan dengan komplek makam Sultan Suriansyah dan di tepian kiri sungai Kuin. Masjid Sultan Suriansyah yang didirikan di tepi sungai Kuin ini memiliki bentuk arsitektur tradisional Banjar, dengan konstruksi panggung dan beratap tumpang. Pada bagian mihrab Masjid Sultan Suriansyah ini memiliki atap sendiri yang terpisah dengan bangunan induk.

3. Tempat Wisata Pulau Kembang Banjarmasin

Pulau Kembang

Pulau Kembang merupakan sebuah pulau yang berada di tengah Sungai Barito. Tempat wisata ini menjadi habitat monyet dan beberapa jenis burung. Menurut warga, di pulau ini terdapat seekor monyet besar yang merupakan raja monyet. Saat berada di pulau ini, berhati-hatilah dengan barang bawaan Anda. Monyet-monyet seringkali penasaran dan ingin melihat apa saja yang Anda bawa.

Jika anda berkunjung ke sini sebaiknya bawa makanan ringan atau buah-buahan untuk mengalihkan perhatian mereka dari tas Anda. Menariknya, di pulau ini terdapat sebuah kuil dan altar dengan arca berbentuk monyet putih atau Hanoman. Altar ini, oleh warga Tionghoa, digunakan untuk meletakkan sesaji pada saat-saat tertentu.

4. Tempat Wisata Taman Siring Sungai Martapura

Taman Siring Sungai Martapura

Nah ada satu lagi nih tempat wisata di Banjarmasin yang mengandalkan sungai yaitu Taman Siring Sungai Martapura yang berada di Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Kapten Tendean. Taman ini berada di tepian Sungai Martapura dan ramai dikunjungi saat sore hari. Dari sini, Anda bisa melihat aktifitas jukung atau perahu khas Banjarmasin di sungai.

Jika anda datang kesini silakan bawa alat pancing dan puaskan hobi memancing Anda di tempat wisata ini. Jika ingin menikmati pemandangan sekitar sungai saja, Anda bisa duduk di bangku yang telah disediakan sambil menikmati kuliner dari warung yang berjajar di taman. Pada hari Minggu, Taman Siring Sungai Martapura semakin ramai dengan adanya komunitas anak muda yang berlatih skateboard dan BMX. Tak jarang tempat ini juga dijadikan lokasi perlombaan oleh mereka.

5. Tempat Wisata Masjid Sabilal Muhtadin Banjarmasin

Masjid Sabilal Muhtadin

Masjid Sabilal Muhtadin merupakan nama penghargaan terhadap ulama besar Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjary (1710-1812) yang selama hidupnya memperdalam dan mengembangkan Islam di Kerajaan Banjar. Masjid Raya Sabilal Muhtadin dibangun di atas tanah seluas 100.000 meter persegi. Posisi mesjid sekarang, pada zaman penjajahan Belan­da dikenal dengan Fort Tatas atau Benteng Tatas.

Masjid ini adalah Masjid terbesar di Kota Banjarmasin yang juga menjadi kebanggaan warga kota ini. Bangunan masjid mulai dinding, lantai, menara dan turap plaza, keseluruhannya berla­piskan marmer. Secara total masjid terbesar se-Kalimantan ini mampu menampung 15.000 ja­maah. Di bagian dalam bangunan sebanyak 7.500 dan di halaman 7.500. Masjid Raya Sabilal Muhtadin sering sekali menjadi pusat peringatan hari-hari besar Umat Islam seperti : Shalat Idul Fitri dan Idul Adha, Peringatan Isra Mi’raj, Peringatan Maulid Nabi, Peringatan Khataman Al – Qur’an dan lain lain.

Di Komplek Mesjid ini juga dilengkapi dengan Sekolah Islam Sabilal Muhtadin. Masjid Raya Sabilal Muhtadin yang mempunyai bentuk yang unik dengan kubahnya yang khas, sangat cocok untuk anda kunjungi ketika berkunjung ke Banjarmasin karena di komplek Mesjid ini juga terdapat Hutan Kota serta tidak jauh dari Taman Maskot dan Siring Sungai Martapura.

6. Tempat Wisata Museum Wasaka Banjarmasin

Museum Wakasa

Museum Wasaka merupakan sebuah singkatan dari Waja Sampai Kaputing yang merupakan motto perjuangan rakyat Kalimantan Selatan. Tempat wisata sejarah ini berada di Jalan H. Andir, Kampung Kenang Ulu, Banjarmasin Utara. Arsitektur bangunannya adalah rumah adat Banjarmasin yang berbentuk panggung dengan atap tinggi.

Di dalamnya, terdapat berbagai koleksi foto, mesin ketik, seragam perjuangan, dan senjata yang digunakan untuk melawan penjajah seperti keris dan senjata api milik Belanda yang berhasil dirampas. Selain itu, ada sebuah sepeda tua yang dahulu digunakan untuk mengantar surat secara sembunti-sembunyi. Yang menarik adalah adanya teks proklamasi yang dibuat pada tanggal 17 Mei 1949. Isi teks ini berbeda dengan teks proklamasi yang banyak diketahui rakyat Indonesia selama ini.

Hal ini dikarenakan menurut Perjanjian Linggarjati, Kalimantan tidak masuk dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Meskipun demikian, rakyat Kalimantan masih terus berjuang untuk menjadi bagian dari NKRI dan berhasil menyatakan kemerdekaannya empat tahun setelah Bung Karno membacakan teks proklamasi. Museum Wasaka buka setiap hari kecuali Senin dan hari libur nasional, mulai pukul 08:30 sampai 12:30. Anda tidak dikenakan biaya untuk masuk ke sini.

7. Tempat Wisata Taman Maskot Banjarmasin

Taman Maskot

Taman yang satu ini selalu kerap di jadikan pusat rekreasi bagi para orang tua, untuk memanjakan putra-putrinya, karena di taman ini terdapat banyak mainan yang membuat putra-putri anda merasa senang, seperti ayunan, prosotan, bianglala, mobil-mobilan, dan sebagainya. Sesuai namanya, di taman maskot, terdapat dua patung maskot kota banjarmasin.

Yang pertama yaitu patung pahatan Pohon Kesturi, yang merupakan mangga kecil khas kalimantan selatan, dan sebuah patung Bekantan Hitam, yang merupakan hewan primata khas kalimantan. Di area ini terdapat juga sebuah sungai kecil, dimana terdapat penyewaan perayu genjot. Untuk bisa menaiki perahu genjot, anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 10,000, untuk per 10 menit berkendara di atas sungai.

Untuk para orang tua, anda tidak perlu bosan menunggui putra-putri anda bermain-main di taman, karena di taman ini terdapat juga dua warung kecil yang menyediakan berbagai menu makanan, dan minuman yang menyegarkan. Di taman ini terkenal akan suasananya yang rindang, teduh, dan di terpa banyak angin, di karenakan di taman ini terdapat banyak sekali pohon berdaun lebat.

8. Tempat Wisata Jembatan Barito Banjarmasin

Jembatan Barito

Jembatan Barito yang mempunyai panjang kurang lebih 1 km ini menghubungkan sisi barat dan timur Sungai Barito. Menikmati keindahan sungai dari atas Jembatan Barito akan sangat menyenangkan dan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Keindahan pemandangan dari sungai barito di sore hari semakin menambah nilai plus tempat wisata di banjarmasin yang satu ini.

Oleh karena itu jembaran barito tak pernah sepi pengunjung terlebih di waktu sore hari. Di dekat lokasi jembatan barito pun terdapat berbagai jenis kuliner khas banjarmasin yang bisa dinikmati para wisatawan saat sedang berkunjung ke tempat ini.

9. Tempat Wisata Rafting bambu di Sungai Amandit

Rafting Bambu

Salah satu wisata sungai yang menarik yaitu rafting. Rafting memang seru, kita dapat menyusuri arus sungai serta menguji adrenalin. Rafting pada umumnya menggunakan perahu karet, tapi Anda akan menemukan sensasi rafting yang berbeda jika berkunjung ke kawasan wisata Laksodo tepatnya di Sungai Amandit, Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan.

Rafting di sini memang lain,karena menggunakan bambu yang disusun rapi memanjang. Rafting bambu ini sebenarnya terinspirasi oleh Suku Dayak Meratus yang menggunakan rakit bambu sebagai sarana transportasi. Seperti yang telah kita tahu Suku Dayak Meratus ini memang banyak tinggal di kawasan Kalimantan Selatan.

Satu rakit bambu biasanya terbuat dari 10-20 batang bambu yang dirakit menjadi satu. Setiap rakit hanya boleh dinaiki maksimal 3-4 orang saja, ini sudah termasuk joki. Joki inilah yang akan mengendalikan rakit kita menyusuri arus sungai. Joki akan membawa bambu panjang untuk mengendalikan rakit. Jika kita beruntung kita akan mendapatkan Joki asli penduduk Suku Dayak Meratus. Sekitar dua jam kita akan diajak berkeliling Laksado dengan mengarungi Sungai Amandit.

Rafting bambu ini dikenakan biaya sekitar Rp 250.000 untuk sekali jalan.

10. Tempat Wisata Pusat Kuliner Tepi Sungai Martapura

Pusat Kuliner Martapura

Anda ingin menikmati kuliner khas Banjarmasin? Salah satu tempat yang patut untuk dikunjungi tatkala ngulineran di kota ini adalah Pusat Kuliner Tepi Sungai Martapura. Suasana lokasi sentra kuliner “Mandiri” ini cocok sekali bagi mereka yang ingin menikmati wisata kuliner dan ngobrol bersama dengan teman – teman atau keluarga tercinta.

Di bawah puluhan tenda – tenda warna – warni di tepian sungai dan dinaungi oleh pepohonan yang rindang, lokasi yang dulunya adalah kawasan pasar burung ini merupakan tempat ideal bagi wisatawan yang ingin berlama – lama menikmati sepoi – sepoi angin dan gemericik suara riak air sungai yang berhulu ke Pegunungan Meratus tersebut.

Di dalam lokasi ini dijual aneka makanan / minuman khas Banjarmasin dan kue – kue tradisional dimana anda akan merasa dimanjakan buat melakukan sarapan pagi, makan siang, serta makan malam, atau sekedar mencicipi kue kecil atau aneka camilan ringan lainnya seraya menghirup panasnya kopi khas orang Banjar atau secangkir teh manis seperti acara tea afternoon.

11. Tempat Wisata Air Terjun Bajuin Banjarmasin

Air Terjun Bajuin

Air Terjun Bajuin ini terletak di Desa Sungai Bakar, Kecamatan Pelaihari yang berjarak sekitar 10 km dari Ibu Kota Kabupaten Tanah Laut dan sekitar 75 km dari Banjarmasin. Air terjun Bajuin memiliki panorama pegunungan yang indah, eksotik, dan udaranya pun masih sangat sejuk karena banyaknya pepohonan.

Di kawasan ini terdapat tiga air terjun dengan ketinggian yang berbeda, dikarenakan alamnya yang masih asri dan alami. Di sini juga terdapat beberapa jenis burung dan tanaman anggrek hutan, serta bunga bangkai. Air Terjun Bajuin berada di kawasan pegunungan Maratus. Kawasan ini dikembangkan menjadi ekowisata alam seperti traking, climbing, hiking.

Meskipun objek wisata ini memiliki area parkir yang luas namun sayangnya belum tersedia fasilitas yang memadai seperti banyaknya jalan rusak. Oleh karena itu untuk menuju objek wisata ini masih sangat sulit, namun pemerintah setempat sedang melakukan perbaikan. Di kawasan ini juga terdapat telaga alam batuah yang tidak jauh dari area parkir.

12. Tempat Wisata Pantai Jodoh Banjarmasin

Pantai Jodoh

Sepanjang Jalan Jenderal Sudirman tepatnya di depat masjid raya sabilal muhtadin, terdapat satu spot menarik di Taman Siring Sungai Martapura yang lebih dikenal dengan Pantai Jodoh oleh masyarakat Kota Banjarmasin, Kalsel sudah lama menjadi tempat mangkal sekelompok muda-mudi, dengan akses yang mudah dan tanpa biaya masuk.

Pantai Jodoh ini layak masuk dalam daftar tempat yang harus dikunjungi ketika di Banjarmasin. Pada Akhir pekan, Pantai Jodoh ini cukup ramai dikunjungi oleh warga Banjarmasin. Baik hanya sekedar untuk bersantai atau hanya sekedar menikmati angin di senja hari. Pantai Jodoh ini juga dijadikan tempat hang out bagi para kawula muda Banjarmasin.

13. Tempat Wisata Menara Pandang Banjarmasin

Menara Padang

Menara Pandang Banjarmasin adalah salah satu tempat wisata di Kota Banjarmasin, di menara ini kita dapat melihat keindahan Kota Banjarmasin dari ketinggian. Menara Pandang Banjarmasin saat ini menjadi salah satu tempat wisata Banjarmasin sebagian besar pengunjung baik warga Banjarmasin itu sendiri maupun para wisatawan dari luar daerah. Menara ini menjadi sebuah ikon wisata baru setahun terakhir ini di Kota Banjarmasin, selain pasar terapung, Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Masjid Sultan Suriansyah dan Masjid Jami’ Banjarmasin.

Ikon wisata yang menjadi salah satu Pesona Kota banjarmasin ini sering di penuhi warga setiap harinya, terutama saat hari Minggu dari pagi sampai sore bahkan malam. Menara pandang ini berlantai empat, di bagian atas atau lantai tiga menara ini adalah area terbuka. Jadi, para pengunjung bisa naik ke atas dan menikmati pemandangan yang indah Kota Banjarmasin dari atas sana, apalagi jika cuaca nya sedang cerah.

14. Tempat Wisata kampung Sasirangan Banjarmasin

Kampung Sasirangan

Kampung Sasirangan adalah tempat pembuatan batik khas Banjarmasin yaitu Kain Sasirangan dimana pembuatan batik ini masih menggunakan cara tradisional seperti kerajinan batik di pulau jawa. Kampoeng BNI Sasirangan Banjarmasin atau sering disingkat Kampung Sasirangan terletak di Jalan Seberang Masjid, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Sejak tahun 2010 telah dijadikan salah satu obyek wisata souvenir kerajinan kain dan busana Sasirangan. Bagi penggemar kain tradisional khas nusantara, tentu berburu kain etnik dapat menjadi salah salah satu aktivitas mengasyikkan saat mengisi waktu liburan.

15. Tempat Wisata Pasar Intan Martapura Banjarmasin

Pasar Intan

Pasar intan ini berada di Jalan Ahmad Yani, Martapura, atau sekitar 45 km dari pusat kota Banjarmasin. Pasar ini menjadi tempat wisata yang tepat bagi penggemar batu permata. Martapura dikenal sebagai kota dengan hasil tambang batu permata terbesar di Indonesia. Batu permata di sini memiliki kualitas yang baik. Di pasar ini, terdapat sekitar 87 toko batu permata.

Selain membelinya dalam bentuk batuan, Anda juga bisa membeli batu permata yang telah diolah menjadi berbagai bentuk seperti kalung, gelang, cincin dan juga bros. pengunjung pasar ini bukan hanya wisatawan domestik, banyak wisatawan dari Malaysia, Brunei dan Singapura yang datang ke sini.

16. Tempat Wisata Bukit Langgara

Bukit Langgara

Bukit Langgara terletak di Desa Lumpangi, Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. Pendakian bisa kamu mulai dari pos penjagaan pertama (tempat penitipan kedaraan). Dari tempat tersebut, kamu harus menempuh perjalanan dengan melewati jalan setapak bebatuan. Untuk sampai ke puncak, kamu butuh waktu sekitar 30 menit perjalanan.

Berhati-hatilah, karena dari awal trekking sampai ke lokasi, kamu akan menemui beberapa tanjakan yang cukup curam dan licin. Kami sarankan juga agar kamu memakai sepatu atau sandal gunung yang nyaman dipakai. Nah, sesampainya di puncak bukit, kamu akan disuguhi pemandangan alam yang memukau, terdiri dari aliran sungai dan tebing-tebing batu yang keren untuk berfoto.

17. Tempat Wisata Bukit Birah

Bukit Birah

Sebenarnya lokasi bukit Birah masih satu jalur dengan Bukit Labak Naga, yakni terletak di Desa Kandangan Lama, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Eh, btw kenapa nama kecamatannya beda, ya? Jawabannya, karena memang wilayahnya dibagi menjadi dua. Yang satu masuk di Kecamatan Panyipatan, yang satunya lagi masuk di Kecamatan Pelaihari.

Untuk pemandangan-nya sebenernya masih sama, sih. Tapi bedanya, tempat ini punya bukit yang berbentuk seperti rumah Teletubies. Pokoknya cantik banget deh kalau dipotret dalam kamera. Kami jamin, kamu gak akan nyesel jika bertandang ke tempat ini.

