Rumah Hobbit Jogja – Harga Tiket Masuk Dan Rute Lokasi

Rumah Hobbit Jogja – Jika kalau Anda berkunjung ke Jogja, tempat wisata mana yang akan kalian kunjungi? Biasanya seputar Malioboro, Candi Borobudur, Candi Prambanan, Keraton Yogyakarta, serta Pantai Parangtritis. Namun Yogyakarta tak hanya itu. Ada banyak kawasan baru wajib dikunjungi apalagi jika Anda menyukai sesuatu unik dan berbeda. Salah satunya adalah Rumah Hobbit Yogyakarta.

Tempat wisata ini masih berada dalam satu area di Seribu Batu Songgo Langit. Bahkan rumah hobbit di sini adalah rumah hobbit pertama yang dibangun di Yogyakarta. Suasana sekitar kawasan pun mendukung keberadaan tempat ini. Bahkan bisa dibilang menjadi magnet bagi pengunjung.

Sejarah Rumah Hobbit Muncul

Rumah Hobbit

Jadi sebelum menceritakan keberadaan rumah hobbit jogja, ada baiknya bercerita tentang keberadaan kawasan wisata yang sudah dulu ada, Seribu Batu Songgo Langit. Seribu Batu Songgo Langit dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Mangunan untuk membuat sebuah konsep wisata di kawasan Hutan Pinus Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul.

Keberadaannya sudah hampir setahun tapi masih saja sepi peminat. Padahal lokasinya tak jauh dari Hutan Pinus Sari yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Hal ini membuat tanda tanya besar di kepala para pengelola. Bisa dibilang memang dikunjungi sebelum ke Hutan Pinus Sari tapi itupun hanya sebentar, sekedar mampir.

Kemunculan ide ini berasal dari cerita Barat mengenai rumah kurcaci atau rumah hobbit Jogja di situ. Sebelumnya mereka merancang rumah kukusan kerucut yang dinamai Rumah Seribu Batu Negeri Dongeng. Ada filosofi dari kukusan kerucut itu. Filosofinya adalah kukusan merupakan alat masak yang bisa menghidupi.

Kemudian pengelola dan Ketua Koperasi Notowono Dlingo pun berinisiatif menata ulang kawasan wisata tersebut. Ini dengan alasan agar pengunjung banyak mendatanginya. Kemudian mereka pun mengubah konsep awal kawasan Seribu Batu Songgo Langit.

Harapannya objek wisata tersebut harus tetap hidup. Bahkan kukusan sengaja dibuat dari terkecil sampai terbesar. Maknanya adalah kehidupan perlu melalui beberapa tahap. Ada proses yang perlu dilalui untuk mencapai hal terbesar. Kemunculan rumah-rumah ini ternyata membawa perubahan besar pada kedatangan pengunjung. Kawasan ini menjadi ramai pengunjung walau datang untuk berselfie. Padahal proses pembuatan lokasi ini belum sepenuhnya rampung.

Fasilitas Rumah Hobbit Jogja

Rumah Hobbit Jogja

Fasilitas umum di Rumah Hobbit Jogja yang bisa digunakan oleh para pengunjung dan sudah disediakan dengan baik adalah area parkir, toilet umum dan juga mushola. Selain itu ada pula bagian informasi guna memudahkan para pengunjung untuk memperoleh informasi lengkap. Untuk area bagian informasi ini letaknya di kawasan wisata The Lost World Castle. Cukup masuk akal memang, pasalnya Rumah Hobbit Cangkringan ini termasuk ke dalam salah satu lokasi rekreasi The Lost World Castle begitu juga dengan Stonehenge Merapi.

Harga Tiket Masuk

Mengunjungi Rumah Hobbit Jogja yang sudah dikelola dengan baik ini membutuhkan biaya tiket masuk. Itu pun tak besar, hanya Rp 2.000 per orang. Sedangkan kendaraan dikenakan biaya tarif parkir. Kendaraan roda dua dikenakan biaya sebesar Rp 2.000 per kendaraan, roda empat atau disebut juga mobil cukup membayar Rp 10.000. Kalau datang menggunakan bis, dihargai tarif parkir sebesar Rp 20.000 per unit.

Spot Foto Bagus

Kawasan liburan di Kepuharjo ini menawarkan kehadiran spot selfie anyar yg bisa memanjakan para pengunjung baik tua muda hingga anak-anak. Taman rekreasi yang berlokasi di daerah Sleman ini bisa menambah alternatif liburan bagi para pelancong ketika menginjakkan kaki di kota gudeg atau kota pelajar tersebut.

Baca Juga : Tempat Wisata di Jogja Terbaru Paling Bagus dan Menarik

Di sini akan menawarkan nuansa Rumah Hobbit Jogja Kepuharjo yg berbeda. Di sini memiliki suasana sedikit berbeda dengan di daerah Dlingo Bantul. Jika di Bantul lebih natural dengan nuansa khas alam nan eksotis, maka di Cangkringan ini memiliki tampilan lebih rapi dengan dilengkapi dengan adanya area taman di sekitarnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *