33 Tempat Wisata di Bajarnegara Terbaru Paling Hits Dan Populer

Tempat Wisata di Banjarnegara – Banjarnegara merupakan sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang menyimpan begitu banyak keindahan alam dataran tingginya. Jika anda pernah atau tau tentang dataran tinggi dieng. Nah itulah salah satu kekayaan alam Banjarnegara yang sudah populer.

Benar, dataran tinggi dieng secara administratif juga masuk dalam wilayah Kabupaten Banjarnegara. Namun, kota ini juga memiliki obyek wisata yang tak kalah indahnya dengan wisata wonosobo ataupun magelang. Pokoknya banjarnegara punya wisata bagus-bagus dan juga indah.

Baca Ini : Tempat Wisata di Klaten yang Wajib Dikunjungi

Curug Mrawu

Curug Mrawu

Nah curug yang pertama ini sangat cocok untuk anda yang menyukai tracking sebelum sampai ke wisata utama. Ya, untuk mencapai curug Mrawu anda terlebih dahulu harus berjalan kaki melewati jalan setapak. Dalam perjalanan anda akan disuguhi pemandangan persawahan dan hutan yang tentu memanjakan mata. Menikmati pemandangan selama perjalanan akan membuat lelah tak terasa.

Objek wisata di Banjarnegara Jawa tengah yang satu ini jauh dari pemukiman, tentu terbayang betapa syahdunya suasana disana. Hadiah untuk perjuangan anda mencapai tempat wisata ini yaitu disana bukan hanya curug Mrawu saja yang menanti namun ada pula mata air Giritirta dan curug Genting yang juga memiliki pesonanya sendiri.

Curug Sikopel

Curug Sikopel

Tempat wisata curug sikopel merupakan sebuah curug yang berada di desa babadan, kec. Pagentan, Kab. Banjarnegara, memiliki pesona keindahan curug yang sangat mempesona, disini airnya dingin lho dan juga memiliki suasana yang sejuk dan juga menyegarkan pikiran.

Selain itu, curug ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter. nah bagi kamu yang suka dengan wisata alam, jangan sampai lewatkan curug ini ya.

Curug Pitu

Curug Pitu Banjarnegara

Curug Pitu merupakan air terjun yang ada di dekat sentra Salak Pondoh (agak dekat dengan wilayah Wonosobo). Untuk melihat keselurahan rangkaian tingkatan curug ini harus berjalan kaki naik ke atas/ke arah hulu, dimana jalan yang harus dilalui berupa jalan setapak yang sempit dan cukup licin. Ketinggian curug ke tujuh ini sekitar 30 m dengan kolam dibawahnya yang dapat digunakan untuk mandi atau berenang.

Curug Pitu Berjarak 10 km dari kota Banjarnegara ke arah timur. Dapat ditempuh dengan berkendara roda dua dan empat selama sekitar 10-15 menit dari pertigaan jalan Tekidadi yang terletak di jalan Propinsi Banjarnegara – Wonosobo. Pintu masuk ke curug ini ditandai dengan plang yang bertuliskan Obyek wisata Curug Pitu yang berada tepat di sebelah Balai Desa Sigaluh.

Curug Pundung Sewu

Curug Pundung Sewu

Tempat Wisata Curug Pundung Sewu merupakan wisata alam yang berada di Desa Petir, Kec. Purwonegoro, Kab. Banjarnegara. Wisata Curug Pundung Sewu Banjarnegara Jawa Tengah memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Banjarnegara tidak mengunjungi wisata Curug Pundung Sewu Banjarnegara Jawa Tengah yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Wisata Curug Pundung Sewu Banjarnegara Jawa Tengah sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya. Keindahan wisata Curug Pundung Sewu Banjarnegara Jawa Tengah ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat wisata Curug Pundung Sewu di kota Banjarnegara.

Waduk Mrica

Waduk Mrica

Panorama alamnya tentu tak usah ditanya, anda bisa menikmati pesona alam disekitar waduk ini apalagi dengan berbagai fasilitas wisatanya. Bisa dilakukan kegiatan menyenangkan seperti memancing, naik perahu, hingga main golf.

Taman Rekreasi Marga Satwa Serulingmas

Margasatwa

Nah Tempat wisata selanjutnya yaitu Taman Rekreasi Marga Satwa Serulingmas, Waktu Anda masuk ke areal wisata Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas, Anda bakal rasakan situasi sejuk serta nyaman. Pohon-pohon rindang terdapat banyak di tempat wisata ini, memanjakan pengunjung yang menginginkan berjalan-jalan sembari nikmati situasi ruang wisata.

Disini anda bukan sekedar dapat lihat bermacam koleksi binatang, kolam renang dengan sarana waterboom ada. Wahana permainan juga di buat untuk memanjakan pengunjung anak-anak. Pada hari spesifik umumnya di gelar hiburan rakyat seperti musik dangdut atau campur sari, dipanggung terbuka yang disiapkan dengan cara spesial.

Arum Jeram Sungai Serayu

Arung Jeram Banjarnegara

Berwisata arung jeram sungai serayu atau rafting sungai serayu banjarnegara jawa tengah merupakan pilihan yang tepat bagi anda yg berjiwa suka dengan tantangan air.

Arung jeram sungai serayu atau rafting sungai serayu banjarnegara jawa tengah akan memberikan anda kepuasan tersendiri karna jeram sungai serayu, rafting sungai serayu mempunyai kelas jeram-jeram yang memiliki tingkatan bahaya yang rendah.

Terutama bagi anda yang menyukai tantangan, belum lengkap jika belum mencoba uji adrenalin di Sungai Serayu. Objek wisata Banjarnegara rafting Sungai Serayu begitu menarik karena sembari menikmati lika-liku Sungai Serayu anda juga disuguhi pemandangan alam nan eksotis.

Surya Yudha Park

Surya Yudha Park

Di banjarnegara terdapat sebuah tempat wisata keluarga yang sangat bagus untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Tempat wisata tersebut adalah surya yudha park. Berfoto di depan maskot Singapura dan Amerika secara bersamaan tanpa aplikasi edit foto hanya bisa dilakukan di tempat yang satu ini.

Surya Yudha Park memiliki patung Merlion dan patung Liberty yang berdiri bersebelahan. Belum memiliki kesempatan ke dua negara maju tersebut maka bisa terlebih dahulu mengunjungi Surya Yudha Park.

Anglir Mendung

Anglir Mendung

Di Anglir Mendung Memiliki iklim sejuk yang sejuk membuat Anglir Mendung sangat cocok untuk sejenak melepas lelah atas beragam rutinitas yang cukup menguras energi dan pikiran. Secara keselurihan daerah ini dikelilingi oleh hutan lindung yang menawarkan pemandangan alam yang mengagumkan, di lokasi ini pengunjung juga dapat menguji keahliannya dalam berburu.

Anglir Mendung menyediakan fasilitas yang cukup lengkap untuk mendukung berbagai aktivitas rekseasi bersama keluarga diantaranya adalah kolam renang dengan air yang jernih karena mata airnya berasal dari pegunungan, arena bermain anak-anak, bumi perkemah dan penginapan.

Untuk dapat sampai ke objek wisata di Banjarnegara ini, pengunjung diharuskan untuk menesuri jalan yang berkelok-kelok dimana sepanjang perjalanan pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang idah dari sawah, hutan, sungai hingga bukit.

Wadas Tumpang

Wadas Tumpang

Wadas Tumpang sendiri merupakan gunung yang terbentuk karena dua batu yang bertumpukan dan dipeluk oleh pohon beringin yang berukuran besar dimana konon yang usianya sudah mencapai ratusan tahun. Aktivitas yang bisa dilakukan di lokasi ini adalah pendakian hingga ke puncang yang memiliki tinggi sekitar 20 m.

Selama perjalanan menuju lokasi pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang masih alami dan sejuk, terdapat juga kandang macan dari akar pohon beringin sampai kera atau monyet-monyet berwarna putih.

Komplek Percandian Arjuna

Kompleks Percadian Arjuna

Setiap wisatawan yang datang ke Dieng tak akan melewatkan komplek percandian yang satu ini. Jika anda pernah melihat kawan kerabat atau siapapun berfoto ria di komplek candi di Dieng maka bisa dipastikan disinilah mereka berada, di salah satu destinasi wisata Banjarnegara.

Disini pula lah Dieng Culture Festival yang terkanal itu diselenggarakan. Udara sejuk dingin khas dieng dan pemandangan alamnya yang eksotis akan memanjakan jiwa anda.

Wisata Dieng

Wisata Dieng

Secara umum sebagian besar wilayah Banjarnegara adalah Dataran Tinggi Dieng. Tidak mengherankan jika di daerah ini sangat terkenal dengan keindahan alam pegunungannya yang mempesona.

Ada banyak tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi di kawasan Dataran Tinggi Dieng, masing-masing memiliki keistimewaanya sendiri termasuk kompleks Percandian Arjuna.

Selain menikmati pemandangan alam yang indah, dalam waktu-waktu tertentu pengunjung juga dapat menyaksian upacara potong rambut gimbal yang merupakan acara utama dalam Dieng Culture Festival.

Kawah Sikidang Dieng

Kawah Sikidang

Satu lagi objek wisata Dieng yang masuk dalam wilayah administratif Kabupaten Banjarnegera yaitu Kawah Sikidang yang juga tak kalah terkenal dengan objek wisata lainnya. Tempat wisata di Banjarnegara ini cukup mudah dijangkau.

Sesampainya disana anda akan disambut oleh pesona alam nan hijau dan udara yang menyejukkan jiwa. Melihat aktivitas kawah secara langsung tentu akan menjadi pengalaman yang menarik. Kawah Sikidang ada di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

Telaga Merdada

Telaga Merdada

Telaga Merdada merupakan telaga terluas di wilayah Dataran Tinggi Dieng. Telaga ini memiliki luas daerah tangkapan sekitar 75 ha, dengan luas genangan sekitar 22 ha.

Telaga Merdada memiliki kontor seperti di sebuah cekungan bekas kaldera letusan gunung berapi. Kontur cekungan ini akan jelas terlihat ketika Anda mendaki bukit di sekitar telaga.

Telaga Merdada memang memiliki latar belakang pemandangan yang indah, dikelilingi oleh deretan perbukitan, deretan perkebunan sayur milik warga, dan juga hamparan hutan mini di sekitar bukit. Kebun-kebun sayur milik warga ini selain terletak di sekitar perbukitan, juga terletak di pinggiran telaga.

Sumur Jalatunda

Sumur Jalatunda

Namannya saja sudah terkesan sangar. Kawasan dataran tinggi Dieng memang dipercaya sebagai rumahnya para dewa, hawa mistis begitu terasa.

Berbagai nama tempat wisata dieng Banjarnegara menyimpan kegagahannya sendiri. Semacam sumur lebar dengan diameter hingga 90 meter serta kedalaman lebih dari 150 meter. Coba kunjungi sumur yang satu ini dan rasakan sensasinya.

Kawah Candradimuka

Kawah Candradimuka

Kawah Candradimuka merupakan salah satu dari banyak kawah yang ada di Dieng. Nama Candradimuka memang sudah tidak asing ditelinga kita.

Kawah yang konon merupakan tempat Gatutkaca di Jedi hingga memperoleh kesaktian mandraguna otot kawah tulang besi itu menjadi nama yang diberikan pada kawah yang berada di Desa Pekasiran Batur Banjarnegara. Kawah Candradimuka hingga kini masih dalam keadaan aktif.

Candi Gatotkaca

Candi Gatotkaca

Selain menikmati keindahan alam dan udara yang sejuk, di kawasan Dataran Tinggi Dieng banyak terdapat peninggalan sejarah dari masa lampau berupa bangunan candi dalam jumlah yang cukup banyak. Kebanyakan candi di kawasan Dieng dibangun sekitar abad ke 8, salah satunya ialah Candi Gatotkaca. \

Bangunan candi Gatotkaca tidak terlalu besar dan berbentuk persegi dengan pintu menghadap ke barat. Di sekitar candi Gatotkaca terdapat reruntuhan candi lain yang terlihat hanya berbentuk tumpukan batu, sepertinya candi Gatotkaca merupakan komplek candi seperti halnya Candi Arjuna, namun candi-candi yang lain di dekatnya telah hancur sehingga sulit untuk direkonstruksi.

Kawah Sileri

Kawah Sileri

Kawah Sileri merupakan salah satu objek wisata yang terdapat di daerah Dieng. Jika berkunjung ke Dieng, tidak ada salahnya melihat sejenak Kawah Sileri yang mempesona. Dieng, Daerah yang terletak di Kabupaten Wonosobo ini memang selalu menjadi daya tarik bagi wisatawan baik lokal maupun internasional.

Daerah yang terkenal karena Golden Sunrise Sikunir ini tak hanya menyajikan pemandangan yang indah, tapi juga cuacanya yang adem, tenang dan damai. Ditambah pula sikap para penduduknya yang ramah. Selain indah jika dilihat dari kejauhan, kawah ini juga bisa dinikmati dari dekat.

Tapi tetap harus berhati-hati karena belum ada pengamanan di bibir kawah. Jarak kawah ini dari lokasi parkir kendaraan hanya sekitar 30 menit perjalanan dengan mengikuti jalan setapak. Terkadang kita harus melewati jalan menurun dan bahkan melewati semak belukar, jadi harus berhati-hati jika hendak mendekati bibir kawah.

Gunung Lanang

Gunung Lanang

Tempat Wisata Gunung Lanang Banjarnegara Jawa Tengah adalah salah satu tempat wisata yang berada di desa wiradrana, kecamatan bawang, kabupaten banjarnegara, provinsi jawa tengah, negara indonesia.

Wisata Gunung Lanang Banjarnegara Jawa Tengah adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Wisata Gunung Lanang Banjarnegara Jawa Tengah memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Sangat di sayangkan jika anda berada di kota banjarnegara tidak mengunjungi wisata alam yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut. Wisata Gunung Lanang Banjarnegara Jawa Tengah sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari libur lainnya.

Museum Kaliasa

Museum Kaliyasa

Museum Kailasa merupakan Tempat yg menyimpan sejarah tentang dieng dalam bentuk arca tempat ini menjadi favorit para arkeolog untuk mengupas tentang sejarah dieng ,Tempat ini menyimpan banyak benda, pusaka,arca, dan masih banyak lagi yg tersimpan pada museum ini yg menjadikannya sangat berharga dimata wisatawan dan merupakan peninggalan penting untuk dijaga dan dilestarikan, Benda benda maupun Arca di Museum ini tidak ternilai harganya maka dari itu keamanan dijadikan Prioritas utama pada Museum ini.

Tujuan utama didirikan Museum ini adalah untuk menjaga dan melestarikan arca maupun benda peninggalan tersebut ,banyak arca dari museum ini yang menggambarkan tentang dewa dewa ,Museum ini juga menyajikan pemutaran film tentang dieng pada jaman dulu ,Museum ini sangat cocok untuk para arkeolog maupun prasajarah yang mungkin dapat menyampaikan arti dari arca tersebut.

Candi Dwarawati

Dwarawati

Meskipun tidak sepopuler Candi Arjuna dan Gatotkaca ataupun Candi Bima. Candi yang dulunya dibangun sebagai pemujaan terhadap dewa Syiwa ini sebenarnya memiliki teman seperti Candi Margasari, Candi Pandu dan Candi Parikesit.

Candi Bima

Candi Bima Dieng

Tempat wisata di Banjarnegara ini pernah dipugar kembali karena kondinya yang memburuk pada tahun 2012. Pemugaran ini dilakukan sebagai wujud pelestarian supaya benda-benda peninggalan sejarah tinggal hancur atau rusak dimakan zaman.

Tampo Mas

Tampo Mas

Dulunya Tampo Mas ini merupakan gunung atau disebut dengan gunung Tampo Mas. Lalu gunung ini dihancurkan karena seiring dengan dibangunnya Waduk Mrica. Nah tetapi justru reruntuhan bekas bukit itulah yang menarik minat pengunjung, dan khususnya mereka yang suka memburu spot untuk foto. Sisi menarik dari Tampo Mas adalah tekstur tebingnya.

Telaga Dringo

Telaga Dringo

Telaga dringo merupakan telaga yang tertinggi di dataran tinggi Dieng. Bisa dikatakan juga yang terindah. Benar, banyak yang mengatakan bahwa Telaga Dringo ini merupakan Ranukumbolo-nya Jawa Tengah.

Sedikit berjuang melakukan tracking sekitar 20 menit di medan tanah dan berbatu tentu bukan masalah jika di akhir perjalanan anda akan menikmati keindahan Telaga yang satu ini. Telaga ini juga cukup dekat dengan Kawah Candradimuka.

Baca Juga : Tempat Wisata di Wonosobo yang Menarik Untuk dikunjungi

Demikian mengenai Tempat Wisata di Bajarnegara Paling Populer Dikunjungi nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!