18. Tempat Wisata Pulau Samber Gelap

Pulau Samber Gelap

Letak Pulau Samber Gelap dan Pulau Birah-Birahan sebenarnya cukup berdekatan. Tepatnya berada di Kecamatan Sebuku, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. Untuk mengunjungi pulau ini, kamu bisa memulai perjalananmu dengan menyewa sebuah speedboat dari Pelabuhan Samudera, Kabupaten Batulicin. Jarak tempuhnya sekitar 2 jam perjalanan. Tapi, jika anda berangkatnya dari pusat Kota Banjarmasin, maka kamu memerlukan waktu yang lebih lama lagi, yakni sekitar 12 jam perjalanan.

Sesampainya di pulau ini, kamu akan mendapati pasir pantai yang lembut serta gelombang ombak yang tidak terlalu besar. Keadaan air lautnya pun cukup jernih, dan pemandangan bawah lautnya pun mengagumkan sekali, maka tak mengherankan jika tempat ini menjadi favorit para penyuka diving dan snorkeling. Menariknya lagi, di sini juga terdapat tempat konservasi penyu. Untuk harga tiket masuk sebesar Rp.10.000 per Orang.

19. Tempat Wisata Bukit Rimpi Pelaihari

Bukit Rimpi

Bukit Rimpi merupakan sebuah perbukitan yang ditumbuhi oleh padang savana hijau yang dihiasi oleh hamparan rumput dengan pemandangannya yang sangat elok. Bukit cantik ini lebih dikenal dengan sebutan Bukit Teletubies karena gundukan bukitnya yang menjulang seperti layaknya di film Teletubies. Terletak di Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, akses menuju lokasi bukit ini dapat ditempuh sekitar 30 menit dari Kota Pelaihari dan sekitar 2 jam apabila ditempuh dari Kota Banjarmasin.

Mengunjungi bukit yang hijau nan asri ini, pengunjung akan dibuat terkagum-kagum oleh keindahan panorama di sekitarnya yang serasa berada di New Zealand. Tak jarang, gerombolan hewan ternak pun terlihat di sekitar kawasan bukit sedang mencari makanan. Perpaduan bukit hijau dan hewan ternak di sekitar bukit semakin menambah keindahan Bukit Rimpi ini. Bukit Rimpi juga merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati panorama keindahan matahari terbit di pagi hari.

20. Tempat Wisata Kuliner Nasi Kuning Masak Habang

Nasi Kuning

Nasi kuning masak habang atau dalam bahasa Indonesia berarti masak merah sangat cocok untuk sarapan pagi. Banyak penjual nasi kuning ini di tepian jalan kalau pagi hari, akan tetapi menjelang siang, mereka akan menutup lapak dagangannya. Berbeda dengan yang jual nasi kuning di restoran atau warung makan. Mereka akan menyediakannya dari pagi sampai malam tiba.

Nasi kuning masak habang biasa dimakan bersama dengan aneka macam lauk yang lezat dan enak. Diantaranya adalah ayam, telur bebek, sampai dengan iwak haruan atau ikan gabus yang harganya lumayan tinggi di pasaran. Ikan gabus enak dimasak apa saja baik digoreng, pepes, bakar, dan lain-lain.

21. Tempat Wisata Kuliner Soto Banjar di Banjarmasin

Kuliner Soto Banjar

Kuliner mantap Kota Banjarmasin selanjutnya adalah Soto Banjar. Benar, memang hampir semua daerah di Indonesia mempunyai kuliner soto dengan ciri masing-masing. Beberapa kuliner soto yang ada di Indonesia adalah Soto Betawi (pakai daun ubi), Soto Medan (dengan kuah santan kental dan gurih), Soto Sokaraja (disajikan bersama bumbu kacang yang dimasukkan ke kuah beningnya), dan masih banyak lagi.

Nah, kalau Soto Banjar biasa dimakan bersama lontong atau nasi putih dan yang membuat kuliner ini jadi unik adalah teman makan soto yang berupa sate. Benar, lho. Soto Banjar memang disajikan bersama dengan sate. Bagi yang penasaran dengan rasanya, silakan mencicipi ketika berkunjung ke Banjarmasin.

Baca juga : Tempat Wisata di Balikpapan yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai 21 Tempat Wisata di Banjarmasin yang Terkenal Dikunjungi nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

No Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *