Rizki Terkadang kita membutuhkan Liburan untuk mendamaikan pikiran dan hati.

Harga Tiket Pantai Watulawang

3 min read

Pantai Watulawang

Pantai Watulawang – Nah kalau ke jogja dan ingin ke pantai, maka tujuannya tak lain ke kawasan tersebut. Padahal ada banyak sekali pantai yang bisa dieksplor dan masih sepi pengunjung. Tempatnya pun cukup nyaman untuk dikunjungi. Ada keunikan masing-masing.

Seperti kawasan satu ini. Letaknya padahal berada di tengah pantai yang sudah dulu dikenal. Pantai Indrayanti di sisi Barat dan juga untu Pantai Pok Tunggal berada di sisi Timur.

Namun, keberadaannya masih sepi pengunjung. Namanya adalah Pantai Watu Lawang. Kekhasan kawasan ini ada pada keberadaan batu karang yang muncul bersandingan dengan pasir putih. Anda tak akan menemukan dua hal seperti ini di daerah Gunung Kidul. Pemandangan indah.

Anda bisa bermain di pasir sekaligus sesekali menanjak di karah. Di depan goa ada batu berbentuk menyerupai puntu. Itulah mengapa dinamakan Pantai Watu Lawang.

Kalau ingin menikmati kawasan ini dari pagi sampai pagi lagi bisa dengan berkemah. Lokasi ini bisa digunakan untuk aktivitas camping. Ini karena kawasan ini memiliki dataran untuk mendirikan tenda. Namun perlengkapan perlu dibawa sendiri dari rumah.

Tak ada penyewaan tenda di sini. Keeksotisan kawasan ini, menariknya belum banyak yang tahu. Padahal keberadaannya di antara pantai yang sudah terkenal lebih dahulu. Kalau ingin bersantai tanpa diganggu banyak orang, paling pas memang datang ke sini.

Keindahan

Harga Tiket Pantai Watulawang

Nama “Watulawang”, selain menjadi identitas dari pantai yang ada di wilayah Gunungkidul ini, juga menjadi nama beberapa tempat wisata lain yang ada di tanah air.

Yaitu Pantai Watulawang di Dusun Ngliyep, Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang, serta dua wisata perbukitan: Bukit Watulawang Nganjuk dan Perbukitan Watulawang yang ada di Desa Wisata Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

Khusus untuk penggunaan kata Watulawang sebagai identitas dari pantai yang ada di Gunungkidul, diambil dari kosakata bahasa Jawa, yaitu “watu” yang artinya “batu” dan “lawang” yang artinya “pintu”.

Pantai ini dinamakan Pantai Watulawang, karena pada bagian dinding karang yang sebagian menjorok ke laut terdapat sebuah goa dengan mulut goa berbentuk seperti pintu.

Konon, goa tersebut dahulu digunakan sebagai tempat bersemedi oleh Prabu Brawijaya VI dan kesan mistis hingga sekarang masih terasa saat berada di area sekitar goa batu karang.

Masyarakat setempat sendiri masih percaya dengan berbagai mitos dan cerita-cerita mistis, sehingga aktifitas yang berbau adat dan budaya hingga kini masih dilakukan dalam berbagai bentuk.

Salah satu diantaranya adalah menggelar upacara nyadran atau Sadranan di setiap bulan Sya’ban pada kalender hijriyah, sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang maha Esa dan sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada Penguasa Laut Selatan.

Selain kentalnya adat istiadat dan adanya upacara adat yang memberikan daya tarik tersendiri, pesona keindahan alam Pantai Watu Lawang memang layak untuk dijual.

Pantainya yang berhias pasir putih dengan pagar bukit-bukit karst di sekelilingnya, menyuguhkan view yang sangat mempesona.

Terlebih pantai ini masih belum begitu dikenal oleh para wisatawan, sehingga tidak banyak pengunjung yang datang dan membuat suasana pantai cenderung sepi dan tenang, kecuali pada saat libur lebaran.

Suasana yang sepi dan tenang itulah yang menjadikan kawasan pantai menjadi sangat ideal sebagai tempat berlibur dan untuk sebuah resort. Selin itu, aktifitas apapun yang Anda lakukan di atas hamparan pasir, dipastikan bakal memberikan kesenangan.

Harga Tiket Pantai Watulawang

Pantai Watulawang sendiri terbagi atas dua area, yaitu area yang berada di sebelah Barat batu karang besar yang salah satu dindingnya terdapat goa, dan area di sebelah Timur batu karang.

Pantai yang berada di sebelah Barat batu karang ukurannya lebih kecil berbentuk cekungan, sedang pantai yang berada di sebelah Timur batu karang memiliki bentuk memanjang dengan ukuran yang lebih luas.

Sesuatu yang menarik dari pantai ini adalah adanya cekungan-cekungan pada bibir pantai. Cekungan-cekungan tersebut saat digenangi air laut menyerupai kolam atau bak mandi yang terkadang dihiasi ikan-ikan kecil di dalamnya.

Itu sebabnya bagi pengunjung yang ingin menikmati segarnya air laut dengan mandi dan berenang, tidak perlu harus menuju ke lepas pantai, tapi cukup dengan berendam di cekungan karang, karena di tempat itupun akan dapat dinikmati sapuan ombak.

Puas beraktifitas Anda dapat beristirahat sambil menikmati keindahan pemandangan sekeliling dengan beristirahat di gazebo-gazebo yang telah disiapkan di pinggir pantai.

Apabila ingin berburu spot menarik untuk latar belakang foto, Anda dapat menuju ke gardu pandang yang ada di puncak karang.

Di sana juga terdapat gazebo dan untuk menuju ke gazebo yang berada di puncak karang tersebut, telah disiapkan sebuah jembatan yang terbuat dari bambu.

Di gardu pandang itulah dapat Anda nikmati deburan ombak dari atas ketinggian, termasuk juga indahnya sunrise dan sunset pada pagi dan sore hari yang sangat sayang jika tidak diabadikan dengan lensa kamera.

Fasilitas

Harga Tiket Pantai Watulawang

Fasilitas yang disediakan sudah mumpuni. Seperti kamar mandi, tempat parkir, warung makan dan minum. Anda tak perlu khawatir jika kebasahan bisa mengganti pakaian kering di sini.

Kalau sudah keburu lapar karena keasyikan menikmati kawasan ini bisa membeli makan atau sekedar minum melepas dahaga di warung makan yang sudah tersedia. Jangan lupa berfoto di sini. Kapan lagi Anda merasa memiliki pantai pribadi selain di sini.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Pantai Watulawang

Lokasi kawasan ini bisa dikatakan masih menjadi satu dengan kawasan pantai di Gunung Kidul lain. Sehingga Anda cukup membayar tiket masyk sebesar Rp 10.000 per orang. Dengan harga segitu, Anda bisa menikmati tak hanya Watu Lawang tetapi juga Indrayanti, Pok Tunggal, serta Kukup.

Nah jika kamu membawa kendaraan maka ada tarif parkir yang dipatok. Dan kamu perlu membayar parkir sebesar Rp 3.000 per kendaraan untuk roda dua dan juga Rp 5.000 per kendaraan untuk roda empat.

Rute Menuju Lokasi

Harga Tiket Pantai Watulawang

Pantai Watu Lawang berada di Kec. Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Jogja. Kalau Anda sudah pernah ke Pantai Indrayanti sebelumnya tak akan kesulitan mencari jalan menuju ke sini.

Sampai Indrayanti, Anda bisa melangkah ke timur sekitar 800 meter. Kemudian cari papan petunjuk menuju Watu Lawang.

Baca Juga : Bukit Bintang Jogja

Silakan berjalan mengikuti plang atau ke arah selatan dengan jarak sekitar 200 meter. Sebenarnya medan menuju kawasan sudah beraspal dan bercorblok tapi masih sempit.

Bahkan hanya cukup untuk satu mobil saja. Kamu hanya cukup mengendarai kendaraan cuma selama 10 menit dari Pantai Indrayanti, maka kamu pun akan sampai lokasi.

Alamat: Pantai, Tepus, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Selain keunikan tersebut pantai ini juga sangat cocok digunakan bersantai saat Anda membutuhkan ketenangan ketika Anda sedang sibuk dengan rutinitas kerja Anda.

Oleh sebab itu jika anda ingin fresh kembali silahkan datang di wisata pantai ini karena masih belum ramai oleh wisatawan. Selain itu, di pantai ini juga sudah ada gardu pandang untuk wisatawan ya seperti gazebo itu dan juga cocok ketika kita bersantai di tempat ini.

Rizki
Rizki Terkadang kita membutuhkan Liburan untuk mendamaikan pikiran dan hati.

Harga Tiket Telaga Biru Semin

Rizki Rizki
2 min read

Bukit Pengilon

Rizki Rizki
1 min read

Bukit Bintang Jogja

Rizki Rizki
1 min read